Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

bsetiawan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: 01 Aug 2016, 22:44

Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by bsetiawan » 11 Jan 2019, 10:20

Barusan ini saya servis evap AC di beres Denso dan disarankan untuk mengganti oli kompresor AC. Penjelasannya: oli kompresor AC perlu diganti tiap 20rb KM atau 1th (yg mana tercapai lbh dulu) krena seiring berjalannya waktu, oli kompresor tsb akan kehilangan daya pelumasnya dan berubah menjadi zat asam yg akan menyebabkan kerusakan dan panas pada kompresor.

Sebelum ini saya tidak pernah mengganti oli kompresor AC mobil dan untungnya tdk pernah mengalami masalah sampai mobil tsb dijual kembali. Apakah teman2 dan suhu2 di sini jg mengganti oli kompresor ACnya?

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3222
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Singaraja-Surabaya-Bekasi-Adelaide
Contact:

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by NYoman » 11 Jan 2019, 10:30

oli kompressor ac perlu diganti tp saya lupa berkalanya berapa.. yang jelas kalau sering ditempat berdebu wajib sering cek..
Oli nya sendiri silicon based oil, saya dulu sempat ganti oli di 40k di densonya.. yang jelas penggantian oli berkala juga perlu namun tidak sesering mengganti oli mesin.. dan memang setelah ganti suaranya jadi lebih halus dan lebih enteng di mesin juga..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)

private0809
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: 29 Jan 2015, 12:48

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by private0809 » 11 Jan 2019, 10:42

sama nih,bingung juga tiap berapa km atau tahun ganti oli kompresor AC...secara gerobak di rumah setahun jalan kira2 ngga lebih dari 6000km bahkan kurang (dari lebaran ketemu lebaran lagi)..

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 851
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by adityabp » 11 Jan 2019, 10:47

Masalahnya apakah ada jaminan AC tetap dingin kalo cuma ganti oli kompresor doank (plus isi ulang refrigerant) ?
:big_bored:

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 963
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by lemonadelovers » 11 Jan 2019, 10:50

Dirumah ortu ada kijang lgx 2001 odo 110 ribu, gak pernah diapa2in sejak beli dan baik2 saja,

Kadang sering dibongkar pasang malah bikin problem

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2419
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2016 Toyota Sienta V MT

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by Jambangan » 11 Jan 2019, 10:56

lemonadelovers wrote:
11 Jan 2019, 10:50
Dirumah ortu ada kijang lgx 2001 odo 110 ribu, gak pernah diapa2in sejak beli dan baik2 saja,

Kadang sering dibongkar pasang malah bikin problem
Pernah punya mobil 5 tahun ga pernah servis AC
Tetep dingin n ga pernah ada masalah
Tahun ke 5 coba servis total AC sampe bongkar2 dasbor ganti filter dryer,bersihin evaporator,isi freon dll
Eh pas selesai ada baut2 dasbor yg ga dipasang lagi. Ditaruh gitu aja di handel pintu sama di laci pintu
Sejak itu ga mau lagi servis AC. Emang AC makin dingin tapi kerjanya ga rapi jadi males
Padahal di bengkel denso lho itu

octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1439
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by octafiantos » 11 Jan 2019, 11:56

Kalo bengkel AC langganan saranin maintenance AC setiap 1 tahun, termasuk ganti oli kompresor.
Setahun penuh mobil kalo sering dipakai memang pas cuci kondensor sangat kotor dan oli kompresor udah berubah warna dan kadang volumenya juga berkurang. Indikasi bocor yang halus banget biasanya ngga kentara, hanya keliatan debu item halus nempel di bodi kompresor. Menurut bengkel itu indikasi oli kompresor keluar bisa jadi dari retak seal. Mungkin kalo mobil brand new relatif aman dari oli kurang, tapi kalo kotornya tetep berlaku cmiauw.
Kavling kosong, bisa dikridit.

W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: 25 Jan 2017, 21:22

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by W42d » 11 Jan 2019, 12:29

Ada rekomendasi om bengkel buat bersih2 AC di daerah bogor? Saya rada males kl abis bongkar2 malah ada rattle di dashboard.
Tapi dari beli uda 4 tahun n ampir 50rb blm pernah diapa2in tu AC. Mmg uda krg dingin rasanya.

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2237
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by martinnn » 11 Jan 2019, 12:49

kalo urusan sama ac takut dikibulin.... dari yang awalnya mau cuci doank malah ditambah freon lah , ini lah itu lah... kyk ac rumah ada aja yang "harus" kata sang tukang
Devikom.co.id ( Full service Branding Agency )
Interior Contractor
Property Broker
Sangjit Box Rental and Event Decorator
Allianz Insurance Agent
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145

patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 434
Joined: 26 Aug 2013, 12:50

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by patrickstar » 11 Jan 2019, 13:38

menurut saya ngga perlu ganti selama ngga ada masalah. cukup jaga kebersihan evap & kondensor alias cuci.
Santai dijalan, nikmati hidup.

User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 573
Joined: 26 Apr 2009, 23:30
Daily Vehicle: ojol-KRL

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by omenRoo » 11 Jan 2019, 13:50

baru sabtu lalu ganti oli kompressor dan kuras freon. hasilnya belum kerasa betul karena belum jalan jauh dan panas2an. tapi kalo dari alat temperatur yang dia punya, memang acnya dari 5^C jadi hampir 0^C setelah ganti oli dan freon

nanya mekaniknya bisa gak cuci evap, mekanik bilang harus bongkar dashboard.... langsung males deh. abis dibongkar biasanya malah timbul penyakit lain.

thestoneroses
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: 22 Jan 2015, 18:45
Location: +62 / +65

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by thestoneroses » 11 Jan 2019, 14:01

W42d wrote:
11 Jan 2019, 12:29
Ada rekomendasi om bengkel buat bersih2 AC di daerah bogor? Saya rada males kl abis bongkar2 malah ada rattle di dashboard.
Tapi dari beli uda 4 tahun n ampir 50rb blm pernah diapa2in tu AC. Mmg uda krg dingin rasanya.
daerah selatan jakarta mau ngga om?
Saya beresin mercy tua (3) di situ, volvo tua di situ, kerjanya rapih dan bergaransi. deket pintu tol
Ron Asheton Forever

exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: 30 Apr 2016, 16:04

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by exflowly » 11 Jan 2019, 14:18

bsetiawan wrote:
11 Jan 2019, 10:20
Barusan ini saya servis evap AC di beres Denso dan disarankan untuk mengganti oli kompresor AC. Penjelasannya: oli kompresor AC perlu diganti tiap 20rb KM atau 1th (yg mana tercapai lbh dulu) krena seiring berjalannya waktu, oli kompresor tsb akan kehilangan daya pelumasnya dan berubah menjadi zat asam yg akan menyebabkan kerusakan dan panas pada kompresor.
Betul si, itu pake PAG oil, oli synthetis khusus AC. Masukinnya juga gak banyak kok, dan biasanya kalo tempat yang bagus sudah dikasih PAGnya juga. Idemitsu jual kalo gak salah inget, bengkel AC pasti punya... dia kayak tabung kecil gitu.

Tapi saya yakin buaaanggeettt bukan tiap 20rb km. 100rb ok dah, 50ribu pun terlalu awal buat saya.... asallll.... kondisi kompresor dan teman-temannya baik dan gak ada kebocoran ya. Kalo ada bocor mah tergantung bocornya seberapa. Kalo bocornya banyak ya baru sehari isi lgsg panas lagi hehehehe...
thestoneroses wrote:
11 Jan 2019, 14:01
daerah selatan jakarta mau ngga om?
Saya beresin mercy tua (3) di situ, volvo tua di situ, kerjanya rapih dan bergaransi. deket pintu tol
Eh boleh donk ni... minta kontaknya ya. Kalau perlu di PM silakan juga.

User avatar
levofloxacine
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: 25 Jan 2017, 08:30

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by levofloxacine » 11 Jan 2019, 15:22

ganti oli kompressor tiap 20rb km? ongkos sekali ganti berapa? kira2 seperberapa dari harga satu biji kompressor baru? kalo kompressor baru umur rata2nya 5 taon rusak kalo ga diservice sama sekali, apakah worthed?? :big_think:

W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: 25 Jan 2017, 21:22

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by W42d » 11 Jan 2019, 15:52

thestoneroses wrote:
11 Jan 2019, 14:01
W42d wrote:
11 Jan 2019, 12:29
Ada rekomendasi om bengkel buat bersih2 AC di daerah bogor? Saya rada males kl abis bongkar2 malah ada rattle di dashboard.
Tapi dari beli uda 4 tahun n ampir 50rb blm pernah diapa2in tu AC. Mmg uda krg dingin rasanya.
daerah selatan jakarta mau ngga om?
Saya beresin mercy tua (3) di situ, volvo tua di situ, kerjanya rapih dan bergaransi. deket pintu tol
Boleh om bagi2 infonya. Tapi mobil jepang juga pegang kan om? Maklum mobil ane cuma honda LCGC.

Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: 22 Apr 2015, 08:54

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by Kaptenslow » 11 Jan 2019, 16:32

levofloxacine wrote:
11 Jan 2019, 15:22
ganti oli kompressor tiap 20rb km? ongkos sekali ganti berapa? kira2 seperberapa dari harga satu biji kompressor baru? kalo kompressor baru umur rata2nya 5 taon rusak kalo ga diservice sama sekali, apakah worthed?? :big_think:
Setau saya kalo kompresor lumayan mahal om. Kalo di beres sudah pasti mahal. Kalo di bengkel biasa mahal tp gak semahal beres. Kemarin pas di bengkel ac ada yg lg ngecek, kompresornya kena, katanya dicek harga sekitar 5jt. (Buat gambaran aja)
:mky_08:

sukerdan02
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: 20 Jul 2017, 11:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by sukerdan02 » 11 Jan 2019, 16:39

Kaptenslow wrote:
11 Jan 2019, 16:32
levofloxacine wrote:
11 Jan 2019, 15:22
ganti oli kompressor tiap 20rb km? ongkos sekali ganti berapa? kira2 seperberapa dari harga satu biji kompressor baru? kalo kompressor baru umur rata2nya 5 taon rusak kalo ga diservice sama sekali, apakah worthed?? :big_think:
Setau saya kalo kompresor lumayan mahal om. Kalo di beres sudah pasti mahal. Kalo di bengkel biasa mahal tp gak semahal beres. Kemarin pas di bengkel ac ada yg lg ngecek, kompresornya kena, katanya dicek harga sekitar 5jt. (Buat gambaran aja)
Trooper saya dari tahun 90 belom pernah ganti kompresor.. Ganti oli kompresor pernah 2 atau 3 kali, sekalian dengan kuras freon.. Evaporator dalem juga pernah ganti 1x gara2 telat bersihkan, dan pas dibersihkan jadi kelihatan ada keroposnya besar

wirasuba
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 04 Jan 2019, 00:51
Location: east java
Daily Vehicle: isuzu

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by wirasuba » 11 Jan 2019, 16:58

Ya,perlu diganti,betul itu kata teknisinya.

thestoneroses
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: 22 Jan 2015, 18:45
Location: +62 / +65

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by thestoneroses » 12 Jan 2019, 01:06

pm sent ya, semoga membantu rekan2
Ron Asheton Forever

danisnug
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 25 Apr 2016, 22:09

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by danisnug » 12 Jan 2019, 01:59

Yg saya tahu kalo di ac mobil oli komp nya ikut muter bareng freon, otomatis ngisinya pun lewat servis port freon. Menurut saya ga perlu sering2 diganti, yg ada malah ganggu jalur freon. Idealnya kalo udah buka2 servis port, sistem hrs divakum lagi, jd recharge sekalian freon nya. Kalo harus ganti setahun/20rb km rasanya terlalu cepet krn fungsi olinya sendiri hanya utk melumasi, ga kayak oli mesin yg hrs menyerap kalor juga. Cmiiw.

User avatar
pendoli
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 420
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by pendoli » 12 Jan 2019, 04:27

thestoneroses wrote:
11 Jan 2019, 14:01

daerah selatan jakarta mau ngga om?
Saya beresin mercy tua (3) di situ, volvo tua di situ, kerjanya rapih dan bergaransi. deket pintu tol
Boleh minta kontaknya juga om? Kalau buat w204 bisa kan ya dia?

Makasi banyak ya om

ZEXELGRIFONE
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 480
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by ZEXELGRIFONE » 12 Jan 2019, 18:21

Kebetulan ada sedikit pengalaman minggu kemaren service AC Xenia karena keluhan AC tdk dingin saat berhenti/macet2an dan saat jalan pun kurg dingin. Yg nyervis kebetulan adek..
Cek ini-itu semua masih oke, ganti oli kompresor, tambah freon dikit, kena 350rb (lokasi Semarang) garansi 1 bulan.

AC jadi maknyeessss dinginnya :big_grin:

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5334
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by nugroho bagor » 13 Jan 2019, 20:37

ZEXELGRIFONE wrote:
12 Jan 2019, 18:21
Kebetulan ada sedikit pengalaman minggu kemaren service AC Xenia karena keluhan AC tdk dingin saat berhenti/macet2an dan saat jalan pun kurg dingin. Yg nyervis kebetulan adek..
Cek ini-itu semua masih oke, ganti oli kompresor, tambah freon dikit, kena 350rb (lokasi Semarang) garansi 1 bulan.

AC jadi maknyeessss dinginnya :big_grin:
Boleh tuh om,bagi alamat dong..... :ngacir: :upss:

User avatar
imsan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 05 Mar 2018, 16:21
Location: Pati
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by imsan » 13 Jan 2019, 20:47

nugroho bagor wrote:
ZEXELGRIFONE wrote:
12 Jan 2019, 18:21
Kebetulan ada sedikit pengalaman minggu kemaren service AC Xenia karena keluhan AC tdk dingin saat berhenti/macet2an dan saat jalan pun kurg dingin. Yg nyervis kebetulan adek..
Cek ini-itu semua masih oke, ganti oli kompresor, tambah freon dikit, kena 350rb (lokasi Semarang) garansi 1 bulan.

AC jadi maknyeessss dinginnya :big_grin:
Boleh tuh om,bagi alamat dong..... :ngacir: :upss:
Kayaknya boleh nih.
Numpang ngikut juga dong Image
Sopir Jarak Pendek.

ZEXELGRIFONE
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 480
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by ZEXELGRIFONE » 14 Jan 2019, 18:10

imsan wrote:
13 Jan 2019, 20:47
nugroho bagor wrote:
ZEXELGRIFONE wrote:
12 Jan 2019, 18:21
Kebetulan ada sedikit pengalaman minggu kemaren service AC Xenia karena keluhan AC tdk dingin saat berhenti/macet2an dan saat jalan pun kurg dingin. Yg nyervis kebetulan adek..
Cek ini-itu semua masih oke, ganti oli kompresor, tambah freon dikit, kena 350rb (lokasi Semarang) garansi 1 bulan.

AC jadi maknyeessss dinginnya :big_grin:
Boleh tuh om,bagi alamat dong..... :ngacir: :upss:
Kayaknya boleh nih.
Numpang ngikut juga dong Image
nugroho bagor wrote:
13 Jan 2019, 20:37
ZEXELGRIFONE wrote:
12 Jan 2019, 18:21
Kebetulan ada sedikit pengalaman minggu kemaren service AC Xenia karena keluhan AC tdk dingin saat berhenti/macet2an dan saat jalan pun kurg dingin. Yg nyervis kebetulan adek..
Cek ini-itu semua masih oke, ganti oli kompresor, tambah freon dikit, kena 350rb (lokasi Semarang) garansi 1 bulan.

AC jadi maknyeessss dinginnya :big_grin:
Boleh tuh om,bagi alamat dong..... :ngacir: :upss:
Lokasi di Semarang lho om.. :mky_01:
Dan ini maksudnya bukan adek ane yg tukang servisnya :mky_07:
Tapi adek ane cuma sekedar bawa tuh mobil buat diservis di bengkel AC mobil :mky_01:

Tapi klo mo nyoba ya silahkan..
Bengkel Agung AC Semarang
Alamat di Jl.Setiabudi No.106 Semarang (daerah srondol, semarang atas)
Klo ga salah patokannya deket hotel/rumah makan Serrata (Pondok Serrata).

Kesana pun sebenernya jg cuma berdasar referensi mbah gugel dengan review rata2 pada puas semua (bintang 4).

Dan ini sudah ada 2 mingguan sejak AC xenia diservis disana.. Kata adek saya, AC tetep maknyeesss. Semoga aja awet bertahan lama.. :mky_02:

Post Reply