lalu kenapa bertanya?krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:43Pernah liat agya sampe dieng, jalanan macet, yang berarti stop n go di tanjakan dan no problemo...
Seharusnya ansf even more no worries
Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Yg LSD anmaskopat wrote:2wd yang close diff apaan, Om?964 wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:28 Untuk yg apple to apple ya. Selagi 2wd, mau fwd/rwd, di jalan tanjakan apapun bedanya cuma tipis, dan kalo avanza bisa, saya yakin mobilio jg bisa. Karakternya cenderung lebih mudah dibedakan malah pas melahap tikungan. Itupun kalo orang awam malah blas ga bisa bedain, cenderung ga berasa.
Kalo soal selip ditanjakan, itu cuma soal ban dan skill drivernya aja. Selagi jalanan umum, karakter 2wd sih mirip2 aja.
2wd yg masih open diff, apalagi mobil sejuta umat, mau fwd/rwd, kalo di jalan tanah basah tetap saja bakalan selip.
Fwd, rwd, awd cara nyari traksinya mirip. Kalo satu roda kehilangan traksi, mau awd sekalipun bakal ga bisa jalan.
Saran buat TS, udah ambil mobil yg paling sreg di hati aja. Ga usah pikirin fwd/rwd.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
engine torque is not important as torque on wheel
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
2-2nya pasti kuat nanjak asal CC mobilnya cukup. Tapi FWD butuh effort lebih dibanding RWD karena lebih prone kena wheel spin.
Dulu nyetir accord euro fwd di oz lewat jalan berpasir kerikil main gas aja dengan slip lmyn udah diurut juga sama, VSAnya kedip2 terus. Temen didepan nyetir RX8 yg RWD jauh lbh smooth. Sama terbayang2 omongan host parents saya yg bule(mobil dia Jaguar XJS, Holden Commodore V8 & Nissan Patrol), bilang fwd sucks build for economy car/cos cutting
Dulu nyetir accord euro fwd di oz lewat jalan berpasir kerikil main gas aja dengan slip lmyn udah diurut juga sama, VSAnya kedip2 terus. Temen didepan nyetir RX8 yg RWD jauh lbh smooth. Sama terbayang2 omongan host parents saya yg bule(mobil dia Jaguar XJS, Holden Commodore V8 & Nissan Patrol), bilang fwd sucks build for economy car/cos cutting
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
kalo 2wd yang lsd bisa nanjak?964 wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:39Yg LSD anmaskopat wrote:2wd yang close diff apaan, Om?964 wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:28 Untuk yg apple to apple ya. Selagi 2wd, mau fwd/rwd, di jalan tanjakan apapun bedanya cuma tipis, dan kalo avanza bisa, saya yakin mobilio jg bisa. Karakternya cenderung lebih mudah dibedakan malah pas melahap tikungan. Itupun kalo orang awam malah blas ga bisa bedain, cenderung ga berasa.
Kalo soal selip ditanjakan, itu cuma soal ban dan skill drivernya aja. Selagi jalanan umum, karakter 2wd sih mirip2 aja.
2wd yg masih open diff, apalagi mobil sejuta umat, mau fwd/rwd, kalo di jalan tanah basah tetap saja bakalan selip.
Fwd, rwd, awd cara nyari traksinya mirip. Kalo satu roda kehilangan traksi, mau awd sekalipun bakal ga bisa jalan.
Saran buat TS, udah ambil mobil yg paling sreg di hati aja. Ga usah pikirin fwd/rwd.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
CC doesn't matter...bensinsolar wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:40 2-2nya pasti kuat nanjak asal CC mobilnya cukup. Tapi FWD butuh effort lebih dibanding RWD karena lebih prone kena wheel spin.
Dulu nyetir accord euro fwd di oz lewat jalan berpasir kerikil main gas aja dengan slip lmyn udah diurut juga sama, VSAnya kedip2 terus. Temen didepan nyetir RX8 yg RWD jauh lbh smooth. Sama terbayang2 omongan host parents saya yg bule(mobil dia Jaguar XJS, Holden Commodore V8 & Nissan Patrol), bilang fwd sucks build for economy car/cos cutting
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Maksudnya low down torque ya Ommaskopat wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:42CC doesn't matter...bensinsolar wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:40 2-2nya pasti kuat nanjak asal CC mobilnya cukup. Tapi FWD butuh effort lebih dibanding RWD karena lebih prone kena wheel spin.
Dulu nyetir accord euro fwd di oz lewat jalan berpasir kerikil main gas aja dengan slip lmyn udah diurut juga sama, VSAnya kedip2 terus. Temen didepan nyetir RX8 yg RWD jauh lbh smooth. Sama terbayang2 omongan host parents saya yg bule(mobil dia Jaguar XJS, Holden Commodore V8 & Nissan Patrol), bilang fwd sucks build for economy car/cos cutting
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
viewtopic.php?p=1063986#p1063986bensinsolar wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:44Maksudnya low down torque ya Ommaskopat wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:42CC doesn't matter...bensinsolar wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:40 2-2nya pasti kuat nanjak asal CC mobilnya cukup. Tapi FWD butuh effort lebih dibanding RWD karena lebih prone kena wheel spin.
Dulu nyetir accord euro fwd di oz lewat jalan berpasir kerikil main gas aja dengan slip lmyn udah diurut juga sama, VSAnya kedip2 terus. Temen didepan nyetir RX8 yg RWD jauh lbh smooth. Sama terbayang2 omongan host parents saya yg bule(mobil dia Jaguar XJS, Holden Commodore V8 & Nissan Patrol), bilang fwd sucks build for economy car/cos cutting
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
jawaban politikus...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
om gak lulus klw ujian... udah pernah ujian yang bikin soal sendir?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
1.pertanyaan tread um khan mana yg mn yg lbh kuat d tanjakan...dlm hal ini RWD akan perform better d tanjakan d banding fwd, kita pake parameter trek tanjakan yg sama n unit mbl yg sama dg type penggerak yg berbeda.krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:43Pernah liat agya sampe dieng, jalanan macet, yang berarti stop n go di tanjakan dan no problemo...
Seharusnya ansf even more no worries
2. klo pertanyaannya apakah FWD bisa nanjak/tidak. bisa ya n tdk jawabannya. bbrp faktor akan mempengaruhi kemampuannya bisa/tidaknya, berlaku sama ke rwd tapi dg effort yg lbh less di banding fwd (asumsi unit test sama)
3. makin tinggi sbh benda (suv) pegeseran berat k belakang semakin besar d banding mbl yg lbh rendah (sedan/hb) krn weight shiftingnya akan lebih merata/tersebar, dlm hal ini sedan/hb punya traksi yg lbh baik d tanjakan vs suv krn besaran weight shifting k blkng yg lbh kecil.
4. d kondisi moderate....trek tanjakan n average usage, almost no different between rwd n fwd.
i am open ...utk diskus lbh lanjut klo um punya pandangan lain thd hal diatas
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
hati2 nanjak pake suv jangkung. bisa kelontangjivos wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:541.pertanyaan tread um khan mana yg mn yg lbh kuat d tanjakan...dlm hal ini RWD akan perform better d tanjakan d banding fwd, kita pake parameter trek tanjakan yg sama n unit mbl yg sama dg type penggerak yg berbeda.krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:43Pernah liat agya sampe dieng, jalanan macet, yang berarti stop n go di tanjakan dan no problemo...
Seharusnya ansf even more no worries
2. klo pertanyaannya apakah FWD bisa nanjak/tidak. bisa ya n tdk jawabannya. bbrp faktor akan mempengaruhi kemampuannya bisa/tidaknya, berlaku sama ke rwd tapi dg effort yg lbh less di banding fwd (asumsi unit test sama)
3. makin tinggi sbh benda (suv) pegeseran berat k belakang semakin besar d banding mbl yg lbh rendah (sedan/hb) krn weight shiftingnya akan lebih merata/tersebar, dlm hal ini sedan/hb punya traksi yg lbh baik d tanjakan vs suv krn besaran weight shifting k blkng yg lbh kecil.
4. d kondisi moderate....trek tanjakan n average usage, almost no different between rwd n fwd.
i am open ...utk diskus lbh lanjut klo um punya pandangan lain thd hal diatas
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
bedanya yg pk sedan/hb d twisty uphill climb mukanya bs senyum" sumringah menikmati enjoynya driving while being pushed, sementara yg pk suv jangkung br tersenyum puas di titik puncak bukit menikmati sunrise d spot yg tdk bs d lalu sedan
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
kalo yang terakhir, kudu pake kaki, Om... kalo mobil amat sangat terbatas daya jelajahnya
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
kalo liat angkot jalur puncak yang pake mobil kecil muatan full load seh,maskopat wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:42CC doesn't matter...bensinsolar wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:40 2-2nya pasti kuat nanjak asal CC mobilnya cukup. Tapi FWD butuh effort lebih dibanding RWD karena lebih prone kena wheel spin.
Dulu nyetir accord euro fwd di oz lewat jalan berpasir kerikil main gas aja dengan slip lmyn udah diurut juga sama, VSAnya kedip2 terus. Temen didepan nyetir RX8 yg RWD jauh lbh smooth. Sama terbayang2 omongan host parents saya yg bule(mobil dia Jaguar XJS, Holden Commodore V8 & Nissan Patrol), bilang fwd sucks build for economy car/cos cutting
kayaknya emang doesn't matter...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
naaah...IGedeAmat wrote: ↑Thu May 02, 2019 4:25kalo liat angkot jalur puncak yang pake mobil kecil muatan full load seh,maskopat wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:42CC doesn't matter...bensinsolar wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:40 2-2nya pasti kuat nanjak asal CC mobilnya cukup. Tapi FWD butuh effort lebih dibanding RWD karena lebih prone kena wheel spin.
Dulu nyetir accord euro fwd di oz lewat jalan berpasir kerikil main gas aja dengan slip lmyn udah diurut juga sama, VSAnya kedip2 terus. Temen didepan nyetir RX8 yg RWD jauh lbh smooth. Sama terbayang2 omongan host parents saya yg bule(mobil dia Jaguar XJS, Holden Commodore V8 & Nissan Patrol), bilang fwd sucks build for economy car/cos cutting
kayaknya emang doesn't matter...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
- Location: kolong langit
- Daily Vehicle: supra fit
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
permisi om dan tante
wuihhh seru ini topik
numpang gelar tiker dulu ya
wuihhh seru ini topik
numpang gelar tiker dulu ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1283
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
akibat jari lebih cepat daripada otakadityabp wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:20Reason loe gak menjawab pertanyaan gue.krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:34padahal reasonnya udah ada di komentar diatas...
jangan males baca ah..budayain baca dibanding ngetik dong
Malah asal main paketin aja antara sasis+penggerak dgn kemampuan nanjak. Sotoy itu namanya.
Mikir aje loe males, kok malah nyuruh orang baca komen loe.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1283
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
engga kok om.. ada mobil lain, tapi bakal jadi satu-satunya mobil dirumah yang 3 row.. yang lain 2 rowPRBS wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:36btw ANSFnya bakal jd mobil satu2nya atau gimana?krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:40Betul om.. kalo sekarang emang sayang sih, soalnya baru 3 tahun dipake..PRBS wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:33 intinya sih, RWD or FWD sama2 bisa bikin nanjak.. sukur2, yg FWD sudah ada TC, jadi ya minimalisir terjadi slip.. btw kalau sudah punya ANKI diesel, kok sayang ya kalau dijual.. ANKI paling bisa diandalkan untuk jadi mobil perang soalnya.. nyaman masih ada, vibes interior (V or Q) juga oke, kaki2 badak, mesin lebih dari cukup.. kok agak sayang ya even ganti ke ANSF.. (maaf opini pribadi sih)..
tapi siapa tau pas duit cukup, kondisi ANKI udah ngga se oke sekarang, jadi rasa sayangnya siapa tau perlahan bisa memudar, halah
btw boleh tau om faktor rasa 'agak sayang ganti anki ke ansf' lebih ke faktor ansf nya kurangnya dimana?
biar bisa nambah2 informasi gitu om, siapa tau ada yang terlewat
Saya pribadi agak susah jelasin sih.. pengalaman saya dengan mobil FWD (stream, C26, all peugeo, etc) kaki2 harus dieman2, pemakaian tidak bisa sebrutal kalau saya pakai RWD (ladderframe pula) kayak blazer, GNKI (mobil kantor).. dan mobil RWD kayak ANKI ini bakal terasa ketika dibutuhkan.. (ANKI salah satu mobil idaman saya sampai skarang, simply karena mobil ini simpel yet tetap nyaman)
ANSF tidak ada masalah sih.. fitur yg sekarang oke, power juga oke sekali.. cuma kalau jadi mobil perang (satu2nya) gantikan ANKI.. mmmmm well...
tapi bener juga sih ya pendapatnya, anki di keep biar jadi mobil perang aja.. jangan sampe ansf yang jadi mobil perang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1283
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
nah ini seru juga kalo sampe kelontangmaskopat wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:56hati2 nanjak pake suv jangkung. bisa kelontangjivos wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:541.pertanyaan tread um khan mana yg mn yg lbh kuat d tanjakan...dlm hal ini RWD akan perform better d tanjakan d banding fwd, kita pake parameter trek tanjakan yg sama n unit mbl yg sama dg type penggerak yg berbeda.krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:43
Pernah liat agya sampe dieng, jalanan macet, yang berarti stop n go di tanjakan dan no problemo...
Seharusnya ansf even more no worries
2. klo pertanyaannya apakah FWD bisa nanjak/tidak. bisa ya n tdk jawabannya. bbrp faktor akan mempengaruhi kemampuannya bisa/tidaknya, berlaku sama ke rwd tapi dg effort yg lbh less di banding fwd (asumsi unit test sama)
3. makin tinggi sbh benda (suv) pegeseran berat k belakang semakin besar d banding mbl yg lbh rendah (sedan/hb) krn weight shiftingnya akan lebih merata/tersebar, dlm hal ini sedan/hb punya traksi yg lbh baik d tanjakan vs suv krn besaran weight shifting k blkng yg lbh kecil.
4. d kondisi moderate....trek tanjakan n average usage, almost no different between rwd n fwd.
i am open ...utk diskus lbh lanjut klo um punya pandangan lain thd hal diatas
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1283
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
apalagi kalau dikerucutkan sampai mobil yang masih bawaan standar manufacturing. mungkin hasilnya ada di sekitaran G-class mercy yamaskopat wrote: ↑Thu May 02, 2019 4:19kalo yang terakhir, kudu pake kaki, Om... kalo mobil amat sangat terbatas daya jelajahnya
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Gelandangan Wagen tuh mobil standar yang paling off road ready. tinggal pasang winch dan ganti ban MT. not comparable even with LC79.krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 6:24apalagi kalau dikerucutkan sampai mobil yang masih bawaan standar manufacturing. mungkin hasilnya ada di sekitaran G-class mercy ya
https://www.trayon.com/blog/mercedes-g- ... ndcruiser/
Rubicon JL aja masih perlu ganti bumper while G Wagen sudah pake bumper off road. Walau crawling ratio masih unggul JL.
Di atasnya lagi, Unimog. Di atasnya lagi, Zetros... All Mercedes Benz vehicles..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green