Penyebab transmisi CVT jebol

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
iritpoll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 02 Oct 2017, 12:43

Penyebab transmisi CVT jebol

Post by iritpoll »

Ini cuman sharing info yang didapat dari yutub, tetapi menarik untuk dibahas.
Dalam kasus tsb, yang jebol CVT Nissan Rouge (2010) AWD.. ato Xtrail klo disini.
Bisa saja hal tsb terjadi pada CVT pada mobil brand lain, karena Jatco supply OEM ke brand lain juga.
Ato CVT brand lain mengalami hal yang sama krn prinsip CVT pasti mirip.

Dalam video tsb, pembongkar menganalisa bahwa kegagalan disebabkan oleh desain yang salah.
Meskipun dia mention bisa saja faktor metalurgi atau kesalahan fluid transmissionnya.
Tetapi tidak dapat dipungkiri, ternyata CVT terdapat gesekan-gesekan antar logam (metal friction) yang lebih banyak dan bekerja berat yang dipastikan akan aus sejalan waktu.
Metal Friction pada MT, conv AT atau DCT jauh lebih minim.

Awalnya saya menduga bahwa yang rawan jebol duluan adalah metal-belt-nya (sabuk baja), karena ada friction yang besar antara metal belt dan kedua variable pulley. Dan metal-belt selalu menyesuaikan pulley shingga rawan metal fatique
Tetapi dalam video tersebut ternyata yang jebol duluan adalah variable pulley-nya dulu bro.
Variable Pulley bergerak menyempit dan melebar sepanjang axle pulley, metal friction gede banget... ditambah lagi pressure power dari output engine.
Begitu variable pulley jebol, cvt beltnya juga jebol / putus.

Banyak conv AT dapat bertahan sekitar 30thn. Klo gak salah di Indo CVT mulai banyak sekitar thn 2010an.
Teknologi metal friction di CVT masih jadi pertanyaan dari sisi metalurgi dan pelumasan.

Pertanyaannya:

Apakah CVT bisa bertahan atau hanya sampai 15thn?? :big_dunno:

Klo nggak, thn 2025 banyak dong CVT yang waktunya jebol tiba..? :big_think:

Silahkan simak nara sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=_64zEsMdQ9A
1K1FS-K14B-4AT-AISIN
T32-QR25DE-CVT-JATCO
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Herman7103 »

CVT atau continues Variable Transsmision untuk kendaraan bermotor baik roda 2 atau 4.
Kalau pertanyaan nya Apakah CVT bisa bertahan atau hanya sampai 15thn??
Iya bisa dan terbukti di CVT Motor Nouvo 2003 sampai skrg blm jebol juga. Kalau utk di mobil nanti 11 tahun lagi baru tahu masih operasional atau jebol karena CVT Mobil baru 4 thn blm nyampe 15 thn.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ChZ »

Di indo sebenernya CVT udah ada sejak taun 2004 (jazz city GD, odyssey) dan juga sejak motor matic mulai marak.

Di jazz GD kebanyakan rontok karena jaman itu HPM sendiri "kurang edukasi" mengenai jenis oli CVT dikasih ATF...

Klo soal CVT Xtronic nissan batch awal saya denger emang banyak masalah ... Gak tau yang skrg.

Di indonesia? Bisa jadi umurnya berkurang. Kondisi medan jalanan disini kurang cocok untuk CVT. Banyak user juga kurang diedukasi gmn pakai CVT biar awet... Salah satu musuhnya CVT adalah abusive user.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by arfs »

Asal CVTF nya diganti rutin gk ikutin anjuran ATPM Nissin nya mesti nya ok..

ATPM nya aja ngawur di buku service manual suruh ganti nya 100.000km baru kuras CVTF nya...

*di merk nissan
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
speedy208
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: 09 Jun 2005, 11:17

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by speedy208 »

arfs wrote:Asal CVTF nya diganti rutin gk ikutin anjuran ATPM Nissin nya mesti nya ok..

ATPM nya aja ngawur di buku service manual suruh ganti nya 100.000km baru kuras CVTF nya...

*di merk nissan
Tapi apakah statement ini valid yah? Masa sih Nissan sampe mau mengambil resiko dengan menganjurkan ganti oli CVT per 100k...dulu sih saya pake GL sampe 110k dan emang ikutin saran buku servis...pada saat jual sih kondisi masih fine2 aja
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by arfs »

speedy208 wrote:Tapi apakah statement ini valid yah? Masa sih Nissan sampe mau mengambil resiko dengan menganjurkan ganti oli CVT per 100k...dulu sih saya pake GL sampe 110k dan emang ikutin saran buku servis...pada saat jual sih kondisi masih fine2 aja
Silahkan cek sendiri disini:
https://www.nissan-cdn.net/content/dam/ ... Livina.pdf

Untuk model nissan selain gl:
https://www.nissan.co.id/layanan-purna- ... costs.html

Table Maintenance Cost resmi dr NMI.

“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
speedy208
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: 09 Jun 2005, 11:17

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by speedy208 »

iya, om...awalnya sih saya jg aneh koq disarankan ganti di 100k...
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lemonadelovers »

Nissan ambil part dr jatco (nissan jg punya saham disana)

Pertanyaannya yg menentukan deterioration 210rb poin harus ganti nissan apa jatco? Dan kenapa ga ada batasan bulan penggantian,

Btw liat d youtube klo cvt selip ga normal ada bunyi ciiit, tp semua jenis transmisi klo blm lockup jg berasa selip

Btw transmisi cvt klo jebol 35jt klo yg at 6speed 90jutaan
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by arfs »


speedy208 wrote:iya, om...awalnya sih saya jg aneh koq disarankan ganti di 100k...
Baca yg navara deh om... Matic 7 speed disuruh ganti ATF nya per 120.000km :big_slap:

Air Coolant radiator, 160.000 km pertama kgk perlu diganti... Hahaha... Mabok kali yah orang after sales NMI pas bikin table maintenance cost nya
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
speedy208
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: 09 Jun 2005, 11:17

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by speedy208 »

demi membangun citra biaya perawatan murah yah, om :)
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by josomba »

speedy208 wrote: 09 May 2018, 14:39 Tapi apakah statement ini valid yah? Masa sih Nissan sampe mau mengambil resiko dengan menganjurkan ganti oli CVT per 100k...dulu sih saya pake GL sampe 110k dan emang ikutin saran buku servis...pada saat jual sih kondisi masih fine2 aja
Saya pernah lihat rasa2nya di BITOG alasan long life ATF seperti ini dipengaruhi karena EPA regulation terkait limbah B3 sih om. Untuk mengurangi pencemaran lingkungan, pabrikan wajib membuat oil2 jadi long life (atau kasus khususnya ATF malah lifetime). Macem di Mazda 2, di bukman ATF tertulis tidak perlu ganti ATF karena Lifetime dan X-Trail T32 bener sih tertulis consult 210 atau 120 ribu KM.

Nah ini kalau di web2 luar long life atau bahkan lifetime (seumur hidupnya) bisa dianalogikan seperti kaki2 mobil yang umurnya ya tentative (sepanjang fungsional), nah tidak ada angka pasti lifetime kaki2 ini sampe kapan toh. Ada yang 50k udah jebol, 80k, ada yang ampe 150k malah belum jebol2. Berlaku juga dengan long life atau lifetime di transmission. Pokoknya pabrikan jaminan sampe 100k (misalkan), kalau jebol diganti....tapi pas 100.001 (seratus ribu satu kilometer) jebol ya udah ganti gelondong, dan memang sih atpm berhak ngmg "kan olinya lifetime, ternyata lifetimenya tranny anda di angka 100.001"....kecuali atpm declare di awal "tranny will not breakdown until the day you dump the car" :mky_02:
Image
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Herman7103 »

josomba wrote:
speedy208 wrote: 09 May 2018, 14:39 Tapi apakah statement ini valid yah? Masa sih Nissan sampe mau mengambil resiko dengan menganjurkan ganti oli CVT per 100k...dulu sih saya pake GL sampe 110k dan emang ikutin saran buku servis...pada saat jual sih kondisi masih fine2 aja
Saya pernah lihat rasa2nya di BITOG alasan long life ATF seperti ini dipengaruhi karena EPA regulation terkait limbah B3 sih om. Untuk mengurangi pencemaran lingkungan, pabrikan wajib membuat oil2 jadi long life (atau kasus khususnya ATF malah lifetime). Macem di Mazda 2, di bukman ATF tertulis tidak perlu ganti ATF karena Lifetime dan X-Trail T32 bener sih tertulis consult 210 atau 120 ribu KM.

Nah ini kalau di web2 luar long life atau bahkan lifetime (seumur hidupnya) bisa dianalogikan seperti kaki2 mobil yang umurnya ya tentative (sepanjang fungsional), nah tidak ada angka pasti lifetime kaki2 ini sampe kapan toh. Ada yang 50k udah jebol, 80k, ada yang ampe 150k malah belum jebol2. Berlaku juga dengan long life atau lifetime di transmission. Pokoknya pabrikan jaminan sampe 100k (misalkan), kalau jebol diganti....tapi pas 100.001 (seratus ribu satu kilometer) jebol ya udah ganti gelondong, dan memang sih atpm berhak ngmg "kan olinya lifetime, ternyata lifetimenya tranny anda di angka 100.001"....kecuali atpm declare di awal "tranny will not breakdown until the day you dump the car" :mky_02:
Kebetulan saya KERJA sdh lama di pabrik yg banyak menggunakan peralatan electrical, mechanical engineering dan instrument DCS PLC, dsb. Yg saya tahu semua peralatan tsb ada life time nya bisa cepat atau lambat life timenya krn factor wear and tear. Faktor yg menentukan life time factory equipment tsb utk antara lain preventive maintenance nya, load factor atau beban yg ditanggung dari factory equipment tsb dimana tentu beda keawetan factory equipment di pabrik yg berproduksi dgn full capacity dgn yg cuma 70 % nya saja, lalu juga running hours nya. Tapi semua factory equipment tsb semua dirawat ikutin manual booknya dan setahu saya bagian maintenance pabrik ikuti manual book maintenance each factory equipment tsb. Balik ke CVT mobil juga ada life timenya begitu jg dgn transmission 4 AT yg dari jaman dulu dipakai, juga ada life timenya krn ada factor wear and tear nya juga. Untuk ganti oli matic AT ATAU CVT adalah hal yg wajar kalau user nya mau ikuti buku manual atau tidak, bebas terserah usernya. Kalau saya pribadi di CVT ANGL 2014 saya belum ganti oli CVT krn setiap hari mobil nya saya bawa sendiri atau gak gonta ganti yg bawanya jadi yakin aja krn msh smooth, no noisy, no vibration kecuali kalau mobilnya mobil operasional kantor yg bawanya gonta ganti drivernya dgn macem macem karakter up shift or down shift gear wajar aja, mobil operasional kantor kagak ada yg enak atau halus dan bergetar or vibration nya saat kita bawa mau upshift or down shift gearnya walau tiap 20000 Km ganti oli transmisinya.
Saya jujur aja kagak berani bawa mobil kantor ini ajak keluarga dgn anak saya utk jalan jauh dari sumsel ke Jatim walau itu mobil sudah rutin ganti oli di 20.000 km mau yang transmisi MT atau AT kalau saat saya bawa suara transmissi nya kasar dan tidak smooth atau nyendal serta vibrationnya yg sangat meyakini saya mobil operasional tsb bisa bermasalah kalau diajak jln sangat jauh. Ini pendapat saya pribadi dan mungkin berbeda dgn pendapat user lain[emoji3]
:glodak:
HR15DE 2014
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by mike22 »

ChZ wrote: 09 May 2018, 12:30
Di indonesia? Bisa jadi umurnya berkurang. Kondisi medan jalanan disini kurang cocok untuk CVT. Banyak user juga kurang diedukasi gmn pakai CVT biar awet... Salah satu musuhnya CVT adalah abusive user.
Berarti kl cvt ga boleh dibawa seruntulan? Walopun ada paddle shifter/mode manual?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ChZ »

mike22 wrote:
ChZ wrote: 09 May 2018, 12:30
Di indonesia? Bisa jadi umurnya berkurang. Kondisi medan jalanan disini kurang cocok untuk CVT. Banyak user juga kurang diedukasi gmn pakai CVT biar awet... Salah satu musuhnya CVT adalah abusive user.
Berarti kl cvt ga boleh dibawa seruntulan? Walopun ada paddle shifter/mode manual?
Jawaban jujurnya : iya.

Meskipun transmisi A/T atau M/T juga gak awet kalo kena abusive user. Tapi CVT lebih rentan.

Pengalaman bawa mobil ber-CVT juga kalo di langsung pedal to the carpet dari nol gak enak. Harus main agak diurut kayak bawa Diesel.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Jambangan »

Yg banyak cerita cvt jebol Jazz GD3 ama Xtrail T31
Kalo cvt mitsubishi kyk OS ama mirage pernah ada kasus jebol ga ya? :big_think:
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: 21 Jan 2016, 18:01
Location: Semarang

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Koddy »

Jambangan wrote:Yg banyak cerita cvt jebol Jazz GD3 ama Xtrail T31
Kalo cvt mitsubishi kyk OS ama mirage pernah ada kasus jebol ga ya? :big_think:
Cvt Alphard banyak yang jebol juga kok....
Cuma banyak usernya diem...
Soalnya kalau disebar luaskan, mumet jual laginya ntar [emoji3]
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by iwing »

arfs wrote: 09 May 2018, 15:12
speedy208 wrote:iya, om...awalnya sih saya jg aneh koq disarankan ganti di 100k...
Baca yg navara deh om... Matic 7 speed disuruh ganti ATF nya per 120.000km :big_slap:

Air Coolant radiator, 160.000 km pertama kgk perlu diganti... Hahaha... Mabok kali yah orang after sales NMI pas bikin table maintenance cost nya
masih mending om. saya pernah baca salah satu manual inspection and maintenance suzuki sx4. untuk transmisi matic nya ganti per 165 ribu km atau 11 tahun :mky_04:

Image
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Herman7103 »

arfs wrote:
speedy208 wrote:iya, om...awalnya sih saya jg aneh koq disarankan ganti di 100k...
Baca yg navara deh om... Matic 7 speed disuruh ganti ATF nya per 120.000km :big_slap:

Air Coolant radiator, 160.000 km pertama kgk perlu diganti... Hahaha... Mabok kali yah orang after sales NMI pas bikin table maintenance cost nya
Untuk coolant radiator di manual book mobil Nissan memang ngak perlu diganti karena Long life Coolant advanced formulation for Aluminium and cast iron engine parts is advanced formula ethylene glycol based product contains no amine, no silicate, so no harm water pump seals and no cause aluminium corrosion and pitting give long lasting protection for aluminium cast iron and all other engine components. Ini foto coolant nya yg saya pakai utk top up ke coolant reservoir mobil ANGL 2014 saya yg selama 4 tahun ini belum pernah dikuras atau ganti cukup kalau kurang tinggal di tambah kan saja cairan coolantnya ke reservoir coolant so far so good for me, gak perlu repot repot kuras Radiator coolant [emoji106] dgn berbagai resiko yg terjadi saat proses kuras cairan radiator coolant karena dgn top up cairan coolant tanpa kuras pun my engine never overheat selama 4 thn ini. Me like it much. Good job + 1 sehingga gak perlu sering sering ke bengkel biar dompet kagak tipis dan selalu tebal dikantong[emoji1]


:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Herman7103 »

Herman7103 wrote:
arfs wrote:
speedy208 wrote:iya, om...awalnya sih saya jg aneh koq disarankan ganti di 100k...
Baca yg navara deh om... Matic 7 speed disuruh ganti ATF nya per 120.000km :big_slap:

Air Coolant radiator, 160.000 km pertama kgk perlu diganti... Hahaha... Mabok kali yah orang after sales NMI pas bikin table maintenance cost nya
Untuk coolant radiator di manual book mobil Nissan memang ngak perlu diganti karena Long life Coolant advanced formulation for Aluminium and cast iron engine parts is advanced formula ethylene glycol based product contains no amine, no silicate, so no harm water pump seals and no cause aluminium corrosion and pitting give long lasting protection for aluminium cast iron and all other engine components. Ini foto coolant nya yg saya pakai utk top up ke coolant reservoir mobil ANGL 2014 saya yg selama 4 tahun ini belum pernah dikuras atau ganti cukup kalau kurang tinggal di tambah kan saja cairan coolantnya ke reservoir coolant so far so good for me, gak perlu repot repot kuras Radiator coolant [emoji106] dgn berbagai resiko yg terjadi saat proses kuras cairan radiator coolant karena dgn top up cairan coolant tanpa kuras pun my engine never overheat selama 4 thn ini. Me like it much. Good job + 1 sehingga gak perlu sering sering ke bengkel biar dompet kagak tipis dan selalu tebal dikantong[emoji1]
Ini fotonya
IMG_20180226_213359.jpg
IMG_20180226_213359.jpg (37.81 KiB) Viewed 3155 times
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by b8099ok »

Apapun gearboxnya, nda ada yg abadi. Bikinan manusia koq. Ciptaan Tuhan aja bisa mati jg khan? Mslh fluid, bebas terserah usernya. Mau dipake ampe kapan jg bodo teing. Toh usernya beli ndiri pake duid mereka. Wkwkwk
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by iwing »

kalo coolant, saya ganti setahun sekali sebelum mudik. gpp lah. murah juga. pake prestone ijo. anjuran penggantian berdasarkan jadwal perawatan sih per 20 ribu km
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Herman7103 »

b8099ok wrote:Apapun gearboxnya, nda ada yg abadi. Bikinan manusia koq. Ciptaan Tuhan aja bisa mati jg khan? Mslh fluid, bebas terserah usernya. Mau dipake ampe kapan jg bodo teing. Toh usernya beli ndiri pake duid mereka. Wkwkwk
Saya sependapat dgn comment nya
Quote
Apapun gearboxnya, nda ada yg abadi. Bikinan manusia koq. Ciptaan Tuhan aja bisa mati jg khan? Mslh fluid, bebas terserah usernya. Mau dipake ampe kapan jg bodo teing.

Mobil kita beli sendiri mau ganti fluida nya terserah kita mau ganti nya kapan dan saya tambahkan lagi yang menurut saya pribadi cukup penting itu always have ready certain amount free cash for maintenance or replacement. Di pabrik aja tiap tahun ada dicadangkan budget tiap tahun untuk maintenance or replacement Machinery or factory equipment, Enggak kepake bagus tapi kalau pun ada old factory equipment danage, already have budget to purchase new factory equipment so factory always ready for production.[emoji1]
:glodak:
HR15DE 2014
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by arfs »

iwing wrote: 10 May 2018, 07:10 masih mending om. saya pernah baca salah satu manual inspection and maintenance suzuki sx4. untuk transmisi matic nya ganti per 165 ribu km atau 11 tahun :mky_04:
Yup barusan saya baca service manual book versi pdf nya SX4 1st gen (RW415) yg saya pernah download emg disuruh ganti nya per 165rb / 11 tahun.
Tapi kalo baca di manual book yg dicetak sama Suzuki Indomobil Sales, ttp disuruh ganti nya per 40rb [emo-police]
Image
Masih waras orang department after sales nya SIS, mau mempertimbangkan kondisi di Indonesia jd disuruh ganti nya cepetan...
Last edited by arfs on 10 May 2018, 19:04, edited 1 time in total.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by b8099ok »

arfs wrote: 10 May 2018, 18:56
iwing wrote: 10 May 2018, 07:10 masih mending om. saya pernah baca salah satu manual inspection and maintenance suzuki sx4. untuk transmisi matic nya ganti per 165 ribu km atau 11 tahun :mky_04:
Barusan baca service manual nya SX4 1st gen (RW415) yup emg disuruh ganti nya per 165rb / 11 tahun.
Tapi kalo baca di manual book yg dicetak sama Suzuki Indomobil Sales, ttp disuruh ganti nya per 40rb [emo-police]
Masih waras orang department after sales nya SIS, mau mempertimbangkan kondisi di Indonesia jd disuruh ganti nya cepetan...
Elu gw suru ganti pas 200rb ga mau sih 🐖🔥
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by arfs »

b8099ok wrote: 10 May 2018, 18:57 Elu gw suru ganti pas 200rb ga mau sih 🐖🔥
Loh itu aja sx4 di buku manual nya disuruh ganti per 40rb km udah gw furr extend jd 60rb km :big_slap:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post