Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by artoodetoo »

Teman2 yang sering posting di sini, mohon perhatian jika thread ini saya split ke Part 06 karena Part 05 sudah mencapai 50 halaman.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
dittotama
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Aug 04, 2017 7:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Livina_XGear

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by dittotama »

P47hos wrote: Mon Mar 12, 2018 1:03 No offense, cuma curhat ttg Livina.. Saya lihat yang bilang ini mobil reliable dll rata2 user dibawah 5tahun.. ya saya setuju ygmobil ini nyaman, memang nyaman TAPI setelah 6 tahun keatas mulai rewelnya aneh2, contoh
-mobil ini ga bisa cuci steam mesin, klo berani coba tunggu aja 2-3 x cuci ntar tiba2 mesin brebet, coil kemasukan air dan minta ganti @800rb. Jd klo mesinnya kotor, harus cuci di BERES, biaya 175.000
- ngelitik, ini sudah penyakit umum meski sudah pake Pertamax, solusi gampangnya carbon clean, tp setelah 60-70k carbon clean sudah ga bisa dijadikan solusi karena setelah 10-15k kembali ngelitik. Solusi dari BERES : TOP OH. Baru 80k sdh top OH? Simpulkan sendiri
- Kaki-kaki, sudah rahasia umum juga, paling cepat 3 tahun, paling lama 6 tahun sudah keluar bunyi2nya. Klo mau pake spare part ORI semua? Diatas 6jt bro biayanya
-Oli rekomendasi BERES 10W-30 boleh diganti sampai 10k km, kenyataannya banyak yg laporan sludge waktu 60-70k, kayanya berkaitan dengan ngelitik diatas soalnya ruang bakar kotor karena oli menguap.
- pergantian oli transmisi di rekomendasi 100k km, kenyataannya banyak yg jebol transmisi di 60-70k km karena oli sdh tidak mampu melumasi. Klo Servis di BERES? 10jt++
- harga spareparts yg malah lebih mahal dari innova. Sebagai pengingat GL series waktu dilaunching di 2007 digadang2 sebagai lawan Innova versi ekonomis, bukan LMPV seperti sekarang.
- dll, macam kopling yg klo belum terbiasa pasti merasa susah banget bawa mobil ini, spiral klakson yg bisa tiba2 putus, blower AC yg nanggung, headlamp yg cepet banget menguning.
Conclusion: Klo Ada yg bilang mobil ini reliable, bagi saya masih banyak mobil yg lebih reliable dan dengan biaya maintenance yg lebih rendah tanpa problem2 yg ngga umum macam diatas,FYI dirumah Ada innova 2007, Jazz GE8 2011 sama GL 2008, yg paling banyak keluar biaya maintenance-nya ini GL.
Disclaimer: mobil saya GL 1.5xv 2008, Dan masih berjalan sampai sekarang kilometer 100k ++, kalo ditanya knp ga dijual? Simple Aja alasannya, karena tahun lalu baru reparasi besar2an semua habis 20 jt jd dipake dulu sampe puas baru mau dijual. Dijual skrg juga harga jualnya jatuh :D.
maap maap ni gan, livina x gear AT ane tahun 2012, ane pinang 2016, cuma ganti oli teratur 5000km, ganti aki, ganti kampas rem sama piring aja aja.. masi joss gandos tuh.. kaki kaki sunyi senyappp... servis murah murah saja.. bagasi guedee jd reliable...
sepertinya cluster rata"nya di persempit lg memperhatikan kondisi medan yg dilalui... mobil ane 7 taun 75 rb km,, amann
disclaimer : ane mewakili livina yg dipake dijalan perkotaan dan tidak suka meng abuse mobil.. kesimpulan ane, dari semua lmpv yang ane naikin kecuali esblender, livina masi paling enak
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by grandis_GT »

Om ada rencana mau ambil grand livina xv matic 2008/9 budget 85 juta , kira" apa yg harus di perhatikan ya om selain bunyi mesin , rembes di ruang mesin dan maticnya :mky_01:
soekrie
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Jul 21, 2017 3:31

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by soekrie »

Met malam agan2 semuanya.
Sy pemilik GL Ultimate 2013...matic ya. Skrg mau ganti oli mesin, mohon masukannya jenis dan merk oli apa yg bagus. Sy tanya sama SA beres nissan, katanya pake 10w30 merk idemitsu, atau shell atau total (..ternyata di beres jg sediakan merk shell dan total lho). Kemudian sy baca2 ada jg yg nyaranin pake oli 5w30 yg lebih encer agar meain cepat dingin.
Mohon masukannya ya agan2 sekalian , berikut testimoni dr jenis oli yg digunakan.

Thanks
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by P47hos »

dittotama wrote: Tue Mar 19, 2019 5:06 maap maap ni gan, livina x gear AT ane tahun 2012, ane pinang 2016, cuma ganti oli teratur 5000km, ganti aki, ganti kampas rem sama piring aja aja.. masi joss gandos tuh.. kaki kaki sunyi senyappp... servis murah murah saja.. bagasi guedee jd reliable...
sepertinya cluster rata"nya di persempit lg memperhatikan kondisi medan yg dilalui... mobil ane 7 taun 75 rb km,, amann
disclaimer : ane mewakili livina yg dipake dijalan perkotaan dan tidak suka meng abuse mobil.. kesimpulan ane, dari semua lmpv yang ane naikin kecuali esblender, livina masi paling enak
Semoga sehat selalu Livina nya om, seperti di post saya itu curhat selama 10 tahun compared to Innova yg seumuran, rute sama, lokasi sama namun biaya maintenance yg cukup jauh selisihnya. Dan yg merasakan seperti saya tidak sedikit karena itu problem umum Livina yg klo kita Googling pun akan banyak kita dapatkan. Dan klo om bilang 2016 punya Livina enak, ga rewel, sparepart murah, iya bener... Karena skrg bengkel yg paham Livina sudah bertebaran, serta banyak sparepart substitusi dgn kualitas bagus dan harga bersaing, dimana cukup cek di online marketplace, Berbeda waktu saya mengalami masalah2 dimana sparepart hanya ada di beres Nissan yg harganya ga masuk akal (contohnya : cylinder wheel 800rb, cross member glodakan harus ganti 1 set di beres DC 1.8 dll)
Any way, XGear 2008 Saya masih dipakai nyonya(120.000km) dan dia seneng habis di servis luar dalam sudah nyaman kembali
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by P47hos »

soekrie wrote: Tue Mar 19, 2019 12:20 Met malam agan2 semuanya.
Sy pemilik GL Ultimate 2013...matic ya. Skrg mau ganti oli mesin, mohon masukannya jenis dan merk oli apa yg bagus. Sy tanya sama SA beres nissan, katanya pake 10w30 merk idemitsu, atau shell atau total (..ternyata di beres jg sediakan merk shell dan total lho). Kemudian sy baca2 ada jg yg nyaranin pake oli 5w30 yg lebih encer agar meain cepat dingin.
Mohon masukannya ya agan2 sekalian , berikut testimoni dr jenis oli yg digunakan.

Thanks
Yang paling penting olinya genuine om, klo saya OGL XGear 2008, selalu pakai shell SnD, alasannya terjamin asli dan ada promo beli 2 gratis 2 dari bli2. Yg saya gunakan 10w-30 karena ekonomis, saya ganti per 4-5rb km karena di kilometer segitu saja secara visual sudah sangat kotor. Tp klo Mobil om ANGL dan kondisinya sehat biasanya pake 5W30 lebih mantep.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

soekrie wrote:Met malam agan2 semuanya.
Sy pemilik GL Ultimate 2013...matic ya. Skrg mau ganti oli mesin, mohon masukannya jenis dan merk oli apa yg bagus. Sy tanya sama SA beres nissan, katanya pake 10w30 merk idemitsu, atau shell atau total (..ternyata di beres jg sediakan merk shell dan total lho). Kemudian sy baca2 ada jg yg nyaranin pake oli 5w30 yg lebih encer agar meain cepat dingin.
Mohon masukannya ya agan2 sekalian , berikut testimoni dr jenis oli yg digunakan.

Thanks
Kalau saran saya pakai oli Mesin Nissan 5w30 Eco fully SYNTHETIC API SN beli di beres cukup oke Om dari pengalaman saya selama hampir 5 tahun pakai oli mesin ini di mobil All new grand livina 1.5 SV CVT 2014 saya, cukup utk 7000 km atau 6-7 bln, baru ganti oli dan filternya lagi karena mobil saya seringnya minumnya premium Ron 88. Kedepan nya saya lagi mau coba oli mesin Motul H Tech 100 plus API SN hasil dari beli saat promo Imlek di S & D. [emoji3]
:glodak:
HR15DE 2014
akur79
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: Tue Jan 21, 2014 2:46
Location: Semarang
Daily Vehicle: KWR AGS - ANGL CVT - ANF TRD

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by akur79 »

soekrie wrote: Tue Mar 19, 2019 12:20 Met malam agan2 semuanya.
Sy pemilik GL Ultimate 2013...matic ya. Skrg mau ganti oli mesin, mohon masukannya jenis dan merk oli apa yg bagus. Sy tanya sama SA beres nissan, katanya pake 10w30 merk idemitsu, atau shell atau total (..ternyata di beres jg sediakan merk shell dan total lho). Kemudian sy baca2 ada jg yg nyaranin pake oli 5w30 yg lebih encer agar meain cepat dingin.
Mohon masukannya ya agan2 sekalian , berikut testimoni dr jenis oli yg digunakan.

Thanks
malam.. kalo saya ANGL 2014,sd skrg pakainya 5W30 bawaan dealer. Oli beres ini sama kayk oli idemitsu. nggak problem, juga gak nguap olinya walau pakai oli encer
CVT blm ganti oli matik dari dulu, tp bentar lg mo ganti oli matik soalnya udah 125rb km dalam 5 thn ini. dan selama ini gak pernah masalah tuh.
jujur sy selalu servis tiap 10rb km di beres nissan. selama ini memang blm ada masalah dan diberes pun dicek oli cvt masih bisa dipakai. tp udh diinfokan mesti ganti next service di 130rb km

nah kalo yg GL lama 2013 mesti cek penguapan oli nya.. sebenarnya aman di 10W30 aja misal mesin lebih 5thn. tp klo 5W30 penguapan oli dikit, ya pakai 5W30 lebih ngacir klo jalan.
oia. oli livina memang irit cuma 3L.. jauh dibanding oli innova (mesin 2KD or 2GD) yg sampai 8 liter.. innova juga ada oli gardan. livina nggak ada.

btw diatas ada yg bermasalah ya Old GL nya? perasaan saya gak pernah problem dan sampai skrg enak. kaki2 udh jalan 5 thn dan 125rb km ya masih enak aja tuh.. apa beda old GL dan ANGL ?
problem ANGL 6 bulan lalu, cuma satu kompresor AC clutchnya macet, kepaksa servis di toko AC dan ganti clutch. habis 2jt.
kata yg service ac, wajar udh 100rb km lebih, dan memang sih disiksa panas2nya kota semarang dan pantura..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26912
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Beda ogl ama angl ad beberapa, misalnya kompresor, beberapa parts vital kaki2, bahkan beberapa parts drivetrain nya utk yg manual.

Jd kl user angl pd blg lebi awet yah mungkin krn itu jg, dan emang sudah layak dan sepantasnya nmi hrs upgrade itu parts2 yg bermasalah di ogl, masa barang rentan rusak masi kaga di revisi, produsen bebal itu namanya..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26912
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

P47hos wrote: Tue Mar 19, 2019 13:16
dittotama wrote: Tue Mar 19, 2019 5:06 maap maap ni gan, livina x gear AT ane tahun 2012, ane pinang 2016, cuma ganti oli teratur 5000km, ganti aki, ganti kampas rem sama piring aja aja.. masi joss gandos tuh.. kaki kaki sunyi senyappp... servis murah murah saja.. bagasi guedee jd reliable...
sepertinya cluster rata"nya di persempit lg memperhatikan kondisi medan yg dilalui... mobil ane 7 taun 75 rb km,, amann
disclaimer : ane mewakili livina yg dipake dijalan perkotaan dan tidak suka meng abuse mobil.. kesimpulan ane, dari semua lmpv yang ane naikin kecuali esblender, livina masi paling enak
Semoga sehat selalu Livina nya om, seperti di post saya itu curhat selama 10 tahun compared to Innova yg seumuran, rute sama, lokasi sama namun biaya maintenance yg cukup jauh selisihnya. Dan yg merasakan seperti saya tidak sedikit karena itu problem umum Livina yg klo kita Googling pun akan banyak kita dapatkan. Dan klo om bilang 2016 punya Livina enak, ga rewel, sparepart murah, iya bener... Karena skrg bengkel yg paham Livina sudah bertebaran, serta banyak sparepart substitusi dgn kualitas bagus dan harga bersaing, dimana cukup cek di online marketplace, Berbeda waktu saya mengalami masalah2 dimana sparepart hanya ada di beres Nissan yg harganya ga masuk akal (contohnya : cylinder wheel 800rb, cross member glodakan harus ganti 1 set di beres DC 1.8 dll)
Any way, XGear 2008 Saya masih dipakai nyonya(120.000km) dan dia seneng habis di servis luar dalam sudah nyaman kembali
Sala satu user senasib kaya ane, ane dl pake lipina jg abis banyak bener buat btulin kaki2, blm lg coil dan beberapa printilan nya.. pdahal mobil kaga di abuse dan pemakaian full dalkot.. malah dl GE8 ane lebi gila di abuse nya masi jauh lebi awet..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
GunturSon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: Sat Aug 23, 2014 18:24

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by GunturSon »

Sudah jalan 130.000 km OGL 1.8 2013
Sejauh ini aman2 saja

Oli + filter ganti 5w30 full syn tiap 10k km (oli apa aja yg murah dan promo)
Oli atf ganti tiap 30k km pake castrol dex iii (murah meriah)
Filter udara + kabin ganti 20k km (denso aja murah)
Tune up tiap 20k km

Update penggantian part :
Kaki2 depan glodakan bunyi bletak2
bushing cross masih ok udah gepeng tp belum pecah,
tp ya ganti sekalian mumpung Bongkar2
Swing arm ternyata yg bushing nya pecah (tersangka bunyi2)

bushing crossmember 2x @190rb (thai)
Swing arm set (2x@425rb ori thai)
Sama bearing depan kiri @370rb merk nis
Karet stabil ori 2*50rb
Link stabil kingsteel 2*100
Boot cv joint dalam + grease cv 80rb
Jasa 650/750 gitu lupa
Next ganti shock depan blkg udah lemah
Beli part via toped di champion motor / bintang jaya

Selama belum rusak parah/mahal pake trus aja
Pokoke naik livina ada lubang/jalan jelek kalem2 aja jgn hajar kaya naek innova/avanza haha

Oh ya sekalian tanya nih om setir narik kiri
Udah spooring dan toe udah bisa di setel
Yang roda kiri caster sama camber ga sesuai standart
Dan ga bisa di setel, solusi nya gmn ya?
Mungkin ada yang pengalaman sama, thanks
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

akur79 wrote:
soekrie wrote: Tue Mar 19, 2019 12:20 Met malam agan2 semuanya.
Sy pemilik GL Ultimate 2013...matic ya. Skrg mau ganti oli mesin, mohon masukannya jenis dan merk oli apa yg bagus. Sy tanya sama SA beres nissan, katanya pake 10w30 merk idemitsu, atau shell atau total (..ternyata di beres jg sediakan merk shell dan total lho). Kemudian sy baca2 ada jg yg nyaranin pake oli 5w30 yg lebih encer agar meain cepat dingin.
Mohon masukannya ya agan2 sekalian , berikut testimoni dr jenis oli yg digunakan.

Thanks
malam.. kalo saya ANGL 2014,sd skrg pakainya 5W30 bawaan dealer. Oli beres ini sama kayk oli idemitsu. nggak problem, juga gak nguap olinya walau pakai oli encer
CVT blm ganti oli matik dari dulu, tp bentar lg mo ganti oli matik soalnya udah 125rb km dalam 5 thn ini. dan selama ini gak pernah masalah tuh.
jujur sy selalu servis tiap 10rb km di beres nissan. selama ini memang blm ada masalah dan diberes pun dicek oli cvt masih bisa dipakai. tp udh diinfokan mesti ganti next service di 130rb km

nah kalo yg GL lama 2013 mesti cek penguapan oli nya.. sebenarnya aman di 10W30 aja misal mesin lebih 5thn. tp klo 5W30 penguapan oli dikit, ya pakai 5W30 lebih ngacir klo jalan.
oia. oli livina memang irit cuma 3L.. jauh dibanding oli innova (mesin 2KD or 2GD) yg sampai 8 liter.. innova juga ada oli gardan. livina nggak ada.

btw diatas ada yg bermasalah ya Old GL nya? perasaan saya gak pernah problem dan sampai skrg enak. kaki2 udh jalan 5 thn dan 125rb km ya masih enak aja tuh.. apa beda old GL dan ANGL ?
problem ANGL 6 bulan lalu, cuma satu kompresor AC clutchnya macet, kepaksa servis di toko AC dan ganti clutch. habis 2jt.
kata yg service ac, wajar udh 100rb km lebih, dan memang sih disiksa panas2nya kota semarang dan pantura..
100 % setuju dgn Om akur79, selama pakai mobil ANGL 1.5 SV CVT 2014, saya cuma ngerasain cuma rutin ganti oli mesin dan filter saja krn bbm sering saya isi Ron 88 dan sekali ganti aki, karet wiper depan serta 4 ban, ganti oli matic CVT dan ganti cairan radiator coolant di odo 48 ribu saja, lainnya masih bawaan dealer sampai odo skrg 61 ribu lebih. Suara mesin masih halus serta kaki kaki mobil masih senyap. [emoji1] Beda old GL dan ANGL adalah di mesin nya, ANGL mesin HR15DE dgn katup variabel dgn Dual Continuous Variable Valve Timing Control (CVTC) dan juga Dual Injector , sementara old GL masih HR15DE belum , di magnetic clutch ANGL tidak ada bandul karetnya lagi sedangkan magnetic clutch old GL ada bandul karet 3 Buah, dll. [emoji3]
:glodak:
HR15DE 2014
soekrie
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Jul 21, 2017 3:31

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by soekrie »

akur79 wrote:
soekrie wrote: Tue Mar 19, 2019 12:20 Met malam agan2 semuanya.
Sy pemilik GL Ultimate 2013...matic ya. Skrg mau ganti oli mesin, mohon masukannya jenis dan merk oli apa yg bagus. Sy tanya sama SA beres nissan, katanya pake 10w30 merk idemitsu, atau shell atau total (..ternyata di beres jg sediakan merk shell dan total lho). Kemudian sy baca2 ada jg yg nyaranin pake oli 5w30 yg lebih encer agar meain cepat dingin.
Mohon masukannya ya agan2 sekalian , berikut testimoni dr jenis oli yg digunakan.

Thanks
malam.. kalo saya ANGL 2014,sd skrg pakainya 5W30 bawaan dealer. Oli beres ini sama kayk oli idemitsu. nggak problem, juga gak nguap olinya walau pakai oli encer
CVT blm ganti oli matik dari dulu, tp bentar lg mo ganti oli matik soalnya udah 125rb km dalam 5 thn ini. dan selama ini gak pernah masalah tuh.
jujur sy selalu servis tiap 10rb km di beres nissan. selama ini memang blm ada masalah dan diberes pun dicek oli cvt masih bisa dipakai. tp udh diinfokan mesti ganti next service di 130rb km

nah kalo yg GL lama 2013 mesti cek penguapan oli nya.. sebenarnya aman di 10W30 aja misal mesin lebih 5thn. tp klo 5W30 penguapan oli dikit, ya pakai 5W30 lebih ngacir klo jalan.
oia. oli livina memang irit cuma 3L.. jauh dibanding oli innova (mesin 2KD or 2GD) yg sampai 8 liter.. innova juga ada oli gardan. livina nggak ada.

btw diatas ada yg bermasalah ya Old GL nya? perasaan saya gak pernah problem dan sampai skrg enak. kaki2 udh jalan 5 thn dan 125rb km ya masih enak aja tuh.. apa beda old GL dan ANGL ?
problem ANGL 6 bulan lalu, cuma satu kompresor AC clutchnya macet, kepaksa servis di toko AC dan ganti clutch. habis 2jt.
kata yg service ac, wajar udh 100rb km lebih, dan memang sih disiksa panas2nya kota semarang dan pantura..
Thanks inponya om,
Sy coba cek di beres dulu oli ygdisediakan disana apa aja..
rioangga
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 19, 2013 1:55
Daily Vehicle: HR15DE --- QR25DE --- 4D56 --- 3A92 Mivec --- Piaggio Vespa S 150 ie --- Yamaha Mio Z 125

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by rioangga »

Om om semua.... Benarkah klo grand livina ga boleh dipake ngetem lama2 dalam keadaan mesin dan ac hidup?
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by IGedeAmat »

rioangga wrote: Tue Apr 02, 2019 9:34 Om om semua.... Benarkah klo grand livina ga boleh dipake ngetem lama2 dalam keadaan mesin dan ac hidup?
bener om, bensinnya cepet abis....
:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
rioangga
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 19, 2013 1:55
Daily Vehicle: HR15DE --- QR25DE --- 4D56 --- 3A92 Mivec --- Piaggio Vespa S 150 ie --- Yamaha Mio Z 125

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by rioangga »

IGedeAmat wrote: Tue Apr 02, 2019 9:47
rioangga wrote: Tue Apr 02, 2019 9:34 Om om semua.... Benarkah klo grand livina ga boleh dipake ngetem lama2 dalam keadaan mesin dan ac hidup?
bener om, bensinnya cepet abis....
:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Hahaha iya juga ya.... :weekk: :upss:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

rioangga wrote:Om om semua.... Benarkah klo grand livina ga boleh dipake ngetem lama2 dalam keadaan mesin dan ac hidup?
Boleh saja kalau sebentar, tetapi sebaiknya jangan ngetem lama lama.
Kita ngetem tujuannya, agar AC mobil tetap dapat berembus, sehingga orang yang berada di dalam mobil tetap merasa nyaman selama menunggu. Umumnya, pengendara hanya mengetahui jika kerugian yang bakal dialaminya hanya dari sisi pemborosan bahan bakar. Padahal, kenyataannya lebih dari itu.
Dengan kondisi itu, mobil khususnya yang memenuhi syarat emisi minimal Euro2 dan dilengkapi dengan
catalytic converter --komponen yang berfungsi sebagai alat penurun emisi gas buang-- ini tidak dapat bekerja dengan maksimal. Bahkan, catalytic converter yang terlalu panas dapat memicu kebakaran jika berada di dekat bahan-bahan yang mudah terbakar.
Secara teknis, sebenarnya pemanasan suhu pada
catalytic converter memang disengaja. Itu sebabnya komponen ini ditempatkan setelah exhaust manifold agar terkena imbas dari gas buang mesin yang panas.
Pada saat panas itulah catalytic converter dapat berfungsi sebagai katalis dalam mereduksi gas buang, seperti Hidrokarbon, Karbonmonoksida, dan Nitrogen Oksida.
Meskipun bekerja saat panas, suhu pada catalytic converter tidak diperkenankan melebihi ambang batas yang telah ditentukan, yakni sekitar 400-500 derajat celcius. Suhu komponen ini akan terjaga dengan adanya embusan angin saat mobil berjalan.
Itu sebabnya, jika mesin ber- catalytic converter dipanaskan dalam waktu lama pada kondisi mobil berhenti atau parkir, kenaikan suhunya akan melebihi ambang batas aman. Selanjutnya, catalytic converter membara seperti arang yang siap membakar.

Agar suhu catalytic converter tidak memanas melebihi ambang batas, gunakan mobil sesuai buku panduan. Biasanya di buku panduan tercantum keterangan, jangan memanaskan mesin atau menghidupkan kendaraan dalam kondisi diam lebih dari 20 menit.
Selain itu, sebaiknya tidak berhenti dan memarkir kendaraan di atas benda yang mudah terbakar seperti rumput atau tumpukan daun kering, dan kertas. Akan lebih baik pula jika Anda sedang menunggu, matikan mesin dan carilah tempat yang nyaman di luar mobil untuk menunggu[emoji3]
:glodak:
HR15DE 2014
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26912
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

rioangga wrote: Tue Apr 02, 2019 9:34 Om om semua.... Benarkah klo grand livina ga boleh dipake ngetem lama2 dalam keadaan mesin dan ac hidup?

mesin lean burn dgn radiator super tipis dan kapasitas oli ukuran pelit itu emang bagusnya dibuat ngetem lama2.. jadinya biar bsa banyak sedekah ke bengkel, pedagang onderdil ama tukang bubut silinder.. ohh tidak lupa pedege oli ama pertamina jg..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by mr_mytplx »

rioangga wrote: Tue Apr 02, 2019 9:34 Om om semua.... Benarkah klo grand livina ga boleh dipake ngetem lama2 dalam keadaan mesin dan ac hidup?
kl menurut om Scotty sih gpp om.

selama elektirk fan nya sehat.

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

Herman7103 wrote:
rioangga wrote:Om om semua.... Benarkah klo grand livina ga boleh dipake ngetem lama2 dalam keadaan mesin dan ac hidup?
Boleh saja kalau sebentar, tetapi sebaiknya jangan ngetem lama lama.
Kita ngetem tujuannya, agar AC mobil tetap dapat berembus, sehingga orang yang berada di dalam mobil tetap merasa nyaman selama menunggu. Umumnya, pengendara hanya mengetahui jika kerugian yang bakal dialaminya hanya dari sisi pemborosan bahan bakar. Padahal, kenyataannya lebih dari itu.
Dengan kondisi itu, mobil khususnya yang memenuhi syarat emisi minimal Euro2 dan dilengkapi dengan
catalytic converter --komponen yang berfungsi sebagai alat penurun emisi gas buang-- ini tidak dapat bekerja dengan maksimal. Bahkan, catalytic converter yang terlalu panas dapat memicu kebakaran jika berada di dekat bahan-bahan yang mudah terbakar.
Secara teknis, sebenarnya pemanasan suhu pada
catalytic converter memang disengaja. Itu sebabnya komponen ini ditempatkan setelah exhaust manifold agar terkena imbas dari gas buang mesin yang panas.
Pada saat panas itulah catalytic converter dapat berfungsi sebagai katalis dalam mereduksi gas buang, seperti Hidrokarbon, Karbonmonoksida, dan Nitrogen Oksida.
Meskipun bekerja saat panas, suhu pada catalytic converter tidak diperkenankan melebihi ambang batas yang telah ditentukan, yakni sekitar 400-500 derajat celcius. Suhu komponen ini akan terjaga dengan adanya embusan angin saat mobil berjalan.
Itu sebabnya, jika mesin ber- catalytic converter dipanaskan dalam waktu lama pada kondisi mobil berhenti atau parkir, kenaikan suhunya akan melebihi ambang batas aman. Selanjutnya, catalytic converter membara seperti arang yang siap membakar.

Agar suhu catalytic converter tidak memanas melebihi ambang batas, gunakan mobil sesuai buku panduan. Biasanya di buku panduan tercantum keterangan, jangan memanaskan mesin atau menghidupkan kendaraan dalam kondisi diam lebih dari 20 menit.
Selain itu, sebaiknya tidak berhenti dan memarkir kendaraan di atas benda yang mudah terbakar seperti rumput atau tumpukan daun kering, dan kertas. Akan lebih baik pula jika Anda sedang menunggu, matikan mesin dan carilah tempat yang nyaman di luar mobil untuk menunggu[emoji3]
Super%2BSekali.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
rioangga
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 19, 2013 1:55
Daily Vehicle: HR15DE --- QR25DE --- 4D56 --- 3A92 Mivec --- Piaggio Vespa S 150 ie --- Yamaha Mio Z 125

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by rioangga »

Separah itukah engine pina om? :ungg:
DOHC wrote: Tue Apr 02, 2019 10:49
rioangga wrote: Tue Apr 02, 2019 9:34 Om om semua.... Benarkah klo grand livina ga boleh dipake ngetem lama2 dalam keadaan mesin dan ac hidup?

mesin lean burn dgn radiator super tipis dan kapasitas oli ukuran pelit itu emang bagusnya dibuat ngetem lama2.. jadinya biar bsa banyak sedekah ke bengkel, pedagang onderdil ama tukang bubut silinder.. ohh tidak lupa pedege oli ama pertamina jg..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26912
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

rioangga wrote: Wed Apr 03, 2019 4:23 Separah itukah engine pina om? :ungg:
DOHC wrote: Tue Apr 02, 2019 10:49
rioangga wrote: Tue Apr 02, 2019 9:34 Om om semua.... Benarkah klo grand livina ga boleh dipake ngetem lama2 dalam keadaan mesin dan ac hidup?

mesin lean burn dgn radiator super tipis dan kapasitas oli ukuran pelit itu emang bagusnya dibuat ngetem lama2.. jadinya biar bsa banyak sedekah ke bengkel, pedagang onderdil ama tukang bubut silinder.. ohh tidak lupa pedege oli ama pertamina jg..
Ane ga blg parah loh enjin nya.. teknologi nya ud ckup canggih dan resing d jaman nya.. cman yah faktor pendukung nya aj yg rada2 kurang.. makanya musti rajin cek oli, palagi yg make oli encer..

*bagi pejuang hardc*re lipindut, bole tanya om bebonk yg perna ngetap oli lipindut yg baru jalan 7500 km, sisa brapa tuh..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

DOHC wrote: Wed Apr 03, 2019 4:30
-

*bagi pejuang hardc*re lipindut, bole tanya om bebonk yg perna ngetap oli lipindut yg baru jalan 7500 km, sisa brapa tuh..

mesin lipindut itu sakti mandraguna dan lebih canggih dari mesin USS Enterprise.
owe 2x ngetap oli mesinnya, yang keluar nda sampe setengah liter. hebat bukan?
rioangga
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 19, 2013 1:55
Daily Vehicle: HR15DE --- QR25DE --- 4D56 --- 3A92 Mivec --- Piaggio Vespa S 150 ie --- Yamaha Mio Z 125

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by rioangga »

mr_mytplx wrote: Tue Apr 02, 2019 12:07
rioangga wrote: Tue Apr 02, 2019 9:34 Om om semua.... Benarkah klo grand livina ga boleh dipake ngetem lama2 dalam keadaan mesin dan ac hidup?
kl menurut om Scotty sih gpp om.

selama elektirk fan nya sehat.

Ohh jadi aman ya om. Yg penting extra fan sehat.
rioangga
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 19, 2013 1:55
Daily Vehicle: HR15DE --- QR25DE --- 4D56 --- 3A92 Mivec --- Piaggio Vespa S 150 ie --- Yamaha Mio Z 125

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by rioangga »

DOHC wrote: Wed Apr 03, 2019 4:30
rioangga wrote: Wed Apr 03, 2019 4:23 Separah itukah engine pina om? :ungg:
DOHC wrote: Tue Apr 02, 2019 10:49


mesin lean burn dgn radiator super tipis dan kapasitas oli ukuran pelit itu emang bagusnya dibuat ngetem lama2.. jadinya biar bsa banyak sedekah ke bengkel, pedagang onderdil ama tukang bubut silinder.. ohh tidak lupa pedege oli ama pertamina jg..
Ane ga blg parah loh enjin nya.. teknologi nya ud ckup canggih dan resing d jaman nya.. cman yah faktor pendukung nya aj yg rada2 kurang.. makanya musti rajin cek oli, palagi yg make oli encer..

*bagi pejuang hardc*re lipindut, bole tanya om bebonk yg perna ngetap oli lipindut yg baru jalan 7500 km, sisa brapa tuh..
Oh i see om... Yg penting rajin cek oli yah. Soalnya biasa piara produk daihatsu ama toyota cuma ganti oli ma isi bensin. Jalan 7000km di tap oli ga nguap sama sekali. Klo pina baru ini miara.