mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

iamaynard
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Aug 11, 2018 3:47

mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by iamaynard »

halo suhu2 SM,
Salam kenal semuanya.
Langsung aja nih, mau mohon masukan dan saran suhu semua.
Saya lagi mau beli mobil pertama nih. Baru berkeluarga dan blm punya anak.
Lbh baik beli Sienta Q atau Rush TRD AT (yang model terbaru) ya?
Asumsi: bsa dapet harga seinta sama atau lbh murah dari Rush TRD AT.

Mohon masukan dan sharing pengalaman nya ya gan, kalo ad yg uda pernah icip kedua mobil tersebut.
User avatar
bobstare
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Sun Apr 24, 2016 9:34

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by bobstare »

Kalo istri juga ikut nyetir, lebih condong Sienta nya
iamaynard
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Aug 11, 2018 3:47

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by iamaynard »

bobstare wrote: Sat Aug 11, 2018 8:25 Kalo istri juga ikut nyetir, lebih condong Sienta nya
Saat ini sih blm nyetir doi Om.
Btw Om bobstate pake sienta Om?
Gmn pnglman sejauh ini Om? Ada mslh yg major ga? Sama rumor2 ga bs nanjak emg bener Om? Hehe
iamaynard
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Aug 11, 2018 3:47

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by iamaynard »

Kebetulan istri blom nyetir2 sih Om
Btw, Om bobstare pake sienta? Gmn Om slma ini pemakaian? Ada mslh brrti? Sama rumor gak kuat nanjak it, bnr emg?

Saya knp mskin sienta jd plhn, krna prnah naek suspensi nyaman sih (gak lama2 amat sih naik ny dan lg bukan dlam posisi yg bawa). Interior bagus mnrt ane. Sm stlh diskon hrga bs ky rush.

Rush, model baru, fitur oke. Cm kaya bosen bgt aja gt ngrasain bawa mobil adm, avanza sm rush lama. Sm design dashboard krg suka. Rush baru blm prnah coba.
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by mike22 »

Udh coba dua2nya blm om? Soalnya yg ngganjel di sienta posisi persneling dibawah, radius putar dan ga ada sama sekali handrest belakang. Kl rush, ya selain lantai agak tinggi, kursinya kecil..
Kl cari yg 3 baris sih sy vote ertiga krn lg diskon. Kl gabutuh 3 baris mending jazz ato hrv sekalian.
User avatar
AB4611DF70674
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Apr 01, 2017 1:09
Location: Gerbang Tol Pondok Aren
Daily Vehicle: Orange 3NR-VE I4

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by AB4611DF70674 »

Mobil pertama om? Bakal sering dipake ga? Suka jalan-jalan ga (maksudnya suka nyetir)?
Apalagi kalau mau nge-cash, cari mobil second aja deh. Cari-cari yang cocok di hati.
Beli aja dari dealer mobkas yang bonafide. Nanti biar tau dulu kekurangan mobil yang dibeli dan tahu mobil seperti apa yang cocok untuk om. Kalau emang ga sreg ya jual lagi ga rugi banyak, beda sama mobil baru. Nyesek euy turunnya. Kali ternyata cocoknya big size sedan, apa malah mobil SUV turbo diesel.
Apalagi kalau ga sering dipake, mending ambil yang levelnya di atas duo itu om walaupun second. Mesin gede. Enak deh buat jalan-jalan.
Mobil baru emang enak sih, karena baru. Tapi mobil yang levelnya di atas itu juga enak lho karena emang levelnya beda. Kakak aja bilang CRV gen 2 lebih enak daripada Rush baru.
Happy hunting yak, sorry kalau ada salah kata.
iamaynard
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Aug 11, 2018 3:47

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by iamaynard »

mike22 wrote: Sat Aug 11, 2018 9:08 Udh coba dua2nya blm om? Soalnya yg ngganjel di sienta posisi persneling dibawah, radius putar dan ga ada sama sekali handrest belakang. Kl rush, ya selain lantai agak tinggi, kursinya kecil..
Kl cari yg 3 baris sih sy vote ertiga krn lg diskon. Kl gabutuh 3 baris mending jazz ato hrv sekalian.
Blom coba 22 ny Om. Yg sienta pernah duduk jd penumpang depan doang.
Rush baru blm prnah sm skli.
Ky ny krucutin ke 2 it Om saya.
AB4611DF70674 wrote: Sat Aug 11, 2018 12:47 Mobil pertama om? Bakal sering dipake ga? Suka jalan-jalan ga (maksudnya suka nyetir)?
Apalagi kalau mau nge-cash, cari mobil second aja deh. Cari-cari yang cocok di hati.
Beli aja dari dealer mobkas yang bonafide. Nanti biar tau dulu kekurangan mobil yang dibeli dan tahu mobil seperti apa yang cocok untuk om. Kalau emang ga sreg ya jual lagi ga rugi banyak, beda sama mobil baru. Nyesek euy turunnya. Kali ternyata cocoknya big size sedan, apa malah mobil SUV turbo diesel.
Apalagi kalau ga sering dipake, mending ambil yang levelnya di atas duo itu om walaupun second. Mesin gede. Enak deh buat jalan-jalan.
Mobil baru emang enak sih, karena baru. Tapi mobil yang levelnya di atas itu juga enak lho karena emang levelnya beda. Kakak aja bilang CRV gen 2 lebih enak daripada Rush baru.
Happy hunting yak, sorry kalau ada salah kata.
Betul mobil pertama. Pake shari2 Om rencana nya.
Suka nyetir sih Om.
Nah it Om. Ud smpet mikir2 beli bekas sih. Cm gt, saya krg ngrti mesin gt Om, ga punya bengkel langganan diluar beres jg.
Skrg crta ny stlh mikir panjang ini itu, mau krucutin di 2 it aja. Hahaha.
fikrirukmanaa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by fikrirukmanaa »

Kalo bakal sharing mobil sama istri, ane vote sienta aja om. Desain lebih manis dan ga tinggi jadi gampang keluar masuk utk cewek. Pelipatan baris ketiganya juga oke, lebih cocok kalo angkut2 perangkat lenong si bayi nanti. Cuma ya itu, baris kedua ga ada handrest sama sekali.
Ane sampe skrg liat rush itu masih B aja, walopun jumlah airbags nya memang menggiurkan.
Crossoverjersey
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Sun Mar 05, 2017 7:05
Location: Bandung

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by Crossoverjersey »

Haloo om sy pengguna sienta...kalo lawan rush sy pilih sienta..
Kalo lawan xpander sy pilih xpander ehehe..
Tapi dimensi sienta memang lebih cocok buat yg baru bisa bawa mobil .bisa masuk jalan2 kecil pula...dimensi xpander mah kaya innova bongsor ya...

Saran sy ambil sienta Q second aja banyak kan yg masih km rendah

Kuat nanjak apa tidak..saya dah pake sienta ke smua tujuan wisata bandung yang ada trek nanjak nya..pernah bawa full muatan ke ciwalini..dan maribaya via jalan dago giri...isi bener2 full 5 dewasa 4 anak smp wkwkwk... kalo pas mau ke daerah nanjak saya ngisi nya pertamax turbo campur pertamax sama ganti air filter k K & N ..n dan udah pake belalai soluna
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by fl4b1e »

Mnrt saya kalau mesin keduanya sama basisnya, cuma sianta fwd, rushter rwd. Fitur keselsmsta memang unggul rush dibanding Sienta.

Permasalahan saya lebih pada akomodasi. Tuk saya yg memiliki tinggi 179, rasanya kurang nyaman dduduk di rushter. Selain bangku kecil interior terasa sempit dan head room terbatas serasa claustrophobic.

Selain itu karena ground clearence 220mm, akibatnya menapak masuk terasa tinggi.

Kekurangan itu tidak saya temui di Sienta. Meski kalau dibanding ertiga atau xpander rasanya lebih lega di 2 mobil tsb dibanding Sienta.

Semoga membantu
iamaynard
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Aug 11, 2018 3:47

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by iamaynard »

fikrirukmanaa wrote: Sat Aug 11, 2018 14:50 Kalo bakal sharing mobil sama istri, ane vote sienta aja om. Desain lebih manis dan ga tinggi jadi gampang keluar masuk utk cewek. Pelipatan baris ketiganya juga oke, lebih cocok kalo angkut2 perangkat lenong si bayi nanti. Cuma ya itu, baris kedua ga ada handrest sama sekali.
Ane sampe skrg liat rush itu masih B aja, walopun jumlah airbags nya memang menggiurkan.
Oke. Noted Om.
Bikin handrest di pintu ny mungkin gak ya? Ahahhaha
Crossoverjersey wrote: Sat Aug 11, 2018 15:56 Haloo om sy pengguna sienta...kalo lawan rush sy pilih sienta..
Kalo lawan xpander sy pilih xpander ehehe..
Tapi dimensi sienta memang lebih cocok buat yg baru bisa bawa mobil .bisa masuk jalan2 kecil pula...dimensi xpander mah kaya innova bongsor ya...

Saran sy ambil sienta Q second aja banyak kan yg masih km rendah

Kuat nanjak apa tidak..saya dah pake sienta ke smua tujuan wisata bandung yang ada trek nanjak nya..pernah bawa full muatan ke ciwalini..dan maribaya via jalan dago giri...isi bener2 full 5 dewasa 4 anak smp wkwkwk... kalo pas mau ke daerah nanjak saya ngisi nya pertamax turbo campur pertamax sama ganti air filter k K & N ..n dan udah pake belalai soluna
Wihh, brrti aman lah ya Om sbnr nya. Belelai mah wajib ya.
Iyap, sienta q second jd jd alternatif Om.
Btw, ud prnah icip rush baru Om? Kalo boleh tau apa poin ny yg bikin lbh milih sienta?
Sama knpa lbh pilih expander Om?
Sjauh ini ngerawat nya ada masalah major ga Om sienta?
Maap ya banyak nnya nya. Ahhahaha.
fl4b1e wrote: Sat Aug 11, 2018 16:44 Mnrt saya kalau mesin keduanya sama basisnya, cuma sianta fwd, rushter rwd. Fitur keselsmsta memang unggul rush dibanding Sienta.

Permasalahan saya lebih pada akomodasi. Tuk saya yg memiliki tinggi 179, rasanya kurang nyaman dduduk di rushter. Selain bangku kecil interior terasa sempit dan head room terbatas serasa claustrophobic.

Selain itu karena ground clearence 220mm, akibatnya menapak masuk terasa tinggi.

Kekurangan itu tidak saya temui di Sienta. Meski kalau dibanding ertiga atau xpander rasanya lebih lega di 2 mobil tsb dibanding Sienta.

Semoga membantu
Siap Om. Notedd.
User avatar
bobstare
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Sun Apr 24, 2016 9:34

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by bobstare »

iamaynard wrote:
bobstare wrote: Sat Aug 11, 2018 8:25 Kalo istri juga ikut nyetir, lebih condong Sienta nya
Saat ini sih blm nyetir doi Om.
Btw Om bobstate pake sienta Om?
Gmn pnglman sejauh ini Om? Ada mslh yg major ga? Sama rumor2 ga bs nanjak emg bener Om? Hehe
Saya pake Sienta sejak batch 2016 dan masih dipake sampe sekarang.
Sejauh ini cukup memuaskan ya. Paling seneng sama suspensinya, karena terasa pas aja. Pintu geser juga poin lebih banget buat saya, pintu terbuka lebar tanpa perlu space besar. Anak2 umur 2 tahun aja bisa diajarin masuk mobil sendiri tanpa dipegangin wkwkwk.

Soal kekuatan nanjak, mesin saya standar tingting ga ada belalai, Piggy, air filter after market segala macem. Cukup2 aja kok.
Ke Tangkuban perahu dari arah Lembang lancar2 aja. Juga pernah di tanjakan citra green pas mau masuk jalan Dago di Bandung kuat2 aja. (Di situ pernah pake Honda city 2004 VTEC, dan ga kuat).

Mungkin yg bikin ga pede nanjak itu settingan ECU nya yg agresif banget nahan putaran mesin agar selalu 'eco'. Makanya kalo digas ngurut mesinnya kayak males naik rpm.
Solusinya ya langsung gas dalem2 biar rpm segera naik ke 4000, dan tahan pedal gas agar 'eco' nya ga langsung aktif lagi.

Tapi sekali lagi, mesin ini cuma 1,5 liter non turbo. Pasti kalah sama mesin turbo diesel atau bensin CC di atasnya
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by pengendiesel »

bobstare wrote: Sun Aug 12, 2018 6:57
Mungkin yg bikin ga pede nanjak itu settingan ECU nya yg agresif banget nahan putaran mesin agar selalu 'eco'. Makanya kalo digas ngurut mesinnya kayak males naik rpm.
Solusinya ya langsung gas dalem2 biar rpm segera naik ke 4000, dan tahan pedal gas agar 'eco' nya ga langsung aktif lagi.
Setuju sama om bobstare, ngegasnya gak boleh tanggung2 hehehe.
Kalo tanggung yang ada gak maju2, tapi kalo kasih gas dalem, enteng kok tarikannya (dan juga bensinnya hahaha).

Beberapa saat yang lalu bawa Sienta CVT ke Taman Safari Prigen. Mungkin yang tahu jalanan di sini, tanjakan terakhir pas mau mendekati pasar kaget di depan gerbang Taman Safari itu nggak abis2 dan cukup curam. Di sini masuk mode M, jaga rpm di 4000 dan sekali nyalip dapat 3 mobil sekaligus (salah satunya mobil D4D) :mky_01:
Terus ada satu lagi tanjakan curam setelah gerbang Taman Safari dan pintu masuk Baobab, di sini bisa nyalip Pajero full size (bukan Pajero Sport) yang lagi keluarin asap cumi2nya.

Yg penting pahami karakter mesin dan transmisinya.
iamaynard
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Aug 11, 2018 3:47

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by iamaynard »

bobstare wrote: Sun Aug 12, 2018 6:57
iamaynard wrote:
bobstare wrote: Sat Aug 11, 2018 8:25 Kalo istri juga ikut nyetir, lebih condong Sienta nya
Saat ini sih blm nyetir doi Om.
Btw Om bobstate pake sienta Om?
Gmn pnglman sejauh ini Om? Ada mslh yg major ga? Sama rumor2 ga bs nanjak emg bener Om? Hehe
Saya pake Sienta sejak batch 2016 dan masih dipake sampe sekarang.
Sejauh ini cukup memuaskan ya. Paling seneng sama suspensinya, karena terasa pas aja. Pintu geser juga poin lebih banget buat saya, pintu terbuka lebar tanpa perlu space besar. Anak2 umur 2 tahun aja bisa diajarin masuk mobil sendiri tanpa dipegangin wkwkwk.

Soal kekuatan nanjak, mesin saya standar tingting ga ada belalai, Piggy, air filter after market segala macem. Cukup2 aja kok.
Ke Tangkuban perahu dari arah Lembang lancar2 aja. Juga pernah di tanjakan citra green pas mau masuk jalan Dago di Bandung kuat2 aja. (Di situ pernah pake Honda city 2004 VTEC, dan ga kuat).

Mungkin yg bikin ga pede nanjak itu settingan ECU nya yg agresif banget nahan putaran mesin agar selalu 'eco'. Makanya kalo digas ngurut mesinnya kayak males naik rpm.
Solusinya ya langsung gas dalem2 biar rpm segera naik ke 4000, dan tahan pedal gas agar 'eco' nya ga langsung aktif lagi.

Tapi sekali lagi, mesin ini cuma 1,5 liter non turbo. Pasti kalah sama mesin turbo diesel atau bensin CC di atasnya
Wih mantap. Kalo gt makin yakin nih saya pilih sienta. Hahaha.
Siap lah Om. Prnah ada masalah major kah selama perawatan?
Thanks bgt share pengalaman ny Om. Sangat mencerahkan.
pengendiesel wrote: Sun Aug 12, 2018 8:30
bobstare wrote: Sun Aug 12, 2018 6:57
Mungkin yg bikin ga pede nanjak itu settingan ECU nya yg agresif banget nahan putaran mesin agar selalu 'eco'. Makanya kalo digas ngurut mesinnya kayak males naik rpm.
Solusinya ya langsung gas dalem2 biar rpm segera naik ke 4000, dan tahan pedal gas agar 'eco' nya ga langsung aktif lagi.
Setuju sama om bobstare, ngegasnya gak boleh tanggung2 hehehe.
Kalo tanggung yang ada gak maju2, tapi kalo kasih gas dalem, enteng kok tarikannya (dan juga bensinnya hahaha).

Beberapa saat yang lalu bawa Sienta CVT ke Taman Safari Prigen. Mungkin yang tahu jalanan di sini, tanjakan terakhir pas mau mendekati pasar kaget di depan gerbang Taman Safari itu nggak abis2 dan cukup curam. Di sini masuk mode M, jaga rpm di 4000 dan sekali nyalip dapat 3 mobil sekaligus (salah satunya mobil D4D) :mky_01:
Terus ada satu lagi tanjakan curam setelah gerbang Taman Safari dan pintu masuk Baobab, di sini bisa nyalip Pajero full size (bukan Pajero Sport) yang lagi keluarin asap cumi2nya.

Yg penting pahami karakter mesin dan transmisinya.
Siap Ommm. Thanks bgt jg nih sharing pengalaman nya. Tambah mencerahkan nih. Hehehe.
Btw pernah ada masalah dalam perawatan Om?
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by pengendiesel »

iamaynard wrote: Sun Aug 12, 2018 18:06
Siap Ommm. Thanks bgt jg nih sharing pengalaman nya. Tambah mencerahkan nih. Hehehe.
Btw pernah ada masalah dalam perawatan Om?
Nggak ada major problem sejauh ini. Paling rattling yang dirasa mengganggu.
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1084
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by liat2aja »

Saya pemakai Sienta Q Des 2016 dan Xpander Ultimate Maret 2018. Kalau suruh milih saya pilih Xpander. Tapi berhubung om TS pilih Sienta vs Rush, saran saya tetap TD.

Waktu inden Xpander saya sempat pikir pindah ke Rush. Tapi begitu saya lihat unit show di mal, saya tidak tertarik untuk TD Toyota Rush lagi. Sempit bgt. Hanya segi tampilan depan dan fitur saja menangnya, interiornya bukan selera saya.

Untuk fitur, Sienta Q sudah top bgt. Minta diskon gede, saya rasa puas makai Sienta Q. Istri dan anak2 pasti suka
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by geofreyap »

Sienta & rush mesin sama persis.
Beda di layout & transmisi.
Skrg tinggal lihat kebutuhan aja.
Kalau liat dari cerita om TS, oe prefer sienta aja. Sepertinya lebih pas utk kebutuhannya.
:)
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by marama »

saya user sienta , mnrt saya kalau rute banyak dalam kota enak sienta ya, krn mbl ini cukup irit, lumayan senyap , cvt nya halus, gimmick fiturnya banyak kalau di compare sama harga stlh disc. Cuma mbl ini kelemahannya rendah dan ban nya profil tipis jd kalau lwt jalan kurang mulus bantingannya berasa keras dan kurang tangguh kalau rute nya jalan2 rusak.

kelemahannya ini adalah kelebihannya Rush TRD, balik lagi ke TS kebutuhan mobilnya bagaimana
mastom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Jan 11, 2016 5:09

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by mastom »

liat2aja wrote: Mon Aug 13, 2018 1:11 Saya pemakai Sienta Q Des 2016 dan Xpander Ultimate Maret 2018. Kalau suruh milih saya pilih Xpander. Tapi berhubung om TS pilih Sienta vs Rush, saran saya tetap TD.

Waktu inden Xpander saya sempat pikir pindah ke Rush. Tapi begitu saya lihat unit show di mal, saya tidak tertarik untuk TD Toyota Rush lagi. Sempit bgt. Hanya segi tampilan depan dan fitur saja menangnya, interiornya bukan selera saya.

Untuk fitur, Sienta Q sudah top bgt. Minta diskon gede, saya rasa puas makai Sienta Q. Istri dan anak2 pasti suka
Om, klo buat jalan long distance......sienta ama xpander enakan mana yah,
terutama akomodasi asumsi semua baris kepake, lebih comfort yg mana bt penumpang,
kedua bt nyalip2 enakan mana yah

klo buat dalam kota, dua2nya dah ok bgt keknya compare to others di kelasnya,
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by vulvy8858 »

kalok buat bini pakek / buat anter jemput anak, Sienta bakal lebi kepakek.

apapun lah asal jangan apansa in heels.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
User avatar
Sedati
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Jan 02, 2018 3:20
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: AllNewTeriosRMTDeluxe

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by Sedati »

vote Rush :D
gagah soalnya :D ( selera sih :D )
terkait fitur 11 12 lah ama sienta :D
User avatar
bobstare
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Sun Apr 24, 2016 9:34

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by bobstare »

iamaynard wrote:
bobstare wrote: Sun Aug 12, 2018 6:57
iamaynard wrote: Saat ini sih blm nyetir doi Om.
Btw Om bobstate pake sienta Om?
Gmn pnglman sejauh ini Om? Ada mslh yg major ga? Sama rumor2 ga bs nanjak emg bener Om? Hehe
Saya pake Sienta sejak batch 2016 dan masih dipake sampe sekarang.
Sejauh ini cukup memuaskan ya. Paling seneng sama suspensinya, karena terasa pas aja. Pintu geser juga poin lebih banget buat saya, pintu terbuka lebar tanpa perlu space besar. Anak2 umur 2 tahun aja bisa diajarin masuk mobil sendiri tanpa dipegangin wkwkwk.

Soal kekuatan nanjak, mesin saya standar tingting ga ada belalai, Piggy, air filter after market segala macem. Cukup2 aja kok.
Ke Tangkuban perahu dari arah Lembang lancar2 aja. Juga pernah di tanjakan citra green pas mau masuk jalan Dago di Bandung kuat2 aja. (Di situ pernah pake Honda city 2004 VTEC, dan ga kuat).

Mungkin yg bikin ga pede nanjak itu settingan ECU nya yg agresif banget nahan putaran mesin agar selalu 'eco'. Makanya kalo digas ngurut mesinnya kayak males naik rpm.
Solusinya ya langsung gas dalem2 biar rpm segera naik ke 4000, dan tahan pedal gas agar 'eco' nya ga langsung aktif lagi.

Tapi sekali lagi, mesin ini cuma 1,5 liter non turbo. Pasti kalah sama mesin turbo diesel atau bensin CC di atasnya
Wih mantap. Kalo gt makin yakin nih saya pilih sienta. Hahaha.
Siap lah Om. Prnah ada masalah major kah selama perawatan?
Thanks bgt share pengalaman ny Om. Sangat mencerahkan.
pengendiesel wrote: Sun Aug 12, 2018 8:30
bobstare wrote: Sun Aug 12, 2018 6:57
Mungkin yg bikin ga pede nanjak itu settingan ECU nya yg agresif banget nahan putaran mesin agar selalu 'eco'. Makanya kalo digas ngurut mesinnya kayak males naik rpm.
Solusinya ya langsung gas dalem2 biar rpm segera naik ke 4000, dan tahan pedal gas agar 'eco' nya ga langsung aktif lagi.
Setuju sama om bobstare, ngegasnya gak boleh tanggung2 hehehe.
Kalo tanggung yang ada gak maju2, tapi kalo kasih gas dalem, enteng kok tarikannya (dan juga bensinnya hahaha).

Beberapa saat yang lalu bawa Sienta CVT ke Taman Safari Prigen. Mungkin yang tahu jalanan di sini, tanjakan terakhir pas mau mendekati pasar kaget di depan gerbang Taman Safari itu nggak abis2 dan cukup curam. Di sini masuk mode M, jaga rpm di 4000 dan sekali nyalip dapat 3 mobil sekaligus (salah satunya mobil D4D) :mky_01:
Terus ada satu lagi tanjakan curam setelah gerbang Taman Safari dan pintu masuk Baobab, di sini bisa nyalip Pajero full size (bukan Pajero Sport) yang lagi keluarin asap cumi2nya.

Yg penting pahami karakter mesin dan transmisinya.
Siap Ommm. Thanks bgt jg nih sharing pengalaman nya. Tambah mencerahkan nih. Hehehe.
Btw pernah ada masalah dalam perawatan Om?
Ga ada yg major om. Mesin bandel, kelistrikan ga pernah macet, pintu geser juga masih aman2 aja. Tapi pernah memang naik gocar model Sienta dan terasa acak2an di mana2.
Intinya memang kita apik ato tidak pas make mobil. Pernah naek Alphard milik bos, dan terasa kacau pengendalian, rem, gas dan lain2nya karena kurang apik cara make ya

Sama kaya info om pengendiesel, masalah kambuhan Sienta itu rattling di dashboard nya. Dibawa ke auto2xxx biasanya beres, tp kambuh lagi 8 bulanan kemudian
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by kunaskun »

iamaynard wrote: Sat Aug 11, 2018 4:17 halo suhu2 SM,
Salam kenal semuanya.
Langsung aja nih, mau mohon masukan dan saran suhu semua.
Saya lagi mau beli mobil pertama nih. Baru berkeluarga dan blm punya anak.
Lbh baik beli Sienta Q atau Rush TRD AT (yang model terbaru) ya?
Asumsi: bsa dapet harga seinta sama atau lbh murah dari Rush TRD AT.

Mohon masukan dan sharing pengalaman nya ya gan, kalo ad yg uda pernah icip kedua mobil tersebut.
saya si rush. toh ga butuh sliding door kan dan belum berencana ada momongan dalam waktu dekat.
siirobodh
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 123
Joined: Mon Nov 25, 2013 16:44

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by siirobodh »

Btw kalo mau ambil second mobil sliding door macem freed ato sienta ini mending yg pintu elektrik ato manual ya? Apkh 22nya tetep berpotensi bunyi2?
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by slowipah »

walopun ane py sienta, yg mmg ane beli buat bini karna ini mbl emak2 bgt, mksd ane cocoknya buat mama2 muda anter anak sekolah hehehe mnrt ane ga cocok buat co, no offence yg pake sienta.. jd pasti mending rush om...

tp kdg2 ane bw ini mbl sih mnrt ane ok kok, dr handling, performa, comfort..