Perlakuan thd aki & embel2nye....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

jalu wrote:nah yang ini mau nanya........ kenapa kalo musim dingin/di daerah dingin.....meski aki2 kondisinya bagus kok sering kejadian gak kuat start.....apakah ada pengaruh temperatur sekitar dng kinerja aki...............?? :e-think:

(dijawab serius boleh....OOT juga boleh...... :mrgreen: )
pertanyaan nt dah dijawab ama meneer imsus.......sedikit tambahan.... di musim dingin, apalagi suhunya ampe dibawah nol derajat, mk banyak faktor yg membuat mbl ga bisa distarter.... salah satunya spt yg dijelaskan ama meneer imsus, tp hal lainnya adalah oli mesin itu sendiri......makanya klo ga salah di spec oli mesin ada yg bertuliskan anti freeze.........yg artinya oli ga akan beku di suhu rendah.........shg mesin bisa distarter dg mudah......

smoga penjelasan ane bener....... :e-pray: ...
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by y_anjasrana »

Kalu baca begini, ga kebayang ada berapa banyak aki di rumahnya om Sjamsul yaa...
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

y_anjasrana wrote:Kalu baca begini, ga kebayang ada berapa banyak aki di rumahnya om Sjamsul yaa...
yg pasti lbh dari satu jas........(jas maksudnya anjasrana)....... :upss: ....
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Om sjam, setelah lama tidak aktif kyk nya pgn komen lg neh ttg aki. Maklum om, saya jg pgn belajar banyak ttg aki biar bisa jadi propesor kyk om sjam :big_peace:
Om sjam pernah mengatakan kalo aki baru sebaiknya di charge dulu agar tegangan bisa mencapai 12V. karena menurut om sjam aki baru tidak akan bisa mencapai 12V bila hanya dicharge oleh altenator mobil.
Pertanyaannya, saya sudah mengukur sendiri dgn AVOmeter digital dan aki baru saya bisa langsung mencapai 12,5V setelah diisi air zuur tanpa dicharge terlebih dahulu. Bagaimana menurut om sjam?
Kemudian kl mmg pendapat om sjam benar, mengapa pabrik2 aki besar seperti GS & Yuasa menyebarkan tagline: "Isi langsung start?" kalo ternyata mengurangi umur.
Menurut pendapat saya, mungkin hal ini pengaruh dari merk dan air zuur yg digunakan om..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

BADAK wrote:Om sjam, setelah lama tidak aktif kyk nya pgn komen lg neh ttg aki. Maklum om, saya jg pgn belajar banyak ttg aki biar bisa jadi propesor kyk om sjam :big_peace:
Om sjam pernah mengatakan kalo aki baru sebaiknya di charge dulu agar tegangan bisa mencapai 12V. karena menurut om sjam aki baru tidak akan bisa mencapai 12V bila hanya dicharge oleh altenator mobil.
Pertanyaannya, saya sudah mengukur sendiri dgn AVOmeter digital dan aki baru saya bisa langsung mencapai 12,5V setelah diisi air zuur tanpa dicharge terlebih dahulu. Bagaimana menurut om sjam?
Kemudian kl mmg pendapat om sjam benar, mengapa pabrik2 aki besar seperti GS & Yuasa menyebarkan tagline: "Isi langsung start?" kalo ternyata mengurangi umur.
Menurut pendapat saya, mungkin hal ini pengaruh dari merk dan air zuur yg digunakan om..
kapan ane mengatakan spt tulisan yg di bold...... :e-think: .....

yg ane sering bilang adalah aki baru sebaiknya dicharge dulu, spy stroomnya full benar, shg aki bisa lbh panjang umurnya...... coba aja nt perhatikan saat beli mobil baru..... biasanya umur aki lbh lama daripada penggantinya................
nah, yg mesti diperhatikan adalah nt ukur pake alat ukur airnya (hydrometer), tp klo bisa yg mini hydrometer, krn alat ini lbh teliti bacanya.......

biar penjualan akinya meningkat...............

Tapi balik lagi kepada pemikiran nt sendiri, klo yakin dg pernyataan pabrik... ya silahkan aja diikuti....... krn disene ane hanya share pengalaman aja, berdasarkan hasil penelitian ane sendiri dg menggunakan peralatan tertentu yg ane sdh sering tulis, jadi bukan hanya 'ngobrol' aja....................

smoga bermanfaat..............
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by ZombiEE »

sangatttt bermanfaat oom..:):)
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

ZombiEE wrote:sangatttt bermanfaat oom..:):)
tengkyu jem...... :cupss: ....


:ngacir: :ngacir: :ngacir: ............
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by ZombiEE »

you're welcome uncle:)...btw, it zom,,,not jem...uwakakakak
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

ZombiEE wrote:you're welcome uncle:)...btw, it zom,,,not jem...uwakakakak
ups..... sorry jem....... ehhhh zom.....:e-pray: .... :ngacir: ......
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by ZombiEE »

xie xie:) :big_peace: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

sjamsul wrote:Sudah lama ane mancari tau kenapa aki klo sdh diganti dari bawaan mobil itu umurnya tidak seawet dari bawaan mobil baru.

Sudah cukup bosan juga menanyakan kesana kemari mengenai hal yg sama tapi jawabannya tidak membuat ane puas, oleh sebab itu ane memutuskan untuk melakukan eksperimen sendiri guna mengetahui jawaban tsb.
Dengan dibekali oleh beberapa peralatan yg cukup sederhana dan kelinci percobaannye adalah aki basah, inilah kesimpulannye:
Pada aki baru sebaiknya di charge dulu sebelum dipakai guna mencapai kapasitas stroom yg maksimal / full charge, walaupun voltage menunjukkan angka di atas 12 volt sekalipun.
Pada tingkat ini aki bisa dipakai untuk starter mobil, tapi bisa mengakibatkan umur aki menjadi lebih pendek.
Tulisan spt ini sdh pernah saya tulis di beberapa tempat, salah satunya di sharing jumper aki yg benar, tapi nampaknya kurang mendapatkan perhatian.

Pembuktiannya adalah sbb: aki baru stl diisi aki zuur trus didiamkan sampai satu bahkan dua haripun tidak akan mencapai full charge, hanya mengandalkan charge dari alternator mobil guna mencapai full charge. Hal ini terbukti klo dilihat dg alat ukur yg bernama hidromoter (klo tdk salah nulisnye). Pada alat ini menunjukkan bahwa aki zuur maseh tawar (bhs sehari2nye). Supaya tidak tawar maka aki butuh di charge, supaya air akinye tidak tawar lagi.
Setelah di charge dan air akinye tidak tawar lagi, barulah aki tsb dipasang di mobil,en dapat dipastikan klo umur aki tsb akan lebih tahan lama lagi.

Nah, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pemake aki. ok.
Uppss..sorry om kalo ternyata saya salah mengartikan kata2 om. Saya pikir maxud kata2 yg dibold itu adl tidak akan mencapai full charge yg dalam arti 12,5V.
Thx om atas share nya, saya jg tertantang untuk mendalami aki agar penjualan saya jg meningkat :frm_salut:
Karena saya sendiri jg ingin memberikan sesuatu pembeda dengan toko aki yg lain, seperti misalnya memberikan bubuk kimia yg katanya bisa memperpanjang umur aki, atau memberikan vitamin aki seperti yg om bilang. Jadi setidak2nya saya tidak hanya memikirkan kuantitas penjualan saja, tetapi jg kualitas dlm penjualan.
Hanya susah jg om kl tiap ada orang membeli kita hrs melakukan charge dulu, soalnya biasa orang2 tidak mau ribet. Maunya isi langsung start. Tapi kl smp aki nya keok, ganti aki nya yg disalahin :e-doh:
Menurut om sjam apakah kualitas air zuur&air aki berpengaruh besar thd umur aki?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

BADAK wrote:
sjamsul wrote:Sudah lama ane mancari tau kenapa aki klo sdh diganti dari bawaan mobil itu umurnya tidak seawet dari bawaan mobil baru.

Sudah cukup bosan juga menanyakan kesana kemari mengenai hal yg sama tapi jawabannya tidak membuat ane puas, oleh sebab itu ane memutuskan untuk melakukan eksperimen sendiri guna mengetahui jawaban tsb.
Dengan dibekali oleh beberapa peralatan yg cukup sederhana dan kelinci percobaannye adalah aki basah, inilah kesimpulannye:
Pada aki baru sebaiknya di charge dulu sebelum dipakai guna mencapai kapasitas stroom yg maksimal / full charge, walaupun voltage menunjukkan angka di atas 12 volt sekalipun.
Pada tingkat ini aki bisa dipakai untuk starter mobil, tapi bisa mengakibatkan umur aki menjadi lebih pendek.
Tulisan spt ini sdh pernah saya tulis di beberapa tempat, salah satunya di sharing jumper aki yg benar, tapi nampaknya kurang mendapatkan perhatian.

Pembuktiannya adalah sbb: aki baru stl diisi aki zuur trus didiamkan sampai satu bahkan dua haripun tidak akan mencapai full charge, hanya mengandalkan charge dari alternator mobil guna mencapai full charge. Hal ini terbukti klo dilihat dg alat ukur yg bernama hidromoter (klo tdk salah nulisnye). Pada alat ini menunjukkan bahwa aki zuur maseh tawar (bhs sehari2nye). Supaya tidak tawar maka aki butuh di charge, supaya air akinye tidak tawar lagi.
Setelah di charge dan air akinye tidak tawar lagi, barulah aki tsb dipasang di mobil,en dapat dipastikan klo umur aki tsb akan lebih tahan lama lagi.

Nah, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pemake aki. ok.
Uppss..sorry om kalo ternyata saya salah mengartikan kata2 om. Saya pikir maxud kata2 yg dibold itu adl tidak akan mencapai full charge yg dalam arti 12,5V.
Thx om atas share nya, saya jg tertantang untuk mendalami aki agar penjualan saya jg meningkat :frm_salut:
Karena saya sendiri jg ingin memberikan sesuatu pembeda dengan toko aki yg lain, seperti misalnya memberikan bubuk kimia yg katanya bisa memperpanjang umur aki, atau memberikan vitamin aki seperti yg om bilang. Jadi setidak2nya saya tidak hanya memikirkan kuantitas penjualan saja, tetapi jg kualitas dlm penjualan.
Hanya susah jg om kl tiap ada orang membeli kita hrs melakukan charge dulu, soalnya biasa orang2 tidak mau ribet. Maunya isi langsung start. Tapi kl smp aki nya keok, ganti aki nya yg disalahin :e-doh:
Menurut om sjam apakah kualitas air zuur&air aki berpengaruh besar thd umur aki?
gini dak, yg penting nt dah kasih tau calon pembeli klo aki mo lbh awet ada caranya..... tp klo ga mau didengerin ato kondisinya ga memungkinkan bearti si pembeli ga blh protes klo umurnya relatip lbh pendek.......
selain itu banyak faktor lain yg bisa menyebabkan aki jadi pendek umurnya, salah satunya adalah aki pernah kekeringan airnya...... nah, keringnya air aki tsb ga terdeteksi dah berapa lamanya, akibat satu n lain hal......jadi klo aki dah benar diperlakukan saat baru, tp ga dirawat.... yah ga ada gunanya, krn tetap aja umurnya jadi lbh pendek......
selain itu ada masalah lainnya yaitu masalah alternator..... bukan dinamo amper....... sekali lagi alternator........... jadi mesti diingat spy nt ga diketawain saat menjelaskan ke orang nyang ngarti........ yaitu klo alternator bermasalah bisa menyebabkan aki kurang charge ato berlebihan chargenya....... klo aki kekurangan charge, krn alternator bermasalah, mk aki belon tentu mati.... cukup di charge aja, setelah alternator diperbaiki, mk aki bisa normal kembali. Banyak yg salah sangka, klo alternator ga ngisi, mk aki mesti diganti baru.....nah, hal ini tentu aja menguntungkan dari segi bisnis, tp kasian si pembelinya...... tul ga..... :e-whistle:
VITTA-Q
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Nov 11, 2009 3:26

Perpanjang Usia Aki

Post by VITTA-Q »

Sorry neh kl salah kamar..

Kl menurut meneer semua bagimana produk di bawah ini?

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =3&t=12089

Apakah tertarik n bisa bermanfaat?


Sekali lagi sorry kl salah kamar :ungg: :ungg:
pengen tahu pendapatnya aja.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Menurut saya masuk akal juga, hanya rasanya terlalu mahal untuk hasil akhir yang belum pasti.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by mandala1 »

Om Vitta, ane rada penasaran juga dgn tret yg dipost sama om Vitta, disitu dijelaskan bisa menambah tenaga/power mesin, hmmm.....kira2 hubungannya apa yah antara cairan aki dgn tenaga mesin? :e-think:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Om sjam propessor aki, kalo mobil beberapa hari gak dinyalain, trz aki nya gak bisa buat starter tuh masalahnya knapa?
Apakah aki itu bisa dikategorikan udah soak n harus diganti baru? Bagaimana agar aki bisa awet walaupun mobil tidak dipanaskan selama beberapa hari?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

BADAK wrote:Om sjam propessor aki, kalo mobil beberapa hari gak dinyalain, trz aki nya gak bisa buat starter tuh masalahnya knapa?
Apakah aki itu bisa dikategorikan udah soak n harus diganti baru? Bagaimana agar aki bisa awet walaupun mobil tidak dipanaskan selama beberapa hari?
masalahnya beraneka ragam dak.......
1. aki dah mulai soak, jadi klo didiamkan beberapa hari aja, stroomnya bisa ilang sendiri.
2. ada beban yg tanpa sadar dilakukan, misalkan lupa mematikan lampu, baik lampu kabin ato head lamp.
3. dll....

belon tentu, jadi harus diperiksa dulu keadaan akinya, baru diputuskan ganti baru ato disetroom aja....

'Bagaimana agar aki bisa awet'
klo aki mo awet, sebaiknya ikuti cara2 yg sdh sering ane tulis.........

'walaupun mobil tidak dipanaskan selama beberapa hari?'
dah dijawab di no. 1 & 2...........

smoga bermanfaat.........

btw ma kasih yeeeeeeee......................... wakakakakaka............. :upss:
User avatar
Hikoza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1276
Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
Location: Just a second ahead....

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Hikoza »

sjamsul wrote: bro, kaga usah was2. Perhatikan aja klo paginya distarter masih ok, kaga usah khawatir. Tapi klo pagi hari mo distarter kurang galak, baru deh boleh khawatir, krn aki tsb mulai lemah. ok.
Oom Sjam, aki mobil saya klo pagi tidak pernah bermasalah. Tetapi justru sering bermasalah sesudah itu.
Misalkan pagi sblm berangkat ke kantor, sama sekali tidak pernah bermasalah. Lalu sesampai di kantor, misalkan saat lunch saya pakai, saat berangkat tidak pernah masalah. Tetapi bgitu mau pulang dari lunch, hampir selalu bermasalah.
Mobil baru mau distarter setelah diberi jeda beberapa saat.
Saya pakai aki konvensional biasa (basah). Apakah sudah saatnya diganti? Umur aki 1th 4bln.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Hikoza wrote:
sjamsul wrote: bro, kaga usah was2. Perhatikan aja klo paginya distarter masih ok, kaga usah khawatir. Tapi klo pagi hari mo distarter kurang galak, baru deh boleh khawatir, krn aki tsb mulai lemah. ok.
Oom Sjam, aki mobil saya klo pagi tidak pernah bermasalah. Tetapi justru sering bermasalah sesudah itu.
Misalkan pagi sblm berangkat ke kantor, sama sekali tidak pernah bermasalah. Lalu sesampai di kantor, misalkan saat lunch saya pakai, saat berangkat tidak pernah masalah. Tetapi bgitu mau pulang dari lunch, hampir selalu bermasalah.
Mobil baru mau distarter setelah diberi jeda beberapa saat.
Saya pakai aki konvensional biasa (basah). Apakah sudah saatnya diganti? Umur aki 1th 4bln.
hmm....ane pernah temuin penyakit spt ini di mbl honda jazz (ane lupa pernah tulis apa belum)......

jadi di pagi hari starter ga masalah, tp siang2, misalkan mau isi bensin, trus saat mo distarter ga bisa, jadi mesti dimaenin dulu giginya.... masuk n ato d, setelah itu bisa distarter lagi.....
setelah diperiksa ternyata switchnya dah kotor...... ane ga tau nama switchnya. Nah switch itu gunanya buat ngatur n, d, dst....
akhirnya ama bengkel switch tsb dibersihkan, lalu masalah selesai.....jadi bukan dari akinya.....

mengenai aki nt, klo pagi2 msh bisa distarter, artinya itu aki msh bagus......paling2 klo bisa, nt bersihkan aja kepala akinya.....

smoga bermanfaat........
User avatar
Hikoza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1276
Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
Location: Just a second ahead....

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Hikoza »

sjamsul wrote:hmm....ane pernah temuin penyakit spt ini di mbl honda jazz (ane lupa pernah tulis apa belum)......

jadi di pagi hari starter ga masalah, tp siang2, misalkan mau isi bensin, trus saat mo distarter ga bisa, jadi mesti dimaenin dulu giginya.... masuk n ato d, setelah itu bisa distarter lagi.....
setelah diperiksa ternyata switchnya dah kotor...... ane ga tau nama switchnya. Nah switch itu gunanya buat ngatur n, d, dst....
akhirnya ama bengkel switch tsb dibersihkan, lalu masalah selesai.....jadi bukan dari akinya.....

mengenai aki nt, klo pagi2 msh bisa distarter, artinya itu aki msh bagus......paling2 klo bisa, nt bersihkan aja kepala akinya.....

smoga bermanfaat........
Oke deh, oom Sjam. Akan saya coba sarannya. Untuk saat ini yg selalu saya lakukan hanya kontrol air aki lebih ditingkatkan.
Aneh memang, karena untuk starter pagi hari sekalipun tidak pernah bermasalah....
User avatar
Hikoza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1276
Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
Location: Just a second ahead....

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Hikoza »

Update report, oom Sjam...
Barusan saya ganti aja aki-nya. Lama-lama kesal dan deg-degan terus kalo aki-nya selalu bgitu... :frm_bang_head:
Pengennya ganti pake GS, tapi ga ada yg 55A, akhirnya ambil G-Force aja, buru-buru mau keluar kota soalnya. Lumayan lah, drpd beli MF muahallll..... :upss:
Berarti Yuasa 45A yg saya pakai sebelum ini cuma berumur 1thn 4bln...... :ungg:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Hikoza wrote:Update report, oom Sjam...
Barusan saya ganti aja aki-nya. Lama-lama kesal dan deg-degan terus kalo aki-nya selalu bgitu... :frm_bang_head:
Pengennya ganti pake GS, tapi ga ada yg 55A, akhirnya ambil G-Force aja, buru-buru mau keluar kota soalnya. Lumayan lah, drpd beli MF muahallll..... :upss:
Berarti Yuasa 45A yg saya pakai sebelum ini cuma berumur 1thn 4bln...... :ungg:
Mobilnya apa dulu bro? Kalo mestinya pake 55 dikasi 45aH jelas aja gak awet..
GS 55aH tipe nya 55D26.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Hikoza wrote:Update report, oom Sjam...
Barusan saya ganti aja aki-nya. Lama-lama kesal dan deg-degan terus kalo aki-nya selalu bgitu... :frm_bang_head:
Pengennya ganti pake GS, tapi ga ada yg 55A, akhirnya ambil G-Force aja, buru-buru mau keluar kota soalnya. Lumayan lah, drpd beli MF muahallll..... :upss:
Berarti Yuasa 45A yg saya pakai sebelum ini cuma berumur 1thn 4bln...... :ungg:
hmmm... sayang sekali ya.......krn klo dibaca dari postingan nt, itu aki mestinya msh bagus...... mudah2an aja dg mengganti aki masalah selesai.......

nanti klo sempat report lagi ya bro...... :e-pray: ...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by DOHC »

Hikoza wrote:Update report, oom Sjam...
Barusan saya ganti aja aki-nya. Lama-lama kesal dan deg-degan terus kalo aki-nya selalu bgitu... :frm_bang_head:
Pengennya ganti pake GS, tapi ga ada yg 55A, akhirnya ambil G-Force aja, buru-buru mau keluar kota soalnya. Lumayan lah, drpd beli MF muahallll..... :upss:
Berarti Yuasa 45A yg saya pakai sebelum ini cuma berumur 1thn 4bln...... :ungg:
logh anehh... yuasa yg ane pake di civic ane masi awet tuh ampe ari ini, uda lewat 2 taon logh padahal... cuman yah tiap ari mobil ada dipanasin sigh, ama kontrol air aki ga perna alpha....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

DOHC wrote:
Hikoza wrote:Update report, oom Sjam...
Barusan saya ganti aja aki-nya. Lama-lama kesal dan deg-degan terus kalo aki-nya selalu bgitu... :frm_bang_head:
Pengennya ganti pake GS, tapi ga ada yg 55A, akhirnya ambil G-Force aja, buru-buru mau keluar kota soalnya. Lumayan lah, drpd beli MF muahallll..... :upss:
Berarti Yuasa 45A yg saya pakai sebelum ini cuma berumur 1thn 4bln...... :ungg:
logh anehh... yuasa yg ane pake di civic ane masi awet tuh ampe ari ini, uda lewat 2 taon logh padahal... cuman yah tiap ari mobil ada dipanasin sigh, ama kontrol air aki ga perna alpha....
di mbl bini ane....... wlp dah ampir 3 taon ga masalah bro....... pake merk incoe tipe NS60..... cuma yah itu..... bini ane jadi ketakutan ndiri.... krn udah hampir 3 taon aki ga rusak2....... akhirnya wlp aki belon mati, bini ane minta digantiin deh akinya...... pake GS tipe NS60 ........... n ditambahkan ramuan ajaib.......biar akinye panjang umur......... hehehe...... :upss: