t0mat594DE wrote:bos sjamsul numpang tanya nih..
ane pake jazz 2004 a/t, akinya pake delkor ns40 zl..kebetulan mobil ini beli bekas tahun lalu bln sept..kayanya akinya sih udah setahunan lebih ya..kurang tau kapan akinya diganti
beberapa bulan yang lalu setelah dicek indicatornya udah item (waspada nih ane)
beberapa kali suka agak soak kalo mau dinyalain setelah parkir..sempat tanya ke toko aki dan diukur voltase nya sekitar 13.xx, tukangnya bilang sih tinggal tunggu waktu aja (semua juga gitu kan..hehehe) sampe sekarang kalo pagi start sih tokcer aja
pertanyaannya:
- perlu ga ane ganti aki? kadang suka keluar kota, kawatir ngadat di jalan
- ada cara sederhana ngga supaya tahan lebih lama?
- kalo perlu ganti, pertimbangannya antara delkor atau rocket dengan tipe yang sama, mendingan mana bos?
Makasih ya atas jawabannya..sorry ni pertanyaannya standar maklum masi nubie
waksss..... ane belon jadi bos negh bro..... tp maunya sih gitu......

....
-perlu kaganya ganti
aki, tergantung nt sendiri bro...... n sebelonnya ane mo sdikit cerita dulu nih, khusus buat mbl nt, biar bisa buat pertimbangan.....
pada
aki yg masih baik, biasanya di pagi hari saat distarter itu tokcer...... klo di pagi hari dah ga tokcer itu tandanya
aki dah mulai soak, krn ga bisa nyimpen stroom dlm waktu yg cukup lama, misalkan dari malam ke pagi hari......
nah, kasus di mbl nt khan klo siang hari saat mau distarter suka agak soak atau lemah ya.... hal ini bisa disebabkan switch yg ada di bawah
aki dah mulai kotor atau karatan........solusinya adalah switch tsb diserpis atau dibersihkan.....
temen ane pernah mengalami hal ini, jadi tiap 6 bulan sekali harus ganti
aki..... krn menurut beresnya,
aki di mbl spt nt emang boros
aki.....
kebetulan akhirnya dia bawa
aki baru ke tempat ane n diperlakukanlah akinya spt kebiasaan ane.....n baru beberapa bulan di siang hari mblnya ga bisa distarter sehabis isi bensin......tp setelah ane periksa itu
aki dlm kondisi baik.....
selidik punya selidik, akhirnya ditemukan penyebabnya...... yaitu switch yg di bawah
aki dah karatan.....kmd diserpis.... setelah itu beres deh.....
- cara sederhana buat di mbl nt (salah satunya) adalah melepas cover plastik yg menutupi
aki.... trus saat ganti
aki baru jangan lupa (klo bisa)
aki disetroom dulu ampe full baru dipake.....n yg terpenting adalah perawatannya..... jangan ampe
aki kekeringan airnya...... jadi jangan berpikir klo
aki kering spt yg nt pake ga bisa kekeringan ya......
-klo cuma dikasih dua pilihan tsb, ane ga bisa kasih komentar bro. Tapi yg biasa ane pake adalah merk GS atau YUASA atau INCOE....
khusus buat merk GS, hati2 ya saat membeli, pastikan produknya buatan astra otopart (bukan promosi neghhh)......
sama2 bro...... seneng klo tulisan ane bisa bermanfaat.... n klo msh ada pertanyaan lainnya, silahkan tulis lagi.... ane akan jawab selama ane bisa.......
