Perlakuan thd aki & embel2nye....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Debiyarto wrote:@ Bro Badak:

Kan kita pake tiap hari...
jadi gua tahu persis perubahan kemampuan staternya.
Masalahnya dalam 3 hari terakhir ini, waktu distater pagi tarikan staternya berat.
Puncaknya tadi pagi waktu mampir ke toilet di dalam tol, pas mau start lagi....eh...pake bunyi ngek..ngek...nah lho...?? :e-doh:

Makanya buru2 komunikasi sama TS di sini...

Ini bawaan merek atau ada salah asuhan yaa dalam gua merawat aki GForce ini.

Seperti kata Bro sjamsul diawal tread ini...."Kenapa aki bawaan pabrik lebih panjang umur dari aki penggantinya sekalipun merek dan typenya sama?????" :big_slap:

BTW., thx info di PM nya... :frm_salut:
Pertanyaan bro derbi yg saya bold sama persis dgn pertanyaan saya pada waktu awal membuka usaha. Dari pengamatan saya, rata2 mereka yg mengatakan aki nya awet (baik dari forum atopun customer) adalah aki dgn tipe GS hybrid. Dari sini makanya saya ambil kesimpulan: "aki GS Hybrid lebih awet karena sudah diisi air zuur berkualitas dari pabrik nya dan sudah dilakukan stroom awal."
maka dari itu, saya sarankan untuk pembelian awal aki sebaiknya diisikan dgn air zuur pabrikan yg sudah terjamin kualitasnya, walopun harga jd lebih mahal. CMIIW :big_peace:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by DOHC »

emm... bro badak... sekedar sharing aja, aki di lipina ane cuman GS biasa yg tulisan biru.... trus di ferio ane jg dulu pakenya yuasa bisa tahan ampe ampir 3 taon... sblom nya make GS yg body nya warna ijo jg ampir 3 taon dipake nya... malah kalo ane bole blg, antara mobil2 bensin dan diesel di rumah ane, utk umur aki rata2 sama tuh, yaitu di kisaran 3 taon baru tewas.... dan biasanya kalo aki uda teler, ane sigh lgs ganti, kaga di cas cas lagi....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Debiyarto wrote:
klo distarter pagi hari dah kurang tokcer, itu ciri2 aki dah mulai soak.... sebaiknya periksakan dulu keadaannya ke tukang aki terdekat, ato klo sempet bisa mampir ke tempat ane, nanti kite periksa bersama.......
Hiks.... pendek bener umur aki gua....hiks... masak cuma berumur 1 tahun 8 bulan aja.... :e-doh:

Kepala aki OK Bro... Bersih-sih...bebas keputihan.
Air aki juga terawat baik levelnya dan amit2 belom pernah sampe kekurangan...
Mobil Ipah gua ini juga terdaftar resmi di Auto 2000 dan gak pernah bolos tiap 10 ribu km. disekolahin di auto 2000.

BTW., Bro Sjamsul lokasi dimana???
Kalo Minggu ada di tempat nggak??

Thanks respond nya....
itulah susahnya bro debi....... umur aki agak susah diprediksikan....... makanya secara umum ane menganjurkan tindakan thd aki spt yg dilakukan ama pabrikan mobil.....dg harapan agar aki bisa lbh panjang umurnya......

wlp begitu, yg penting adalah kontak pointnya bro...... jadi wlp luarnya bersih, biasanya di bagian kontak pointnya ada warna kehitam2an (di kepala aki bagian dalamnya), mangkenye ane anjurkan buat dibersihkan dulu....... dg maksud agar kontak pointnya jadi lbh baik.....
ane pernah menemukan di mobil panther yg ga bisa distarter, padahal kepala akinya bersih..... tp setelah dibuka kepala akinya, ternyata di bagian tsb dah item.... jadi kontak pointnya kurang baik, padahal aki baru berusia 8 bulan ajah..... setelah kepala akinya dibersihkan, mobil bisa distarter kembali. Tapi ini hanya bersifat coba2 ya....... mudah2an bisa berhasil di mobil nt.....

ane lokasi di jakarta barat..... sebentar ane pm no. tlp ane ya, jadi nanti bisa tlp2an dulu.. ok.....
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

DOHC wrote:emm... bro badak... sekedar sharing aja, aki di lipina ane cuman GS biasa yg tulisan biru.... trus di ferio ane jg dulu pakenya yuasa bisa tahan ampe ampir 3 taon... sblom nya make GS yg body nya warna ijo jg ampir 3 taon dipake nya... malah kalo ane bole blg, antara mobil2 bensin dan diesel di rumah ane, utk umur aki rata2 sama tuh, yaitu di kisaran 3 taon baru tewas.... dan biasanya kalo aki uda teler, ane sigh lgs ganti, kaga di cas cas lagi....
klo di mobil jimny.... saat itu cuma pake merk INCOE yg mur mer..... bisa bertahan diatas 3 th........
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

@DOHC: saya tidak mengatakan "selalu" awet GS hybrid bro, saya mengatakan "rata2" user di tempat saya mengatakan awet ketika menggunakan aki GS Hybrid.
Saya sendiri belum melakukan pengamatan lebih rinci, hanya mengambil pengamatan secara kasar.
Seperti yg udah dikatakan sebelumnya, banyak faktor yg mempengaruhi umur dari aki.
Hanya maxud saya disini adalah, kalo kita menginginkan aki kita bisa mencapai umur maximal, maka tidak ada salahnya kita memperhatikan hal-hal kecil seperti kualitas air zuur.
Hal ini berkaca dari pengalaman saya (walopun pengalaman saya selama ini masih cetek sekali :big_peace: ), ada beberapa toko aki yg mengejar keuntungan dengan menggunakan air zuur dgn kualitas sekedarnya asalkan harganya murah meriah..
Jadi daripada kita berspekulasi tidak tahu kualitas air zuur yg diisikan, maka sebaiknya kita memintanya untuk mengisikan air zuur yg sudah terjamin mutunya :big_peace:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by DOHC »

wahh kalo ane biasa beli aki yg non GS HYBRID, make accu zuur nya yg merek "murni formula" itu tuh, botol plastic nya warna merah kemasan 500 ml.... kalo nambah buat air aki rutin nya pake yg cap singa atau yg cap "murni formula" jg....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
PenasaranGuy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by PenasaranGuy »

Mau sedikit menambahkan dan n sorry ga ngebaca semua(panjang coooyy) Menurut ane sih masalah aki ini hoki2an ya, masalahnya ane pernah pake delkor(60Ah) type yang free maintenance yang katanya aki kering itu sempet tahan 4 tahunan(honda accord) pake sound system+kap bank dan jebolnya karena alternator mati dan indikator di dashboardnya ngaco aja jadi ga ketauan ga ngisi, kalo ga gitu mungkin lama juga tahannya. Pernah pake GS hybrid(32Ah) umurnya cuma 1,5tahun(Innopa') langsung tewas(cell pada melengkung dan beradu/koslet). Yang lucunya ane Pernah nyoba di corolla pake aki china yg 60Ah(lupa namanya) dah mana harganya murah sekitar hampir 50% lebih murah dari merek lainnya(sekarang dah ga keluar lg katanya) malah tahan sekitar hampir 6 tahun(lupa pastinya pokoknya lbh dr 5 tahun) dan memang ane pake EDTA tknis buat ngebersiin cell akinya 3 bulan sekali waktu pake aki china ini, tapi itu juga setelah umur akinya 3 tahun dan udah mulai agak menurun performanya dan EDTA nya cuma pake 3 kali aja(setiap 3bulan 1x) abis itu ane males lagi(ilang mood aja) dan jebolnya nih aki china juga karena ane salah ngecharge iseng pake UPS dan jadi soak(ga tau kenapa) sekrang diganti pake aki GS 60 Ah yang buat Camry dah 4 bulan ini ga ada masalah padahal nih mobil dari dulu jarang dipake'.

Jadi menurut ane, masalah aki ini emang hoki2an banyak faktor yang mempengruhi, dari kabel, alternator sampe groundingnya(menurut ane lho ya, mohon koreksi kalo salah) dan yang ane pernah coba pake EDTA teknis lumayan ngebantu meskipun ngasihnya jangan kebanyakan sesuai takaran aja dan tentunya kalo rajin lho... :big_peace: Dan menurut si nci tukang aki temen ane, aki itu sebenernya tergantung dari bahan cobalt dan finishingnya, yang bagus katanya kalo finishingnya non fabricasi/hand made dan di jemur di matahari, tapi sekarang katanya dah ga ada lagi yang gitu alias fabrikasi semua, dan untung2ngan deh, kalo dapet bagus ya bagus kalo ngaa' ya nasib.... :big_peace:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by maskopat »

om penasaran, EDTA itu apaan ya? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by DOHC »

sjenis suplemen aki deh om kayanya, bisa dibeli di toko kimia, buat dicampurin ke air aki...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by maskopat »

itu yang berupa bubuk putih itu bukan?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by DOHC »

kayanya sigh gt om... cuman kalo di campurin ke aki nya perlu di larutin dulu atau lgs tuang yah :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by maskopat »

katanya dilarutin dulu di air murni (air aki) baru ditambahkan ke aki.. ini juga kalo air akin udah kosong.. cmiiw...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

kalo saya tau nya EBTA (Evaluasi Belajar Tahap Akhir) :big_slap:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by DOHC »

:snipersmile: :snipersmile: (ke si badak)....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Debiyarto »

EDTA = Ethylene Diamine Tetra Acetic Acid.
bentuknya seperti bubuk garam berwarna putih.
biasanya dipakai di kedokteran untuk therapy keracunan logam berat dalam darah.
di Industry pulp and paper juga dipake buat proses chlorine free bleaching.

emang buat aki efeknya apaan sih??? :e-think:

emang dashyat nih ilmunya pakar2 SM..... :frm_salut:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Fungsinya untuk merontokkan kerak2 yg menempel pada plat aki bro..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

BADAK wrote:Fungsinya untuk merontokkan kerak2 yg menempel pada plat aki bro..
klo keraknye nempel di tanduk......ehhhh.... cula badak bisa ga ya......... :e-think: ......


:upss: ........ :ngacir: :ngacir: :ngacir: .............
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by DOHC »

sjamsul wrote:
BADAK wrote:Fungsinya untuk merontokkan kerak2 yg menempel pada plat aki bro..
klo keraknye nempel di tanduk......ehhhh.... cula badak bisa ga ya......... :e-think: ......


:upss: ........ :ngacir: :ngacir: :ngacir: .............
itu mah keraknya kaga usa dirontokin om... tapi di potong aja lgs culanya... :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

BTT plizzz.... :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by DOHC »

ogahh... :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by solar_kerosen »

Yang jelas kalau mau aki awet hindari pemakaian AUDIO berlebihan , dan jangan lupa mesin Bensin sangat bergantung pada kelistrikan tidak seperti mesin diesel hanya butuh buat lampu dan motor dinamo :e-think:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by ilhami »

bukannya mesin diesel common rail pompa injeksinya pakai listrik juga?
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

solar_kerosen wrote:Yang jelas kalau mau aki awet hindari pemakaian AUDIO berlebihan , dan jangan lupa mesin Bensin sangat bergantung pada kelistrikan tidak seperti mesin diesel hanya butuh buat lampu dan motor dinamo :e-think:
IMHO, pakai AUDIO tidak akan mengurangi umur aki, asalkan daya yg disediakan oleh aki sesuai.
Misal daya standard untuk panther 65aH, maka bila ingin menambahkan audio sebaiknya aki juga ditingkatkan dayanya menjadi 70aH atau 75aH, tergantung dari besar kekuatan power audio nya.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by esh »

ilhami wrote:bukannya mesin diesel common rail pompa injeksinya pakai listrik juga?
Betul, karena common rail injeksinya dikontrol ECU, seperti sistem injeksi di mesin bensin. Jadi bisa dipasang piggyback seperti dasteq Q+ :D
I-Com
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by I-Com »

PenasaranGuy wrote:Mau sedikit menambahkan dan n sorry ga ngebaca semua(panjang coooyy) Menurut ane sih masalah aki ini hoki2an ya, masalahnya ane pernah pake delkor(60Ah) type yang free maintenance yang katanya aki kering itu sempet tahan 4 tahunan(honda accord) pake sound system+kap bank dan jebolnya karena alternator mati dan indikator di dashboardnya ngaco aja jadi ga ketauan ga ngisi, kalo ga gitu mungkin lama juga tahannya. Pernah pake GS hybrid(32Ah) umurnya cuma 1,5tahun(Innopa') langsung tewas(cell pada melengkung dan beradu/koslet). Yang lucunya ane Pernah nyoba di corolla pake aki china yg 60Ah(lupa namanya) dah mana harganya murah sekitar hampir 50% lebih murah dari merek lainnya(sekarang dah ga keluar lg katanya) malah tahan sekitar hampir 6 tahun(lupa pastinya pokoknya lbh dr 5 tahun) dan memang ane pake EDTA tknis buat ngebersiin cell akinya 3 bulan sekali waktu pake aki china ini, tapi itu juga setelah umur akinya 3 tahun dan udah mulai agak menurun performanya dan EDTA nya cuma pake 3 kali aja(setiap 3bulan 1x) abis itu ane males lagi(ilang mood aja) dan jebolnya nih aki china juga karena ane salah ngecharge iseng pake UPS dan jadi soak(ga tau kenapa) sekrang diganti pake aki GS 60 Ah yang buat Camry dah 4 bulan ini ga ada masalah padahal nih mobil dari dulu jarang dipake'.

Jadi menurut ane, masalah aki ini emang hoki2an banyak faktor yang mempengruhi, dari kabel, alternator sampe groundingnya(menurut ane lho ya, mohon koreksi kalo salah) dan yang ane pernah coba pake EDTA teknis lumayan ngebantu meskipun ngasihnya jangan kebanyakan sesuai takaran aja dan tentunya kalo rajin lho... :big_peace: Dan menurut si nci tukang aki temen ane, aki itu sebenernya tergantung dari bahan cobalt dan finishingnya, yang bagus katanya kalo finishingnya non fabricasi/hand made dan di jemur di matahari, tapi sekarang katanya dah ga ada lagi yang gitu alias fabrikasi semua, dan untung2ngan deh, kalo dapet bagus ya bagus kalo ngaa' ya nasib.... :big_peace:
bro cara ngebersiin nya gimana ya?
btw bro sjamsul, kenapa ya plat dalemnya aki bisa kayak melengkung gitu yang sisi paling luar?? trus tanda2 kalo aki udah mau rusak, cellnya gimana kalo diliat dari atas? thanks