
Perlakuan thd aki & embel2nye....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
^^boleh deh buat koleksi..... 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
hehehehehh kaga degh om saya sisaainnn kalo masi lebih ya soal ny mau buat di kasi 3-4 ekor piaraann 

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
ane nanya2 tentang aki di tret ooters boleh kan??
gini, SL ane tuh akinya udah +/- 5 tahunan. nah, kemarin sempet gak kuat gerakin motor starter.. trus ane cas sebentar.. trus pake jalan.. lemah lagi..
terakhir, ane cas lebih dari 24 jam. kalo starter sambil dicas, langsung greng.. tapi kalo gak sambil di cas, agak lama baru greng. setelah pedal gas diteken baru greng.
tapi masih suka rada berat kalo starter. kedengeran dari suara motor starternya.. kayak kurang tenaga gitu.
weekend kemarin service dimano ampere. sepertinya aki lebih kuat untuk gerakin motor starter, tapi masih kurang greng. harus teken pedal gas.
ane gak punya alat ukur tegangan dan arus listri aki nih.
ane salut banget dengan aki ane sekarang. udah beberapa kali kayak udah mau mati, tapi dicas langsung kuat lagi.. tapi ya itu, kurang greng kalo distarter. tapi masih cukup kuat untuk 3-5x percobaan starter..
nah, kira2 gimana ya menurut pendapat propesor aki dan gank ooters aki?
terima kasih...
gini, SL ane tuh akinya udah +/- 5 tahunan. nah, kemarin sempet gak kuat gerakin motor starter.. trus ane cas sebentar.. trus pake jalan.. lemah lagi..
terakhir, ane cas lebih dari 24 jam. kalo starter sambil dicas, langsung greng.. tapi kalo gak sambil di cas, agak lama baru greng. setelah pedal gas diteken baru greng.
tapi masih suka rada berat kalo starter. kedengeran dari suara motor starternya.. kayak kurang tenaga gitu.
weekend kemarin service dimano ampere. sepertinya aki lebih kuat untuk gerakin motor starter, tapi masih kurang greng. harus teken pedal gas.
ane gak punya alat ukur tegangan dan arus listri aki nih.
ane salut banget dengan aki ane sekarang. udah beberapa kali kayak udah mau mati, tapi dicas langsung kuat lagi.. tapi ya itu, kurang greng kalo distarter. tapi masih cukup kuat untuk 3-5x percobaan starter..
nah, kira2 gimana ya menurut pendapat propesor aki dan gank ooters aki?
terima kasih...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
bro maskopat, ini ane share aja pengalaman paman ane, dia pemakai GL taon 2007, aki nya cuman bertahan 8 bulan setelah dia beli, lalu kasus nya yah mirip2 ama ente, susah start, kadang bisa kadang kaga, dan kadang motor starter jg kaya muter lemah gt... sempet di claim ke bengkel nissan, dan stelah dicek ternyata aki yg bermasalah, bukan alternator atau dinamo nya....
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
dah pasti boleh bro, krn ini emang tempatnya buat nanya2 aki................maskopat wrote:ane nanya2 tentang aki di tret ooters boleh kan??
gini, SL ane tuh akinya udah +/- 5 tahunan. nah, kemarin sempet gak kuat gerakin motor starter.. trus ane cas sebentar.. trus pake jalan.. lemah lagi..
terakhir, ane cas lebih dari 24 jam. kalo starter sambil dicas, langsung greng.. tapi kalo gak sambil di cas, agak lama baru greng. setelah pedal gas diteken baru greng.
tapi masih suka rada berat kalo starter. kedengeran dari suara motor starternya.. kayak kurang tenaga gitu.
weekend kemarin service dimano ampere. sepertinya aki lebih kuat untuk gerakin motor starter, tapi masih kurang greng. harus teken pedal gas.
ane gak punya alat ukur tegangan dan arus listri aki nih.
ane salut banget dengan aki ane sekarang. udah beberapa kali kayak udah mau mati, tapi dicas langsung kuat lagi.. tapi ya itu, kurang greng kalo distarter. tapi masih cukup kuat untuk 3-5x percobaan starter..
nah, kira2 gimana ya menurut pendapat propesor aki dan gank ooters aki?
terima kasih...

gini bro, saat nt charge selama 24 jam...... apakah bodi akinya jadi panas.....

sebetulnya klo nt posting dulu disene sebelum serpis dinamo ampere, ada kemungkinan nt ga usah keluar uang buat biaya serpisnya, krn masalahnya bukan dari sana, tp dari akinya yg dah minta diganti...............

sebetulnya aki klo dah soak, saat abis dicharge, kemungkinan besar bisa dipake buat starter, tp coba deh spt yg ane dah tulis, nt diamkan sehari.......... dah pasti ga kuat lagi buat starter........ artinya aki dah koit........... sebaiknya diganti baru, spy ga bikin nt cape..........n ga bikin nt buang2 uang untuk biaya charge aki...............
smoga bermanfaat..................... (cieeeeee........... critanye ane lagi serius negh)..................

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
sjamsul wrote:dah pasti boleh bro, krn ini emang tempatnya buat nanya2 aki................maskopat wrote:ane nanya2 tentang aki di tret ooters boleh kan??
gini, SL ane tuh akinya udah +/- 5 tahunan. nah, kemarin sempet gak kuat gerakin motor starter.. trus ane cas sebentar.. trus pake jalan.. lemah lagi..
terakhir, ane cas lebih dari 24 jam. kalo starter sambil dicas, langsung greng.. tapi kalo gak sambil di cas, agak lama baru greng. setelah pedal gas diteken baru greng.
tapi masih suka rada berat kalo starter. kedengeran dari suara motor starternya.. kayak kurang tenaga gitu.
weekend kemarin service dimano ampere. sepertinya aki lebih kuat untuk gerakin motor starter, tapi masih kurang greng. harus teken pedal gas.
ane gak punya alat ukur tegangan dan arus listri aki nih.
ane salut banget dengan aki ane sekarang. udah beberapa kali kayak udah mau mati, tapi dicas langsung kuat lagi.. tapi ya itu, kurang greng kalo distarter. tapi masih cukup kuat untuk 3-5x percobaan starter..
nah, kira2 gimana ya menurut pendapat propesor aki dan gank ooters aki?
terima kasih...![]()
gini bro, saat nt charge selama 24 jam...... apakah bodi akinya jadi panas......... perkiraan ane itu aki saat dicharge akan menjadi sangat panas.......... yg menandakan aki ga bisa nyimpan stroom lagi, jadi percuma aja di charge, krn cell2nya dah pada rusak........... jadi indikasinya saat abis distroom bisa starter, tp klo didiamkan aja 1 hari ada kemungkinan ga bisa dipake buat starter lagi..........jadi udah saatnya ganti aki...............
sebetulnya klo nt posting dulu disene sebelum serpis dinamo ampere, ada kemungkinan nt ga usah keluar uang buat biaya serpisnya, krn masalahnya bukan dari sana, tp dari akinya yg dah minta diganti...............![]()
sebetulnya aki klo dah soak, saat abis dicharge, kemungkinan besar bisa dipake buat starter, tp coba deh spt yg ane dah tulis, nt diamkan sehari.......... dah pasti ga kuat lagi buat starter........ artinya aki dah koit........... sebaiknya diganti baru, spy ga bikin nt cape..........n ga bikin nt buang2 uang untuk biaya charge aki...............
smoga bermanfaat..................... (cieeeeee........... critanye ane lagi serius negh)..................
kondisinye sekarang, walau gak dipake 2-3 hari, mobil masih bisa starter.. tapi ya itu, harus tahu selah neken gas biar bisa greng. karena gak langsung greng.. walau udah 3-5x coba starter..
kalo ane perhatiin di setiap sel akinye, gak ada gelembung2 sih.. sepengetahuan ane yang kurang ini, kalo aki soak ade gelembung2nye.. satu aja yang soak, biasanya emang kudu diganti.. gitu om sjam..
tunggu komentar propesor aki lagi ah...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Wed Mar 04, 2009 2:57
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
curhat tentang aki bro..
awalnya indikator aki menyala..trus tanya ke bengkel katanya switcnya bermasalah..setelah dibongkar ternyata dinamo rusak dan diservis..krn mobil keburu dipakai akhirnya ganti dinamo dan altenator..baru..ee..indikator akinya kok kadang nyala lemah..kadang nyala terang..kadang mati..
sebenarnya mekanisme kerja perakian gimana sih bro?
awalnya indikator aki menyala..trus tanya ke bengkel katanya switcnya bermasalah..setelah dibongkar ternyata dinamo rusak dan diservis..krn mobil keburu dipakai akhirnya ganti dinamo dan altenator..baru..ee..indikator akinya kok kadang nyala lemah..kadang nyala terang..kadang mati..
sebenarnya mekanisme kerja perakian gimana sih bro?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Ini ane copas dari tulisan pak sjamsul di threat sebelah :

Sebetunya ane sih kurang setuju dgn statement mengenai GS hybrid yg katanya konsumen bisa rugi waktu.....kalo yg ane liat adalah justrukonsumen yg diuntungkan dgn kemudahan2 yg diberikan, dgn adanya aki jenis hybrid ini konsumen ga lagi direpotkan oleh proses pengisian air zuur n belom tentu air aki tsb bagus kwalitasnya, konsumen juga ga perlu lagi direpotkan oleh proses charge yg cukup memakan waktu dan listrik PLN
Oke lah....ini sekilas ttg GS Hybrid : aki jenis hybrid ini sebetulnya adalah hasil dari perpaduan antara teknologi MF yg menggunakan timbal calcium pada plate (-) dan teknologi konvensional yg menggunakan low antimon pada palte (+) sehingga menghasilkan suatu produk aki yg mempunyai kemampuan self discharge dan penguapan air yg jauh lebih rendah dibanding aki konvensional biasa......
Dan siapa bilang aki hybrid ga kuat disimpan lama? Terus terang dulu ane pernah terlibat dalam proyek perbandingan antara GS Hybrid dan GS Premium yg diselenggarakan oleh AOP,, menurut ane ini sangat adil dan masuk akal, karena yg di compare adalah sama2 merk GS hanya berbeda di jenisnya saja......
Begini : kondisi aki premium dalam keadaan kosong diisi air aki dgn merk yg sama dgn merk yg digunakan hybrid sampe batas max, di charge selama 12 jam,, lalu 1 lagi aki jenis hybrid yg sudah siap pakai dan baru keluar dari pabrik sekitar 3 harian (pada uji coba ini digunakan tipe ukuran yg sama yaitu tipe N50Z)
Setelah selesai masa penge-charge an pa premium, aki sama2 di taro di rak display selama 6 bulan,, dan didapatkan hasil sbb:
Hybrid; dalam tempo waktu 6 bulan tidak terpakai menunjukan kapasitas penyimpanan stroom sebesar 60% sedangkan premium menunjukan hasil 40%,, kemudian diukur tingkat water loss rate nya.... pada pengujian ini hybrid menunjukan nilai 4x100g penguapan, sedangkan premium menunjukan hasil 15x100g....
Terbukti kan lebih worth to buy yg mana?
Satu lagi keuntungan konsumen apabila membeli aki GS hybrid adalah belum ada produsen merk abal2/palsu yg meniru kemasan dan design aki hybrid ini, kalo premium banyak,, so ga perlu was2 kita bakal dapet barang palsu, asalkan dilihat ada tulisan Hybrid disertai logo Astra itu pasti produk asli,
Selisih harga memang ada, tapi dikiiiiiitttt banget....dan nampaknya itu bukan masalah besar apabila di bandingkan dgn hasil yg kita dapatkan,,
Semoga berguna bagi saudara2ku sekalian......
​
Satu lagi, maap klo kepanjangan......

Makanya kalo beli aki GS Hybrid tuh di tempat2 yg udah di tunjuk oleh Astra sebagai retailer resmi produk GSGS hybrid, spt yg ane dah pernah tulis, memang ga jelek........... tp ada kelemahannya nih................ si pemake rugi waktu.......... krn dari pabrik dah diisi air, artinya aki dah siap pake setelah dikirim ke penjualnya...................
nah, maksud ane adalah dari pabrik ampe ke pemake kite khan ga tau berapa lamanya................ bisa 1 minggu, bisa 1 bulan bahkan lebih......... makanya klo dlm jangka waktu tertentu itu aki belon laku juga, maka pabrik akan menarik itu aki n ditukar dg yg baru......... di pabriknye ane yakin itu aki cuma disetroom aja....... trus dijual lagi ke pasaran...............
Oleh sebab itu ane pribadi paling ogah pake aki yg dah diisi dulu, krn masa pake akinya jadi relatip lbh pendek..............  ...
Tapi keuntungannya adalah aki tsb siap pake, jadi klo lagi urgent....... misalkan mbl mo dipake buat usaha, mk mbl bisa segera dipake dg segera..... ga usah tunggu2 lagi buat isi aki zuur..............
Trus masalah yg nt bilang gs hybrid cuma bisa dipake setaon itu.............. ane rasa ada berbagai macam faktornya....... salah satunya (mungkin) aki pernah menderita kekeringan, shg cell2 akinya ga akan tahan shb jadi rusak.......... hal lainnya (mungkin) alternatornya ada masalah........ n banyak faktor lainnya yg membuat aki cepat rusak..........

Sebetunya ane sih kurang setuju dgn statement mengenai GS hybrid yg katanya konsumen bisa rugi waktu.....kalo yg ane liat adalah justrukonsumen yg diuntungkan dgn kemudahan2 yg diberikan, dgn adanya aki jenis hybrid ini konsumen ga lagi direpotkan oleh proses pengisian air zuur n belom tentu air aki tsb bagus kwalitasnya, konsumen juga ga perlu lagi direpotkan oleh proses charge yg cukup memakan waktu dan listrik PLN

Oke lah....ini sekilas ttg GS Hybrid : aki jenis hybrid ini sebetulnya adalah hasil dari perpaduan antara teknologi MF yg menggunakan timbal calcium pada plate (-) dan teknologi konvensional yg menggunakan low antimon pada palte (+) sehingga menghasilkan suatu produk aki yg mempunyai kemampuan self discharge dan penguapan air yg jauh lebih rendah dibanding aki konvensional biasa......
Dan siapa bilang aki hybrid ga kuat disimpan lama? Terus terang dulu ane pernah terlibat dalam proyek perbandingan antara GS Hybrid dan GS Premium yg diselenggarakan oleh AOP,, menurut ane ini sangat adil dan masuk akal, karena yg di compare adalah sama2 merk GS hanya berbeda di jenisnya saja......
Begini : kondisi aki premium dalam keadaan kosong diisi air aki dgn merk yg sama dgn merk yg digunakan hybrid sampe batas max, di charge selama 12 jam,, lalu 1 lagi aki jenis hybrid yg sudah siap pakai dan baru keluar dari pabrik sekitar 3 harian (pada uji coba ini digunakan tipe ukuran yg sama yaitu tipe N50Z)
Setelah selesai masa penge-charge an pa premium, aki sama2 di taro di rak display selama 6 bulan,, dan didapatkan hasil sbb:
Hybrid; dalam tempo waktu 6 bulan tidak terpakai menunjukan kapasitas penyimpanan stroom sebesar 60% sedangkan premium menunjukan hasil 40%,, kemudian diukur tingkat water loss rate nya.... pada pengujian ini hybrid menunjukan nilai 4x100g penguapan, sedangkan premium menunjukan hasil 15x100g....
Terbukti kan lebih worth to buy yg mana?

Satu lagi keuntungan konsumen apabila membeli aki GS hybrid adalah belum ada produsen merk abal2/palsu yg meniru kemasan dan design aki hybrid ini, kalo premium banyak,, so ga perlu was2 kita bakal dapet barang palsu, asalkan dilihat ada tulisan Hybrid disertai logo Astra itu pasti produk asli,
Selisih harga memang ada, tapi dikiiiiiitttt banget....dan nampaknya itu bukan masalah besar apabila di bandingkan dgn hasil yg kita dapatkan,,
Semoga berguna bagi saudara2ku sekalian......
​
Satu lagi, maap klo kepanjangan......


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Kalo dari kasus nya bro ikbal, sy curiga maslahnya ada di kualitas alternatornya, hmmm....apakah waktu diganti alternatornya dgn yg ori atau kw?ikbal wrote:curhat tentang aki bro..
awalnya indikator aki menyala..trus tanya ke bengkel katanya switcnya bermasalah..setelah dibongkar ternyata dinamo rusak dan diservis..krn mobil keburu dipakai akhirnya ganti dinamo dan altenator..baru..ee..indikator akinya kok kadang nyala lemah..kadang nyala terang..kadang mati..
sebenarnya mekanisme kerja perakian gimana sih bro?
Karena dari pengalaman sy alternator kw memang tidak bisa bekerja sebaik ori dalam mengatur kelistrikan di mobil....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
mantap dah ulasan camod...mandala1 wrote:Ini ane copas dari tulisan pak sjamsul di threat sebelah :Makanya kalo beli aki GS Hybrid tuh di tempat2 yg udah di tunjuk oleh Astra sebagai retailer resmi produk GSGS hybrid, spt yg ane dah pernah tulis, memang ga jelek........... tp ada kelemahannya nih................ si pemake rugi waktu.......... krn dari pabrik dah diisi air, artinya aki dah siap pake setelah dikirim ke penjualnya...................
nah, maksud ane adalah dari pabrik ampe ke pemake kite khan ga tau berapa lamanya................ bisa 1 minggu, bisa 1 bulan bahkan lebih......... makanya klo dlm jangka waktu tertentu itu aki belon laku juga, maka pabrik akan menarik itu aki n ditukar dg yg baru......... di pabriknye ane yakin itu aki cuma disetroom aja....... trus dijual lagi ke pasaran...............
Oleh sebab itu ane pribadi paling ogah pake aki yg dah diisi dulu, krn masa pake akinya jadi relatip lbh pendek..............  ...
Tapi keuntungannya adalah aki tsb siap pake, jadi klo lagi urgent....... misalkan mbl mo dipake buat usaha, mk mbl bisa segera dipake dg segera..... ga usah tunggu2 lagi buat isi aki zuur..............
Trus masalah yg nt bilang gs hybrid cuma bisa dipake setaon itu.............. ane rasa ada berbagai macam faktornya....... salah satunya (mungkin) aki pernah menderita kekeringan, shg cell2 akinya ga akan tahan shb jadi rusak.......... hal lainnya (mungkin) alternatornya ada masalah........ n banyak faktor lainnya yg membuat aki cepat rusak..........
Sebetunya ane sih kurang setuju dgn statement mengenai GS hybrid yg katanya konsumen bisa rugi waktu.....kalo yg ane liat adalah justrukonsumen yg diuntungkan dgn kemudahan2 yg diberikan, dgn adanya aki jenis hybrid ini konsumen ga lagi direpotkan oleh proses pengisian air zuur n belom tentu air aki tsb bagus kwalitasnya, konsumen juga ga perlu lagi direpotkan oleh proses charge yg cukup memakan waktu dan listrik PLN
Oke lah....ini sekilas ttg GS Hybrid : aki jenis hybrid ini sebetulnya adalah hasil dari perpaduan antara teknologi MF yg menggunakan timbal calcium pada plate (-) dan teknologi konvensional yg menggunakan low antimon pada palte (+) sehingga menghasilkan suatu produk aki yg mempunyai kemampuan self discharge dan penguapan air yg jauh lebih rendah dibanding aki konvensional biasa......
Dan siapa bilang aki hybrid ga kuat disimpan lama? Terus terang dulu ane pernah terlibat dalam proyek perbandingan antara GS Hybrid dan GS Premium yg diselenggarakan oleh AOP,, menurut ane ini sangat adil dan masuk akal, karena yg di compare adalah sama2 merk GS hanya berbeda di jenisnya saja......
Begini : kondisi aki premium dalam keadaan kosong diisi air aki dgn merk yg sama dgn merk yg digunakan hybrid sampe batas max, di charge selama 12 jam,, lalu 1 lagi aki jenis hybrid yg sudah siap pakai dan baru keluar dari pabrik sekitar 3 harian (pada uji coba ini digunakan tipe ukuran yg sama yaitu tipe N50Z)
Setelah selesai masa penge-charge an pa premium, aki sama2 di taro di rak display selama 6 bulan,, dan didapatkan hasil sbb:
Hybrid; dalam tempo waktu 6 bulan tidak terpakai menunjukan kapasitas penyimpanan stroom sebesar 60% sedangkan premium menunjukan hasil 40%,, kemudian diukur tingkat water loss rate nya.... pada pengujian ini hybrid menunjukan nilai 4x100g penguapan, sedangkan premium menunjukan hasil 15x100g....
Terbukti kan lebih worth to buy yg mana?
Satu lagi keuntungan konsumen apabila membeli aki GS hybrid adalah belum ada produsen merk abal2/palsu yg meniru kemasan dan design aki hybrid ini, kalo premium banyak,, so ga perlu was2 kita bakal dapet barang palsu, asalkan dilihat ada tulisan Hybrid disertai logo Astra itu pasti produk asli,
Selisih harga memang ada, tapi dikiiiiiitttt banget....dan nampaknya itu bukan masalah besar apabila di bandingkan dgn hasil yg kita dapatkan,,
Semoga berguna bagi saudara2ku sekalian......
​
Satu lagi, maap klo kepanjangan......


makasih camod untuk penjelasannya... jadi lebih ngeh nih..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
^^welcome om 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
wuihh om kadal sama pendekar 25 jari lagi bertarung AKI negh wakakkakaka....nantikan kisah selanjut ny





-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
nah, saat mbl abis dipake jalan, apakah hal ini terjadi juga ato sama2 mesti distarter beberapa kali atau bisa langsung jreng bro.............maskopat wrote: kondisinye sekarang, walau gak dipake 2-3 hari, mobil masih bisa starter.. tapi ya itu, harus tahu selah neken gas biar bisa greng. karena gak langsung greng.. walau udah 3-5x coba starter..
kalo ane perhatiin di setiap sel akinye, gak ada gelembung2 sih.. sepengetahuan ane yang kurang ini, kalo aki soak ade gelembung2nye.. satu aja yang soak, biasanya emang kudu diganti.. gitu om sjam..
tunggu komentar propesor aki lagi ah...

sebaiknya (klo sempat) nt mampir aja ke tempat ane, untuk memastikannya...........krn ane agak susah menerangkannya...... ato klo ada, nt bisa tanyakan ato test di tempat langganan nt............ jadi bisa tau pasti keadaan aki nt nih............

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
klo boleh tau di mbl apa bro........ikbal wrote:curhat tentang aki bro..
awalnya indikator aki menyala..trus tanya ke bengkel katanya switcnya bermasalah..setelah dibongkar ternyata dinamo rusak dan diservis..krn mobil keburu dipakai akhirnya ganti dinamo dan altenator..baru..ee..indikator akinya kok kadang nyala lemah..kadang nyala terang..kadang mati..
sebenarnya mekanisme kerja perakian gimana sih bro?

klo indikator aki ampe menyala, bearti ada sesuatu yg salah di sistim pengisian, shg aki spt ga disetroom...... yg bisa berakibat aki akan kehilangan stroom klo mbl dipake terus............
nah, setelah diganti baru alternatornya (bukan dinamo, krn dinamo amper n alternator adalah 2 barang yg berbeda) n lampu akinya msh nyala, bearti msh ada yg ga beres, sebaiknya balik lagi ke tempat tsb buat diperiksa ulang. Trus alternator yg nt ganti itu ori ato yg kw nih..............

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Hmmm......kalo boleh tau bedanya apa yah om, antara dinamo amper dan alternator?sjamsul wrote:klo boleh tau di mbl apa bro...........
klo indikator aki ampe menyala, bearti ada sesuatu yg salah di sistim pengisian, shg aki spt ga disetroom...... yg bisa berakibat aki akan kehilangan stroom klo mbl dipake terus............
nah, setelah diganti baru alternatornya (bukan dinamo, krn dinamo amper n alternator adalah 2 barang yg berbeda) n lampu akinya msh nyala, bearti msh ada yg ga beres, sebaiknya balik lagi ke tempat tsb buat diperiksa ulang. Trus alternator yg nt ganti itu ori ato yg kw nih..............

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
berhubung kepanjangan, maka ane penggal2 nih dal, spy ane lbh mudah analisanya..........mandala1 wrote: Makanya kalo beli aki GS Hybrid tuh di tempat2 yg udah di tunjuk oleh Astra sebagai retailer resmi produk GS
Sebetunya ane sih kurang setuju dgn statement mengenai GS hybrid yg katanya konsumen bisa rugi waktu.....kalo yg ane liat adalah justrukonsumen yg diuntungkan dgn kemudahan2 yg diberikan, dgn adanya aki jenis hybrid ini konsumen ga lagi direpotkan oleh proses pengisian air zuur n belom tentu air aki tsb bagus kwalitasnya, konsumen juga ga perlu lagi direpotkan oleh proses charge yg cukup memakan waktu dan listrik PLN
Oke lah....ini sekilas ttg GS Hybrid : aki jenis hybrid ini sebetulnya adalah hasil dari perpaduan antara teknologi MF yg menggunakan timbal calcium pada plate (-) dan teknologi konvensional yg menggunakan low antimon pada palte (+) sehingga menghasilkan suatu produk aki yg mempunyai kemampuan self discharge dan penguapan air yg jauh lebih rendah dibanding aki konvensional biasa......
klo beli di sana ga menjamin klo kualitas kerjanya itu baik........ n harganya relatip lbh mahal............

diliat dari sudut pandang mana nih dal, apakah dari sudut pandang pedagang ato dari sudut pemake............... secara logika, klo aki dah diisi, sebaiknya langsung dipake.......maksud ane dg rugi waktu adalah spt yg ane dah jelaskan............. krn si pemake ga tau kapan aki tsb diisi, ato mungkin ga di aki tertera kapan diproduksinya....... krn bisa aja aki yg dibeli adalah aki yg sdh dicharge ulang ama pabriknye............nah, klo ampe dapet yg spt itu, bener ga pendapat ane, si pemake rugi waktu............... hayoooo..............
trus masalah accu zuurnya, emang sih ada sebagian penjual yg maunya beli accu zuur yg murahan, oleh sebab itu harus diperhatikan pula merk accu zuur yg dipake.........tp standard accu zuur yg baik salah satunya cap singa, yg dah berpengalaman sekian puluh taon di bidang accu zuur...........
klo masalah penguapan air aki itu tergantung ama sikon di mbl yg dipake, apakah banyak bergerak / dipake ato kebanyakan disimpan aja di garasi, jadi agak susah klo mo dibandingkan.......... makanya ane selalu tekankan perawatan aki harus diutamakan............
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
nah, itu dia........ siapa yg bilang yah klo aki ini ga kuat disimpan lama..............mandala1 wrote: Dan siapa bilang aki hybrid ga kuat disimpan lama? Terus terang dulu ane pernah terlibat dalam proyek perbandingan antara GS Hybrid dan GS Premium yg diselenggarakan oleh AOP,, menurut ane ini sangat adil dan masuk akal, karena yg di compare adalah sama2 merk GS hanya berbeda di jenisnya saja......
Begini : kondisi aki premium dalam keadaan kosong diisi air aki dgn merk yg sama dgn merk yg digunakan hybrid sampe batas max, di charge selama 12 jam,, lalu 1 lagi aki jenis hybrid yg sudah siap pakai dan baru keluar dari pabrik sekitar 3 harian (pada uji coba ini digunakan tipe ukuran yg sama yaitu tipe N50Z)
Setelah selesai masa penge-charge an pa premium, aki sama2 di taro di rak display selama 6 bulan,, dan didapatkan hasil sbb:
Hybrid; dalam tempo waktu 6 bulan tidak terpakai menunjukan kapasitas penyimpanan stroom sebesar 60% sedangkan premium menunjukan hasil 40%,, kemudian diukur tingkat water loss rate nya.... pada pengujian ini hybrid menunjukan nilai 4x100g penguapan, sedangkan premium menunjukan hasil 15x100g....
Terbukti kan lebih worth to buy yg mana?

mungkin maksudnya accu zuur (bukan air aki).......
trus yg ane mo tanya adalah kapankan pengujian ini dilakukan....... trus berapa besar arus pengisian yg selama 12 jam tsb..........selain itu apakah accu zuurnya benar2 sama dg yg dipake ama pabriknya...........

secara pribadi ane tetap ga suka ama jenis hybrid, wlp aki ini ga jelek................

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
sebetulnya tergantung dari kejelian kite ndiri dal........... secara ane dah sering tulis, klo beli aki gs itu harus diperhatikan.........spy ga dapet yg abal2.....mandala1 wrote: Satu lagi keuntungan konsumen apabila membeli aki GS hybrid adalah belum ada produsen merk abal2/palsu yg meniru kemasan dan design aki hybrid ini, kalo premium banyak,, so ga perlu was2 kita bakal dapet barang palsu, asalkan dilihat ada tulisan Hybrid disertai logo Astra itu pasti produk asli,
Selisih harga memang ada, tapi dikiiiiiitttt banget....dan nampaknya itu bukan masalah besar apabila di bandingkan dgn hasil yg kita dapatkan,,
Semoga berguna bagi saudara2ku sekalian......
​
Satu lagi, maap klo kepanjangan......
selisih harga sih emang sedikit............ malahan menurut ane, aki hybrid itu lbh murah biaya produksinya, krn dah pake mata kucing, sedangkan yg premium ga pake mata kucing............
nah, setelah diulas........... pilihan balik lagi bergantung ama pemake itu sendiri.................
kumaafkan dosa2 mu nak mandala......................wakakakakaka................

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
kaga, nt ga boleh tau................mandala1 wrote:Hmmm......kalo boleh tau bedanya apa yah om, antara dinamo amper dan alternator?sjamsul wrote:klo boleh tau di mbl apa bro...........
klo indikator aki ampe menyala, bearti ada sesuatu yg salah di sistim pengisian, shg aki spt ga disetroom...... yg bisa berakibat aki akan kehilangan stroom klo mbl dipake terus............
nah, setelah diganti baru alternatornya (bukan dinamo, krn dinamo amper n alternator adalah 2 barang yg berbeda) n lampu akinya msh nyala, bearti msh ada yg ga beres, sebaiknya balik lagi ke tempat tsb buat diperiksa ulang. Trus alternator yg nt ganti itu ori ato yg kw nih..............


nampaknya ane pernah tulis dal, tp kapan n dimananya ane lupa nih............. tp khusus buat nt, ane tulis lagi dahhhh.............hahaha.....
gini dal, klo dinamo amper itu menghasilkan arus dc, sedangkan alternator menghasilkan arus ac yg dirubah jadi dc, krn kerjanya lbh efisien............ tp jangan tanya cara kerjanya yah, krn ane bisa pegel2 neh nulisnye................
contoh mbl yg pake dinamo amper, salah satunya vw kodok............
gitu lohhh............... kira2 ngarti ga neh dal...............

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
pertarungan pendekar stroom 25 jari sakti dan pendekar spare part.... ane seh cuman nunggu aja disni nonton.. jadi pengen tau score akhirnya siapa yg menang, jadi nya nanti ane kalo mo beli aki ga salah lagi....
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
owww.....oke....berhubung nt menjawabnya sepenggal2, ane pun akan menjawabnya sepenggal2......sjamsul wrote:berhubung kepanjangan, maka ane penggal2 nih dal, spy ane lbh mudah analisanya..........
klo beli di sana ga menjamin klo kualitas kerjanya itu baik........ n harganya relatip lbh mahal...............
diliat dari sudut pandang mana nih dal, apakah dari sudut pandang pedagang ato dari sudut pemake............... secara logika, klo aki dah diisi, sebaiknya langsung dipake.......maksud ane dg rugi waktu adalah spt yg ane dah jelaskan............. krn si pemake ga tau kapan aki tsb diisi, ato mungkin ga di aki tertera kapan diproduksinya....... krn bisa aja aki yg dibeli adalah aki yg sdh dicharge ulang ama pabriknye............nah, klo ampe dapet yg spt itu, bener ga pendapat ane, si pemake rugi waktu............... hayoooo..............
trus masalah accu zuurnya, emang sih ada sebagian penjual yg maunya beli accu zuur yg murahan, oleh sebab itu harus diperhatikan pula merk accu zuur yg dipake.........tp standard accu zuur yg baik salah satunya cap singa, yg dah berpengalaman sekian puluh taon di bidang accu zuur...........
klo masalah penguapan air aki itu tergantung ama sikon di mbl yg dipake, apakah banyak bergerak / dipake ato kebanyakan disimpan aja di garasi, jadi agak susah klo mo dibandingkan.......... makanya ane selalu tekankan perawatan aki harus diutamakan............
eheeem...... Jadi kalo menurut nt kualitas kerja orang2 yg emang sehari2 begaul dgn aki itu ga jamin, trus dimana yg bisa jamin? dirumah ente??!! Mahal? ga juga tuh.... buktinya kalo ane bandingin harga semua kurang lebih hampir sama rata2 kasih disc yg menarik, karena apa? target penjualan mereka bukan dapet untung dari aki melainkan point2 n cash back dari distributor, untung duid aki gitu loh......kayak ga tau ajah,, nah kecuali klo maksud nt tuh shop n drive, itu laen cerita....kenapa mereka jual mahal? Karena mereka memberikan garansi atas produk yg dijualnya selama setahun penuh.....nt berani kasih garansi??
Dilihat dari sudut pandang manapun, pedagang n pembeli sama2 diuntungkan..... dalam hal ini ane ga bicara ttg trik2 atau tipuan orang dagang yg pengennya untung gede aja dgn cara merugikan konsumen, kalo itu sih kelaut aje.......
Air aki zuur mau merk apapun sama gatelnya, toh cap singa cuma menang udah punya nama aja karena dia pemain lama....nt masih ragu dgn merk2 seperti Power21 atau Pafecta??? n sekali lagi disini ane tekankan klo ane ga mau bicara produk air aki zuur abal2 yg murah meriah tapi ga ada masuk klasifikasi....
Masalah penguapan ane udah buktikan sendiri dgn mata kepala ane sendiri, pada kondisi diam pun hybrid lebih oke hasilnya dibandingkan dgn aki konvensional kering belum terisi yg kemudian diisi air zuur, dalam kondisi yg sama dan dalam 1 ruangan...
Oke kita sependapat kalo semua aki memang membutuhkan perawatan, tapi dgn ditawarkannya suatu teknologi baru yg emang diciptakan untuk kemudahan dan kenyamanan konsumen, why not??? Susah dong kalo semua orang mesti kayak nt yg ga mau ngikutin trend2 baru n selalu berpikiran kalo cara tradisional lebih bagus n benar, itu namanya KOLOT,, capedeeee........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
yeeee............. bayar dulu............. baru diterusin ceritanye........................wakakakakaka....................DOHC wrote:pertarungan pendekar stroom 25 jari sakti dan pendekar spare part.... ane seh cuman nunggu aja disni nonton.. jadi pengen tau score akhirnya siapa yg menang, jadi nya nanti ane kalo mo beli aki ga salah lagi....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Loh....bukannya di postingan2 nt sebelumnya bermaksud/berasumsi kalo hybrid itu kelemahannya pada 'siap pakai' nya? kalo ane sih nangkepnya begitu......sjamsul wrote: nah, itu dia........ siapa yg bilang yah klo aki ini ga kuat disimpan lama..............![]()
mungkin maksudnya accu zuur (bukan air aki).......
trus yg ane mo tanya adalah kapankan pengujian ini dilakukan....... trus berapa besar arus pengisian yg selama 12 jam tsb..........selain itu apakah accu zuurnya benar2 sama dg yg dipake ama pabriknya.............. Selain itu setelah 12 jam pengisian, apakah diliat berapa berat jenis di aki GS premium tsb, ato krn mau promosiin yg hybrid, mk berat jenis setelah distroom ga dilakukan............ akibatnya menurut pandangan ane....... nt diberakin ama demo tsb................ wakakakaka.............. kasian juga yah..................
secara pribadi ane tetap ga suka ama jenis hybrid, wlp aki ini ga jelek................
Ya...iya...lah.....air aki zuur......ga usah diperpanjang lah, please deh.....
Ya kalo ane dikasih kesempatan terlibat pengetesan oleh pihak astra ya nt ga usah sirik donk....... lagipula ini yg di uji masih 1merk "GS" hanya beda type yg 1 hybrid n yg 1 lagi Premium, jelas???
So secara logika ga mungkin mereka mau menjatuhkan salah satu produknya yg masih mereka jual dgn tipuan2 murahan yg seperti nt maksud, kualitas air aki lah, besar arus pengisian lah, dsb...dsb....
"PENGUJIAN INI SANGAT FAIR" n i know it very well,,
Kalo nt ga suka dgn jenis hybrid ya udah itu urusan nt sama keluarga nt,, toh ane juga bukan murni tukang aki.....n ane juga kenal bermacam2 merk aki, disini ane cuma mau sharing ttg aki yg layak dibeli dan seputar permasalahannye, jadi pliss kalo nt ga suka sama salah satu produk ini ga usah diekspos.....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Hahahaha.........lebih murah? Ga salah tuh? fyi hybrid menggunakan cell plate yg lebih banyak dari type konvensional, apalagi + indikator kadar air aki yg nt bilang mata kucing itu.....sjamsul wrote:sebetulnya tergantung dari kejelian kite ndiri dal........... secara ane dah sering tulis, klo beli aki gs itu harus diperhatikan.........spy ga dapet yg abal2.....
selisih harga sih emang sedikit............ malahan menurut ane, aki hybrid itu lbh murah biaya produksinya, krn dah pake mata kucing, sedangkan yg premium ga pake mata kucing............
nah, setelah diulas........... pilihan balik lagi bergantung ama pemake itu sendiri.................
kumaafkan dosa2 mu nak mandala......................wakakakakaka................
Betul......pilihan memang tergantung sama calon pembeli, tapi ane rasa ada yg harus diluruskan disini, supaya pengaruh virus kolot nt ga menyebar kemana2.....
Huh, emang ane punya dosa apa sama ente?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
wuih seru..baca sambil makan pop corn 
