Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
mamangkoprol wrote: Tue Jun 13, 2023 23:44
om, nubie tanya dong.
kalau mesin 2NR-VE dikasih oli DGO tutup biru sae0w-16 gpp kah? pemakaian normal max 3000 rpm.
soalnya kesan pertama berasa irit banget. full tank di cikarang, sampai exit cileunyi meter belum turun.
transmisi m/t.
terima kasih sebelumnya
Cek penguapannya aja mbah
Klo normal ya gpp.
Pakai dan cek sampai 5rb KM
Last edited by Suryaputra on Wed Jun 14, 2023 0:40, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Wed Jun 14, 2023 0:18
Belum tentu mbah
Visc index hanya nunjukin seberapa gap kekentalan dr suhu dingin ke suhu panas.
Lbh kepakai di winter country.
Yg plg penting di indo, itu viscocity @100c, setelah dipakai dalam rentang wkt tertentu.
Itu cm bisa diukur pakai test lab.
Itu cara baca grafiknya gmn om? Kl dilihat sekilas artinya semakin tinggi suhu semakin encer y? Danjuga oli sintetis lebih stabil gt?
cmiiw...
jadi kalo oli dipanasin kan cenderung menjadi encer om...nah kalo VI tinggi...itu ga sampe terlalu encer
sedangkan VI rendah...akan jadi lebih encer drpd oli VI tinggi
kalo terlalu encer seolah2 proteksi ke mesinnya jadi berkurang krn gesekan meningkat
di grafik terlihat yg sintetik lebih bagus dr mineral
jacko wrote: Tue Jun 13, 2023 14:50
Malam para suhu dimari ijin bertanya saya pemakai K14b ertiga, baru aja ganti oli pakai shell helix ultra 5w-30, nah untuk yang ultra ini apakah tingkat penguapannya masih sama dengan HX 8, dulu pernah coba hx8 5w-30 penguapannya tergolong sadis, terima kasih atas penjelasannya.
Coba aja master.
Setelah itu bisa coba:
- Bardahl S9 5w30 api sp
- Total Q9000 5w30 api sp
- Pertamina Fastron Gold 5w30
siap om, penasaran dengan yang ultra baru tadi pilihan mau pakai TQ 9000 atau Ultra ini, tapi pilihan hatuh kekerang karna mau tau juga sampai dimana pengembagan oli kerang yang terbaru..
punya sy mulai ngeh ngelitik di KM 70ribuan, minum ron 98 sama aja
sekarang nerusin ni mobil KM udah 145 ribu, ngelitik nya masi sama aja hahaha
coba carbon clean, bersihin intake, TB, EGR, MAF, ganti radiator, sensor oksigen, sensor knocking (saking penasaran), ganti filter udara, pcv valve. Bertahan sebentar aja, ngelitik lagi, bensin pertamax
setuju banget yg di bold, di grup2 FB banyak yg ngeri ya
Saya pernah pakai keluaran pertama thn 2007.
Tapi sering main RPM atas karena manual, sampai RPM 3000 lebih, jadi mesin bersih terus.
Hampir tidak ada ngelitik, kecuali tanjakan main kopling gak pas memang ngelitik.
Tapi jalan datar tidak pernah ngelitik.
Sering2x lah RPM atas, jamin ngelitik hilang.
Tapi kalau dari ngelitik yah bersihkan dulu ruang bakar pakai cairan, ganti busi dll dulu
Nah ini masuk akal, bensinya jadi boros apa sama aja om?
mamangkoprol wrote: Tue Jun 13, 2023 23:44
om, nubie tanya dong.
kalau mesin 2NR-VE dikasih oli DGO tutup biru sae0w-16 gpp kah? pemakaian normal max 3000 rpm.
soalnya kesan pertama berasa irit banget. full tank di cikarang, sampai exit cileunyi meter belum turun.
transmisi m/t.
terima kasih sebelumnya
Saya udah coba 0w16... ga enak di 2NR VE nya mesin all new rush.
Sae terenak menurut saya utk mesin ini 0w20 Om
Suryaputra wrote: Wed Jun 14, 2023 0:18
Belum tentu mbah
Visc index hanya nunjukin seberapa gap kekentalan dr suhu dingin ke suhu panas.
Lbh kepakai di winter country.
Yg plg penting di indo, itu viscocity @100c, setelah dipakai dalam rentang wkt tertentu.
Itu cm bisa diukur pakai test lab.
Itu cara baca grafiknya gmn om? Kl dilihat sekilas artinya semakin tinggi suhu semakin encer y? Danjuga oli sintetis lebih stabil gt?
cmiiw...
jadi kalo oli dipanasin kan cenderung menjadi encer om...nah kalo VI tinggi...itu ga sampe terlalu encer
sedangkan VI rendah...akan jadi lebih encer drpd oli VI tinggi
kalo terlalu encer seolah2 proteksi ke mesinnya jadi berkurang krn gesekan meningkat
di grafik terlihat yg sintetik lebih bagus dr mineral
Suryaputra wrote: Wed Jun 14, 2023 0:18
Belum tentu mbah
Visc index hanya nunjukin seberapa gap kekentalan dr suhu dingin ke suhu panas.
Lbh kepakai di winter country.
Yg plg penting di indo, itu viscocity @100c, setelah dipakai dalam rentang wkt tertentu.
Itu cm bisa diukur pakai test lab.
Itu cara baca grafiknya gmn om? Kl dilihat sekilas artinya semakin tinggi suhu semakin encer y? Danjuga oli sintetis lebih stabil gt?
cmiiw...
jadi kalo oli dipanasin kan cenderung menjadi encer om...nah kalo VI tinggi...itu ga sampe terlalu encer
sedangkan VI rendah...akan jadi lebih encer drpd oli VI tinggi
kalo terlalu encer seolah2 proteksi ke mesinnya jadi berkurang krn gesekan meningkat
di grafik terlihat yg sintetik lebih bagus dr mineral
nah makanya knp oli
- 0w40 ini lbh mahal dibanding oli 10w40
- 0w30 juga lbh mahal dibanding 10w30
Base oilnya beda
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
mr_mytplx wrote: Wed Jun 14, 2023 0:39
Itu cara baca grafiknya gmn om? Kl dilihat sekilas artinya semakin tinggi suhu semakin encer y? Danjuga oli sintetis lebih stabil gt?
cmiiw...
jadi kalo oli dipanasin kan cenderung menjadi encer om...nah kalo VI tinggi...itu ga sampe terlalu encer
sedangkan VI rendah...akan jadi lebih encer drpd oli VI tinggi
kalo terlalu encer seolah2 proteksi ke mesinnya jadi berkurang krn gesekan meningkat
di grafik terlihat yg sintetik lebih bagus dr mineral
nah makanya knp oli
- 0w40 ini lbh mahal dibanding oli 10w40
- 0w30 juga lbh mahal dibanding 10w30
Base oilnya beda
0w40 kerang extend harganya mirip sama 10w40 kuwait advance
mr_mytplx wrote: Wed Jun 14, 2023 0:39
Itu cara baca grafiknya gmn om? Kl dilihat sekilas artinya semakin tinggi suhu semakin encer y? Danjuga oli sintetis lebih stabil gt?
cmiiw...
jadi kalo oli dipanasin kan cenderung menjadi encer om...nah kalo VI tinggi...itu ga sampe terlalu encer
sedangkan VI rendah...akan jadi lebih encer drpd oli VI tinggi
kalo terlalu encer seolah2 proteksi ke mesinnya jadi berkurang krn gesekan meningkat
di grafik terlihat yg sintetik lebih bagus dr mineral
nah makanya knp oli
- 0w40 ini lbh mahal dibanding oli 10w40
- 0w30 juga lbh mahal dibanding 10w30
Base oilnya beda
0w40 kerang extend harganya mirip sama 10w40 kuwait advance
Yang artinya....
Wah itu di luar konteks
Wakakakaka.
Udh beda merk
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
mr_mytplx wrote: Wed Jun 14, 2023 0:39
Itu cara baca grafiknya gmn om? Kl dilihat sekilas artinya semakin tinggi suhu semakin encer y? Danjuga oli sintetis lebih stabil gt?
cmiiw...
jadi kalo oli dipanasin kan cenderung menjadi encer om...nah kalo VI tinggi...itu ga sampe terlalu encer
sedangkan VI rendah...akan jadi lebih encer drpd oli VI tinggi
kalo terlalu encer seolah2 proteksi ke mesinnya jadi berkurang krn gesekan meningkat
di grafik terlihat yg sintetik lebih bagus dr mineral
nah makanya knp oli
- 0w40 ini lbh mahal dibanding oli 10w40
- 0w30 juga lbh mahal dibanding 10w30
Base oilnya beda
0w40 kerang extend harganya mirip sama 10w40 kuwait advance
Buat oli yg klaimnya "perlindungan 20k km" harganya cukup murah..
Di j@sut#a cuma 138rb per botol
Mantap kalo bisa 20k km beneran. Coba mbah beranikan diri nih coba di mobil
Harganya too good to be true ya
Cmiiw
Lama ga liat harga oli di Jasutr4,tp harga mobil1 0w40 jg mayan tuh mirip shell 0w40nya
Cuma liat bbrp komennya di produk oli²nya jd aga was²
Kebeneran nih lagi kepo sama ini
Sekarang pake mobil1 ultimate 0w40, kalo ganti kesini oke ga ya?
Udah liat2 PDS nya tapi ga sepaham itu wkwkwk
Mohon bimbingannya hu
Selain si PTT lagi liat juga:
Ravenol VST
Q8 excel
Liquimoly leichtlauf hightech (botol ungu)
Mahal2 sih, tapi kalo emg jauh lebih oke mah mau coba
Cuman kalo ternyata PTT yg ini setara, mayan hemat banyak wkwkwk