Perlakuan thd aki & embel2nye....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

maskopat wrote:
sjamsul wrote:^^
bro frandika...... accu nt bermasalah atau tidaknya ane belon tau ya, krn ane belon ngetest secara langsung.... jadi tulisan ane cuma berdasarkan perkiraan ajah.......nah, untuk memastikannya.... ga ada salahnya saat aki mau disetroom, diperiksa dulu keadaannya....... hehehe....

sama2 bro frandika..... senang sekali tulisan ane bisa bermanfaat............ :e-dance: .....
caranya gimana prop?? seperti ini kah? pegang kutub aki positif pake tangan kanan, trus kutub negatif pake tangan kiri...

thanks* ya prop... :thanks:


*kalo gak pake makasih/thanks/trims nanti diomelin... :mrgreen:
betul bro maskop..... tp mesti dipegangin dari malem ampe pagi ya........ hahahahaha........ :big_weee: ....

caranya spt yg ane dah sering tulis, pake hydrometer buat liat kadar airnya..... klo tinggi permukaan airnya sama, kemungkinan aki msh bagus, tp klo dah ga sama n bodi akinya dah spt bunting gituuu... ada kemungkinan akinya dah soak.....selain itu diliat juga besarnya tegangan di aki......

ur welcome maskop..... hehehe.....
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by buatandi »

wuihh master aki turun gunung lagi :big_weee: :big_weee:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

buatandi wrote:wuihh master aki turun gunung lagi :big_weee: :big_weee:
zzzzzzzzzzzzzz.................... (pura2 tidur)......
:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: .........
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Tapi dr yg saya tau om, hidrometer kurang akurat untuk mengetahui keadaan accu sebenarnya. Misal aja accu yg altenatornya bermasalah n tidak bisa melakukan pengisian, maka hidrometer akan menunjukkan red line atau sel telah rusak (padahal mmg tidak ada stroomnya). Setelah dilakukan stroom ulang, maka hidrometer akan menunjukkan green line. Jadi apakah akurat mengukur accu menggunakan hidrometer tanpa melakukan penytrooman terlebih dahulu? :e-think:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

BADAK wrote:Tapi dr yg saya tau om, hidrometer kurang akurat untuk mengetahui keadaan accu sebenarnya. Misal aja accu yg altenatornya bermasalah n tidak bisa melakukan pengisian, maka hidrometer akan menunjukkan red line atau sel telah rusak (padahal mmg tidak ada stroomnya). Setelah dilakukan stroom ulang, maka hidrometer akan menunjukkan green line. Jadi apakah akurat mengukur accu menggunakan hidrometer tanpa melakukan penytrooman terlebih dahulu? :e-think:
mungkin dik badak kurang menyimak apa yg telah ane tulis...... hehehehehe.....

di hidrometer yg menunjukkan red line, belon tentu akinya rusak.... dg catatan semua cell berada di red line..... jadi ada kemungkinan akinya cuma kehabisan stroom aja akibat lupa mematikan lampu besar semalaman atau krn alternatornya ga ngisi......

tp klo 4 dari enam cellnya merah, trus ada 2 cell yg green line (misalkan), maka akinya boleh dibilang dah tewas...... jadi ada perbedaan kondisi air akinya di tiap2 cell.....

nah, dari contoh yg nt kasih... setelah aki disetroom, perlu diperiksa lagi... apakah semua cell berada di green line atau cuma 5 cell aja.... trus yg satu cellnya di merah..... klo semuanya berada di green line, mk aki bisa dipastikan msh bagus, tp klo salah satunya berada di red line, mk akinya yg bermasalah.............

smoga bermanfaat............. n ma kasih yeeeeeeeeeeeeeeeeeee............atas penjelasannye..........hahahahaha....... :upss:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by maskopat »

tuh kan, ane bilang juga apa... makasih yee.... :thanks:
.... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

maskopat wrote:tuh kan, ane bilang juga apa... makasih yee.... :thanks:
.... :ngacir:
wakakakakakaka......... :big_weee: .....
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

:thanks: om sjam infonya..
Maklum saya msh newbie jd prl banyak belajar.
Btw, infonya sangat membantu om. Saya sejak bergabung di SM udah beberapa kali melakukan experiment untuk menjaga keawetan accu pelanggan2 saya. Dan hasilnya dari ratusan accu yg terjual belum ada satupun yg bermasalah atau pun mati dlm jangka waktu singkat :frm_tumbleft:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

BADAK wrote::thanks: om sjam infonya..
Maklum saya msh newbie jd prl banyak belajar.
Btw, infonya sangat membantu om. Saya sejak bergabung di SM udah beberapa kali melakukan experiment untuk menjaga keawetan accu pelanggan2 saya. Dan hasilnya dari ratusan accu yg terjual belum ada satupun yg bermasalah atau pun mati dlm jangka waktu singkat :frm_tumbleft:
ur welcome dak.......
ga masalah klo banyak nanya n ane akan bantu terus menjawab selama ane bisa dak.... jadi jangan malu2 bertanya ya..... hehehe.....

klo boleh tau, experiment apa aja yg telah nt lakukan...... :e-think: ....
barangkali bisa bermanfaat buat temen2 yg lainnya..... :ungg: .....
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Ada beberapa experiment sederhana saja. Misal: melakukan stroom awal untuk aki baru sesuai saran om sjam, kalo pembeli tidak mau menunggu bisa langsung dipasang kemudian mobil didorong untuk menghindari start awal yg berat, untuk aki yg murah (biasanya plat timahnya mmg lbh kecil dr aki yg lbh mahal) ditambahkan larutan penguat sel tp gw lupa namanya, trz gw juga selalu menyeleksi tanggal produksi accu karena asumsi saya plat timah pada aki sedikit banyak akan mengalami penyusutan karena mengalami grounding yg mana bisa mengurangi kemampuan aki (jd yg dijual adalah aki yg msh fresh) , selain itu juga penempatan tumpukan aki diberi tatakan yg cukup tebal agar tidak mengalami kontak langsung dgn ground, kemudian untuk pembeli yg mau keluar sedikit biaya maka gw pake air zuur pabrikan yg udah terjamin mutunya.
Begitulah beberapa experiment sederhana saya, masalah nanti akan berpengaruh thd umur accu atau tidak akan bisa diketahui dalam beberapa tahun lagi. Karena seperti yg om sjam tau, gw baru saja membuka usaha ini. Tapi dr semua aki yg terjual sampai saat ini tidak ada satupun yg bermasalah :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Mungkin om sjam bisa menambahkan beberapa tips untuk saya?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

BADAK wrote:Ada beberapa experiment sederhana saja. Misal: melakukan stroom awal untuk aki baru sesuai saran om sjam, kalo pembeli tidak mau menunggu bisa langsung dipasang kemudian mobil didorong untuk menghindari start awal yg berat, untuk aki yg murah (biasanya plat timahnya mmg lbh kecil dr aki yg lbh mahal) ditambahkan larutan penguat sel tp gw lupa namanya, trz gw juga selalu menyeleksi tanggal produksi accu karena asumsi saya plat timah pada aki sedikit banyak akan mengalami penyusutan karena mengalami grounding yg mana bisa mengurangi kemampuan aki (jd yg dijual adalah aki yg msh fresh) , selain itu juga penempatan tumpukan aki diberi tatakan yg cukup tebal agar tidak mengalami kontak langsung dgn ground, kemudian untuk pembeli yg mau keluar sedikit biaya maka gw pake air zuur pabrikan yg udah terjamin mutunya.
Begitulah beberapa experiment sederhana saya, masalah nanti akan berpengaruh thd umur accu atau tidak akan bisa diketahui dalam beberapa tahun lagi. Karena seperti yg om sjam tau, gw baru saja membuka usaha ini. Tapi dr semua aki yg terjual sampai saat ini tidak ada satupun yg bermasalah :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Mungkin om sjam bisa menambahkan beberapa tips untuk saya?
untuk aki baru, sebaiknya disediakan kabel jumper dak, jadi ga usah didorong2 lagi..... krn buat mobil matic khan ga bisa didorong buat idupin mesinnya....

yg ane bold itu maksud nt buat aki basah ato kering ya...... :e-think: ...
klo aki basah, khan belon ada airnya.... biasanya ga masalah klo disimpan ampe bertahun2..... paling2 cuma dry charge nya aja yg berkurang.... hal ini bisa diatasi dg di setroom......

sekali lagi dak, yg penting adalah perawatan aki.... si pelanggan harus selalu diingatkan agar selalu menjaga kondisi airnya (jangan ampe kekeringan)...... wlp pake aki dari merk terkenal n bagus, tp klo ga dirawat akan menyebabkan umur akinya jadi relatip lbh pendek......
selain itu kondisi kabel di kepala aki, terutama fusible link wire harus dijaga, krn klo ampe kabel ini terganggu (rusak), mk mesin ga mau hidup......

demikian dak, sdikit tips dari ane..... smoga bermanfaat.......... n sekali lagi....
ma kasih yeeeeeee................................ wakakakakakaka......... :upss: ...............
:ngacir: :ngacir: :ngacir: ...................
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Gw jg pernah berpikir untuk menggunakan jumper aki saja, daripada harus didorong2.
Kalo yg dibold itu yg gw maxud untuk aki basah n kering, cuman memang untuk aki basah relatif kecil sekali penyusutannya tapi gw pikir tidak ada salahnya dilakukan pencegahan. Toh ini semua demi kepuasan pelanggan. Dan yg tidak kalah penting adalah pengisian air zuur yg bnr2 murni (gw pakai air zuur dari pabrikan aki yg terjamin kualitasnya). Kalo sekedar mengingatkan pelanggan itu yg susah om, mereka biasanya malas mengecek air akinya. Nanti gw akan buat catatan khusus untuk tipe apa plg awet, berapa umur rata2 aki dr tempat gw, jadi gw bisa tau metode apa yg bener2 efektif untuk memperpanjang umur aki.
kamsya om (drpd disindir2 trz :upss: )
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

sip dak..... smoga jualan akinya makin banyak yahhh..... :e-pray: ......

iya2....kamsya kembali.... hehehehehe..... :upss:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by solar_kerosen »

wah thread yg cukup dalam nih
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Oiya, masih ada sedikit tips dr gw. Kalo kita bingung memilih merk aki, misal aja merk A dgn merk B, cara yg paling simple menurut gw adalah dgn menimbangnya. Bila berat aki A lebih besar drpd aki B, bisa dipastikan kalau kualitas aki A lebih tinggi dr aki B (walaupun tidak 100% menentukan). Hal ini didasarkan atas jumlah kandungan serbuk timah pada cell2 aki. Itulah sebabnya ada aki ekonomis, karena kandungan serbuk timahnya telah dikurangi demi mencapai harga ekonomis. Selain berat timah, kemurnian kandungan juga berpengaruh thd kualitas aki.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Debiyarto »

BADAK wrote:Oiya, masih ada sedikit tips dr gw. Kalo kita bingung memilih merk aki, misal aja merk A dgn merk B, cara yg paling simple menurut gw adalah dgn menimbangnya. Bila berat aki A lebih besar drpd aki B, bisa dipastikan kalau kualitas aki A lebih tinggi dr aki B (walaupun tidak 100% menentukan). Hal ini didasarkan atas jumlah kandungan serbuk timah pada cell2 aki. Itulah sebabnya ada aki ekonomis, karena kandungan serbuk timahnya telah dikurangi demi mencapai harga ekonomis. Selain berat timah, kemurnian kandungan juga berpengaruh thd kualitas aki.
Walau tidak 100% bener tapi metode sederhana yg ditawarkan bro Badak ini emang bermanfaat.... :off_good_job:

setiap material ada berat jenisnya. Purity dari logam campuran akan berpengaruh langsung sama berat jenisnya.
Nah... secara accu material yg paling berat adalah elemennya, maka cara sederhana tsb. bisa membantu.
stephen wolf
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Apr 14, 2010 13:07

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by stephen wolf »

BADAK wrote:Ada beberapa experiment sederhana saja. Misal: melakukan stroom awal untuk aki baru sesuai saran om sjam, kalo pembeli tidak mau menunggu bisa langsung dipasang kemudian mobil didorong untuk menghindari start awal yg berat, untuk aki yg murah (biasanya plat timahnya mmg lbh kecil dr aki yg lbh mahal) ditambahkan larutan penguat sel tp gw lupa namanya, trz gw juga selalu menyeleksi tanggal produksi accu karena asumsi saya plat timah pada aki sedikit banyak akan mengalami penyusutan karena mengalami grounding yg mana bisa mengurangi kemampuan aki (jd yg dijual adalah aki yg msh fresh) , selain itu juga penempatan tumpukan aki diberi tatakan yg cukup tebal agar tidak mengalami kontak langsung dgn ground, kemudian untuk pembeli yg mau keluar sedikit biaya maka gw pake air zuur pabrikan yg udah terjamin mutunya.
Begitulah beberapa experiment sederhana saya, masalah nanti akan berpengaruh thd umur accu atau tidak akan bisa diketahui dalam beberapa tahun lagi. Karena seperti yg om sjam tau, gw baru saja membuka usaha ini. Tapi dr semua aki yg terjual sampai saat ini tidak ada satupun yg bermasalah :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Mungkin om sjam bisa menambahkan beberapa tips untuk saya?
bro bole tau larutan penguat sel itu apa ya???? apakah larutan semacam power batt????? Thx ya.....
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Saya pake cairan buatan lokal aja, warnanya kuning, botolnya kyk botol air zuur biasa.
Kalo yg sudah umum orang2 pake bubuk EDTA & Power Batt. Tapi untuk seller seperti saya kurang ekonomis kalo menggunakan EDTA / Power batt, karena akan berpengaruh dgn harga jual aki. No offense untuk seller penguat aki :big_peace:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
affa
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri May 28, 2010 7:34

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by affa »

BADAK wrote:Saya pake cairan buatan lokal aja, warnanya kuning, botolnya kyk botol air zuur biasa.
Kalo yg sudah umum orang2 pake bubuk EDTA & Power Batt. Tapi untuk seller seperti saya kurang ekonomis kalo menggunakan EDTA / Power batt, karena akan berpengaruh dgn harga jual aki. No offense untuk seller penguat aki :big_peace:
pa cairan warna kuning yang ada label OCPA pada labelnya??? cara pakai cairan itu gimana bro??? misal pada accu mobil baru 75 amper ato accu yang udah berumur 1 taunan? manfaat yang didapet pa aja? sorry,, nubi banyak tanya...
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Yup, bener bro. cairan itu namanya OCPA. Gw masih coba2 juga karena harganya relatif murah. Untuk seberapa besar efeknya saya belum tahu, karena saya hanya memberi beberapa tetes aja. Gw juga hanya memberi untuk aki yg harganya ekonomis (selain G*, Y*a*a, G*o*c*). Itupun saya tetesin pada aki baru, karena saya sbg seller bukan user langsung. Setau saya dari seller OCPA, tuh cairan bisa untuk menguatkan cell aki yg sudah lemah.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
stephen wolf
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Apr 14, 2010 13:07

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by stephen wolf »

BADAK wrote:Yup, bener bro. cairan itu namanya OCPA. Gw masih coba2 juga karena harganya relatif murah. Untuk seberapa besar efeknya saya belum tahu, karena saya hanya memberi beberapa tetes aja. Gw juga hanya memberi untuk aki yg harganya ekonomis (selain G*, Y*a*a, G*o*c*). Itupun saya tetesin pada aki baru, karena saya sbg seller bukan user langsung. Setau saya dari seller OCPA, tuh cairan bisa untuk menguatkan cell aki yg sudah lemah.
cairan oppa eh... ocpa bisa beli dimana ya bro????? Thx
affa
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri May 28, 2010 7:34

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by affa »

stephen wolf wrote:
BADAK wrote:Yup, bener bro. cairan itu namanya OCPA. Gw masih coba2 juga karena harganya relatif murah. Untuk seberapa besar efeknya saya belum tahu, karena saya hanya memberi beberapa tetes aja. Gw juga hanya memberi untuk aki yg harganya ekonomis (selain G*, Y*a*a, G*o*c*). Itupun saya tetesin pada aki baru, karena saya sbg seller bukan user langsung. Setau saya dari seller OCPA, tuh cairan bisa untuk menguatkan cell aki yg sudah lemah.
cairan oppa eh... ocpa bisa beli dimana ya bro????? Thx
ya toko accu brur. ane punya 3 botol nganggur. masih binun cara pakenya. soale kata sellernya ocpa tu buat accu yang udah setengah pake, dicampur ocpa, dikuras, dikeringin truz diisi air zuur lagi. tapi bro badak bilang lain. mungkin ada temen2 yang punya pengalaman n bisa kasih pencerahan. tengkiyu........
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

ocpa mmg bener buat aki yg udah setengah pake, seperti bro affa blg. cara pakenya jg mmg setelah aki dikuras. makanya saya gak memberi trll byk untuk aki baru, hanya beberapa tetes saja.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
affa
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri May 28, 2010 7:34

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by affa »

BADAK wrote:ocpa mmg bener buat aki yg udah setengah pake, seperti bro affa blg. cara pakenya jg mmg setelah aki dikuras. makanya saya gak memberi trll byk untuk aki baru, hanya beberapa tetes saja.
emang accu setengah pake kalo dikasih ocpa, dikuras, n kemudian diisi full air zuur sel-sel accunya pa gak hancur bro? ato ada perbandingan khusus campuran antara air zuur n accu??? menurut bro badak gmn???
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

affa wrote:
BADAK wrote:ocpa mmg bener buat aki yg udah setengah pake, seperti bro affa blg. cara pakenya jg mmg setelah aki dikuras. makanya saya gak memberi trll byk untuk aki baru, hanya beberapa tetes saja.
emang accu setengah pake kalo dikasih ocpa, dikuras, n kemudian diisi full air zuur sel-sel accunya pa gak hancur bro? ato ada perbandingan khusus campuran antara air zuur n accu??? menurut bro badak gmn???
Dari sedikit experiment saya, aki bekas yg sudah mati dr customer dikuras, kemudian disiram air panas, dikeringkan, diisi air zuur Yu*sa dicampur dgn OCPA, kemudian di stroom seharian, ternyata aki tetap tidak mampu kembali normal bro. Memang aki nya masih mengeluarkan stroom cukup besar, tapi kalo saya ukur dayanya kayaknya tidak akan mampu untuk start mesin. Mungkin hasil berbeda bisa terjadi kalau aki yg dipake masih dalam keadaan setengah mati.
Saya juga pernah mencoba mencari spec kimia dr OCPA, tp datanya minim sekali. Berbeda kalo kita mencari info mengenai EDTA yg merupakan bahan kimia yg umum digunakan di laboratorium dan memiliki rantai kimia yg jelas. Jadi kesimpulan saya saat ini, OCPA belum memperlihatkan efek yg sebenarnya. Juga tidak jelas apa bahannya.. :e-doh:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today