all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 386
- Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38
all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Cukup miris setelah melihat banyak sekali orang yang salah kaprah tentang DSG. Tujuan saya membuat thread ini untuk meluruskan issue" salah yang beredar dan untuk berdiskusi tentang transmisi DSG.
Pendahuluan :
DSG ada banyak macam, tapi yang masuk Indoenesia cuma 3
DSG DQ 200 DRY CLUTCH 7 Speed : VW Golf Mk6, Mk7, Scirocco Mk3, Touran 1.4 TSI
DSG DQ 250 WET CLUTCH 6 Speed : VW Tiguan 1.4 TSI, Scirocco 2.0 dan R, Golf GTI
DSG DQ 500 WET CLUTCH 7 Speed : VW Touareg, Golf R
Apa itu DSG ??
Transmisi DSG memiliki 2 Gearbox, setiap Gearbox memiliki kopling masing". Setiap gearbox memiliki gear yang spesifik, (misal DQ200 7 speed Gearbox 1 hanya ada gigi 1 3 5 7, Gearbox 2 : 2 4 6 R) sehingga gearbox selalu ready ketika kita mau shifting. Karena itu DSG memiliki kecepatan Shifting paling cepat diantara semua transmisi, VW Mengklaim untuk Upshifting DSG hanya butuh waktu 8 MS !! 10x lebih cepat dibandingkan dengan automated manual tercepat yang dimiliki BMW (SMG).
Facts about DSG :
-DSG tidak akan menghafal driving style kita seperti at konvensional, karena DSG statically programmed. Jadi mau abis pelan mau ngebut, abis ngebut mau pelan karakter DSG akan tetap seperti biasa.
-DQ200 hardware limitation di 420Nm, standard software limitation di 280Nm, DQ250 hardware limitation di 580Nm, standard software limitation di 350Nm
Common Question & Answer :
Q : Apa yang membuat Mechatronic rusak?
A : Mostly karena overheat. Biasanya penyebabnya adalah macet. Pada umumnya user hanya pakai D aja untuk sehari", nah Software DSG standard sangat cepat shift ke gear 2 walau speed masih sangat rendah untuk fuel saving (ini biasanya menyebabkan juddering di longterm), dan ketika mau berhenti lagi dia shift ke 1. bayangkan dia mau berapa ratus kali shift kalau macet seperti jakarta yang sebentar berhenti sebentar jalan? dia akan cepat panas.
SOLUSI : Bagi yang belum diremap DSGnya, ketika macet pindah mode manual. Biarkan dia stay di gear 1 ketika merayap dan stop n go.
Q : Apakah kalo macet DSG Harus di Netral ?
A : kalau macet sebentar ga harus, karena ecu juga akan disengage kopling kita mobil kita berhenti. Tapi ada baiknya kita pindah ke Netral karena konsumsi BBM akan lebih hemat sedikit. (Netral 0.4l/100km, D 0.7l/100km. Sumber : www.vwvortex.com)
Q : Saat macet harus berhenti total, ga boleh jalan sedikit" ?
A : Bagusnya sih iya, untuk mencegah cluthwear berlebihan. Jika harus creeping pun clutch ga akan habis secepat itu menurut yang saya baca (vwvortex) sekitar 60k-70k km itu juga terus dipakai creeping. (hasil asli sedang saya lagi uji di mobil saya)
Q : Remap Engine, apakah aman buat DSG?
A : Selama tune up ga melewati batas aman, makanya kalau mau remap hanya ke tuner yang certified. Karena mereka pasti sdh bener" R&D bukan asal tune jebol ga tanggung jawab.
Q : Gimana kalo remap engine diluar batas aman ?
A : Biasanya kalau overtuned, palingan flywheel dan clutch kena. Itu disebabkan karena seringnya clutch slip. Kalo parah palingan piston retak sih
Q : Launch Control berbahaya ??
A : Tidak, kalau sekali" sih aman saja. Kalau sering yang bahaya, itu akan menyebabkan transmisi panas dan cepet rusak (mecha, flywheel)
Tips & Trick :
- DSG lag di awal Akselerasi : Ini bukan fault atau pun error. Ini disebabkan karena pada saat berhenti semua clutch akan disengage, jadi pas kita lepas rem clutch baru engage baru dia jalan. Solusi : habis lepas rem tunggu dia jalan sedikit, baru gassssss. Ga akan terjadi lag lagi.
- Merawat DSG (Especially DQ200) : VW klaim DQ200 Dry clutch tidak perlu ada penggantian oli, ini salah. Sebaiknya untuk ke awetan DSG setiap 30k Km sekali kita ganti olinya. DQ200 hanya perlu 1.7 liter oli aja, usahakan ganti oli langsung di VW aja.
- Pada saat jalan nanjak jangan nge hold gas supaya mobil ga berhenti, karena itu sama aja ngebakar clutch kita. Baiknya di rem aja karena semua VW ada auto hold, aman.
- DSG Endut"an kalau dipake macet. Solusi : Biasakan jangan langsung lepas gas begitu habis akselerasi pas macet, karena sama seperti transmisi manual engine brakenya bakal berasa banget. Lepas gasnya pelan" saat deselerasi, pasti dia akan mulus.
- Saat mau overtake dan harus downshift, kita ga perlu lepas gas pada saat shifiting. Kalo lepas gas dulu DSG akan mengartikan kita mau slow down, bukan mau akselerasi, biasanya akan terjadi lemot.
"DSG is a game. Play it. Win it. Amaze"
Rasanya segitu dulu yang saya inget, kalau ada yang kurang tepat ataupun salah mohon di diskusikan dan dikoreksi bersama.
Pendahuluan :
DSG ada banyak macam, tapi yang masuk Indoenesia cuma 3
DSG DQ 200 DRY CLUTCH 7 Speed : VW Golf Mk6, Mk7, Scirocco Mk3, Touran 1.4 TSI
DSG DQ 250 WET CLUTCH 6 Speed : VW Tiguan 1.4 TSI, Scirocco 2.0 dan R, Golf GTI
DSG DQ 500 WET CLUTCH 7 Speed : VW Touareg, Golf R
Apa itu DSG ??
Transmisi DSG memiliki 2 Gearbox, setiap Gearbox memiliki kopling masing". Setiap gearbox memiliki gear yang spesifik, (misal DQ200 7 speed Gearbox 1 hanya ada gigi 1 3 5 7, Gearbox 2 : 2 4 6 R) sehingga gearbox selalu ready ketika kita mau shifting. Karena itu DSG memiliki kecepatan Shifting paling cepat diantara semua transmisi, VW Mengklaim untuk Upshifting DSG hanya butuh waktu 8 MS !! 10x lebih cepat dibandingkan dengan automated manual tercepat yang dimiliki BMW (SMG).
Facts about DSG :
-DSG tidak akan menghafal driving style kita seperti at konvensional, karena DSG statically programmed. Jadi mau abis pelan mau ngebut, abis ngebut mau pelan karakter DSG akan tetap seperti biasa.
-DQ200 hardware limitation di 420Nm, standard software limitation di 280Nm, DQ250 hardware limitation di 580Nm, standard software limitation di 350Nm
Common Question & Answer :
Q : Apa yang membuat Mechatronic rusak?
A : Mostly karena overheat. Biasanya penyebabnya adalah macet. Pada umumnya user hanya pakai D aja untuk sehari", nah Software DSG standard sangat cepat shift ke gear 2 walau speed masih sangat rendah untuk fuel saving (ini biasanya menyebabkan juddering di longterm), dan ketika mau berhenti lagi dia shift ke 1. bayangkan dia mau berapa ratus kali shift kalau macet seperti jakarta yang sebentar berhenti sebentar jalan? dia akan cepat panas.
SOLUSI : Bagi yang belum diremap DSGnya, ketika macet pindah mode manual. Biarkan dia stay di gear 1 ketika merayap dan stop n go.
Q : Apakah kalo macet DSG Harus di Netral ?
A : kalau macet sebentar ga harus, karena ecu juga akan disengage kopling kita mobil kita berhenti. Tapi ada baiknya kita pindah ke Netral karena konsumsi BBM akan lebih hemat sedikit. (Netral 0.4l/100km, D 0.7l/100km. Sumber : www.vwvortex.com)
Q : Saat macet harus berhenti total, ga boleh jalan sedikit" ?
A : Bagusnya sih iya, untuk mencegah cluthwear berlebihan. Jika harus creeping pun clutch ga akan habis secepat itu menurut yang saya baca (vwvortex) sekitar 60k-70k km itu juga terus dipakai creeping. (hasil asli sedang saya lagi uji di mobil saya)
Q : Remap Engine, apakah aman buat DSG?
A : Selama tune up ga melewati batas aman, makanya kalau mau remap hanya ke tuner yang certified. Karena mereka pasti sdh bener" R&D bukan asal tune jebol ga tanggung jawab.
Q : Gimana kalo remap engine diluar batas aman ?
A : Biasanya kalau overtuned, palingan flywheel dan clutch kena. Itu disebabkan karena seringnya clutch slip. Kalo parah palingan piston retak sih
Q : Launch Control berbahaya ??
A : Tidak, kalau sekali" sih aman saja. Kalau sering yang bahaya, itu akan menyebabkan transmisi panas dan cepet rusak (mecha, flywheel)
Tips & Trick :
- DSG lag di awal Akselerasi : Ini bukan fault atau pun error. Ini disebabkan karena pada saat berhenti semua clutch akan disengage, jadi pas kita lepas rem clutch baru engage baru dia jalan. Solusi : habis lepas rem tunggu dia jalan sedikit, baru gassssss. Ga akan terjadi lag lagi.
- Merawat DSG (Especially DQ200) : VW klaim DQ200 Dry clutch tidak perlu ada penggantian oli, ini salah. Sebaiknya untuk ke awetan DSG setiap 30k Km sekali kita ganti olinya. DQ200 hanya perlu 1.7 liter oli aja, usahakan ganti oli langsung di VW aja.
- Pada saat jalan nanjak jangan nge hold gas supaya mobil ga berhenti, karena itu sama aja ngebakar clutch kita. Baiknya di rem aja karena semua VW ada auto hold, aman.
- DSG Endut"an kalau dipake macet. Solusi : Biasakan jangan langsung lepas gas begitu habis akselerasi pas macet, karena sama seperti transmisi manual engine brakenya bakal berasa banget. Lepas gasnya pelan" saat deselerasi, pasti dia akan mulus.
- Saat mau overtake dan harus downshift, kita ga perlu lepas gas pada saat shifiting. Kalo lepas gas dulu DSG akan mengartikan kita mau slow down, bukan mau akselerasi, biasanya akan terjadi lemot.
"DSG is a game. Play it. Win it. Amaze"
Rasanya segitu dulu yang saya inget, kalau ada yang kurang tepat ataupun salah mohon di diskusikan dan dikoreksi bersama.
Last edited by Moonshade on Thu Sep 20, 2018 7:30, edited 2 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Nice info. Dari yg saya baca2 semua ud ada disini nih hahaha.. Soalnya dulu sempet mau ngangkut golf tsi tp gajadi..
Tambahan aja:
Buat yang DSG nya masih normal (Map standard) biasakan saat creeping di bikin di D1 (Manual Mode).
Kalo ud di remap biasa sama tuner kalo low speed dia stay di D1.
Tambahan aja:
Buat yang DSG nya masih normal (Map standard) biasakan saat creeping di bikin di D1 (Manual Mode).
Kalo ud di remap biasa sama tuner kalo low speed dia stay di D1.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1344
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Mantab info cara membuat DSG agar menjadi LONGEVITY...
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3441
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Asumsi semua SOP pengunaan DSG yg benar udah dilakukan, apakah DSG bisa seawet torque converter?
Denger2 katanya yg wet clutch lebih awet drpd yg dry. Kenapa di Golf TSI MK7 ga bikin wet aja ya kaya tiguan. Cost productionnya lebih tinggi?
Denger2 katanya yg wet clutch lebih awet drpd yg dry. Kenapa di Golf TSI MK7 ga bikin wet aja ya kaya tiguan. Cost productionnya lebih tinggi?
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
DSG ala VW,... Yah bit better than Mpord DCT,... But equally annoying when need maintenance.
FWD + eRWD + 4WD + 4WD =
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Plus kalo akselerasi dengan manual mode pas up shifting jangan angkat kaki atau kurangi tekanan di pedal gas (berbanding terbalik dengan transmisi amt). Karena pas akselerasi komputer sudah menyiapkan gear selanjutnya dari clutch yang satu nya.Moonshade wrote:Cukup miris setelah melihat banyak sekali orang yang salah kaprah tentang DSG. Tujuan saya membuat thread ini untuk meluruskan issue" salah yang beredar dan untuk berdiskusi tentang transmisi DSG.
Pendahuluan :
DSG ada banyak macam, tapi yang masuk Indoenesia cuma 3
DSG DQ 200 DRY CLUTCH 7 Speed : VW Golf Mk6, Mk7, Scirocco Mk3, Touran 1.4 TSI
DSG DQ 250 WET CLUTCH 6 Speed : VW Tiguan 1.4 TSI, Scirocco 2.0 dan R, Golf GTI
DSG DQ 500 WET CLUTCH 7 Speed : VW Touareg, Golf R
Apa itu DSG ??
Transmisi DSG memiliki 2 Gearbox, setiap Gearbox memiliki kopling masing". Setiap gearbox memiliki gear yang spesifik, (misal DQ200 7 speed Gearbox 1 hanya ada gigi 1 3 5 7, Gearbox 2 : 2 4 6 R) sehingga gearbox selalu ready ketika kita mau shifting. Karena itu DSG memiliki kecepatan Shifting paling cepat diantara semua transmisi, VW Mengklaim untuk Upshifting DSG hanya butuh waktu 8 MS !! 10x lebih cepat dibandingkan dengan automated manual tercepat yang dimiliki BMW (SMG).
Facts about DSG :
-DSG tidak akan menghafal driving style kita seperti at konvensional, karena DSG statically programmed. Jadi mau abis pelan mau ngebut, abis ngebut mau pelan karakter DSG akan tetap seperti biasa.
-DQ200 hardware limitation di 420Nm, standard software limitation di 280Nm, DQ250 hardware limitation di 580Nm, standard software limitation di 350Nm
Common Question & Answer :
Q : Apa yang membuat Mechatronic rusak?
A : Mostly karena overheat. Biasanya penyebabnya adalah macet. Pada umumnya user hanya pakai D aja untuk sehari", nah Software DSG standard sangat cepat shift ke gear 2 walau speed masih sangat rendah untuk fuel saving (ini biasanya menyebabkan juddering di longterm), dan ketika mau berhenti lagi dia shift ke 1. bayangkan dia mau berapa ratus kali shift kalau macet seperti jakarta yang sebentar berhenti sebentar jalan? dia akan cepat panas.
Q : Apakah kalo macet DSG Harus di Netral ?
A : kalau macet sebentar ga harus, karena ecu juga akan disengage kopling kita mobil kita berhenti. Tapi ada baiknya kita pindah ke Netral karena konsumsi BBM akan lebih hemat sedikit. (Netral 0.4l/100km, D 0.7l/100km. Sumber : www.vwvortex.com)
Q : Saat macet harus berhenti total, ga boleh jalan sedikit" ?
A : Bagusnya sih iya, untuk mencegah cluthwear berlebihan. Jika harus creeping pun clutch ga akan habis secepat itu menurut yang saya baca (vwvortex) sekitar 60k-70k km itu juga terus dipakai creeping. (hasil asli sedang saya lagi uji di mobil saya)
Q : Remap Engine, apakah aman buat DSG?
A : Selama tune up ga melewati batas aman, makanya kalau mau remap hanya ke tuner yang certified. Karena mereka pasti sdh bener" R&D bukan asal tune jebol ga tanggung jawab.
Q : Gimana kalo remap engine diluar batas aman ?
A : Biasanya kalau overtuned, palingan flywheel dan clutch kena. Itu disebabkan karena seringnya clutch slip. Kalo parah palingan piston retak sih
Q : Launch Control berbahaya ??
A : Tidak, kalau sekali" sih aman saja. Kalau sering yang bahaya, itu akan menyebabkan transmisi panas dan cepet rusak (mecha, flywheel)
Tips & Trick :
- DSG lag di awal Akselerasi : Ini bukan fault atau pun error. Ini disebabkan karena pada saat berhenti semua clutch akan disengage, jadi pas kita lepas rem clutch baru engage baru dia jalan. Solusi : habis lepas rem tunggu dia jalan sedikit, baru gassssss. Ga akan terjadi lag lagi.
- Merawat DSG (Especially DQ200) : VW klaim DQ200 Dry clutch tidak perlu ada penggantian oli, ini salah. Sebaiknya untuk ke awetan DSG setiap 30k Km sekali kita ganti olinya. DQ200 hanya perlu 1.7 liter oli aja, usahakan ganti oli langsung di VW aja.
- Pada saat jalan nanjak jangan nge hold gas supaya mobil ga berhenti, karena itu sama aja ngebakar clutch kita. Baiknya di rem aja karena semua VW ada auto hold, aman.
- DSG Endut"an kalau dipake macet. Solusi : Biasakan jangan langsung lepas gas begitu habis akselerasi pas macet, karena sama seperti transmisi manual engine brakenya bakal berasa banget. Lepas gasnya pelan" saat deselerasi, pasti dia akan mulus.
- Saat mau overtake dan harus downshift, kita ga perlu lepas gas pada saat shifiting. Kalo lepas gas dulu DSG akan mengartikan kita mau slow down, bukan mau akselerasi, biasanya akan terjadi lemot.
"DSG is a game. Play it. Win it. Amaze"
Rasanya segitu dulu yang saya inget, kalau ada yang kurang tepat ataupun salah mohon di diskusikan dan dikoreksi bersama.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 386
- Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Thanks om buat tambahannya, saya lupa masukin untuk solusi stay in M1. Nanti saya tambahkan di post 1osbertc0ol wrote: ↑Thu Sep 20, 2018 6:02 Nice info. Dari yg saya baca2 semua ud ada disini nih hahaha.. Soalnya dulu sempet mau ngangkut golf tsi tp gajadi..
Tambahan aja:
Buat yang DSG nya masih normal (Map standard) biasakan saat creeping di bikin di D1 (Manual Mode).
Kalo ud di remap biasa sama tuner kalo low speed dia stay di D1.
LONGEVITY tinggi kuat jantan dan tidak lebay
Saya beranikan bilang bisa apa lagi yang wet clutch. Tapi tetap DSG itu ada yang harus diganti jika pemakaian habis yaitu kopling. sedangkan at kovensnional kan ga ada yang harus diganti.kendibocor wrote: ↑Thu Sep 20, 2018 6:52 Asumsi semua SOP pengunaan DSG yg benar udah dilakukan, apakah DSG bisa seawet torque converter?
Denger2 katanya yg wet clutch lebih awet drpd yg dry. Kenapa di Golf TSI MK7 ga bikin wet aja ya kaya tiguan. Cost productionnya lebih tinggi?
Wet jauh lebih awet dari yang dry, yang wet bisa dipakai "seenaknya". Kenapa lebih awet? Simply karena wet itu olinya banyak, jadi ga terlalu panas gearboxnya.
Yes betul production costnya lebih mahal DSG DQ250, makanya VW Develop DSG baru yaitu DQ200. Selain lebih murah cost productionnya, keuntungan lainnya shifting lebih cepat dan lebih bobot ringan. Tapi consnya ya itu, lebih fragile
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Mon Mar 02, 2015 4:55
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
gw nyimak disini deh...haha
Gw tadi baca di forum luar, software yang terbaru katanya sudah memperpanjang d1 pada saat baru jalan, apa efeknya tetep sama aja ya?tetep lebih baik remap(unlock gigi 1 pas macet)?
https://www.team-bhp.com/forum/technica ... ed-16.html
1. The latest software update to the DSG has solved most of the jerking issues. The gearbox now holds gear a little longer and also shifts to 1st gear in very slow crawling traffic to avoid clutch slip as well. This is definitely a good improvement. I have personally experienced this in my Polo GT TSi. However, as this was a very recent update, we have to wait and see how this improves gearbox life in the long term.
Gw tadi baca di forum luar, software yang terbaru katanya sudah memperpanjang d1 pada saat baru jalan, apa efeknya tetep sama aja ya?tetep lebih baik remap(unlock gigi 1 pas macet)?
https://www.team-bhp.com/forum/technica ... ed-16.html
1. The latest software update to the DSG has solved most of the jerking issues. The gearbox now holds gear a little longer and also shifts to 1st gear in very slow crawling traffic to avoid clutch slip as well. This is definitely a good improvement. I have personally experienced this in my Polo GT TSi. However, as this was a very recent update, we have to wait and see how this improves gearbox life in the long term.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Thu Apr 07, 2016 2:28
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
kalo polo pake DSG yg mana om?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Thanx infonya Om Moonshade dan suhu yang lain
Sempat pengin angkat Touran 2nd karena harganya menggiurkan, tapi entah kalo baca-baca selalu saja merasa ngeri-ngeri sedap. Apalagi ternyata pake DQ200
Sempat pengin angkat Touran 2nd karena harganya menggiurkan, tapi entah kalo baca-baca selalu saja merasa ngeri-ngeri sedap. Apalagi ternyata pake DQ200
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 386
- Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
yup, seperti yang sudah saya jelaskan di atasiwansiagian wrote: ↑Thu Sep 20, 2018 7:26Plus kalo akselerasi dengan manual mode pas up shifting jangan angkat kaki atau kurangi tekanan di pedal gas (berbanding terbalik dengan transmisi amt). Karena pas akselerasi komputer sudah menyiapkan gear selanjutnya dari clutch yang satu nya.Moonshade wrote: - Saat mau overtake dan harus downshift, kita ga perlu lepas gas pada saat shifiting. Kalo lepas gas dulu DSG akan mengartikan kita mau slow down, bukan mau akselerasi, biasanya akan terjadi lemot.
"DSG is a game. Play it. Win it. Amaze"
Rasanya segitu dulu yang saya inget, kalau ada yang kurang tepat ataupun salah mohon di diskusikan dan dikoreksi bersama.
Belum tahu untuk latest softwarenya, soalnya DSG saya sdh remap stage 2+. Jadi ga nungguin info software original untuk update lagi.andrianpratama wrote: ↑Thu Sep 20, 2018 7:44 gw nyimak disini deh...haha
Gw tadi baca di forum luar, software yang terbaru katanya sudah memperpanjang d1 pada saat baru jalan, apa efeknya tetep sama aja ya?tetep lebih baik remap(unlock gigi 1 pas macet)?
https://www.team-bhp.com/forum/technica ... ed-16.html
1. The latest software update to the DSG has solved most of the jerking issues. The gearbox now holds gear a little longer and also shifts to 1st gear in very slow crawling traffic to avoid clutch slip as well. This is definitely a good improvement. I have personally experienced this in my Polo GT TSi. However, as this was a very recent update, we have to wait and see how this improves gearbox life in the long term.
kalau bener begitu sih uda no worry lagi ya walaupun tampa remap software. Dilihat dulu kode softwarenya brp, nanti cek ke beres untuk update. Gratis kok kalau update"an.
semua Polo pake DSG om
Sama" om semoga posting saya bisa membantu. Nothing to worry kok, asal kalo 2nd bawa ke VW PIK suruh general check up. Jika ada fault tanya bisa goodwill gak? kalo ga bisa cari yang lain
Yes indeed, everything is annoying when it need maintenance. Untungnya beres VW sangat supportif kalo ada apa"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 382
- Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
mantab penjelasannya.. thank you for info.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Wed Sep 11, 2013 1:26
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
thanks infonya om moonshade...
buat momod tolong trit yg ky gini di pinned...gw tinggalin jejak dimari
buat momod tolong trit yg ky gini di pinned...gw tinggalin jejak dimari
-
- SM Moderator
- Posts: 811
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Keren bgt om penjelasannya, ane aja gk bisa membahasakan yg cukup mudah dimengerti. Ane cuman pake feeling doang selama 4 tahun pake mk7,Moonshade wrote: ↑Thu Sep 20, 2018 5:48 Cukup miris setelah melihat banyak sekali orang yang salah kaprah tentang DSG. Tujuan saya membuat thread ini untuk meluruskan issue" salah yang beredar dan untuk berdiskusi tentang transmisi DSG.
Pendahuluan :
DSG ada banyak macam, tapi yang masuk Indoenesia cuma 3
DSG DQ 200 DRY CLUTCH 7 Speed : VW Golf Mk6, Mk7, Scirocco Mk3, Touran 1.4 TSI
DSG DQ 250 WET CLUTCH 6 Speed : VW Tiguan 1.4 TSI, Scirocco 2.0 dan R, Golf GTI
DSG DQ 500 WET CLUTCH 7 Speed : VW Touareg, Golf R
Apa itu DSG ??
Transmisi DSG memiliki 2 Gearbox, setiap Gearbox memiliki kopling masing". Setiap gearbox memiliki gear yang spesifik, (misal DQ200 7 speed Gearbox 1 hanya ada gigi 1 3 5 7, Gearbox 2 : 2 4 6 R) sehingga gearbox selalu ready ketika kita mau shifting. Karena itu DSG memiliki kecepatan Shifting paling cepat diantara semua transmisi, VW Mengklaim untuk Upshifting DSG hanya butuh waktu 8 MS !! 10x lebih cepat dibandingkan dengan automated manual tercepat yang dimiliki BMW (SMG).
Facts about DSG :
-DSG tidak akan menghafal driving style kita seperti at konvensional, karena DSG statically programmed. Jadi mau abis pelan mau ngebut, abis ngebut mau pelan karakter DSG akan tetap seperti biasa.
-DQ200 hardware limitation di 420Nm, standard software limitation di 280Nm, DQ250 hardware limitation di 580Nm, standard software limitation di 350Nm
Common Question & Answer :
Q : Apa yang membuat Mechatronic rusak?
A : Mostly karena overheat. Biasanya penyebabnya adalah macet. Pada umumnya user hanya pakai D aja untuk sehari", nah Software DSG standard sangat cepat shift ke gear 2 walau speed masih sangat rendah untuk fuel saving (ini biasanya menyebabkan juddering di longterm), dan ketika mau berhenti lagi dia shift ke 1. bayangkan dia mau berapa ratus kali shift kalau macet seperti jakarta yang sebentar berhenti sebentar jalan? dia akan cepat panas.
SOLUSI : Bagi yang belum diremap DSGnya, ketika macet pindah mode manual. Biarkan dia stay di gear 1 ketika merayap dan stop n go.
Q : Apakah kalo macet DSG Harus di Netral ?
A : kalau macet sebentar ga harus, karena ecu juga akan disengage kopling kita mobil kita berhenti. Tapi ada baiknya kita pindah ke Netral karena konsumsi BBM akan lebih hemat sedikit. (Netral 0.4l/100km, D 0.7l/100km. Sumber : www.vwvortex.com)
Q : Saat macet harus berhenti total, ga boleh jalan sedikit" ?
A : Bagusnya sih iya, untuk mencegah cluthwear berlebihan. Jika harus creeping pun clutch ga akan habis secepat itu menurut yang saya baca (vwvortex) sekitar 60k-70k km itu juga terus dipakai creeping. (hasil asli sedang saya lagi uji di mobil saya)
Q : Remap Engine, apakah aman buat DSG?
A : Selama tune up ga melewati batas aman, makanya kalau mau remap hanya ke tuner yang certified. Karena mereka pasti sdh bener" R&D bukan asal tune jebol ga tanggung jawab.
Q : Gimana kalo remap engine diluar batas aman ?
A : Biasanya kalau overtuned, palingan flywheel dan clutch kena. Itu disebabkan karena seringnya clutch slip. Kalo parah palingan piston retak sih
Q : Launch Control berbahaya ??
A : Tidak, kalau sekali" sih aman saja. Kalau sering yang bahaya, itu akan menyebabkan transmisi panas dan cepet rusak (mecha, flywheel)
Tips & Trick :
- DSG lag di awal Akselerasi : Ini bukan fault atau pun error. Ini disebabkan karena pada saat berhenti semua clutch akan disengage, jadi pas kita lepas rem clutch baru engage baru dia jalan. Solusi : habis lepas rem tunggu dia jalan sedikit, baru gassssss. Ga akan terjadi lag lagi.
- Merawat DSG (Especially DQ200) : VW klaim DQ200 Dry clutch tidak perlu ada penggantian oli, ini salah. Sebaiknya untuk ke awetan DSG setiap 30k Km sekali kita ganti olinya. DQ200 hanya perlu 1.7 liter oli aja, usahakan ganti oli langsung di VW aja.
- Pada saat jalan nanjak jangan nge hold gas supaya mobil ga berhenti, karena itu sama aja ngebakar clutch kita. Baiknya di rem aja karena semua VW ada auto hold, aman.
- DSG Endut"an kalau dipake macet. Solusi : Biasakan jangan langsung lepas gas begitu habis akselerasi pas macet, karena sama seperti transmisi manual engine brakenya bakal berasa banget. Lepas gasnya pelan" saat deselerasi, pasti dia akan mulus.
- Saat mau overtake dan harus downshift, kita ga perlu lepas gas pada saat shifiting. Kalo lepas gas dulu DSG akan mengartikan kita mau slow down, bukan mau akselerasi, biasanya akan terjadi lemot.
"DSG is a game. Play it. Win it. Amaze"
Rasanya segitu dulu yang saya inget, kalau ada yang kurang tepat ataupun salah mohon di diskusikan dan dikoreksi bersama.
Tapi ane baru tau ternyata ada remap dsg ya, coba dlu ane jg remap dsg. Tp unit ane selama 4 tahun aman aja dsg dan mecha nya. Mudah2an tetep aman sama pemilik yg baru
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 386
- Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
anakgembrot wrote: ↑Thu Sep 20, 2018 10:32 thanks infonya om moonshade...
buat momod tolong trit yg ky gini di pinned...gw tinggalin jejak dimari
Sama sama om, nanti kalau ada update saya info lagianakgembrot wrote: ↑Thu Sep 20, 2018 10:32 thanks infonya om moonshade...
buat momod tolong trit yg ky gini di pinned...gw tinggalin jejak dimari
Makasih Om Rizki, saya juga banyak belajar dari omr12qiSonH4ji wrote: ↑Thu Sep 20, 2018 11:04 Keren bgt om penjelasannya, ane aja gk bisa membahasakan yg cukup mudah dimengerti. Ane cuman pake feeling doang selama 4 tahun pake mk7,
Tapi ane baru tau ternyata ada remap dsg ya, coba dlu ane jg remap dsg. Tp unit ane selama 4 tahun aman aja dsg dan mecha nya. Mudah2an tetep aman sama pemilik yg baru
DSG remap dinegara lain sih dari dulu udah ada. Tapi baru masuk Indonesia pertengahan tahun ini, masih baru banget memang.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Mon Mar 02, 2015 4:55
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
sip , ke Pik dl buat konsulMoonshade wrote: ↑Thu Sep 20, 2018 9:38
Belum tahu untuk latest softwarenya, soalnya DSG saya sdh remap stage 2+. Jadi ga nungguin info software original untuk update lagi.
kalau bener begitu sih uda no worry lagi ya walaupun tampa remap software. Dilihat dulu kode softwarenya brp, nanti cek ke beres untuk update. Gratis kok kalau update"an.
o iya mau tanya masalah di pas macet ataupun tanjakan,
kalau kita injak rem kan kopling otomatis disengaged ya? nah,pernah baca, katanya injek nya jangan setengah2, itu mksdnya gmn ya? apa kl posisi rem cm injek 50%, kopling blom lepas?atau mksdnya pas merayap, jgn sambil injek rem?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Fri Jan 18, 2019 15:23
- Location: Tegal
- Daily Vehicle: Agya
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Salam kenal om, saya rencana mau ambil vw touran 2012 harga 155.. untuk transmisi nya apakah rewel sama dengan mk6?, mobil rencana buat saya dengan istri yang lagi hamil dan di pake untuk kendaraan operasional dan lokasi saya di jawa tengah tidak ada bengkel ataupun dealer vw.. maaf saya baru newbie
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Touran DSG 6 speed apa 7 speed ya?tommylee87 wrote: ↑Wed Jan 30, 2019 13:13 Salam kenal om, saya rencana mau ambil vw touran 2012 harga 155.. untuk transmisi nya apakah rewel sama dengan mk6?, mobil rencana buat saya dengan istri yang lagi hamil dan di pake untuk kendaraan operasional dan lokasi saya di jawa tengah tidak ada bengkel ataupun dealer vw.. maaf saya baru newbie
Kalo itu 7 Speed sih lebih baik hindarin menurut saya. gaenak kalo mobil operasional tiba2 ada problem dan nggak ada bengkel VW, apalagi istri lg hamil.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Jadi golf mk7 masih pakai dry clutch seperti mk6 ya? Lalu apa yang membedakan dengan mk6? Kenapa di mk7 sepertinya lebih sedikit keluhan mengenai gearbox ini?
Saya tadinya tertarik ambil mk6 tetapi karena sering baca keluhan masalah mechatronic ini, saya jadi berfikir untuk menunggu janda mk7 saja turun harga sesuai kantong..
Saya tadinya tertarik ambil mk6 tetapi karena sering baca keluhan masalah mechatronic ini, saya jadi berfikir untuk menunggu janda mk7 saja turun harga sesuai kantong..
-
- SM Moderator
- Posts: 811
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Masih sama2 pake dryclutchPugman wrote: ↑Wed Jan 30, 2019 16:57 Jadi golf mk7 masih pakai dry clutch seperti mk6 ya? Lalu apa yang membedakan dengan mk6? Kenapa di mk7 sepertinya lebih sedikit keluhan mengenai gearbox ini?
Saya tadinya tertarik ambil mk6 tetapi karena sering baca keluhan masalah mechatronic ini, saya jadi berfikir untuk menunggu janda mk7 saja turun harga sesuai kantong..
Sebenernya jg menurut salah 1 member nuvolks, mecha thn 2012 ke atas sdh aman, tidak terlalu banyak masalah
Tapi klo memang melihat banyaknya kasus, mk7 jauh lebih safe dibanding mk6, oia sekarang janda mk7 dah banyak yg kepala 200an om
Semanggaattt buat minang mk7 nya om,
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Yes.. Tinggal nunggu sampai harganya di 200kecilr12qiSonH4ji wrote: ↑Thu Jan 31, 2019 5:14Masih sama2 pake dryclutchPugman wrote: ↑Wed Jan 30, 2019 16:57 Jadi golf mk7 masih pakai dry clutch seperti mk6 ya? Lalu apa yang membedakan dengan mk6? Kenapa di mk7 sepertinya lebih sedikit keluhan mengenai gearbox ini?
Saya tadinya tertarik ambil mk6 tetapi karena sering baca keluhan masalah mechatronic ini, saya jadi berfikir untuk menunggu janda mk7 saja turun harga sesuai kantong..
Sebenernya jg menurut salah 1 member nuvolks, mecha thn 2012 ke atas sdh aman, tidak terlalu banyak masalah
Tapi klo memang melihat banyaknya kasus, mk7 jauh lebih safe dibanding mk6, oia sekarang janda mk7 dah banyak yg kepala 200an om
Semanggaattt buat minang mk7 nya om,
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Fri Jan 18, 2019 15:23
- Location: Tegal
- Daily Vehicle: Agya
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Akhirnya saya ambil touran nya di km 15 rb.. moga2 aman transmisi nyahttps://www.serayamotor.com/diskusi/posting.php ... =4&t=27461#
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Jun 18, 2018 1:44
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Brio
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Mntap akhirnya ad bahas DSG VW
Klo tiguan 2013-14 apakah bisa kena problem jg kalo sering jln macet? Rencana mau hunting 2nd
Mhn infonya
Klo tiguan 2013-14 apakah bisa kena problem jg kalo sering jln macet? Rencana mau hunting 2nd
Mhn infonya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2554
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
Btw, Scirocco R (pre facelift) masih anteng di 500jt bekasnya. Susah anjlok memang ya kalau 2 pintu...
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1517
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: all About Direct Shift Gearbox (DSG)
touran kalo ga salah double charger ya om...turbo & supercharge..tommylee87 wrote: ↑Tue Feb 05, 2019 13:31 Akhirnya saya ambil touran nya di km 15 rb.. moga2 aman transmisi nyahttps://www.serayamotor.com/diskusi/posting.php ... =4&t=27461#
lari-nya ganas ni mobil, dulu pernah ngetest jaman pertama kali keluar