Italian Job untuk mobil automatic
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Italian Job untuk mobil automatic
Selamat siang suhu-suhu, seperti judul di atas. Yess.. Sebenarnya istilah yang benar adalah Italian Tune, jadi kenapa saya buat trit ini, karena kepikiran aja kemarin 2minggu mobil tidak saya pakai dan dalam beberapa bulan terakhir saya berkendara dengan sangat smooth tidak pernah lebih dari 3000rpm.
Akhirnya kemarin mobil saya pakai lagi, tapi koq agak kurang responsif dan sedikit terasa tersendat waktu macet-macetan di Tol, dan setelah ketemu kondisi lengang langsung saya lakukan Italian Tune ini..
Jadi siapa bilang geber-geber gas selalu identik dengan akibat buruk ke mesin dan hanya memboroskan bahan bakar, Italian tune inilah metode paling mudah dan murah untuk cleaning ruang bakar.
Sedikit informasi mengenai Italian Tune ini adalah dengan melakukan akselerasi cepat dimulai dari gigi paling rendah, bisa dari keadaan berhenti atau jalan pelan, lalu gas digeber sampai dekat atau bahkan menyentuh red line lalu shift up dan geber lagi sampai redline ditiap gear hingga mencapai top gear. Beberapa mobil bisa dicoba sampai topgear tapi beberapa yang lain tidak karena tenaga besar yang di gear 3 saja mungkin sudah lebih dari 160kpj.
Mungkin ada yang bertanya, kalau cuma geber-geber gas kenapa tidak saat mobil berhenti saja? Bukannya sama saja?
Jadi penjelasan sederhananya begini
1. Heat Exchange saat mobil berhenti ini tidak berlangsung ideal karena hanya memanfaatkan pendinginan dari mobil itu sendiri.
2. Geber mesin saat mobil berhenti tidak menggambarkan respon asli dari mesin karena mesin tidak mendapatkan beban.
3. Reaksi dari transmisi, traksi roda dll lebih mudah diketahui jika dilakukan dengan menjalankan mobil.
Kegiatan ini mudah dilakukan mobil manual atau mobil matic yang memiliki shift tronic, paddle shift atau fitur sejenis. Di mobil saya kebetulan juga ada shift tronic untuk mode manual.
Nah yang jadi pertanyaan saya, mungkin bisa dishare oleh suhu-suhu disini bagaimana melakukannya di mobil matic yang tidak ada mode manual dan terutama untuk mobil dengan CVT..
Akhirnya kemarin mobil saya pakai lagi, tapi koq agak kurang responsif dan sedikit terasa tersendat waktu macet-macetan di Tol, dan setelah ketemu kondisi lengang langsung saya lakukan Italian Tune ini..
Jadi siapa bilang geber-geber gas selalu identik dengan akibat buruk ke mesin dan hanya memboroskan bahan bakar, Italian tune inilah metode paling mudah dan murah untuk cleaning ruang bakar.
Sedikit informasi mengenai Italian Tune ini adalah dengan melakukan akselerasi cepat dimulai dari gigi paling rendah, bisa dari keadaan berhenti atau jalan pelan, lalu gas digeber sampai dekat atau bahkan menyentuh red line lalu shift up dan geber lagi sampai redline ditiap gear hingga mencapai top gear. Beberapa mobil bisa dicoba sampai topgear tapi beberapa yang lain tidak karena tenaga besar yang di gear 3 saja mungkin sudah lebih dari 160kpj.
Mungkin ada yang bertanya, kalau cuma geber-geber gas kenapa tidak saat mobil berhenti saja? Bukannya sama saja?
Jadi penjelasan sederhananya begini
1. Heat Exchange saat mobil berhenti ini tidak berlangsung ideal karena hanya memanfaatkan pendinginan dari mobil itu sendiri.
2. Geber mesin saat mobil berhenti tidak menggambarkan respon asli dari mesin karena mesin tidak mendapatkan beban.
3. Reaksi dari transmisi, traksi roda dll lebih mudah diketahui jika dilakukan dengan menjalankan mobil.
Kegiatan ini mudah dilakukan mobil manual atau mobil matic yang memiliki shift tronic, paddle shift atau fitur sejenis. Di mobil saya kebetulan juga ada shift tronic untuk mode manual.
Nah yang jadi pertanyaan saya, mungkin bisa dishare oleh suhu-suhu disini bagaimana melakukannya di mobil matic yang tidak ada mode manual dan terutama untuk mobil dengan CVT..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11006
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Italian Job untuk mobil automatic
ya tinggal masuk D saja dan bejeg pedal gas, nanti transmisi yang akan ngatur perpindahannya. yang pasti perpindahan giginya (geared AT) mendekati redline.
kalau mau lebih enak sebetulnya italian tune di daerah pegunungan karena mau nggak mau mesin selalu ada di rentang peak torque dan peak HP dalam jangka waktu yang cukup lama.
kalau mau lebih enak sebetulnya italian tune di daerah pegunungan karena mau nggak mau mesin selalu ada di rentang peak torque dan peak HP dalam jangka waktu yang cukup lama.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Bener kalo mau italian tune up paling bener jalan pegunungan. Tp pastiin dl mobil sehat. Bener2 diruda paksa mesinnya. Drpd abis geber2 trus knp2 kan repot om.
Kmrn baru lwt jalan pegunungan oli temp nya nembus suhu dibawah ini
Kmrn baru lwt jalan pegunungan oli temp nya nembus suhu dibawah ini
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Kalo water temp tembus brp om?rudyzanetti wrote: βSat Dec 08, 2018 5:17 Bener kalo mau italian tune up paling bener jalan pegunungan. Tp pastiin dl mobil sehat. Bener2 diruda paksa mesinnya. Drpd abis geber2 trus knp2 kan repot om.
Kmrn baru lwt jalan pegunungan oli temp nya nembus suhu dibawah ini
Di cipularang sering liat tuh yg overheat gara2 nanjak panjang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 292
- Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM
Re: Italian Job untuk mobil automatic
kalau mobil cvt oke ga ya kalo mau italian tune up?
krn setau sy cvt memang ga dibuat untuk spirited driving, sekali kali oke lah ya
krn setau sy cvt memang ga dibuat untuk spirited driving, sekali kali oke lah ya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11006
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Jambangan wrote: βSat Dec 08, 2018 5:28Kalo water temp tembus brp om?rudyzanetti wrote: βSat Dec 08, 2018 5:17 Bener kalo mau italian tune up paling bener jalan pegunungan. Tp pastiin dl mobil sehat. Bener2 diruda paksa mesinnya. Drpd abis geber2 trus knp2 kan repot om.
Kmrn baru lwt jalan pegunungan oli temp nya nembus suhu dibawah ini
Di cipularang sering liat tuh yg overheat gara2 nanjak panjang
ganti radiator pake kepunyaan caterpillar atau komatsu.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Water temp ga punya instrumen nya om. Saya cm nambahin instrumen yg ga ada di spidometer aja.Jambangan wrote: βSat Dec 08, 2018 5:28Kalo water temp tembus brp om?rudyzanetti wrote: βSat Dec 08, 2018 5:17 Bener kalo mau italian tune up paling bener jalan pegunungan. Tp pastiin dl mobil sehat. Bener2 diruda paksa mesinnya. Drpd abis geber2 trus knp2 kan repot om.
Kmrn baru lwt jalan pegunungan oli temp nya nembus suhu dibawah ini
Di cipularang sering liat tuh yg overheat gara2 nanjak panjang
Selama penunjuk suhu air radiator masih ditengah, harusnya aman ya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Nah pegunungan neh emang enak untuk Italian Tune apalagi kalau yang udaranya dingin.marmut wrote: βSat Dec 08, 2018 5:09 ya tinggal masuk D saja dan bejeg pedal gas, nanti transmisi yang akan ngatur perpindahannya. yang pasti perpindahan giginya (geared AT) mendekati redline.
kalau mau lebih enak sebetulnya italian tune di daerah pegunungan karena mau nggak mau mesin selalu ada di rentang peak torque dan peak HP dalam jangka waktu yang cukup lama.
Wah tinggi juga ya..rudyzanetti wrote: βSat Dec 08, 2018 5:17 Bener kalo mau italian tune up paling bener jalan pegunungan. Tp pastiin dl mobil sehat. Bener2 diruda paksa mesinnya. Drpd abis geber2 trus knp2 kan repot om.
Kmrn baru lwt jalan pegunungan oli temp nya nembus suhu dibawah ini
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1299
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Naek mobil sambil dikejar2 mafia bawa senjata api.
Italian tune with Italian taste.
Italian tune with Italian taste.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat Dec 01, 2018 10:59
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Suzuki Katana 1997
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Wah pernah denger nih.. Ini utk semua jenis mesin kah om (petrol/diesel)? Kalau diesel aman kah di "italian-job" kan juga? Krn elmu yg sya dpt kompresi kerja diesel itu tinggi.. Ada pengaruh kah?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Sering lupa, keseringan ngejar irit atau kena macet.
Put the pedal to the metal
Put the pedal to the metal
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Pernah italian tune ke puncak pass bogor pake GL si raja nglitik mesinnya. Sudah cape pake pertamax sampai yang plus masih aja nglitik.
Isi full tank pertamax plus (dulu blom ada turbo) + octane booster 1 botol. Full loaded 5 dewasa + 2 baby + bagasi full. Lari di tol 130-150 kadang sentuh 160. Kaget ada kejadian mesin brebet (getar2), kirain ada masalah apa kali tapi hanya sebentar (mungkin ini karbonnya lepas/keluar), lalu naik gunung main gigi 3-2 kadang sampai 1. GL taon 2011 masih pakai gear (Blom CVT), Gas bisa kosong banyak, di injak sampai mentok baru shfit down sampai gigi 1 (parah ini mobil kalau naik gunung).
Pertama plus + octane booster 1 botol ntah jadi berapa itu oktannya, di gas dikit di tol mantap responnya tapi bensin jadi tambah boros, pokoknya pulang pergi hajar terus high RPM.
Besoknya pakai ngilitiknya jadi hilang & mesin jadi responsif, cuman gak lama kambuh lagi penyakitnya si raja nglitik ini.
Italian tune mungkin "sedikit" efektif untuk buang karbon di mesin tapi tetap paling efektif kalau pakai obat carbon clean sih. Selain harus high RPM, juga lebih baik full loaded + jalan nanjak ke gunung baru bisa nendang itu karbonnya (mobil harus benar2 fit), pengalaman kalau cuman high RPM baru up shift sih kurang efektif juga
Isi full tank pertamax plus (dulu blom ada turbo) + octane booster 1 botol. Full loaded 5 dewasa + 2 baby + bagasi full. Lari di tol 130-150 kadang sentuh 160. Kaget ada kejadian mesin brebet (getar2), kirain ada masalah apa kali tapi hanya sebentar (mungkin ini karbonnya lepas/keluar), lalu naik gunung main gigi 3-2 kadang sampai 1. GL taon 2011 masih pakai gear (Blom CVT), Gas bisa kosong banyak, di injak sampai mentok baru shfit down sampai gigi 1 (parah ini mobil kalau naik gunung).
Pertama plus + octane booster 1 botol ntah jadi berapa itu oktannya, di gas dikit di tol mantap responnya tapi bensin jadi tambah boros, pokoknya pulang pergi hajar terus high RPM.
Besoknya pakai ngilitiknya jadi hilang & mesin jadi responsif, cuman gak lama kambuh lagi penyakitnya si raja nglitik ini.
Italian tune mungkin "sedikit" efektif untuk buang karbon di mesin tapi tetap paling efektif kalau pakai obat carbon clean sih. Selain harus high RPM, juga lebih baik full loaded + jalan nanjak ke gunung baru bisa nendang itu karbonnya (mobil harus benar2 fit), pengalaman kalau cuman high RPM baru up shift sih kurang efektif juga
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 107
- Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
- Daily Vehicle: Supra Fit
Re: Italian Job untuk mobil automatic
italian tune nih istilahnya kalo tubuh sprint gitu ya ngeflush kolesterol2 yang mengendap di dinding pembuluh darah
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sun Mar 12, 2017 1:41
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Setiap kali italian tune selalu bau sangit ngga enak gitu. Wajar kah?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Ya memang paling efektif tetap pakai carbon cleaner tapi kalau itu kan cuma bisa dilakukan 1 bulan sekali, kalau Italian Tune ini bisa kita lakukan 2x dalam seminggu dan ga sampai setengah liter bensin hehehe...benzz89 wrote: βSat Dec 08, 2018 10:16 Pernah italian tune ke puncak pass bogor pake GL si raja nglitik mesinnya. Sudah cape pake pertamax sampai yang plus masih aja nglitik.
Isi full tank pertamax plus (dulu blom ada turbo) + octane booster 1 botol. Full loaded 5 dewasa + 2 baby + bagasi full. Lari di tol 130-150 kadang sentuh 160. Kaget ada kejadian mesin brebet (getar2), kirain ada masalah apa kali tapi hanya sebentar (mungkin ini karbonnya lepas/keluar), lalu naik gunung main gigi 3-2 kadang sampai 1. GL taon 2011 masih pakai gear (Blom CVT), Gas bisa kosong banyak, di injak sampai mentok baru shfit down sampai gigi 1 (parah ini mobil kalau naik gunung).
Pertama plus + octane booster 1 botol ntah jadi berapa itu oktannya, di gas dikit di tol mantap responnya tapi bensin jadi tambah boros, pokoknya pulang pergi hajar terus high RPM.
Besoknya pakai ngilitiknya jadi hilang & mesin jadi responsif, cuman gak lama kambuh lagi penyakitnya si raja nglitik ini.
Italian tune mungkin "sedikit" efektif untuk buang karbon di mesin tapi tetap paling efektif kalau pakai obat carbon clean sih. Selain harus high RPM, juga lebih baik full loaded + jalan nanjak ke gunung baru bisa nendang itu karbonnya (mobil harus benar2 fit), pengalaman kalau cuman high RPM baru up shift sih kurang efektif juga
Mobilnya apa Om? Manual apa matic? Bisa jadi kampas kopling, catalist Converter atau kerak yang memang keluar. Asal bau cuma saat itu dilakukan ya masih bisa dibilang wajar, tapi kalau setelahnya bau tidak hilang maka perlu di check lebih lanjut.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Reborn Bensin
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Italian tune di 1TR metik , RPM naik, jarum bensin turun hahahaha
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Buset sadis ommarmut wrote: βSat Dec 08, 2018 5:30Jambangan wrote: βSat Dec 08, 2018 5:28Kalo water temp tembus brp om?rudyzanetti wrote: βSat Dec 08, 2018 5:17 Bener kalo mau italian tune up paling bener jalan pegunungan. Tp pastiin dl mobil sehat. Bener2 diruda paksa mesinnya. Drpd abis geber2 trus knp2 kan repot om.
Kmrn baru lwt jalan pegunungan oli temp nya nembus suhu dibawah ini
Di cipularang sering liat tuh yg overheat gara2 nanjak panjang
ganti radiator pake kepunyaan caterpillar atau komatsu.
Biasa karena apa tuh om nanjak trus panas mesinnya??
Soalnya ane liat2 mobilnya terhitung baru semua
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Italian Job untuk mobil automatic
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1295
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Sebenarnya Italian job itu untuk membersihkan deposit sisa pembakaran yang menumpuk di sepanjang exhaust port, header dan muffler.
Setelah Italian job mesin lebih responsif dikarenakan sifat self learning dari ECU yang membaca & kalibrasi ulang karakter bawaan mobil tersebut.
Setelah Italian job mesin lebih responsif dikarenakan sifat self learning dari ECU yang membaca & kalibrasi ulang karakter bawaan mobil tersebut.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Mobil2 kecil om
Avanza,rush,xtrail gitu2 yg sering liat
Trus sedan2 kecil macam baleno,corolla jadul (kalo ini wajar overheat cooling systemnya pasti udah ga sempurna)
Lah ane pernah liat grand new avanza mogok overheat di cipularang
Padahal mobil baru bgt itungannya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Hmmm,Jambangan wrote: βMon Dec 10, 2018 9:14Mobil2 kecil om
Avanza,rush,xtrail gitu2 yg sering liat
Trus sedan2 kecil macam baleno,corolla jadul (kalo ini wajar overheat cooling systemnya pasti udah ga sempurna)
Lah ane pernah liat grand new avanza mogok overheat di cipularang
Padahal mobil baru bgt itungannya
Kalo mobil matic sih curiga ATF-nya yg overheat, jadi merembet ke coolant krn ATF cooler ada di dlm lower tank radiator.
Kalo duo alay kan emang radiatornya yg kekecilan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Italian Job untuk mobil automatic
Hhmmm kalau mobil cvt tanpa mode manual jadinya gimana neh..?
Ada yang sudah coba?
Ada yang sudah coba?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11006
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11006
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Italian Job untuk mobil automatic
saya hampir tiap hari indonesian job....
sekuat tenaga pedal to carpet...
malah jakarta medan pigibak indonesian job....
biasa itu mah sehari2...indonesian job..
kecuali ada penumpang baru italian job...
sekuat tenaga pedal to carpet...
malah jakarta medan pigibak indonesian job....
biasa itu mah sehari2...indonesian job..
kecuali ada penumpang baru italian job...