Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

billi wrote:
Turboman wrote: Fri Jan 11, 2019 7:40
r1409 wrote:mau tanya nih, untuk oli MT panther kan pake oli mesin SAE buntut 30/40, interval gantinya berapa lamakah? rekomendasi bengkel sih 10rb km, tapi logikanya kan oli mesin harusnya dipake di transmisi harusnya tahan lama karena ga kena panas langsung dari mesin.
kapan hari ane ganti olinya sendiri di 10rb km, pindah gigi masih enak dan kondisi oli masih bagus, pake meditran SX.

lalu untuk oli gardan, yg bener di berapa km sih? rekomendasi bengkel 10rb km, tapi di artikel2 di web bilangnya sekitar 15-20rb km.
Trans Panther kasih aja Honda MTF - belii di BeRes Honda

Oli Trans manual mah pake sampe gak enak aja.....akakakka
Innova reborn diesel MT nya gak enak terus pak.
Gak tahan juga setiap 5000 ganti minyak manual.
Pilihan terakhir nampak nya redline mtl.
Hahahaha.
kalo mau pake Redline yg MT90

Btw udah coba Wuling MTF or TGO LV75W ?
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by dimasapri »

Akhir2 ini saya makin sering lihat perilaku mencampur MTF 80W90 atau 75W90 GL4 dgn ATF untuk mendapatkan MTF GL4 yg lebih encer.
Apakah praktek seperti ini dibenarkan?
Apa2 saja pros & cons nya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

dimasapri wrote:Akhir2 ini saya makin sering lihat perilaku mencampur MTF 80W90 atau 75W90 GL4 dgn ATF untuk mendapatkan MTF GL4 yg lebih encer.
Apakah praktek seperti ini dibenarkan?
Apa2 saja pros & cons nya?
MTF 70W80 kan tinggal beli aja Redline MTL

atau beli oli OEM 75W85 GL-4 kan juga ada
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

Report kuras+buka oil pan ATF Ertiga di beres pake ATF Q8 Unitrans JK (comply to AW-1) sebulan lalu, metode manual (gerlong). Kuras ATF pertama kali, odo hampir 60rb. Ganti di pan baru sekali.
IMG20181211152227.jpg
- Volum oli di buku panduan
IMG20181212171433.jpg
- Waktu oil pan dibuka+cek kondisi oli ATF nya+setelah dibersihin
pann.jpg
IMG20181211145116.jpg
- Kondisi strainer
IMG20181211144126.jpg
- Paking oil pan ternyata modelnya ndak di sealer, jadi cuma dipas sama lubang baut langsung kencengin

- Isi ATF baru. Ndak liat manual book, habis nya persis 5 botol (sesuai)
IMG20181211152930.jpg
- ATF lama abis dikeluarin
IMG20181211152457.jpg
Habis kuras tarikan jauh banget, biasa nanjak harus D2 biar torsinya dapet, ini gas daleman dikit udah torsinya oke. Takeover di jalan lurus juga bejek dikit langsung lari. Dengung juga minim. Overall puass sama oli ATF ini :big_okay:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
lkybstrd
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri May 05, 2017 16:37

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by lkybstrd »

om, di beres mana nih yang bisa metode gerlong? ertiga saya kebetulan udah 60rb nih. rencana mau kuras juga.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

dimasapri wrote: Sat Jan 12, 2019 8:34 Akhir2 ini saya makin sering lihat perilaku mencampur MTF 80W90 atau 75W90 GL4 dgn ATF untuk mendapatkan MTF GL4 yg lebih encer.
Apakah praktek seperti ini dibenarkan?
Apa2 saja pros & cons nya?

buat transmisi manual? imo, kalo saya langsung pake ATF aja biar nggak ribed ngoplos.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by indeskey »

beres Honda kalau kita minta kuras cvt nya di buka pan-nya atau gimana ya? kemaren temen kuras jazz 2012 di beres habis 7 liter (alias 2 botol) tpi dia nggak tanya gimana metode kuras nya.

makasih yg mau share pengalamannya.
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by dieselman228 »

erwinign wrote: Fri Jan 11, 2019 16:06
dieselman228 wrote: Fri Jan 11, 2019 15:11 ada yang udah ngecek atau beli oli MTF Wling 75w90 sinopec?

harganya kog naik banget yak? terakhir awal tahun 2018 masih 60rban per botol 1.5L..

2 hari yang lalu baru beli di beres Wling Cikarang harganya 120an per botol 1.5L :mky_01:
Hah kok sampe segitu om naik nya? Kemarin saya beli per botol masih 70rb an
boleh tau beli kapan om? saya belom ngecek di beres wling lain sih
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

dieselman228 wrote: Mon Jan 14, 2019 3:14
erwinign wrote: Fri Jan 11, 2019 16:06
dieselman228 wrote: Fri Jan 11, 2019 15:11 ada yang udah ngecek atau beli oli MTF Wling 75w90 sinopec?

harganya kog naik banget yak? terakhir awal tahun 2018 masih 60rban per botol 1.5L..

2 hari yang lalu baru beli di beres Wling Cikarang harganya 120an per botol 1.5L :mky_01:
Hah kok sampe segitu om naik nya? Kemarin saya beli per botol masih 70rb an
boleh tau beli kapan om? saya belom ngecek di beres wling lain sih
Baru beli minggu lalu oom saya. Sinopec 70rb/1,5lt (buat confero) sama yg wuling mtf total (buat cortez) 80rb/1lt belum ppn
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by dieselman228 »

erwinign wrote:
dieselman228 wrote: Mon Jan 14, 2019 3:14
erwinign wrote: Fri Jan 11, 2019 16:06 Hah kok sampe segitu om naik nya? Kemarin saya beli per botol masih 70rb an
boleh tau beli kapan om? saya belom ngecek di beres wling lain sih
Baru beli minggu lalu oom saya. Sinopec 70rb/1,5lt (buat confero) sama yg wuling mtf total (buat cortez) 80rb/1lt belum ppn
Wah ga bener berarti dong nih ya, oke deh tks infonya om
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

lkybstrd wrote: Sun Jan 13, 2019 17:32 om, di beres mana nih yang bisa metode gerlong? ertiga saya kebetulan udah 60rb nih. rencana mau kuras juga.
Di suzuki bandung om saya
lkybstrd
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri May 05, 2017 16:37

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by lkybstrd »

erwinign wrote: Mon Jan 14, 2019 4:30 Di suzuki bandung om saya
wah kebetulan saya juga di bandung Om.
boleh dong dibisikin kontak atau lokasi bengkelnya.

thanks
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

lkybstrd wrote: Mon Jan 14, 2019 10:24
erwinign wrote: Mon Jan 14, 2019 4:30 Di suzuki bandung om saya
wah kebetulan saya juga di bandung Om.
boleh dong dibisikin kontak atau lokasi bengkelnya.

thanks
Saya biasanya ke NJS setiabudhi om, boleh bawa oli sendiri juga hehehe
lkybstrd
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri May 05, 2017 16:37

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by lkybstrd »

erwinign wrote: Mon Jan 14, 2019 10:36 Saya biasanya ke NJS setiabudhi om, boleh bawa oli sendiri juga hehehe
saya service terakhir (50rb) ke NJS A.Yani. Bisa dicoba nih ke NJS Setiabudi, soalnya sekarang udah 60rb dan rencana mau kuras matic.
bilang aja ke SA nya mau kuras metode gerlong gitu om? atau kita tuntun langkah2nya?

thanks
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

lkybstrd wrote: Tue Jan 15, 2019 7:29
erwinign wrote: Mon Jan 14, 2019 10:36 Saya biasanya ke NJS setiabudhi om, boleh bawa oli sendiri juga hehehe
saya service terakhir (50rb) ke NJS A.Yani. Bisa dicoba nih ke NJS Setiabudi, soalnya sekarang udah 60rb dan rencana mau kuras matic.
bilang aja ke SA nya mau kuras metode gerlong gitu om? atau kita tuntun langkah2nya?

thanks
Kuras metode manual om, kalo kemarin sih kebetulan saya sekalian minta buka oil pan biar dibersihin jadi ngisi oli matic baru nya cara manual sekalian. Sempet ditawarin sekalian body valve nya dibersihin tapi saya enggak setuju karena risiko juga
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by adityabp »

Kalo ATF alternatif utk Serena C24 apa aja ya om?
Thx.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

adityabp wrote:Kalo ATF alternatif utk Serena C24 apa aja ya om?
Thx.
kalo Nissan ATF D bisa pake Aisin AFW+

Tapi kalo matic gear 4 - 5 AT sih kasih AFW+ sih oke
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Sat Jan 12, 2019 9:00
dimasapri wrote:Akhir2 ini saya makin sering lihat perilaku mencampur MTF 80W90 atau 75W90 GL4 dgn ATF untuk mendapatkan MTF GL4 yg lebih encer.
Apakah praktek seperti ini dibenarkan?
Apa2 saja pros & cons nya?
MTF 70W80 kan tinggal beli aja Redline MTL

atau beli oli OEM 75W85 GL-4 kan juga ada
Point saya bukan itu sih Om.
Cuma open discussion mengenai praktek oplos GL4 + ATF apakah dibenarkan?
Apakah bisa tercampur sempurna?
Efek positif & negatifnya apa?

Kalau saya sih selama ini ttp pakai GL4 tok
Last edited by dimasapri on Fri Feb 01, 2019 21:30, edited 1 time in total.
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by dimasapri »

marmut wrote: Mon Jan 14, 2019 1:19
dimasapri wrote: Sat Jan 12, 2019 8:34 Akhir2 ini saya makin sering lihat perilaku mencampur MTF 80W90 atau 75W90 GL4 dgn ATF untuk mendapatkan MTF GL4 yg lebih encer.
Apakah praktek seperti ini dibenarkan?
Apa2 saja pros & cons nya?

buat transmisi manual? imo, kalo saya langsung pake ATF aja biar nggak ribed ngoplos.
Nah ini gak kalah menarik.
Amankah memakai ATF untuk manual transmission?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

sebenernya kl gearbox manual nya ga ad pake logam kuningan, dan kekentalan oli nya masuk, pake ATF gpp koq, toh utk matic2 konvensional jg fungsi ATF nya slaen utk hidrolik selenoid dan TC, skalian lumasi gear2 ampe differensial nya jg.. sifat2 oli MTF ad jg di ATF macam anti foam, low friction, dsb dsb..

kcuali utk beberapa gearbox manual atau matic buatan eropa sana macam golf atau renault jadul, differensial ama gearbox matic nya di pisah walaupun FWD, makanya oli atf ama differensial dibedain..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

dimasapri wrote: Fri Feb 01, 2019 21:30

Nah ini gak kalah menarik.
Amankah memakai ATF untuk manual transmission?

pertama kali saya nyoba di girboks kijang pick up taun 96an silam, shifting lebih enak dan cepet.
di manual book bmw e36 dan volvo, girboks manualnya minta diisi ATF. gatau mobil jepang mana yang trans. manualnya minta ATF.

20190106_144600-1.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
billi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by billi »

Pak, apakah ada pengalaman menggunakan oli transmisi manual spirax s3 g 80w ??

Apakah rating / mutu mtf ini cukup baik?
User avatar
vvti16valve
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Tue Jan 28, 2014 5:59

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by vvti16valve »

spek di buku manual 75W-85 GL4 apakah bisa menggunakan 85W-85 GL4 ?
mohon arahannya om, rencana mau ganti oli MTF dah waktunya.
Thanks
:big_think:
User avatar
Greggat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sat Jan 20, 2018 11:46
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Nissan_c24

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Greggat »

Turboman wrote: Thu Jan 31, 2019 4:19
adityabp wrote:Kalo ATF alternatif utk Serena C24 apa aja ya om?
Thx.
kalo Nissan ATF D bisa pake Aisin AFW+

Tapi kalo matic gear 4 - 5 AT sih kasih AFW+ sih oke
Ikutan nanya lagi dong buat c24,...
Di bengkel langganan, adanya merk shell, prestone dan kendall. Boleh diinfo type yg cocok utk masing-masing merk tsb, secara harga juga mirip-mirip
billi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by billi »

vvti16valve wrote: Mon Feb 04, 2019 11:28 spek di buku manual 75W-85 GL4 apakah bisa menggunakan 85W-85 GL4 ?
mohon arahannya om, rencana mau ganti oli MTF dah waktunya.
Thanks
Gak coba di angka bawah 75 aja pak?
Ada tmo lv75.
Atau yg mendekati ada suzuki gl4 75w80 (kalau gak salah).