kissutt wrote: Wed Feb 12, 2025 12:47
josomba wrote: Fri Feb 07, 2025 4:26
kissutt wrote: Fri Feb 07, 2025 3:45
Hallo Om,
Mau tanya, lampu indikator i-stop kedip kedip, di Head unit ada notif istop & battery mgt system abnormal
Saya cek Battery Health masih 98% volatge di 12.5Volt
Saya cek Pake Volt meter Tegangan Output Alternator 13.5Volt (kalo baca baca sih ini batas bawah output alternator yah)
1. Mau tanya output alternator 13.5V buat
mazda 2 sky itu normal atau rendah ya?
2. Kalo ganti alternator ada kan merek non ori yg rekom? serem liat harga Ori 11juta
3.
mazda 2 Sky & NonSKy apakah Alternatornya sama
Somehow normal di
mazda 2 sky pas engine running output cuman segitu. Biasa dulu kekny ane di 13.5-13.8V. Lalu alternator kalau emang dasarnya rusak > berarti aki ga ke-isi > lampu dashboard kelap kelip semua nyala dah tuh.
i-stop baca dari sisa CCA om dan biasanya kalau dah istop orange + muncul warning battery mgt system abnormal sih ya memang CCA-nya dah rendah aja walau volt masih gede atau battery health masih tinggi.
Jadi solusinya sih memang ganti aki kalau mau istop nyala lagi. Umur aki sekarang berapa lama om?
Aki umur udah 1 tahun 3 bulan om. Pake amaron
Saya sih sebenernya prefer iss off hehe.
Cuma khawatir aja altenator lemah. Takut pas jalan jauh aki drop.
Tapi kalo emang range voltage pas mesin hidup sekitar 13.5-13.8v berati aman lah ya.
Btw makasi infonya om
Charging system
Mazda emang udah sistem smart om, keluaran tegangannya tergantung SoC (State of Charge) aki dan load.
Kalau kondisi aki sehat baru dan fully charge, tegangannya bisa drop sampe 12.5v loh bahkan drop beberapa detik ke 12.
2, hampir gak charging sama sekali ini
Kalau lepas gas, gliding, dia akan regen, voltage melonjak sampai 14.8-14.9v. Kalau diperhatiin sih emang charging systemnya
Mazda semacam ngejaga SoC aki hanya di 80% (sekitar 12.4v-12.5v), gak penuh-penuh amat, agar beban alternator gak terlalu berat positifnya konsumsi BBM bisa lebih hemat dan memberi ruang untuk regen chargingnya bekerja biar aki gak overcharge.
Makanya di terminal negativenya ada current sensor juga. Dan ini yg biasanya suka kecele bengkel atau toko aki umum. Menurut service manual resmi
Mazda, Proses lepas aki
Mazda i-stop itu saat mencabut terminal negativenya, current sensornya harus dicabut dulu baru lepas terminal negatif dan setelahnya diikutin lepas terminal positifnya. Masangnya juga sama, pasang di kutub posirif, negative, baru current sensornya dicolok.
