Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by liemivan86 »

sintoni wrote:Harusnya batumakam ini punya banyak peluru sih buat ngeramein pasar Indo.

LMPV bisa keluarin GL baru, pake basis Xpander.

Di kelas medium MPV ada Serena baru yang ga dikeluarin disini.

Di kelas medium SUV bisa keluarin Xtrail T32 Facelift, terus tahan harga dibawah 500 juta.

Kalo ga masukin Qashai aja, main under 400 juta.

Kelas SUV 7 seater juga ada Nissan Terra itu, tahan harga juga dibawah 500 juta, main lawan MUX atau TB.

Tapi yang paling penting sih keluarin LMPV, jadi volume maker dulu, kalo sudah agak rame dapet puteran uang banyak baru masukin yang lain2.
Setuju. Sayang banget, Nissan ini mobil nya bagus2, tapi sayang Nissan Indonesia seperti mati suri gini.

Kalo menurut saya, yang paling penting sih bukan grand livina, tapi yang paling penting itu lepas dari indomobil, baru Nissan bisa berkembang.
Indra97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 906
Joined: Tue Jan 10, 2017 8:38

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by Indra97 »

liemivan86 wrote: Thu May 24, 2018 3:38
sintoni wrote:Harusnya batumakam ini punya banyak peluru sih buat ngeramein pasar Indo.

LMPV bisa keluarin GL baru, pake basis Xpander.

Di kelas medium MPV ada Serena baru yang ga dikeluarin disini.

Di kelas medium SUV bisa keluarin Xtrail T32 Facelift, terus tahan harga dibawah 500 juta.

Kalo ga masukin Qashai aja, main under 400 juta.

Kelas SUV 7 seater juga ada Nissan Terra itu, tahan harga juga dibawah 500 juta, main lawan MUX atau TB.

Tapi yang paling penting sih keluarin LMPV, jadi volume maker dulu, kalo sudah agak rame dapet puteran uang banyak baru masukin yang lain2.
Setuju. Sayang banget, Nissan ini mobil nya bagus2, tapi sayang Nissan Indonesia seperti mati suri gini.

Kalo menurut saya, yang paling penting sih bukan grand livina, tapi yang paling penting itu lepas dari indomobil, baru Nissan bisa berkembang.
Apa mungkin tepanya harus benar benar lepas dari Indomobil ya, soalnya secara "de jure" Nissan udah lepas dari Indomobil, bahkan kabarnya tahun ini saham Nissan jepang nambah jadi 80 persen dan Indomobil jadi 20 persen. Sijuki pun gitu, bahkan saham Indomobil kurang dari 5 persen.
twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by twa »

sintoni wrote: Thu May 24, 2018 3:03 Harusnya batumakam ini punya banyak peluru sih buat ngeramein pasar Indo.

LMPV bisa keluarin GL baru, pake basis Xpander.

Di kelas medium MPV ada Serena baru yang ga dikeluarin disini.

Di kelas medium SUV bisa keluarin Xtrail T32 Facelift, terus tahan harga dibawah 500 juta.

Kalo ga masukin Qashai aja, main under 400 juta.

Kelas SUV 7 seater juga ada Nissan Terra itu, tahan harga juga dibawah 500 juta, main lawan MUX atau TB.

Tapi yang paling penting sih keluarin LMPV, jadi volume maker dulu, kalo sudah agak rame dapet puteran uang banyak baru masukin yang lain2.
all new serena c27 katanya juli ini keluar, ini salesnya udh pada wara wiri nawarin indent..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by ChZ »

sintoni wrote:Harusnya batumakam ini punya banyak peluru sih buat ngeramein pasar Indo.

LMPV bisa keluarin GL baru, pake basis Xpander.

Di kelas medium MPV ada Serena baru yang ga dikeluarin disini.

Di kelas medium SUV bisa keluarin Xtrail T32 Facelift, terus tahan harga dibawah 500 juta.

Kalo ga masukin Qashai aja, main under 400 juta.

Kelas SUV 7 seater juga ada Nissan Terra itu, tahan harga juga dibawah 500 juta, main lawan MUX atau TB.

Tapi yang paling penting sih keluarin LMPV, jadi volume maker dulu, kalo sudah agak rame dapet puteran uang banyak baru masukin yang lain2.
Sbnrnya bukan masalah produk atau pricing sih, bro Toni... Pricing tepat produk tepat ga menjamin produk akan laris.

Pricing nissunk apa ada yang gak tepat? Kurasa T32 yang skrg pricing nya pantes banget, harga topline nya masih mepet sama CRV base model. Grand Livina ? Skrg avanza sama livina harga mepet2 selisih tipis. Fitur dan gimmick ga kurang lah.

Apa nissan lebih jelek dari wuling? kan tentu enggak. Tp bisa kalah sama wuling kan lucu ya.

Masalahnya Nissan mau branding mereknya seperti apa itu yang nurut saya blm mateng.

Konsep branding Nissan Intelligent Mobility nya yang dipamerin di GIIAS lalu itu sebenernya bagus sayang produknya gak ada yang relevan... Jadul semua.

Dulu T32 pertama heboh dia satu satunya yang punya camera 360 view sampe bikin lomba blind parking, skrg? Halah udah banyak yang punya fitur gitu.

Kalahnya sama wuling, wuling marketing nya gila, bahkan buzzer internet nya udah macem bikin cult baru. Terlepas dari sintingnya fans wuling, mereka berhasil bikin basis fans sendiri. Nissan? Kok jarang sy denger orang konsumen dari zaman Terrano konsisten pake Nissan karena udah fanatik...

Tapi memang sebenernya nissan global masalahnya jg gini ga sih... GT-R dan Fairlady jg hype nya dah redup di kalangan sports car... Palagi sejak NSX baru muncul.

Fairlady sejak 370Z rasanya namanya gak sekuat 240Z, 280Z, 300ZX, atau bahkan 350Z... Anak milenial baru kenal mobil ditanya nama Fairlady ingetnya jg paling 350Z...










1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by sintoni »

Bener sih Chris sama om Ivan, selain produk bagus jg managemen sama branding harus ditingkatin lagi.

Jualan menurut ane ada 4 faktor utama biar laris:
1. Produk bagus.
2. Harga bener.
3. Aftersales mantap.
4. Branding / promosi yang bener.

Kalo tadi ane coba ngmg produk sama harga di post atas. Terus taun lalu Batumakam bilangnya mau fokus di aftersales.

Nah, ya sekarang brandingnya ini.

Udah jarang banget promosi di jalan kalo ane liat atau promosi di media gitu.

Terus ane liat management ini ga bener, misal pake contoh T32 ini.

T32 awal keluar lumayan laku lah, fitur lengkap untuk harga dibawah 480 juta.

Tapi abis sudah 2-3 tahun, keluar kompetitor baru yang nyontek fitur tsb, eh Batumakam tetap nyante aja, padahal sudah ngeliat penjualan turun.

Coba nyontek merk lain, penjualan turun dikasi chrome2 atau dikasi gimmick2 ga jelas seperti arm rest. Mungkin menang ga signifikan, tapi kan bisa mulai diiklanin lagi, fitur2 baru T32. Bisa ditulis new garnish cover, new ini new itu, jadi bisa ada bahan untuk promosi lagi.

Lumayan untuk naikin branding di mata orang awam.

Gimana guys?
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by Bibieight »

Ndak dikasih modal ngkali ya sama pusatnya ?. Fixed cost spesifik model kan mahal, paling ndak yang kliatan mata itu cetakan body sama jig las, asumsi pabriknya canggih ndak rigid jadi ganti2 model seenak dengkul bisa. Nah urusan cetakan, buat illustrasi yang roda 2 aja ganti body (engine tetep) per model bisa kena 20-30M-an buat bikin cetakan body-nya. Tapi kan pasar motor Indonesia kan menang volume, jadi 2 tahun sekali ganti model ya ndak masalah. Bandingin sama kondisi 15 taun lalu waktu volume masih kecil, 4-5 taun body itu2 aja, yang ganti cuma stiker doang kan. Bayangin aja harga cetakan mobil, apalagi kalo trend sekarang banyak belok2annya macam Expander...

Ni si NMI tebakan saya sih yang balik modal baru cetakan Livina, secara sudah 10 taun kan basis body-nya itu2 aja. Nah, sekarang si Evalia, ndak yakin dah balik modal cetakannya, belum lagi keluar dana buat cetakan DatGo dkk..... Sekarang pasarnya semua lemes tanpa kecuali, gimana cara ngeyakinin pusat bahwa kalo buat cetakan baru bisa balik modal ?, ntar kalo boncos lagi gimana ?.

Nah jadi kalo dah punya pabrik ndak nguber volume ya gini nasibnya, kaya lingkaran setan muter2 terus kebawah tambah lama tambah ambles. Ndak ada refreshing, pasar turun, pasar turun ndak bisa refreshing, muter terus sampe ilang dengan sendirinya.....

Satu2nya jalan kan export, bisa unit, bisa CKD, nah NMI ini kayaknya juga enggak diselamatkan principal dengan dikasih jatah export, bandingin coba sama Toyodai, itu cetakan dibagi rata pasar se-ASEAN kan.....

Yang seneng itu - ndak tau nasib baik atau memang rencananya seperti itu - ya Expander, udah dikasih pasar export, domestiknya booming pula, ni kalo riset pasarnya kuat dia bisa 3-4 taun sekali ganti model, tapi kan masalahnya dalam sejarah otomotif Indonesia yang pinter nggandengin antara pabrik dengan pasar cuma grup Astra-Toyo-Dai.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by liemivan86 »

sintoni wrote:Bener sih Chris sama om Ivan, selain produk bagus jg managemen sama branding harus ditingkatin lagi.

Jualan menurut ane ada 4 faktor utama biar laris:
1. Produk bagus.
2. Harga bener.
3. Aftersales mantap.
4. Branding / promosi yang bener.

Kalo tadi ane coba ngmg produk sama harga di post atas. Terus taun lalu Batumakam bilangnya mau fokus di aftersales.

Nah, ya sekarang brandingnya ini.

Udah jarang banget promosi di jalan kalo ane liat atau promosi di media gitu.

Terus ane liat management ini ga bener, misal pake contoh T32 ini.

T32 awal keluar lumayan laku lah, fitur lengkap untuk harga dibawah 480 juta.

Tapi abis sudah 2-3 tahun, keluar kompetitor baru yang nyontek fitur tsb, eh Batumakam tetap nyante aja, padahal sudah ngeliat penjualan turun.

Coba nyontek merk lain, penjualan turun dikasi chrome2 atau dikasi gimmick2 ga jelas seperti arm rest. Mungkin menang ga signifikan, tapi kan bisa mulai diiklanin lagi, fitur2 baru T32. Bisa ditulis new garnish cover, new ini new itu, jadi bisa ada bahan untuk promosi lagi.

Lumayan untuk naikin branding di mata orang awam.

Gimana guys?
Sebenarnya itu sudah dilakukan sih sama Nissan, contoh nya di March. Tapi ya itu, mereka ketinggalan kereta. Di luar negeri sudah ramai March baru, mereka masih jualan March lama dikasih krom, dll. Kayaknya sih March yang krom itu juga nda laku deh..

Anyway, mengenai T32, seperti yang dikatakan rekan lain, sebenarnya T32 ini potensi banget untuk export, karena sampai sekarang masih masuk top 10 type mobil penjualan tertinggi di dunia. Jadi harusnya bisa, tapi entah gimana management nya, Indonesia koq tidak diberi jatah export T32. Padahal ada pabrik nganggur..

Saya kalo ketemu sales Nissan juga pada lemes waktu saya tanya produk baru. Terra masih belum jelas, Serena juga masih belum jelas, grand livina confirm bukan tahun ini.
2017-worldwide-car-sales-models-top_25.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by marama »

Saya masih suka amunisi nissan th 98-2007 , kesannya sangat ekslusif hanya menjual terrano, serena, dan xtrail t30 (mulai 2002), dan beberapa line up CBU (CBU t30 awal2 sblm di-CKD, sentra, cefiro brougham), sempet masukin bbrp unit terbatas spt S15 dan 350z.
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by Winz »

marama wrote: Thu May 24, 2018 6:49 Saya masih suka amunisi nissan th 98-2007 , kesannya sangat ekslusif hanya menjual terrano, serena, dan xtrail t30 (mulai 2002), dan beberapa line up CBU (CBU t30 awal2 sblm di-CKD, sentra, cefiro brougham), sempet masukin bbrp unit terbatas spt S15 dan 350z.
Ini di Berita malah ganti haluan jadi importir doang kaya Mazda dong?
Sumber : https://autonetmagz.com/nissan-motor-in ... tir/68652/
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by ChZ »

marama wrote: Thu May 24, 2018 6:49 Saya masih suka amunisi nissan th 98-2007 , kesannya sangat ekslusif hanya menjual terrano, serena, dan xtrail t30 (mulai 2002), dan beberapa line up CBU (CBU t30 awal2 sblm di-CKD, sentra, cefiro brougham), sempet masukin bbrp unit terbatas spt S15 dan 350z.
Nissan dan Honda ini polanya sama, sejak ikut main LCGC brand nya jadi terkesan gak eksklusif dan sadar nggak sadar kualitasnya banyak menurun.

Mereka mencoba jadi "Toyota" dengan ikut arus utama dan sama - sama gagal karena dari dulu segmen konsumen Toyota dan Honda/Nissan udah beda dengan Toyota/Daihatsu. Jujur sih dulu pake merek H itu bangganya setengah mampus, sekarang ya biasa aja mau pake Civic/CR-V Turbo juga logonya sama kayak Brio yang harganya 1/4 nya...

Mazda learnt this dan akhirnya gak lagi nerusin VX-1 karena terbukti gagal...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by Venturtle »

So,kira2 produk baru nissan apa saja yg ada di GIIAS 2018? :big_think:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by lemonadelovers »

Jaman sekarang persaingan jualan mobil lg keras, bukan cuma masalah harga jual, product pun harus cepet dan rutin update. Jd mesti kuat modal..
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
demonicorchestra
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Wed May 03, 2017 6:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Jazz

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by demonicorchestra »

liemivan86 wrote: Thu May 24, 2018 5:10
sintoni wrote:Bener sih Chris sama om Ivan, selain produk bagus jg managemen sama branding harus ditingkatin lagi.

Jualan menurut ane ada 4 faktor utama biar laris:
1. Produk bagus.
2. Harga bener.
3. Aftersales mantap.
4. Branding / promosi yang bener.

Kalo tadi ane coba ngmg produk sama harga di post atas. Terus taun lalu Batumakam bilangnya mau fokus di aftersales.

Nah, ya sekarang brandingnya ini.

Udah jarang banget promosi di jalan kalo ane liat atau promosi di media gitu.

Terus ane liat management ini ga bener, misal pake contoh T32 ini.

T32 awal keluar lumayan laku lah, fitur lengkap untuk harga dibawah 480 juta.

Tapi abis sudah 2-3 tahun, keluar kompetitor baru yang nyontek fitur tsb, eh Batumakam tetap nyante aja, padahal sudah ngeliat penjualan turun.

Coba nyontek merk lain, penjualan turun dikasi chrome2 atau dikasi gimmick2 ga jelas seperti arm rest. Mungkin menang ga signifikan, tapi kan bisa mulai diiklanin lagi, fitur2 baru T32. Bisa ditulis new garnish cover, new ini new itu, jadi bisa ada bahan untuk promosi lagi.

Lumayan untuk naikin branding di mata orang awam.

Gimana guys?
Sebenarnya itu sudah dilakukan sih sama Nissan, contoh nya di March. Tapi ya itu, mereka ketinggalan kereta. Di luar negeri sudah ramai March baru, mereka masih jualan March lama dikasih krom, dll. Kayaknya sih March yang krom itu juga nda laku deh..

Anyway, mengenai T32, seperti yang dikatakan rekan lain, sebenarnya T32 ini potensi banget untuk export, karena sampai sekarang masih masuk top 10 type mobil penjualan tertinggi di dunia. Jadi harusnya bisa, tapi entah gimana management nya, Indonesia koq tidak diberi jatah export T32. Padahal ada pabrik nganggur..

Saya kalo ketemu sales Nissan juga pada lemes waktu saya tanya produk baru. Terra masih belum jelas, Serena juga masih belum jelas, grand livina confirm bukan tahun ini. 2017-worldwide-car-sales-models-top_25.jpg
Setuju nih, kalah ama sodara kandungnya mitsu yg udh jor2an buat export padahal belum lama selesai ngebangun pabrik disini
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by alvin23 »

dari prinsipal (Ghosn dkk) juga sepertinya gak ada goodwill buat ubah strategi sih, ditambah kualitas manajemen indomobil yang kalah jauh dibanding astra, ya gitu deh jdnya.

yg sekarang cukup bagus strateginya saya pikir mitsu, tiap berapa bulan ngeluarin refresh , Pajero sport itu udh berapa kali tambah fitur dan limited edition sampe bisa nyalip fortuner. Dan kedepannya nurut saya pola refresh bisa lebih sering kayak gini (contoh lain disc brake fortuner, armrest mobilio dll), ga nunggu full cycle 2 tahun buat refresh, karena momentum penjualan makin kesini makin cepat. Kalah dikit ditinggal.
Rocky R ADS CVT 2021
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by adty »

Kecewa sih sama Nissan disini. Sebagai fanboy Nissan, makin khawatir kalo isunya Nissan bakal jadi importir aja disini. Padahal mobil2nya enak dan nyaman diluar mobilnya yg rada manja.
Penikmat roti tawar beroda
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by kunaskun »

kemaren baca dimana gitu ada gossip: NMI akan jadi importir saja. yang bikin bingung, pabriknya mau dikemanain? dulu kan pas evalia keluar sempat ekspansi. di desa saya si, akhir tahun kemaren sudah pindah ke bangunan baru yang pake konsep nissan 2022 MOVE itu, service stall juga digedein dan lebih komplit. makanya bingung baca gossip mau jadi importir. aneh juga punya 3S dimana2 segitu banyak, pabrik uda gede banget, sempet sukses, terus jadi importir gitu. tapi ngeliat movement NMI yang makin ga jelas si bisa jadi juga ya.

somehow bagus si jadi importir, macem mazda. line up akan terus up to date, fitur2 juga mestinya kekinian, hanya soal 3S kedepannya gimana, karena gimana juga dengan jadi importir belum tentu spare part akan lancar terus, ya kalau hanya slow moving atau body part mungkin tidak masalah tapi slow to medium part.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by martinnn »

seluruh dealer nissan used car sepertinya sudah gulung tikar
:big_biglaugh:
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by hehe001 »

Lalu datsun akan bagaimana kalo NMI hanya importir?
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by grandis_GT »

hehe001 wrote: Sat May 26, 2018 12:25 Lalu datsun akan bagaimana kalo NMI hanya importir?
Bisa jadi pabrik Nissan fokus ke Datsun om .
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by lemonadelovers »

NMI punya dealer n ASS ga ya? Atau semua dipegang indomob?
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by Joehard30 »

Menurut oe kelemahan nissin itu emang update produknya lemot banget, ada hype produk dia macem2 d luar, d sini di biarin bengong, pas masuk udah obsolete. Ahond d sisi lain update produk global nya terasa jauh lebih responsif. Tp kelemahannya y itu, buat produk lokal kerasa males2an ngeluarin uang RnD plus BQ nya udah bikin ngelus dada. G tau deh, ada apa dg mereka ini, kesalahan yg kasat mata gitu2 diterus2in
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1084
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by liat2aja »

Pabrik Datsun di Indonesia ini sama dengan pabrik Nissan Indonesia tidak ya? Jika isu dari Autonetmagz benar, berarti Nissan jadi importir saja dan hanya produksi Datsun di sini. Datsun Go yg panjang masih banyak yg beli di daerah saya (buat Grab??? Ga tau juga)

Cuma basis produksi Nissan yg dekat dimana? Thailand bukan?

Penjualan Nissan di negara tetangga misal Singapore masih kuat tidak ya? Kalau 1 South East Asia lemah ya ga heran kalau Indonesia dicuekin juga.

Seperti dibahas diatas memang sayang ya, Honda produk baru lumayan banyak. Toyota dan Daihatsu ya gitu deh, sebenarnya cocok buat saya yg menganggap mobil sebagai alat transport bukan buat gengsi/fun to drive dsb. Mitsu saya pakai sekarang masih banyak kekurangan menurut saya. Jadi masih ada peluang buat produsen lain termasuk Nissan.

Mungkin Nissan paling cocok ya niru antara Mitsu atau Suzuki (dapat 1-2 volume seller seperti Xpander, PJS dan Ertiga) atau beralih cara Mazda dan Chevrolet saja dgn tutup pabrik dan import dari negara tetangga
Indra97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 906
Joined: Tue Jan 10, 2017 8:38

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by Indra97 »

liat2aja wrote: Sun May 27, 2018 1:31 Pabrik Datsun di Indonesia ini sama dengan pabrik Nissan Indonesia tidak ya? Jika isu dari Autonetmagz benar, berarti Nissan jadi importir saja dan hanya produksi Datsun di sini. Datsun Go yg panjang masih banyak yg beli di daerah saya (buat Grab??? Ga tau juga)

Cuma basis produksi Nissan yg dekat dimana? Thailand bukan?

Penjualan Nissan di negara tetangga misal Singapore masih kuat tidak ya? Kalau 1 South East Asia lemah ya ga heran kalau Indonesia dicuekin juga.

Seperti dibahas diatas memang sayang ya, Honda produk baru lumayan banyak. Toyota dan Daihatsu ya gitu deh, sebenarnya cocok buat saya yg menganggap mobil sebagai alat transport bukan buat gengsi/fun to drive dsb. Mitsu saya pakai sekarang masih banyak kekurangan menurut saya. Jadi masih ada peluang buat produsen lain termasuk Nissan.

Mungkin Nissan paling cocok ya niru antara Mitsu atau Suzuki (dapat 1-2 volume seller seperti Xpander, PJS dan Ertiga) atau beralih cara Mazda dan Chevrolet saja dgn tutup pabrik dan import dari negara tetangga
Satu pabrik, lebih tepatnya di pabrik barunya di Purwakarta (sebelahan sama pabrik nissin yg lebih lama berdiri) tentunya jg satu pengelola

Sedangkan di Thailand..
Image
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1084
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by liat2aja »

Thanks om Indra97. Line up Nissan di Thai saya cek: https://en.nissan.co.th/vehicles/new-vehicles.html ga terlalu banyak juga ya. Nah pertanyaannya mobil2nya kebanyakan di buat di Thailand atau impor Jepang/negara lain?

Pasar mobil Thai tapi agak berbeda, mereka suka double cabin. Ga tau kalau pasar seperti Vietnam dan Kamboja berpengaruh besar tidak penjualan mobilnya?
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Utilitas pabrik Nissan Indo rendah dan movement nya di taon 2018

Post by walid_007 »

Indra97 wrote: Sun May 27, 2018 4:43
liat2aja wrote: Sun May 27, 2018 1:31 Pabrik Datsun di Indonesia ini sama dengan pabrik Nissan Indonesia tidak ya? Jika isu dari Autonetmagz benar, berarti Nissan jadi importir saja dan hanya produksi Datsun di sini. Datsun Go yg panjang masih banyak yg beli di daerah saya (buat Grab??? Ga tau juga)

Cuma basis produksi Nissan yg dekat dimana? Thailand bukan?

Penjualan Nissan di negara tetangga misal Singapore masih kuat tidak ya? Kalau 1 South East Asia lemah ya ga heran kalau Indonesia dicuekin juga.

Seperti dibahas diatas memang sayang ya, Honda produk baru lumayan banyak. Toyota dan Daihatsu ya gitu deh, sebenarnya cocok buat saya yg menganggap mobil sebagai alat transport bukan buat gengsi/fun to drive dsb. Mitsu saya pakai sekarang masih banyak kekurangan menurut saya. Jadi masih ada peluang buat produsen lain termasuk Nissan.

Mungkin Nissan paling cocok ya niru antara Mitsu atau Suzuki (dapat 1-2 volume seller seperti Xpander, PJS dan Ertiga) atau beralih cara Mazda dan Chevrolet saja dgn tutup pabrik dan import dari negara tetangga
Satu pabrik, lebih tepatnya di pabrik barunya di Purwakarta (sebelahan sama pabrik nissin yg lebih lama berdiri) tentunya jg satu pengelola

Sedangkan di Thailand..
Image
Lihat pertumbuhan bulanan bikin semangat produsen.. di indo market ny sprt stagnan.. :off_bored:
engine roaring!