Conserving Stick Shift di Civic

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

donoseraya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Fri Nov 21, 2014 2:35

Conserving Stick Shift di Civic

Post by donoseraya »

Berhubung saat ini semakin banyak pabrikan mobil yang mendorong konsumen beralih ke matic, sebagai pengguna mobil yang dari mengenal,belajar,hingga akhirnya bisa punya mobil sendiri, rasanya sayang melewatkan sensasi berkendara menggunakan matic. Kecuali tipe2 tertentu yang memang lebih cocok matic daripada manual.

Saya sendiri penggemar dan pengguna merek H tegak, namun belakangan ini produk yang dihasilkan cenderung lebih mengikuti selera pasar dibanding idealisme H tegak, which is, IMHO totally fine. Banyak improvement yang dihasilkan, namun tidak sedikit pula mengurangi build quality brand itu sendiri.

Sebagai orang yang lebih banyak dibelakang kemudi, saya merasakan koneksi dengan kendaraan yang saya gunakan dari penggunaan stick shift itu sendiri, meskipun keadaan lalu lintas di ibu kota dsk belakangan ini cenderung tidak beradab bagi mobil dengan teknologi stick shift, namun saya masih mencoba bertahan.

Civic adalah salah satu sub brand H yang cukup lama mengakar di keluarga saya, mulai dari Excellent, Wonder, Grand, Genio, sempet ke City Z, FD1 2006, hingga sekarang FD1 2010 dan Jazz 2011. Kesemuanya manual. Dan saya merasakan ada kenikmatan tersendiri mengendarai mobil manual. Namun belakangan, H memutuskan hanya CVT utk civic terbarunya, yang menurut saya cukup unik, mengingat di luar, FK series ini masih mengadopsi manual, dan diapresiasi dengan baik pula.

H, dari beberapa artikel yang saya baca dikenal salah satu pembuat gearbox manual terbaik di dunia. Sayangnya disini kenikmatan tersebut terhenti hingga civic FB. Tadinya saya memiliki ekspektasi tinggi FK akan dibekali dengan manual, ternyata itu hanya ekspektasi belaka. Saya sendiri belum secara terus menerus mengemudikan mobil cvt, hanya membayangkan betapa blandnya berkendara dengan cvt untuk civic.

Lain halnya bila itu accord atau odyssey. Untung saja, beberapa line up H masih menggunakan manual, seperti Jazz, City, Brio, Hrv, Mobilio, Brv. Hrv masuk dalam pertimbangan saya, karena 6speed M/T, electronic parking brake, discbrake 4 roda. Tapi bobotnya yang menyerupai civic FD membuat saya sedikit berpikir, sementara cc beda dengan FD. Meskipun in real life driving condition hal ini tidak akan kentara, namun balik lagi, selain dikenal pembuat gearbox manual, mobil H dikenal dengan bobot ringan.

Type Z merupakan contoh sedan bobot ringan dari H, dan saya merasa puas menggunakannya. Tenaganya meledak-ledak dan tidak rewel mobilnya, meskipun waktu itu sempat ganti ECU :big_dunno:.

Sedikit harapan, semoga H memasukkan stick shift untuk varian civic, dan jangan bilang, kan sudah ada type R.

civic enthusiast
964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by 964 »

Manual itu bikin kopi yang bijinya di giling sendiri, takar sendiri, seduh sendiri, minumnya menjadi semacam ritual. Matik itu beli kopi di coffe shop.

Tapi dalam beberapa moment butuh jg minum kopi bikinan orang lain.
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by levofloxacine »

saya sebagai sesama pemakai civic FD manual, dan jazz GD manual juga sangat kecewa ternyata civic FK tidak dimasukkan versi manualnya.., padahal tadinya sudah berencana buat miara FK manual...tp sayang seribu sayang om Jonfis membuyarkan impian saya...
Jujur memang kondisi traffic saat ini tidak mudah bertahan bagi pengguna manual untuk tetap setia, tetapi transmisi manual H yg short shift ini mmg beda dibanding merk lain...selain itu saya jg bukan fans transmisi CVT H, pengalaman setahun bersama Jazz GK CVT membuat saya merasa menyetir terasa bland..and boring...
dan sampai sekarang masih mimpi mau meminang bekasnya FD2R.... :big_childish: :frm_bang_head:
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by levofloxacine »

btw sedikit ralat om, FK yg ane maksud FC... :ngacir:
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by fizrmen »

diluar masih ada FK7 Sport Touring 182ps 6MT padahal, liat video 0-100 nya asik bgt throttle responsenya.....
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by fizrmen »

levofloxacine wrote: Wed Sep 12, 2018 7:52 saya sebagai sesama pemakai civic FD manual, dan jazz GD manual juga sangat kecewa ternyata civic FK tidak dimasukkan versi manualnya.., padahal tadinya sudah berencana buat miara FK manual...tp sayang seribu sayang om Jonfis membuyarkan impian saya...
Jujur memang kondisi traffic saat ini tidak mudah bertahan bagi pengguna manual untuk tetap setia, tetapi transmisi manual H yg short shift ini mmg beda dibanding merk lain...selain itu saya jg bukan fans transmisi CVT H, pengalaman setahun bersama Jazz GK CVT membuat saya merasa menyetir terasa bland..and boring...
dan sampai sekarang masih mimpi mau meminang bekasnya FD2R.... :big_childish: :frm_bang_head:
impor FK7 manual sendiri aja.... :ngacir: :ngacir: :ngacir:

ngomong2 FD2R..... saya yg pengguna FD2 juga ngiler mampus liatnya....
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by ChZ »

uhm sebagai sesama civic enthusiast... jujur sampe hari ini justru ga pernah pegang civic stickshift :mky_01: tp CVT di civic terbaru gak se-bland yang oom bayangkan... try it. Krn saya pake 3 generasi civic FD FB dan skrg FK, FD dan FB 5AT dan di FK jauh lebih baik.

Ya saya bisa paham sebagai enthusiast pun dan nyoba beberapa Honda manual pun memang masih yang paling enak ...

cm ya bagaimanapun kita kalo dari sisi "pedagang", sulit untuk tidak mengikuti selera market. Mobil itu barang yang mesti muternya cepet, kalo nggak laku mesti diobral berapapun harganya. Kadang ada yang begitu desperate sampe ditawar sadis konsumen juga dikasih karena pengen segera itu barang laku, klo nggak malah jadi liability krn mobil harganya selalu turun tiap taun...

So, no MT for turbo civics... ya agak mengecewakan... saya sendiri penasaran gimana rasanya krn review nya di luar negeri begitu positif. Mungkin gak masuk itung-itungan bisnisnya HPM kalo masukin Civic 1.5T MT... mungkin trend nya terus menurun dari FD dan FB, dan trend sekarang kan emang geser ke auto... avanza kijang aja yang laris auto... pdhl dulu jualan manual doank jg larisnya cem kacang goreng.

Ya memang untuk true enthusiast kata "kan ada type R" lebih relevan :mky_01: mungkin type R lebih masuk ke itung-itungan bisnis HPM...

Ngomong-ngomong brand yang jual "fun" seperti Mazda dan BMW juga nggak punya varian manual di produknya... Mazda2 dulu ada skrg dah dihapus, BMW dan MINI Cooper yang katanya gokart feel juga cuma ada auto. Memang si masih pada pake torcon cm kan context nya bahas transmisi manual...

ya poinnya tetep karena pergeseran trend aja jadi nggak masuk itung-itungan bisnis.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by fizrmen »

ChZ wrote: Wed Sep 12, 2018 8:07 uhm sebagai sesama civic enthusiast... jujur sampe hari ini justru ga pernah pegang civic stickshift :mky_01: tp CVT di civic terbaru gak se-bland yang oom bayangkan... try it. Krn saya pake 3 generasi civic FD FB dan skrg FK, FD dan FB 5AT dan di FK jauh lebih baik.

Ya saya bisa paham sebagai enthusiast pun dan nyoba beberapa Honda manual pun memang masih yang paling enak ...

cm ya bagaimanapun kita kalo dari sisi "pedagang", sulit untuk tidak mengikuti selera market. Mobil itu barang yang mesti muternya cepet, kalo nggak laku mesti diobral berapapun harganya. Kadang ada yang begitu desperate sampe ditawar sadis konsumen juga dikasih karena pengen segera itu barang laku, klo nggak malah jadi liability krn mobil harganya selalu turun tiap taun...

So, no MT for turbo civics... ya agak mengecewakan... saya sendiri penasaran gimana rasanya krn review nya di luar negeri begitu positif. Mungkin gak masuk itung-itungan bisnisnya HPM kalo masukin Civic 1.5T MT... mungkin trend nya terus menurun dari FD dan FB, dan trend sekarang kan emang geser ke auto... avanza kijang aja yang laris auto... pdhl dulu jualan manual doank jg larisnya cem kacang goreng.

Ya memang untuk true enthusiast kata "kan ada type R" lebih relevan :mky_01: mungkin type R lebih masuk ke itung-itungan bisnis HPM...
kemungkinan terbesar karena thailand gadapet MT, thailand aja gadapet apalagi kita, pitur thailand aja boro2 dapet :big_dunno:
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by sintoni »

fizrmen wrote: Wed Sep 12, 2018 8:03
levofloxacine wrote: Wed Sep 12, 2018 7:52 saya sebagai sesama pemakai civic FD manual, dan jazz GD manual juga sangat kecewa ternyata civic FK tidak dimasukkan versi manualnya.., padahal tadinya sudah berencana buat miara FK manual...tp sayang seribu sayang om Jonfis membuyarkan impian saya...
Jujur memang kondisi traffic saat ini tidak mudah bertahan bagi pengguna manual untuk tetap setia, tetapi transmisi manual H yg short shift ini mmg beda dibanding merk lain...selain itu saya jg bukan fans transmisi CVT H, pengalaman setahun bersama Jazz GK CVT membuat saya merasa menyetir terasa bland..and boring...
dan sampai sekarang masih mimpi mau meminang bekasnya FD2R.... :big_childish: :frm_bang_head:
impor FK7 manual sendiri aja.... :ngacir: :ngacir: :ngacir:

ngomong2 FD2R..... saya yg pengguna FD2 juga ngiler mampus liatnya....
Tinggal siapin 500 jutaan ga perlu ngiler kok.

:mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by ChZ »

fizrmen wrote: Wed Sep 12, 2018 8:09 kemungkinan terbesar karena thailand gadapet MT, thailand aja gadapet apalagi kita, pitur thailand aja boro2 dapet :big_dunno:
ya sama sih skrg trendnya kan emang geser ke metik... mungkin di thai pasarnya jg metik.

CR-V kita yang CKD pun dapetnya metik semua skrg ga da MT padahal RM dulu ada MT.

negara yang masih demen manual sih india dan UK aja...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by fizrmen »

ChZ wrote: Wed Sep 12, 2018 8:17
fizrmen wrote: Wed Sep 12, 2018 8:09 kemungkinan terbesar karena thailand gadapet MT, thailand aja gadapet apalagi kita, pitur thailand aja boro2 dapet :big_dunno:
ya sama sih skrg trendnya kan emang geser ke metik... mungkin di thai pasarnya jg metik.

CR-V kita yang CKD pun dapetnya metik semua skrg ga da MT padahal RM dulu ada MT.

negara yang masih demen manual sih india dan UK aja...
Murica dah turun ya manual enthusiast?
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by ChZ »

fizrmen wrote: Wed Sep 12, 2018 8:26
Murica dah turun ya manual enthusiast?
Murican?

Image
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by levofloxacine »

ChZ wrote: Wed Sep 12, 2018 8:17
fizrmen wrote: Wed Sep 12, 2018 8:09 kemungkinan terbesar karena thailand gadapet MT, thailand aja gadapet apalagi kita, pitur thailand aja boro2 dapet :big_dunno:
ya sama sih skrg trendnya kan emang geser ke metik... mungkin di thai pasarnya jg metik.

CR-V kita yang CKD pun dapetnya metik semua skrg ga da MT padahal RM dulu ada MT.

negara yang masih demen manual sih india dan UK aja...
betul om mmg demand matic skrg sangat tinggi, kursus menyetir pun banyakan yg belajar matic...which is yang menurut saya buat apa dikursusin.. :big_bored: , niscaya beberapa taun ke depan makin bergeser, kelas compact pun ga ada manualnya lg...extinct..
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by qushay20019 »

Saya juga penggemar MT alias stick shift. Di keluarga ada City VTEC MT 2007 & BRV E MT 2016. Kalo dibandingin, jauuuh lebih enak pake MT yg City daripada yg BRV. Mungkin emang beda kelas kali ya...
Jadi kalo ada pernyataan H tegak makes the best MT cars, liat dulu mobilnya apa...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by ChZ »

levofloxacine wrote: Wed Sep 12, 2018 8:32
betul om mmg demand matic skrg sangat tinggi, kursus menyetir pun banyakan yg belajar matic...which is yang menurut saya buat apa dikursusin.. :big_bored: , niscaya beberapa taun ke depan makin bergeser, kelas compact pun ga ada manualnya lg...extinct..
kebanyakan kursus metik cewe sih pelanggannya klo saya liat dan itu cukup wajar ... cewe kebanyakan ga terlalu butuh bisa pake 3 pedals krn jarang disuruh jadi supir. adik ane blajar nyetir dari 10 th yg lalu jg sampe skrg ga bisa pake manual.

klo laki, ya wajib bisa... kan lucu tar disetirin cewek yang bisa 3 pedals...

Klo ngomong extinct tinggal liat trend nya, mobil yang dikembangin buat pasar india biasanya akan tetep ada varian manual... indonesia sebenernya di masih banyak yang pake manual terutama taksi onlen. ya ke depan yang bakal ada manual cuma truk dan mobil kasta "murah" ...

Tapi klo mobil mewah jelas gak mungkin ada manual krn demand terlalu kecil... kecuali yang memang sportscar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by dizco »

ChZ wrote: Wed Sep 12, 2018 8:47
levofloxacine wrote: Wed Sep 12, 2018 8:32
betul om mmg demand matic skrg sangat tinggi, kursus menyetir pun banyakan yg belajar matic...which is yang menurut saya buat apa dikursusin.. :big_bored: , niscaya beberapa taun ke depan makin bergeser, kelas compact pun ga ada manualnya lg...extinct..
kebanyakan kursus metik cewe sih pelanggannya klo saya liat dan itu cukup wajar ... cewe kebanyakan ga terlalu butuh bisa pake 3 pedals krn jarang disuruh jadi supir. adik ane blajar nyetir dari 10 th yg lalu jg sampe skrg ga bisa pake manual.

klo laki, ya wajib bisa... kan lucu tar disetirin cewek yang bisa 3 pedals...

Klo ngomong extinct tinggal liat trend nya, mobil yang dikembangin buat pasar india biasanya akan tetep ada varian manual... indonesia sebenernya di masih banyak yang pake manual terutama taksi onlen. ya ke depan yang bakal ada manual cuma truk dan mobil kasta "murah" ...

Tapi klo mobil mewah jelas gak mungkin ada manual krn demand terlalu kecil... kecuali yang memang sportscar.
https://www.porsche.com/usa/models/911/ ... l-gearbox/

porsche to the rescue :mky_02:
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
fikrirukmanaa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by fikrirukmanaa »

Setau ane, civic fc 1.5 biasa itu (yang tenaga 173hp) memang cvt semua. Kalo mau manual harus loncat ke civic Si atau type R sekalian. Civic Si pun kayaknya cuma ada di US makanya market lain ga kebagian yg manual. CMIIW
fikrirukmanaa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by fikrirukmanaa »

ChZ wrote: Wed Sep 12, 2018 8:47
levofloxacine wrote: Wed Sep 12, 2018 8:32
betul om mmg demand matic skrg sangat tinggi, kursus menyetir pun banyakan yg belajar matic...which is yang menurut saya buat apa dikursusin.. :big_bored: , niscaya beberapa taun ke depan makin bergeser, kelas compact pun ga ada manualnya lg...extinct..
kebanyakan kursus metik cewe sih pelanggannya klo saya liat dan itu cukup wajar ... cewe kebanyakan ga terlalu butuh bisa pake 3 pedals krn jarang disuruh jadi supir. adik ane blajar nyetir dari 10 th yg lalu jg sampe skrg ga bisa pake manual.

klo laki, ya wajib bisa... kan lucu tar disetirin cewek yang bisa 3 pedals...

Klo ngomong extinct tinggal liat trend nya, mobil yang dikembangin buat pasar india biasanya akan tetep ada varian manual... indonesia sebenernya di masih banyak yang pake manual terutama taksi onlen. ya ke depan yang bakal ada manual cuma truk dan mobil kasta "murah" ...

Tapi klo mobil mewah jelas gak mungkin ada manual krn demand terlalu kecil... kecuali yang memang sportscar.
Yes, ane setuju kalo laki2 sebisa mungkin harus mahir manual. Ane anak tunggal dan bokap udah kena asam urat. Jadi kalo nyetir ya memang ganti2an ane sama bokap.
Tapi temen2 deket ane yg cewek rata2 masih bawa manual. Soalnya mobil mereka biasanya dikasih bekas ortunya.
964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by 964 »

CMIIW. Kedepannya, trend retro bakal hadir dalam dunia mobil. Fashion sudah, musik sudah, architecture sudah, motor sudah, dll. Yang paling lambat adalah mobil, tapi belakangan bau2nya sudah dimulai oleh Porsche. Dan manual merupakan fitur wajib untuk retro.

Mobil2 pekerja yg dulu manual berganti matic, dan manual bakal tetap hadir di mobil2 yg dibuat khusus dan spesial.
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by pradit_d »

Ane jg penggemar stick shift. Nyambung dari cerita di salah satu trid kmrn, ternyata baru tau ada accord cp manual. Ada harapan lah buat punya mobil enak yg tahunnya ga tua banget tp transmisi manual. Ntar klo dah menetap pasti di indo ane mulai berburu tuh mobil, walaupun disni ya ada kembaran mobnasnya (proton perdana) gpp lah. Waktu ke london, puas jg nyobain ford mondeo n kia optima manual, harapannya nih accord rasanya bisa deket2 itu.
:big_peace:
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by nyotsaeba »

Sama2 manualhead nih, apalagi pake desel modern manual, jambakannya bikin nagih um, rasa2nya manual akan pasti ada terus di kelas suv/mpv lederprem, kl di sedan mah suramm
User avatar
kramatbatu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: NCP93

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by kramatbatu »

izin nimbrung om kebetulan masa kecil sy jg bareng merk H tegak. dr jaman kecil bpk sy pny accord prestige lanjut ke grand civic lanjut lg ke cielo lanjut lg ke ferio 2000 & mentok di civic es 2001 manual. dia blg sedan2 H tegak ini fun to drive sekali. pas jaman sy kuliah sy beli kembali civic es 2003 vti mt ( facelift 1 ) & sy ngerasa fun to drive dgn civic betul spti apa yg bpk sy blg. cocok buat yg hobby nyetir manual. skrg keluarga sy pindah ke merk T & suatu saat pgen pny civic FD manual ( mbl impian bpk sy & sy sendiri ) krn modelnya timeless :mky_01:
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
muvaed
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Dec 05, 2015 9:25

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by muvaed »

Takut EGT nya terbang mereen kalo cibo Crbo kasih MT..... hanya sebatas tebalan ane yaah om om
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by ChZ »

dizco wrote: Wed Sep 12, 2018 8:54

https://www.porsche.com/usa/models/911/ ... l-gearbox/

porsche to the rescue :mky_02:
Yup porsche salah satu yang masih conserving stickshift di lini nya... walaupun tetep fokus di pengembangan PDK karena pernah ada statement kalo dia ngembangin PDK supaya driver bisa lebih fokus ke kontrol steering.

Jujur sih lebih gak sulit untuk pabrikan supercar seperti Porsche untuk memperhatikan enthusiast karena marketnya dia ya pasti enthusiast. Jarang ada orang mau beli Porsche 911 karena mau gaya, buat gaya dah kalah sama banteng dan kuda...

Ferrari dan Lambo sudah go AMT dan no manual opt... krn ya tau lah orang beli si kuda jingkrak atau si banteng nyeruduk mayoritas cm buat bergaya.

Gak kebayang klo Lambo MT, itu princess syahrini kakinya udah patah kali ya... stock power 700PS koplingnya gak kebayang beratnya... yang 300hp aja ngeri. :ngacir:
fikrirukmanaa wrote: Wed Sep 12, 2018 8:56 Setau ane, civic fc 1.5 biasa itu (yang tenaga 173hp) memang cvt semua. Kalo mau manual harus loncat ke civic Si atau type R sekalian. Civic Si pun kayaknya cuma ada di US makanya market lain ga kebagian yg manual. CMIIW
FC/FK 1.5T di UK yang notabene negara masih demen 3 pedals, ada versi MT nya. Tenaga lebih besar yang CVT 173PS yang MT 182PS.

Di forum Civic internasional juga pada bilang klo demen tune, mesin 1.5T nya bisa lebih maksimal di versi MT ga kehalang girbok. CVT nya terbatas di limit 300Nm klo mau tune.
fikrirukmanaa wrote: Wed Sep 12, 2018 9:01
Yes, ane setuju kalo laki2 sebisa mungkin harus mahir manual. Ane anak tunggal dan bokap udah kena asam urat. Jadi kalo nyetir ya memang ganti2an ane sama bokap.
Tapi temen2 deket ane yg cewek rata2 masih bawa manual. Soalnya mobil mereka biasanya dikasih bekas ortunya.
Ortu ane kebalik sudah dari awal 2000an meninggalkan manual... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
donoseraya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Fri Nov 21, 2014 2:35

Re: Conserving Stick Shift di Civic

Post by donoseraya »

levofloxacine wrote:btw sedikit ralat om, FK yg ane maksud FC... :ngacir:
Ralat diterima om,terima kasih,salam kenal sesama pengguna manual