Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: 03 Sep 2008, 23:59

Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by pilotgaruda »

Misi sesepuh disini, mau menanyakan hal yg sebenernya udah banyak dibahas di Internet, tapi dari sekian banyak artikel/ulasan, saya ga bisa nyimpulin jawabannya karena makna berbeda ttg kata "nyaman". Untuk oom admin, bingung mau nanya dimana jadi kl salah kamar, mohon kiranya dipindahkan. Terima kasih.

Saya punya Avanza 2013 (vvti) tipe E, suspensinya saya ngerasa belakangan ini keras dan kasar. Beda sama sekitar 1 tahun yg lalu. Saat lewat poldur, kerasa sekali hentakan suspensi depan maupun belakang. Belom lagi ditambah bagian belakang sedikit "terlempar" begitu lewatin poldur tsb. Suspennsi belakang rebound 2 kali pas lewat poldur. Penumpang mobil isinya saya, istri dan 2 anak yg masih kicil2.

Saya sudah memeriksakan ke be-res, dan tidak ada tanda2 shock rusak/mati. Dicek di bengkel luarpun tidak ditemui tanda2 shock rembes dll. Tapi montir mengamini kalo suspensinya keras, ga seperti biasanya. Dan memang kedengaran suara "gluduk2" kecil dari bagian depan. Dan kalo lewat ramp jalanan (yg kaya poldur tapi kecil2 dan banyak, kadang bagian belakang nari2, kadang enggak).

Sempat tes Veloz kakak saya dgn tahun yang sama, dan kondisi sendiri, jauh lebih nyaman, padahal kilometer veloz sudah tembus 140rb (Avanza saya masih 36rb)

Saya cari2 artikel ttg suspensi Asli toyota, dan alternatif macam KYB Excell G dan KYB Ultra. Tapi dari hasil berburu informasi, dapet info yang berbeda2. Ada yang bilang suspensi asli lebih empuk dari KYB excell G(karena asli pakai tokico), ada yang bilang EXCELL G lebih empuk dari Tokico, nanya ke S&D, dia bilang excell G lebih bagus dari asli toyota (krn impor jepang). Tapi ga mention empukan mana. Saya jadi bingung.

Sempat kemarin saya intip ke kaki2 belakang avanza saya, di supensi saya tertulis "Daihatsu, dan merk Kayaba". :big_think:

Ada juga yang menyarankan ganti dengan per BMW/Volvo, tapi setelah saya baca2, kompensasinya adalah mobil jadi turun dan saat full load, bagian belakang akan turun banget. Memang akan jadi lebih empuk.

Yang ingin saya tanyakan:
1. Gimana caranya supaya avanza saya jadi lebih "nyaman" (nyaman=lebih empuk, namun di jalan tol setidaknya masih relatif stabil, saya dijalan tol ga pernah zig-zag dan kecepatan selalu dibawah 100km/h)
2. Pingin pergantian shock/spring dgn yang baru, ga mau yg second ex bmw/volvo dll
3. Ga mau ketinggian mobil jadi turun
4. Ga usah hot bits, krn ini avanza harian mobil perang, sayang pake hotbit
5. Mana yg lebih empuk, Tokico / Excell G?
6. Apa sebenernya merk asli Shock Breaker yg dipakai Avanza?
7. Berfikiran untuk mengkombinasi Shock Excel G dgn per Jamex/eibach/Tien, apakah sesuai seperti yg saya harapkan? (lebih empuk dan ketinggian sama dgn std?)
8. Atau saya pasrah saja ganti shock di Be-res, dan berharap kenyamanan avanza saya akan kembali seperti setahun yang lalu?

- kondisi pemakaian Daily dengan 2 dewasa dan 2 anak (kadang 3 dewasa).
- ban pakai Turanza AR20, tekanan angin selalu rekomendasi pintu mobil (33 psi depan, 36 psi belakang, nitrogen)

Demikian, sorry kl kepanjangan, semoga ada yang bisa bantu.
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by egibaio »

Pagi om pilotgaruda. Saran saya sih sebelum menggelontorkan uang yg ga sedikit buat ganti semua shock dan per ada baiknya coba kurangi tekanan ban dulu om terus dirasa rasa lagi apa ada perbaikan. Karena kadang2 menurut taste saya, tekanan angin rekomendasi pabrikan kadang terlalu tinggi.

Oiya tambahan sedikit kalau mau ngejar empuk mending tokico. Kmrn saya di civic pake excel G keras bgt wkwk
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by maskopat »

agak repot nih ngeceknya. tapi kemungkinan besar sih shock breaker. ane gak tahu mana yang empuk atau gak.
coba bandingin sama veloz kakak:
1. apakah konstruksi kaki2nya sama. posisi link dan stabilizer juga perlu diperhatikan.
2. apakah part per juga sama
3. apakah part shock breaker juga sama.

kalo beda, coba ganti per dan shock breaker punya veloz.

test berikutnya, coba test dengan tambahan beban 100kg di belakang (di bagasi). apakah bantingan sudah sesuai dengnan keinginan...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by marmut »

butuh banyak dana, karena mobil ini terlahir dengan bantingan yang keras.
ganti per saja atau shock saja tidak akan nyelesaikan masalah.
per standar + ganti shock keras = mengurangi mentul2 dan membuat stabil saat hi speed, tapi kenyamanan berkurang.
mau nggak mau per harus diganti dengan yang ulirnya lebih rapet + ganti shock yang tingkat kekerasannya sesuai dengan yang dimau.
untuk shock, coba sambangi toko yang khusus jual shock dan oom boleh bandingkan tingkat kekerasannya antara shock standar dengan beberapa pilihan yang diajukan toko. tes sendiri ditekan pake tangan.

sent from Ericsson R310s

Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: 21 Feb 2016, 17:43
Location: Surabaya
Contact:

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by Yonatanw »

Nubie cb jawab,

Pengalaman saya pernah ganti ke kayaba ultra (warna kuning), ga kerasa bedanya..
Kalau baca tulisan om TS mentul 2x, kayaknya shock belakang uda mati..

Untuk limbungnya, menurut saya cara paling efektif : taruh beban 40kg di bagasi belakang.. Jauh lebih nyaman..

IMHO
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
inu83
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 08 Nov 2015, 09:46

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by inu83 »

Setahu saya umur shock avanza sekitar 3tahun dan salah satu ciri shock sdh lemah a.l bantingan tambah keras. Saran saya coba copot salah satu shock dan coba tes dengan menekannya, kalo langsung ambles dan gak balik2 lg udah saatnya ganti. Kalo saya tempo hr tes+ganti shock di shop and drive. Pake kayaba excel g (katanya sih import) efek ke mobil lebih stiff dr standarnya(efek mentul2 berkurang) dan mantap utk nikung2 agak tajam. Utk harganya lebih murah dibandingkan shock std ganti di bengkel resmi.
Jupiemx99
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: 09 Mar 2016, 12:49

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by Jupiemx99 »

Saya juga pake avanza e 2008. Emang kerasa keras. Gak enak. Emang karena udah kelamaan ya. :mky_01: Blm pernah ganti shock. Km 50ribuan.

Pernah naik uber/grab grand new avanza veloz baru. Memang waktu jalan dengan kecepatan normal, berasa lebih empuk dan nyaman. Tapi di jalan tol dengan kecepatan tinggi > 100 kph tetap berasa gak enak, kasar. Imho. :big_childish:

Kepikiran juga sih cari2 paket suspensi biar tambah nyaman dan tetap stabil di kecepatan tinggi. Tapi setelah dipikir2 daripada upgrade2 blm tentu enak, mendingan dijual beli ertiga bekas. Jauh lebih nyaman. :big_peace: nambahnya juga gak banyak2.
yozhuaa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: 19 Apr 2015, 15:38

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by yozhuaa »

mobil saya jazz pake shock merk monroe jd empuk tp kalo lewat polisi tidur malah jd mentok :mky_04. sblmny jrg2 mentok kalo lewat polisi tidur pas pakai shock bawaan nya, skrg mlh sering mentok. semoga membantu om
:big_peace:
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: 23 Nov 2014, 12:25

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by ransyah1234 »

Coba om seragamin tekanan ban belakangnya jd 33 seperti depan

Mudah2an cukup terasa efeknya

Toh ga full load bawa barang

Atau diratain semua 32 aja
ultimate0
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: 15 Oct 2012, 11:13

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by ultimate0 »

Klo ga salah,avanza shock lembut tapi per keras. Jadi klo mau tes,awal2 ganti tekanan ban ke 32 smua depan blakang. Klo masih keras juga,bisa coba pernya dipakai karet damper kayak valen,dsb.klo masih ga nyaman juga,bru ganti shock ato per.
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 305
Joined: 24 Feb 2016, 16:01

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by adri31 »

Fungsi karet damper ini apa ya?

Sent from my E5803 using Seraya Motor mobile app

diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: 27 Nov 2009, 18:24

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by diesel mania »

Kalo bantingan jedak-jeduk jangan salahin shocknya. Salahin pernya. Cukup ganti per belakangnya avanza pake per belakangnya punya terios ato rush kelar deh masalah. Klo goyang dombret baru silahkan salahin shocknya.
Diesel in my head
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: 03 Sep 2008, 23:59

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by pilotgaruda »

egibaio wrote: 21 Feb 2017, 09:41 Pagi om pilotgaruda. Saran saya sih sebelum menggelontorkan uang yg ga sedikit buat ganti semua shock dan per ada baiknya coba kurangi tekanan ban dulu om terus dirasa rasa lagi apa ada perbaikan. Karena kadang2 menurut taste saya, tekanan angin rekomendasi pabrikan kadang terlalu tinggi.

Oiya tambahan sedikit kalau mau ngejar empuk mending tokico. Kmrn saya di civic pake excel G keras bgt wkwk
Pagi juga oom, tekanan ban udah dikurangi. Ketemu pot hole memang jadi sedikit lebi nyaman, tapi tetep keras. Ane suspect ban ane (turanza AR20). Iya, ane denger juga tokico lebih empuk
maskopat wrote: 21 Feb 2017, 14:15 agak repot nih ngeceknya. tapi kemungkinan besar sih shock breaker. ane gak tahu mana yang empuk atau gak.
coba bandingin sama veloz kakak:
1. apakah konstruksi kaki2nya sama. posisi link dan stabilizer juga perlu diperhatikan.
2. apakah part per juga sama
3. apakah part shock breaker juga sama.

kalo beda, coba ganti per dan shock breaker punya veloz.

test berikutnya, coba test dengan tambahan beban 100kg di belakang (di bagasi). apakah bantingan sudah sesuai dengnan keinginan...
Kalo mobil full load, emang mentul2nya jadi berkurang banget. Tapi efek jeduknya masih keras. Suspect ke ban ane. Tekanan udah dikurangi tapi masih keras jeduk.
marmut wrote: 21 Feb 2017, 14:52 butuh banyak dana, karena mobil ini terlahir dengan bantingan yang keras.
ganti per saja atau shock saja tidak akan nyelesaikan masalah.
per standar + ganti shock keras = mengurangi mentul2 dan membuat stabil saat hi speed, tapi kenyamanan berkurang.
mau nggak mau per harus diganti dengan yang ulirnya lebih rapet + ganti shock yang tingkat kekerasannya sesuai dengan yang dimau.
untuk shock, coba sambangi toko yang khusus jual shock dan oom boleh bandingkan tingkat kekerasannya antara shock standar dengan beberapa pilihan yang diajukan toko. tes sendiri ditekan pake tangan.

sent from Ericsson R310s
Memang belum sempet buka shock utk chek. Tapi masalahnya bantingan mental2 dan ga enak baru kejadian 2 taun belakangan. Awal2 masih enak dan ga separah sekarang. Ane yakin pasti ada yg worn out, tapi apa itu?
Yonatanw wrote: 21 Feb 2017, 15:16 Nubie cb jawab,

Pengalaman saya pernah ganti ke kayaba ultra (warna kuning), ga kerasa bedanya..
Kalau baca tulisan om TS mentul 2x, kayaknya shock belakang uda mati..

Untuk limbungnya, menurut saya cara paling efektif : taruh beban 40kg di bagasi belakang.. Jauh lebih nyaman..

IMHO
Ultra kata bengkel sih keras, utk manuver bagus. suspect ane juga shock belakang dah mati. btw kl mobil full loaded emang jadi better. Cuma utk daily bawa 40kg karung dibelakang kayaknya gimana gitu, hehehe.
inu83 wrote: 21 Feb 2017, 16:21 Setahu saya umur shock avanza sekitar 3tahun dan salah satu ciri shock sdh lemah a.l bantingan tambah keras. Saran saya coba copot salah satu shock dan coba tes dengan menekannya, kalo langsung ambles dan gak balik2 lg udah saatnya ganti. Kalo saya tempo hr tes+ganti shock di shop and drive. Pake kayaba excel g (katanya sih import) efek ke mobil lebih stiff dr standarnya(efek mentul2 berkurang) dan mantap utk nikung2 agak tajam. Utk harganya lebih murah dibandingkan shock std ganti di bengkel resmi.
Orang bengkel jg bilang gitu, ciri awal bantingan mobil jadi keras, nanti lama2 baru ngayun dan kemudian keluar rembesan oli. Cuma emang belom sempet tes copot shock belakang oom. btw, pake excel g lebih empuk ga? soalnya orang S&D bilang excell g lebih empuk dari standar.
Jupiemx99 wrote: 21 Feb 2017, 17:26 Saya juga pake avanza e 2008. Emang kerasa keras. Gak enak. Emang karena udah kelamaan ya. :mky_01: Blm pernah ganti shock. Km 50ribuan.

Pernah naik uber/grab grand new avanza veloz baru. Memang waktu jalan dengan kecepatan normal, berasa lebih empuk dan nyaman. Tapi di jalan tol dengan kecepatan tinggi > 100 kph tetap berasa gak enak, kasar. Imho. :big_childish:

Kepikiran juga sih cari2 paket suspensi biar tambah nyaman dan tetap stabil di kecepatan tinggi. Tapi setelah dipikir2 daripada upgrade2 blm tentu enak, mendingan dijual beli ertiga bekas. Jauh lebih nyaman. :big_peace: nambahnya juga gak banyak2.
Hahaha, sama oom, kepikiran buat tuker tambah aja drpd penyakit ga terpecahkan. Cm sayang juga jual avanza ane, nilai historisnya tinggi soale :mky_01:
yozhuaa wrote: 21 Feb 2017, 17:46 mobil saya jazz pake shock merk monroe jd empuk tp kalo lewat polisi tidur malah jd mentok :mky_04. sblmny jrg2 mentok kalo lewat polisi tidur pas pakai shock bawaan nya, skrg mlh sering mentok. semoga membantu om
iya sih, konsekuensi pake shock empuk bakalan gampang mentok. btw monroe kayaknya lebih mahal ya?
ransyah1234 wrote: 21 Feb 2017, 19:03 Coba om seragamin tekanan ban belakangnya jd 33 seperti depan

Mudah2an cukup terasa efeknya

Toh ga full load bawa barang

Atau diratain semua 32 aja
udah oom, mentulnya ga ilang, cuma jeduk2 pas lewat pot hole aga berkurang. Masih keras kayaknya emang dari karakter ban sekarang (turanza AR20)
ultimate0 wrote: 22 Feb 2017, 12:58 Klo ga salah,avanza shock lembut tapi per keras. Jadi klo mau tes,awal2 ganti tekanan ban ke 32 smua depan blakang. Klo masih keras juga,bisa coba pernya dipakai karet damper kayak valen,dsb.klo masih ga nyaman juga,bru ganti shock ato per.
pingin coba sih oom, tapi valen damper harganya juga lumayan. Mendekati harga shock belakang avanza :mky_01:
diesel mania wrote: 08 Apr 2017, 15:17 Kalo bantingan jedak-jeduk jangan salahin shocknya. Salahin pernya. Cukup ganti per belakangnya avanza pake per belakangnya punya terios ato rush kelar deh masalah. Klo goyang dombret baru silahkan salahin shocknya.
Yup setuju banget, cuma masalahnya ini jadi ga enak bantingannya 2 tahun belakangan. pasti ada yang worn out. Kalau suspect per, setau saya per ga bisa rusak/berubah struktur. Kecuali mungkin salah pasang. Cuma ini masih standar pabrikan.
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 02 Feb 2016, 10:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by vulvy8858 »

pilotgaruda wrote: 10 Apr 2017, 06:30 Pagi juga oom, tekanan ban udah dikurangi. Ketemu pot hole memang jadi sedikit lebi nyaman, tapi tetep keras. Ane suspect ban ane (turanza AR20). Iya, ane denger juga tokico lebih empuk

Kalo mobil full load, emang mentul2nya jadi berkurang banget. Tapi efek jeduknya masih keras. Suspect ke ban ane. Tekanan udah dikurangi tapi masih keras jeduk.

Memang belum sempet buka shock utk chek. Tapi masalahnya bantingan mental2 dan ga enak baru kejadian 2 taun belakangan. Awal2 masih enak dan ga separah sekarang. Ane yakin pasti ada yg worn out, tapi apa itu?

Ultra kata bengkel sih keras, utk manuver bagus. suspect ane juga shock belakang dah mati. btw kl mobil full loaded emang jadi better. Cuma utk daily bawa 40kg karung dibelakang kayaknya gimana gitu, hehehe.

Orang bengkel jg bilang gitu, ciri awal bantingan mobil jadi keras, nanti lama2 baru ngayun dan kemudian keluar rembesan oli. Cuma emang belom sempet tes copot shock belakang oom. btw, pake excel g lebih empuk ga? soalnya orang S&D bilang excell g lebih empuk dari standar.

Hahaha, sama oom, kepikiran buat tuker tambah aja drpd penyakit ga terpecahkan. Cm sayang juga jual avanza ane, nilai historisnya tinggi soale :mky_01:
iya sih, konsekuensi pake shock empuk bakalan gampang mentok. btw monroe kayaknya lebih mahal ya?

udah oom, mentulnya ga ilang, cuma jeduk2 pas lewat pot hole aga berkurang. Masih keras kayaknya emang dari karakter ban sekarang (turanza AR20)

pingin coba sih oom, tapi valen damper harganya juga lumayan. Mendekati harga shock belakang avanza :mky_01:

Yup setuju banget, cuma masalahnya ini jadi ga enak bantingannya 2 tahun belakangan. pasti ada yang worn out. Kalau suspect per, setau saya per ga bisa rusak/berubah struktur. Kecuali mungkin salah pasang. Cuma ini masih standar pabrikan.
1. kebetulan dulu pelos maupun apansa lama saya sempet pakek AR20. ini ban grip nya emang enak, ga terlalu berisik, tapi harusnya doi ga keras kok. tekanan angin coba kasi 31-35, depan 31 belakang 35. kalo dirasa keempukan di depan, depan 32 belakang 35. atau kalo belakang berasa keras, depan 32 belakang 34. kalo dulu saya di pelos 32-35, apansa lama 31-35.

2. efek jeduk kalo penumpang full karena sokbreker uda ga maen / uda sampe batas kekuatan menahan beban. kalo dipake sendiri bisa jeduk juga, alamat sokbreker belakang uda mati.

3. berapa kali pelihara apansa, biasanya sokbreker asli bawaan pabrik belakang mati di sekitar 40rb km / 3 tahun.

4. KYB Ultra ga enak, perna coba punya temen, keras bener bantingannya. stiff sih stiff tapi keterlaluan kalo menurut saya. kayak naek gerobak.

5. excel G perna coba di punya temen juga, bantingan lebi keras dikit dari standard, tapi ga separah ultra. durabilitynya mantep kalo Excel-G.

6. Monroe GasMatic terakhir beli 550rb di Istana Atrium. asli Daihatsu / Toyota 400rb. itu harga tahun 2015. Gas-Reflex di 900 ribuan, mendekati KYB Excel-G, di stamx, taun 2015 juga.

7. per keong mah jarang lemah om kalo belom diatas 10 taun umur mubilnya.

dari pengalaman gonta ganti shock belakang sih, mulai punya sendiri sampe pinjem punya temen, yang kelas dibawah sejeti, urutannya:
keras ke empuk: KYB Ultra > KYB Excel-G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > Ori Daihatsu = KYB Premium > Monroe GasMatic
stabil ke limbung: KYB Excel G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > KYB Ultra > Monroe GasMatic > KYB Premium = Ori Daihatsu

kalo nemu Monroe Gas-Reflex sih IMHO enak tuh sokbreker dipakenya, stabil dapet, empuk lumayan dapet. Tokico juga enak, stabil dapet, empuk masi dapet.
kalo mao bener2 empuk, GasMatic, empuk bener tu shock. tapi kalo diisi full ya pasti mentok dan pasti turun. pas cornering juga kurang enak, even masi anteng di jalan lurus. karena bokongnya agak turun.

btw all new avanza sokbreker depannya cuma ada 1 produk, merek Showa, belom ada replacementnya. agak ringkih dan mahal bener, sepasang 1.3 juta. sama punya X-Trail mahalan sokbreker apansa.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 02 Feb 2016, 10:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by vulvy8858 »

btw setau saya sokbreker aslinya avanza pake KYB, maybe OEM nya KYB Premium yang tabung item.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: 03 Sep 2008, 23:59

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by pilotgaruda »

vulvy8858 wrote: 11 Apr 2017, 11:22

1. kebetulan dulu pelos maupun apansa lama saya sempet pakek AR20. ini ban grip nya emang enak, ga terlalu berisik, tapi harusnya doi ga keras kok. tekanan angin coba kasi 31-35, depan 31 belakang 35. kalo dirasa keempukan di depan, depan 32 belakang 35. atau kalo belakang berasa keras, depan 32 belakang 34. kalo dulu saya di pelos 32-35, apansa lama 31-35.

2. efek jeduk kalo penumpang full karena sokbreker uda ga maen / uda sampe batas kekuatan menahan beban. kalo dipake sendiri bisa jeduk juga, alamat sokbreker belakang uda mati.

3. berapa kali pelihara apansa, biasanya sokbreker asli bawaan pabrik belakang mati di sekitar 40rb km / 3 tahun.

4. KYB Ultra ga enak, perna coba punya temen, keras bener bantingannya. stiff sih stiff tapi keterlaluan kalo menurut saya. kayak naek gerobak.

5. excel G perna coba di punya temen juga, bantingan lebi keras dikit dari standard, tapi ga separah ultra. durabilitynya mantep kalo Excel-G.

6. Monroe GasMatic terakhir beli 550rb di Istana Atrium. asli Daihatsu / Toyota 400rb. itu harga tahun 2015. Gas-Reflex di 900 ribuan, mendekati KYB Excel-G, di stamx, taun 2015 juga.

7. per keong mah jarang lemah om kalo belom diatas 10 taun umur mubilnya.

dari pengalaman gonta ganti shock belakang sih, mulai punya sendiri sampe pinjem punya temen, yang kelas dibawah sejeti, urutannya:
keras ke empuk: KYB Ultra > KYB Excel-G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > Ori Daihatsu = KYB Premium > Monroe GasMatic
stabil ke limbung: KYB Excel G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > KYB Ultra > Monroe GasMatic > KYB Premium = Ori Daihatsu

kalo nemu Monroe Gas-Reflex sih IMHO enak tuh sokbreker dipakenya, stabil dapet, empuk lumayan dapet. Tokico juga enak, stabil dapet, empuk masi dapet.
kalo mao bener2 empuk, GasMatic, empuk bener tu shock. tapi kalo diisi full ya pasti mentok dan pasti turun. pas cornering juga kurang enak, even masi anteng di jalan lurus. karena bokongnya agak turun.

btw all new avanza sokbreker depannya cuma ada 1 produk, merek Showa, belom ada replacementnya. agak ringkih dan mahal bener, sepasang 1.3 juta. sama punya X-Trail mahalan sokbreker apansa.
Oom, manteb banget jawabannya. Lebih jelas daripada googling di forum2. :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:

sepertinya paling imbang ya si monroe gas reflex itu ya, ato ga tokico dual action. Sepertinya kyb ultra big nono ya, udah keras, limbung pula :mky_01:

tengkyu banget ya oom, saya mulai cari2 deh referensi monroe / tokico.
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 10 Feb 2017, 13:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by arief225 »

Tapi kayanya rata rata papanja suspensinya gitu, saya ada papanja 2007 klo jalan ajrut ajrutan. Coba punya temen papanja 2009. Sama juga. Jadi ininya ini mobil tahan banting, tapi yg naikinnya rasanya kebanting banting😁
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 768
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by Kaleng »

mendingan ke ahli per om trus minta dicek bongkar. lebih enak yang ada jual shock buat avanza juga, bisa minta langsung test bedanya antara yang lama dengan yang baru.

kadang bingung juga sama shock absorber mobil umur pakainya sebenarnya rata-rata berapa lama ya? mobilio saya juga berasa banget goyang kiri kanan pas lewatin jalan gak mulus, tapi coba mobilio yang lain yang KM jauh lebih tinggi daripada punya sy malah gak goyang.
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: 03 Sep 2008, 23:59

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by pilotgaruda »

arief225 wrote: 11 Apr 2017, 17:16 Tapi kayanya rata rata papanja suspensinya gitu, saya ada papanja 2007 klo jalan ajrut ajrutan. Coba punya temen papanja 2009. Sama juga. Jadi ininya ini mobil tahan banting, tapi yg naikinnya rasanya kebanting banting😁
Soalnya 2 taun lalu ga sekeras ini. jadi pasti ada yg ga beres
Kaleng wrote: 11 Apr 2017, 17:30 mendingan ke ahli per om trus minta dicek bongkar. lebih enak yang ada jual shock buat avanza juga, bisa minta langsung test bedanya antara yang lama dengan yang baru.

kadang bingung juga sama shock absorber mobil umur pakainya sebenarnya rata-rata berapa lama ya? mobilio saya juga berasa banget goyang kiri kanan pas lewatin jalan gak mulus, tapi coba mobilio yang lain yang KM jauh lebih tinggi daripada punya sy malah gak goyang.
Kadang ke ahli per, definisi nyaman dia sama saya beda. Pernah mobil yg lama, minta nyaman, dikasih dia set per empuk sama shock keras. Enak sih nyaman, tapi mobil jadi dongak. Alhasil balik lagi ke bengkelnya. Waktu itu di sesepuh per di cawang sama si Akong terminal per. Maunya ga ganti per. Minimal balik kaya dulu lagi dah cukup.

umur per kayaknya beda2, ada yg 3 taun, 4 taun. Tergantung medan. Avanza kakak udah 140rb km blom ganti shock masih enak (lewat tol mulu). Mobil saya baru 35rbkm tahun yg sama kaya avanza kakak udah ajrut2an (sering jalan dalem kota yg kriting2.
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 10 Feb 2017, 13:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by arief225 »

pilotgaruda wrote: 11 Apr 2017, 17:48
arief225 wrote: 11 Apr 2017, 17:16 Tapi kayanya rata rata papanja suspensinya gitu, saya ada papanja 2007 klo jalan ajrut ajrutan. Coba punya temen papanja 2009. Sama juga. Jadi ininya ini mobil tahan banting, tapi yg naikinnya rasanya kebanting banting😁
Soalnya 2 taun lalu ga sekeras ini. jadi pasti ada yg ga beres
Kaleng wrote: 11 Apr 2017, 17:30 mendingan ke ahli per om trus minta dicek bongkar. lebih enak yang ada jual shock buat avanza juga, bisa minta langsung test bedanya antara yang lama dengan yang baru.

kadang bingung juga sama shock absorber mobil umur pakainya sebenarnya rata-rata berapa lama ya? mobilio saya juga berasa banget goyang kiri kanan pas lewatin jalan gak mulus, tapi coba mobilio yang lain yang KM jauh lebih tinggi daripada punya sy malah gak goyang.
Kadang ke ahli per, definisi nyaman dia sama saya beda. Pernah mobil yg lama, minta nyaman, dikasih dia set per empuk sama shock keras. Enak sih nyaman, tapi mobil jadi dongak. Alhasil balik lagi ke bengkelnya. Waktu itu di sesepuh per di cawang sama si Akong terminal per. Maunya ga ganti per. Minimal balik kaya dulu lagi dah cukup.

umur per kayaknya beda2, ada yg 3 taun, 4 taun. Tergantung medan. Avanza kakak udah 140rb km blom ganti shock masih enak (lewat tol mulu). Mobil saya baru 35rbkm tahun yg sama kaya avanza kakak udah ajrut2an (sering jalan dalem kota yg kriting2.

Kalo solusi irit sih biasanya tukang kaki kaki di bandung, di jalan cikawao biasanya ditawarin suntik shock kk.
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: 03 Sep 2008, 23:59

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by pilotgaruda »

arief225 wrote: 11 Apr 2017, 20:26
pilotgaruda wrote: 11 Apr 2017, 17:48
arief225 wrote: 11 Apr 2017, 17:16 Tapi kayanya rata rata papanja suspensinya gitu, saya ada papanja 2007 klo jalan ajrut ajrutan. Coba punya temen papanja 2009. Sama juga. Jadi ininya ini mobil tahan banting, tapi yg naikinnya rasanya kebanting banting😁
Soalnya 2 taun lalu ga sekeras ini. jadi pasti ada yg ga beres
Kaleng wrote: 11 Apr 2017, 17:30 mendingan ke ahli per om trus minta dicek bongkar. lebih enak yang ada jual shock buat avanza juga, bisa minta langsung test bedanya antara yang lama dengan yang baru.

kadang bingung juga sama shock absorber mobil umur pakainya sebenarnya rata-rata berapa lama ya? mobilio saya juga berasa banget goyang kiri kanan pas lewatin jalan gak mulus, tapi coba mobilio yang lain yang KM jauh lebih tinggi daripada punya sy malah gak goyang.
Kadang ke ahli per, definisi nyaman dia sama saya beda. Pernah mobil yg lama, minta nyaman, dikasih dia set per empuk sama shock keras. Enak sih nyaman, tapi mobil jadi dongak. Alhasil balik lagi ke bengkelnya. Waktu itu di sesepuh per di cawang sama si Akong terminal per. Maunya ga ganti per. Minimal balik kaya dulu lagi dah cukup.

umur per kayaknya beda2, ada yg 3 taun, 4 taun. Tergantung medan. Avanza kakak udah 140rb km blom ganti shock masih enak (lewat tol mulu). Mobil saya baru 35rbkm tahun yg sama kaya avanza kakak udah ajrut2an (sering jalan dalem kota yg kriting2.

Kalo solusi irit sih biasanya tukang kaki kaki di bandung, di jalan cikawao biasanya ditawarin suntik shock kk.
Waduh, kejauhan oom bandung. Saya posisi Jakarta, btw thanks infonya. Pinginnya ganti aja.
matt040
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 21 Jun 2018, 15:25

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by matt040 »

[spoiler=avanza]
vulvy8858 wrote: 11 Apr 2017, 11:22
pilotgaruda wrote: 10 Apr 2017, 06:30 Pagi juga oom, tekanan ban udah dikurangi. Ketemu pot hole memang jadi sedikit lebi nyaman, tapi tetep keras. Ane suspect ban ane (turanza AR20). Iya, ane denger juga tokico lebih empuk

Kalo mobil full load, emang mentul2nya jadi berkurang banget. Tapi efek jeduknya masih keras. Suspect ke ban ane. Tekanan udah dikurangi tapi masih keras jeduk.

Memang belum sempet buka shock utk chek. Tapi masalahnya bantingan mental2 dan ga enak baru kejadian 2 taun belakangan. Awal2 masih enak dan ga separah sekarang. Ane yakin pasti ada yg worn out, tapi apa itu?

Ultra kata bengkel sih keras, utk manuver bagus. suspect ane juga shock belakang dah mati. btw kl mobil full loaded emang jadi better. Cuma utk daily bawa 40kg karung dibelakang kayaknya gimana gitu, hehehe.

Orang bengkel jg bilang gitu, ciri awal bantingan mobil jadi keras, nanti lama2 baru ngayun dan kemudian keluar rembesan oli. Cuma emang belom sempet tes copot shock belakang oom. btw, pake excel g lebih empuk ga? soalnya orang S&D bilang excell g lebih empuk dari standar.

Hahaha, sama oom, kepikiran buat tuker tambah aja drpd penyakit ga terpecahkan. Cm sayang juga jual avanza ane, nilai historisnya tinggi soale :mky_01:
iya sih, konsekuensi pake shock empuk bakalan gampang mentok. btw monroe kayaknya lebih mahal ya?

udah oom, mentulnya ga ilang, cuma jeduk2 pas lewat pot hole aga berkurang. Masih keras kayaknya emang dari karakter ban sekarang (turanza AR20)

pingin coba sih oom, tapi valen damper harganya juga lumayan. Mendekati harga shock belakang avanza :mky_01:

Yup setuju banget, cuma masalahnya ini jadi ga enak bantingannya 2 tahun belakangan. pasti ada yang worn out. Kalau suspect per, setau saya per ga bisa rusak/berubah struktur. Kecuali mungkin salah pasang. Cuma ini masih standar pabrikan.
1. kebetulan dulu pelos maupun apansa lama saya sempet pakek AR20. ini ban grip nya emang enak, ga terlalu berisik, tapi harusnya doi ga keras kok. tekanan angin coba kasi 31-35, depan 31 belakang 35. kalo dirasa keempukan di depan, depan 32 belakang 35. atau kalo belakang berasa keras, depan 32 belakang 34. kalo dulu saya di pelos 32-35, apansa lama 31-35.

2. efek jeduk kalo penumpang full karena sokbreker uda ga maen / uda sampe batas kekuatan menahan beban. kalo dipake sendiri bisa jeduk juga, alamat sokbreker belakang uda mati.

3. berapa kali pelihara apansa, biasanya sokbreker asli bawaan pabrik belakang mati di sekitar 40rb km / 3 tahun.

4. KYB Ultra ga enak, perna coba punya temen, keras bener bantingannya. stiff sih stiff tapi keterlaluan kalo menurut saya. kayak naek gerobak.

5. excel G perna coba di punya temen juga, bantingan lebi keras dikit dari standard, tapi ga separah ultra. durabilitynya mantep kalo Excel-G.

6. Monroe GasMatic terakhir beli 550rb di Istana Atrium. asli Daihatsu / Toyota 400rb. itu harga tahun 2015. Gas-Reflex di 900 ribuan, mendekati KYB Excel-G, di stamx, taun 2015 juga.

7. per keong mah jarang lemah om kalo belom diatas 10 taun umur mubilnya.

dari pengalaman gonta ganti shock belakang sih, mulai punya sendiri sampe pinjem punya temen, yang kelas dibawah sejeti, urutannya:
keras ke empuk: KYB Ultra > KYB Excel-G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > Ori Daihatsu = KYB Premium > Monroe GasMatic
stabil ke limbung: KYB Excel G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > KYB Ultra > Monroe GasMatic > KYB Premium = Ori Daihatsu

kalo nemu Monroe Gas-Reflex sih IMHO enak tuh sokbreker dipakenya, stabil dapet, empuk lumayan dapet. Tokico juga enak, stabil dapet, empuk masi dapet.
kalo mao bener2 empuk, GasMatic, empuk bener tu shock. tapi kalo diisi full ya pasti mentok dan pasti turun. pas cornering juga kurang enak, even masi anteng di jalan lurus. karena bokongnya agak turun.

btw all new avanza sokbreker depannya cuma ada 1 produk, merek Showa, belom ada replacementnya. agak ringkih dan mahal bener, sepasang 1.3 juta. sama punya X-Trail mahalan sokbreker apansa.
[/spoiler]

numpang tanya om, monroe gas-reflex itu yang kotaknya warna hitam dengan strip/tulisan warna kuning bukan? yg tulisannya monroe OESpectrum?
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 02 Feb 2016, 10:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by vulvy8858 »

matt040 wrote: 21 Jun 2018, 15:34 [spoiler=avanza]
vulvy8858 wrote: 11 Apr 2017, 11:22
pilotgaruda wrote: 10 Apr 2017, 06:30 Pagi juga oom, tekanan ban udah dikurangi. Ketemu pot hole memang jadi sedikit lebi nyaman, tapi tetep keras. Ane suspect ban ane (turanza AR20). Iya, ane denger juga tokico lebih empuk

Kalo mobil full load, emang mentul2nya jadi berkurang banget. Tapi efek jeduknya masih keras. Suspect ke ban ane. Tekanan udah dikurangi tapi masih keras jeduk.

Memang belum sempet buka shock utk chek. Tapi masalahnya bantingan mental2 dan ga enak baru kejadian 2 taun belakangan. Awal2 masih enak dan ga separah sekarang. Ane yakin pasti ada yg worn out, tapi apa itu?

Ultra kata bengkel sih keras, utk manuver bagus. suspect ane juga shock belakang dah mati. btw kl mobil full loaded emang jadi better. Cuma utk daily bawa 40kg karung dibelakang kayaknya gimana gitu, hehehe.

Orang bengkel jg bilang gitu, ciri awal bantingan mobil jadi keras, nanti lama2 baru ngayun dan kemudian keluar rembesan oli. Cuma emang belom sempet tes copot shock belakang oom. btw, pake excel g lebih empuk ga? soalnya orang S&D bilang excell g lebih empuk dari standar.

Hahaha, sama oom, kepikiran buat tuker tambah aja drpd penyakit ga terpecahkan. Cm sayang juga jual avanza ane, nilai historisnya tinggi soale :mky_01:
iya sih, konsekuensi pake shock empuk bakalan gampang mentok. btw monroe kayaknya lebih mahal ya?

udah oom, mentulnya ga ilang, cuma jeduk2 pas lewat pot hole aga berkurang. Masih keras kayaknya emang dari karakter ban sekarang (turanza AR20)

pingin coba sih oom, tapi valen damper harganya juga lumayan. Mendekati harga shock belakang avanza :mky_01:

Yup setuju banget, cuma masalahnya ini jadi ga enak bantingannya 2 tahun belakangan. pasti ada yang worn out. Kalau suspect per, setau saya per ga bisa rusak/berubah struktur. Kecuali mungkin salah pasang. Cuma ini masih standar pabrikan.
1. kebetulan dulu pelos maupun apansa lama saya sempet pakek AR20. ini ban grip nya emang enak, ga terlalu berisik, tapi harusnya doi ga keras kok. tekanan angin coba kasi 31-35, depan 31 belakang 35. kalo dirasa keempukan di depan, depan 32 belakang 35. atau kalo belakang berasa keras, depan 32 belakang 34. kalo dulu saya di pelos 32-35, apansa lama 31-35.

2. efek jeduk kalo penumpang full karena sokbreker uda ga maen / uda sampe batas kekuatan menahan beban. kalo dipake sendiri bisa jeduk juga, alamat sokbreker belakang uda mati.

3. berapa kali pelihara apansa, biasanya sokbreker asli bawaan pabrik belakang mati di sekitar 40rb km / 3 tahun.

4. KYB Ultra ga enak, perna coba punya temen, keras bener bantingannya. stiff sih stiff tapi keterlaluan kalo menurut saya. kayak naek gerobak.

5. excel G perna coba di punya temen juga, bantingan lebi keras dikit dari standard, tapi ga separah ultra. durabilitynya mantep kalo Excel-G.

6. Monroe GasMatic terakhir beli 550rb di Istana Atrium. asli Daihatsu / Toyota 400rb. itu harga tahun 2015. Gas-Reflex di 900 ribuan, mendekati KYB Excel-G, di stamx, taun 2015 juga.

7. per keong mah jarang lemah om kalo belom diatas 10 taun umur mubilnya.

dari pengalaman gonta ganti shock belakang sih, mulai punya sendiri sampe pinjem punya temen, yang kelas dibawah sejeti, urutannya:
keras ke empuk: KYB Ultra > KYB Excel-G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > Ori Daihatsu = KYB Premium > Monroe GasMatic
stabil ke limbung: KYB Excel G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > KYB Ultra > Monroe GasMatic > KYB Premium = Ori Daihatsu

kalo nemu Monroe Gas-Reflex sih IMHO enak tuh sokbreker dipakenya, stabil dapet, empuk lumayan dapet. Tokico juga enak, stabil dapet, empuk masi dapet.
kalo mao bener2 empuk, GasMatic, empuk bener tu shock. tapi kalo diisi full ya pasti mentok dan pasti turun. pas cornering juga kurang enak, even masi anteng di jalan lurus. karena bokongnya agak turun.

btw all new avanza sokbreker depannya cuma ada 1 produk, merek Showa, belom ada replacementnya. agak ringkih dan mahal bener, sepasang 1.3 juta. sama punya X-Trail mahalan sokbreker apansa.
[/spoiler]

numpang tanya om, monroe gas-reflex itu yang kotaknya warna hitam dengan strip/tulisan warna kuning bukan? yg tulisannya monroe OESpectrum?
betul om..
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 11 May 2016, 15:40

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by diidoot »

vulvy8858 wrote: 11 Apr 2017, 11:22
1. kebetulan dulu pelos maupun apansa lama saya sempet pakek AR20. ini ban grip nya emang enak, ga terlalu berisik, tapi harusnya doi ga keras kok. tekanan angin coba kasi 31-35, depan 31 belakang 35. kalo dirasa keempukan di depan, depan 32 belakang 35. atau kalo belakang berasa keras, depan 32 belakang 34. kalo dulu saya di pelos 32-35, apansa lama 31-35.

2. efek jeduk kalo penumpang full karena sokbreker uda ga maen / uda sampe batas kekuatan menahan beban. kalo dipake sendiri bisa jeduk juga, alamat sokbreker belakang uda mati.

3. berapa kali pelihara apansa, biasanya sokbreker asli bawaan pabrik belakang mati di sekitar 40rb km / 3 tahun.

4. KYB Ultra ga enak, perna coba punya temen, keras bener bantingannya. stiff sih stiff tapi keterlaluan kalo menurut saya. kayak naek gerobak.

5. excel G perna coba di punya temen juga, bantingan lebi keras dikit dari standard, tapi ga separah ultra. durabilitynya mantep kalo Excel-G.

6. Monroe GasMatic terakhir beli 550rb di Istana Atrium. asli Daihatsu / Toyota 400rb. itu harga tahun 2015. Gas-Reflex di 900 ribuan, mendekati KYB Excel-G, di stamx, taun 2015 juga.

7. per keong mah jarang lemah om kalo belom diatas 10 taun umur mubilnya.

dari pengalaman gonta ganti shock belakang sih, mulai punya sendiri sampe pinjem punya temen, yang kelas dibawah sejeti, urutannya:
keras ke empuk: KYB Ultra > KYB Excel-G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > Ori Daihatsu = KYB Premium > Monroe GasMatic
stabil ke limbung: KYB Excel G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > KYB Ultra > Monroe GasMatic > KYB Premium = Ori Daihatsu

kalo nemu Monroe Gas-Reflex sih IMHO enak tuh sokbreker dipakenya, stabil dapet, empuk lumayan dapet. Tokico juga enak, stabil dapet, empuk masi dapet.
kalo mao bener2 empuk, GasMatic, empuk bener tu shock. tapi kalo diisi full ya pasti mentok dan pasti turun. pas cornering juga kurang enak, even masi anteng di jalan lurus. karena bokongnya agak turun.

btw all new avanza sokbreker depannya cuma ada 1 produk, merek Showa, belom ada replacementnya. agak ringkih dan mahal bener, sepasang 1.3 juta. sama punya X-Trail mahalan sokbreker apansa.
nimbrung ah


berawal dari postingan si om, kemaren saya akhirnya ganti shock belakang GN Xenia 2016 milik istri saya pake Tokico. Awalnya mau pake Excel G tapi karena mobil jarang terisi penuh (ga sebulan sekali juga itu bangku belakang dipake) jadi prefer ke Tokico aja.

Ternyata shock tokico menurut saya di Xenia baru jauh lebih enak ya walau masih ga seenak bantingannya Ertiga. Masih kerasa Xenianya lah. Mungkin karena double action dan reboundnya lebih lambat dibanding bawaan.

Btw kalau dipake penuh atau 5 orang dewasa, pas di polisi tidur masih kena stopper. Untuk harga sangat worth it lah 650 ribu saja di toped. Biasa ganti shock sedan segitu cuman setengah pasang :mky_01:

Jadi saran saya kalau Xeniavanza barunya jarang dipenuhin, ganti pake tokico aja. Mayan mengurangi mentul-mentulnya
-
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by Or4cle »

vulvy8858 wrote: 11 Apr 2017, 11:22
pilotgaruda wrote: 10 Apr 2017, 06:30 Pagi juga oom, tekanan ban udah dikurangi. Ketemu pot hole memang jadi sedikit lebi nyaman, tapi tetep keras. Ane suspect ban ane (turanza AR20). Iya, ane denger juga tokico lebih empuk

Kalo mobil full load, emang mentul2nya jadi berkurang banget. Tapi efek jeduknya masih keras. Suspect ke ban ane. Tekanan udah dikurangi tapi masih keras jeduk.

Memang belum sempet buka shock utk chek. Tapi masalahnya bantingan mental2 dan ga enak baru kejadian 2 taun belakangan. Awal2 masih enak dan ga separah sekarang. Ane yakin pasti ada yg worn out, tapi apa itu?

Ultra kata bengkel sih keras, utk manuver bagus. suspect ane juga shock belakang dah mati. btw kl mobil full loaded emang jadi better. Cuma utk daily bawa 40kg karung dibelakang kayaknya gimana gitu, hehehe.

Orang bengkel jg bilang gitu, ciri awal bantingan mobil jadi keras, nanti lama2 baru ngayun dan kemudian keluar rembesan oli. Cuma emang belom sempet tes copot shock belakang oom. btw, pake excel g lebih empuk ga? soalnya orang S&D bilang excell g lebih empuk dari standar.

Hahaha, sama oom, kepikiran buat tuker tambah aja drpd penyakit ga terpecahkan. Cm sayang juga jual avanza ane, nilai historisnya tinggi soale :mky_01:
iya sih, konsekuensi pake shock empuk bakalan gampang mentok. btw monroe kayaknya lebih mahal ya?

udah oom, mentulnya ga ilang, cuma jeduk2 pas lewat pot hole aga berkurang. Masih keras kayaknya emang dari karakter ban sekarang (turanza AR20)

pingin coba sih oom, tapi valen damper harganya juga lumayan. Mendekati harga shock belakang avanza :mky_01:

Yup setuju banget, cuma masalahnya ini jadi ga enak bantingannya 2 tahun belakangan. pasti ada yang worn out. Kalau suspect per, setau saya per ga bisa rusak/berubah struktur. Kecuali mungkin salah pasang. Cuma ini masih standar pabrikan.
2. efek jeduk kalo penumpang full karena sokbreker uda ga maen / uda sampe batas kekuatan menahan beban. kalo dipake sendiri bisa jeduk juga, alamat sokbreker belakang uda mati.
Setubuhhh ... Berdasarkan pengalaman saya, ciri2 SA dah rusak adalah efek jeduk saat lewat poldur atau hajar lubang gede.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post