TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Mantap chiong.... Nubie izin merapat yaaaa
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Wed May 01, 2013 4:43
- Location: Jakarta
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Manteb nih
Request dong om...
cara setel celah kelep gimana yah om...?

Request dong om...
cara setel celah kelep gimana yah om...?

I am a Driver... not a Racer...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Oli mesin isinya melebihi batas F nggak ?Jambangan wrote:Om dohc, ipah bensin bokap tahun 2012 kok agak ngelitik ya?
Kira2 kenapa ya?
Padahal dah pake bbm ron 92 terus dari baru
Pas ane ganti oli pake motul 10-40 sih berkurang ngelitiknya. Pas panas terik aja baru agak ngelitik dikit
Pas pake TGMO 10-40 buset ngelitiknya ngeri [emoji27]
Emang oli itu pengaruh ke ngelitik jga ya?
Odo sekarang 20.500an KM
Thx om [emoji481]
Sent from my CROSS A66 using Tapatalk
TR-FE idealnya pake buntut 30, jangan pake buntut 40....berattttt
Di Carbon Clean dan purging injector
celah busi setel ke 1,1 mm pake feeler gauge busi
Trus lakukan reset ECU (copot terminal - aki selama 5 menit)
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
HLA kan self adjusted......gak bisa disetelALX7 wrote:Manteb nih![]()
Request dong om...
cara setel celah kelep gimana yah om...?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Ga om turbo pas di F 5,5 liter termasuk ganti filterTurboman wrote:Oli mesin isinya melebihi batas F nggak ?Jambangan wrote:Om dohc, ipah bensin bokap tahun 2012 kok agak ngelitik ya?
Kira2 kenapa ya?
Padahal dah pake bbm ron 92 terus dari baru
Pas ane ganti oli pake motul 10-40 sih berkurang ngelitiknya. Pas panas terik aja baru agak ngelitik dikit
Pas pake TGMO 10-40 buset ngelitiknya ngeri [emoji27]
Emang oli itu pengaruh ke ngelitik jga ya?
Odo sekarang 20.500an KM
Thx om [emoji481]
Sent from my CROSS A66 using Tapatalk
TR-FE idealnya pake buntut 30, jangan pake buntut 40....berattttt
Di Carbon Clean dan purging injector
celah busi setel ke 1,1 mm pake feeler gauge busi
Trus lakukan reset ECU (copot terminal - aki selama 5 menit)
Oke nantibane coba CC deh soalnya ini mobil suka kena macet rpm rendah terus
Makasih om turbo [emoji481]
Sent from my CROSS A66 using Tapatalk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Ya ni om montir. Ya exora itu kan udah turbo. Hahahaha.montirangin wrote:om sintoni..
veloz kan avanza? ane pernah bawa avanza yg 1.5, kalo dibandingin ipah manual, sangat jauh bedanya dari segi tarikan maupun kenyamanan. Kalo yg matic memang benar, ipah matic itu bener2 boyo untuk tenaga segitu dan bobot segitu.
kalo exora belum pernah coba, cuman yg ane tau exora lebih kecil ccnya? hebat juga exora itu
Yg manual jg rasanya kencengan avz deh. Apa mungkin karena ipah ane udah ampir 10 taun ya. Hahaha
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Nah kalo kencengan avz itu sebenernya ga mungkin.sintoni wrote:Ya ni om montir. Ya exora itu kan udah turbo. Hahahaha.montirangin wrote:om sintoni..
veloz kan avanza? ane pernah bawa avanza yg 1.5, kalo dibandingin ipah manual, sangat jauh bedanya dari segi tarikan maupun kenyamanan. Kalo yg matic memang benar, ipah matic itu bener2 boyo untuk tenaga segitu dan bobot segitu.
kalo exora belum pernah coba, cuman yg ane tau exora lebih kecil ccnya? hebat juga exora itu
Yg manual jg rasanya kencengan avz deh. Apa mungkin karena ipah ane udah ampir 10 taun ya. Hahaha
Kemungkinan innova om perlu di ganti2.
ganti filter udara
bersihin itu lobang businya.
dll nya..duh ane ga terlalu ngerti nama2nya..intinya tune up
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Perubahan mesin 1TR-FE dari waktu ke waktu (dari sisi manajemen mesin)
2004 - akhir 2006 = open loop
2007 - 2010 akhir (kalo ga salah) = semi closed loop (jadi open kalau kondisi WOT)
GNKI onwards = Fully Closed Loop
Yah....mesin2 Closed Loop memang terasa boyo krn saat dibejek WOT dia punya AFR tetap di sekitar 14,7 : 1
kalo mesin2 open loop saat WOT bisa turun ke 13 an : 1......gak heran Torsi-nya lebih nonjok
GNKI closed loop-nya mau di break dan jadi open loop ? Bisa......pakai Piggyback spt Dastek Q+
2004 - akhir 2006 = open loop
2007 - 2010 akhir (kalo ga salah) = semi closed loop (jadi open kalau kondisi WOT)
GNKI onwards = Fully Closed Loop
Yah....mesin2 Closed Loop memang terasa boyo krn saat dibejek WOT dia punya AFR tetap di sekitar 14,7 : 1
kalo mesin2 open loop saat WOT bisa turun ke 13 an : 1......gak heran Torsi-nya lebih nonjok
GNKI closed loop-nya mau di break dan jadi open loop ? Bisa......pakai Piggyback spt Dastek Q+
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Ketahuan si om jarang maen2 ke bengkel nihhh.........montirangin wrote: Kemungkinan innova om perlu di ganti2.
ganti filter udara
bersihin itu lobang businya.
dll nya..duh ane ga terlalu ngerti nama2nya..intinya tune up

* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Saya malah nggak pernah maen ke bengkel....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
iya om kalo kebengkel dengerin suruh ganti ini ono..paling kalo aneh dan mahal, tunda trus pulang tanya2 sama temen baru besoknya balik lagi..
dulu dari jaman kecil tiap ada sopir ganti ini ono udah diajarin juga ga ngerti2...mungkin menang ga ada minat kesitu ya om
dulu dari jaman kecil tiap ada sopir ganti ini ono udah diajarin juga ga ngerti2...mungkin menang ga ada minat kesitu ya om
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Kalau misalnya suatu hari SM ngadain gathering DIY / gathering di bengkel gitu kira2 banyak peminat ga ya
kayak di KIOC ada gathering DIY mulai dari DIY sederhana sampe DIY "tingkat tinggi".......rame2 pasang Intercooler / pasang Dastek scr DIY

kayak di KIOC ada gathering DIY mulai dari DIY sederhana sampe DIY "tingkat tinggi".......rame2 pasang Intercooler / pasang Dastek scr DIY
Kalo om marmut pasti ngebengkel alias bongkar sendiri di rumah......DIY reparasi mobil......marmut wrote:Saya malah nggak pernah maen ke bengkel....

* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Selama ini saya selalu kasih gemuk buat drat busi, jumlahnya kira-kira 1-2 butir beras. Itu special grease untuk baut pengikat cylinder head ke blok mesin. Berbeda dengan gemuk umum yang buat bearing, justru nggak bikin lengket dan mudah saat membuka busi. Merknya molykote.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Kalo buat baut baut biasanya digunakan anti seize grease yg warna Bronzemarmut wrote:Selama ini saya selalu kasih gemuk buat drat busi, jumlahnya kira-kira 1-2 butir beras. Itu special grease untuk baut pengikat cylinder head ke blok mesin. Berbeda dengan gemuk umum yang buat bearing, justru nggak bikin lengket dan mudah saat membuka busi. Merknya molykote.

Supaya saat nanti mau dibuka lagi lebih mudah
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
ane skrg make ipah manual bensin, dan perna make GL dan lipina xr manual... utk akselerasi dan top speed, tetep livina yg menang.. apalagi yg xr... tp kalo soal nanjak2 apalagi fully loaded, lipina ga bsa ngalahin ipah manual...montirangin wrote:kalo ipah matic memang lemot...
tapi kalo manual..ga lemot buat 2000cc koq om...lebih cepat dari livina yg 1500cc..
di buku manual nya jg disuru pake buntut 30 koq om, malah baca2 forum di luar, jg pada ngasi nya kepala 5W gapapa... ane sendiri uda bertaon2 pake oli 5w-30 di ipah ane gapapa, padahal sering ane pake kluar kota dan kadang bawa beban berat... ampe ari ini, busi masi kering, knalpot bebas ngebul, dan pas buka enjin head kmaren ini, kondisi masi bersih banget dan noken as nya masi bagus...Jambangan wrote: Om, gapapa ya ipah pake oli 5-30?
Oh iya ipah ini emang sering kena macet om soalnya tiap hari dipake ke kantor bokap. Apa itu pengaruh ke ngelitik jg ya? Rpm rendah terus
Kalo busi baru ganti om pas servis 20rb KM kemaren
Sent from my CROSS A66 using Tapatalk
kalo keseringan rpm rendah emg pasti bkin berkerak om.. skali2 harus di geber tinggi tuh... tp jgn lupa matiin ac dulu... jebol ntar kompresor nya...
ok noted om, next time ane coba cari tuh gemuk dehh...marmut wrote:Selama ini saya selalu kasih gemuk buat drat busi, jumlahnya kira-kira 1-2 butir beras. Itu special grease untuk baut pengikat cylinder head ke blok mesin. Berbeda dengan gemuk umum yang buat bearing, justru nggak bikin lengket dan mudah saat membuka busi. Merknya molykote.
hormat lharr ama mafia jembie.... lama ga maen kemari jemb... kangen ane..ZombiEE wrote:Mantap chiong.... Nubie izin merapat yaaaa


numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Sini chiong peyuk2 duyuuu
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
kalo ane biasanya tuang 5 liter doank, plg banter nambah in seperempat botol oli doank,.. ane ga perna ngisi ampe pas di F sehh... uda kebiasaan ngisi 3/4 dipstik aja.. biar putaran crankshaft ga berat2 amat..
pengalaman di panther ane dulu kalo ngisi agak penuhan, ntuh di pulley crankshaft rembes oli...



Jambangan wrote: Ga om turbo pas di F 5,5 liter termasuk ganti filter
Oke nantibane coba CC deh soalnya ini mobil suka kena macet rpm rendah terus
Makasih om turbo [emoji481]
Sent from my CROSS A66 using Tapatalk
hai jemb..ZombiEE wrote:Sini chiong peyuk2 duyuuu


di ipah bensin uda ga perlu stel klep lg om... uda ada HLA (hydraulio lash adjuster) yg otomatis ngatur sendiri... tp biasanya ini yg suka mampet kalo uda odo tinggi.. apalagi kalo pake oli2 yg bukan type "encer" bkin bunyi pas waktu cold start... atau kalo odo uda tinggi banget biasanya per dan bola di dalem HLA nya uda ga maen lg... sempet kepikiran mau bersihin ini HLA ipah ane tp kmaren liat2 koq rada rumit jg yahh, perlu buka camshaft nehh..ALX7 wrote:Manteb nih![]()
Request dong om...
cara setel celah kelep gimana yah om...?


hai om koba.... lama ga maen di marih..nescafe wrote:nicee, nongkrong dulu ahh disini..


numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Buka camshaft gampang kok, asalkan inget timing mark di sproket jangan sampe salah posisi. Dulu saya pernah bongkar HLA punya opel blazer. Nanti saat dipasang trus mesin nyala jangan kaget kalo ada suara keras logam berbenturan kaya metal jalan udah oblak. Itu suara HLA belum keisi oli, 10 menitan hilang suaranya.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
perlu ngatur2 posisi crankshaft dl ga om utk silinder tertentu agar di posisi TMA dl ??marmut wrote:Buka camshaft gampang kok, asalkan inget timing mark di sproket jangan sampe salah posisi. Dulu saya pernah bongkar HLA punya opel blazer. Nanti saat dipasang trus mesin nyala jangan kaget kalo ada suara keras logam berbenturan kaya metal jalan udah oblak. Itu suara HLA belum keisi oli, 10 menitan hilang suaranya.
om marmut, skalian ane mau tanya donk.. mengenai ngelepas camshaft itu... ini foto enjin head ipah ane swaktu ane buka covernya..
nahh, di bawa kem nya itu kan ada roller rocker arm, HLA nya persis dibawah arm tsb... berarti utk ngelepas HLA nya, ane kudu lepasin kem, arm, dan timing chain nya... nah sproket yg dimaksud itu yg intake apa yg exhaust om ? soalnya waktu ane buka kmaren ini, yg ane bsa liat timing mark nya cuman yg exhaust nya doank... cmiiw...
btw, berarti ane musti ngelepas water pump, pulley fan, dkk donk utk ngelepas timing chain nya ?? lumayan "menantang" jg yahh..


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Pasti, stel di top 1. Awas jangan ketuker sama top 4, pastiin panjulnya cam (cam lobe) silinder 1 ada di sebelah atas semua (in & out).
Tempo hari saya habis 2 kaleng carb. cleaner, kotoran kerak oli rontok semua. Setelah itu dibilas pake bensin bersih.
Sproket yang saya maksud ya in dan out, keduanya. Kalo yang ada tandanya cuma salah satu, bikin aja untuk yang satu lagi pake tip-ex.
Kalo mau gampang kerjanya mau nggak mau timing chain cover dibuka buat akses ke tensioner saat pemasangan nanti. Otomatis kipas radiator dan pulley juga dibuka, kalo water pump sepertinya nggak ngalangin tutup rante deh, tapi nggak tau juga soalnya saya belum pernah ngobel2 mesin ipah. Harusnya sih ga perlu buka water pump.
Kalau pake roller rocker, ya pasti ikut dibuka juga.
Tempo hari saya habis 2 kaleng carb. cleaner, kotoran kerak oli rontok semua. Setelah itu dibilas pake bensin bersih.
Sproket yang saya maksud ya in dan out, keduanya. Kalo yang ada tandanya cuma salah satu, bikin aja untuk yang satu lagi pake tip-ex.
Kalo mau gampang kerjanya mau nggak mau timing chain cover dibuka buat akses ke tensioner saat pemasangan nanti. Otomatis kipas radiator dan pulley juga dibuka, kalo water pump sepertinya nggak ngalangin tutup rante deh, tapi nggak tau juga soalnya saya belum pernah ngobel2 mesin ipah. Harusnya sih ga perlu buka water pump.
Kalau pake roller rocker, ya pasti ikut dibuka juga.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
water pump nya ipah nempel ke chain cover nya om... mau ga mau harus di buka jg jadinya...
sipp thanks info nya om... nanti ane coba2 dl d... mudah2an bsa..
sipp thanks info nya om... nanti ane coba2 dl d... mudah2an bsa..
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Harus bisa doong..... Tetap semangat. Jangan lupa sedia handuk kenek buat lap keringet dan minuman segar.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
hahaha... prosedurnya agak panjang sehh om kayanya tuh... tp diliat2 seru jg... makanya nanti ane coba cari waktu libur yg agak panjang dl d ama coba cocokin dulu tools yg bakal ane pake apa aja...marmut wrote:Harus bisa doong..... Tetap semangat. Jangan lupa sedia handuk kenek buat lap keringet dan minuman segar.
utk sementara ane mau ngerjain yg gampang2 dl deh sperti upgrade nozzle injector dulu ke 12 lobang... td pagi coba2 bongkar pasang fuel rail dan sukses...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Kerjain sendiri sambil santai-santai aja oom ga usah buru-buru, kalo capek ngaso, paling 2 hari beres.
Sudah bikin cold air intake? Sekalian semua yang membatasi aliran udara masuk ke airbox (termasuk yang di dalam airbox) disunat aja.
Xenia punya bini yang tadinya agak ngelitik, setelah tutup airbox saya pangkas dalemnya jadi minggat ngelitiknya.
Sudah bikin cold air intake? Sekalian semua yang membatasi aliran udara masuk ke airbox (termasuk yang di dalam airbox) disunat aja.
Xenia punya bini yang tadinya agak ngelitik, setelah tutup airbox saya pangkas dalemnya jadi minggat ngelitiknya.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
kalo cold air intake... perna baca di forum sebelah, ada anggota kioc yg modif caranya diputar box filter udara ipah, jd lgs ke arah depan mobil... cuman ane blm brani lakuin krn posisi intake nya deket bgt ama filter udara... takut malah pas ujan ntuh air ujan keisep masuk..marmut wrote:Kerjain sendiri sambil santai-santai aja oom ga usah buru-buru, kalo capek ngaso, paling 2 hari beres.
Sudah bikin cold air intake? Sekalian semua yang membatasi aliran udara masuk ke airbox (termasuk yang di dalam airbox) disunat aja.
Xenia punya bini yang tadinya agak ngelitik, setelah tutup airbox saya pangkas dalemnya jadi minggat ngelitiknya.


kalo daleman box filter udara... mods turbo perna post jg d forum nya dgn menambah ganjelan pintu agar aliran udara nya memutar.. ini uda ane lakuin dl... tp akhirnya ane copot soalnya ntuh ganjelan pintu copot mulu dr dinding rumah airbox nya... lem nya kurang kuat kali..


numpang lewat aja....

