Serius nih om? Dipake jadi oli samping kah sama mesinnya?
Grand Livina Users..! - PART 06
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5703
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Mesin lipidut masih mesin kecil biasa saja, tapi mesin GTR baru mesin yg luar biasa menurut saya setelah nonton inimarmut wrote:
mesin lipindut itu sakti mandraguna dan lebih canggih dari mesin USS Enterprise.
owe 2x ngetap oli mesinnya, yang keluar nda sampe setengah liter. hebat bukan?
https://youtu.be/YAtf6UADkI4
HR15DE 2014
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Mesin eco friendly yg sesungguhnya tuh.. berpartisipasi mengurangi limbah B2... prius aj kalah
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Mesinnya tinggi suhu nya om, sedangkan komponen pendingin mobilnya minimal. Fan nya kerja keras jadi klo dipakai jadi genset tuh oli cepet terbakar, nah oli terbakar itu yg bikin ruang bakar kotor dan bikin mesinnya ngelitik, mobil saya 11 tahun, oli shell 10w30 jalan 4000km (istri pakai buat antar jemput anak) sudah biasa nambah 1/2 liter. Yg penting rutin cek dipstick aja, makanya saya jg ga pake oli mahal. Pernah pake shell 5w40 sami mawon nguap nya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Sepertinya ribet banget ya pelihara livina ini, bahkan sampai nunggu di mobil sambil dinyalakan pun ada aturannya *menurut salah satu postingan user di sini.
Logikanya kalau menunggu di dalam mobil dalam waktu lama ga boleh, rusak semua dong mobil-mobil yang dipakai macet-macetan mudik tiap lebaran/ menunggu buka tutup di puncak apalagi cuaca panas, penumpang penuh, kondisi lingkungan juga panas dikelilingi mobil lain yang panas juga.
Ada-ada saja, salah satu tujuan memakai mobil adalah sebagai transportasi penunjang kenyamanan, gausah terlalu lebay ini itu gaboleh. Kalau ribet, jual aja ganti yang ga rewel. Mobil di rumah T, S, M, sangat sering dipakai ngadem sambil kaca dibuka sedikit, no problem at all, terakhir si logo S cuma minta ganti dinamo Radiator Fan doang karena udah ngorok dan oblak. That’s it.
Logikanya kalau menunggu di dalam mobil dalam waktu lama ga boleh, rusak semua dong mobil-mobil yang dipakai macet-macetan mudik tiap lebaran/ menunggu buka tutup di puncak apalagi cuaca panas, penumpang penuh, kondisi lingkungan juga panas dikelilingi mobil lain yang panas juga.
Ada-ada saja, salah satu tujuan memakai mobil adalah sebagai transportasi penunjang kenyamanan, gausah terlalu lebay ini itu gaboleh. Kalau ribet, jual aja ganti yang ga rewel. Mobil di rumah T, S, M, sangat sering dipakai ngadem sambil kaca dibuka sedikit, no problem at all, terakhir si logo S cuma minta ganti dinamo Radiator Fan doang karena udah ngorok dan oblak. That’s it.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
btw, mengenai penguapan jg ga bsa dipukul rata brapa liter, bahkan dl OGL ama XR dl ane aj bsa beda tingkat penguapan nya.. yg OGL rada heboh, 5000 km aj bsa top up ampir seliteran, itu pake NGO 10-30.. nah kl di XR, ane ud blajar pake oli full syn yg bagusan, itu jalan 7000an km kira2 ud nambah sliter lebi dikit, tingkat keenceran slalu 5-30.. gaya nyetir mostly sehh alon2, ngeri rusak kaki2 nya dl.. beda kl lg nyetir apanja ane dl, kesetanan mulu, untung ga tralu doyan bakar oli tuh enjin..
mengenai suhu enjin, perna dl colok OBD di autod*ne, baca di alat nya suhu radiator pas idle aj di 93, kondisi radiator dan kipas sehat smua.. kapasitas oli mesin tiap kl ganti oli + filter masuk 3 ampe 3.1 liter ud mentok titik atas..
mengenai suhu enjin, perna dl colok OBD di autod*ne, baca di alat nya suhu radiator pas idle aj di 93, kondisi radiator dan kipas sehat smua.. kapasitas oli mesin tiap kl ganti oli + filter masuk 3 ampe 3.1 liter ud mentok titik atas..
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
ya serius lah... ini kejadian beneran bukan ngimpi. saya sendiri ampe kaget kok, ada saksinya salah satu member disini.
tapi berkat penjelasan dari suhu Turboman di kamar sebelah jadi nggak heran lagi dah....
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Fri Apr 19, 2013 1:55
- Daily Vehicle: HR15DE --- QR25DE --- 4D56 --- 3A92 Mivec --- Piaggio Vespa S 150 ie --- Yamaha Mio Z 125
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Overall sih saya puas beralih dr avanza ke pina terutama dari segi kenyamanan & power mesin saat lagi geber di jalan tol semarang salatiga. Sebelumnya pake avanza cuma berani mentok 110 aja krn suara mesin sdh teriak mungkin krn faktor gear ratio kali ya. Cuma ya itu spare dana utk perawatan kayaknya lebih dr avanza ya. Kmaren tanya2 bengkel kaki2 utk bongkar total sediakan dana 3-4jt diluar shockbreaker krn sdh ada yg jual bushing2nya aja tanpa harus sepaket ama swing arm macam di beres
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Maintenance Grand Livina kalau beli dari kondisi baru murah saja asal bawa nya ngak Sruntulan dan mengerti ngerawat mobil, yg paling rutin itu cuma ganti oli mesin (3 ltr X Rp 100 ribu)rioangga wrote:Overall sih saya puas beralih dr avanza ke pina terutama dari segi kenyamanan & power mesin saat lagi geber di jalan tol semarang salatiga. Sebelumnya pake avanza cuma berani mentok 110 aja krn suara mesin sdh teriak mungkin krn faktor gear ratio kali ya. Cuma ya itu spare dana utk perawatan kayaknya lebih dr avanza ya. Kmaren tanya2 bengkel kaki2 utk bongkar total sediakan dana 3-4jt diluar shockbreaker krn sdh ada yg jual bushing2nya aja tanpa harus sepaket ama swing arm macam di beres
sama filter oli (Rp 38 ribu) saja tiap ganti oli mesinnya jasa ganti oli. Pakai saja oli mesin yg fully synthetic 5w30 API SN ganti saja tiap 6 max 7 bulan sekali. Lha saya pakai dari th 2014 dgn bbm saya isi premium Ron 88 saja sampai skrg mesin nya masih sehat kok. BBM pakai Ron 88 saja bisa di MID tadi sore 1 : 16.7 rute komplek tempat tinggal ke Prabumulih Sumsel PP.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
HR15DE 2014
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Saya kalau pakai Avanza di tol tidak berani lebih dari 110 km/jam juga secara seperti jet mau take off hahaha. Juga tidak enak dipakai menanjak dan ngelitik...ckckck. Pengalaman waktu coba Nissan GL 1.8L (MR18DE) M/T ke Solo sekalian naik ke Tawangmangu. Memang enak banget handlingnya dan juga saat nenanjak tidak loss power apalagi di jalan tol. FC irit lagi daripada Avanza 1 3L K3-VE yang saya sama ukur dari metode isi full o full.rioangga wrote: ↑Wed Apr 03, 2019 12:09 Overall sih saya puas beralih dr avanza ke pina terutama dari segi kenyamanan & power mesin saat lagi geber di jalan tol semarang salatiga. Sebelumnya pake avanza cuma berani mentok 110 aja krn suara mesin sdh teriak mungkin krn faktor gear ratio kali ya. Cuma ya itu spare dana utk perawatan kayaknya lebih dr avanza ya. Kmaren tanya2 bengkel kaki2 utk bongkar total sediakan dana 3-4jt diluar shockbreaker krn sdh ada yg jual bushing2nya aja tanpa harus sepaket ama swing arm macam di beres
Kalau GL1.5L tidak pernah coba tapi saya yakin pasti tidak seenak yang 1.8L. Niat mulai hunting Old Nissan GL 1.8L M/T cuman barangnya kok lebih jarang dari Supercar hahaha. Avanza kan GC tinggi jelas lebih nyaman Nissan GL kemana-mana seperti SpinDies yang GC rendah. Karena itu Avanza 2012 saya malah jadi penjaga garasi dan odometer baru 68K km tapi SpinDies 2014 sudah 120K km.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Kayaknya yang banyak di bully dari Nissan emang HR Series engine nya yaMichaelktp wrote: ↑Thu Apr 04, 2019 1:59Saya kalau pakai Avanza di tol tidak berani lebih dari 110 km/jam juga secara seperti jet mau take off hahaha. Juga tidak enak dipakai menanjak dan ngelitik...ckckck. Pengalaman waktu coba Nissan GL 1.8L (MR18DE) M/T ke Solo sekalian naik ke Tawangmangu. Memang enak banget handlingnya dan juga saat nenanjak tidak loss power apalagi di jalan tol. FC irit lagi daripada Avanza 1 3L K3-VE yang saya sama ukur dari metode isi full o full.rioangga wrote: ↑Wed Apr 03, 2019 12:09 Overall sih saya puas beralih dr avanza ke pina terutama dari segi kenyamanan & power mesin saat lagi geber di jalan tol semarang salatiga. Sebelumnya pake avanza cuma berani mentok 110 aja krn suara mesin sdh teriak mungkin krn faktor gear ratio kali ya. Cuma ya itu spare dana utk perawatan kayaknya lebih dr avanza ya. Kmaren tanya2 bengkel kaki2 utk bongkar total sediakan dana 3-4jt diluar shockbreaker krn sdh ada yg jual bushing2nya aja tanpa harus sepaket ama swing arm macam di beres
Kalau GL1.5L tidak pernah coba tapi saya yakin pasti tidak seenak yang 1.8L. Niat mulai hunting Old Nissan GL 1.8L M/T cuman barangnya kok lebih jarang dari Supercar hahaha. Avanza kan GC tinggi jelas lebih nyaman Nissan GL kemana-mana seperti SpinDies yang GC rendah. Karena itu Avanza 2012 saya malah jadi penjaga garasi dan odometer baru 68K km tapi SpinDies 2014 sudah 120K km.
(HR15 nya Livina ama HR12 nya march)
MR Series engine mah kayaknya fine2 aja...
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Fri Apr 19, 2013 1:55
- Daily Vehicle: HR15DE --- QR25DE --- 4D56 --- 3A92 Mivec --- Piaggio Vespa S 150 ie --- Yamaha Mio Z 125
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Klo hr15 saya rasa ga ada masalah jg sih om. Cuma masalah nglitik dan oli nguap aja. Nglitik biasanya hilang setelah carbon clean tp biasanya jalan 3000an km dah nglitik lg. Miara lipina ini hampir mirip ngerawat cewek om sering sering diperhatiin ama di manja ajahIGedeAmat wrote: ↑Fri Apr 05, 2019 1:48Kayaknya yang banyak di bully dari Nissan emang HR Series engine nya yaMichaelktp wrote: ↑Thu Apr 04, 2019 1:59Saya kalau pakai Avanza di tol tidak berani lebih dari 110 km/jam juga secara seperti jet mau take off hahaha. Juga tidak enak dipakai menanjak dan ngelitik...ckckck. Pengalaman waktu coba Nissan GL 1.8L (MR18DE) M/T ke Solo sekalian naik ke Tawangmangu. Memang enak banget handlingnya dan juga saat nenanjak tidak loss power apalagi di jalan tol. FC irit lagi daripada Avanza 1 3L K3-VE yang saya sama ukur dari metode isi full o full.rioangga wrote: ↑Wed Apr 03, 2019 12:09 Overall sih saya puas beralih dr avanza ke pina terutama dari segi kenyamanan & power mesin saat lagi geber di jalan tol semarang salatiga. Sebelumnya pake avanza cuma berani mentok 110 aja krn suara mesin sdh teriak mungkin krn faktor gear ratio kali ya. Cuma ya itu spare dana utk perawatan kayaknya lebih dr avanza ya. Kmaren tanya2 bengkel kaki2 utk bongkar total sediakan dana 3-4jt diluar shockbreaker krn sdh ada yg jual bushing2nya aja tanpa harus sepaket ama swing arm macam di beres
Kalau GL1.5L tidak pernah coba tapi saya yakin pasti tidak seenak yang 1.8L. Niat mulai hunting Old Nissan GL 1.8L M/T cuman barangnya kok lebih jarang dari Supercar hahaha. Avanza kan GC tinggi jelas lebih nyaman Nissan GL kemana-mana seperti SpinDies yang GC rendah. Karena itu Avanza 2012 saya malah jadi penjaga garasi dan odometer baru 68K km tapi SpinDies 2014 sudah 120K km.
(HR15 nya Livina ama HR12 nya march)
MR Series engine mah kayaknya fine2 aja...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
CR Nissan HR sudah 10,5:1 dan jauh lebih tinggi dari CR Nissan MR yang hanya 9,9:1.
Secara masalahnya Nissan MR tidak ada displacement 1.5L seperti Nissan HR. Padahal untuk segmen LMPV Indo DM yang sangat concern pada biaya operasional tentu mission impossible jika harus memakai bensin dengan oktan tinggi pada HR15DE. Secara segmen yang diatas LMPV seperti Midsized SUV Monocoque dan Ladder Frame pun masih banyak yang menenggak BBM oktan rendah. CR mesin Mercedes M274 yang dipakai oleh MB C-Class W205 2.0L saja juga hanya 9,8:1
Kembali ke Nissan MR yang lebih bersahabat dengan bensin oktan rendah. MR series engine adalah replacement dari Nissan QR20DE yang penuh masalah terutama di sektor ECU. Akhirnya QR20DE discontinue tahun 2004 dan full digantikan oleh MR series engine. Nasib QR20DE berbeda jauh dengan QR25DE yang lebih robust sehingga bisa dipakai Nissan X-Trail T30 - T32 yang terlalu underpowered jika memakai Nissan MR20DE. Nissan MR menjadi sangat populer sejak diadopsi di Nissan Qashqai yang jauh lebih sukses penjualannya secara global daripada X-Trail apalagi Juke. Untuk MR displacement yang lebih kecil 1.8L dipakai oleh Nissan Latio dan GL 1.8L yang merupakan AUV Nissan saja bukan platform global. Sayangnya sekarang MR18DE juga sudah tidak eksis lagi di Indo DM karena AN Livina 2019 hanya memakai Mitsu 4A91 1.5L yang sama dengan Xpander.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1558
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Menurut saya ngelitiknya livina selain krna Faktor kompresi, jumlah oli yg sekitar 3literan jg bikin mesin panas dan memicu ngelitik apalagi ditambah penggunaan d daerah tropis dan macet stop n go sebaiknya pakai oli fullsynth ug bagus dan pakai busi setingkat lbh dingin dr standar
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
sebenernya mesin HR ama MR itu masi saudara kandung koq, lahir dari pabrik batu makam yg sama di aichi sana.. teknologi mreka ber2 jg mirip, beda di displacement nya aj, HR utk 1.6 and below, MR utk 1.8 ama 2.0 litre... cuman kl mnurut hemat ane, problem plg fatal nya yah si HR kompresi ketinggian, dan lahir di waktu yg salah aj, dmana bensin oktan tertinggi waktu taon 2010 ke bawah, plg mentok cuman 95..
btw, dl perna baca2 di forum lipindut nya malon, disana aj mreka jg ngeluh hal yg sama, musti pake oktan 98 baru ilang tuh glitik.. bayangin aj bensin terbusuk nya mreka yg oktan 95 aj masi bkin glitik..
btw, dl perna baca2 di forum lipindut nya malon, disana aj mreka jg ngeluh hal yg sama, musti pake oktan 98 baru ilang tuh glitik.. bayangin aj bensin terbusuk nya mreka yg oktan 95 aj masi bkin glitik..
numpang lewat aja....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 282
- Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
- Daily Vehicle: CRV
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Remap om. Masalah biasanya ilang abis remap. Dulu saya juga ada livina ngelitik. Setelah remap tenaganya naik dan ngelitik ilang. Setelah ngeremap itu sekarang mobil sata semua di remap karna torsinya yg cukup untuk menyalip dan sering selip roda hehe.lemonadelovers wrote:Menurut saya ngelitiknya livina selain krna Faktor kompresi, jumlah oli yg sekitar 3literan jg bikin mesin panas dan memicu ngelitik apalagi ditambah penggunaan d daerah tropis dan macet stop n go sebaiknya pakai oli fullsynth ug bagus dan pakai busi setingkat lbh dingin dr standar
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
piara mesin lipindut inti nya yah musti rajin carbon clean, bersihin TB (pasang OCT lebi afdol), modalin oli bagus, rajin cek oli, ganti coolant laknat bawaan pabrik yg doyan bkin endapan2 ga jlas... sisanya mah biasa aj, mau hajar premium terus jg gapapa.. ane punya dl dgn prawatan kaya gt aja tembus 130an rebu masi strong dan minim glitik pas dijual..
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1558
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Remap biayanya ga sedikit om, ini yg bikin saya mikir toyota bikin innova bensin n diesel kebutuhan olinya dibikin banyak 6-7liter ya selain buat pelumasan, membilas kotoran jg mendinginkan mesin kan..arief225 wrote: ↑Mon Apr 08, 2019 11:04Remap om. Masalah biasanya ilang abis remap. Dulu saya juga ada livina ngelitik. Setelah remap tenaganya naik dan ngelitik ilang. Setelah ngeremap itu sekarang mobil sata semua di remap karna torsinya yg cukup untuk menyalip dan sering selip roda hehe.lemonadelovers wrote:Menurut saya ngelitiknya livina selain krna Faktor kompresi, jumlah oli yg sekitar 3literan jg bikin mesin panas dan memicu ngelitik apalagi ditambah penggunaan d daerah tropis dan macet stop n go sebaiknya pakai oli fullsynth ug bagus dan pakai busi setingkat lbh dingin dr standar
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
CR mesib K3-VE saja 10,3:1 dan sekarang juga ngelitik walaupun pakai RON 90 dan lemot nanjak. Masih better K3-DE tahun 2004 di AvXen saya dulu dan tidak terasa ngelitik dan enak menanjak. Secara mesin juga dari Daihatsu YR-V 1.3L.yang dipetelin Turbonya. Perbedaan K3-DE tahun 2004 masih CBU DMC Japan dan K3-VE sudah diproduksi oleh PT. TMMIN di Karawang Plant..
CR Nissan HR terbaru sekarang yang DDT malah sudah melonjak ke 11,1-13:1 . Sudah nyaris sama dengan mesin Mazda SKY-G yang juga diturunkan CR ke 13:1 spesial untuk Mazda CX-5 Indo DM dari CX-5 JDM yang 14:1 . Sementara CR MRA8DE yang pengembangan terbaru dari MR18DE masih konsisten di 9,9:1 tapi power maksimum naik dari 126 HP KE 130 HP dengan Dual CVTC dan intake. .Asli membikin penasaran saja performa MRA8DE apalagi setelah pernah merasakan performa MR18DE #mimpidisiangbolong hahaha.
CR Nissan HR terbaru sekarang yang DDT malah sudah melonjak ke 11,1-13:1 . Sudah nyaris sama dengan mesin Mazda SKY-G yang juga diturunkan CR ke 13:1 spesial untuk Mazda CX-5 Indo DM dari CX-5 JDM yang 14:1 . Sementara CR MRA8DE yang pengembangan terbaru dari MR18DE masih konsisten di 9,9:1 tapi power maksimum naik dari 126 HP KE 130 HP dengan Dual CVTC dan intake. .Asli membikin penasaran saja performa MRA8DE apalagi setelah pernah merasakan performa MR18DE #mimpidisiangbolong hahaha.
Last edited by Michaelktp on Mon Apr 08, 2019 12:11, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 282
- Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
- Daily Vehicle: CRV
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Remap di bandung om. 3jt an untuk nisan and honda nonturbo. Klo turbo tambah 1jt an. Hasilnya maknyus om. Makanya om klo misalnya beli mobil baru saya saranin remap om biar di itung itung murah jadinya[emoji16]. Bbm juga irit om, tpi jalan tol ya.lemonadelovers wrote:Remap biayanya ga sedikit om, ini yg bikin saya mikir toyota bikin innova bensin n diesel kebutuhan olinya dibikin banyak 6-7liter ya selain buat pelumasan, membilas kotoran jg mendinginkan mesin kan..arief225 wrote: ↑Mon Apr 08, 2019 11:04Remap om. Masalah biasanya ilang abis remap. Dulu saya juga ada livina ngelitik. Setelah remap tenaganya naik dan ngelitik ilang. Setelah ngeremap itu sekarang mobil sata semua di remap karna torsinya yg cukup untuk menyalip dan sering selip roda hehe.lemonadelovers wrote:Menurut saya ngelitiknya livina selain krna Faktor kompresi, jumlah oli yg sekitar 3literan jg bikin mesin panas dan memicu ngelitik apalagi ditambah penggunaan d daerah tropis dan macet stop n go sebaiknya pakai oli fullsynth ug bagus dan pakai busi setingkat lbh dingin dr standar
Saya dapet 1:18 pake crv 2400.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Misi Om, mau nanya & minta pencerahannya. Kalo pas AC hidup dan mesin dalam keadaan idle, begitu fan hidup bodi terasa agak bergetar sesaat sekitar 2-4 detik. Apa penyebab & solusinya? Tolong infonya Om. Terimakasih
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Saya coba kasih info artikel yg pernah saya baca saja karena mobil.ANGL CVT th 2014 punya saya belum ada case seperti itu.
Bisa Om baca artikel berikut mungkin bisa membantu.
https://doktermobil.net/jika-ac-mobil-g ... nggu-anda/
Bisa Om baca artikel berikut mungkin bisa membantu.
https://doktermobil.net/jika-ac-mobil-g ... nggu-anda/
supriyadi wrote:Misi Om, mau nanya & minta pencerahannya. Kalo pas AC hidup dan mesin dalam keadaan idle, begitu fan hidup bodi terasa agak bergetar sesaat sekitar 2-4 detik. Apa penyebab & solusinya? Tolong infonya Om. Terimakasih
HR15DE 2014
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
sudah diperiksa fan shroud-nya?
jangan mikir aneh-aneh dulu apalagi yang mahal-mahal. bisa gila nanti.
semua kasus itu diperiksa dari mulai yang termurah dan termudah dulu.
saya pernah nemu kasus persis seperti ini di yaris, baut fan shroud kendor dan ganjel karet yang dibawah hilang.
cukup dikencangkan lagi bautnya dan kasih ganjel karet, selesai sudah.