Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
udeste wrote:Om & juragan sekalian.. Mau tanya apa betul kalau pemakaian BBM biosolar minimal pakai oli yg TBN nya 10-12? Apa ini berlaku untuk mesin diesel yang teknologi lama juga?
minimal 10 mg KOH dah cukup
1 HDT kapasitas karter gede banget, bisa long drain
Btw kalo knalpot udah agak ngebul ganti Nozzle dulu aja, utk 6 Cyl paling sejuta lebih dikit.....DENSO Ori....lgs asap hilang & tarikan Jozz lagi
udeste wrote:Om & juragan sekalian.. Mau tanya apa betul kalau pemakaian BBM biosolar minimal pakai oli yg TBN nya 10-12? Apa ini berlaku untuk mesin diesel yang teknologi lama juga?
minimal 10 mg KOH dah cukup
1 HDT kapasitas karter gede banget, bisa long drain
Btw kalo knalpot udah agak ngebul ganti Nozzle dulu aja, utk 6 Cyl paling sejuta lebih dikit.....DENSO Ori....lgs asap hilang & tarikan Jozz lagi
wah tau aja punya saya dah mulai berasap... yang maksud DENSO tu injektornya atau nozzlenya, bos? beli 6 pcs apa gmn?
udeste wrote:Om & juragan sekalian.. Mau tanya apa betul kalau pemakaian BBM biosolar minimal pakai oli yg TBN nya 10-12? Apa ini berlaku untuk mesin diesel yang teknologi lama juga?
minimal 10 mg KOH dah cukup
1 HDT kapasitas karter gede banget, bisa long drain
Btw kalo knalpot udah agak ngebul ganti Nozzle dulu aja, utk 6 Cyl paling sejuta lebih dikit.....DENSO Ori....lgs asap hilang & tarikan Jozz lagi
wah tau aja punya saya dah mulai berasap... yang maksud DENSO tu injektornya atau nozzlenya, bos? beli 6 pcs apa gmn?
1 HDT kapasitas karter gede banget, bisa long drain
Btw kalo knalpot udah agak ngebul ganti Nozzle dulu aja, utk 6 Cyl paling sejuta lebih dikit.....DENSO Ori....lgs asap hilang & tarikan Jozz lagi
wah tau aja punya saya dah mulai berasap... yang maksud DENSO tu injektornya atau nozzlenya, bos? beli 6 pcs apa gmn?
ini
atau ini?
Nozzle sih biasa yg aus duluan
ada toko rekomendasi barangkali? saya coba ngecek ke toko sparepart yang saya tahu harganya kok jadi 3x lipat.. maap bener2 pemula jadi ga kurang pengalaman..
udeste wrote:
wah tau aja punya saya dah mulai berasap... yang maksud DENSO tu injektornya atau nozzlenya, bos? beli 6 pcs apa gmn?
ini
atau ini?
Nozzle sih biasa yg aus duluan
ada toko rekomendasi barangkali? saya coba ngecek ke toko sparepart yang saya tahu harganya kok jadi 3x lipat.. maap bener2 pemula jadi ga kurang pengalaman..
pengendiesel wrote:Mohon petunjuk om2 ganteng di sini...untuk 2kd vnt kondisi standar ting2, antara 10w40 dengan 15w40, mana yang lebih bagus untuk gaya pemakaian pagi hari starter langsung jalan tanpa panasi mesin dulu?
Bagus dalam artian melindungi komponen2 mesin
Utk 2KD th 2011 - 2015 bisa pake
10W30 / 5W40 / 10W40 Diesel oil / PCMO ACEA B4
kalo mau tarikan enteng en BBM hemat ya 10W30
kalo mau kesenyapan maksimal ya 5W40 / 10W40 yg Full synth
terserah
Thanks infonya om Turbo.
Karena saya awam mengenai oli....ada rekomendasi merk dan tipe yang 10W40 om?
pengendiesel wrote:Mohon petunjuk om2 ganteng di sini...untuk 2kd vnt kondisi standar ting2, antara 10w40 dengan 15w40, mana yang lebih bagus untuk gaya pemakaian pagi hari starter langsung jalan tanpa panasi mesin dulu?
Bagus dalam artian melindungi komponen2 mesin
Utk 2KD th 2011 - 2015 bisa pake
10W30 / 5W40 / 10W40 Diesel oil / PCMO ACEA B4
kalo mau tarikan enteng en BBM hemat ya 10W30
kalo mau kesenyapan maksimal ya 5W40 / 10W40 yg Full synth
terserah
Thanks infonya om Turbo.
Karena saya awam mengenai oli....ada rekomendasi merk dan tipe yang 10W40 om?
Om turboman..ane pake pajero 2014 mesin 4D56 odo udah 100ribuan.. biasa pakai PTT Dynamic Commonrail 10w-30 ganti di 10.000 km dalam tempo 3 bulan..mau ganti PTT Dynamic Ultraplus 15w-40 (botol merah) cocok ga ya? Bisa tahan 10.000 km ga kl pake dlm tempo 3 bulan? Tks
cryptonite41 wrote:Om turboman..ane pake pajero 2014 mesin 4D56 odo udah 100ribuan.. biasa pakai PTT Dynamic Commonrail 10w-30 ganti di 10.000 km dalam tempo 3 bulan..mau ganti PTT Dynamic Ultraplus 15w-40 (botol merah) cocok ga ya? Bisa tahan 10.000 km ga kl pake dlm tempo 3 bulan? Tks
Btw PTT 10W30 bisa tancap lebih dr 10.000 km jika odo muter cepet banget
coba aja pakai 12 - 13 rb km en ambil sample oli bekasnya
cryptonite41 wrote:Om turboman..ane pake pajero 2014 mesin 4D56 odo udah 100ribuan.. biasa pakai PTT Dynamic Commonrail 10w-30 ganti di 10.000 km dalam tempo 3 bulan..mau ganti PTT Dynamic Ultraplus 15w-40 (botol merah) cocok ga ya? Bisa tahan 10.000 km ga kl pake dlm tempo 3 bulan? Tks
Btw PTT 10W30 bisa tancap lebih dr 10.000 km jika odo muter cepet banget
coba aja pakai 12 - 13 rb km en ambil sample oli bekasnya
pake aja filter oli yg bagus spt WIX misal......
Kalo PTT Ultra Plus 15w40 ga rekomen ya? Maksud saya biar agak senyap suara mesinnya..driving style juga nyantai ga pake akselerasi2an segala..
cryptonite41 wrote:Om turboman..ane pake pajero 2014 mesin 4D56 odo udah 100ribuan.. biasa pakai PTT Dynamic Commonrail 10w-30 ganti di 10.000 km dalam tempo 3 bulan..mau ganti PTT Dynamic Ultraplus 15w-40 (botol merah) cocok ga ya? Bisa tahan 10.000 km ga kl pake dlm tempo 3 bulan? Tks
Btw PTT 10W30 bisa tancap lebih dr 10.000 km jika odo muter cepet banget
coba aja pakai 12 - 13 rb km en ambil sample oli bekasnya
pake aja filter oli yg bagus spt WIX misal......
Kalo PTT Ultra Plus 15w40 ga rekomen ya? Maksud saya biar agak senyap suara mesinnya..driving style juga nyantai ga pake akselerasi2an segala..
Ada beberapa pertanyaan nih om ..
1.rekomen toko oli mumer di jakarta dan skalian purging buat ipah diesel ana.
2. Bener ga sih om kalau pake oli omega jadi lebih enteng tarikaannya dan mesin lebih alus..
3. Rekomen oli buat ipah 2012 diesel matic ana om (terakhir pake mobil1 5w-40
Riderchuby03 wrote:Pagi om turboman...maaf ane nubitol...
Ada beberapa pertanyaan nih om ..
1.rekomen toko oli mumer di jakarta dan skalian purging buat ipah diesel ana.
2. Bener ga sih om kalau pake oli omega jadi lebih enteng tarikaannya dan mesin lebih alus..
3. Rekomen oli buat ipah 2012 diesel matic ana om (terakhir pake mobil1 5w-40
Nuhun om..
Kalo mau harga miring en asli paling aman hunting oli promo di Official store brand masing2 entah di BliBli / ToPed dll
kalo toko yg trusted salah 1 nya = td motor (ToPed)
Purging sih byk bengkel yg bisa
udah pake Delvac1 sih udah bagus banget om, kalo mau cari yg lebih ekonomis coba ada browse oli merek lain yg 5W40 - ACEA B4 / MB 229.3 / .5 yg lagi promo di Bli2 (di official store nya)
Kalo mau yg lebih bagus dr Delvac1 bisa coba Schaeffer 9000
Salam Om turbo man,ane biasa silent reader saja,nah kebetulan tergoda untk bertanya mengenai pelumas mesin fortuner vnturbo ane ini yg bentar lagi mau ganti oli di 70.000 im.
Biasa nya ane pakai Amsoil signsute seties 5W30.
Sekarang tergoda dengan oli lain yg sepertinya banyak promo online.
Beberapa merek yg menggoda ane,seperti :
1.Petro canada dengan DURON HP 1W40
2.KENDAL SUPER XD-A
3.LUCAS MGNUM 5W40
Tanya ane...Ane bertahan pakai AMSOIL SIGNATURE SERIE 15W30.
Apa ada pilihaan yang setara dari ketiga pilihan tersebut dengan oli AMSOIL SIGNATURE SERIE 5W30 yang ane pakai selama ini.
Catatan : Selama ane pake amsoil suara fortie agak kasar,apa ini karena buntut oli nya 30..
Kalau memang karena buntut 30,mohon pencerahan untuk metek dan tipe oli pengganti untuk LONG DRAIN ( 10.000 Km )
Salam...
dedensikerei wrote:Salam Om turbo man,ane biasa silent reader saja,nah kebetulan tergoda untk bertanya mengenai pelumas mesin fortuner vnturbo ane ini yg bentar lagi mau ganti oli di 70.000 im.
Biasa nya ane pakai Amsoil signsute seties 5W30.
Sekarang tergoda dengan oli lain yg sepertinya banyak promo online.
Beberapa merek yg menggoda ane,seperti :
1.Petro canada dengan DURON HP 1W40
2.KENDAL SUPER XD-A
3.LUCAS MGNUM 5W40
Tanya ane...Ane bertahan pakai AMSOIL SIGNATURE SERIE 15W30.
Apa ada pilihaan yang setara dari ketiga pilihan tersebut dengan oli AMSOIL SIGNATURE SERIE 5W30 yang ane pakai selama ini.
Catatan : Selama ane pake amsoil suara fortie agak kasar,apa ini karena buntut oli nya 30..
Kalau memang karena buntut 30,mohon pencerahan untuk metek dan tipe oli pengganti untuk LONG DRAIN ( 10.000 Km )
Salam...
OTW beralih dr Amsoil Turbo Truck 5w40 (135rb/qt) ke Amsoil Series 3.000 HDDO 5w30
harga pasarannya ni series 3.000, di 200rb/qt, sama dg signature series/max duty. Tp dpt limpahan murmer 135rb/qt.
Review ASAP ane cerita disini
Turboman wrote:
dedensikerei wrote:Salam Om turbo man,ane biasa silent reader saja,nah kebetulan tergoda untk bertanya mengenai pelumas mesin fortuner vnturbo ane ini yg bentar lagi mau ganti oli di 70.000 im.
Biasa nya ane pakai Amsoil signsute seties 5W30.
Sekarang tergoda dengan oli lain yg sepertinya banyak promo online.
Beberapa merek yg menggoda ane,seperti :
1.Petro canada dengan DURON HP 1W40
2.KENDAL SUPER XD-A
3.LUCAS MGNUM 5W40
Tanya ane...Ane bertahan pakai AMSOIL SIGNATURE SERIE 15W30.
Apa ada pilihaan yang setara dari ketiga pilihan tersebut dengan oli AMSOIL SIGNATURE SERIE 5W30 yang ane pakai selama ini.
Catatan : Selama ane pake amsoil suara fortie agak kasar,apa ini karena buntut oli nya 30..
Kalau memang karena buntut 30,mohon pencerahan untuk metek dan tipe oli pengganti untuk LONG DRAIN ( 10.000 Km )
Salam...
MaxDuty 5W30 ?
wah udah bagus banget itu
Setauku ga ada om turbo maxduty yg 5w30. Maxduty paling rendah 5w40, sy soalnya mulai sering pake.
Amsoil untuk diesel 5w30 itu adanya yg signature series dan series 3000
Last edited by Ngasepngaspal on Sun May 12, 2019 13:46, edited 1 time in total.
Ngasepngaspal wrote:OTW beralih dr Amsoil MaxDuty 5w4p (135rb/qt) ke Amsoil Series 3.000 HDDO 5w30
harga pasarannya ni series 3.000, di 200rb/qt, sama dg signature series. Tp dpt limpahan murmer 135rb/qt.
Review ASAP ane cerita disini
Turboman wrote:
dedensikerei wrote:Salam Om turbo man,ane biasa silent reader saja,nah kebetulan tergoda untk bertanya mengenai pelumas mesin fortuner vnturbo ane ini yg bentar lagi mau ganti oli di 70.000 im.
Biasa nya ane pakai Amsoil signsute seties 5W30.
Sekarang tergoda dengan oli lain yg sepertinya banyak promo online.
Beberapa merek yg menggoda ane,seperti :
1.Petro canada dengan DURON HP 1W40
2.KENDAL SUPER XD-A
3.LUCAS MGNUM 5W40
Tanya ane...Ane bertahan pakai AMSOIL SIGNATURE SERIE 15W30.
Apa ada pilihaan yang setara dari ketiga pilihan tersebut dengan oli AMSOIL SIGNATURE SERIE 5W30 yang ane pakai selama ini.
Catatan : Selama ane pake amsoil suara fortie agak kasar,apa ini karena buntut oli nya 30..
Kalau memang karena buntut 30,mohon pencerahan untuk metek dan tipe oli pengganti untuk LONG DRAIN ( 10.000 Km )
Salam...
MaxDuty 5W30 ?
wah udah bagus banget itu
Setauku ga ada om turbo maxduty yg 5w30. Maxduty paling rendah 5w40, sy soalnya mulai sering pake.
Amsoil untuk diesel 5w30 itu adanya yg signature series dan series 3000
Jadi ane lanjut aja pakai AMSOIL SIGNATURE SERIE 5W30...OM TURBOMAN.......????
Cuma suara engine sedikit kasar.....????
Mau ane....kalau ada pilihan lain untuk merek dan tipe oli mesin selain AMSOIL agar suara mesin soft dan lembut...long drain nya juga dapat.
Untuk yg buntut 40 ...apa neh om pilihan merek dan tipe oli untk foetie ane....???
dedensikerei wrote:Jadi ane lanjut aja pakai AMSOIL SIGNATURE SERIE 5W30...OM TURBOMAN.......????
Cuma suara engine sedikit kasar.....????
Mau ane....kalau ada pilihan lain untuk merek dan tipe oli mesin selain AMSOIL agar suara mesin soft dan lembut...long drain nya juga dapat.
Untuk yg buntut 40 ...apa neh om pilihan merek dan tipe oli untk foetie ane....???
5W40 si boleh coba yg di bawah ini, kebetulan importirnya lagi promo (dr 200 rb jadi 160 rb) :
Supreme 9000™ Full Synthetic Oil 5W-40
TYPICAL PROPERTIES
SAE Grade 5W-40
Viscosity 40C cSt (ASTM D445) 85.50-89.00
Viscosity 100C cSt (ASTM D445) 13.50 –15.00
CCS Viscosity @ -30C cP (ASTM D5293) 5,700
High Temperature High Shear Viscosity 302F/150C Cp (ASTM D4683) 4.05
Mini-rotary Viscosity-TP.1 @ -35C cP (ASTM D4684) 20,900
Viscosity Index (ASTM D2270) 164
Flash Point F/C (ASTM D92) 437/225
Stable Pour Point F/C (FTM 7916 Method 203) <-41/<-42
Sulfated Ash Content % Wt. (ASTM D874) 0.98
Total Base Number (ASTM D2896) 9
NOACK Volatility (ASTM D5800) % Evaporation Loss @ 250C 11%
Shear Stability % Viscosity Loss 90 Passes (ASTM D7109) 10%
Foam Test (ASTM D892 Option A)
Sequence I 0/0
Sequence II 0/0
Sequence III 0/0
High Temperature Foam Test (ASTM D6082 Option A) 0/0
Sequence IIIG % Viscosity@ 40°C EOT 130%
TBN nya cuma 9 ,ane sering di daerah tidak mendapat PERTADEK dan main hajar aja BIOSOLAR, apa tidak pengaruh kalau di bikin untuk
LONG DRAIN siSupreme 9000™ Full Synthetic Oil 5W-40 ............kalau AMSOIL SIGNATURE TBN nya 10,5
dedensikerei wrote:Supreme 9000[emoji769] Full Synthetic Oil 5W-40
TYPICAL PROPERTIES
SAE Grade 5W-40
Viscosity 40C cSt (ASTM D445) 85.50-89.00
Viscosity 100C cSt (ASTM D445) 13.50 –15.00
CCS Viscosity @ -30C cP (ASTM D5293) 5,700
High Temperature High Shear Viscosity 302F/150C Cp (ASTM D4683) 4.05
Mini-rotary Viscosity-TP.1 @ -35C cP (ASTM D4684) 20,900
Viscosity Index (ASTM D2270) 164
Flash Point F/C (ASTM D92) 437/225
Stable Pour Point F/C (FTM 7916 Method 203) <-41/<-42
Sulfated Ash Content % Wt. (ASTM D874) 0.98
Total Base Number (ASTM D2896) 9
NOACK Volatility (ASTM D5800) % Evaporation Loss @ 250C 11%
Shear Stability % Viscosity Loss 90 Passes (ASTM D7109) 10%
Foam Test (ASTM D892 Option A)
Sequence I 0/0
Sequence II 0/0
Sequence III 0/0
High Temperature Foam Test (ASTM D6082 Option A) 0/0
Sequence IIIG % Viscosity@ 40°C EOT 130%
TBN nya cuma 9 ,ane sering di daerah tidak mendapat PERTADEK dan main hajar aja BIOSOLAR, apa tidak pengaruh kalau di bikin untuk
LONG DRAIN siSupreme 9000[emoji769] Full Synthetic Oil 5W-40 ............kalau AMSOIL SIGNATURE TBN nya 10,5
Gak masalah
ada yg pernah pake 20.000 km di 2GD trus test lab TBN nya masi di level menengah