Kuroboy wrote:
Rem cakram itu tidak punya kepakeman sebaik rem tromol, tapi kelebihan rem cakram adalah kemampuan mengusir panas yang dihasilkan dari friksi antara kampas dengan bidang gesek lebih baik daripada rem tromol sehingga efek rem blong tadi bisa diminimalkan. Selain itu, debu2 sisa gesekan kampas tadi lebih cepat bersih karena terkena angin saat berkendara sehingga efektivitas pengereman tetap terjaga karena bidang gesek lebih bersih dan rata.
Saya koreksi dikit ya Om.
Benar rem cakram lebih pakem karena kemampuan mengusir panas nya lebih baik, jadi dalam pemakaian jangka panjang, rem cakram akan lebih menggigit, dibandingkan tromol yang setelah berapa lama akan panas.
Sedangkan kalo hanya di tes 1x atau beberapa saat, memang rem tromol akan terasa lebih pakem. Kenapa? Karena luas permukaan gesek tromol lebih besar daripada luas gesek disc. Coba perhatikan, besaran permukaan kampas tromol dan besaran permukaan kampas disc dengan besar inch yang sama. Misal banding kan kampas rem depan dan belakang avanza.
Tetapi, masalah luas permukaan ini di disc brake bisa diatasi dengan berbagai cara, salah dua nya, menambah jumlah piston dan memperbesar diameter disc brake (pada mobil dengan velg standar lebih besar).
Karena itu untuk mobil kecil, secara umum memang disc lebih baik untuk pemakaian sehari-hari, performa lebih stabil karena pelepasan panas nya jauh lebih cepat, sedangkan soal pakem tidak nya, bisa diatasi dengan banyak cara. Mobil kecil ini maksud nya semua mobil penumpang, di luar truk dll.
Yes, fortuner dan land cruiser termasuk mobil kecil..