Remap ECU tanpa pigyback

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

TTaufik
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Jul 23, 2018 3:50
Daily Vehicle: Toyota Camry

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by TTaufik »

b8099ok wrote: Mon Jul 23, 2018 9:46 Klo mesin bensin, biasa naik cm 10% loh pake ron92 fuel,... Dgn catatan mesin sehat.
suhu, boleh minta no kontaknya? saya belum bisa tanya via DM.
10% cukup sih, yg penting gak borosnya itu. kondisi sekarang kan top speed rendah dan juga boros :(
lebih baik ganti exhaust dulu atau remap dulu?
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok »

TTaufik wrote: Mon Jul 23, 2018 12:25
b8099ok wrote: Mon Jul 23, 2018 9:46 Klo mesin bensin, biasa naik cm 10% loh pake ron92 fuel,... Dgn catatan mesin sehat.
suhu, boleh minta no kontaknya? saya belum bisa tanya via DM.
10% cukup sih, yg penting gak borosnya itu. kondisi sekarang kan top speed rendah dan juga boros :(
lebih baik ganti exhaust dulu atau remap dulu?
Japrian deh whatsapp 0816580843.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
TTaufik
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Jul 23, 2018 3:50
Daily Vehicle: Toyota Camry

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by TTaufik »

b8099ok wrote: Mon Jul 23, 2018 13:50
TTaufik wrote: Mon Jul 23, 2018 12:25
b8099ok wrote: Mon Jul 23, 2018 9:46 Klo mesin bensin, biasa naik cm 10% loh pake ron92 fuel,... Dgn catatan mesin sehat.
suhu, boleh minta no kontaknya? saya belum bisa tanya via DM.
10% cukup sih, yg penting gak borosnya itu. kondisi sekarang kan top speed rendah dan juga boros :(
lebih baik ganti exhaust dulu atau remap dulu?
Japrian deh whatsapp 0816580843.
siap suhu
Chjred
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Thu Dec 07, 2017 18:28
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Vw_golf

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Chjred »

Moonshade wrote: Mon Jul 23, 2018 5:36
Chjred wrote: Fri Jan 12, 2018 8:41
ginting wrote: Fri Jan 12, 2018 4:35

kayaknya soal mereset, itu tergantung mobilnya.

ada dua aliran, oom...
ada yg sebelum cabut aki lama, maka ada alatnya colok ke OBD port, katanya untuk jaga setrum tetap ada ke ECU.
ada yg maen cabut aja aki lama, masukin aki baru.

soal remap, kalaupun aki dilepas gak hilang koq...kalayk flash disk aja..kita cabut dari laptop juga besok colok lagi masih ada datanya...
Owh gtu gak ilang yang.. terima kasih informasi nya om... sekalian numpang posting hasil dynotest bbrp waktu lalu, jgn di caci maki ya om :big_childish:
Image
Image
Image
Halo om chjred, boleh tolong PM resep mods nya ? Thank you
hanya reflash, ganti downpipe, open air filter, custom exhaust, sm DV kyknya itu aja om moonshade
feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by feri307 »

Maaf ni, angkat trit lagi.

Saya rencana mau naikin ukuran ban jadi lebih besar OD-nya. Katanya mesti setting ulang agar pembacaan speedo, odo dan fungsi ABS+EBD-nya bisa ngikutin. Hal2 tadi termasuk ke dalam kategori remap ECU apa enggak ya?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ginting »

feri307 wrote:Maaf ni, angkat trit lagi.

Saya rencana mau naikin ukuran ban jadi lebih besar OD-nya. Katanya mesti setting ulang agar pembacaan speedo, odo dan fungsi ABS+EBD-nya bisa ngikutin. Hal2 tadi termasuk ke dalam kategori remap ECU apa enggak ya?
kalo cuma itu, sayang kalo remap, oom
hitung aja ratio ban baru vs ban lama
misalnya naek 10%

maka anggap aja odo itu harus harus ditambah 10%. supaya sesuai real odo

supaya gak telat ganti oli

feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by feri307 »

ginting wrote: Sun Sep 02, 2018 15:36
feri307 wrote:Maaf ni, angkat trit lagi.

Saya rencana mau naikin ukuran ban jadi lebih besar OD-nya. Katanya mesti setting ulang agar pembacaan speedo, odo dan fungsi ABS+EBD-nya bisa ngikutin. Hal2 tadi termasuk ke dalam kategori remap ECU apa enggak ya?
kalo cuma itu, sayang kalo remap, oom
hitung aja ratio ban baru vs ban lama
misalnya naek 10%

maka anggap aja odo itu harus harus ditambah 10%. supaya sesuai real odo

supaya gak telat ganti oli
Makasih banyak udah dijawab bang..
Omong2, sayangnya kenapa itu bang? Apa karena biayanya mahal? Kalo boleh tau, berapa perkiraan sekali remap untuk sekelas city car gitu?
Yg paling saya khawatirkan sebenarnya fungsi ABS sama EBD, seandainya gak dikalibrasi ulang.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok »

Tyre size ngga ada di ecu. Adanya di body control module. Mobilnya apa?
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ginting »

feri307 wrote: Mon Sep 03, 2018 1:12
ginting wrote: Sun Sep 02, 2018 15:36
feri307 wrote:Maaf ni, angkat trit lagi.

Saya rencana mau naikin ukuran ban jadi lebih besar OD-nya. Katanya mesti setting ulang agar pembacaan speedo, odo dan fungsi ABS+EBD-nya bisa ngikutin. Hal2 tadi termasuk ke dalam kategori remap ECU apa enggak ya?
kalo cuma itu, sayang kalo remap, oom
hitung aja ratio ban baru vs ban lama
misalnya naek 10%

maka anggap aja odo itu harus harus ditambah 10%. supaya sesuai real odo

supaya gak telat ganti oli
Makasih banyak udah dijawab bang..
Omong2, sayangnya kenapa itu bang? Apa karena biayanya mahal? Kalo boleh tau, berapa perkiraan sekali remap untuk sekelas city car gitu?
Yg paling saya khawatirkan sebenarnya fungsi ABS sama EBD, seandainya gak dikalibrasi ulang.
nubie sok pinter bantu jawab.

biaya remap kemahalan aja, oom untuk fungsi / tujuan seperti yg oom bilang.
perkiraan sih tergantung remap di tuner mana..anggap saja 4 jt - 7 jt

fungsi ABS kayaknya gak dipengaruhi ukuran ban.
ABS mencegah supaya gak ngelock system remnya.
kalau ada rem yg ngelock, dimana mobil masih laju tapi roda udah gak nggelinding...alias ngesot...maka ABS langsung beraksi dgn cara kurangi cengkeraman roda..

EBD - itu membantu distribusi beban pengereman supaya gak melintir.

Kalau oom mau naek power, power band lebih merata, speed limit removal, tutup EGR, dll boleh lah remap....

tapi ini cuman pendapat saya selaku nubie...saya cuma ingin memastikan bahwa tujuan yg hendak dicapai selaras dengan usaha yang ditempuh....

:ngacir: :ngacir: :ngacir: (sebelum diledek oom Bogart)
feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by feri307 »

b8099ok wrote: Mon Sep 03, 2018 1:57 Tyre size ngga ada di ecu. Adanya di body control module. Mobilnya apa?
Oo.. Bukan di ECU ya om? Brio om. Mungkin om punya saran mengakalinya? Saya takut aja hitungan komputernya error, yg ujung2nya buat fungsi ABS sama EBD-nya ikut error juga. Minta maaf ni, pengen gaya tp gak mikir duluan di depan hahahahaa..
feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by feri307 »

ginting wrote: Mon Sep 03, 2018 4:07 nubie sok pinter bantu jawab.

biaya remap kemahalan aja, oom untuk fungsi / tujuan seperti yg oom bilang.
perkiraan sih tergantung remap di tuner mana..anggap saja 4 jt - 7 jt

fungsi ABS kayaknya gak dipengaruhi ukuran ban.
ABS mencegah supaya gak ngelock system remnya.
kalau ada rem yg ngelock, dimana mobil masih laju tapi roda udah gak nggelinding...alias ngesot...maka ABS langsung beraksi dgn cara kurangi cengkeraman roda..

EBD - itu membantu distribusi beban pengereman supaya gak melintir.

Kalau oom mau naek power, power band lebih merata, speed limit removal, tutup EGR, dll boleh lah remap....

tapi ini cuman pendapat saya selaku nubie...saya cuma ingin memastikan bahwa tujuan yg hendak dicapai selaras dengan usaha yang ditempuh....

:ngacir: :ngacir: :ngacir: (sebelum diledek oom Bogart)
Mantap jg biayanya ya om. Benar deh, sayang uangnya hehehee.. Lagian saya jg gak ngejar performance 100% om. Mobil yg dipake gak mendukung, yg bawa jg gak mendukung. Udah tua hahahahaaa..
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok »

feri307 wrote: Mon Sep 03, 2018 10:14
b8099ok wrote: Mon Sep 03, 2018 1:57 Tyre size ngga ada di ecu. Adanya di body control module. Mobilnya apa?
Oo.. Bukan di ECU ya om? Brio om. Mungkin om punya saran mengakalinya? Saya takut aja hitungan komputernya error, yg ujung2nya buat fungsi ABS sama EBD-nya ikut error juga. Minta maaf ni, pengen gaya tp gak mikir duluan di depan hahahahaa..
Nope, it will still works as it should.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by feri307 »

b8099ok wrote: Tue Sep 04, 2018 0:03 Nope, it will still works as it should.
Sip om.. Makasih konfirmasinya. Jadi agak tenang sekarang hehehe..
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by saturday »

Akhirnya kemarin kesampean juga pasang downpipe+resonator ORD dan diremap ke REV Engineering soalnya deket banget dari rumah jadi kalau ada masalah bisa langsung balik cepet.
IMG_20181013_103913__01.jpg
IMG_20181013_103935__01.jpg
Yang langsung berasa sih tenaganya instan banget di putaran bawah, belum tes diatas 2000 RPM. Konsumsi BBM juga belum di tes.

Habis remap tadi lampu peringatan VSA, ABS, rem tangan, dsb nyala semua. Katanya sih habis dibawa jalan nanti juga ilang sendiri, mudah-mudahan hilang....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by KielConstantine »

saturday wrote: Sat Oct 13, 2018 7:07 Akhirnya kemarin kesampean juga pasang downpipe+resonator ORD dan diremap ke REV Engineering soalnya deket banget dari rumah jadi kalau ada masalah bisa langsung balik cepet.

IMG_20181013_103913__01.jpg

IMG_20181013_103935__01.jpg

Yang langsung berasa sih tenaganya instan banget di putaran bawah, belum tes diatas 2000 RPM. Konsumsi BBM juga belum di tes.

Habis remap tadi lampu peringatan VSA, ABS, rem tangan, dsb nyala semua. Katanya sih habis dibawa jalan nanti juga ilang sendiri, mudah-mudahan hilang....
FD2 2000cc ini om ?
Lumayan yahh naik 10 bhp
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by saturday »

KielConstantine wrote: Sat Oct 13, 2018 10:32 FD2 2000cc ini om ?
Lumayan yahh naik 10 bhp
Iya Om ini FD2 2.0L. Naik 10 hp tapi enggak tau yang pengaruh banyak ke hasil remapnya apa dari penggantian header+resonator ORD atau gimana 😅
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by KielConstantine »

saturday wrote: Sat Oct 13, 2018 11:22
KielConstantine wrote: Sat Oct 13, 2018 10:32 FD2 2000cc ini om ?
Lumayan yahh naik 10 bhp
Iya Om ini FD2 2.0L. Naik 10 hp tapi enggak tau yang pengaruh banyak ke hasil remapnya apa dari penggantian header+resonator ORD atau gimana 😅
Kalo naturally aspirated naek segitu dah termasuk besar oomm.. header pasti ngaruh. Paling kedepannya pasang open filter kalo mau lebih joss lagi. Trus benerin sektor kaki2 dehh.. shock + per atau coilover skalian,
+ ganti ban traction AAA .
Nikungnya jadi lebih mantep si civic :mrgreen:

K20Z ini trmasuk mobil impian ane pas jaman piyik dulu ehehehe
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by saturday »

KielConstantine wrote: Sat Oct 13, 2018 12:06 Kalo naturally aspirated naek segitu dah termasuk besar oomm.. header pasti ngaruh. Paling kedepannya pasang open filter kalo mau lebih joss lagi. Trus benerin sektor kaki2 dehh.. shock + per atau coilover skalian,
+ ganti ban traction AAA .
Nikungnya jadi lebih mantep si civic :mrgreen:

K20Z ini trmasuk mobil impian ane pas jaman piyik dulu ehehehe
Oh iya yah segitu udah lumayan? Maklum saya masih cupu kirain naik segitu kecil hehe. Soalnya pas baca-baca katanya kalo remap doang bisa expect gain 10 persen, jadi asumsi dari 150an HP stock bisa nambah 15 HP gitu :mky_01:

Ban sih sekarang pake Turanza AR20 215/50/R17. Itu termasuk ban yang lumayan apa biasa aja ya? Soalnya pas saya ngambil unit 2nd ini bannya dipasangin itu sama pemilik sebelumnya dan sampe sekarang belum habis-habis.
Bybit
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Nov 12, 2018 5:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Freed

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Bybit »

Hello Om2 suhu semua...salam hormat!

Mau nanya apa ada efek negatif dari remap ECU? gimana dng keawetan mesin dengan naiknya torsi tp bbm lebih irit? apakah suara mesin lebih keras dr sebelumnya? Mohon pencerahannya dan sarannya.

Kalo ada om2 suhu yg pernah pengalaman remap utk honda freed, kalo boleh berbagi gimana hasilnya sungguh sangat berarti buat saya nubi ini.
Terima kasih sebelumnya....
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok »

Bybit wrote: Fri Nov 23, 2018 2:48 Hello Om2 suhu semua...salam hormat!

Mau nanya apa ada efek negatif dari remap ECU? gimana dng keawetan mesin dengan naiknya torsi tp bbm lebih irit? apakah suara mesin lebih keras dr sebelumnya? Mohon pencerahannya dan sarannya.

Kalo ada om2 suhu yg pernah pengalaman remap utk honda freed, kalo boleh berbagi gimana hasilnya sungguh sangat berarti buat saya nubi ini.
Terima kasih sebelumnya....
Selama tuningnya bener (ie. Msh dalam rangka mempertahankan durabilitas) hrsnya ga mslh. Krn penyesuaian map hrs mengikuti kekuatan mesin tsb.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ginting »

b8099ok wrote: Fri Nov 23, 2018 4:56
Bybit wrote: Fri Nov 23, 2018 2:48 Hello Om2 suhu semua...salam hormat!

Mau nanya apa ada efek negatif dari remap ECU? gimana dng keawetan mesin dengan naiknya torsi tp bbm lebih irit? apakah suara mesin lebih keras dr sebelumnya? Mohon pencerahannya dan sarannya.

Kalo ada om2 suhu yg pernah pengalaman remap utk honda freed, kalo boleh berbagi gimana hasilnya sungguh sangat berarti buat saya nubi ini.
Terima kasih sebelumnya....
Selama tuningnya bener (ie. Msh dalam rangka mempertahankan durabilitas) hrsnya ga mslh. Krn penyesuaian map hrs mengikuti kekuatan mesin tsb.
Jangan lupa kalau sudah naek torsi dan tenaga, perlu diimbangi dengan penggunaan lendir yang baik kualitasnya.
Maka dari itu pakailah FRD fuel, FRD oil, dan FRD coolant yang mengandung ethylene glicool yang sangat tinggiiiiiii....supaya mesin adem dan anti wear bekerja sempurna.. :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:

Ttd.
bebonk
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by farizfsa »

Om mau nanya udah pernah remap bmw 520d yg mesin n47? Gain bs sampe berapa yang penting aman..
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok »

farizfsa wrote: Fri Dec 28, 2018 7:28 Om mau nanya udah pernah remap bmw 520d yg mesin n47? Gain bs sampe berapa yang penting aman..
Diesel european gain 20-25% pake solar indo uda sangat bagus. Klo bisa lebih, pastiin fuel bergizi.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by hehe001 »

Ijin bertanya, prit itu letak ecu nya di mana kah spy bisa dikirim ke om bebong.
Pgn supaya ngga lemot saat narik, nanjak dan nyalip truck tp ttp hemat bbm heeeee
SiRoel
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Feb 12, 2019 15:26
Location: EastJava
Daily Vehicle: Anki 2015

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by SiRoel »

Mohon advisnya suhu ..
Sudah pernah seharian pakai ANFDiesel, ANPSDakar & ANKIDiesel kondisi standar.
Ini urutan performa mesinnya m/ gw :
1. ANKI : Tarikan dari 0-100 kpj responsif bgt
2.ANPS : Pakai mode automatic maupun paddleshift tetap ada lag
3.ANF : Lemot.
Mana yang paling potensial buat dibeli untuk diremap ecu & dipakai harian ?