Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Sun Dec 03, 2017 8:47
- Daily Vehicle: BMW
Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Sore SMers,
Mau nyari ilmu nih, penggunaan transmisi matic yg bener itu gimana sih? Seperti saat parkir di garasi rumah yg posisinya menurun, sebaiknya masuk di P atau N (ditambah dengan stopper), dan kalo diposisi P hand break tetap diperlukan kah? Dan tanda2 matic sudah lemah itu seperti apa ya, mengingat saya pernah pakai mobil matic saat perpindahan gigi terasa sedikit lemot (Ada jeda yg cukup lama menurut saya) waktu itu saya pakai ANXen 1.3 lupa type apa, makasih para suhu disini
Mau nyari ilmu nih, penggunaan transmisi matic yg bener itu gimana sih? Seperti saat parkir di garasi rumah yg posisinya menurun, sebaiknya masuk di P atau N (ditambah dengan stopper), dan kalo diposisi P hand break tetap diperlukan kah? Dan tanda2 matic sudah lemah itu seperti apa ya, mengingat saya pernah pakai mobil matic saat perpindahan gigi terasa sedikit lemot (Ada jeda yg cukup lama menurut saya) waktu itu saya pakai ANXen 1.3 lupa type apa, makasih para suhu disini
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Fri May 19, 2017 14:39
- Location: jakarta utara
- Daily Vehicle: Avanza
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Di P om, biar ngunci + handbrake biar lebih aman.
Lemot ya dasarnya mobilnya lemot om. Kalau AT sdh ga bagus biasanya suka slip (blm pernah ngalamin) dan sampe ga bisa jalan.
Ganti oli transmisi sesuai spek aja om per 50-70 rb km.
Mobil skrg apa ?
Lemot ya dasarnya mobilnya lemot om. Kalau AT sdh ga bagus biasanya suka slip (blm pernah ngalamin) dan sampe ga bisa jalan.
Ganti oli transmisi sesuai spek aja om per 50-70 rb km.
Mobil skrg apa ?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Mon Jul 06, 2015 4:47
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
newbie izin komen ya om
menurut pengalaman saya kalo posisi menurun gitu
baiknya masuk ke N dulu, tarik hand brake, lalu masukin P
supaya mobil ditahannya pake hand brake juga bukan dari transmisi aja
kalo posisi datar juga saya selalu sama langkahnya (masuk N, hand brake, masuk P)
tanda matic lemah itu biasanya saat masuk ke D, jeda waktu mobil mulai jalan lambat
bisa juga saat sudah di D raungan mesin besar, tapi mobil kayak ketahan biasanya karena kopling slip
menurut pengalaman saya kalo posisi menurun gitu
baiknya masuk ke N dulu, tarik hand brake, lalu masukin P
supaya mobil ditahannya pake hand brake juga bukan dari transmisi aja
kalo posisi datar juga saya selalu sama langkahnya (masuk N, hand brake, masuk P)
tanda matic lemah itu biasanya saat masuk ke D, jeda waktu mobil mulai jalan lambat
bisa juga saat sudah di D raungan mesin besar, tapi mobil kayak ketahan biasanya karena kopling slip
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Sun Dec 03, 2017 8:47
- Daily Vehicle: BMW
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Walaupun dalam kondisi lama ga masalah ya om? Ini sebetulnya pertanyaan dari tetangga ane om hehehe, apa semua karakter matic emang lemot kaya gitu ya om?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Sun Dec 03, 2017 8:47
- Daily Vehicle: BMW
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Kalo kondisi matic ud seperti yg diatas apa langkah baiknya om? Ganti matic atau masih bisa di OH om? Ane lg nyari gerobak second om kli ini mau nyari transmisi matic... sekalian buat panduan saya kalo hunting mobil omnuelgs wrote: ↑Mon Aug 20, 2018 10:08 newbie izin komen ya om
menurut pengalaman saya kalo posisi menurun gitu
baiknya masuk ke N dulu, tarik hand brake, lalu masukin P
supaya mobil ditahannya pake hand brake juga bukan dari transmisi aja
kalo posisi datar juga saya selalu sama langkahnya (masuk N, hand brake, masuk P)
tanda matic lemah itu biasanya saat masuk ke D, jeda waktu mobil mulai jalan lambat
bisa juga saat sudah di D raungan mesin besar, tapi mobil kayak ketahan biasanya karena kopling slip
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Fri May 19, 2017 14:39
- Location: jakarta utara
- Daily Vehicle: Avanza
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Ga om. Asal tangan kiri sekolah baik2 saja, jgn ikutin gaya film action aja.Godzilla77 wrote: ↑Mon Aug 20, 2018 10:27Walaupun dalam kondisi lama ga masalah ya om? Ini sebetulnya pertanyaan dari tetangga ane om hehehe, apa semua karakter matic emang lemot kaya gitu ya om?
Yg penting dirawat, ane punya sdh 135 k km kuras oli at sdh 2*.
Avxen kan masih 4 at purba tapi badak om. Kalau kick down jeda bentar tp bisa kok rpm tiggi.
At modern pindah giginya cc epat kok om salah yg dual clucth
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
*kalo saya
di jalanan miring, begitu mobilnya berenti di posisi parkir, posisi masi nginjek rem, masukin ke p, tarik hand brake, baru rem kaki dilepas.
tujuannya sih menghindari jeduk aja pas mau jalan lagi, krn bebannya lebih ke rem parkir, bukan ke transmisi, kalo di p tanpa rem tangan bisa aja sebener,tp biasanya release dari p ke r , n , d atau selanjutnya baakalan keras dulu..
belom pernah ngalamin rusak gara gara begini sih, tp ya ngga tega aja rasanya ngejeduk gtu hahaha..
di jalanan miring, begitu mobilnya berenti di posisi parkir, posisi masi nginjek rem, masukin ke p, tarik hand brake, baru rem kaki dilepas.
tujuannya sih menghindari jeduk aja pas mau jalan lagi, krn bebannya lebih ke rem parkir, bukan ke transmisi, kalo di p tanpa rem tangan bisa aja sebener,tp biasanya release dari p ke r , n , d atau selanjutnya baakalan keras dulu..
belom pernah ngalamin rusak gara gara begini sih, tp ya ngga tega aja rasanya ngejeduk gtu hahaha..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Sat May 02, 2015 18:58
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
kalo posisi parkir miring saya selalu pake parkbrake dulu lalu lepas rem perlahan. kalo mobil uda diem baru masukin ke p. kaya pake mobil manual aja gmana..
kalo berenti langsung masuk p suka susah diopernya lagi. kaya rada nyangkut gitu. gaktau bahaya apa enggak, kalo saya si takut aja
kalo berenti langsung masuk p suka susah diopernya lagi. kaya rada nyangkut gitu. gaktau bahaya apa enggak, kalo saya si takut aja
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Kalau posisi nanjak/menurun
Begitu mobil berhenti, injak rem kaki, masuk ke N lalu tarik handbrake, lepas rem kaki sampai mobil tertahan handbrake, kemudian pindah dari N ke P secara cepat
Benar kata om-om di atas, berfungsi agar mobil ditahan oleh handbrake bukan pengunci tranmsisi (parking pawl) sehingga menghindari jeduk dan agar matik lebih awet.
Begitu mobil berhenti, injak rem kaki, masuk ke N lalu tarik handbrake, lepas rem kaki sampai mobil tertahan handbrake, kemudian pindah dari N ke P secara cepat
Benar kata om-om di atas, berfungsi agar mobil ditahan oleh handbrake bukan pengunci tranmsisi (parking pawl) sehingga menghindari jeduk dan agar matik lebih awet.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Mon Jul 06, 2015 4:47
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Kalo saya pribadi sih lebih baik OH dgn parts2 baru omGodzilla77 wrote: ↑Mon Aug 20, 2018 10:30Kalo kondisi matic ud seperti yg diatas apa langkah baiknya om? Ganti matic atau masih bisa di OH om? Ane lg nyari gerobak second om kli ini mau nyari transmisi matic... sekalian buat panduan saya kalo hunting mobil omnuelgs wrote: ↑Mon Aug 20, 2018 10:08 newbie izin komen ya om
menurut pengalaman saya kalo posisi menurun gitu
baiknya masuk ke N dulu, tarik hand brake, lalu masukin P
supaya mobil ditahannya pake hand brake juga bukan dari transmisi aja
kalo posisi datar juga saya selalu sama langkahnya (masuk N, hand brake, masuk P)
tanda matic lemah itu biasanya saat masuk ke D, jeda waktu mobil mulai jalan lambat
bisa juga saat sudah di D raungan mesin besar, tapi mobil kayak ketahan biasanya karena kopling slip
Kalo ganti matic copotan takutnya dpt yg udah jelek juga, nantinya malah keluar uang lebih banyak
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 446
- Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
1st step sebelum diputuskan OH atau tidak, bisa total flush ATF nya dulu...Godzilla77 wrote: ↑Mon Aug 20, 2018 10:30Kalo kondisi matic ud seperti yg diatas apa langkah baiknya om? Ganti matic atau masih bisa di OH om? Ane lg nyari gerobak second om kli ini mau nyari transmisi matic... sekalian buat panduan saya kalo hunting mobil omnuelgs wrote: ↑Mon Aug 20, 2018 10:08 newbie izin komen ya om
menurut pengalaman saya kalo posisi menurun gitu
baiknya masuk ke N dulu, tarik hand brake, lalu masukin P
supaya mobil ditahannya pake hand brake juga bukan dari transmisi aja
kalo posisi datar juga saya selalu sama langkahnya (masuk N, hand brake, masuk P)
tanda matic lemah itu biasanya saat masuk ke D, jeda waktu mobil mulai jalan lambat
bisa juga saat sudah di D raungan mesin besar, tapi mobil kayak ketahan biasanya karena kopling slip
xenia AT 2010 kantor udah 8 tahun mengabdi 200.000 km maticnya masih joss buat PP bogor-bandung-cirebon
tapi si boss royal banget ganti ATF nya... jadi awet awet saja...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1055
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Kalau saya sih parkir baik jalan miring maupun datar, dalam kondisi injak rem, pindah tuas transmisi ke n, park brake, rem lepas, pindah p, matikan mesin.
Sama biar lebih awet biasakan pindah tuas transmisi ketika mobil bener bener sudah berhenti ya (kecuali dari d ke s, atau d ke 3,2,l dst).
Sama biar lebih awet biasakan pindah tuas transmisi ketika mobil bener bener sudah berhenti ya (kecuali dari d ke s, atau d ke 3,2,l dst).
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
slapnuts wrote: ↑Mon Aug 20, 2018 11:57 Kalau posisi nanjak/menurun
Begitu mobil berhenti, injak rem kaki, masuk ke N lalu tarik handbrake, lepas rem kaki sampai mobil tertahan handbrake, kemudian pindah dari N ke P secara cepat
Benar kata om-om di atas, berfungsi agar mobil ditahan oleh handbrake bukan pengunci tranmsisi (parking pawl) sehingga menghindari jeduk dan agar matik lebih awet.
Ini maksudnya setelah lepas rem, buat pindah ke P tetap harus injek rem lagi kanmichaelgiri93 wrote: ↑Mon Aug 20, 2018 13:37 Kalau saya sih parkir baik jalan miring maupun datar, dalam kondisi injak rem, pindah tuas transmisi ke n, park brake, rem lepas, pindah p, matikan mesin.
Sama biar lebih awet biasakan pindah tuas transmisi ketika mobil bener bener sudah berhenti ya (kecuali dari d ke s, atau d ke 3,2,l dst).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Bukannya ini malah berpotensi jedug pas mau jalan lagi om.efact wrote: ↑Mon Aug 20, 2018 11:04 *kalo saya
di jalanan miring, begitu mobilnya berenti di posisi parkir, posisi masi nginjek rem, masukin ke p, tarik hand brake, baru rem kaki dilepas.
tujuannya sih menghindari jeduk aja pas mau jalan lagi, krn bebannya lebih ke rem parkir, bukan ke transmisi, kalo di p tanpa rem tangan bisa aja sebener,tp biasanya release dari p ke r , n , d atau selanjutnya baakalan keras dulu..
belom pernah ngalamin rusak gara gara begini sih, tp ya ngga tega aja rasanya ngejeduk gtu hahaha..
Rem kaki dilanjut rem tangan (posisi N). Pada saat rem kaki dilepas biasanya mobil masih bergeser sedikit kalau di jalan miring. Kalau sudah masuk P maka berpotensi tertahan transmisi sebelum sempat tertahan rem tangan.
Kecuali mungkin kalau rem tangannya full power
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Godzilla77 wrote:Sore SMers,
Mau nyari ilmu nih, penggunaan transmisi matic yg bener itu gimana sih? Seperti saat parkir di garasi rumah yg posisinya menurun, sebaiknya masuk di P atau N (ditambah dengan stopper), dan kalo diposisi P hand break tetap diperlukan kah? Dan tanda2 matic sudah lemah itu seperti apa ya, mengingat saya pernah pakai mobil matic saat perpindahan gigi terasa sedikit lemot (Ada jeda yg cukup lama menurut saya) waktu itu saya pakai ANXen 1.3 lupa type apa, makasih para suhu disini
slapnuts wrote:Kalau posisi nanjak/menurun
Begitu mobil berhenti, injak rem kaki, masuk ke N lalu tarik handbrake, lepas rem kaki sampai mobil tertahan handbrake, kemudian pindah dari N ke P secara cepat
Benar kata om-om di atas, berfungsi agar mobil ditahan oleh handbrake bukan pengunci tranmsisi (parking pawl) sehingga menghindari jeduk dan agar matik lebih awet.
Ini jawaban2 yg betul, pernah baca di beberapa forum luar memang cara yg benar & tepat ya seperti itu kl mo transmisi matic awet, intinya selain perpindahan di N ke D atau sebaliknya - beda kl D1-2-3 atau S mode - mobil hrs dlm kondisi berhenti total, simple asal mau dibiasakan saja.michaelgiri93 wrote:Kalau saya sih parkir baik jalan miring maupun datar, dalam kondisi injak rem, pindah tuas transmisi ke n, park brake, rem lepas, pindah p, matikan mesin.
Sama biar lebih awet biasakan pindah tuas transmisi ketika mobil bener bener sudah berhenti ya (kecuali dari d ke s, atau d ke 3,2,l dst).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Klo di mubil2 yg pernah saya pake, d posisi jln miring kaya parkiran rumah gtu rem tangannya biasa kudu tarik kuat ya.. klo ga emang ttp bakalan nyelonong sih.. jd sama aja mau di n atau di p, yg penting tarik kuat rem tangannya hahaha.. sebab kalo rem tangan udh ngonci, umumnya ga ada gerak bebas lg, ga kaya kalo cuma di p doang yg gerak bebas nya lumayan gede...Wistuwis wrote: ↑Mon Aug 20, 2018 15:58
Bukannya ini malah berpotensi jedug pas mau jalan lagi om.
Rem kaki dilanjut rem tangan (posisi N). Pada saat rem kaki dilepas biasanya mobil masih bergeser sedikit kalau di jalan miring. Kalau sudah masuk P maka berpotensi tertahan transmisi sebelum sempat tertahan rem tangan.
Kecuali mungkin kalau rem tangannya full power
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Suhu di atas sudah bagi-bagi ilmu neh kalau untuk parkir. Kalau saya, waktu jalan. Kalau berhenti sesaat pas macet dan atau nunggu lampu merah selalu Posisi pindah ke N, baik berhenti lama atau sebentar. Kalau jalan menurun panjang seperti di jalan Kamojang itu, saya pindah ke mode manual dan pasang gigi rendah supaya terbantu engine break, karena kalau di D itu seperti ngeloyor karena benar-benar cuma andalkan rem.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 302
- Joined: Wed May 11, 2016 8:40
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
setuju nih, banyak yang ga tau kalau lagi turunan panjang cuman di D aja. Ngeri kalau cuman ngandelin rem doang. Udah banyak kasus rem yang blong karena pas turunan cuman mengandalkan rem sajaPugman wrote: ↑Tue Aug 21, 2018 0:30 Suhu di atas sudah bagi-bagi ilmu neh kalau untuk parkir. Kalau saya, waktu jalan. Kalau berhenti sesaat pas macet dan atau nunggu lampu merah selalu Posisi pindah ke N, baik berhenti lama atau sebentar. Kalau jalan menurun panjang seperti di jalan Kamojang itu, saya pindah ke mode manual dan pasang gigi rendah supaya terbantu engine break, karena kalau di D itu seperti ngeloyor karena benar-benar cuma andalkan rem.
-
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Sat May 02, 2015 18:58
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
nah kalo yg cvt aga2 deg2an om, saya di hrv pas turunan posisi S(1) juga rpm nya cuma disekitaran 2rb, gabeda jauh lah nyelonongnya kalo posisi di DPugman wrote: ↑Tue Aug 21, 2018 0:30 Suhu di atas sudah bagi-bagi ilmu neh kalau untuk parkir. Kalau saya, waktu jalan. Kalau berhenti sesaat pas macet dan atau nunggu lampu merah selalu Posisi pindah ke N, baik berhenti lama atau sebentar. Kalau jalan menurun panjang seperti di jalan Kamojang itu, saya pindah ke mode manual dan pasang gigi rendah supaya terbantu engine break, karena kalau di D itu seperti ngeloyor karena benar-benar cuma andalkan rem.
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
iya ya ni, dulu saya pake mobilio juga kalau turunan panjang (seperti dago pakar dari 'ex' the view mau ke gerbang utama) gitu dah masuk L juga berasa dikit banget engine beraknya...ehh break.
cvt nissan kalau engine break nampaknya sedikit lebih pintar kalau menurut saya (pada kontur yg sama pernah pake juke dan t31 serta t32)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1055
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Gak sih kalo saya om. Kadang aja sambil injak rem, tapi seringnya enggak.Wistuwis wrote: ↑Mon Aug 20, 2018 15:48slapnuts wrote: ↑Mon Aug 20, 2018 11:57 Kalau posisi nanjak/menurun
Begitu mobil berhenti, injak rem kaki, masuk ke N lalu tarik handbrake, lepas rem kaki sampai mobil tertahan handbrake, kemudian pindah dari N ke P secara cepat
Benar kata om-om di atas, berfungsi agar mobil ditahan oleh handbrake bukan pengunci tranmsisi (parking pawl) sehingga menghindari jeduk dan agar matik lebih awet.Ini maksudnya setelah lepas rem, buat pindah ke P tetap harus injek rem lagi kanmichaelgiri93 wrote: ↑Mon Aug 20, 2018 13:37 Kalau saya sih parkir baik jalan miring maupun datar, dalam kondisi injak rem, pindah tuas transmisi ke n, park brake, rem lepas, pindah p, matikan mesin.
Sama biar lebih awet biasakan pindah tuas transmisi ketika mobil bener bener sudah berhenti ya (kecuali dari d ke s, atau d ke 3,2,l dst).
Tanpa injak rem bisa kok dari n ke p.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Kalau sy pake mobil jadul malah jarang sekali ke P. Posisi parkir di N
Kalau pake mobil satunya yg lebih kekinian, kalau gak ke P gak bisa dilock pintunya (klo udh keluar mobil). Sangat sering kelupaan masih di N dan harus masuk mobil lagi hanya untuk mem-P-kan.
Jadi enakan malah enakan matic jadul, gak ribet
Kalau pake mobil satunya yg lebih kekinian, kalau gak ke P gak bisa dilock pintunya (klo udh keluar mobil). Sangat sering kelupaan masih di N dan harus masuk mobil lagi hanya untuk mem-P-kan.
Jadi enakan malah enakan matic jadul, gak ribet
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
Tata cara parkir sudah..
Trus klo pas lampu merah nanggung (dibawah 1 menit) baiknya ttp di D sambil tahan rem, atau di N kan?
Mohon penjelasannya om - om skalian,
Trus klo pas lampu merah nanggung (dibawah 1 menit) baiknya ttp di D sambil tahan rem, atau di N kan?
Mohon penjelasannya om - om skalian,
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 527
- Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
- Location: South Sumatera
- Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8
Re: Tata cara penggunaan transmisi Automatic
bebas omsatria120s wrote: ↑Tue Aug 21, 2018 17:40 Tata cara parkir sudah..
Trus klo pas lampu merah nanggung (dibawah 1 menit) baiknya ttp di D sambil tahan rem, atau di N kan?
Mohon penjelasannya om - om skalian,
bagusnya di Netralin aja biar incase klo kelepas rem gak sengaja gak nyundul mbl depan...
ane sll netralin tiap lampu merah dan pake rem tangan...
klo dibawah 10 detik ane tahan aja