BADAK wrote:sjamsul wrote:Sudah lama ane mancari tau kenapa aki klo sdh diganti dari bawaan mobil itu umurnya tidak seawet dari bawaan mobil baru.
Sudah cukup bosan juga menanyakan kesana kemari mengenai hal yg sama tapi jawabannya tidak membuat ane puas, oleh sebab itu ane memutuskan untuk melakukan eksperimen sendiri guna mengetahui jawaban tsb.
Dengan dibekali oleh beberapa peralatan yg cukup sederhana dan kelinci percobaannye adalah aki basah, inilah kesimpulannye:
Pada aki baru sebaiknya di charge dulu sebelum dipakai guna mencapai kapasitas stroom yg maksimal / full charge, walaupun voltage menunjukkan angka di atas 12 volt sekalipun.
Pada tingkat ini aki bisa dipakai untuk starter mobil, tapi bisa mengakibatkan umur aki menjadi lebih pendek.
Tulisan spt ini sdh pernah saya tulis di beberapa tempat, salah satunya di sharing jumper aki yg benar, tapi nampaknya kurang mendapatkan perhatian.
Pembuktiannya adalah sbb: aki baru stl diisi aki zuur trus didiamkan sampai satu bahkan dua haripun tidak akan mencapai full charge, hanya mengandalkan charge dari alternator mobil guna mencapai full charge. Hal ini terbukti klo dilihat dg alat ukur yg bernama hidromoter (klo tdk salah nulisnye). Pada alat ini menunjukkan bahwa aki zuur maseh tawar (bhs sehari2nye). Supaya tidak tawar maka aki butuh di charge, supaya air akinye tidak tawar lagi.
Setelah di charge dan air akinye tidak tawar lagi, barulah aki tsb dipasang di mobil,en dapat dipastikan klo umur aki tsb akan lebih tahan lama lagi.
Nah, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pemake aki. ok.
Uppss..sorry om kalo ternyata saya salah mengartikan kata2 om. Saya pikir maxud kata2 yg dibold itu adl tidak akan mencapai full charge yg dalam arti 12,5V.
Thx om atas share nya, saya jg tertantang untuk mendalami
aki agar penjualan saya jg meningkat
Karena saya sendiri jg ingin memberikan sesuatu pembeda dengan toko
aki yg lain, seperti misalnya memberikan bubuk kimia yg katanya bisa memperpanjang umur
aki, atau memberikan vitamin
aki seperti yg om bilang. Jadi setidak2nya saya tidak hanya memikirkan kuantitas penjualan saja, tetapi jg kualitas dlm penjualan.
Hanya susah jg om kl tiap ada orang membeli kita hrs melakukan charge dulu, soalnya biasa orang2 tidak mau ribet. Maunya isi langsung start. Tapi kl smp
aki nya keok, ganti
aki nya yg disalahin
Menurut om sjam apakah kualitas air zuur&air
aki berpengaruh besar
thd umur
aki?
gini dak, yg penting nt dah kasih tau calon pembeli klo
aki mo lbh awet ada caranya..... tp klo ga mau didengerin ato kondisinya ga memungkinkan bearti si pembeli ga blh protes klo umurnya relatip lbh pendek.......
selain itu banyak faktor lain yg bisa menyebabkan
aki jadi pendek umurnya, salah satunya adalah
aki pernah kekeringan airnya...... nah, keringnya air
aki tsb ga terdeteksi dah berapa lamanya, akibat satu n lain hal......jadi klo
aki dah benar diperlakukan saat baru, tp ga dirawat.... yah ga ada gunanya, krn tetap aja umurnya jadi lbh pendek......
selain itu ada masalah lainnya yaitu masalah alternator..... bukan dinamo amper....... sekali lagi alternator........... jadi mesti diingat spy nt ga diketawain saat menjelaskan ke orang nyang ngarti........ yaitu klo alternator bermasalah bisa menyebabkan
aki kurang charge ato berlebihan chargenya....... klo
aki kekurangan charge, krn alternator bermasalah, mk
aki belon tentu mati.... cukup di charge aja, setelah alternator diperbaiki, mk
aki bisa normal kembali. Banyak yg salah sangka, klo alternator ga ngisi, mk
aki mesti diganti baru.....nah, hal ini tentu aja menguntungkan dari segi bisnis, tp kasian si pembelinya...... tul ga.....
