Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote: ↑Tue May 11, 2021 13:00
emang kl TW yg model spring gt, bunyi cklek nya alus2 yah ?? bahkan utk beberapa merek cungkwo dan taiwan yg saya coba tadi, kaya si jtc, sellery, tekiro, JRD, koq "ceklekk" nya agak alus yahh, itu kl jalanan depan rumah rame motor atau mobil kayanya ga bakal kedengeran deh, trus jg d tangan kaya kurang berasa "ceklek" nya
nahh kl yg model spring tp jepun punya kaya tohnichi gt, apa lebi berasa "ceklek" nya ?? kaya lbi nyaring dan berasa kah ?
tergantung stel di berapa n.m.
coba simak baik-baik...
kalo tau itu mobil apa, dapet hadiah. tapi musti kasi tau alesannya kenapa nebak merk itu.
volvo lah.
krn mbah rektor yg ngomong, pasti wulwu lah
btw kl tohnichi halus tp tetep kerasa di tangan tactile feedback nya. recommended bgt lah tohnichi ga mungkin salah kl nyari nihon.
hmm tohnichi lumayan yah.. sip2
lohh.. si mbah 69 wulwu nya FWD toh ?? ta kira wulwu yg seri menteri punya doank
Omnibus wrote: ↑Tue May 11, 2021 10:24
ik beneran nanya nih, gimana sih caranya ngencengin mur 3 biji shock support inopa yg biasa buat ngeledekin mbah delko? emangnya pake insert open end bisa? ga ada cara lain?
kalo bo'ong, as kopelnya nambah 1 lagi...
sejauh yang saya tau ya antara open end atau ring insert. itu yang sisi belakang.
yang sisi depan (paling deket ke bemper) agak sulit pake manoskop.
mungkin musti panggil tohnichi.
kalo yang di engine bay gampang, pake ext. 10".
ga bohong mbah. itu yg dulu sy ambil dr internet (4runner) beda tightening spec nya sm di FSM. dan baut mur shock bawah tuh yg ke lower control arm ternyata harus di preload dong. sy dulu preload tp ada yg aneh. anehnya kan diukur pake omnibus tutorial way dptnya 56cm, nah pas control arm didongkrak msh cuma dpt 64cm padahal body udah ngangkat dr jack stand
mikir bentar gmn caranya. akhirnya dpt ide, hub nya sy pasangin jack stand kanan kiri trus turunin dongkrak semua jd nahan di hub
kl mur shock tower yg tadi sy tanya, belakang n depan bisa pakai tohnichi. yg dalam dr ruang mesin tp LH hrs lepas rmh fisol dr dudukannya (easy) sementara RH hrs lepas heat shield kecil. posisinya nyempil ga bisa pakai socket biasa jd RH n LH kencenginnya pakai crows foot + ext 20" (note: batang TW dan posisi crows foot harus 90° sehingga tdk merubah jarak sumbu (ga perlu ngitung kompensasi).
mur tengah yg ngiket shock ke spring juga salah spec, inet 27Nm di fsm 18Nm. untung gampang tadi. mudah2an besok tambah enak nih naikannya, soalnya yg njess pas preload nya bener ya enak bgt. kerasa bedanya.
Omnibus wrote: ↑Tue May 11, 2021 16:21
ga bohong mbah. itu yg dulu sy ambil dr internet (4runner) beda tightening spec nya sm di FSM. dan baut mur shock bawah tuh yg ke lower control arm ternyata harus di preload dong. sy dulu preload tp ada yg aneh. anehnya kan diukur pake omnibus tutorial way dptnya 56cm, nah pas control arm didongkrak msh cuma dpt 64cm padahal body udah ngangkat dr jack stand
mikir bentar gmn caranya. akhirnya dpt ide, hub nya sy pasangin jack stand kanan kiri trus turunin dongkrak semua jd nahan di hub
kl mur shock tower yg tadi sy tanya, belakang n depan bisa pakai tohnichi. yg dalam dr ruang mesin tp LH hrs lepas rmh fisol dr dudukannya (easy) sementara RH hrs lepas heat shield kecil. posisinya nyempil ga bisa pakai socket biasa jd RH n LH kencenginnya pakai crows foot + ext 20" (note: batang TW dan posisi crows foot harus 90° sehingga tdk merubah jarak sumbu (ga perlu ngitung kompensasi).
mur tengah yg ngiket shock ke spring juga salah spec, inet 27Nm di fsm 18Nm. untung gampang tadi. mudah2an besok tambah enak nih naikannya, soalnya yg njess pas preload nya bener ya enak bgt. kerasa bedanya.
betul, musti preload.
dan sudah lama saya pikirken kegunaan wheel hub stand seperti ini...
images.jpeg
tapi belum kesampaian buat eksekusinya.
saya ngencengin mur yang 2 itu pake 730N agak kerepotan. andai 2" lebih pendek, pasti sangat mudah pergerakannya.
kalau yang dalam, emang bener musti buka filter untuk LH.
RH seinget saya pakai universal joint.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
betul, musti preload.
dan sudah lama saya pikirken kegunaan wheel hub stand seperti ini...
images.jpeg
tapi belum kesampaian buat eksekusinya.
saya ngencengin mur yang 2 itu pake 730N agak kerepotan. andai 2" lebih pendek, pasti sangat mudah pergerakannya.
kalau yang dalam, emang bener musti buka filter untuk LH.
RH seinget saya pakai universal joint.
ah kaya gambar itu bener mbah. sy td pake jack stand yg ada rubber pad nya, nyantol di daging hitam disc brake (apa sih namanya ga tau), aman kok.
iya yg RH pake u-joint bisa juga. kehalang pipa freon.
sy demen tadi tools banyak bgt dikeluarin. biar ga nganggur semua dah tuh. crows foot lah ikut di cobain juga
Omnibus wrote: ↑Wed May 12, 2021 17:01
enak dong ga usah ganti oli
btw tadi ngegowes pulang lebih berat dr biasanya? kl iya nah ngikut jij berarti
emang enak ga ganti oli, tapi tetep aja butuh chain lube. tau sendiri harga finish line berapa..... paling telat seminggu sekali dibersihin sama dilumasin.
heuheuheu.....
iya lebih berat, soalnya manoskop 3 biji sama ratchet insert ikut pulang plus bawa bika ambon sekotak gede. mau? nanti saya fax gambarnya...
terimakasih koh Omni dan koh DOHC, mohon maaf lahir batin juga.
semoga semua tetap sehat, kamar ini makin ramai pengunjung dan makin banyak pelaku DIY (perbaikan, bukan kaya mbah DOHC) serta jangan ada yang cengeng putus asa lagi.
marmut wrote: ↑Thu May 13, 2021 3:07
terimakasih koh Omni dan koh DOHC, mohon maaf lahir batin juga.
semoga semua tetap sehat, kamar ini makin ramai pengunjung dan makin banyak pelaku DIY (perbaikan, bukan kaya mbah DOHC) serta jangan ada yang cengeng putus asa lagi.
marmut wrote: ↑Thu May 13, 2021 3:07
terimakasih koh Omni dan koh DOHC, mohon maaf lahir batin juga.
semoga semua tetap sehat, kamar ini makin ramai pengunjung dan makin banyak pelaku DIY (perbaikan, bukan kaya mbah DOHC) serta jangan ada yang cengeng putus asa lagi.
Mbah....nanya dung...
TB lipindut sodara item banget kerak carbon.
Kl disemprot WD aja trs dilap majun gmn?
Apa pake carbon cleaner nyemprotnya?
Posisi di kampung jd adanya WD doang...ama brake cleaner. Lagi nyoba cari carb cleaner sich kl nemu ntar di kota