Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ichsan_n wrote:Lahh.. belum liat ECU livina yah? livina jg ecunya ditaro didalem situ jg, dibagian kanan pas dibawah kaca depan deh.. makanya bakalan kotor deh karena kaga bisa cuci mesin
uch wrote:
Yakin itu ECU bos..? Sesuai dgn lokasi ECU menurut manual book nya..? Jgn2 itu hanya ABS atau ECM.
Aneh aja kalo bener lokasi nya disitu.
Itu masih rada nyelip boss, klo punya GV di belakang lampu depan.
Hmm, aku jadi inget, waktu pertama liat GV di dealer emang ada box plastik item di daerah situ, waktu itu aku kira itu box sekring. Nah, di mobilku itu box plastik uda ndak ada. Sementara dari cable workmanshipnya, terlihat bahwa wiring ECU itu dipersiapkan dengan asumsi ada cover plastik karena ada sekitar 5 cm kabel warna-warni yang tidak dibalut tape item.. bahaya banget klo sampai kena steam air... Tukang cuci mobil mana ngira ada alat begitu rapuh ditaruh di bagian depan, bakalan main semprot aja...
genius banget yah naro ECU disitu? belum tau tukang cuci ama banjir di indonesia kali yak?
id-grand-vitara wrote:
ichsan_n wrote:Lahh.. belum liat ECU livina yah? livina jg ecunya ditaro didalem situ jg, dibagian kanan pas dibawah kaca depan deh.. makanya bakalan kotor deh karena kaga bisa cuci mesin
uch wrote:
Yakin itu ECU bos..? Sesuai dgn lokasi ECU menurut manual book nya..? Jgn2 itu hanya ABS atau ECM.
Aneh aja kalo bener lokasi nya disitu.
Itu masih rada nyelip boss, klo punya GV di belakang lampu depan.
Hmm, aku jadi inget, waktu pertama liat GV di dealer emang ada box plastik item di daerah situ, waktu itu aku kira itu box sekring. Nah, di mobilku itu box plastik uda ndak ada. Sementara dari cable workmanshipnya, terlihat bahwa wiring ECU itu dipersiapkan dengan asumsi ada cover plastik karena ada sekitar 5 cm kabel warna-warni yang tidak dibalut tape item.. bahaya banget klo sampai kena steam air... Tukang cuci mobil mana ngira ada alat begitu rapuh ditaruh di bagian depan, bakalan main semprot aja...
Sekedar info, tadi ada temen ngetes unit GV manual baru gress di salah satu dealer di JakSel, dia mendapati :
1. Transmisi ngayun dan bunyi klothak-klothak dari rumah transmisi, sama seperti yang aku komplain
2. Modul ECU tidak diprotect dengan cover plastik. Temen itu minta dipasang ke salesnya, dan sales bilang OK, akan dicarikan. Berarti cover plastik ini emang ada, tapi entah kenapa tidak dipasang kalau ndak diminta
3. Pintu belakang bunyinya sama 'gedobrak' kayak punyaku. Nampaknya hal ini karena sebelum daun pintu ketahan rubber sealing/peredam, dia uda nabrak hook/anchor pengunci dulu, jadi yang terdengar adalah tabrakan antara hook/anchor dari pintu, bukan antara panel pintu dengan rubber
ZombiEE wrote:selaen transmisi..keqnya ini mobil bagus jg yah...minor defect yah mnrt gw..pardon me if i m wrong..hehehe
Untuk urusan transmisi menurutku bukan kategori minor ya, jika transmisi oblak ndak dibenerin, bisa-bisa belum setahun uda jebol, paling tidak suaranya kasar banget, nyentak-nyentak, namanya barang spt itu, klo rusak sedikit didiemin, makin lama makin merembet
Waduh, transmisi oblak kok minor defect, itu masalah serius lah, kalau sekarang oblak terus nanti bruak... Gak lucu lagi, terutama bagi yang punya.
Wah, soal cover plastik beres dong yah kalau bisa minta... Wajib tuh buat check list peminat GV. Untuk lock anchor belakang, mungkin gak dikikis atau dimundurin posisinya supaya gak nabrak pintu duluan?
ZombiEE wrote:mksdnya bung...selaen tranny...the problems laen cm minor defect...ato mgkn character tuh boil?:)
Urusan plastik cover ECU itu ternyata masuk dalam price list spare parts bengkel, harganya RP. 41,000. Gile, barang segini penting aja disunat ama indomobil...
bos performa mesin ama kaki kaki kuat mana sama sportage 2 manual transmisi gue naksir juga nih sama kia sportage 2 ada yg tau atau pernah bawa kia sportage 2 di kota gue ada 3 orang yg punya kia sportage 2 cuma kayaknya masih banyakan grandvitara
solar_kerosen wrote:bos performa mesin ama kaki kaki kuat mana sama sportage 2 manual transmisi gue naksir juga nih sama kia sportage 2 ada yg tau atau pernah bawa kia sportage 2 di kota gue ada 3 orang yg punya kia sportage 2 cuma kayaknya masih banyakan grandvitara
Terus terang masih belum bisa nerima mobil korea, apalagi malaysia. Kemaren liat di cibubur junction ada proton savvy dan gen-2, lalu ada juga hyundai avega,... jauh banget ama mobil-mobil jepang...
dasboard proton kayak pakai plastik mainan anak, pintunya begitu dibuka langsung "jatuh" (ndak presisi engselnya), rubber sealing jg jelek, pokoke emang proton belum ada apa-apanya...
Hyundai avega jg kayaknya merupakan paket hemat dari hyundai... masih bagusan verna atau malah atoz.... ndak tau deh....
Hari gini mungkin pilih SX4 ya, irit, body ciamik, interior lumayan...
ZombiEE wrote:huh?gak salah tuh?itu kan seharusnya uda mandatory lho..masa proteksi ECU aza harus kita yg risaukan?parah...
Iya, aku juga heran bener ama Indomobil. ECU itu ditaruh di antara rumah roda dan lampu depan kiri. Plug berikut kabel warna-warninya keliatan telanjang gitu ndak dibungkus isolasi/tape. Bilangnya sih anti air, tapi mau tahan berapa lama? Kapan nanti aku taruh foto ECU yang bikin perkara ini,...atau mungkin ada member lain yang uda bikin fotonya biar anggota forum bisa ikut komentar ?
sedikit komentar,suzuki biasanya "nyaplok" mentah2 design dari jepang, dan rakit di sini tanpa modifikasi lagi sesuai dengan kondisi di indonesia.
kasus ECU di balik lampu depan & tanpa pelindung itu bukan kasus yang pertama. ingat tentang aerio/baleno next G yang lubang intakenya di balik bumper depan? kemudian di versi faceliftnya baru "belalai" tersebut diperbaiki.........
memang masalahnya berbeda dengan aerio, tetapi point saya, itu memang masih asli rancangan dari versi JDM. kenapa Suzuki indonesia tidak segera lakukan modifikasi sebagai adaptasi dengan kondisi di indonesia?
kesimpulannya, mending tunggu versi faceliftnya aja deh.......
ween wrote:sedikit komentar,suzuki biasanya "nyaplok" mentah2 design dari jepang, dan rakit di sini tanpa modifikasi lagi sesuai dengan kondisi di indonesia.
kasus ECU di balik lampu depan & tanpa pelindung itu bukan kasus yang pertama. ingat tentang aerio/baleno next G yang lubang intakenya di balik bumper depan? kemudian di versi faceliftnya baru "belalai" tersebut diperbaiki.........
memang masalahnya berbeda dengan aerio, tetapi point saya, itu memang masih asli rancangan dari versi JDM. kenapa Suzuki indonesia tidak segera lakukan modifikasi sebagai adaptasi dengan kondisi di indonesia?
kesimpulannya, mending tunggu versi faceliftnya aja deh.......
Belalai GV uda ditaroh di atas grill, uda lebih baik-lah. Yang aneh, kenapa cover plastik ECU untuk versi sebelum produksi april masih ada, tapi begitu versi produksi april ndak ada lagi? Trus, kata bengkel, dudukan ECU versi produksi april emang beda, jadi kalaupun kita minta cover ECU, rada susah dipasang, kecuali modif bracket i.... aneh banget..... begitu PeDe-nya indomobil ama sealing kabel yang katanya anti air....
Seingatku dulu baleno pernah kena masalah di suspensi belakang yang jedak-jeduk karena jarak mainnya terlalu pendek, solusinya, mereka pasang karet stopper di per baleno belakang... (kemaren sempet liat barangnya di bengkel tuh)
senpei wrote:kapan ya kira-kira facelift dilakukan? denger2 ada versi GV yang unlimited edition ?
Yang sekarang ada itu versi unlimited edition pak
Untuk versi limited edition belum dengar kabar sih,... kemungkinan versi limited itu adalah yang tipe 'standar', sementara versi unlimited-nya adalah tipe 'KW2' alias 'BS'
senpei wrote:kapan ya kira-kira facelift dilakukan? denger2 ada versi GV yang unlimited edition ?
Yang sekarang ada itu versi unlimited edition pak :lol:
Untuk versi limited edition belum dengar kabar sih,... kemungkinan versi limited itu adalah yang tipe 'standar', sementara versi unlimited-nya adalah tipe 'KW2' alias 'BS' :D
Wah kok jadi kurang PD gitu ??? hehheheheeee.
Versi unlimited edition itu yang standar dan sekarang dijual...
kalau yang limited edition, katanya ada di jakarta fair....... siapa yang sudah sempat kesana....?????
senpei wrote:kapan ya kira-kira facelift dilakukan? denger2 ada versi GV yang unlimited edition ?
Yang sekarang ada itu versi unlimited edition pak
Untuk versi limited edition belum dengar kabar sih,... kemungkinan versi limited itu adalah yang tipe 'standar', sementara versi unlimited-nya adalah tipe 'KW2' alias 'BS'
Wah kok jadi kurang PD gitu ??? hehheheheeee.
Versi unlimited edition itu yang standar dan sekarang dijual...
kalau yang limited edition, katanya ada di jakarta fair....... siapa yang sudah sempat kesana....?????
BTW, walaupun KW2 (hehehe), ternyata fitur GV emang TOP (niatnya ya)... kalau sedan papan atas menggembar-gemborkan fitur "Climate Control" GV tanpa banyak bicara ternyata punya fungsi yang disebut climate control juga, jadi untuk fan dan aktifasi blower bisa disetel otomatis, ada sensor suhu di area dashboard, lalu ada juga sensor sinar matahari di belakang panel display driver.... hmm... Ciri khas 'Climate Control" itu, setelah temperatur AC bukan berupa tingkatan gradual lagi, tapi sudah menunjukkan suhu tertentu, kemudian di setelan blower ada pilihan "AUTO", demikian juga di tombol pilihan blower-blower mana yang aktif (area kaki, tangan, depan belakang etc) ada pilihan "AUTO"....