Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

htk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Jun 26, 2018 4:56

Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by htk »

Di thread ini kita berdikusi ya...
Untuk antisipasi saja, suatu saat ada kemungkinan kita bisa mengalami hal ini... mudah2an sih jangan sampai yaa

kondisi nya begini yaa..
Kita sedang mengendarai mobil, pakai mobil biasa2 saja yah, fasilitas mobil sudah ada 2 airbag, di depan kursi penumpang depan dan di supir saja, dan tentu saja kita sudah pakai seat belt..
kondisi jalanan lurus.. speed kira2 50 - 60 km/jam.
tiba2 untuk satu saat kita harus berhenti mendadak karena di depan ada halangan.

Apa yang sebaik nya dilakukan misal kondisi :
1. nyetir sendiri
2. nyetir bersama 1 orang penumpang di depan saja
3. nyetir beserta istri duduk di depan dan anak2 di belakang
4. nyetir beserta penumpang orang dewasa semua, 1 di depan, 2 penumpang di belakang

kita sebagai pilot mobil harus memberitahu dengan cepat kepada penumpang kita bagaimana untuk :
untuk point 2, penumpang depan harus bagaimana posisi nya ?
untuk point 3, penumpang anak2 harus bagaimana posisi nya ?
untuk point 4, penumpang dewasa harus bagaimana posisi nya ?

kalau naik pesawat terbang kan, di ajarin harus merebahkan badan (muka sebisa mungkin menempel ke paha)

kalau supir truk kan kebanyakan dengan sengaja membuang truk ke samping kiri, supaya gak nabrak mobil di depan.

Terimakasih...
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by martinnn »

kalo kejadiannya begitu sih gak akan sempat ngomong apa apa.....

biasakan penumpang baris 2 - 3 juga pakai seatbelt
:big_biglaugh:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1066
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by Zaxis »

Dibiasakan aja om kalo naek mobil selalu pake seatbelt walau duduk di belakang
Secepatnya reaksi manusia lebih cepat mobil meluncur 15m/detik
Blom sempet info ke penumpang juga uda keburu kejadian

Supir truk bisa buang ke samping kalo uda tau dari jauh ada obstacle di depan
Kalo tiba2 disalib alay mah lsg bablas jd kerupuk apalagi full load tergantung amal ibadah korban aja itu
sennarose88
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Dec 10, 2017 6:16

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by sennarose88 »

martinnn wrote: Sat Jan 26, 2019 2:44 kalo kejadiannya begitu sih gak akan sempat ngomong apa apa.....

biasakan penumpang baris 2 - 3 juga pakai seatbelt
Betul. Mau point 1, 2, 3 dan 4, cara antisipasinya sama, yaitu semua penumpang wajib gunakan seatbelt sebelum memulai perjalanan. Driver tidak perlu ngomong apa-apa lagi, biarkan fitur keamanan mobil yang berbicara.
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by mike22 »

Peraturan basic aja sih: jaga jarak aman, kencang pada tempatnya (jangan kencang/mendahului di tikungan apalagi turunan), kalau lambat dikiri.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11000
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by marmut »

ya jaga jarak lah, minimal 3 detik dengan kendaraan di depan.
itu kalau keadaan cuaca terang tidak hujan dan pandangan clear sampe setidaknya 500 meter kedepan.
kalau cuaca buruk, pandangan terbatas, jarak minimal 5 detik atau lebih.
yang nggak jaga jarak, kalo sampe numbur pantat mobil depan ya sukurin.
panic braking juga jangan ngasal, tetap lihat spion belakang perhatikan apakah mobil belakang sanggup antisipasi juga? nggak sedikit kejadian saat kita panic braking dan sudah aman dengan mobil di depan, tapi kendaraan di belakang kita tidak bisa antisipasi sehingga terjadi benturan.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by michaelgiri93 »

4 4nya sama sih, kalo saya berusaha rem, kalo sempet pencet hazard berusaha berhenti tapi juga sambil memperhatikan kira kira mobil di belakang saya cukup buat berhenti atau enggak.
Ngomong sama di belakang jelas gak mungkin bisa, pasti lebih fokus menghindari kecelakaan daripada ngomong ke belakang.
Kalau buang setir saya juga gak berani, takut kalo ada mobil kenceng dari kanan kiri malah bisa lebih berbahaya.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
htk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Jun 26, 2018 4:56

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by htk »

oke, kalo misal moment nya gini,
di depan yang masih jauh udah ada gangguan, dan misal rem kita blong...
apa yang sebaiknya kita lakukan untuk meminimalisasi impact tabrakan ?

apa tetap seperti supir truk, buang ke sisi kiri, nabrakin ke pohon misal ?

kalau bangku penumpang depan kita suruh mundurin ke paling belakang, trus sandaran punggung nya di paling rebahin (posisi ampir tidur), apakah ini aman ?
sennarose88
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Dec 10, 2017 6:16

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by sennarose88 »

htk wrote: Mon Jan 28, 2019 2:15 oke, kalo misal moment nya gini,
di depan yang masih jauh udah ada gangguan, dan misal rem kita blong...
apa yang sebaiknya kita lakukan untuk meminimalisasi impact tabrakan ?

apa tetap seperti supir truk, buang ke sisi kiri, nabrakin ke pohon misal ?

kalau bangku penumpang depan kita suruh mundurin ke paling belakang, trus sandaran punggung nya di paling rebahin (posisi ampir tidur), apakah ini aman ?
Kalau orang bilang, celaka jangan ngajak-ngajak, jadi jangan tabrakin ke kendaraan lain... Kalau ada dinding/pagar bisa diserempet untuk mengurangi laju kendaraan.

Dan setahu saya kalau bangku diset terlalu rebah, kinerja seatbelt jadi kurang efektif. Nanti seandainya terjadi kecelakaan bukannya menahan tubuh malah mencekik leher kita.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by adityabp »

htk wrote: Mon Jan 28, 2019 2:15 oke, kalo misal moment nya gini,
di depan yang masih jauh udah ada gangguan, dan misal rem kita blong...
apa yang sebaiknya kita lakukan untuk meminimalisasi impact tabrakan ?

apa tetap seperti supir truk, buang ke sisi kiri, nabrakin ke pohon misal ?

kalau bangku penumpang depan kita suruh mundurin ke paling belakang, trus sandaran punggung nya di paling rebahin (posisi ampir tidur), apakah ini aman ?
Kalo pelan2x tarik/injek parking brake gimana?
:big_think:
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by IGedeAmat »

adityabp wrote: Tue Jan 29, 2019 2:28
htk wrote: Mon Jan 28, 2019 2:15 oke, kalo misal moment nya gini,
di depan yang masih jauh udah ada gangguan, dan misal rem kita blong...
apa yang sebaiknya kita lakukan untuk meminimalisasi impact tabrakan ?

apa tetap seperti supir truk, buang ke sisi kiri, nabrakin ke pohon misal ?

kalau bangku penumpang depan kita suruh mundurin ke paling belakang, trus sandaran punggung nya di paling rebahin (posisi ampir tidur), apakah ini aman ?
Kalo pelan2x tarik/injek parking brake gimana?
:big_think:

kalo rem tangannya masih model lama, mungkin bisa tarik pelan2, sambil nurunin persneling.
tapi kalo elektronik parking brake, apalagi yang model tombol doang, saya gak tau deh bisa apa gak..
jangan2 ada sensornya, kalo speed diatas sekian kpj malah gak berfungsi.. ?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11000
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by marmut »

htk wrote: Mon Jan 28, 2019 2:15 oke, kalo misal moment nya gini,
di depan yang masih jauh udah ada gangguan, dan misal rem kita blong...
apa yang sebaiknya kita lakukan untuk meminimalisasi impact tabrakan ?

apa tetap seperti supir truk, buang ke sisi kiri, nabrakin ke pohon misal ?

kalau bangku penumpang depan kita suruh mundurin ke paling belakang, trus sandaran punggung nya di paling rebahin (posisi ampir tidur), apakah ini aman ?

satu yang musti diingat, dalam kondisi normal sistem rem tidak mungkin blong secara tiba-tiba kecuali sengaja dirusak atau sabotase atau hal lain diluar keadaan normal yang membuat sistem rusak semisal brake line terbentur sesuatu sampai bocor.
sedetik lalu pakem surakem dan sekarang blong.
pasti ada gejalanya. yakin 100%.
jika sampe kejadian rem blong, anda bisa kocok pedal rem agak cepat, kalau perlu tendang pedal rem sekuatnya berkali kali sambil dibantu engine brake secara bertahap.
kalau sanggup, sambil tarik handbrake perlahan jangan sampai roda belakang mengunci. ingat, narik handbrake tujuannya membantu memperlambat kendaraan. bukan untuk memberhentikan roda.
engine brake cukup ampuh membantu deselerasi asalkan caranya tepat.
di transmisi manual, lakukan secara bertahap dari 4-3-2 sampai 1 jika memungkinkan. kalau belum berhenti juga saat gigi 1, matikan mesin segera.
tapi musti diingat, mematikan mesin juga tidak bisa asal, keadaan sekitar terutama di belakang harus kita ketahui dan yang paling utama, keadaan seperti ini kejadiannya sangat cepat. tidak ada waktu untuk panik.
imo, lebih baik anda sebagai pengemudi menguasai dulu kendaraan ketimbang ngoceh nggak jelas nyuruh penumpang ini itu segala macem.
ada 1 cara lagi yang hanya bisa dilakukan pengemudi terlatih, body brake.
saat rem blong, boleh tarik rem tangan sambil putar setir ke kiri atau kanan dengan tujuan mobil bergerak kesamping supaya memperlambat lajunya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11000
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by marmut »

banting stir saat keadaan darurat itu kebiasaan buruk.
sangat baik kalau kendaraan bisa dengan cepat berbelok seperti keinginan, tapi kalau sampai klontang dan ada korban jiwa, apa ini yang diinginkan?
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by adityabp »

marmut wrote: Tue Jan 29, 2019 3:05 banting stir saat keadaan darurat itu kebiasaan buruk.
sangat baik kalau kendaraan bisa dengan cepat berbelok seperti keinginan, tapi kalau sampai klontang dan ada korban jiwa, apa ini yang diinginkan?
Setuju.
Masalahnya, butuh nyali yg cukup utk mempertahankan kendaraan tetap lurus sambil memperlambatnya, sementara obstacle cepat mendekat sampai jarak paling dekat dgn musibah sebelum kita memutuskan utk banting stir.
:big_childish:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by ginting »

Saya saat jalan jalan ke Situ Gunung Suspension Bridge itu mengalami hal itu.
Jalan pas ujan rintik dan jalan basah bekas hujan sebelumnya.
Speed kira kira 25 kmpj.
Lalu motor bebek yg depan saya terjatuh karena jalan licin.
reflex saya rem mendadak...pedal rem racanya getar (tanda ABS aktive), dan kemudian berhenti kita kira 5 meter sebelum itu korban tergeletak.
Lalu biker lain datang dan memapah si Bapak untuk bangkit dan meminggirkan motornya.
Lokasi Parung Kuda.
Ngeri kalau membayangkan kita sampai menggilas motor kayak gitu.

Kejadian dulu juga di Rantau Prapat.
Saya lagi nyetetir kira2 70 kmpj.
Ada kakek2 dari kanan saya mau masuk ke jalan raya. Posisi tanah lebih rendah dikit dari jalan raya, sehingga dia harus ngegas untuk naek.
Saya pikir dia akan biarkan saya lewat dulu.
Pas sudah dekat, entah dia berubuah pikiran, tiba tiba masuk tengah...sy kaget reflex injek rem sekuat-kuatnya.

Nissan Juke teman saya yang persis di belakang saya juga rem mendadak, sekaligus ambil jalur kanan (karena kalau dia pertahankan stir lurus m bakal nabrak saya)...
//itulah suka-duka roadtrip
//berdoalah senantiasa sebelum jalan
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by classicrock »

htk wrote:oke, kalo misal moment nya gini,
di depan yang masih jauh udah ada gangguan, dan misal rem kita blong...
apa yang sebaiknya kita lakukan untuk meminimalisasi impact tabrakan ?

apa tetap seperti supir truk, buang ke sisi kiri, nabrakin ke pohon misal ?

kalau bangku penumpang depan kita suruh mundurin ke paling belakang, trus sandaran punggung nya di paling rebahin (posisi ampir tidur), apakah ini aman ?
Untuk rem blong saya pernah ngalami, pas berangkat rem sehat. Pas pulang master atas rusak, jadi kalo diinjak normal (pelan) malah amblas sampai ke lantai. Kondisi gini masih bisa ditangani pakai trik darurat (ingat ini bukan untuk terus melanjutkan perjalanan ya!), itu rem diinjak agak kagetan dan mobil masih mau berhenti, jadi semacam dikocok lah gitu.

Untuk posisi penumpang depan direbahkan sampai habis jangan sekali kali dicoba saat akan crash. Dijamin penumpangnya nanti malah merosot dari kursi karena otomatis yang mengikat hanya seatbelt yang melintas di depan pinggang.

Intinya jangan pernah lupa pakai seatbelt, baik di depan maupun belakang.

Apalagi untuk yang di depan. Istri saya pernah tabrakan head to head. Airbag mengembang dan hanya luka bakar ringan di pergelangan tangan kanan kiri karena percikan api saat airbag mengembang. Pengemudi mobil lawan tidak pakai seatbelt, alhasil muka berantakan dipukul airbag (darah di mana mana) dan dada memar.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by pengendiesel »

Setuju sama om2 di atas.
Sebelum jalan, pastikan semua penumpang sudah duduk (bukan tidur, jongkok, apalagi berdiri) dengan sempurna. Anak kecil di bawah 150cm dilarang duduk di bangku depan dan wajib pake seat booster/child seat supaya sabuk pengaman berada di posisi yang semestinya. Saya nggak akan jalan kalo posisi duduk belum sempurna.
Saat kejadian, hampir gak mungkin utk kasih peringatan dulu, driver sudah kaget duluan dan berusaha mengantisipasi.

Setelah itu berdoa lalu jalan dengan prinsip defensive driving. Jaga speed normal (gak kepelanan, gak kecepatan), jaga jalur, jaga jarak, main sein lampu klakson, cek spion rutin, hindari rem dan pindah jalur mendadak, hindari konfrontasi yg gak perlu (ini banyak banget cobaannya :ungg: ), di jalur luar kota sebelum nyalip pastikan anda tau dan bisa di mana akan masuk kembali ke jalur.
Sering kalo mendadak lihat tempat makan yang enak, saya biarkan bablas dulu baru pelan2 cari tempat puter balik, drpd langsung banting setir.

IMHO, yg terpenting jaga jarak dan kecepatan. Saat kejadian rem mendadak, sy sering sempat ngeliat spion utk cek kondisi di belakang. Krn biasanya jarak depan saya aman.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11000
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by marmut »

classicrock wrote: Fri Feb 01, 2019 22:18
-

Pengemudi mobil lawan tidak pakai seatbelt, alhasil muka berantakan dipukul airbag (darah di mana mana) dan dada memar.

good lah
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by patrickstar »

- doa setiap mau keluar rumah
- jaga jarak aman
- setiap ngerem, usahakan minimal 2x pengereman, biar mobil pas belakang kita bisa antisipasi juga
Santai dijalan, nikmati hidup.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by martinnn »

classicrock wrote: Fri Feb 01, 2019 22:18
htk wrote:oke, kalo misal moment nya gini,
di depan yang masih jauh udah ada gangguan, dan misal rem kita blong...
apa yang sebaiknya kita lakukan untuk meminimalisasi impact tabrakan ?

apa tetap seperti supir truk, buang ke sisi kiri, nabrakin ke pohon misal ?

kalau bangku penumpang depan kita suruh mundurin ke paling belakang, trus sandaran punggung nya di paling rebahin (posisi ampir tidur), apakah ini aman ?
Untuk rem blong saya pernah ngalami, pas berangkat rem sehat. Pas pulang master atas rusak, jadi kalo diinjak normal (pelan) malah amblas sampai ke lantai. Kondisi gini masih bisa ditangani pakai trik darurat (ingat ini bukan untuk terus melanjutkan perjalanan ya!), itu rem diinjak agak kagetan dan mobil masih mau berhenti, jadi semacam dikocok lah gitu.

Untuk posisi penumpang depan direbahkan sampai habis jangan sekali kali dicoba saat akan crash. Dijamin penumpangnya nanti malah merosot dari kursi karena otomatis yang mengikat hanya seatbelt yang melintas di depan pinggang.

Intinya jangan pernah lupa pakai seatbelt, baik di depan maupun belakang.

Apalagi untuk yang di depan. Istri saya pernah tabrakan head to head. Airbag mengembang dan hanya luka bakar ringan di pergelangan tangan kanan kiri karena percikan api saat airbag mengembang. Pengemudi mobil lawan tidak pakai seatbelt, alhasil muka berantakan dipukul airbag (darah di mana mana) dan dada memar.
bukannya kalau tidak pakai seat belt airbag tidak akan deploy...

itu muka berantakan mungkin kena kaca depan... dan dada membentur setir
:big_biglaugh:
sennarose88
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Dec 10, 2017 6:16

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by sennarose88 »

pengendiesel wrote: Sat Feb 02, 2019 1:19 Setuju sama om2 di atas.
Sebelum jalan, pastikan semua penumpang sudah duduk (bukan tidur, jongkok, apalagi berdiri) dengan sempurna. Anak kecil di bawah 150cm dilarang duduk di bangku depan dan wajib pake seat booster/child seat supaya sabuk pengaman berada di posisi yang semestinya. Saya nggak akan jalan kalo posisi duduk belum sempurna.
Saat kejadian, hampir gak mungkin utk kasih peringatan dulu, driver sudah kaget duluan dan berusaha mengantisipasi.
Jadi penasaran, kalau orang dewasa tingginya dibawah 150cm apakah tetap butuh child seat? :ungg:
Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by Rasuano »

Mungkin aneh, in case saya lg duduk di samping supir, saya diajarin bokap utk hadepin tabrakan frontal: Loncat ke bangku belakang kalo memungkinkan
Tujuannya agar terhindar dr cedera yg lebih parah

Cerita ayah saya, tahun 94, di jalan lintas sumatera (lupa daerah mana). Beliau duduk di samping sopir. Speed 40-50an, tiba dtg mobil dr arah lawan (nyalip) dan feeling
bokap, fix tabrakan. Bokap lgsg loncat ke bangku blkg. Sopir sm lawan ngerem tp ga sempet, jd tabrakan adu kambing. Bokap cuma memar2 sm luka dikit, sopir cedera, tewas di rs, lawan cedera jg. Bokap pake zebra astrea, lawannya rocky
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by Deasegara »

Kalau mau tahu jawaban detailnya bisa ikut kursus Defensive Driving. Defensive Driving=99.9% kecelakaan bisa dicegah. Defensive Driving ada juga untuk off road.

Defensive Driving = preventive
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by supriyadi »

Kalo saya yang pasti tetap waspada dijalan. Mau nyalip pastikan didepan kosong/setidaknya ada kesempatan masuk. Kalo nggak memungkinkan ya sabar dulu, tunggu kondisi aman. Mau disalip orang biarin aja. Dibilang lelet, terserah. Wong ini mobil saya sendiri nanti kalo ada masalah saya sendiri yang nanggung. Biar saja orang sok hebat dijalanan, toh gak dapat piagam pun. Selalu waspada, itu kuncinya.
Saya pernah punya pengalaman tahun 2015 didaerah Pariaman Sumbar, ada bapak tua pake sepeda di U Turn langsung masuk & kebetulan terhalang pepohonan. Sontak injak rem sekuat tenaga, belokin stir ke kiri langsung berhenti mendadak. Padahal kecepatan 90an km. Untuk dibelakang gak ada lawan, cuma bisa ngelus dada sambil ngucap, keluar keringat dingin juga Om
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal

Post by classicrock »

martinnn wrote:
classicrock wrote: Fri Feb 01, 2019 22:18
htk wrote:oke, kalo misal moment nya gini,
di depan yang masih jauh udah ada gangguan, dan misal rem kita blong...
apa yang sebaiknya kita lakukan untuk meminimalisasi impact tabrakan ?

apa tetap seperti supir truk, buang ke sisi kiri, nabrakin ke pohon misal ?

kalau bangku penumpang depan kita suruh mundurin ke paling belakang, trus sandaran punggung nya di paling rebahin (posisi ampir tidur), apakah ini aman ?
Untuk rem blong saya pernah ngalami, pas berangkat rem sehat. Pas pulang master atas rusak, jadi kalo diinjak normal (pelan) malah amblas sampai ke lantai. Kondisi gini masih bisa ditangani pakai trik darurat (ingat ini bukan untuk terus melanjutkan perjalanan ya!), itu rem diinjak agak kagetan dan mobil masih mau berhenti, jadi semacam dikocok lah gitu.

Untuk posisi penumpang depan direbahkan sampai habis jangan sekali kali dicoba saat akan crash. Dijamin penumpangnya nanti malah merosot dari kursi karena otomatis yang mengikat hanya seatbelt yang melintas di depan pinggang.

Intinya jangan pernah lupa pakai seatbelt, baik di depan maupun belakang.

Apalagi untuk yang di depan. Istri saya pernah tabrakan head to head. Airbag mengembang dan hanya luka bakar ringan di pergelangan tangan kanan kiri karena percikan api saat airbag mengembang. Pengemudi mobil lawan tidak pakai seatbelt, alhasil muka berantakan dipukul airbag (darah di mana mana) dan dada memar.
bukannya kalau tidak pakai seat belt airbag tidak akan deploy...

itu muka berantakan mungkin kena kaca depan... dan dada membentur setir
Untuk mobil yang mahal mungkin iya om. Tapi di Avanza ngga tuh...tetap mengembang.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L