Knp Grand Avanza lelet
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: 09 Jan 2019, 06:43
Knp Grand Avanza lelet
All SMers barangkali ada pengalaman serupa, tiap hari kendaraan tempur pk Grand new Avanza 2016 mt tp knp beda banget dg gen sebelumnya wkt sy pk yg new Avanza 2013. Perbedaan nya:
- akselerasi berat
-bbm sih iritnya juara dibandingkan yg 2013.
-per lebih kaku dan rigid , yg 2013 masih kerasa lebih soft.
-Kedua mobil itu sama2 minum Ron 90
Barangkali ada pengalaman serupa, dan ada masukan untuk poin 1-3 diatas, nuhun
- akselerasi berat
-bbm sih iritnya juara dibandingkan yg 2013.
-per lebih kaku dan rigid , yg 2013 masih kerasa lebih soft.
-Kedua mobil itu sama2 minum Ron 90
Barangkali ada pengalaman serupa, dan ada masukan untuk poin 1-3 diatas, nuhun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: 07 Apr 2015, 19:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
- Contact:
Re: Knp Grand Avanza lelet
Kalo nggak salah generasi Grand New Avanza gas sudah pake DBW bukan pake sling/tali gas. Respon DBW nggak se spontan gas pake sling, makanya avanza dulu dipake ngacir & sruntulan enak bener
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: 03 May 2015, 01:58
Re: Knp Grand Avanza lelet
mungkin mesin 2nr ini diset buat eco2 an ecu nya, terus juga mungkin pansa baru ni gapake kabel gas lg tp pake dbw. saya si bisa bandinginnya sama rush lama dan veloz lama, karna jujur jarang bawa pansa 1.3 lama. ya gasnya lebih spontan yg 3szve ini sih
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1475
- Joined: 06 Jan 2019, 09:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Knp Grand Avanza lelet
Mobil kantor kbtlan pake xenia 2016 m/t...mgkn mesinnya sama dgn avanza dimaksud?
Menurut sy sbg penumpang malah generasi double vvti ini banyak improve terutama di suspensi..memang rada kaku tp msh acceptable.
Mesin berasa ga cpt nggerung...napas juga panjang2 ..driver kantor kadang jg loncat gigi...dr 1-3-5 hehe...kecepatan max yg pernah dicapai 160kmh..rpm sepertinya udh redline..
Menurut sy sbg penumpang malah generasi double vvti ini banyak improve terutama di suspensi..memang rada kaku tp msh acceptable.
Mesin berasa ga cpt nggerung...napas juga panjang2 ..driver kantor kadang jg loncat gigi...dr 1-3-5 hehe...kecepatan max yg pernah dicapai 160kmh..rpm sepertinya udh redline..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: 29 Jul 2014, 17:37
Re: Knp Grand Avanza lelet
iya gna agak lelet krn dbw,
bisa install throttle control module..
bisa install throttle control module..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Re: Knp Grand Avanza lelet
Tarikan memang beda om, antara lain spt kata2 om diatas (gas DBW). Cuma kalo buat luar kota GNA/GNX jauh lebih stabil sama nyaman dari yang sebelum dual vvti. Di tol udah diatas 100 napasnya lumayan panjang dan stabil
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: 03 May 2017, 16:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
- Contact:
Re: Knp Grand Avanza lelet
Sempat kaget juga sama leletnya GNA matic, dulu pernah pake avanza matic 2013, enak, ga lemot kaya GNA.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: 07 Apr 2015, 17:34
Re: Knp Grand Avanza lelet
GNA pengaturan eco nya gak om?
Sbg contoh di sigra, sy bingung kok berat sekali lari nya. Rupanya ada pengaturan eco nya di tombol spidometernya, lalu sy off kan eco nya langsung enteng lari nya.
Sbg contoh di sigra, sy bingung kok berat sekali lari nya. Rupanya ada pengaturan eco nya di tombol spidometernya, lalu sy off kan eco nya langsung enteng lari nya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: 08 Oct 2014, 15:34
Re: Knp Grand Avanza lelet
Fungsi eco on/off di sigra hanya utk mematikan indikator eco driving saja, bukan berfungsi selayaknya throttle controller yg bisa ganti mode normal/eco/sport. Silakan cek manual book. Leletnya GNA sy rasa hanya karena sudah DBW saja, butuh adaptasi kapan saat yg tepat utk bejek gas.
B401RS-GQZFJ
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4571
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Knp Grand Avanza lelet
Om udh non aktifin fungsi econya blm? Mungkin mode econya yg bikin grand avanza lelet , terus kalo GNA yg dual vvti ini memang tarikannya gak seenak avanza lama, tapi emg lebih irit FC nya daripada yg sblm dual vvti, tapi coba matiin mode econya deh om, siapatau tarikannya bisa lebih mending daripada sekarang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: 22 Apr 2016, 07:15
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Kijang Innova
Re: Knp Grand Avanza lelet
bukannya indikator eco itu ga bisa dimatiin ya?
btw, utk mobil gna memang terasa leletnya kok, terlebih yg matic. kalo ga terbiasa bawa, utk nyalip kendaraan lain kadang agak kaget krn udh di gas kaya ada delay, tp ya kalo udh terbiasa no problem sih. lalu antara matic sama manual, kalo di toll enakan maticnya, karena nafas lebih panjang dr pd yg manual
btw, utk mobil gna memang terasa leletnya kok, terlebih yg matic. kalo ga terbiasa bawa, utk nyalip kendaraan lain kadang agak kaget krn udh di gas kaya ada delay, tp ya kalo udh terbiasa no problem sih. lalu antara matic sama manual, kalo di toll enakan maticnya, karena nafas lebih panjang dr pd yg manual
3SZ-VE (2008)
1NR-VE (2016)
1TR-FE (2005)
1NR-VE (2016)
1TR-FE (2005)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 656
- Joined: 08 Dec 2015, 23:08
Re: Knp Grand Avanza lelet
1. Kalo si Om petrolheads, pasti bisa nyari perbedaan mesin vvti dng dual vvti . Kalo uda ketemu bedanya, nanti ketemua jawabannya kok. Keywordnya: drive by wired.jacx wrote: ↑27 Jan 2019, 12:25 All SMers barangkali ada pengalaman serupa, tiap hari kendaraan tempur pk Grand new Avanza 2016 mt tp knp beda banget dg gen sebelumnya wkt sy pk yg new Avanza 2013. Perbedaan nya:
- akselerasi berat
-bbm sih iritnya juara dibandingkan yg 2013.
-per lebih kaku dan rigid , yg 2013 masih kerasa lebih soft.
-Kedua mobil itu sama2 minum Ron 90
Barangkali ada pengalaman serupa, dan ada masukan untuk poin 1-3 diatas, nuhun
2. Tentang per kaku dan rigid. Nah, kalo si om tipikal speed petrolehads kata nyaman itu justru milih yang ini. Hehe. Repot memang, dibuat soft ntar kecewa dibilang mobilnya mobil nggak stabil lah. Dibuat rigid eh kecewa juga eibilang mobil kayak naik dokar.. Kalo pengen stabil dan dan soft ganti BPKB nya Om ke sedan kelas medium keatas.
Dng dimensi avanza seperti itu: whellbase nggak panjang (which is keunggulannya bodi kompak masuk ke gang2) dan high clearance tinggi (tipikal disukai banyak org disini karena msh banyak jalan keriting super dan genangsn air kala hujan) akan agak susah untuk men setting suspensi yg soft tapi stabil juga. Kale ane jadi si Om, set suspensi si grand avanza sudah the best utk dimensinya. Kalo msh kurang soft, ane mah msh acceptable karena keunggulan lainnya yaitu gampang blusukan di jalan kecil dan tinggi ground clearance nya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 302
- Joined: 11 May 2016, 15:40
Re: Knp Grand Avanza lelet
GNA lemot itukarena
1. DBW. Ini bikin respon gas jadi ga spontan.
2. Ini masih asumsi saya sih, sepertinya setelannya agak dicekek di putaran bawah biar lebih irit dipake di perkotaan
seniapanja mau enak suspensinya? Ganti shock aftermarket dual action, mayan ngurangin mentul-mentulnya. Saya beli merk tokico harganya masih terjangkau, minusnya ambles kalau dipake penuh, tapi kalau berempat lumayan nyaman karena rebound lebih lambat. Ya at least lebih baik dibanding standarnya lah yang menurut saya terlalu cepat baliknya. Kalau ga mau ganti shock, bawa beras aja 50kg ditaro di bagasi. Ga akan senyaman LMPV lain karena platform body avanza yang masih semi monokok. Dan dari yang saya baca-baca, masih turunan Daihatsu Taruna CMIIW
Belum nyoba yang 2019, katanya ada perbaikan lagi di suspensinya
eco indicator ini bukan eco mode. Ga ngaruh ke driving mode. Cuman indikator kita nyetirnya hemat apa engga. Perasaan di buku manual ada deh
1. DBW. Ini bikin respon gas jadi ga spontan.
2. Ini masih asumsi saya sih, sepertinya setelannya agak dicekek di putaran bawah biar lebih irit dipake di perkotaan
seniapanja mau enak suspensinya? Ganti shock aftermarket dual action, mayan ngurangin mentul-mentulnya. Saya beli merk tokico harganya masih terjangkau, minusnya ambles kalau dipake penuh, tapi kalau berempat lumayan nyaman karena rebound lebih lambat. Ya at least lebih baik dibanding standarnya lah yang menurut saya terlalu cepat baliknya. Kalau ga mau ganti shock, bawa beras aja 50kg ditaro di bagasi. Ga akan senyaman LMPV lain karena platform body avanza yang masih semi monokok. Dan dari yang saya baca-baca, masih turunan Daihatsu Taruna CMIIW
Belum nyoba yang 2019, katanya ada perbaikan lagi di suspensinya
sugesti kali om
eco indicator ini bukan eco mode. Ga ngaruh ke driving mode. Cuman indikator kita nyetirnya hemat apa engga. Perasaan di buku manual ada deh
-
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26894
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Knp Grand Avanza lelet
entah cuman sugesti ane doank atau emg bener,
apanja tarikan yg plg kontan malah apanja gen 1 FL vvti.. sejak ganti enjin NR, apalagi ditambah DBW, berasa bawa OGL 1.5 plus 5 mods FRD didalem..
tp kl dr segi kenyamanan, malah yg gen1 berasa plg ga enak gebrak2 nya..
apanja tarikan yg plg kontan malah apanja gen 1 FL vvti.. sejak ganti enjin NR, apalagi ditambah DBW, berasa bawa OGL 1.5 plus 5 mods FRD didalem..
tp kl dr segi kenyamanan, malah yg gen1 berasa plg ga enak gebrak2 nya..
numpang lewat aja....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: 09 Jan 2019, 06:43
Re: Knp Grand Avanza lelet
Memang butuh adaptasi jg ya.. terutama pas mo nyalip telat nurunin gigi berasa takut "ga nyampe'
Untuk jln yg banyak bukit2 nya kudu bisa ngatur timing, cuma ya itu kadang 'miss' hehehe
Btw material dashboardnya masih lebih baik yg gen sebelumnya ya cmiiw
Untuk jln yg banyak bukit2 nya kudu bisa ngatur timing, cuma ya itu kadang 'miss' hehehe
Btw material dashboardnya masih lebih baik yg gen sebelumnya ya cmiiw
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: 15 Aug 2010, 14:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Knp Grand Avanza lelet
Ane pun merasa avanza S 1.5 adalah avanza paling ngacir , veloz 1.5 beda tipis pokoe sing penting irit nan kenchangggg
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: 07 Apr 2015, 17:34
Re: Knp Grand Avanza lelet
Ntah sugesti ntah tidak ya om.diidoot wrote: ↑28 Jan 2019, 15:41 GNA lemot itukarena
1. DBW. Ini bikin respon gas jadi ga spontan.
2. Ini masih asumsi saya sih, sepertinya setelannya agak dicekek di putaran bawah biar lebih irit dipake di perkotaan
seniapanja mau enak suspensinya? Ganti shock aftermarket dual action, mayan ngurangin mentul-mentulnya. Saya beli merk tokico harganya masih terjangkau, minusnya ambles kalau dipake penuh, tapi kalau berempat lumayan nyaman karena rebound lebih lambat. Ya at least lebih baik dibanding standarnya lah yang menurut saya terlalu cepat baliknya. Kalau ga mau ganti shock, bawa beras aja 50kg ditaro di bagasi. Ga akan senyaman LMPV lain karena platform body avanza yang masih semi monokok. Dan dari yang saya baca-baca, masih turunan Daihatsu Taruna CMIIW
Belum nyoba yang 2019, katanya ada perbaikan lagi di suspensinya
sugesti kali om
eco indicator ini bukan eco mode. Ga ngaruh ke driving mode. Cuman indikator kita nyetirnya hemat apa engga. Perasaan di buku manual ada deh
Tapi sy ngerasa ada perbedaan nya om.
Saat eco on, itu mobil kalau di gas terasa ngeden dan terasa ada delay gas nya.
Mirip spt di anki saat eco on.
Saat eco off, lebih spontan gas nya.
Kebetulan sigra nya matic, lebih terasa perbedaannya.
Sy juga bingung di bukman tidak ada penjelasan ttg ini.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 305
- Joined: 24 Feb 2016, 16:01
Re: Knp Grand Avanza lelet
Saya pakai GNA 2017, juga merasakan hal yg sama.
Cara matikan eco mode ini, tekan lama tombol kanan saat ada tulisan eco on, nanti akan berubah jadi eco off
Cara matikan eco mode ini, tekan lama tombol kanan saat ada tulisan eco on, nanti akan berubah jadi eco off
Satya21 wrote:Ntah sugesti ntah tidak ya om.diidoot wrote: ↑28 Jan 2019, 15:41 GNA lemot itukarena
1. DBW. Ini bikin respon gas jadi ga spontan.
2. Ini masih asumsi saya sih, sepertinya setelannya agak dicekek di putaran bawah biar lebih irit dipake di perkotaan
seniapanja mau enak suspensinya? Ganti shock aftermarket dual action, mayan ngurangin mentul-mentulnya. Saya beli merk tokico harganya masih terjangkau, minusnya ambles kalau dipake penuh, tapi kalau berempat lumayan nyaman karena rebound lebih lambat. Ya at least lebih baik dibanding standarnya lah yang menurut saya terlalu cepat baliknya. Kalau ga mau ganti shock, bawa beras aja 50kg ditaro di bagasi. Ga akan senyaman LMPV lain karena platform body avanza yang masih semi monokok. Dan dari yang saya baca-baca, masih turunan Daihatsu Taruna CMIIW
Belum nyoba yang 2019, katanya ada perbaikan lagi di suspensinya
sugesti kali om
eco indicator ini bukan eco mode. Ga ngaruh ke driving mode. Cuman indikator kita nyetirnya hemat apa engga. Perasaan di buku manual ada deh
Tapi sy ngerasa ada perbedaan nya om.
Saat eco on, itu mobil kalau di gas terasa ngeden dan terasa ada delay gas nya.
Mirip spt di anki saat eco on.
Saat eco off, lebih spontan gas nya.
Kebetulan sigra nya matic, lebih terasa perbedaannya.
Sy juga bingung di bukman tidak ada penjelasan ttg ini.
- b8099ok
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: 18 Nov 2009, 11:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
- Contact:
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: 02 Nov 2013, 15:00
Re: Knp Grand Avanza lelet
ANA 1.3L (K3-VE) juga terasa lebih lelet daripada AvXen 1.3L (K3-DE) 2004 yang terasa lebih responsif dan kuat menanjak. Padahal K3-VE masih belum DBW. Kalau yang sekarang sudah DBW ya begitu lha pastinya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: 15 Jan 2017, 22:15
Re: Knp Grand Avanza lelet
Gegara dbw jd agak lemot di stop n go ny mnurut gw
Tp pas jalan lumayan lincah kok
Tp pas jalan lumayan lincah kok
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: 13 Sep 2015, 10:08
Re: Knp Grand Avanza lelet
Sebenernya karena Grand New Avanza terasa lemot karena emang injekan gas nya untuk start awal itu harus injek setengah baru mesinnya ngerespon, beda sama avanza lama yg ditoel dikit aja langsung berasa loncat.
Tp untuk putaran tinggi terasa mesin NR ini lebih ngisi dibanding avanza lama. Cuma ya emang mesti lebih berani nginjek gas aja Grand New Avanza ini
Tp untuk putaran tinggi terasa mesin NR ini lebih ngisi dibanding avanza lama. Cuma ya emang mesti lebih berani nginjek gas aja Grand New Avanza ini
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: 03 May 2017, 16:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
- Contact:
Re: Knp Grand Avanza lelet
Klo soal responsif, avanza awal non VVT-i paling enak.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1101
- Joined: 19 Mar 2018, 13:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Knp Grand Avanza lelet
akhirnya bukan ane doang yg notice ini.. kebetulan bbrp waktu lalu pake lama kedua2nya.. 1.3 single vvti mt dan 1.3 dual vvti mt (veloz)
even ECO mode : OFF tetep aja bentakan gasnya ga se responsif avz single vvti, soal konsumsi bensin? berdasarkan pengalaman saya yg single vvti bisa dapet 16km/L rute yg sama dual vvti cuman 14km/L (jkt-tuban jatim PP) bahkan hypermiling di tol cipali yg single vvti bisa tembus 25km/L up... dual vvti konstan di 14km/L... udah gitu redlinenya ngepas bgt di rpm 6ribu.. pake limiter pula.. ga asik
soal suspensi bener juga lebih rigid.. jalan bumpy di daerah kerek-tuban berasa beda bantingannya yg model single vvti sama dual vvti.. tapi entah saya kok malah lebih suka karakter suspensinya GNA ini... gesit banget jadinya..
tapi dengan segala kekurangan GNA tetep prefer GNA untuk daily drpd yg single vvti... lebih "nyaman" buat sebuah papanjah....
even ECO mode : OFF tetep aja bentakan gasnya ga se responsif avz single vvti, soal konsumsi bensin? berdasarkan pengalaman saya yg single vvti bisa dapet 16km/L rute yg sama dual vvti cuman 14km/L (jkt-tuban jatim PP) bahkan hypermiling di tol cipali yg single vvti bisa tembus 25km/L up... dual vvti konstan di 14km/L... udah gitu redlinenya ngepas bgt di rpm 6ribu.. pake limiter pula.. ga asik
soal suspensi bener juga lebih rigid.. jalan bumpy di daerah kerek-tuban berasa beda bantingannya yg model single vvti sama dual vvti.. tapi entah saya kok malah lebih suka karakter suspensinya GNA ini... gesit banget jadinya..
tapi dengan segala kekurangan GNA tetep prefer GNA untuk daily drpd yg single vvti... lebih "nyaman" buat sebuah papanjah....
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 656
- Joined: 08 Dec 2015, 23:08
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 17 Replies
- 1627 Views
-
Last post by DrivingPotato
-
- 34 Replies
- 3215 Views
-
Last post by quyquy
-
- 8 Replies
- 1416 Views
-
Last post by kurniakerten
-
- 2 Replies
- 719 Views
-
Last post by carlzeiss
-
- 15 Replies
- 2491 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 26 Replies
- 3734 Views
-
Last post by darrelund
-
- 31 Replies
- 2979 Views
-
Last post by noire
-
- 0 Replies
- 413 Views
-
Last post by Prashskiy
-
- 148 Replies
- 16057 Views
-
Last post by fl4b1e
-
- 17 Replies
- 3236 Views
-
Last post by touchme