khusus untuk #2 diatas, khusus untuk jalan KERITING maka enakan ladder frame..nicholasmun wrote: Tue Apr 13, 2021 3:11 Dari hasil diskusi ttg Ladder Frame vs Monoque ini, yg bisa ane simpulkan sebagai Niubi:
1. Kalo mo durable, hajar semua jalanan mo rata mo gak rata mo bolong2, ambillah Ladder Frame.
2. Kalo mo nyaman, driving yg mulus dan gak pake limbung2an ato goyang2 dombret, ambillah Monoque.
3. Kalo mo nerjang banjir kecil, carilah GC yg tinggi, dan rata2 adanya di Ladder Frame. Kalo banjirnya tinggi, pake perahu karet aja jangan pake mobil.
Gitu kan ya kira2 Om hohoho..
Jir pengetahuan gw ttg otomotif zero knowledge gini...
jadi getaran itu kayak ada yang nyerap dulu baru sampai ke badan kita..
kalau di monokok, sepertinya getaran dari jalan keriting lebih direct ke badan kita..
btw, benar kata mod @ChZ bahwa GC tinggi pada mobil rendah kadang menipu..
orang awam mana tahu rumus menghitung GC dan impactnya ke pemakaian sehari hari..
pengalaman saya jalan jalan di Sumatera, Jawa, Bali...yang sering gasruk itu adalah :
- saat approaching lobang, maka gasruk depan bawah...kebaret semua bemper bawah yg mobil rendah..
- saat meninggalkan lobang, maka yg bemper belakang risiko gasruk
- saat turun dari aspal ke jalan biasa, kena depan
malah saya belum pernah mengalami kena bagian tengah body mobil..karena yg saya jalani sih jalan umum, (bukan offroad)..tapi banyak lubang dan genangan kayak mandian kerbau ..
kalaupun ada lobang genangan kerbau di jalan...kita masih bisa jalan dgn sebelah body di aspal, sebelah lagi di lobang…mobil jadi miring tp gak gasruk..
ladder frame memang umumnya kaki kakinya lebih kuat dari monokok krn kaki kaki monokok dibuat demi mengejar kenyamanan..
kecuali cherokee yg konon katanya SUV monokok tp kuwat juga kakinya..(ini anggap saja special case)
back to oom TS, kalau saran saya sih kalo oom mau worry free kemana aja, pilih Venture.
kalau cuma jarang ke lukot, CRV aja.