Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: 15 Nov 2016, 12:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by adrevolution »

Kalau utk parkir, cara saya sih mirip lah dgn om2 di atas, cuma kadang lupa dah masuk P duluan belum di rem tangan. Karena rem biasanya saya gak lepas sampe mesin mati, jadi sebelum mobil bergerak sedikit langsung pasang rem tangan supaya yg nahan remnya bukan parking pawl nya...

Utk lemot yaaaa tiap mobil punya karakter maticnya sendiri sih, gak semua mobil matic lemot juga. In case disini pake xenia, ya memang itu mobil maticnya lama respon untuk kickdownnya. In case memang butuh tenaga cepet utk nyalip, geser persneling ke 3 atau 2 aja tergantung kecepatannya, ini untuk override kickdown yg kelamaan mikirnya, juga mirip2 dgn pindah gigi turun di transmisi manual. Yang penting jangan lupa balikin ke D kalau rpm udah ketinggian.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: 05 Jan 2016, 07:58
Location: Jakarta

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by paidjho »

Kalau parkir di tanjakan atau turunan tajam, ada yg stir di belokin ke arah dalam atau guardrail/tembok?

Atau hanya saya saja?
User avatar
imsan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 05 Mar 2018, 16:21
Location: Pati
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by imsan »

Wistuwis wrote:Kalau sy pake mobil jadul malah jarang sekali ke P. Posisi parkir di N :)
Kalau pake mobil satunya yg lebih kekinian, kalau gak ke P gak bisa dilock pintunya (klo udh keluar mobil). Sangat sering kelupaan masih di N dan harus masuk mobil lagi hanya untuk mem-P-kan.
Jadi enakan malah enakan matic jadul, gak ribet :) :)
Sama dgn Om ini saya, mobil matic tua, garasi datar.
Berhenti > pindah N > handbrake > lepas rem kaki > matikan mesin.

Tapi untuk parkir tanjakan, dan ke depannya saya akan praktekkan TIPS rekan-rekan yang lain, karena lebih aman.
Berhenti > pindah N > hand brake > lepas rem kaki > pindah P > matikan mesin.

Yang jadi pertanyaan, SA mobil saya dulu pernah ngajarin pindah gigi matik yang baik, sebaiknya nunggu "engange" dulu.
D > N (wait) > R atau sebaliknya.

Apakah ini berlaku juga untuk N ke P? Atau, pindah cepat N ke P, tidak masalah?
Lalu, kenapa setiap transmisi matic, engineers selalu naruhnya P nya setelah R? (cmiiw). Kenapa tidak ada P di sebelah N, misalnya?
Yang mengerti karakter mesin matik, atau pendapat nya, silakan.

Ini, malah ada beda pendapat, soal P saat "Driving" di jalan tanjakan.

>> Transmisi awet, bos bengkel transmisi.
https://otomotifnet.gridoto.com/read/02 ... e=all#!%2F

>> safety riding, instruktur Rifat Drive Labs
http://www.metrotvnews.com/amp/4baEqL2b ... obil-matic
Sopir Jarak Pendek.
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: 06 Mar 2017, 17:39
Daily Vehicle: terios

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by Wistuwis »

imsan wrote: 22 Aug 2018, 09:52
Wistuwis wrote:Kalau sy pake mobil jadul malah jarang sekali ke P. Posisi parkir di N :)
Kalau pake mobil satunya yg lebih kekinian, kalau gak ke P gak bisa dilock pintunya (klo udh keluar mobil). Sangat sering kelupaan masih di N dan harus masuk mobil lagi hanya untuk mem-P-kan.
Jadi enakan malah enakan matic jadul, gak ribet :) :)
Sama dgn Om ini saya, mobil matic tua, garasi datar.
Berhenti > pindah N > handbrake > lepas rem kaki > matikan mesin.

Tapi untuk parkir tanjakan, dan ke depannya saya akan praktekkan TIPS rekan-rekan yang lain, karena lebih aman.
Berhenti > pindah N > hand brake > lepas rem kaki > pindah P > matikan mesin.

Yang jadi pertanyaan, SA mobil saya dulu pernah ngajarin pindah gigi matik yang baik, sebaiknya nunggu "engange" dulu.
D > N (wait) > R atau sebaliknya.

Apakah ini berlaku juga untuk N ke P? Atau, pindah cepat N ke P, tidak masalah?
Lalu, kenapa setiap transmisi matic, engineers selalu naruhnya P nya setelah R? (cmiiw). Kenapa tidak ada P di sebelah N, misalnya?
Yang mengerti karakter mesin matik, atau pendapat nya, silakan.

Ini, malah ada beda pendapat, soal P saat "Driving" di jalan tanjakan.

>> Transmisi awet, bos bengkel transmisi.
https://otomotifnet.gridoto.com/read/02 ... e=all#!%2F

>> safety riding, instruktur Rifat Drive Labs
http://www.metrotvnews.com/amp/4baEqL2b ... obil-matic
Itu pertanyaan yg sama om. Rasanya aneh dari posisi berhenti mau jalan maju harus lewat tuas mundur dulu :)
User avatar
satria120s
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: 04 Oct 2013, 11:17

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by satria120s »

Leonhart wrote: 22 Aug 2018, 02:28
satria120s wrote: 22 Aug 2018, 00:40 Tata cara parkir sudah..

Trus klo pas lampu merah nanggung (dibawah 1 menit) baiknya ttp di D sambil tahan rem, atau di N kan?

Mohon penjelasannya om - om skalian,
bebas om
bagusnya di Netralin aja biar incase klo kelepas rem gak sengaja gak nyundul mbl depan...

ane sll netralin tiap lampu merah dan pake rem tangan...
klo dibawah 10 detik ane tahan aja
Noted om.. saya sih biasanya jg netralin.. cm pernah baca lupa dimana, katanya malah mending ditahan di D aja..
joechristable
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 02 Sep 2017, 13:31
Location: indonesia
Daily Vehicle: honda

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by joechristable »

kalau saya sih...dibawah 10 detik saya tahan..tp semisal agak lama berhentinya..mending saya Netralin saja
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by saturday »

imsan wrote: 22 Aug 2018, 09:52 Lalu, kenapa setiap transmisi matic, engineers selalu naruhnya P nya setelah R? (cmiiw). Kenapa tidak ada P di sebelah N, misalnya?
Demi alasan keamanan. Tahun 50an transmisi otomatis Chevrolet dengan nama PowerGlide memiliki safety issue karena mereka punya layout itu PNDLR. Jaman itu PowerGlide cuman 2-speed automatic, dan mobil-mobil yang tenaganya pas-pasan kalau mau nanjak lebih aman dan pede kalau pindah ke L biar pasti ada di gigi 1. Kalau usernya kekencengan tarik tuasnya kebelakang eh malah masuk ke R dan bisa hancur tu transmisi tengah jalan.

Begitu juga kalau ditaruhnya PNRDL. Dari D mau netral harus ngelewatin R dulu. Kalau pengendaranya enggak ngerem, nanti malah mundur. Atau kalau dari L mau naik ke D dan kekencengan dorong ke atas, malah masuk R dan potensi celaka dan hancurnya transmisi tetap ada.

Kalau RPNDL sama aja mau mundur malah lewatin P dulu. Enggak efisien. Jadi PRNDL sudah terbaik.
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: 12 Jun 2009, 14:47

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by hehe001 »

Ijin OOT. Saya kemarin pakai xenia 2016 yg R matic dan nyoba cruising dari Singaraja ke Bedugul lewat Goblet. Jalan cukup berliku dan terjal serta banyak jalan naik turun 45 derajat (CMIIW kalo ada SMers yg dari Bali), aspal hotmix cukup satu mobil saja. Cukup nyaman dan challenging. Jadi saya sedang membiasakan pakai transmisi matic.
Nah, pakai xenia ini saya cukup kesulitan saat ketemu tanjakan yg cukup curam apalagi pas setelah nikung patah lalu naik terjal, serasa mobil kurang power, beda dengan manual senggol down gear lgs dapat power. Di matic saya selalu pakai D lalu kondisi nanjak ke D3 kalo kurang power ke D2 dan kalo masih kurang ke L.
Akhirnya seya sering ke L karena ini mobil kaya ngga kuat nanjak. Kami saat itu berempat saja 2 dewasa dan 2 anak SD. Gimana kalo 7 dewasa yah? Betapa beratnya cruising di jalanan spt ini.
Mohon share dan petunjuk nya saat mengendarai matic di situasi spt ini, apakah jika mobil yg dipakai itu SUV matic semacam t32, crv 2.0 gen 2, atau mpv innova dono bakal lbh mudah?

Copas dr web kabarhandayani sebagai gambaran
Image

Last edited by hehe001 on 28 Dec 2018, 17:30, edited 1 time in total.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by ginting »

hehe001 wrote:Ijin OOT. Saya kemarin pakai xenia 2016 yg R matic dan nyoba cruising dari Singaraja ke Bedugul lewat Goblet. Jalan cukup berliku dan terjal serta banyak jalan naik turun 45 derajat (CMIIW kalo ada SMers yg dari Bali), aspal hotmix cukup satu mobil saja. Cukup nyaman dan challenging. Jadi saya sedang membiasakan pakai transmisi matic.
Nah, pakai xenia ini saya cukup kesulitan saat ketemu tanjakan yg cukup curam apalagi pas setelah nikung patah lalu naik terjal, serasa mobil kurang power, beda dengan manual senggol down gear lgs dapat power. Di matic saya selalu pakai D lalu kondisi nanjak ke D3 kalo kurang power ke D2 dan kalo masih kurang ke L.
Akhirnya seya sering ke L karena ini mobil kaya ngga kuat nanjak. Kami saat itu berempat saja 2 dewasa dan 2 anak SD. Gimana kalo 7 dewasa yah? Betapa beratnya cruising di jalanan spt ini.
Mohon share dan petunjuk nya saat mengendarai matic di situasi spt ini, apakah jika mobil yg dipakai itu SUV matic semacam t32, crv 2.0 gen 2, atau mpv innova dono bakal lbh mudah?
itulah dilemanya punya mpv matic cc kecil oom.

dibanding manual dgn cc sama pasti terasa lemot, power loss banyak.

solusinya : beli matic cc gede.
atau beli gajah diesel.
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: 12 Jun 2009, 14:47

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by hehe001 »

ginting wrote:
hehe001 wrote:Ijin OOT. Saya kemarin pakai xenia 2016 yg R matic dan nyoba cruising dari Singaraja ke Bedugul lewat Goblet. Jalan cukup berliku dan terjal serta banyak jalan naik turun 45 derajat (CMIIW kalo ada SMers yg dari Bali), aspal hotmix cukup satu mobil saja. Cukup nyaman dan challenging. Jadi saya sedang membiasakan pakai transmisi matic.
Nah, pakai xenia ini saya cukup kesulitan saat ketemu tanjakan yg cukup curam apalagi pas setelah nikung patah lalu naik terjal, serasa mobil kurang power, beda dengan manual senggol down gear lgs dapat power. Di matic saya selalu pakai D lalu kondisi nanjak ke D3 kalo kurang power ke D2 dan kalo masih kurang ke L.
Akhirnya seya sering ke L karena ini mobil kaya ngga kuat nanjak. Kami saat itu berempat saja 2 dewasa dan 2 anak SD. Gimana kalo 7 dewasa yah? Betapa beratnya cruising di jalanan spt ini.
Mohon share dan petunjuk nya saat mengendarai matic di situasi spt ini, apakah jika mobil yg dipakai itu SUV matic semacam t32, crv 2.0 gen 2, atau mpv innova dono bakal lbh mudah?
itulah dilemanya punya mpv matic cc kecil oom.

dibanding manual dgn cc sama pasti terasa lemot, power loss banyak.

solusinya : beli matic cc gede.
atau beli gajah diesel.
Oh begitu ya Om. Ok catat. Cc gede cocok di pegunungan.

Oya,
Bagaimana saat turunan, gear di L juga kah? Kalo manual kan di 1.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by ginting »

hehe001 wrote:
ginting wrote:
hehe001 wrote:Ijin OOT. Saya kemarin pakai xenia 2016 yg R matic dan nyoba cruising dari Singaraja ke Bedugul lewat Goblet. Jalan cukup berliku dan terjal serta banyak jalan naik turun 45 derajat (CMIIW kalo ada SMers yg dari Bali), aspal hotmix cukup satu mobil saja. Cukup nyaman dan challenging. Jadi saya sedang membiasakan pakai transmisi matic.
Nah, pakai xenia ini saya cukup kesulitan saat ketemu tanjakan yg cukup curam apalagi pas setelah nikung patah lalu naik terjal, serasa mobil kurang power, beda dengan manual senggol down gear lgs dapat power. Di matic saya selalu pakai D lalu kondisi nanjak ke D3 kalo kurang power ke D2 dan kalo masih kurang ke L.
Akhirnya seya sering ke L karena ini mobil kaya ngga kuat nanjak. Kami saat itu berempat saja 2 dewasa dan 2 anak SD. Gimana kalo 7 dewasa yah? Betapa beratnya cruising di jalanan spt ini.
Mohon share dan petunjuk nya saat mengendarai matic di situasi spt ini, apakah jika mobil yg dipakai itu SUV matic semacam t32, crv 2.0 gen 2, atau mpv innova dono bakal lbh mudah?
itulah dilemanya punya mpv matic cc kecil oom.

dibanding manual dgn cc sama pasti terasa lemot, power loss banyak.

solusinya : beli matic cc gede.
atau beli gajah diesel.
Oh begitu ya Om. Ok catat. Cc gede cocok di pegunungan.

Oya,
Bagaimana saat turunan, gear di L juga kah? Kalo manual kan di 1.
Di buku manual ada ketemuan max RPM oom di tiap gigi.
jadi kalo misal di speed 80 saat di turunan, tiba tiba masuk L bisa overrun...tramisi bisa rusak.

jadi musti diurut D , 3, 2, L
sambil di rem.

hal yg sama juga berlaku di manual
964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 24 Feb 2018, 16:31

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by 964 »

hehe001 wrote:Ijin OOT. Saya kemarin pakai xenia 2016 yg R matic dan nyoba cruising dari Singaraja ke Bedugul lewat Goblet. Jalan cukup berliku dan terjal serta banyak jalan naik turun 45 derajat (CMIIW kalo ada SMers yg dari Bali), aspal hotmix cukup satu mobil saja. Cukup nyaman dan challenging. Jadi saya sedang membiasakan pakai transmisi matic.
Nah, pakai xenia ini saya cukup kesulitan saat ketemu tanjakan yg cukup curam apalagi pas setelah nikung patah lalu naik terjal, serasa mobil kurang power, beda dengan manual senggol down gear lgs dapat power. Di matic saya selalu pakai D lalu kondisi nanjak ke D3 kalo kurang power ke D2 dan kalo masih kurang ke L.
Akhirnya seya sering ke L karena ini mobil kaya ngga kuat nanjak. Kami saat itu berempat saja 2 dewasa dan 2 anak SD. Gimana kalo 7 dewasa yah? Betapa beratnya cruising di jalanan spt ini.
Mohon share dan petunjuk nya saat mengendarai matic di situasi spt ini, apakah jika mobil yg dipakai itu SUV matic semacam t32, crv 2.0 gen 2, atau mpv innova dono bakal lbh mudah?

Copas dr web kabarhandayani sebagai gambaran
Image
Mirip saya cara nyetirnya, cuma kalo saya agak nakal dikit. Kaki kiri nge rem, kanan nge gas, pedal leg nya pun minim, power mobil jd lebih dapat. Nyetir jg lebih halus, minim hentakan dibanding menggunakan kaki kanan saja. Mungkin org bilang bahaya, cuma saya udh biasa nyetir matik ya begitu itu.
Ngasepngaspal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 07 Dec 2018, 10:33
Location: Makassar
Daily Vehicle: Captiva diesel nfl 2007

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by Ngasepngaspal »

Sedikit urun rembug, bagi ilmu yg didapat dr teman2 lainnya.

Baiknya klo mau parkir, menurun atau mendatar, posisi di N dlu, kemudian handbrake dan stopper barulah posisi ke P.

Kenapa begitu, agar beban mobik ditahan oleh hand brake dan stopper, bukannya oleh transmisi, apalagi jika beban mobil mobil cukup berat dan turunan cukup tajam, ini menjaga usia pakai transmisi juga.

Kemudian saat kita parkir di suatu tempat dg posisi mobil mesin tetap menyala dalam waktu lama, biasakan gunakan N bukan P, krn pada dasarnya posisi P itu transmisi tetap bekerja, berbeda dg N yg memang sudah cut off.

Ttansmisi bermasalah, salah satu cirinya saat perpindahan transmisi dia melompat, jedug gitu.

Klo masalah lemot itu karakter dan kemampuan mobil, klo anxen 1.3, ya wajar om, begitu pula CVT2annya honda yg 1.5.
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: 12 Jun 2009, 14:47

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by hehe001 »

Thanks sharingnya Om Om
Makin bny pengetahuan nya....

Maren pas jalan nanjak/nurun lgs aja sy switch dr D ke 2.

Kalo parkir, noted ke N dulu.

Yg berhenti kebiasaan P walo mesin nyala, ternyata bukan kebiasaan yg baik, thanks Om saya catat.

Ada pertanyaan lagi, apa bedanya model AT yg begini, beda teknologi kah?

Gambar A, xenia
Image

Dan Gambar B, agya
Image
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by IGedeAmat »

hehe001 wrote: 29 Dec 2018, 16:06 ...
Yg berhenti kebiasaan P walo mesin nyala, ternyata bukan kebiasaan yg baik, thanks Om saya catat.
...
walau secara teknis bener, tapi harap hati2 kalo ada bocah didalam mobil om,
dari posisi P, tuas gak bisa digeser kalo gak injak rem,
tapi dari posisi N, tuas bisa digeser dengan gampang.

pengalaman pribadi temen;
mobil udah nyala digarasi, siap untuk jalan,
bocah2 udah standby didalam mobil, nyonya belum kelar dandan.
persneling posisi N, rem tangan cuma ditarik sedikit (ini juga sumber masalahnya)
temen saya keluar sebentar buat ngerokok,
tau2 bocahnya mainin persneling dan mobilnya mundur sendiri
User avatar
Materwelon
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: 14 Aug 2017, 07:56

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by Materwelon »

hehe001 wrote: 29 Dec 2018, 16:06 Thanks sharingnya Om Om
Makin bny pengetahuan nya....

Maren pas jalan nanjak/nurun lgs aja sy switch dr D ke 2.

Kalo parkir, noted ke N dulu.

Yg berhenti kebiasaan P walo mesin nyala, ternyata bukan kebiasaan yg baik, thanks Om saya catat.

Ada pertanyaan lagi, apa bedanya model AT yg begini, beda teknologi kah?

Gambar A, xenia
Image

Dan Gambar B, agya
Image
https://jalopnik.com/this-is-why-some-a ... 1828062490

kl dari situ sih kata nya pabrikan milih karena preferensi dan biaya, dan kata nya lebih aman aja kl pake yg gated, soal nya kl yg straight bisa aja pas masukin gigi kirain di D tau nya di 2
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by Winz »

hehe001 wrote: 28 Dec 2018, 17:30 Ijin OOT. Saya kemarin pakai xenia 2016 yg R matic dan nyoba cruising dari Singaraja ke Bedugul lewat Goblet. Jalan cukup berliku dan terjal serta banyak jalan naik turun 45 derajat (CMIIW kalo ada SMers yg dari Bali), aspal hotmix cukup satu mobil saja. Cukup nyaman dan challenging. Jadi saya sedang membiasakan pakai transmisi matic.
Nah, pakai xenia ini saya cukup kesulitan saat ketemu tanjakan yg cukup curam apalagi pas setelah nikung patah lalu naik terjal, serasa mobil kurang power, beda dengan manual senggol down gear lgs dapat power. Di matic saya selalu pakai D lalu kondisi nanjak ke D3 kalo kurang power ke D2 dan kalo masih kurang ke L.
Akhirnya seya sering ke L karena ini mobil kaya ngga kuat nanjak. Kami saat itu berempat saja 2 dewasa dan 2 anak SD. Gimana kalo 7 dewasa yah? Betapa beratnya cruising di jalanan spt ini.
Mohon share dan petunjuk nya saat mengendarai matic di situasi spt ini, apakah jika mobil yg dipakai itu SUV matic semacam t32, crv 2.0 gen 2, atau mpv innova dono bakal lbh mudah?

Copas dr web kabarhandayani sebagai gambaran
Image
Klo pakai suv torsi besar toel dikit aja nanjak, saya tabanan-singaraja sesulit apa pun bahkan terjal bgt pakai D di 4n15 8at, toel dikit aja uda nanjak, dulu pakai rusuh mt klo terjal matiin ac segala, klo matic lebih kewalahan kaya’e, cmiiw
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by kompresorz »

nah iya itulah diesel....diam nanjak trs masuk D lepas gerak bisa naik sendiri...
mknya soal HSA itu ada benarnya gak tlalu pengaruh di mobil disel...
ngebut pake disel gak perlu matiin ac....hidup gak idup berasa sama aja... :big_biglaugh:

belilah mobil disel sebelum distop penjualannya..:wkkk:
btw ...

soal penggunaan transmisi masing2 gak masalah..mau diam nanjak masuk P atau netral atau lainnya...kadang kalo kelamaan saya masukin P...dr jaman w204 bgtu...

saya bbrp x malah lagi ngebut bisa ke netral trs masuk lg D...

2 bulan lalu pake VRZ di tol balapan ma fiesta....krn iseng nungguin depan...
udah duluan fiesta mau saya bejek gas trs pindahin transmisi ke plus..kirain mode manual...di gas ngegerung eh ternyata netral...kecepatan 100 saya masukin D lagi...no problem tar nyesuain gak lgsg lompat sesuau bacaan..rata2 mobil yang lain pernah bgtu....
arinugroho14
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: 12 Feb 2017, 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Innova Diesel AT 2018
Contact:

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by arinugroho14 »

Just share

Di SCBD sya pernah tdk sengaja pindah dr D ke R ketika jalan 25kmh. Biasa saja, rasanya seperti pindah ke N. Kejadian berlangsung 2 detik. (Mazda 2 2010)

Di Bukit Sari Semarang,
Saya turun dari mobil, dgn posisi di D plus rem tangan aktif dan mesin nyala selama 15mnt. Alhamdulillah baik2 saja (innova 2,4)
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by Pugman »

hehe001 wrote: 29 Dec 2018, 16:06 Dari Singaraja ke Bedugul lewat Goblet. Jalan cukup berliku dan terjal serta banyak jalan naik turun 45 derajat (CMIIW kalo ada SMers yg dari Bali), aspal hotmix cukup satu mobil saja. Cukup nyaman dan challenging. Jadi saya sedang membiasakan pakai transmisi matic.
Nah, pakai xenia ini saya cukup kesulitan saat ketemu tanjakan yg cukup curam apalagi pas setelah nikung patah lalu naik terjal, serasa mobil kurang power, beda dengan manual senggol down gear lgs dapat power. Di matic saya selalu pakai D lalu kondisi nanjak ke D3 kalo kurang power ke D2 dan kalo masih kurang ke L.
Akhirnya seya sering ke L karena ini mobil kaya ngga kuat nanjak. Kami saat itu berempat saja 2 dewasa dan 2 anak SD. Gimana kalo 7 dewasa yah? Betapa beratnya cruising di jalanan spt ini.
Mohon share dan petunjuk nya saat mengendarai matic di situasi spt ini, apakah jika mobil yg dipakai itu SUV matic semacam t32, crv 2.0 gen 2, atau mpv innova dono bakal lbh mudah?
Ya namanya mesin kecil pasti ada rasa underpower, saya juga beberapa kali jalan diarea pegunungan seperti Kamojang, Gunung kidul, Gunung Lawu, Pelabuhan Ratu dll. Tak peduli apa transmisinya dan bagaimana cara anda pindah gigi, Yang paling penting dalam penggunaan mesin bakar bensin adalah tidak melebihi redline saat turun gigi atau downshift. Sedang kemampuan transmisi itu dihitung dari torsi yang diterima, Untuk factor safety sistem transmisi biasanya adalah 1,2-1,5x dari max output torsi mesin.
Kebetulan saya tidak pernah pakai mesin 1500cc bensin untuk naik turun gunung, saya pernah pakai Peugeot 406 2000cc manual, apakah mobil ini lebih mudah untuk naik turun gunung dibanding Avanza 1500cc? Jawabannya tergantung posisi saya dimana, kalau saya berjalan dibelakang Avanza maka saya katakan mobil ini seperti ga punya tenaga tapi kalau ada di depan, ya biarpun si Peugeot diisi 4 orang dan Avanza 2 orang tetap ga akan bisa ngejar (sudah ditest speeding nanjak dengan Pajero di Pemalang). Disini yang kita harus pahami juga powerband mesin, misalnya avanza untuk speed 40kpj gear 3 sudah 3000rpm sementara di mesin 2000cc baru 2000rpm yang bisa jadi di 3000rpm avanza sudah menghasilkan lebih banyak torsi atau bahkan mendekati peak torque sementara mesin 2000cc di 2000rpm torsi baru mulai menanjak.
Dan 1 lagi, selain pindah gigi secara otomatis, AT geared juga melakukan slip kopling otomatis tapi kalau di CVT beda lagi mekanismenya.

Sekarang saya pakai Mazda8 2300cc, pakai mode D bisa enak kalau jalan nanjak tapi sepi, kalau ramai lebih baik pakai mode M manual shiftronic. Di Mode D, setinggi apapun tanjakan, hanya akan turun terendah di gigi 2, di Mode D juga transmisi akan melakukan slip kopling tapi di mode manual selain bisa turun ke gigi 1, kopling juga selalu fully engage.
Yang justru lebih khawatir adalah saat turun gunung apalagi kalau turunan panjang, jika terlalu panas, rem bisa kehilangan daya cengkram. Sebisa mungkin juga gunakan engine brake.

hehe001 wrote: 29 Dec 2018, 16:06 Thanks sharingnya Om Om
Makin bny pengetahuan nya....

Maren pas jalan nanjak/nurun lgs aja sy switch dr D ke 2.

Kalo parkir, noted ke N dulu.

Yg berhenti kebiasaan P walo mesin nyala, ternyata bukan kebiasaan yg baik, thanks Om saya catat.

Ada pertanyaan lagi, apa bedanya model AT yg begini, beda teknologi kah?
Bedanya cuma cara pindahkan shift knob aja. Seperti halnya dengan model putar atau model knob dibelakang stir. Tapi model gate atau yang berliku seperti itu yang paling saya suka, karena sudah pasti posisi dan ga akan salah sangka/ketukar bahkan ketika LED indikator mati.
IGedeAmat wrote: 29 Dec 2018, 16:21
hehe001 wrote: 29 Dec 2018, 16:06 ...
Yg berhenti kebiasaan P walo mesin nyala, ternyata bukan kebiasaan yg baik, thanks Om saya catat.
...
walau secara teknis bener, tapi harap hati2 kalo ada bocah didalam mobil om,
dari posisi P, tuas gak bisa digeser kalo gak injak rem,
tapi dari posisi N, tuas bisa digeser dengan gampang.

pengalaman pribadi temen;
mobil udah nyala digarasi, siap untuk jalan,
bocah2 udah standby didalam mobil, nyonya belum kelar dandan.
persneling posisi N, rem tangan cuma ditarik sedikit (ini juga sumber masalahnya)
temen saya keluar sebentar buat ngerokok,
tau2 bocahnya mainin persneling dan mobilnya mundur sendiri
Saya lebih setuju seperti Om IGedeAmat bilang, saat berhenti seperti di garasi atau area parkir untuk waktu yang cukup lama tetap lebih baik ada di Posisi P walaupun mesin menyala. Karena dari P ga bisa pindah ke R atau D tanpa injak Rem, tapi dari N ke D bisa pindah tanpa injak Rem.
Jadi waktu di Posisi P, yang terkunci adalah ring bergigi pada output shaft transmisi yang terhubung ke roda melalui sebuah lever/tuas yang disebut parking pawl, jadi jika di geared AT pada posisi P tidak menerima tenaga mesin dari input shaft karena tidak ada kopling yang engage.
Kalau tujuan pindah Ke N dulu lalu tekan Hand/footbrake baru kemudian P adalah supaya jika mobil parkir jalan miring maka yang menahan mobil 80% berasal dari parking brake dan sisanya dibantu dari shiftlock transmisi.
Ini seperti halnya kalau kita parkir mobil manual di jalan miring, pertama kita netralkan, tekan parkingbrake lalu sebagai pengaman kedua untuk mencegah parkingbrake gagal maka kita masukkan gigi 1 atau R.
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: 15 Mar 2007, 07:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by newcity_vtec »

Kalau untuk mobil bertransmisi CVT, engine breaknya bagaimana ya?
Adakah pengguna mobil toyota bertransmisi CVT yg boleh share pengalamannya?
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2909
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic

Post by josomba »

newcity_vtec wrote: 14 Jan 2019, 22:06 Kalau untuk mobil bertransmisi CVT, engine breaknya bagaimana ya?
Adakah pengguna mobil toyota bertransmisi CVT yg boleh share pengalamannya?
sama aja kek matic biasa sih om menurut saya.... turun ke virtual gear L atau 1, berasa engine breaknya pas turunan.
Image
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post