Remap ECU tanpa pigyback

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

TTaufik
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 23 Jul 2018, 10:50
Daily Vehicle: Toyota Camry

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by TTaufik » 23 Jul 2018, 19:25

b8099ok wrote:
23 Jul 2018, 16:46
Klo mesin bensin, biasa naik cm 10% loh pake ron92 fuel,... Dgn catatan mesin sehat.
suhu, boleh minta no kontaknya? saya belum bisa tanya via DM.
10% cukup sih, yg penting gak borosnya itu. kondisi sekarang kan top speed rendah dan juga boros :(
lebih baik ganti exhaust dulu atau remap dulu?

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2601
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok » 23 Jul 2018, 20:50

TTaufik wrote:
23 Jul 2018, 19:25
b8099ok wrote:
23 Jul 2018, 16:46
Klo mesin bensin, biasa naik cm 10% loh pake ron92 fuel,... Dgn catatan mesin sehat.
suhu, boleh minta no kontaknya? saya belum bisa tanya via DM.
10% cukup sih, yg penting gak borosnya itu. kondisi sekarang kan top speed rendah dan juga boros :(
lebih baik ganti exhaust dulu atau remap dulu?
Japrian deh whatsapp 0816580843.
Tune and drive! :big_love:

TTaufik
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 23 Jul 2018, 10:50
Daily Vehicle: Toyota Camry

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by TTaufik » 24 Jul 2018, 08:43

b8099ok wrote:
23 Jul 2018, 20:50
TTaufik wrote:
23 Jul 2018, 19:25
b8099ok wrote:
23 Jul 2018, 16:46
Klo mesin bensin, biasa naik cm 10% loh pake ron92 fuel,... Dgn catatan mesin sehat.
suhu, boleh minta no kontaknya? saya belum bisa tanya via DM.
10% cukup sih, yg penting gak borosnya itu. kondisi sekarang kan top speed rendah dan juga boros :(
lebih baik ganti exhaust dulu atau remap dulu?
Japrian deh whatsapp 0816580843.
siap suhu

Chjred
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 08 Dec 2017, 01:28
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Vw_golf

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Chjred » 31 Jul 2018, 12:31

Moonshade wrote:
23 Jul 2018, 12:36
Chjred wrote:
12 Jan 2018, 15:41
ginting wrote:
12 Jan 2018, 11:35


kayaknya soal mereset, itu tergantung mobilnya.

ada dua aliran, oom...
ada yg sebelum cabut aki lama, maka ada alatnya colok ke OBD port, katanya untuk jaga setrum tetap ada ke ECU.
ada yg maen cabut aja aki lama, masukin aki baru.

soal remap, kalaupun aki dilepas gak hilang koq...kalayk flash disk aja..kita cabut dari laptop juga besok colok lagi masih ada datanya...
Owh gtu gak ilang yang.. terima kasih informasi nya om... sekalian numpang posting hasil dynotest bbrp waktu lalu, jgn di caci maki ya om :big_childish:
Image
Image
Image
Halo om chjred, boleh tolong PM resep mods nya ? Thank you
hanya reflash, ganti downpipe, open air filter, custom exhaust, sm DV kyknya itu aja om moonshade

feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 01 Sep 2018, 19:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: KRL ato Transjakarta_Honda Brio di akhir pekan

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by feri307 » 02 Sep 2018, 19:46

Maaf ni, angkat trit lagi.

Saya rencana mau naikin ukuran ban jadi lebih besar OD-nya. Katanya mesti setting ulang agar pembacaan speedo, odo dan fungsi ABS+EBD-nya bisa ngikutin. Hal2 tadi termasuk ke dalam kategori remap ECU apa enggak ya?

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3417
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ginting » 02 Sep 2018, 22:36

feri307 wrote:Maaf ni, angkat trit lagi.

Saya rencana mau naikin ukuran ban jadi lebih besar OD-nya. Katanya mesti setting ulang agar pembacaan speedo, odo dan fungsi ABS+EBD-nya bisa ngikutin. Hal2 tadi termasuk ke dalam kategori remap ECU apa enggak ya?
kalo cuma itu, sayang kalo remap, oom
hitung aja ratio ban baru vs ban lama
misalnya naek 10%

maka anggap aja odo itu harus harus ditambah 10%. supaya sesuai real odo

supaya gak telat ganti oli


feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 01 Sep 2018, 19:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: KRL ato Transjakarta_Honda Brio di akhir pekan

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by feri307 » 03 Sep 2018, 08:12

ginting wrote:
02 Sep 2018, 22:36
feri307 wrote:Maaf ni, angkat trit lagi.

Saya rencana mau naikin ukuran ban jadi lebih besar OD-nya. Katanya mesti setting ulang agar pembacaan speedo, odo dan fungsi ABS+EBD-nya bisa ngikutin. Hal2 tadi termasuk ke dalam kategori remap ECU apa enggak ya?
kalo cuma itu, sayang kalo remap, oom
hitung aja ratio ban baru vs ban lama
misalnya naek 10%

maka anggap aja odo itu harus harus ditambah 10%. supaya sesuai real odo

supaya gak telat ganti oli
Makasih banyak udah dijawab bang..
Omong2, sayangnya kenapa itu bang? Apa karena biayanya mahal? Kalo boleh tau, berapa perkiraan sekali remap untuk sekelas city car gitu?
Yg paling saya khawatirkan sebenarnya fungsi ABS sama EBD, seandainya gak dikalibrasi ulang.

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2601
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok » 03 Sep 2018, 08:57

Tyre size ngga ada di ecu. Adanya di body control module. Mobilnya apa?
Tune and drive! :big_love:

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3417
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ginting » 03 Sep 2018, 11:07

feri307 wrote:
03 Sep 2018, 08:12
ginting wrote:
02 Sep 2018, 22:36
feri307 wrote:Maaf ni, angkat trit lagi.

Saya rencana mau naikin ukuran ban jadi lebih besar OD-nya. Katanya mesti setting ulang agar pembacaan speedo, odo dan fungsi ABS+EBD-nya bisa ngikutin. Hal2 tadi termasuk ke dalam kategori remap ECU apa enggak ya?
kalo cuma itu, sayang kalo remap, oom
hitung aja ratio ban baru vs ban lama
misalnya naek 10%

maka anggap aja odo itu harus harus ditambah 10%. supaya sesuai real odo

supaya gak telat ganti oli
Makasih banyak udah dijawab bang..
Omong2, sayangnya kenapa itu bang? Apa karena biayanya mahal? Kalo boleh tau, berapa perkiraan sekali remap untuk sekelas city car gitu?
Yg paling saya khawatirkan sebenarnya fungsi ABS sama EBD, seandainya gak dikalibrasi ulang.
nubie sok pinter bantu jawab.

biaya remap kemahalan aja, oom untuk fungsi / tujuan seperti yg oom bilang.
perkiraan sih tergantung remap di tuner mana..anggap saja 4 jt - 7 jt

fungsi ABS kayaknya gak dipengaruhi ukuran ban.
ABS mencegah supaya gak ngelock system remnya.
kalau ada rem yg ngelock, dimana mobil masih laju tapi roda udah gak nggelinding...alias ngesot...maka ABS langsung beraksi dgn cara kurangi cengkeraman roda..

EBD - itu membantu distribusi beban pengereman supaya gak melintir.

Kalau oom mau naek power, power band lebih merata, speed limit removal, tutup EGR, dll boleh lah remap....

tapi ini cuman pendapat saya selaku nubie...saya cuma ingin memastikan bahwa tujuan yg hendak dicapai selaras dengan usaha yang ditempuh....

:ngacir: :ngacir: :ngacir: (sebelum diledek oom Bogart)

feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 01 Sep 2018, 19:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: KRL ato Transjakarta_Honda Brio di akhir pekan

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by feri307 » 03 Sep 2018, 17:14

b8099ok wrote:
03 Sep 2018, 08:57
Tyre size ngga ada di ecu. Adanya di body control module. Mobilnya apa?
Oo.. Bukan di ECU ya om? Brio om. Mungkin om punya saran mengakalinya? Saya takut aja hitungan komputernya error, yg ujung2nya buat fungsi ABS sama EBD-nya ikut error juga. Minta maaf ni, pengen gaya tp gak mikir duluan di depan hahahahaa..

feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 01 Sep 2018, 19:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: KRL ato Transjakarta_Honda Brio di akhir pekan

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by feri307 » 03 Sep 2018, 17:18

ginting wrote:
03 Sep 2018, 11:07
nubie sok pinter bantu jawab.

biaya remap kemahalan aja, oom untuk fungsi / tujuan seperti yg oom bilang.
perkiraan sih tergantung remap di tuner mana..anggap saja 4 jt - 7 jt

fungsi ABS kayaknya gak dipengaruhi ukuran ban.
ABS mencegah supaya gak ngelock system remnya.
kalau ada rem yg ngelock, dimana mobil masih laju tapi roda udah gak nggelinding...alias ngesot...maka ABS langsung beraksi dgn cara kurangi cengkeraman roda..

EBD - itu membantu distribusi beban pengereman supaya gak melintir.

Kalau oom mau naek power, power band lebih merata, speed limit removal, tutup EGR, dll boleh lah remap....

tapi ini cuman pendapat saya selaku nubie...saya cuma ingin memastikan bahwa tujuan yg hendak dicapai selaras dengan usaha yang ditempuh....

:ngacir: :ngacir: :ngacir: (sebelum diledek oom Bogart)
Mantap jg biayanya ya om. Benar deh, sayang uangnya hehehee.. Lagian saya jg gak ngejar performance 100% om. Mobil yg dipake gak mendukung, yg bawa jg gak mendukung. Udah tua hahahahaaa..

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2601
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok » 04 Sep 2018, 07:03

feri307 wrote:
03 Sep 2018, 17:14
b8099ok wrote:
03 Sep 2018, 08:57
Tyre size ngga ada di ecu. Adanya di body control module. Mobilnya apa?
Oo.. Bukan di ECU ya om? Brio om. Mungkin om punya saran mengakalinya? Saya takut aja hitungan komputernya error, yg ujung2nya buat fungsi ABS sama EBD-nya ikut error juga. Minta maaf ni, pengen gaya tp gak mikir duluan di depan hahahahaa..
Nope, it will still works as it should.
Tune and drive! :big_love:

feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 01 Sep 2018, 19:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: KRL ato Transjakarta_Honda Brio di akhir pekan

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by feri307 » 04 Sep 2018, 08:11

b8099ok wrote:
04 Sep 2018, 07:03
Nope, it will still works as it should.
Sip om.. Makasih konfirmasinya. Jadi agak tenang sekarang hehehe..

saturday
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by saturday » 13 Oct 2018, 14:07

Akhirnya kemarin kesampean juga pasang downpipe+resonator ORD dan diremap ke REV Engineering soalnya deket banget dari rumah jadi kalau ada masalah bisa langsung balik cepet.
IMG_20181013_103913__01.jpg
IMG_20181013_103935__01.jpg
Yang langsung berasa sih tenaganya instan banget di putaran bawah, belum tes diatas 2000 RPM. Konsumsi BBM juga belum di tes.

Habis remap tadi lampu peringatan VSA, ABS, rem tangan, dsb nyala semua. Katanya sih habis dibawa jalan nanti juga ilang sendiri, mudah-mudahan hilang....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

KielConstantine
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by KielConstantine » 13 Oct 2018, 17:32

saturday wrote:
13 Oct 2018, 14:07
Akhirnya kemarin kesampean juga pasang downpipe+resonator ORD dan diremap ke REV Engineering soalnya deket banget dari rumah jadi kalau ada masalah bisa langsung balik cepet.

IMG_20181013_103913__01.jpg

IMG_20181013_103935__01.jpg

Yang langsung berasa sih tenaganya instan banget di putaran bawah, belum tes diatas 2000 RPM. Konsumsi BBM juga belum di tes.

Habis remap tadi lampu peringatan VSA, ABS, rem tangan, dsb nyala semua. Katanya sih habis dibawa jalan nanti juga ilang sendiri, mudah-mudahan hilang....
FD2 2000cc ini om ?
Lumayan yahh naik 10 bhp
Image

saturday
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by saturday » 13 Oct 2018, 18:22

KielConstantine wrote:
13 Oct 2018, 17:32
FD2 2000cc ini om ?
Lumayan yahh naik 10 bhp
Iya Om ini FD2 2.0L. Naik 10 hp tapi enggak tau yang pengaruh banyak ke hasil remapnya apa dari penggantian header+resonator ORD atau gimana 😅

KielConstantine
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by KielConstantine » 13 Oct 2018, 19:06

saturday wrote:
13 Oct 2018, 18:22
KielConstantine wrote:
13 Oct 2018, 17:32
FD2 2000cc ini om ?
Lumayan yahh naik 10 bhp
Iya Om ini FD2 2.0L. Naik 10 hp tapi enggak tau yang pengaruh banyak ke hasil remapnya apa dari penggantian header+resonator ORD atau gimana 😅
Kalo naturally aspirated naek segitu dah termasuk besar oomm.. header pasti ngaruh. Paling kedepannya pasang open filter kalo mau lebih joss lagi. Trus benerin sektor kaki2 dehh.. shock + per atau coilover skalian,
+ ganti ban traction AAA .
Nikungnya jadi lebih mantep si civic :mrgreen:

K20Z ini trmasuk mobil impian ane pas jaman piyik dulu ehehehe
Image

saturday
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by saturday » 14 Oct 2018, 00:12

KielConstantine wrote:
13 Oct 2018, 19:06
Kalo naturally aspirated naek segitu dah termasuk besar oomm.. header pasti ngaruh. Paling kedepannya pasang open filter kalo mau lebih joss lagi. Trus benerin sektor kaki2 dehh.. shock + per atau coilover skalian,
+ ganti ban traction AAA .
Nikungnya jadi lebih mantep si civic :mrgreen:

K20Z ini trmasuk mobil impian ane pas jaman piyik dulu ehehehe
Oh iya yah segitu udah lumayan? Maklum saya masih cupu kirain naik segitu kecil hehe. Soalnya pas baca-baca katanya kalo remap doang bisa expect gain 10 persen, jadi asumsi dari 150an HP stock bisa nambah 15 HP gitu :mky_01:

Ban sih sekarang pake Turanza AR20 215/50/R17. Itu termasuk ban yang lumayan apa biasa aja ya? Soalnya pas saya ngambil unit 2nd ini bannya dipasangin itu sama pemilik sebelumnya dan sampe sekarang belum habis-habis.

Bybit
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 12 Nov 2018, 12:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Freed

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Bybit » 23 Nov 2018, 09:48

Hello Om2 suhu semua...salam hormat!

Mau nanya apa ada efek negatif dari remap ECU? gimana dng keawetan mesin dengan naiknya torsi tp bbm lebih irit? apakah suara mesin lebih keras dr sebelumnya? Mohon pencerahannya dan sarannya.

Kalo ada om2 suhu yg pernah pengalaman remap utk honda freed, kalo boleh berbagi gimana hasilnya sungguh sangat berarti buat saya nubi ini.
Terima kasih sebelumnya....

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2601
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok » 23 Nov 2018, 11:56

Bybit wrote:
23 Nov 2018, 09:48
Hello Om2 suhu semua...salam hormat!

Mau nanya apa ada efek negatif dari remap ECU? gimana dng keawetan mesin dengan naiknya torsi tp bbm lebih irit? apakah suara mesin lebih keras dr sebelumnya? Mohon pencerahannya dan sarannya.

Kalo ada om2 suhu yg pernah pengalaman remap utk honda freed, kalo boleh berbagi gimana hasilnya sungguh sangat berarti buat saya nubi ini.
Terima kasih sebelumnya....
Selama tuningnya bener (ie. Msh dalam rangka mempertahankan durabilitas) hrsnya ga mslh. Krn penyesuaian map hrs mengikuti kekuatan mesin tsb.
Tune and drive! :big_love:

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3417
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ginting » 23 Nov 2018, 13:05

b8099ok wrote:
23 Nov 2018, 11:56
Bybit wrote:
23 Nov 2018, 09:48
Hello Om2 suhu semua...salam hormat!

Mau nanya apa ada efek negatif dari remap ECU? gimana dng keawetan mesin dengan naiknya torsi tp bbm lebih irit? apakah suara mesin lebih keras dr sebelumnya? Mohon pencerahannya dan sarannya.

Kalo ada om2 suhu yg pernah pengalaman remap utk honda freed, kalo boleh berbagi gimana hasilnya sungguh sangat berarti buat saya nubi ini.
Terima kasih sebelumnya....
Selama tuningnya bener (ie. Msh dalam rangka mempertahankan durabilitas) hrsnya ga mslh. Krn penyesuaian map hrs mengikuti kekuatan mesin tsb.
Jangan lupa kalau sudah naek torsi dan tenaga, perlu diimbangi dengan penggunaan lendir yang baik kualitasnya.
Maka dari itu pakailah FRD fuel, FRD oil, dan FRD coolant yang mengandung ethylene glicool yang sangat tinggiiiiiii....supaya mesin adem dan anti wear bekerja sempurna.. :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:

Ttd.
bebonk

farizfsa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1052
Joined: 10 Nov 2015, 09:40

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by farizfsa » 28 Dec 2018, 14:28

Om mau nanya udah pernah remap bmw 520d yg mesin n47? Gain bs sampe berapa yang penting aman..
BMW 520d F10 2014
Toyota Camry 2.5V XV50 2012

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2601
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok » 13 Jan 2019, 19:07

farizfsa wrote:
28 Dec 2018, 14:28
Om mau nanya udah pernah remap bmw 520d yg mesin n47? Gain bs sampe berapa yang penting aman..
Diesel european gain 20-25% pake solar indo uda sangat bagus. Klo bisa lebih, pastiin fuel bergizi.
Tune and drive! :big_love:

hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: 12 Jun 2009, 14:47

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by hehe001 » 05 Feb 2019, 07:10

Ijin bertanya, prit itu letak ecu nya di mana kah spy bisa dikirim ke om bebong.
Pgn supaya ngga lemot saat narik, nanjak dan nyalip truck tp ttp hemat bbm heeeee

SiRoel
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 12 Feb 2019, 22:26
Location: EastJava
Daily Vehicle: Anki 2015

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by SiRoel » 12 Feb 2019, 22:56

Mohon advisnya suhu ..
Sudah pernah seharian pakai ANFDiesel, ANPSDakar & ANKIDiesel kondisi standar.
Ini urutan performa mesinnya m/ gw :
1. ANKI : Tarikan dari 0-100 kpj responsif bgt
2.ANPS : Pakai mode automatic maupun paddleshift tetap ada lag
3.ANF : Lemot.
Mana yang paling potensial buat dibeli untuk diremap ecu & dipakai harian ?

Post Reply