Xpander dari Nissan, berminat?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by c4b13 »

kalo nga ada fitur unik pembeda yah ngak minat lah... mendingan aftersales mitsu dibanding nissan sepertinya.
mesin dan fitur harus ada yg beda dengan xpander donk..
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by lemonadelovers »

Kalau mau ambil perhatian calon buyer sih mestinya di GIIAS mesti total. Masukkin terra dan c27 sebagai magnet pameran trus pajang jg mobil concept “xpander by nissan” sekalian dapatkan info spec apa yg dibutuhin calon user, sempurnakan kekurangannya sampai jadi versi mass prod udah bener2 matang
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by mike22 »

Sbenarnya potensial sih ini, buat yg ga suka ama desain depan xpander yg terlalu futuristik.
Paling tinggal tambah varian highwaystar ato autech.. kalo 1.8 ntar tembus 300, ya bisa juga sih buat siangan ama hrv 🤣
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by rajapb »

ChZ wrote: Mon Jul 02, 2018 3:36
casabalancas wrote: Mon Jul 02, 2018 2:05
Astagafirullah, gimana mau bersaing kalau belum bisa edukasi marketingnya. Memang sih marketing Renault di Jakarta pun yg baik tiap saya datang ke pamerannya cuma 1 orang, dan beliau sudah jadi marketing Renault MT Haryono sejak 2013, yg lain cuek2an nya parah sih, waktu IIMS 2017 sekitar jam 18.45 WIB saya minta TD ditolak, padahal merk2 sebelah marketing2 masih aktif nawarin TD, waktu PRJ kemarin tanggal 17 Juni juga saya iseng ke booth Renault, udah muter2 ngeliatin mobil, nanya price list & brosur, eeh ada marketing 2 orang malah asyik mainan HP di meja counternya. Such a freak. Padahal mereka waktu abis launching Koleos & KWID menargetkan jadi pabrikan mobil eropa dengan penjualan terbesar, 1000 unit per bulan. Tapi kalo mental2 marketingnya seperti ini siapa yg mau beli, kecuali die hard fans, golongan-golongan anti mainstream dan orang yg sering bolak balik ke luar negeri dan sudah terbiasa dengan reputasi Renault di luar negeri.
Marketing di trio diesoon-nissunk-renol rasanya yang sopan-sopan yang orang lama... udh belajar kali yak cara ngeladenin konsumen yang bener... waktu tim SM review datsun kita ngobrol sama orang salesnya yang dampingin... emang katanya biasa gitu orang baru pasti... mainnya jelek jelekin kecapnya sebelah... gak pede sama jualannya sendiri.

Kapan lalu sy juga pas ubek Go CVT di pameran, dua orang marketingnya asik mainan henpon... ga ada ladenin saya blas... padahal waktu itu ada orang laen juga liat-liat sekeluarga, abis gitu pergi semua... lah iya gak diladenin kok.

marketing yang bagus sejauh ini toyota/daihatsu, mazda, suzuki... yang tiap pameran rajin bagiin brosur dan orang ngubek-ubek mobilnya pasti didatengin. Honda gak selalu, mereka masi liat tampang... tp bagusnya marketing honda yg saya temui jarang jelekin kecap sebelah, mungkin krn keseringan produknya dibully...
Hahaha........ Waktu itu sengaja pake baju kumel liat2 booth honda di mall. Pas nanya brosur malah dikacangin wkwk. Masuk booth Toyota sama mazda2 asik2 aja sales nya.
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by hosea »

merkapa wrote: Mon Jul 02, 2018 3:20
hosea wrote: Sun Jul 01, 2018 14:14
merkapa wrote: Sun Jul 01, 2018 0:44 Yg jelas indomibil ga niat jualan saya pemakai GL 2008 dan awet sampe sekarang kalo bisa dibilang mesin badak juga lah udah mau 190k km.
Cuman atpmnya itu parah liat aja Renault ga bisa apa2 malah Nissan disalin wuling yg nolong Nissan skrg mah datsun saja. Yg bingung bisa ada yg oon mau beli Datsun Cross krn dengan harga segitu udah bisa dapet Xenia atau avanza atau wuling Confero atau terjelek ya sigra calya

Memang ga niat jualan kok. 3 bulan lalu saya mampir ke showroom Renault di surabaya. Sepi kayak kuburan. Ga ada mobil display sama sekali. Tanya soal Koleos (ada minat beli drpd beli X trail), cuma disuguhin brosur.
Tanya soal KKB biasa pake bank apa, dijawab "biasanya yg beli renault ini cash semua, ga ada yg kredit". WTF??

Janji mau kabarin , saya tinggalin nomor hp. Sampai sekarang ga ada yg hubungi.
Amat sangat menyedihkan dan menyinggung harga diri calon customer.
Yang di Gubeng itu? Itu ga niat jualan dr dulu makan gaji buta tuh pegawai disana. Lagian leasing mana yg gila, yg mau biayai itu Renault, at least ya leasing indomobil lah namun nyatanya juga nggak

Hehehe, thanks infonya Oom. Saya sebetulnya ga tersinggung soal beli Renault ga ada yg kredit, mungkin faktanya memang demikian, saya paham merek aneh aneh gini jarang ada yg mau leasing-in (pengalaman beli subaru dulu juga).
Tapi cara ngomongnya itu lho, ga ramah dan ga ada kesan butuh omzet sama sekali. Dan kalau sudah janji mau kabarin, ya seharusnya kabarin meski seandainya ga ada leasing nya. At least saya ga penasaran.

Anyway saya sdh putuskan mau tunggu X trail facelift saja, atau kalau sampai tahun depan ga nongol, paling ambil Mazda6 estate or cx5.
adnanrio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Fri Dec 01, 2017 18:21

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by adnanrio »

Saya waktu itu berhasil test drive 2x renault duster di daerah kapuk. Tapi sayangnya mobil test drivenya sudah puluhan ribu km, jadi rasanya kurang enak. Kebetulan waktu itu bawanya atoyot rusuh dan nissin t32 sebagai pembanding. Akhirnya ambil cepi. Emang showroomnya sepi banget. Salesnya tunggu dipanggil dulu.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9631
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by Suryaputra »

PRBS wrote: Sun Jul 01, 2018 6:36
Suryaputra wrote: Sun Jul 01, 2018 6:16
Tats wrote: Sun Jul 01, 2018 3:08 Produk indomobil yg saya mau paling jimny baru
Itu pun kalau benar2 masuk yang 4x4

Sy sih liat nissan mau rebadge expander percuma
Competitive advantage nya apa dari expander?
Seharusnya ada perjanjian antara mitsubishi dgn nissan sehingga ga ada "saling memakan pangsa pasar"
Perjanjiannya misalkan mitsubishi jual expander bensin, nissan jual expander diesel
Jadi customer yg mau beli bensin ke mitsu, kalo diesel ke nissan
Kalau sama2 pakai 1500cc bensin tapi beda kode sih ga kerasa bedanya
Wong mesin 1500cc bensin rasanya gitu2 aja :ngacir:
1500cc turbo baru beda banget :ngacir:
Ga usah pakai turbo.. terlalu muluk2.. ga semua calon pembeli di kelas itu mau mimik mobilnya pertabo terus2an..

Pakai mesin 1.8 livina jadul menurut saya sudah oke.. ya powernya ga wah sih (127hp) .. atleast diatas mobilio dan brv.
1.8 kawinkan dengan cvt.. :big_okay:

Nissin harus punya gebrakan sih.. GIIAS tahun ini kemungkinan akan ada C27 dan terra.. harusnya sekalian ada line up si xpander nissan ini.. jadi 3 kelas berbeda langsung launching bersama..
Pajaknya beda tuh klo 1800cc dan impactnya ke harga yg gak kompetitif.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by PRBS »

Suryaputra wrote: Mon Jul 02, 2018 10:55
PRBS wrote: Sun Jul 01, 2018 6:36
Suryaputra wrote: Sun Jul 01, 2018 6:16

1500cc turbo baru beda banget :ngacir:
Ga usah pakai turbo.. terlalu muluk2.. ga semua calon pembeli di kelas itu mau mimik mobilnya pertabo terus2an..

Pakai mesin 1.8 livina jadul menurut saya sudah oke.. ya powernya ga wah sih (127hp) .. atleast diatas mobilio dan brv.
1.8 kawinkan dengan cvt.. :big_okay:

Nissin harus punya gebrakan sih.. GIIAS tahun ini kemungkinan akan ada C27 dan terra.. harusnya sekalian ada line up si xpander nissan ini.. jadi 3 kelas berbeda langsung launching bersama..
Pajaknya beda tuh klo 1800cc dan impactnya ke harga yg gak kompetitif.
Memang, beda displacement pasti pajaknya akan berbeda.. seenggakny optionnya lebih banyk.. anggap aja kayak hrv 1.5 dan 1.8.

Xpander versi nissin dengan mesin 1.8 asal fitur lebih lengkap dari mitsu xpander (top trim).. saya yakin peminatnya pasti ada.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by ChZ »

rajapb wrote: Mon Jul 02, 2018 7:18
Hahaha........ Waktu itu sengaja pake baju kumel liat2 booth honda di mall. Pas nanya brosur malah dikacangin wkwk. Masuk booth Toyota sama mazda2 asik2 aja sales nya.
di mazda kayaknya mereka pake approach seperti brand eropa... jual experience. Seneng banget setiap liat Mazda pasti diladenin sampe ditawarin TD padahal dah bilang kagak beli... sy salut sama sales yang berani langsung nawarin TD... artinya dibeli gak dibeli, mereka pede dulu sama barangnya...

Bahkan nyaris semua lini Mazda yang skrg udah pernah coba, sampe all new CX-9... :mky_01: reviewnya bisa liat di utub SM :ngacir:

honda berdasarkan pengalaman enak nyamperin dealer langsung... setidaknya dianggep "niat beli" klo nyamperin ke dealer. Klo di pameran dianggepnya kita cuma iseng lewat, apalagi klo di mall.

Lucu banget padahal itu kesempatan... mana tau orang gak niat beli jadi mau beli mobil karena diladenin dengan sabar dan niat...

hospitality sales itu mempengaruhi mood membeli orang sih... karena sampe delivery ya urusannya sama sales, nah klo di awal sales udah nyebelin, gimana mau percaya sampe nanti delivery ? Dongkol yang ada... apalagi klo barangnya indent lama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by psiturism »

PRBS wrote: Mon Jul 02, 2018 13:26
Suryaputra wrote: Mon Jul 02, 2018 10:55
PRBS wrote: Sun Jul 01, 2018 6:36

Ga usah pakai turbo.. terlalu muluk2.. ga semua calon pembeli di kelas itu mau mimik mobilnya pertabo terus2an..

Pakai mesin 1.8 livina jadul menurut saya sudah oke.. ya powernya ga wah sih (127hp) .. atleast diatas mobilio dan brv.
1.8 kawinkan dengan cvt.. :big_okay:

Nissin harus punya gebrakan sih.. GIIAS tahun ini kemungkinan akan ada C27 dan terra.. harusnya sekalian ada line up si xpander nissan ini.. jadi 3 kelas berbeda langsung launching bersama..
Pajaknya beda tuh klo 1800cc dan impactnya ke harga yg gak kompetitif.
Memang, beda displacement pasti pajaknya akan berbeda.. seenggakny optionnya lebih banyk.. anggap aja kayak hrv 1.5 dan 1.8.

Xpander versi nissin dengan mesin 1.8 asal fitur lebih lengkap dari mitsu xpander (top trim).. saya yakin peminatnya pasti ada.
klo bakal keluar livina berbaju xpander pake enjin 1.8, pasti lgsg saya beli om.. dari dulu kepengen punya livina 1.8, pernah coba sekali punya temen yg 1.8 mt 6 speed, wah larinya ud ga kaya mpv :big_biglaugh:
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by liemivan86 »

ChZ wrote:
rajapb wrote: Mon Jul 02, 2018 7:18
Hahaha........ Waktu itu sengaja pake baju kumel liat2 booth honda di mall. Pas nanya brosur malah dikacangin wkwk. Masuk booth Toyota sama mazda2 asik2 aja sales nya.
di mazda kayaknya mereka pake approach seperti brand eropa... jual experience. Seneng banget setiap liat Mazda pasti diladenin sampe ditawarin TD padahal dah bilang kagak beli... sy salut sama sales yang berani langsung nawarin TD... artinya dibeli gak dibeli, mereka pede dulu sama barangnya...

Bahkan nyaris semua lini Mazda yang skrg udah pernah coba, sampe all new CX-9... :mky_01: reviewnya bisa liat di utub SM :ngacir:

honda berdasarkan pengalaman enak nyamperin dealer langsung... setidaknya dianggep "niat beli" klo nyamperin ke dealer. Klo di pameran dianggepnya kita cuma iseng lewat, apalagi klo di mall.

Lucu banget padahal itu kesempatan... mana tau orang gak niat beli jadi mau beli mobil karena diladenin dengan sabar dan niat...

hospitality sales itu mempengaruhi mood membeli orang sih... karena sampe delivery ya urusannya sama sales, nah klo di awal sales udah nyebelin, gimana mau percaya sampe nanti delivery ? Dongkol yang ada... apalagi klo barangnya indent lama.
Ini kayak saya. Karena pernah liat pameran X-trail di supermal dan dilayani baik oleh sales nya, saya keep nomor nya. Sekitar 6 bulan kemudian, beneran beli X-trail di dia. Pelayanannya mantap, mau test drive agak jauh pun hayuk..
Ekky
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Fri Jul 19, 2013 0:24

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by Ekky »

liemivan86 wrote: Mon Jul 02, 2018 18:07
ChZ wrote:
rajapb wrote: Mon Jul 02, 2018 7:18
Hahaha........ Waktu itu sengaja pake baju kumel liat2 booth honda di mall. Pas nanya brosur malah dikacangin wkwk. Masuk booth Toyota sama mazda2 asik2 aja sales nya.
di mazda kayaknya mereka pake approach seperti brand eropa... jual experience. Seneng banget setiap liat Mazda pasti diladenin sampe ditawarin TD padahal dah bilang kagak beli... sy salut sama sales yang berani langsung nawarin TD... artinya dibeli gak dibeli, mereka pede dulu sama barangnya...

Bahkan nyaris semua lini Mazda yang skrg udah pernah coba, sampe all new CX-9... :mky_01: reviewnya bisa liat di utub SM :ngacir:

honda berdasarkan pengalaman enak nyamperin dealer langsung... setidaknya dianggep "niat beli" klo nyamperin ke dealer. Klo di pameran dianggepnya kita cuma iseng lewat, apalagi klo di mall.
A
Lucu banget padahal itu kesempatan... mana tau orang gak niat beli jadi mau beli mobil karena diladenin dengan sabar dan niat...

hospitality sales itu mempengaruhi mood membeli orang sih... karena sampe delivery ya urusannya sama sales, nah klo di awal sales udah nyebelin, gimana mau percaya sampe nanti delivery ? Dongkol yang ada... apalagi klo barangnya indent lama.
Ini kayak saya. Karena pernah liat pameran X-trail di supermal dan dilayani baik oleh sales nya, saya keep nomor nya. Sekitar 6 bulan kemudian, beneran beli X-trail di dia. Pelayanannya mantap, mau test drive agak jauh pun hayuk..
Sama spt om LiemIvan86, sy tertarik beli xtrail saat nissan hr muhamad (skrg sdh tutup) lg pameran di PTC. Cukup terkesan dng pelayanan salesnya, sangat membantu termasuk membantu menjualkan mbl lama dng cpt dan dpt harga yg bagus.
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by fabreguz »

kok sperti kegenduten pake badan exvender :big_think: :big_grin:
lbih suka bentuk jren lipino ol niu sperti di brosur yg beredar di dunia maya yg pake badan

https://www.carmudi.co.id/journal/muncu ... ax-or-not/

Image
Don't Imageate
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by grandscenic »

ChZ wrote: Sun Jul 01, 2018 15:39 liat aja kelakuan sales toyota gimana... ngga ngejer-ngejer konsumen buat beli, sopan, jarang jelekin kecap merek sebelah, nanya-nanya doang jg diladenin... makanya fortuner modal rem tromol blakang doang ya laku.
Seriously.. fortuner yg dijual skrg msh pke tromol, ckckck.. hoki banget ya si toyota jualan dsni, itu fortuner kan laris manis. Sekalipun rem nya tromol, ga da yg mau bully... hahahahaha
Strategi marketing yg dmna didalamnya termasuk keramahan dan kepiawaian sales nya memang jadi salah satu faktor utk bikin barang dagangan bisa membukukan penjualan, selain itu.. imo para pemimpin pasar jg diuntungkan dg mindset mayoritas konsumen otomotif indonesia yg bisa anda simpulkan sendiri2, liat avanza dijalan kyk apaan.. selling point : bandel, irit, resale value oke, muat bnyk (sekalipun sempit2an which is uncomfortable at all), yg penting 7 seater, safety feature dan kenyamanan kurang pun ga masalah, tuh fortuner rem tromol aja laku.. hehe, liat Honda yg sering sunat fitur tp price tag selangit.. yg penting Honda,, laku2 aja ya, liat keluarga yg klo drmhnya ada 3 mobil (bisa jadi 2 toyota 1 honda) atau at least yg drmhnya mobilnya 2 atau lebih.. honda dan toyota selalu hadir, suzuki dan daihatsu bisa berjualan dan survive kok.. tp entah ya kok terkesannya kelasnya di bawah toyonda, nissan mazda dkk.. terkadang msh dipandang sblh mata.. krn spare part mahal, resale value jeblok... bla bla bla, chevy ford.. mereka hrs struggling lbh keras utk survive, kenapa Infiniti terus melempem sedangkan Lexus msh berkibar.., sbrpa bnyk japanese car buyer yg mau berpindah ke european/american car, msh sdkt.. sklipun brand non-japanese udah nawarin fitur seabreg (dan tentunya dg higher price pula), org di kita msh ada yg kurang concern ama plat body yg tipis, no airbag, rem tromol, suspensi kyk yg udah mati jg.. bikin penumpang mentul2 parah, yg penting 'harga terjangkau'.. dibalut dg manisnya kata2 yg keluar dr mulut salesnya.. bisa laku bro.
Tp ini opini pribadi aja ya.. no offense, brand Japan bisa jd raja dsni jg bukan hasil sulap dlm smlm, puluhan tahun mereka membangun brand image, pinternya mereka,, qta liat Toyota.. bgtu tau apa yg mayoritas konsumen otomotif Indonesia inginkan, mereka lgsg mengakomodir keinginan konsumen.., honda jg pintar dalam berjualan.. gimmick marketingnya oke, suv stgh M 1500cc dg turbo yg kabarnya itu mesin 'makan' oli.. yg terjadi jg dg si cibo.. laris juga tuh. Tapi pada akhirnya.. semuanya kembali lg pada anda sebagai konsumen.
Etme Bulma Dünyası
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by PRBS »

fabreguz wrote: Tue Jul 03, 2018 7:40 kok sperti kegenduten pake badan exvender :big_think: :big_grin:
lbih suka bentuk jren lipino ol niu sperti di brosur yg beredar di dunia maya yg pake badan

https://www.carmudi.co.id/journal/muncu ... ax-or-not/

Image
Lebih suka design yg seperti ini.. tetap mempertahankan konsep ala station wagon. Tapi headroomnya jadi terbatas ya..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by ChZ »

grandscenic wrote: Tue Jul 03, 2018 7:41
Seriously.. fortuner yg dijual skrg msh pke tromol, ckckck.. hoki banget ya si toyota jualan dsni, itu fortuner kan laris manis. Sekalipun rem nya tromol, ga da yg mau bully... hahahahaha

Strategi marketing yg dmna didalamnya termasuk keramahan dan kepiawaian sales nya memang jadi salah satu faktor utk bikin barang dagangan bisa membukukan penjualan, selain itu.. imo para pemimpin pasar jg diuntungkan dg mindset mayoritas konsumen otomotif indonesia yg bisa anda simpulkan sendiri2, liat avanza dijalan kyk apaan.. selling point : bandel, irit, resale value oke, muat bnyk (sekalipun sempit2an which is uncomfortable at all), yg penting 7 seater, safety feature dan kenyamanan kurang pun ga masalah, tuh fortuner rem tromol aja laku.. hehe, liat Honda yg sering sunat fitur tp price tag selangit.. yg penting Honda,, laku2 aja ya, liat keluarga yg klo drmhnya ada 3 mobil (bisa jadi 2 toyota 1 honda) atau at least yg drmhnya mobilnya 2 atau lebih.. honda dan toyota selalu hadir, suzuki dan daihatsu bisa berjualan dan survive kok.. tp entah ya kok terkesannya kelasnya di bawah toyonda, nissan mazda dkk.. terkadang msh dipandang sblh mata.. krn spare part mahal, resale value jeblok... bla bla bla, chevy ford.. mereka hrs struggling lbh keras utk survive, kenapa Infiniti terus melempem sedangkan Lexus msh berkibar.., sbrpa bnyk japanese car buyer yg mau berpindah ke european/american car, msh sdkt.. sklipun brand non-japanese udah nawarin fitur seabreg (dan tentunya dg higher price pula), org di kita msh ada yg kurang concern ama plat body yg tipis, no airbag, rem tromol, suspensi kyk yg udah mati jg.. bikin penumpang mentul2 parah, yg penting 'harga terjangkau'.. dibalut dg manisnya kata2 yg keluar dr mulut salesnya.. bisa laku bro.

Tp ini opini pribadi aja ya.. no offense, brand Japan bisa jd raja dsni jg bukan hasil sulap dlm smlm, puluhan tahun mereka membangun brand image, pinternya mereka,, qta liat Toyota.. bgtu tau apa yg mayoritas konsumen otomotif Indonesia inginkan, mereka lgsg mengakomodir keinginan konsumen.., honda jg pintar dalam berjualan.. gimmick marketingnya oke, suv stgh M 1500cc dg turbo yg kabarnya itu mesin 'makan' oli.. yg terjadi jg dg si cibo.. laris juga tuh. Tapi pada akhirnya.. semuanya kembali lg pada anda sebagai konsumen.
Sekarang sih udah pake cakram... sejak minor change tahun 2017 kemaren...

masalahnya, yang katanya overprice ini lebih bisa menjamin mobilnya gak akan kenapa-napa dan menjamin ATPMnya gak kabur di tengah jalan... Beli mobil kan gak melulu beli fitur aja. Plus, kemudahan jual kembali di saat butuh uang... hal-hal spt itu priceless dibanding fitur yang disediakan oleh "merek saingan" yang maaf ngomong, belum jelas masa depannya... ya oke si wooleng fiturnya lengkap harga sgitu cakram belakang captain seat.

Yang bikin mahal apa sih ? Marketing cost, aftersales cost. Toyota bisa mahal dibanding pesaing knp... lah serpis toyota gratis jasanya ampe brapa ribu kilo cuy, pasti itu juga dimasukin ke harga retail avanza, ngga mao rugi lah... :mky_01: marketing cost juga nggak murah lo... dan itu rahasia kenapa expander skrg merajai penjualan mobil dan peminatnya masih terus nambah. Lah liat billboard, koran, majalah, radio, sampe influencer otomotif aja bahas nih mobil melulu... fitra eri bikin review expander sampe brapa biji tuh.

owh ya soal mesin turbo honda "boros oli" itu udah debunked sama beberapa user kok... hehehe... yang parah dan masif kan tuas patah... dan ternyata ngga cuma terjadi di indonesia. Civic sy gak ada gejala makan oli km dah 1300 (katanya 2000 km kan... berarti 1300 harusnya ada gejala klo ganti di 2000)... msh bening dan volumenya normal... mobil usia 8 bulan skrg dipake daily. beberapa pengguna CR-V juga debunking isu ini... just FYI.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Tue Jul 03, 2018 8:33
Sekarang sih udah pake cakram... sejak minor change tahun 2017 kemaren...

masalahnya, yang katanya overprice ini lebih bisa menjamin mobilnya gak akan kenapa-napa dan menjamin ATPMnya gak kabur di tengah jalan... Beli mobil kan gak melulu beli fitur aja. Plus, kemudahan jual kembali di saat butuh uang... hal-hal spt itu priceless dibanding fitur yang disediakan oleh "merek saingan" yang maaf ngomong, belum jelas masa depannya... ya oke si wooleng fiturnya lengkap harga sgitu cakram belakang captain seat.

Yang bikin mahal apa sih ? Marketing cost, aftersales cost. Toyota bisa mahal dibanding pesaing knp... lah serpis toyota gratis jasanya ampe brapa ribu kilo cuy, pasti itu juga dimasukin ke harga retail avanza, ngga mao rugi lah... :mky_01: marketing cost juga nggak murah lo... dan itu rahasia kenapa expander skrg merajai penjualan mobil dan peminatnya masih terus nambah. Lah liat billboard, koran, majalah, radio, sampe influencer otomotif aja bahas nih mobil melulu... fitra eri bikin review expander sampe brapa biji tuh.
toyota mah set margin kayanya kalau ga bisa 40% minimal ga akan dijalanin :mky_08:

kalau social influencer ya mau ga mau ikutin maunya netijen, kalau ga monetizing dari mana :mky_08:

---

btw ga ada kayanya sejarahnya mobl hasil rebadging di indo itu bisa sukses, kecuali kerjaan si duo kaleng. kecuali nissan pinjem rangka xpander saja, looks luar beda total, nah itu baru bisa jalan. interior juga otomatis beda.

kalau nissan kelurain xpander dengan cara gitu si saya kemungkinan besar akan mau, karena gimana juga urusan ASS Nissan untuk passenger jauh lebih beres dari mitsu yang baru belakangan ini ada perbaikan. karena nissan sejak awal jualan passenger.
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by dizco »

xpander based nissan? hahaha konsumen sekarang sudah melek informasi, susahlah kalau cuma modal rebadging

nissan & renault udahlah semoga nantinya bisa gabung dengan mitsubishi, semoga bisa benar benar dibenahi
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by liemivan86 »


ChZ wrote: Yang bikin mahal apa sih ? Marketing cost, aftersales cost. Toyota bisa mahal dibanding pesaing knp... lah serpis toyota gratis jasanya ampe brapa ribu kilo cuy, pasti itu juga dimasukin ke harga retail avanza, ngga mao rugi lah... :mky_01: marketing cost juga nggak murah lo... dan itu rahasia kenapa expander skrg merajai penjualan mobil dan peminatnya masih terus nambah. Lah liat billboard, koran, majalah, radio, sampe influencer otomotif aja bahas nih mobil melulu... fitra eri bikin review expander sampe brapa biji tuh.
Dalam kasus pemain lama, salah satu faktor tinggi nya cost adalah gemuk nya struktur organisasi perusahaan itu. Misalnya, CEO Toyota, tidak akan mau dibayar 100jt/bulan, dibanding, misalnya CEO DFSK dan Wuling yang mungkin 100 jt/bulan cukup lah untuk skr. Dan ini terjadi di seluruh struktur organisasi nya, mulai dari atas sampai yang paling bawah. Termasuk salesman, dll. Bayangkan, seberapa banyak overhead cost untuk Toyota, Honda, dll, dibanding Wuling dan DFSK yang baru mulai. Ini adalah cost yang sering terlupakan.

Kebetulan saya beberapa waktu belakangan suka memperhatikan gemuk nya struktur organisasi perusahaan (bukan otomotif) yang sudah lama, yang akhirnya menyebabkan cost tinggi, dan perusahaan tidak lincah, dibanding perusahaan yang lebih muda. Perusahaan yang lebih muda bisa menjalankan fungsi nya dengan biaya lebih rendah dan lebih lincah dibanding perusahaan yang lebih tua.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by ChZ »

liemivan86 wrote: Tue Jul 03, 2018 15:18
Dalam kasus pemain lama, salah satu faktor tinggi nya cost adalah gemuk nya struktur organisasi perusahaan itu. Misalnya, CEO Toyota, tidak akan mau dibayar 100jt/bulan, dibanding, misalnya CEO DFSK dan Wuling yang mungkin 100 jt/bulan cukup lah untuk skr. Dan ini terjadi di seluruh struktur organisasi nya, mulai dari atas sampai yang paling bawah. Termasuk salesman, dll. Bayangkan, seberapa banyak overhead cost untuk Toyota, Honda, dll, dibanding Wuling dan DFSK yang baru mulai. Ini adalah cost yang sering terlupakan.

Kebetulan saya beberapa waktu belakangan suka memperhatikan gemuk nya struktur organisasi perusahaan (bukan otomotif) yang sudah lama, yang akhirnya menyebabkan cost tinggi, dan perusahaan tidak lincah, dibanding perusahaan yang lebih muda. Perusahaan yang lebih muda bisa menjalankan fungsi nya dengan biaya lebih rendah dan lebih lincah dibanding perusahaan yang lebih tua.
Ya karena makin banyak konsumen makin gak ke handle kalo staffnya rangkap-rangkap jobdesc, oom ivan... :mky_01:

cost marketing demi jemput bola konsumen kan mesti rekrut tenaga salesman banyak dan itu juga tetep dibayar perbulan meskipun ngga capai target. Bayangin satu dealer gede di kota besar blom tentu dapet lebih dari 20 SPK perbulan tapi mesti berapa sales digaji tuh... tapi ya gimana, demi brand awareness marketing memang harus kenceng...

Di hyundai kemaren sempet ada yang foreman rangkap SA, iya masih ke handle konsumennya cm 1-2 orang. Coba toyota/honda, ya gak mungkin ada yang gitu, ngantri jam 8 baru dikerjain jam 1 siang aja bisa... :mky_01:

di honda komplen mah sampe ada orang sendiri namanya CCO (customer care officer, 1 dealer bisa ada 3-4 orang), di hyundai mungkin komplen langsung ke SA atau mekaniknya bisa kali...

aftersales ini sebenernya jadi "tulang punggung" semua dealership dan kenapa nissin bisa bertahan meskipun yang beli dikit : ya tuh lipina xtrail dll di jalan masih pada serpis di bengkel resmi... ngga da bengkel resmi mampus aja operational cost pasti gak nutup.

ngomong ini saya jadi inget salah satu papan billboard di kota semarang kalo ada yang perhatiin, ada salah satu toko jeans yang iklannya hobi banget nyindir jeans bermerek yang dijual di mall... mottonya "kami hanya mengandalkan mutu dan bahan jahitan, bukan merek, sebab mempopulerkan merek harganya bisa ratusan bahkan jutaan, ayo jadi pembeli yang cerdas"... mungkin wooleng tiap pameran mesti bawa spanduk kayak gini "harga kami 50 juta lebih murah dari merek sebelah, ayo jadi pembeli yang cerdas" :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by liemivan86 »

ChZ wrote:
liemivan86 wrote: Tue Jul 03, 2018 15:18
Dalam kasus pemain lama, salah satu faktor tinggi nya cost adalah gemuk nya struktur organisasi perusahaan itu. Misalnya, CEO Toyota, tidak akan mau dibayar 100jt/bulan, dibanding, misalnya CEO DFSK dan Wuling yang mungkin 100 jt/bulan cukup lah untuk skr. Dan ini terjadi di seluruh struktur organisasi nya, mulai dari atas sampai yang paling bawah. Termasuk salesman, dll. Bayangkan, seberapa banyak overhead cost untuk Toyota, Honda, dll, dibanding Wuling dan DFSK yang baru mulai. Ini adalah cost yang sering terlupakan.

Kebetulan saya beberapa waktu belakangan suka memperhatikan gemuk nya struktur organisasi perusahaan (bukan otomotif) yang sudah lama, yang akhirnya menyebabkan cost tinggi, dan perusahaan tidak lincah, dibanding perusahaan yang lebih muda. Perusahaan yang lebih muda bisa menjalankan fungsi nya dengan biaya lebih rendah dan lebih lincah dibanding perusahaan yang lebih tua.
Ya karena makin banyak konsumen makin gak ke handle kalo staffnya rangkap-rangkap jobdesc, oom ivan... :mky_01:

cost marketing demi jemput bola konsumen kan mesti rekrut tenaga salesman banyak dan itu juga tetep dibayar perbulan meskipun ngga capai target. Bayangin satu dealer gede di kota besar blom tentu dapet lebih dari 20 SPK perbulan tapi mesti berapa sales digaji tuh... tapi ya gimana, demi brand awareness marketing memang harus kenceng...

Di hyundai kemaren sempet ada yang foreman rangkap SA, iya masih ke handle konsumennya cm 1-2 orang. Coba toyota/honda, ya gak mungkin ada yang gitu, ngantri jam 8 baru dikerjain jam 1 siang aja bisa... :mky_01:

di honda komplen mah sampe ada orang sendiri namanya CCO (customer care officer, 1 dealer bisa ada 3-4 orang), di hyundai mungkin komplen langsung ke SA atau mekaniknya bisa kali...

aftersales ini sebenernya jadi "tulang punggung" semua dealership dan kenapa nissin bisa bertahan meskipun yang beli dikit : ya tuh lipina xtrail dll di jalan masih pada serpis di bengkel resmi... ngga da bengkel resmi mampus aja operational cost pasti gak nutup.

ngomong ini saya jadi inget salah satu papan billboard di kota semarang kalo ada yang perhatiin, ada salah satu toko jeans yang iklannya hobi banget nyindir jeans bermerek yang dijual di mall... mottonya "kami hanya mengandalkan mutu dan bahan jahitan, bukan merek, sebab mempopulerkan merek harganya bisa ratusan bahkan jutaan, ayo jadi pembeli yang cerdas"... mungkin wooleng tiap pameran mesti bawa spanduk kayak gini "harga kami 50 juta lebih murah dari merek sebelah, ayo jadi pembeli yang cerdas" :ngacir:
Betul Chris, karena itu saya bilang, perusahaan yang lebih tua, pasti struktur organisasi nya lebih gemuk. Bukan cuma karena banyak orang aja, tapi orang lama pasti gaji nya lebih tinggi dari orang baru dong. Jadi manager yang uda 25 tahun kerja di 1 perusahaan, ya gaji nya pasti lebih tinggi dari manager yang baru 1 tahun kerja, dan biaya ini di kali kan banyak orang, jadi semakin membengkak deh biaya ini.

Jadi bukan cuma karena job desc saja, tapi juga karena riwayat kerja nya sudah ber tahun2, dan setiap tahun kan gaji harus naik.
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by grandscenic »

ChZ wrote: Tue Jul 03, 2018 8:33 [fitra eri bikin review expander sampe brapa biji tuh.
Fitra eri bukan bikin review aja, dia beli kan utk dia pke pribadi.. liat vlognya.. petinggi ktb atau org dealer aja ikut wkt anterin itu unit baru ke krmh nya. Lmyn.. ktb dpt freelance marketer gratis, since fitra eri.. salah satu car reviewer yg punya nama dan cukup berpengaruh di Indonesia.
And btw mdh2an civic nya baik2 aja ya om.. ganti oli nya sesuai dg buku perawatan :)
Etme Bulma Dünyası
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by ChZ »

grandscenic wrote: Wed Jul 04, 2018 1:12
ChZ wrote: Tue Jul 03, 2018 8:33 [fitra eri bikin review expander sampe brapa biji tuh.
Fitra eri bukan bikin review aja, dia beli kan utk dia pke pribadi.. liat vlognya.. petinggi ktb atau org dealer aja ikut wkt anterin itu unit baru ke krmh nya. Lmyn.. ktb dpt freelance marketer gratis, since fitra eri.. salah satu car reviewer yg punya nama dan cukup berpengaruh di Indonesia.
And btw mdh2an civic nya baik2 aja ya om.. ganti oli nya sesuai dg buku perawatan :)
yang habis review ultimate punya dia, review tipe Exceed, blom di publish di vlognya lagi. Sampe dikira Fitra dibayar ama mitsubishi... hahaha...

Yaaa sampe sekarang baik-baik aja kok... tetep saya ganti oli tiap 6 bulan meskipun belum sampe kilo nya :big_grin: oh ya di algorithm beberapa user CR-V/Civic lainya kebanyakan juga di kisaran 4000 - 5000 kilo an munculnya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by twa »

ChZ wrote: Wed Jul 04, 2018 3:01

Yaaa sampe sekarang baik-baik aja kok... tetep saya ganti oli tiap 6 bulan meskipun belum sampe kilo nya :big_grin: oh ya di algorithm beberapa user CR-V/Civic lainya kebanyakan juga di kisaran 4000 - 5000 kilo an munculnya...
loh oli full syn bagus bukannya bisa sampai 10rb km/1 thn mana yg lebih dulu, kalo cuma 4000-5000 imho ya boros
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Xpander dari Nissan, berminat?

Post by ChZ »

twa wrote:
ChZ wrote: Wed Jul 04, 2018 3:01

Yaaa sampe sekarang baik-baik aja kok... tetep saya ganti oli tiap 6 bulan meskipun belum sampe kilo nya :big_grin: oh ya di algorithm beberapa user CR-V/Civic lainya kebanyakan juga di kisaran 4000 - 5000 kilo an munculnya...
loh oli full syn bagus bukannya bisa sampai 10rb km/1 thn mana yg lebih dulu, kalo cuma 4000-5000 imho ya boros
Ya masalahnya algorithm nya seperti apa jg saya kurang tau... Hehe... klo engine working hours ya mungkin aja.

Prnh denger juga ada yang diganti oli bagus tetep aja di reset ya segitu, berarti kan ngebacanya estimate dr engine working hours, bukan kualitas oli (oom osbertcool sdh jelaskan jg di trid sebelah)

viewtopic.php?f=51&t=27030&p=1018554#p1018554 tuh ada yang oil life nya malah 7000km++ ... di US juga rata-rata begitu kejadiannya.

Masih saya monitor kok kondisi olinya, bandingin yang di dipstick ama yang di indikator. Ntar report 4 bulan lagi yaa waktu ganti oli berikutnya bakal ane dokumentasikan... volume oli di dipstick, kondisi oli, dan indikator. Kebetulan punya saya juga udah remap... :mky_01:

Btw jadi oot... Hahaha...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7