Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by liemivan86 »

ders wrote:Met malam para suhu..

Cvt dah kadung dikutuk sejak lahir khususon lemot dan ringkih atawa gampang rusak..

Mitos atau fakta.. Mohon pencerahan [emoji5][emoji120]
Menurut saya itu mitos. Kenapa? Karena di Jepang saat ini sebagian besar key car (LCGC versi Jepang, mesin di bawah 660 cc) menggunakan turbo dan CVT. Jadi sebenarnya asal perawatan nya proper, seharusnya CVT juga awet.

Kalo soal CVT lemot, coba deh CVT X-trail T32.. Istri saya yang biasa setir CRV 2.4, setiap naik X-trail selalu langsung cari tombol eco.

CVT ini bisa punya karakter yang berbeda2, tergantung dari tuning ecu nya, apakah untuk agresif, atau hemat bahan bakar atau ke halus an mobil keluarga.

Tapi... Tetep aja, kelas di bawah 500 jt, nda ada yang bisa kalah in transmisi skyactiv CX-5.
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by anadzir »

liemivan86 wrote: Fri Sep 28, 2018 5:27
ders wrote:Met malam para suhu..

Cvt dah kadung dikutuk sejak lahir khususon lemot dan ringkih atawa gampang rusak..

Mitos atau fakta.. Mohon pencerahan [emoji5][emoji120]
Menurut saya itu mitos. Kenapa? Karena di Jepang saat ini sebagian besar key car (LCGC versi Jepang, mesin di bawah 660 cc) menggunakan turbo dan CVT. Jadi sebenarnya asal perawatan nya proper, seharusnya CVT juga awet.

Kalo soal CVT lemot, coba deh CVT X-trail T32.. Istri saya yang biasa setir CRV 2.4, setiap naik X-trail selalu langsung cari tombol eco.

CVT ini bisa punya karakter yang berbeda2, tergantung dari tuning ecu nya, apakah untuk agresif, atau hemat bahan bakar atau ke halus an mobil keluarga.

Tapi... Tetep aja, kelas di bawah 500 jt, nda ada yang bisa kalah in transmisi skyactiv CX-5.
CVT memang didesain untuk kehalusan dan keiritan bahan bakar karena hampir tidak ada power loss tiap pergantian 'gear'nya. Untuk reliability mah perawatan aja kok, olinya jangan pakai khusus CVT dan rutin ganti (jangan kuras) tiap 20rb km, atau kalau sudah hitam ya harus diganti, jangan percaya sama 'lifetime fluid' yg bisa 60rb km.

Untuk lemot itu relatif di mobil apa sepertinya. Ane sendiri ngalamin di Nissan Murano 3.5 thn 2005, di mode Drive smooth sekali seperti naik motor matic, ketika diganti ke mode Triptronic bisa wheelspin 0.5-1 detik (ini kayanya ban juga udah jelek).

CMIIW :mky_01:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by ginting »

anadzir wrote: Thu Dec 20, 2018 5:30
liemivan86 wrote: Fri Sep 28, 2018 5:27
ders wrote:Met malam para suhu..

Cvt dah kadung dikutuk sejak lahir khususon lemot dan ringkih atawa gampang rusak..

Mitos atau fakta.. Mohon pencerahan [emoji5][emoji120]
Menurut saya itu mitos. Kenapa? Karena di Jepang saat ini sebagian besar key car (LCGC versi Jepang, mesin di bawah 660 cc) menggunakan turbo dan CVT. Jadi sebenarnya asal perawatan nya proper, seharusnya CVT juga awet.

Kalo soal CVT lemot, coba deh CVT X-trail T32.. Istri saya yang biasa setir CRV 2.4, setiap naik X-trail selalu langsung cari tombol eco.

CVT ini bisa punya karakter yang berbeda2, tergantung dari tuning ecu nya, apakah untuk agresif, atau hemat bahan bakar atau ke halus an mobil keluarga.

Tapi... Tetep aja, kelas di bawah 500 jt, nda ada yang bisa kalah in transmisi skyactiv CX-5.
CVT memang didesain untuk kehalusan dan keiritan bahan bakar karena hampir tidak ada power loss tiap pergantian 'gear'nya. Untuk reliability mah perawatan aja kok, olinya jangan pakai khusus CVT dan rutin ganti (jangan kuras) tiap 20rb km, atau kalau sudah hitam ya harus diganti, jangan percaya sama 'lifetime fluid' yg bisa 60rb km.

Untuk lemot itu relatif di mobil apa sepertinya. Ane sendiri ngalamin di Nissan Murano 3.5 thn 2005, di mode Drive smooth sekali seperti naik motor matic, ketika diganti ke mode Triptronic bisa wheelspin 0.5-1 detik (ini kayanya ban juga udah jelek).

CMIIW :mky_01:
Untuk CVT saya mau tanya-tanya juga :
- apa benar CVT itu gak tahan torsi gede ? max torsi yg bisa dihandle brp NM ?
- Apa bener CVT itu (lebih) gampang panas kalo jalan nanjak atau jalan jauh?
- Kalau CVT rusak apakah bisa ganti sabuk, pulley dan oli CVT saja ? atau harus ganti 1 gelondongan ?
- Berapa harganya CVT ?
- Apakah ada yg sdh pernah ganti CVT / turun transmissi CVT ?

kalau di honda beat saya udah pernah ganti CVT dan roller dan olinya. murah kok
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by anadzir »

anadzir wrote: Thu Dec 20, 2018 5:30 CVT memang didesain untuk kehalusan dan keiritan bahan bakar karena hampir tidak ada power loss tiap pergantian 'gear'nya. Untuk reliability mah perawatan aja kok, olinya jangan pakai ATF, pakai oli khusus CVT dan rutin ganti (jangan kuras) tiap 20rb km, atau kalau sudah hitam ya harus diganti, jangan percaya sama 'lifetime fluid' yg bisa 60rb km.

Untuk lemot itu relatif di mobil apa sepertinya. Ane sendiri ngalamin di Nissan Murano 3.5 thn 2005, di mode Drive smooth sekali seperti naik motor matic, ketika diganti ke mode Triptronic bisa wheelspin 0.5-1 detik (ini kayanya ban juga udah jelek).

CMIIW :mky_01:
maap ada typo..
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Tampanman »

Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

Tampanman wrote: Tue Jan 01, 2019 14:26 Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Harusnya seh mitos ya, daya angkut (on paper) calya sigra untuk penumpang dan barang sekitar 500kg, kalau 1 orang 70kg aja sudah termasuk besar. 70x7 aja baru 490kg. Masih ada spare 10kg untuk barang.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by josomba »

Tampanman wrote: Tue Jan 01, 2019 14:26 Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Itu kalau ga salah karena banyak ngeluh suspensi jadi amblas....terutama yg awal keluar...yg terbaru katanya (...katanya forum sebelah yg bersangkutan serta teman saya yang pake) sudah diganti jenis shock-nya sehingga ga amblas lagi kalau full load.
Image
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Tampanman »

josomba wrote: Wed Jan 02, 2019 2:47
Tampanman wrote: Tue Jan 01, 2019 14:26 Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Itu kalau ga salah karena banyak ngeluh suspensi jadi amblas....terutama yg awal keluar...yg terbaru katanya (...katanya forum sebelah yg bersangkutan serta teman saya yang pake) sudah diganti jenis shock-nya sehingga ga amblas lagi kalau full load.
Saya rasa biar amblas asal ga mentok juga ga apa apa ya om?
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by anadzir »

Sy masih pesimis dan review diluar juga simpang siur untuk hal berikut.
  • Menggunakan "performance air filter" sebenernya berpengaruh ke performa atau tidak? Dengan acuan mobil yg digunakan masih standar. (Based on dyno test ya, bukan feeling-feelingan)
  • Penggantian exhaust system (bagian reson n muffler) di mobil standar apakah akan meningkatkan performa? Atau hanya modifikasi suara semata?
  • Penggunaan electronic stabilizer yang katanya bisa memperirit dan meningkatkan performa mobil.
  • Turbo ventilator, ini sih banyak yang udah bilang ga ngaruh, tapi pengen tau disini opininya gimana. Secara alat ini sangat umum di jual dengan harga yang bisa dibilang ga murah.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by y_anjasrana »

Pugman wrote:
Tampanman wrote: Tue Jan 01, 2019 14:26 Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Harusnya seh mitos ya, daya angkut (on paper) calya sigra untuk penumpang dan barang sekitar 500kg, kalau 1 orang 70kg aja sudah termasuk besar. 70x7 aja baru 490kg. Masih ada spare 10kg untuk barang.
kecuali diisi mod frd. baru 1 org udah berasa penuh...... :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Tampanman »

Mitos atau fakta?, stiker adpower yang di tempel di box saringan udara bisa bikin performace makin joss dan bensin lebih irit
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman »

y_anjasrana wrote: Mon Jan 14, 2019 5:41
Pugman wrote:
Tampanman wrote: Tue Jan 01, 2019 14:26 Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Harusnya seh mitos ya, daya angkut (on paper) calya sigra untuk penumpang dan barang sekitar 500kg, kalau 1 orang 70kg aja sudah termasuk besar. 70x7 aja baru 490kg. Masih ada spare 10kg untuk barang.
kecuali diisi mod frd. baru 1 org udah berasa penuh...... :ngacir:
:big_biglaugh: :mky_03:
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Ivano »

Tampanman wrote:Mitos atau fakta?, stiker adpower yang di tempel di box saringan udara bisa bikin performace makin joss dan bensin lebih irit
Fakta om, tapi tempelnya harus pas dimana badan terasa capek.

Eh...
Itu koyo yah...
[emoji5][emoji5][emoji5]
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Penikmat_Kopi »

Mitos atau fakta yang 80 juta itu lebih legit dari yang 2 juta?
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by supriyadi »

Penikmat_Kopi wrote: Tue Jan 15, 2019 15:19 Mitos atau fakta yang 80 juta itu lebih legit dari yang 2 juta?
Belum pernah nyoba sih Om :mky_01: :mky_01:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by jivos »

supriyadi wrote: Tue Jan 15, 2019 17:09
Penikmat_Kopi wrote: Tue Jan 15, 2019 15:19 Mitos atau fakta yang 80 juta itu lebih legit dari yang 2 juta?
Belum pernah nyoba sih Om :mky_01: :mky_01:
ungg. :ungg: ....sendirian aja um klo mw nyoba? ngga ngajak" ? ada y um di jambi rate segitu :ngacir:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by supriyadi »

jivos wrote: Tue Jan 15, 2019 17:26
supriyadi wrote: Tue Jan 15, 2019 17:09
Penikmat_Kopi wrote: Tue Jan 15, 2019 15:19 Mitos atau fakta yang 80 juta itu lebih legit dari yang 2 juta?
Belum pernah nyoba sih Om :mky_01: :mky_01:
ungg. :ungg: ....sendirian aja um klo mw nyoba? ngga ngajak" ? ada y um di jambi rate segitu :ngacir:
Nggak berani nyoba Om, secara kagak punya modal & kagak punya nyali juga. :mky_01: Kagak tau juga Om berapa pasaran harganya :big_bored:
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by newcity_vtec »

Mitos atau fakta, kalau mesin sudah berumur harus pakai yg lebih kental, misal dr pabrikan menurut buku manual 5-30, karena sdh berumur harus pakai 10 atau 15.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by maastricht889 »

newcity_vtec wrote: Wed Jan 16, 2019 5:20 Mitos atau fakta, kalau mesin sudah berumur harus pakai yg lebih kental, misal dr pabrikan menurut buku manual 5-30, karena sdh berumur harus pakai 10 atau 15.
Mitos om, saya pake mobil umur 12th dr baru pake 5w-30 sampe hr ini ndak ada masalah. Tokcer terus. Tapi sy butuh penjelasan detail juga ini, penasaran
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by IGedeAmat »

jivos wrote: Tue Jan 15, 2019 17:26
supriyadi wrote: Tue Jan 15, 2019 17:09
Penikmat_Kopi wrote: Tue Jan 15, 2019 15:19 Mitos atau fakta yang 80 juta itu lebih legit dari yang 2 juta?
Belum pernah nyoba sih Om :mky_01: :mky_01:
ungg. :ungg: ....sendirian aja um klo mw nyoba? ngga ngajak" ? ada y um di jambi rate segitu :ngacir:
Mitos apa fakta, katanya kalo pake Go Pay ada harga promo.. ?
eh.. lagi ngomongin apa seh.. ?
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by supriyadi »

IGedeAmat wrote: Wed Jan 16, 2019 7:55
jivos wrote: Tue Jan 15, 2019 17:26
supriyadi wrote: Tue Jan 15, 2019 17:09

Belum pernah nyoba sih Om :mky_01: :mky_01:
ungg. :ungg: ....sendirian aja um klo mw nyoba? ngga ngajak" ? ada y um di jambi rate segitu :ngacir:
Mitos apa fakta, katanya kalo pake Go Pay ada harga promo.. ?
eh.. lagi ngomongin apa seh.. ?
Ngomongin yang 80 juta tuh Om....
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by coklatMetalik »

supriyadi wrote: Wed Jan 16, 2019 9:01
IGedeAmat wrote: Wed Jan 16, 2019 7:55
jivos wrote: Tue Jan 15, 2019 17:26

ungg. :ungg: ....sendirian aja um klo mw nyoba? ngga ngajak" ? ada y um di jambi rate segitu :ngacir:
Mitos apa fakta, katanya kalo pake Go Pay ada harga promo.. ?
eh.. lagi ngomongin apa seh.. ?
Ngomongin yang 80 juta tuh Om....
Klo 80 jt dibayar pk gopay diskon brp tuh?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by rajapb »

mitos atau fakta, setir EPS pasti feedback nya selalu lebih jelek daripada setir hydraulic?
User avatar
iroedii5
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Wed Jun 01, 2016 5:57
Location: Tangerang

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by iroedii5 »

rajapb wrote:mitos atau fakta, setir EPS pasti feedback nya selalu lebih jelek daripada setir hydraulic?
Nambahin pertanyaan mitos atau fakta:
Setir EPS lbh cpt rusak drpd setir Hydraulic?
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Tampanman »

Ivano wrote: Tue Jan 15, 2019 13:46
Tampanman wrote:Mitos atau fakta?, stiker adpower yang di tempel di box saringan udara bisa bikin performace makin joss dan bensin lebih irit
Fakta om, tapi tempelnya harus pas dimana badan terasa capek.

Eh...
Itu koyo yah...
[emoji5][emoji5][emoji5]
Serius om dah pernah coba blom?