Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by quyquy »

2 hal yang jelas keunggulan RWD ladder frame:

1. Umur sparepart kaki2 lebih lama dibanding FWD. Sparepart nya ya shok dan link2nya.
2. Kenyaman ketika melewati jalan makadam berbatu, jalan keriting banyak lubang (karena getaran dari kaki2 selain teredam suspensi juga teredam oleh bushing2 dari bodi ke chasisnya..

Diluar itu mah fiffty2..

Tp kalau tanjakan terjal, berhenti di tengah2, kondisi jalannya basah, rwd msh bisa merangkak. Kalau nggak terjal2 banget, fwd msh mumpuni. Ya awalnya sempat spin dikit habis itu bisalah dikit2 naik..

Nah ukuran terjal ini yg susah terukur. Sehingga keunggulan rwd yg jelas ya yg saya tulis diatas tadi.
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by krniawnhdr »

marmut wrote: Mon Apr 29, 2019 8:03 sebelum nanjak bakarin menyan dulu sama keempat bannya siram air mawar supaya nambah grip. jangan lupa mesin juga dikepretin air mawar biar nggak overheat saat tanjakan.


* : diusahakan driver kias dulu mandi dari 7 mata air supaya jiwa raga terbebas dari beban dosa yang berat.
saya penasaran....merk esemka ya pasti? :mky_03:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Profith83 »

Kuat di tanjakan itu pasti truk :D Mobil dengan Torsi gede dan penggerak roda belakang.

Kuat di tanjakan itu intinya cuma 2:
1. mobil torsi gede di RPM serendah mungkin
2. ban/roda penggerak nya dapat traksi.

Syarat 1:
"Torsi besar didapat di RPM rendah" nah … semakin CC besar yang NA (Normal aspirated) biasanya torsi bawahnya gede banget. Tapi kalau pakai Turbo biasanya RPM rendahnya kurang nendang, karena torsi puncak didapat di RPM 1800 an, dengan tujuan irit bahan bakar.

Mobil kalau pas tanjakan harusnya semua mobil naik ASAL tidak beriringan sehingga bisa diatur di RPM sekitar 1800 untuk mobil diesel, Mobil bensin diatur RPM 3000 an. Karena itu lah RPM dengan torsi maksimal.

Kalau Mobil 1500 CC matik kemudian jalannya dibawah 5 KM per jam terus selama 2 menit dengan penumpang PENUH, resiko bisa mandek di tengah jalan karena mungkin RPM nya cuma di 1200 an.

Syarat 2:
Ban harus dapatkan traksi/tidak berdecit. Kalau urusan ban sih gampang, tinggal dilebarin tapaknya dan diberi ban baru yang bagus pasti dapat traksi maksimal biarpun itu penggerak rodak depan.
TAPI tetap saja yah RPM harus sesuai yang saya sebutkan diatas.


Kalau perbandingan Innova Reborn dengan Santa fee disel.
Saya pegang Santa fee diesel yah asumsi sama sama pakai DEX yang bagus kualitasnya (tidak dapat solar basi)

Kenapa pegang Santa Fee karena ke 2 mobil diesel tersebut sama sama torsi gede.
di Santa fee justru torsi maksimal di RPM 1200 - 2800 (FLAT torsi SEPERTINYA)
Sedangkan Innova diesel torsi Maksimal 1800.

Santa Fee pakai Ban yang harganya setahu saya 2 x lipat lebih dari Innova diesel. Kualitas beda jauh sekali …
TORSI gede di ROM rendah dan traksi ban bagus, walaupun penggerak roda depan tetapi dengan kualitas ban yang sangat 2x bagus maka traksinya akan sangat 2x mencengkeram jalan.
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by krniawnhdr »

quyquy wrote: Mon Apr 29, 2019 8:30 2 hal yang jelas keunggulan RWD ladder frame:

1. Umur sparepart kaki2 lebih lama dibanding FWD. Sparepart nya ya shok dan link2nya.
2. Kenyaman ketika melewati jalan makadam berbatu, jalan keriting banyak lubang (karena getaran dari kaki2 selain teredam suspensi juga teredam oleh bushing2 dari bodi ke chasisnya..

Diluar itu mah fiffty2..

Tp kalau tanjakan terjal, berhenti di tengah2, kondisi jalannya basah, rwd msh bisa merangkak. Kalau nggak terjal2 banget, fwd msh mumpuni. Ya awalnya sempat spin dikit habis itu bisalah dikit2 naik..

Nah ukuran terjal ini yg susah terukur. Sehingga keunggulan rwd yg jelas ya yg saya tulis diatas tadi.
untuk nomor 2, rasanya masih unclear ya....
RWD ladder frame lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding FWD monokok. Jadi apakah innova reborn lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding crv turbo/hyundai santa fe? hmmm...rasanya perlu analisa lebih jauh :mky_01:

nah untuk yang di tanjakan terjal, melanjutkan pertanyaan thread saya di awal...langsung ke contoh kasus,
apa iya misal hyundai new santa fe diesel (193hp/441Nm) bakal ngos-ngosan buat naik di tanjakan terjal habis berhenti di tengah2,, dibanding innova reborn diesel (149hp/360Nm) ??
menang di rwd tapi kalah di spek..
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by jivos »

biar ngga puyeng n ambigu dg pengalaman msg" yg pastinya berbeda, perlu di ketahui n sepakati:

apa yg terjdi saat kendaraan naik tanjakan?

saat nanjak the weight shift to the rear, so the availble traction shifts in proportion. those having enough weight over the driven wheel will be benefit from it...simple physic.

balik k pertanyaan ts ..
imo....bukan mslh bs/tdk bisa tapi tepatnya mana yg perform better d kodisi tsb. penggerak rwd akan lbh d untungkan d kondisi tsb, meski by spek slightly lower.

variable tergantungnya ya banyak: sudut landai tanjakan, type ban, PWR, skill driver, dll dll. cm yg terjadi saat nanjak khan tetep akan di alami.


#utk urusan comfort
monokok akan lbh comfort d banding ladder, termasuk jk anda bandingkan dg ladder kasta tertinggi.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Winz »

krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 9:31
quyquy wrote: Mon Apr 29, 2019 8:30 2 hal yang jelas keunggulan RWD ladder frame:

1. Umur sparepart kaki2 lebih lama dibanding FWD. Sparepart nya ya shok dan link2nya.
2. Kenyaman ketika melewati jalan makadam berbatu, jalan keriting banyak lubang (karena getaran dari kaki2 selain teredam suspensi juga teredam oleh bushing2 dari bodi ke chasisnya..

Diluar itu mah fiffty2..

Tp kalau tanjakan terjal, berhenti di tengah2, kondisi jalannya basah, rwd msh bisa merangkak. Kalau nggak terjal2 banget, fwd msh mumpuni. Ya awalnya sempat spin dikit habis itu bisalah dikit2 naik..

Nah ukuran terjal ini yg susah terukur. Sehingga keunggulan rwd yg jelas ya yg saya tulis diatas tadi.
untuk nomor 2, rasanya masih unclear ya....
RWD ladder frame lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding FWD monokok. Jadi apakah innova reborn lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding crv turbo/hyundai santa fe? hmmm...rasanya perlu analisa lebih jauh :mky_01:

nah untuk yang di tanjakan terjal, melanjutkan pertanyaan thread saya di awal...langsung ke contoh kasus,
apa iya misal hyundai new santa fe diesel (193hp/441Nm) bakal ngos-ngosan buat naik di tanjakan terjal habis berhenti di tengah2,, dibanding innova reborn diesel (149hp/360Nm) ??
menang di rwd tapi kalah di spek..
Klo Dihitung sampai segitu'nya ya ga akan ketemu Solusi

Selain Chassis dan Sistem Penggerak ada komponen lain juga

Macam Tenaga/Power, Torsi, Diameter Ban n Roda serta Gear Rasio

Klo Innova Diesel jelas kalah Power dan Torsi daripada Santa Fe Diesel
Memberbaruapril19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Mon Apr 01, 2019 9:51

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Memberbaruapril19 »

krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 9:31
quyquy wrote: Mon Apr 29, 2019 8:30 2 hal yang jelas keunggulan RWD ladder frame:

1. Umur sparepart kaki2 lebih lama dibanding FWD. Sparepart nya ya shok dan link2nya.
2. Kenyaman ketika melewati jalan makadam berbatu, jalan keriting banyak lubang (karena getaran dari kaki2 selain teredam suspensi juga teredam oleh bushing2 dari bodi ke chasisnya..

Diluar itu mah fiffty2..

Tp kalau tanjakan terjal, berhenti di tengah2, kondisi jalannya basah, rwd msh bisa merangkak. Kalau nggak terjal2 banget, fwd msh mumpuni. Ya awalnya sempat spin dikit habis itu bisalah dikit2 naik..

Nah ukuran terjal ini yg susah terukur. Sehingga keunggulan rwd yg jelas ya yg saya tulis diatas tadi.
untuk nomor 2, rasanya masih unclear ya....
RWD ladder frame lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding FWD monokok. Jadi apakah innova reborn lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding crv turbo/hyundai santa fe? hmmm...rasanya perlu analisa lebih jauh :mky_01:

nah untuk yang di tanjakan terjal, melanjutkan pertanyaan thread saya di awal...langsung ke contoh kasus,
apa iya misal hyundai new santa fe diesel (193hp/441Nm) bakal ngos-ngosan buat naik di tanjakan terjal habis berhenti di tengah2,, dibanding innova reborn diesel (149hp/360Nm) ??
menang di rwd tapi kalah di spek..
Sudah pasti menang santa fe bro, dari hp torsi dan akselerasi aja ketahuan menang siapa.

Nyaman? Jelas santa fe lah, santa fe yg lama aja mobil asia ternyaman, cuma lexus ls yg lbh nyaman itupun sedikit. Yg baru ini pasti ls kalah sama santa fe dalam hal kenyamanan
Memberbaruapril19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Mon Apr 01, 2019 9:51

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Memberbaruapril19 »

krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 6:20
martinnn wrote: Mon Apr 29, 2019 3:28 RWD dan ladder frame = auto laku di market indon... [emo-police] [emo-police] [emo-police]
kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah? :mky_04:
Betul bro, orang indon gak ketulungan g*bloknya. Beli mobil mahal dapatnya sasisnya truk yg gak laku dinegara maju. Disini dipuja2.
Memberbaruapril19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Mon Apr 01, 2019 9:51

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Memberbaruapril19 »

Soal grip jelas unggul fwd krn bannya ditekan oleh berat mesin. Rwd kalau mw dpt efek yg sama mesti dikasih beban batu bata, jadi pick up :wkkk:
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by FU27 »

Semua tergantung manusia di belakang setir.
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by mike22 »

Ini ts nya terinspirasi sehabis nonton ini ya: https://youtu.be/Lib6BJizMwk
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by supriyadi »

Kalo sama2 full loaded & nanjak RWD lebih bisa nanjak dibanding FWD. Karena bagaimanapun saat beban penuh RWD ban penggerak lebih mendapat traksi dibanding FWD. Tapi mobil saya FWD enjoy saja
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by paidjho »

marmut wrote:sebelum nanjak bakarin menyan dulu sama keempat bannya siram air mawar supaya nambah grip. jangan lupa mesin juga dikepretin air mawar biar nggak overheat saat tanjakan.


* : diusahakan driver kias dulu mandi dari 7 mata air supaya jiwa raga terbebas dari beban dosa yang berat.
Mbahh... Ngopi ngopi...
Memberbaruapril19 wrote:
krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 6:20
martinnn wrote: Mon Apr 29, 2019 3:28 RWD dan ladder frame = auto laku di market indon... [emo-police] [emo-police] [emo-police]
kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah? :mky_04:
Betul bro, orang indon gak ketulungan g*bloknya. Beli mobil mahal dapatnya sasisnya truk yg gak laku dinegara maju. Disini dipuja2.
Ngakak baca comment ini....

[emoji28][emoji28][emoji28]
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by michaelgiri93 »

krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 6:36
Winz wrote: Mon Apr 29, 2019 6:32
krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 6:20

kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah? :mky_04:
Ladder Frame memberikan Posisi Nyetir Commanding

Beberapa orang tidak suka posisi nyetir rendah seperti sedan

Termasuk saya, bahkan Nyonya tidak suka numpang mobil rendah

Nyonya Numpang Camry punya saudara bawaan'nya pusing2 malah
Indeed om...Saya juga preferensinya lebih suka mobil gc tinggi dibanding sedan...
tapi emang saya engga pernah punya sedan sih. cuma pas nebeng2 atau pas naik taksi aja :mky_01:
Mungkin temen2 yang preferensinya sedan punya input yang bisa dishare....?
Err kebetulan saya pengguna sedan dan lumayan suka posisi nyetir sedan
Saya suka duduk hampir selonjor, rendah, dan sedan kan relatif lebih stabil daripada suv atau mpv atau mobil tinggi lainnya.
Tapi saya akui sih sekali bawa suv ladder frame memang rasanya tinggi dan commanding banget.


Oh iya btt kalau untuk tanjakan saya bawa galant dan miras di sarangan gak ada masalah juga, kuat kuat aja, isi 4 orang tapi rada mini (60kg ke bawah).
Tapi dulu pernah bawa veloz at bareng temen tanjakan di samigaluh jogja juga kuat kuat aja (yaa technically avanza bukan ladderframe tapi gapapa lah ya buat perbandingan).
Oh iya ban mirage waktu itu bridgestone ecopia, ban galant forceum hexa(salah satu ban terburuk yg pernah saya pake, meski traction nya aa tapi berisik).
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by mr_mytplx »

Jangankan RWD vs FWD.

FWD pun bisa mengalahkan AWD dengan ban yg tepat.



gmn y seandainya di tanjakan licin di adu avanza dengan ban eco2an vs ertiga/xpander dengan ban primacy.

:mky_03:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by PRBS »

jivos wrote: Mon Apr 29, 2019 9:42
balik k pertanyaan ts ..
imo....bukan mslh bs/tdk bisa tapi tepatnya mana yg perform better d kodisi tsb. penggerak rwd akan lbh d untungkan d kondisi tsb, meski by spek slightly lower.

variable tergantungnya ya banyak: sudut landai tanjakan, type ban, PWR, skill driver, dll dll. cm yg terjadi saat nanjak khan tetep akan di alami.

#utk urusan comfort
monokok akan lbh comfort d banding ladder, termasuk jk anda bandingkan dg ladder kasta tertinggi.
Yg dibold om jivos, setuju. RWD or FWD keduanya bisa melahap tanjakan, tapi kalau perform better? Saya tetap pegang RWD. (Eventho faktor skill akan tetap menentukan semuanya)
Memberbaruapril19 wrote: Mon Apr 29, 2019 10:08
quyquy wrote: Mon Apr 29, 2019 8:30 apa iya misal hyundai new santa fe diesel (193hp/441Nm) bakal ngos-ngosan buat naik di tanjakan terjal habis berhenti di tengah2,, dibanding innova reborn diesel (149hp/360Nm) ??
menang di rwd tapi kalah di spek..
Sudah pasti menang santa fe bro, dari hp torsi dan akselerasi aja ketahuan menang siapa.

Nyaman? Jelas santa fe lah, santa fe yg lama aja mobil asia ternyaman, cuma lexus ls yg lbh nyaman itupun sedikit. Yg baru ini pasti ls kalah sama santa fe dalam hal kenyamanan
Yg saya bold, hohoho belum tentu.. ini kasusnya kan tanjakan ya? FWD power besar (diatas kertas) tidak melulu lebih unggul loh.. kalau drivernya tidak kompeten, malah lebih besar kemungkinan akan spin ditempat.. (allniwsantafe udah ada TC belum ya? Yg old belum ada soalnya)

Btw om memberbaru ini kayaknya fans berat santa-fe ya?
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: Tue May 20, 2014 11:41

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by jakanjc »

Mau share pengalaman aja, kebetulan saya ex pengguna santa fe crdi 2014, sekarang pake ANPS. Selama pake keduanya gapernah yang namanya kesulitan di rute jalan nanjak panjang, terjal bahkan dijalan kerikil pun. Hmmm buat ngebandinginnya, saya pernah ke bukit bintang bandung dengan kedua mobil ini, pake santa fe lebih pede, turbo lagnya berasa lebih minim, maticnya juga lebih pinter ngatur giginya, tapi karena d santa fe belum ada vsc+fwd, ada di suatu titik tanjakan yang jalannya rusak dan banyak kerikilnya bbrp kali terjadi wheelspin di roda depan. Pake ANPS gapernah spin, tapi kok lag turbonya lebih berasa, dan terkadang maticnya kaya telat/bingung utk downshift(mungkin krn kebanyakan gigi). Tapi kalo tanjakan panjang kyk di tolcipularang/tol semarang-solo buled enakan santa fe, lebih stabil dan lebih terukur arah steernya.
'You can go fast, But I can go anywhere'
Resta
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Apr 29, 2019 2:38
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Sedan

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Resta »

saya punya pengalaman bawa sedan FWD nanjak ke Bromo diakhir 2015 lalu,,,waktu Bromo erupsi,,,jalanan sebelum Ngadisari putih semua,,,pasir abu euyyy,,,bayangin jalanan licin pasir plus nanjak fwd ,,pula
alhamdulillah sampai juga didepan hotel Lava .
pintar pintar jaga rpm saja supaya roda gak slip
ceiszha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Fri Dec 05, 2014 5:15
Location: medan

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by ceiszha »

mr_mytplx wrote:Jangankan RWD vs FWD.

FWD pun bisa mengalahkan AWD dengan ban yg tepat.



gmn y seandainya di tanjakan licin di adu avanza dengan ban eco2an vs ertiga/xpander dengan ban primacy.

:mky_03:
Waktu di tes semua mobil isi 7 orang trus tes berenti ditengah tanjakan baru lanjut nanjak lg biar greget. Hehehe
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by ZEXELGRIFONE »

Ini ga terbatas pada SUV kan ya?
Mpv boleh? Klo nanjak kayaknya sih kuat2 aja.. yg jadi masalah mungkin traksi bannya..

Pengalaman..
Rumah ortu ane, ada garasi dengan carport didepannya. Tapi carportnya nanjak dgn bagian 1/2 atas adalah lantai keramik yg klo kena air licin dan sisa bagian bawah adalah lantai cor2an semen biasa yg lebih kasar.
Nah saya biasa nyuci mobil di carport situ dgn posisi menanjak.

Manakala nyuci lio ane (pas ane mudik), kebetulan ban depan pas bgt bertumpu di lantai keramik (bagian atas carport), alhasil habis nyuci, lantai keramik masih basah, mo masukin lio ke garasi, ban depan ngesot2 dulu. Atau kudu mundur dulu ancang2, atau nunggu lantai keramiknya kering.

Nah pas nyuci Xenia ortu. Posisi sama, tapi roda belakang bertumpu pada lantai cor semen itu. Alhasil klo habis nyuci, masukin ke garasi jg bisa langsung, karena ban belakang dapat traksi cukup.
Tapi.. klo pas berhenti dan roda belakang bertumpu pada bagian atas (lantai keramik basah) kasusnya jadi mirip.. xenia ngesot2 ban belakangnya saat mo masuk garasi, meskipun ga sering jg. Kudu mundur ancang2 dulu atau nunggu lantai keramiknya kering.

Keduanya masih pake ban std..

Oia sekalian nanya, yg kayak gitu (ngesot ga dapet traksi) bisa ga sih diatasi dengan asc/vsc?
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Andhyka »

Jika peruntukannya passenger car, kemampuan tanjakan RWD vs FWD saya rasa mirip.

Keunggulan RWD memang ada tapi terimbas loss power akibat tenaga hilang karena disalurkan dulu ke axle belakang.

Pilihan dan kondisi ban lebih pengaruh, tinggal cari ya grippy biar traksinya bagus.

Oh ya ban dgn traksinya bagus itu lebih boros bahan bakar, jadi:
HIGH Traction = BAD Fuel Consumption
LOW Traction = GOOD Fuel Consumption
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE

Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by lemonadelovers »

Memangnya rute yg dilewatin tanjakannya securam apa sih dan kondisinya sehancur apa?

Buat saya kok resiko banget lewatin jalan yg kondisinya ga wajar
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Herman7103 »

Saya sependapat untuk peruntukannya passenger car, kemampuan tanjakan RWD vs FWD saya rasa mirip.

Keunggulan RWD memang ada tapi terimbas loss power akibat tenaga hilang karena disalurkan dulu ke axle belakang sehingga mobil RWD rata rata lebih boros bahan bakar dibandingkan dgn mobil mobil FWD yg lebih sedikit loss power akibat tenaga hilang.[emoji23]
Andhyka wrote:Jika peruntukannya passenger car, kemampuan tanjakan RWD vs FWD saya rasa mirip.

Keunggulan RWD memang ada tapi terimbas loss power akibat tenaga hilang karena disalurkan dulu ke axle belakang.

Pilihan dan kondisi ban lebih pengaruh, tinggal cari ya grippy biar traksinya bagus.

Oh ya ban dgn traksinya bagus itu lebih boros bahan bakar, jadi:
HIGH Traction = BAD Fuel Consumption
LOW Traction = GOOD Fuel Consumption
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Winz »

mike22 wrote: Mon Apr 29, 2019 11:36 Ini ts nya terinspirasi sehabis nonton ini ya: https://youtu.be/Lib6BJizMwk
Tiba2 banyak yg Bandingkan Monocoque dan Ladder Frame lagi

Setelah Pasar SUV Monocoque dari awal tahun ini Penjualan Parah

Sebenar'nya HPM yang bisa menyelamatkan Pasar SUV Monocoque ini

Tapi apa daya, tiap lihat di Thread atau Grup FB rata2 isi keluhan aja
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by martinnn »

michaelgiri93 wrote: Mon Apr 29, 2019 12:41
krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 6:36
Winz wrote: Mon Apr 29, 2019 6:32

Ladder Frame memberikan Posisi Nyetir Commanding

Beberapa orang tidak suka posisi nyetir rendah seperti sedan

Termasuk saya, bahkan Nyonya tidak suka numpang mobil rendah

Nyonya Numpang Camry punya saudara bawaan'nya pusing2 malah
Indeed om...Saya juga preferensinya lebih suka mobil gc tinggi dibanding sedan...
tapi emang saya engga pernah punya sedan sih. cuma pas nebeng2 atau pas naik taksi aja :mky_01:
Mungkin temen2 yang preferensinya sedan punya input yang bisa dishare....?
Err kebetulan saya pengguna sedan dan lumayan suka posisi nyetir sedan
Saya suka duduk hampir selonjor, rendah, dan sedan kan relatif lebih stabil daripada suv atau mpv atau mobil tinggi lainnya.
Tapi saya akui sih sekali bawa suv ladder frame memang rasanya tinggi dan commanding banget.


Oh iya btt kalau untuk tanjakan saya bawa galant dan miras di sarangan gak ada masalah juga, kuat kuat aja, isi 4 orang tapi rada mini (60kg ke bawah).
Tapi dulu pernah bawa veloz at bareng temen tanjakan di samigaluh jogja juga kuat kuat aja (yaa technically avanza bukan ladderframe tapi gapapa lah ya buat perbandingan).
Oh iya ban mirage waktu itu bridgestone ecopia, ban galant forceum hexa(salah satu ban terburuk yg pernah saya pake, meski traction nya aa tapi berisik).
kalau bawa sedan sya terganggu dengan mobil2 lain yang sorot lampunya seakan akan langsung kena ke bangku supir.... :mky_01:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145