Review New Hyundai Santa Fe 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by htannis »

mr_mytplx wrote:Nda usah terlalu di pikir soal resale value santa fe ini..kan ada buy back guarantee..

Yg perlu cm nyetir yg sopan n waspada aja biat nda nabrak n ditabrak..nt hangus jaminan buybacknya..

Y mentok2 -30% lah selama 3taon depresiasinya..
Buy back nya itu kan buat tuker tambah sama merk hyundai juga, kalau beli merk lain yah gak ditanggung tuh
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
numero siji
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Wed Dec 09, 2009 5:06

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by numero siji »

iamwewe wrote:Hadeh.. Ribet amat resale value sampe segitunya.. Kalo level anda msh ngitung resale value sampe segitunya cek harga pasar ya belinya mobil 2nd or beli mobil yg kaya om htannis bilanglah..
Sabar bro iamwewe hehehe. Maksud om resale value kalo saya baca justru dia blg kl resale value cenderung mirip tergantung kelas. Hehehehe tapi memang harus diakui bahwa resale jepang sedikit lebih baik. Jd maksud bro resale ini jgn terlalu skeptis thd resale value.
Sorry kalau salah mengartikan :)
htannis wrote:
mr_mytplx wrote:Nda usah terlalu di pikir soal resale value santa fe ini..kan ada buy back guarantee..

Yg perlu cm nyetir yg sopan n waspada aja biat nda nabrak n ditabrak..nt hangus jaminan buybacknya..

Y mentok2 -30% lah selama 3taon depresiasinya..
Buy back nya itu kan buat tuker tambah sama merk hyundai juga, kalau beli merk lain yah gak ditanggung tuh
Kl ttg buy back waranty hyundai terus terang menurut saya terlalu dalam hehehehehe. Jd bagi saya pribadi untuk saat ini menganggap bahwa buy back waranty hyundai bukan salah satu nilai unggul.
Sudah saya tanyakan ke salesnya bahwa buyback bukan untuk tukar tambah saja bro. Dpt info harus tukar tambah dengan produk hyundai darimana ya?
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1170
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by iamwewe »

wkwkwkwkw saya biasa aja kok om numero, cuma pusing aja bacanya.. muter2 ngomongannya nggak jelas, coba deh dibaca kira2 inti ngomongan doi apa.. ya sesuai nick dia itu. at least sampe post saya tsb diatas.

saya juga cuma ngasih pendapat aja kok, bukan sok tajir or sombong, secara level mobilnya jg masih innova.. kalo level beli mobil standard awalnya dari resale value atau bahkan resale value sebuah mobil sebegitu pentingnya, maap2 aja deh, level nya belum di thread mazda, cx5 pula :off_bored:
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by g4ndalf »

Resale Value wrote:OK, sekarang giliran tucson baru. Ni SUV kan barunya sekitar 300 juta. Coba kita lihat bekasnya, hancur babak belur misalnya tinggal 50 juta, 100 juta, atau gimana :


Yang ini tahun 2011, di jual 257 juta. 1 tahun lebih rugi sekitar 40 juta lebih. Banding si rx270 yang usia sama, rugi udah 200 juta.

http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_tucs ... 67484.html


Si rx270 lebih mahal 3 X lipat, tapi ruginya 5 X lipat. Namun ini bukan artinya rx270 hancur, tapi memang sifat depresiasi mobil super mahal memang begitu, semua merek. Lihat kasus Mazda CX-9, bukannya hancur, tapi memang gitu, karena barunya juga udah mahal, 800 juta lebih. Toh ruginya mirip rx270 juga.


Yang ini tahun 2011, di jual 255 juta

http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_tucs ... 75148.html


Coba lihat SUV Jepang yang barunya sekitar 300 juta, yang usia 1 tahun lebih juga ruginya sekitar segitu. Mana ada yang ruginya di bawah 40 juta untuk 1 tahun pertama ?


Contoh juga, si innova tipe V AT bensin yang barunya juga sekitar 300 juta, yang tahun 2011 sisa berapa nilainya ?


Ternyata juga segitu, yang ini di jual 218 juta, manual, ya jika matik paling nambah 10 juta, 228 juta.

http://mobil.kapanlagi.com/toyota_kijan ... 91992.html


Yang innova G AT 2011, barunya sekitar 250 jutaan, sisa nilainya juga 205 juta, turun 45 juta, padahal harga dia advantage karena lebih murah banding tucson yang 300 juta. Toh depresiasinya juga ngak beda jauh


http://mobil.kapanlagi.com/toyota_kijan ... 95617.html


Dan menurut saya, Santa Fe diesel baru ini dari banyak hal jauh lebih bagus banding saudaranya tucson, tinggal tanya sendiri, jika resale value tucson pun ngak babak belur, masih wajar, apalagi Santa Fe baru yang miliki banyak keunggulan banding tucson ?


Mungkin ngak resale value santi baru terjun bebas ? Ingat pula captiva diesel pun juga cemerlang resale valuenya.
Sedikit urun pendapat krn ada yg bawa2 resale value rx270.. Hehehe

Ada bbrp macam versi rx270, versi atpm hanya 1 varian sdgkan versi iu ada 3 versi. Utk resale value hrs dilihat historisnya. rx270 cmiiw pertama kali masuk ke indonesia thn 2010 hanya iu yg jual, waktu itu versi yg masuk hanya ada versi jdm jepang. cmiiw lagi harga dibanderol 1,1M tp mmg fitur yg ditawarkan ckp menggiurkan, konon sistem audio mark levinson nya sj kalau dinilai rupiah sekitar 80jt. Kejutan besar tjd di 2011, atpm mulai jual rx270 dgn banderol harga 930jt otr jkt. Dgn iming2 garansi walau fitur kalah dibanding versi jdmnya iu rx270 atpm laku keras, bahkan sold out. Cmiiw lagi, di bulan oktober 2011 rx270 atpm sudah ludes, calon pembeli harus tunggu pengiriman 2012 atau ambil dari iu. Di sini iu juga fight back dgn menghadirkan versi hk ultimate yg harganya sedikit lebih murah dr atpm tapi fitur lebih banyak serta versi hk luxury yg disunat lagi baik fitur dan harganya.

Di thn 2012, hampir semua produk iu mengalami penurunan harga tmsk rx270. Di thn ini pula rx270 facelift hadir, perubahan ada di grille, hid led, serta suspensi & software, juga ada penambahan fitur hud utk versi hk ultimate. Utk harga atpm ada sedikit kenaikan jadi 945jt, sdgkan iu yg turun bisa didapat di bawah 900jt. Jadi bisa dilihat selain harga iu yg turun juga adanya facelift tentu akan menekan resale rx270 lansiran 2010 11.

Jadi kalau ada yg bilang depresiasi rx270 sampai 200jt di thn pertama sy kira itu ndak betul kecuali mobilnya bekas tabrakan/bermslh. Yg jelas dr pengalaman sy hunting rx270 second menurut sy harga second nya cukup kuat. Depresiasi dlm 2 thn tdk sampai 200jt, sgt tergantung kondisi. Iklan online jgn dipakai patokan, kalau mau tau mending langsung cari barangnya bisa dpt nggak. Bener ada tucson ditawarin 257jt apa pasti lakunya segitu? Begitu pula rx270 murah sy pernah liat harga di bwh 700jt, sy hubungi dealer hr itu sore sy mau liat blm sempat sy liat barang dah laku, pdhl tu iklan umurnya blm ada 24jam.

Anyway point sy resale rx270 itu udah terbukti, kalau brand korea - no disrespect tapi mobil mana selain mobil kelas kutu korea yg scr historis harganya terbukti kuat? Iklan online jgn dijadikan patokan lah gampang dimanipulasi sy pun bisa bikin iklan se banyak2nya harga sy mark up, laku 200 sy bilang laku 250 pembeli juga nggak akan keberatan.

Sy kira santapi itu produk yg unik, banyak keunggulan spt mesin kuat design keren tapi kalau beli santapi mengharapkan resale bagus, its a long shot...
numero siji
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Wed Dec 09, 2009 5:06

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by numero siji »

g4ndalf wrote:
Resale Value wrote:OK, sekarang giliran tucson baru. Ni SUV kan barunya sekitar 300 juta. Coba kita lihat bekasnya, hancur babak belur misalnya tinggal 50 juta, 100 juta, atau gimana :


Yang ini tahun 2011, di jual 257 juta. 1 tahun lebih rugi sekitar 40 juta lebih. Banding si rx270 yang usia sama, rugi udah 200 juta.

http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_tucs ... 67484.html


Si rx270 lebih mahal 3 X lipat, tapi ruginya 5 X lipat. Namun ini bukan artinya rx270 hancur, tapi memang sifat depresiasi mobil super mahal memang begitu, semua merek. Lihat kasus Mazda CX-9, bukannya hancur, tapi memang gitu, karena barunya juga udah mahal, 800 juta lebih. Toh ruginya mirip rx270 juga.


Yang ini tahun 2011, di jual 255 juta

http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_tucs ... 75148.html


Coba lihat SUV Jepang yang barunya sekitar 300 juta, yang usia 1 tahun lebih juga ruginya sekitar segitu. Mana ada yang ruginya di bawah 40 juta untuk 1 tahun pertama ?


Contoh juga, si innova tipe V AT bensin yang barunya juga sekitar 300 juta, yang tahun 2011 sisa berapa nilainya ?


Ternyata juga segitu, yang ini di jual 218 juta, manual, ya jika matik paling nambah 10 juta, 228 juta.

http://mobil.kapanlagi.com/toyota_kijan ... 91992.html


Yang innova G AT 2011, barunya sekitar 250 jutaan, sisa nilainya juga 205 juta, turun 45 juta, padahal harga dia advantage karena lebih murah banding tucson yang 300 juta. Toh depresiasinya juga ngak beda jauh


http://mobil.kapanlagi.com/toyota_kijan ... 95617.html


Dan menurut saya, Santa Fe diesel baru ini dari banyak hal jauh lebih bagus banding saudaranya tucson, tinggal tanya sendiri, jika resale value tucson pun ngak babak belur, masih wajar, apalagi Santa Fe baru yang miliki banyak keunggulan banding tucson ?


Mungkin ngak resale value santi baru terjun bebas ? Ingat pula captiva diesel pun juga cemerlang resale valuenya.
Sedikit urun pendapat krn ada yg bawa2 resale value rx270.. Hehehe

Ada bbrp macam versi rx270, versi atpm hanya 1 varian sdgkan versi iu ada 3 versi. Utk resale value hrs dilihat historisnya. rx270 cmiiw pertama kali masuk ke indonesia thn 2010 hanya iu yg jual, waktu itu versi yg masuk hanya ada versi jdm jepang. cmiiw lagi harga dibanderol 1,1M tp mmg fitur yg ditawarkan ckp menggiurkan, konon sistem audio mark levinson nya sj kalau dinilai rupiah sekitar 80jt. Kejutan besar tjd di 2011, atpm mulai jual rx270 dgn banderol harga 930jt otr jkt. Dgn iming2 garansi walau fitur kalah dibanding versi jdmnya iu rx270 atpm laku keras, bahkan sold out. Cmiiw lagi, di bulan oktober 2011 rx270 atpm sudah ludes, calon pembeli harus tunggu pengiriman 2012 atau ambil dari iu. Di sini iu juga fight back dgn menghadirkan versi hk ultimate yg harganya sedikit lebih murah dr atpm tapi fitur lebih banyak serta versi hk luxury yg disunat lagi baik fitur dan harganya.

Di thn 2012, hampir semua produk iu mengalami penurunan harga tmsk rx270. Di thn ini pula rx270 facelift hadir, perubahan ada di grille, hid led, serta suspensi & software, juga ada penambahan fitur hud utk versi hk ultimate. Utk harga atpm ada sedikit kenaikan jadi 945jt, sdgkan iu yg turun bisa didapat di bawah 900jt. Jadi bisa dilihat selain harga iu yg turun juga adanya facelift tentu akan menekan resale rx270 lansiran 2010 11.

Jadi kalau ada yg bilang depresiasi rx270 sampai 200jt di thn pertama sy kira itu ndak betul kecuali mobilnya bekas tabrakan/bermslh. Yg jelas dr pengalaman sy hunting rx270 second menurut sy harga second nya cukup kuat. Depresiasi dlm 2 thn tdk sampai 200jt, sgt tergantung kondisi. Iklan online jgn dipakai patokan, kalau mau tau mending langsung cari barangnya bisa dpt nggak. Bener ada tucson ditawarin 257jt apa pasti lakunya segitu? Begitu pula rx270 murah sy pernah liat harga di bwh 700jt, sy hubungi dealer hr itu sore sy mau liat blm sempat sy liat barang dah laku, pdhl tu iklan umurnya blm ada 24jam.

Anyway point sy resale rx270 itu udah terbukti, kalau brand korea - no disrespect tapi mobil mana selain mobil kelas kutu korea yg scr historis harganya terbukti kuat? Iklan online jgn dijadikan patokan lah gampang dimanipulasi sy pun bisa bikin iklan se banyak2nya harga sy mark up, laku 200 sy bilang laku 250 pembeli juga nggak akan keberatan.

Sy kira santapi itu produk yg unik, banyak keunggulan spt mesin kuat design keren tapi kalau beli santapi mengharapkan resale bagus, its a long shot...
siap bro. uniknya gimana ya? jd kl mau beli produk korea beli yg kelas kutu ajah ya. btw kl santapi termasuk kelas apa ya? semoga masuk kelas kutu juga. hehehehe.
kl diluar kelas kutu better beli rx270. mantap analisanya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

@om Gandalf :
nick Resale value ini sedang diselidiki apakah beliau jelmaan Sithlord / Toyotaman

Kalo benar jelmaan maka tulisannya gak perlu diladenin um.......xixixixixixixi........sebabnya ? bisa search di arsip semua postingan Toyotaman :wkkk:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
catasthropic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Jan 03, 2009 15:26

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by catasthropic »

setelah udh 2 tahun ga liat forum serayamotor.com akhirnya liat lagi forum ini dan waaaw.. sekarang udh makin rame dan banyak yg posting. member nya juga tambah jauh lebih banyak.

tp yg paling bikin waah buat gw adalah review santafe baru ini, omaigot.. gw dapet feeling kalo review kali ini jujur apa adanya dari orang yg bener2 test drive.

jujur sebelum ini santafe adalah salah satu target untuk mobil yg akan gw beli buat gantiin si juki, alasan ganti juki pengen mobil yang aga gede. gw liat review2 dari most major automotive magazine di indonesia rata2 semua bilangnya mobil ini the best lah.. dibandingiin pajero sport dan vnt fortuner, santafe juara nya. reviewnya sangat meninggi-ninggikan santafe, dan gw sempet percaya, dan berencana test drive dalam waktu dekat.

tp setelah baca review kawan2 dsini, waaaw.. terbuka deh wawasan gw, mgkn santafe bakal di coret dari target sasaran. tp tetep untuk coba rasa penasaran gw mau test drive dlm waktu dekat. klo memang santafe oke buat gw, meskipun sebanyak apapun orang yg review, semuanya bakal terliat lebih jelas pas test drive. tp thanks banget buat kawan2 di forum ini, review seraya motor sangat2 bisa diandalkan..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

catasthropic wrote: tp setelah baca review kawan2 dsini, waaaw.. terbuka deh wawasan gw, mgkn santafe bakal di coret dari target sasaran. tp tetep untuk coba rasa penasaran gw mau test drive dlm waktu dekat. klo memang santafe oke buat gw, meskipun sebanyak apapun orang yg review, semuanya bakal terliat lebih jelas pas test drive. tp thanks banget buat kawan2 di forum ini, review seraya motor sangat2 bisa diandalkan..
Untuk mobil apapun : Tetep harus test drive sendiri paling baik, jangan terpengaruh tulisan siapapun or media apapun, Believe what you feel :mrgreen:

Minta supaya kita bisa bawa mobil tsb agak jauh, lewat berbagai kondisi jalan baik dr Tol sampai jalan jelek, jangan ragu utk test bolak balik utk menuntaskan rasa penasaran.

Berlaku utk mobil apapun

Selamat mencoba
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

Waduh.. jangan langsung percaya review saya oom catasthropic.. nanti jadi catasthropic.. *eh...

Intinya.. cobain dulu aja sendiri... saya beruntung saat mencobanya di 3 keadaan berbeda: kering, basah, dan semi banjir.. dan di terrain perkotaan dengan jalan raya utamanya dari yang mulus sampai lubang2 besar, dan naik turun tanjakan terjal.

Kalau dari feel saya, mobil ini memiliki behavior yang sangat berbeda saat kering dan saat basah. Beban mobil yang sangat berat juga jadi kekurangan sendiri saat tanjakan terjal tanpa adanya fitur penunjang performa/keselamatan berarti selain mesin turbodieselnya (yang mana mesin turbodiesel nya saja udah jauh lebih berat dibanding mesin bensin (+- 100 lbs kalau lihat di web luar).

Lucu mobil sebesar, sekencang dan seberat gini cuman dikasih varian matik tanpa fitur AWD, tanpa HSA, DHA, dan dikasih ban ECO.

Buat saya pribadi sih.. bad mark.. tentunya bagi orang lain penilaian bisa vary..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by g4ndalf »

Turboman wrote:@om Gandalf :
nick Resale value ini sedang diselidiki apakah beliau jelmaan Sithlord / Toyotaman

Kalo benar jelmaan maka tulisannya gak perlu diladenin um.......xixixixixixixi........sebabnya ? bisa search di arsip semua postingan Toyotaman :wkkk:
Iya... hehehe, maksud sy jgn kasih misinformasi.. se olah2 valid dilengkapi link2 ke iklan. Pdhl info plg valid itu ya dari kenyataan di lapangan, bisa nggak dapet harga segitu, itu patokannya... saya tau krn sy ngomong dgn org2 yg pernah jual mobil brand korea, mmg kenyataan susah jualnya. Kecuali kelas visto, picanto, itu msh ok sy tau krn dulu pernah punya saya jual relatif gampang dan harga relatif bagus.

Cuma mau koreksi aja, soalnya dia tulis resale rx270 ga bagus - pdhl pengalaman sy nggak mudah dapetin second nya di harga murah... hehehe

@numero siji: sy ngak bilang jgn beli produk korea lho, wong sy sendiri pernah pake visto meskipun buat second car... maksud sy, beli mobil korea kelas harga 400jt lebih jgn ngarep resalenya bagus. Sy kira konsumen juga sdh paham kok... mrk beli bukan krn resale.
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Izark »

AD74YA wrote:CUT

Intinya.. cobain dulu aja sendiri... saya beruntung saat mencobanya di 3 keadaan berbeda: kering, basah, dan semi banjir.. dan di terrain perkotaan dengan jalan raya utamanya dari yang mulus sampai lubang2 besar, dan naik turun tanjakan terjal.

CUT
koreksi yang di bold aje, bukan semi banjir itu. Semi-sungai. Banjirnya mah sungguhan :ngacir:
mau nulis apa ya...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

Izark wrote:
AD74YA wrote:CUT

Intinya.. cobain dulu aja sendiri... saya beruntung saat mencobanya di 3 keadaan berbeda: kering, basah, dan semi banjir.. dan di terrain perkotaan dengan jalan raya utamanya dari yang mulus sampai lubang2 besar, dan naik turun tanjakan terjal.

CUT
koreksi yang di bold aje, bukan semi banjir itu. Semi-sungai. Banjirnya mah sungguhan :ngacir:
Wekekeke...

Terus gimana zark? Asik gak lewatin sungai pakai SUV ini?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Izark »

AD74YA wrote:Lucu mobil sebesar, sekencang dan seberat gini cuman dikasih varian matik tanpa fitur AWD, tanpa HSA, DHA, dan dikasih ban ECO.
ini jawabannya :mrgreen:
mau nulis apa ya...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

Izark wrote:
AD74YA wrote:Lucu mobil sebesar, sekencang dan seberat gini cuman dikasih varian matik tanpa fitur AWD, tanpa HSA, DHA, dan dikasih ban ECO.
ini jawabannya :mrgreen:
akibat prinsipalnya gak serius jualan di Indonesia......spt nya yg berupaya keras mendatangkan AN SantaPi ini dari pihak ATPM nya ? CMIIW

Launchingnya aja cuman lgs majang di IIMS tanpa seremoni khusus.......beda dgn Notbuk tablet Win 8 Samseng yg bikin acara di GI pake host beken or lonching Nav1 di Kempinsky yg datangkan BCL

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
Resale Value

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Resale Value »

Yang masih remehkan, ragukan mutu mobil bikinan korea selatan jaman sekarang, boleh coba baca berita ini dan videonya juga :


http://www.autoblog.com/2011/09/26/what ... kswagen-a/


http://jalopnik.com/5844809/watch-volks ... r-interior


http://www.thetruthaboutcars.com/2011/1 ... interkorn/


Di Indonesia vw memang kecil, tapi seluruh dunia mereka sizenya itu no.2 - 3. Jauh di atas merek besar lain seperti honda. Jadi vw ngak boleh di bilang pemain ikan teri di dunia otomotif. Dan yang penting, mereka ngak ada recall besar besaran meskipun penjualan mereka salah satu terbesar di dunia.


mobil korea selatan juga belakangan penjualannya udah gede, ranking no.4-5 di seluruh dunia. Juga mereka ngak ada tuh recall besar besaran berapa kali dalam waktu 3 tahun belakangan.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

@resale_value :
Tolong tunjukkin hasil survey di lapangan yg anda lakukan sendiri donk om

Kalo hasil survay lapangan ane en bbrp rekan si utk mobil Ginseng yg udah proven so far :
- KIA Sportage gen.1 (ada orang yg koleksi sampe 3 unit, cerita kalau mesin & kaki2 sangat durable walau BBM boros)
- KIA Pregio (Hopeng ane pernah pake, sering dipake Jkt - bdg PP)
- Hyundai Santa Fe gen.1 - menurut pengamatan teman yg punya bengkel, mobil ini jarang ada masalah berarti

Cuman ya pengalaman hopeng dgn Pregio, utk bbrp parts2 vital mesin yg dijual di toko spare parts konon ada yg gak standard ukurannya (bisa beda2)......ini yg bikin :capede:

Ini ceritaku, mana ceritamu :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by M-90 »

Resale Value wrote:Yang masih remehkan, ragukan mutu mobil bikinan korea selatan jaman sekarang, boleh coba baca berita ini dan videonya juga :


http://www.autoblog.com/2011/09/26/what ... kswagen-a/


http://jalopnik.com/5844809/watch-volks ... r-interior


http://www.thetruthaboutcars.com/2011/1 ... interkorn/


Di Indonesia vw memang kecil, tapi seluruh dunia mereka sizenya itu no.2 - 3. Jauh di atas merek besar lain seperti honda. Jadi vw ngak boleh di bilang pemain ikan teri di dunia otomotif. Dan yang penting, mereka ngak ada recall besar besaran meskipun penjualan mereka salah satu terbesar di dunia.


mobil korea selatan juga belakangan penjualannya udah gede, ranking no.4-5 di seluruh dunia. Juga mereka ngak ada tuh recall besar besaran berapa kali dalam waktu 3 tahun belakangan.
Good Info Bro RV... :off_good_job:
Terutama video ttg adegan Boss VW

Memang teknologi Korea saat ini nggak bisa dianggap remeh. Di bidang eletronika dan komunikasi, produk2 Korea sudah dianggap sejajar dgn merk2 ternama dari Jepun dan Eropa.

Tinggal menunggu waktu aja, kalo produsen Jepang atau Eropa tidak inovatif dan responsif thd perkembangan otomotif Korea, maka siap2 dominasi Jepang akan digeser sama K-Car.

Utk di tanah air, ane setuju sama Bro Turboman, ATPM Korea harus bekerja lebih ekstra keras utk merebut market shares yg saat ini di dominasi Toyota dan Honda.

Di dunia ini tidak ada yg absolut. Hari ini Toyota yg merajai otomotif dunia. Tp 10 tahun ke depan, belum tentu... :e-dance:

Semakin banyak produk yg berkualitas dan kompetitif, maka konsumen yg lebih diuntungkan. :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

M-90 wrote: Tinggal menunggu waktu aja, kalo produsen Jepang atau Eropa tidak inovatif dan responsif thd perkembangan otomotif Korea, maka siap2 dominasi Jepang akan digeser sama K-Car.

Di dunia ini tidak ada yg absolut. Hari ini Toyota yg merajai otomotif dunia. Tp 10 tahun ke depan, belum tentu... :e-dance:
Yup....kebetulan kalo ane termasuk yg percaya bahwa pencapaian suatu perusahaan adalah bagaimana leadership & management-nya ketimbang "usia perusahaan" tsb........sudah terbukti byk perusahaan yg sudah sangat senior justru hancur berkeping2 digilas ama perusahaan2 yg jauh lebih muda

Kalo kita lihat bagaimana Apple yg melesat bak peluru sejak Steve Jobs masuk kembali ke Apple (th 96 or 97 tu ya) sampai beliau wafat, Sony waktu dulu di bawah Akio Morita, dll. Kalo Chung Mong Koo - Hyundai dan Lee Kun Hee - Samsung spt nya termasuk CEO CEO yg visioner dan sangat berambisi menjadi "juara dunia" di bidangnya masing masing.

Just IMO & CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
Resale Value

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Resale Value »

@turboman, u ngak salah nih mau hasil survey saya di lapangan sendiri. Ingat :


Jika saya claim saya punya mobil korea model baru, udah jalan 300,000 km dan saya bilang ngak pernah ada yang rusak, u tau dari mana laporan saya benar atau tidak ? Atau sebaliknya, jika saya lapor wah tiap bulan ke bengkel nih ada aja yang rusak, tau dari mana claim saya benar atau tidak ?


Wong hasil rating jd power gituan aja ngak jelas ? Mereka juga bukan pakai hasil teliti servis rekor, namun cuman katanya hasil wawancara telpon, isi formula gituan doang, dan siapa bisa jamin hasil compilation mereka ngak bisa di " lobby ? " lihat kasus lembaga rating macam standard and poor yang jauh lebih terkenal aja terbukti salah gunakan wewenang mereka, sampai obama mau tuntut habis mereka.


Mau juga u harusnya baca laporan mengenai orang besar di industry otomotif yang identitasnya jelas, orang seperti chairman volkswagen martin winterkorn, orang seperti mantan ceo honda motor takeo fukui yang dia sendiri juga akui hyundai adalah ancaman sangat serius untuk mereka. bahkan toyota sendiri juga udah pernah bilang hyundai itu bahaya....


juga lihat pergerakan eksekutif pangkat tinggi di industry otomotif, orang seperti top designer bmw dan audi mau pindah ke hyundai. Kata 1 member SM kemarin (yang suka kopi kalau ngak salah) demi gaji doang.


Oh yea ? Yakin orang macam gini yang pangkatnya udah tinggi, gajinya udah ngak mungkin rendah, kekayaannya ngak mungkin kecil habis kerja berapa tahun di bmw, audi gituan, rela pindah ke hyundai demi kenaikan gaji misalnya 10% doang ?


coba pikir pakai hati nurani / logika basic. yakin ?


Menurut saya, mereka tiap hari kerja di industry otomotif, sudah kerja di industry otomotif berapa tahun. Mereka tau kelemahan / kekuatan dasar pemain besar industry otomotif siapa aja. Dan tentu mau pindah kerja dari merek nama besar bmw misalnya ke merek hyundai itu bukan langkah sembarangan.


Pasti mereka sudah cernah aneka fakta mengenai perkembangan hyundai motor, apa yang mereka sudah lakukan, visi mereka kemana. Masa depan hyundai baik ngak ? Mobil mereka masih sering mogok ngak ? Mereka pasti udah tau mutu Hyundai seperti apa.


Jika ngak bagus prospek hyundai, jika kita jadi eksekutif tinggi bmw, ngapain pindah demi kenaikan gaji berapa persen doang ? Ingat, mereka bukan orang management trainee yang rela pindah demi gaji doang. Mereka sudah terkenal dan sudah di bayar tinggi, sudah kaya di tempat kerja seperti bmw.


Dan jika mereka bisa di gaji lebih tinggi ama hyundai pun, itu artinya keuangan hyundai lumayan kan ? Ngak miskin miskin amat. Dan itu jelas karena berapa tahun terakhir penjualan mereka sangat tinggi di pasar besar, profitnya tinggi, dan mereka sudah mampu cari dan recruit talenta dari manca negara.


Dan perusahaan hyundai yang dari asia, bisa berbuka hati untuk terima orang baru dari kalangan non-asia, seperti talenta dari eropa, amrik gitu menurut saya bukan kelemahan, justru kekuatan. Justru perusahaan yang terlalu nasionalis, yang misalnya board of directornya semua orang jepang (you know which one), ya tentu akan terbatas talent poolnya, karena ngak mungkin semua orang pintar di dunia di jepang semua.


ingat dulu salah satu orang terkaya di dunia, boss li ka shing, chairman cheung kong holdings, di hong kong selalu di panggil superman, dia pernah angkat orang bule sebagai salah satu tangan kanan dia, karena dia tau orang pintar ngak semua orang asia.


Justru saya lihat, jika chairman hyundai / kia chung mong koo bisa berbesar hati dan welcome eksekutif non-korea, non-asia pun, malah angkat peter schreyer jadi president kia, itu bikin saya lebih yakin lagi ni group otomotif akan larinya lebih kencang lagi di masa depan, dan akan jadi amat bahaya untuk saingannya.


Karena mind set bossnya udah ngak peduli warna kulit anak buahnya, agamanya apa, asalnya dari mana. Udah jelas di pikiran chairman chung, yang penting you pintar, ayo pindah ikut aku. Mari kita bersama ciptakan sesuatu yang lebih hebat lagi di masa depan. Dengan gaji dan bonus yang lumayan tentu saja.


samsung dan lg sudah geserkan dominasi sony dan sharp. saya yakin jika merek otomotif jepang ngak hati hati, merekalah akan jadi korban berikutnya di masa depan.


Masih banyak berita menarik mengenai mereka. Akan di bahas di kemudian hari. Orang Indonesia yang ngak tau siapa hyundai hari ini, tentu pasti tetap remehkan mereka. Masih pegang kasus carnival dulu yang sudah sangat lama. Seperti Indonesia dulu tahun 1998 miskin, hari ini ?


Asal ingat aja, mantan ceo honda takeo fukui aja akui, dan sekarang chairman volkswagen martin winterkorn aja sudah dapat kejutan mengenai siapa dan seperti apa hyundai hari ini.


Turboman wrote:@resale_value :
Tolong tunjukkin hasil survey di lapangan yg anda lakukan sendiri donk om

Kalo hasil survay lapangan ane en bbrp rekan si utk mobil Ginseng yg udah proven so far :
- KIA Sportage gen.1 (ada orang yg koleksi sampe 3 unit, cerita kalau mesin & kaki2 sangat durable walau BBM boros)
- KIA Pregio (Hopeng ane pernah pake, sering dipake Jkt - bdg PP)
- Hyundai Santa Fe gen.1 - menurut pengamatan teman yg punya bengkel, mobil ini jarang ada masalah berarti

Cuman ya pengalaman hopeng dgn Pregio, utk bbrp parts2 vital mesin yg dijual di toko spare parts konon ada yg gak standard ukurannya (bisa beda2)......ini yg bikin :capede:

Ini ceritaku, mana ceritamu :mrgreen:
Last edited by Resale Value on Thu Feb 21, 2013 9:41, edited 1 time in total.
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by campoeran »

hawa hawa , TM detected.
tinggal tunggu FM cloning dtg disini.

maaf OOT
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

um Resale Value ini = Toyotaman aka SithLord yah :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by g4ndalf »

Resale Value wrote:@turboman, u ngak salah nih mau hasil survey saya di lapangan sendiri. Ingat :


Jika saya claim saya punya mobil korea model baru, udah jalan 300,000 km dan saya bilang ngak pernah ada yang rusak, u tau dari mana laporan saya benar atau tidak ? Atau sebaliknya, jika saya lapor wah tiap bulan ke bengkel nih ada aja yang rusak, tau dari mana claim saya benar atau tidak ?


Wong hasil rating jd power gituan aja ngak jelas ? Mereka juga bukan pakai hasil teliti servis rekor, namun cuman katanya hasil wawancara telpon, isi formula gituan doang, dan siapa bisa jamin hasil compilation mereka ngak bisa di " lobby ? " lihat kasus lembaga rating macam standard and poor yang jauh lebih terkenal aja terbukti salah gunakan wewenang mereka, sampai obama mau tuntut habis mereka.


Mau juga u harusnya baca laporan mengenai orang besar di industry otomotif yang identitasnya jelas, orang seperti chairman volkswagen martin winterkorn, orang seperti mantan ceo honda motor takeo fukui yang dia sendiri juga akui hyundai adalah ancaman sangat serius untuk mereka. bahkan toyota sendiri juga udah pernah bilang hyundai itu bahaya....


juga lihat pergerakan eksekutif pangkat tinggi di industry otomotif, orang seperti top designer bmw dan audi mau pindah ke hyundai. Kata 1 member SM kemarin (yang suka kopi kalau ngak salah) demi gaji doang.


Oh yea ? Yakin orang macam gini yang pangkatnya udah tinggi, gajinya udah ngak mungkin rendah, kekayaannya ngak mungkin kecil habis kerja berapa tahun di bmw, audi gituan, rela pindah ke hyundai demi kenaikan gaji misalnya 10% doang ?


coba pikir pakai hati nurani / logika basic. yakin ?


Menurut saya, mereka tiap hari kerja di industry otomotif, sudah kerja di industry otomotif berapa tahun. Mereka tau kelemahan / kekuatan dasar pemain besar industry otomotif siapa aja. Dan tentu mau pindah kerja dari merek nama besar bmw misalnya ke merek hyundai itu bukan langkah sembarangan.


Pasti mereka sudah cernah aneka fakta mengenai perkembangan hyundai motor, apa yang mereka sudah lakukan, visi mereka kemana. Masa depan hyundai baik ngak ? Mobil mereka masih sering mogok ngak ? Mereka pasti udah tau mutu Hyundai seperti apa.


Jika ngak bagus prospek hyundai, jika kita jadi eksekutif tinggi bmw, ngapain pindah demi kenaikan gaji berapa persen doang ? Ingat, mereka bukan orang management trainee yang rela pindah demi gaji doang. Mereka sudah terkenal dan sudah di bayar tinggi, sudah kaya di tempat kerja seperti bmw.


Dan jika mereka bisa di gaji lebih tinggi ama hyundai pun, itu artinya keuangan hyundai lumayan kan ? Ngak miskin miskin amat. Dan itu jelas karena berapa tahun terakhir penjualan mereka sangat tinggi di pasar besar, profitnya tinggi, dan mereka sudah mampu cari dan recruit talenta dari manca negara.


Dan perusahaan hyundai yang dari asia, bisa berbuka hati untuk terima orang baru dari kalangan non-asia, seperti talenta dari eropa, amrik gitu menurut saya bukan kelemahan, justru kekuatan. Justru perusahaan yang terlalu nasionalis, yang misalnya board of directornya semua orang jepang (you know which one), ya tentu akan terbatas talent poolnya, karena ngak mungkin semua orang pintar di dunia di jepang semua.


ingat dulu salah satu orang terkaya di dunia, boss li ka shing, chairman cheung kong holdings, di hong kong selalu di panggil superman, dia pernah angkat orang bule sebagai salah satu tangan kanan dia, karena dia tau orang pintar ngak semua orang asia.


Justru saya lihat, jika chairman hyundai / kia chung mong koo bisa berbesar hati dan welcome eksekutif non-korea, non-asia pun, malah angkat peter schreyer jadi president kia, itu bikin saya lebih yakin lagi ni group otomotif akan larinya lebih kencang lagi di masa depan, dan akan jadi amat bahaya untuk saingannya.


Karena mind set bossnya udah ngak peduli warna kulit anak buahnya, agamanya apa, asalnya dari mana. Udah jelas di pikiran chairman chung, yang penting you pintar, ayo pindah ikut aku. Mari kita bersama ciptakan sesuatu yang lebih hebat lagi di masa depan. Dengan gaji dan bonus yang lumayan tentu saja.


samsung dan lg sudah geserkan dominasi sony dan sharp. saya yakin jika merek otomotif jepang ngak hati hati, merekalah akan jadi korban berikutnya di masa depan.


Masih banyak berita menarik mengenai mereka. Akan di bahas di kemudian hari. Orang Indonesia yang ngak tau siapa hyundai hari ini, tentu pasti tetap remehkan mereka. Masih pegang kasus carnival dulu yang sudah sangat lama. Seperti Indonesia dulu tahun 1998 miskin, hari ini ?


Asal ingat aja, mantan ceo honda takeo fukui aja akui, dan sekarang chairman volkswagen martin winterkorn aja sudah dapat kejutan mengenai siapa dan seperti apa hyundai hari ini.
....tp kyknya utk segment mid suv kelas 400jt plus hyundai kia msh blm jd ancaman, ya diliat sj nanti penjualannya bagaimana.
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by akulemu »

Turboman wrote:um Resale Value ini = Toyotaman aka SithLord yah :mrgreen:
Kalo om fortunerman saya uda tau "dosa" nya. Kalo jaman mister sithlord or toyotaman saya belom join seraya motor. Emang dosanya apa om turbo?

*call 911!! Find fire extinguisher!!
Cars have soul.
Resale Value

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Resale Value »

Ini ada Video hyundai alabama factory plant tour. Yang bikin video ini bukan hyundai, tapi pihak lain, dan ternyata siapa yang main ke alabama katanya bisa kunjungi pabrik ini secara gratis. Sayang alabama jauh. Kalau ngak pasti ingin mampir.


Video ini lumayan durasinya hampir 8 minute. Dan yang punya smart tv lg 55 inch bisa nonton di rumah dengan layar gede dan kualitas gambar hd via youtube juga. Lebih spektakular lagi efeknya banding nonton di depan monitor PC. Detail detailnya lebih kelihatan.


http://www.youtube.com/watch?v=KH-QJLewLnk


Jika bisa embed video youtube di forum ini lebih sip.
richard t
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Mon Nov 19, 2012 6:45

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by richard t »

Review bagus2 dibuat OOT.. mending back to topic, yg beli aja ga pusingin