...Honda New Civic VS GL Pro...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
MENURUT ANE GA MGKIN DEH ngayal bgd masak sepeda motor ga rusak sedikitpun?????
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
Ane mbayangin ban sepeda motor GL itu lo pasti hancur lah atau seenggaknya bengkok dieseruduk mobil 1.2 ton kecepatan katakan 50km/h kemana sisa energi yang kuat itu hilang?????Hukum fisika menurut ane dipake lagi deh..sotosop kah??apa black campaign??? 

RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
hehehe... fans udah keluar niih...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
itu sih apes...sudah body tipis dan (mungkin) ga ada crumple zone nyaDOHC wrote:hus2.... jangan terlalu open gt bahas nya... ntar kedengeran atpm2 malah jadi alesan bikin mobil yg pelat nya tipis2 smua logh...bisa2 ntar mobil2 pada dibikin stipis avxen smua platnya....

sudah jatoh, ketimpa tangga dan keguyur catnya pula


si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
inget kejadian di malang bulan kemaren, daihatsu taruna nabrak pohon, 9 penumpang tewas, pohonnya ngga apa2, gw sampe sekarang masih heran




-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
waduh, kalo ini kayaknya emang salah milih musuh Om.. kalo lihat di koran, kabin taruna betekuk.. gepeng..gmx wrote:inget kejadian di malang bulan kemaren, daihatsu taruna nabrak pohon, 9 penumpang tewas, pohonnya ngga apa2, gw sampe sekarang masih heran![]()
![]()
sebenernya, design struktur mobil seperti bangunan tahan gempa. kalo di bangunan, bukan berarti kita bikin bangunan yang super duper sangat kuat terhadap gempa. karena kalo struktur seperti ini, biaya bangunan mahal banget.. bisa 10x daripada struktur yang sekarang.
prinsipnya adalah si structure engineer menentukan daerah mana saja yang boleh rusak untuk meredam energi gempa. karena kalo kerusakan tidak direncanakan maka bisa unpredictable kerusakan yang terjadi.
saya kira, di struktur mobil juga seperti itu. si engineer menentukan struktur yang boleh rusak adalah struktur yang ada di bagian depan dan belakang tetapi kabin harus kokoh. plus ditambah lagi issue tentang keamanan pedestrian. akhirnya terjadilah kerusakan seperti new civic vs honda gl pro yang di foto itu.
kurang tahu apakah gambar itu asli atau olahan dari foto editor. agak aneh juga sih koq motornya gak apa2. tapi kalo emang ini benar, saya kasih


tapi emang mobil2 zaman sekarang emang seperti itu. ini gambar crash test:

kabin masih bagus, pintu juga sepertinya masih bisa dibuka. tapi bonet remuk...

coba kalo motor honda gl lawan mobil ini..
http://www.youtube.com/watch?v=igLkLRn-D1U
jangan2 honda gl nya terbang sampe grogol tuh..


Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
Ini setelah aku sadar dari shok dan dengan diiringi doa semoga tidak ada yang luka pada yang mengalami kecelakaan, aku mengambil tiga teori (mungkin benar mungkin salah) :
a. Rata2 kecelakaan terjadi di jam puncak waktu ke dan dari kantor. Memang ada waktu kritis lain seperti di perjalanan jauh, tapi sebagai orang kantoran saya merasa paling sering ada kecelakaan pada saat2 itu.
b. Bila kita menubruk sesuatu di depan kita, sebaiknya cepat2 mengerem. Jangan menunggu inersia hilang secara alami. Ini saya lihat kalau bukan pengendara motor mengerem (mungkin mau berhenti mendadak ke trotoir) atau rodanya rusak shg roda bukan lagi menggelinding tapi terseret.
c. Sebaiknya rem mobil Honda ditingkatkan, karena pengalaman saya remnya emang agak "empuk".
Mohon diralat ya soalnya ini baru teori aja.
a. Rata2 kecelakaan terjadi di jam puncak waktu ke dan dari kantor. Memang ada waktu kritis lain seperti di perjalanan jauh, tapi sebagai orang kantoran saya merasa paling sering ada kecelakaan pada saat2 itu.
b. Bila kita menubruk sesuatu di depan kita, sebaiknya cepat2 mengerem. Jangan menunggu inersia hilang secara alami. Ini saya lihat kalau bukan pengendara motor mengerem (mungkin mau berhenti mendadak ke trotoir) atau rodanya rusak shg roda bukan lagi menggelinding tapi terseret.
c. Sebaiknya rem mobil Honda ditingkatkan, karena pengalaman saya remnya emang agak "empuk".
Mohon diralat ya soalnya ini baru teori aja.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
ga jg ahh bro, malah menurut saya rem mobil honda (yg cakram 4 roda yah) itu rata2 pakem banget logh.... malah mnurut saya jauh lebi pakem daripada nissan dan toyota logh secara tuh 2 merek lebi sering memakai campuran cakram ama tromol...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
Kalo uji tabrakan ken bendanya statis bro jadi benturan 100% di serap di mobil itu sendiri. wah bro datsu ketemu lagi deh.. ane ga mbela2 tuh mobil cuma kalo dinalar dan diperkirakan secara fisika kok ga masuk akal ya..Tapi kalo emang beneran kayak gitu ringkih bgd ya honda..Coba uji lagi deh mobil merek lain tapi sedan juga ditabrakin Honda GL pro he
apa yg terjadi..

RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
Yg penting kan penumpang/passenger cell selamat...seperti sudah dibilang oleh yg lain, bukan berarti Honda ringkih - memang di disain supaya bodi depan meresap energi benturan. Civic kan sudah melewati tes dimana mana, dan hasilnya memuaskan.
Kalo di hajar ama FJ Hardtop sih udah ilang itu motor
Kalo di hajar ama FJ Hardtop sih udah ilang itu motor

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed May 06, 2009 2:56
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
FortunerMan wrote:Yg penting kan penumpang/passenger cell selamat...seperti sudah dibilang oleh yg lain, bukan berarti Honda ringkih - memang di disain supaya bodi depan meresap energi benturan. Civic kan sudah melewati tes dimana mana, dan hasilnya memuaskan.
Kalo di hajar ama FJ Hardtop sih udah ilang itu motor
yg penting penumpang mobil ama motor selamat. masalah hidung mobil nggak selamat gak masalah...
Saya pernah lihat uji crash mobil sedan china yang rigid (lupa mereknya), saat benturan ke dinding , kabin bengkok parah. Entah penumpangnya jadi apa???
Sementara handa jazz atau sx4 , hidungnya parah sementara kabinnya masih utuh ... hebat....

Mengenai poto "Honda GL pro vs Honda civic" .... ehm .......aneh juga.....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
bruakakakaakakaka.... LEBAY bgt deh.....gmx wrote: coba kalo motor honda gl lawan mobil ini..
http://www.youtube.com/watch?v=igLkLRn-D1U
jangan2 honda gl nya terbang sampe grogol tuh..![]()


message positioning-nya pas bgt tuh... klo tuh mobil badak...

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
hahaha... kalo yg foto sedan dari china itu yg versi lama nay bro... kalo ga salah dulu saya perna liat di milis sebelah, dikasi tuh link nya yg versi upgrade dari tuh sedan... walaupun bentuk sama tapi safety nya uda lebi baik
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
gw sih mikirnya dari sisi pengemudi aja bos-bos sekalian.. dengan asumsi pengendara motor selamat maka yang keluar cuman biaya perbaikan aja..
kalo ampe pengendara motor mati bisa masuk bui.. ato kalo ampe cacat bisa diperas lebih banyak... hehehe...
kalo ampe pengendara motor mati bisa masuk bui.. ato kalo ampe cacat bisa diperas lebih banyak... hehehe...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
kadang pengendara motornya gpp jg kita yg kena peras bro... biasa lah, indo road rules : motor, angkot dan bajaj ga perna salah....
numpang lewat aja....


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Fri Oct 03, 2008 10:31
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
Gw pernah baca di beberapa artikel mengenai safety suatu kendaraan, sebetulnya makin berat, makin kuat n makin tinggi frame suatu mobil, maka mobil n penumpangnya akan lebih aman....
Gw baca dimana tapi lupa.
Cuman, mobil yg berat, kuat n tinggi sangat tidak efisien baik secara cost produksi yg berujung pada tingginya harga jual, maupun pada efisiensi bahan bakar.
Jadi diciptakan crumple zone, GOA, dll.
Crash test gak sepenuhnya mewakili tabrakan sesungguhnya di jalan, dimana frame taip kendaraan berbeda. Pada crash test, mobil ditabrakkan ke tembok, dimana frame mobil (crumple zone mobil) akan bertemu dgn tembok.
Juga crumple zone dirancang hanya untuk satu kali benturan, bukan tabrakan beruntun.
Bagaimana kalo sesudah benturan pertama, mobil di belakangnya menabrak lagi? pada tabrakan beruntun?
Bagaimana jika pada kejadian sesungguhnya dimana misal, sedan vs truk besar?
Jelas frame sedan akan masuk ke kolong truk, dan crumple zonenya gak akan berguna.
Belon termasuk, pada crash test biasanya diuji pada kecepatan 50kmh? 60kmh?
Pada tabrakan adu kambing, kecepatannya bisa lebih diatas itu.
Apa pada image dibawah, crumple zone masih berfungsi?
Gw baca dimana tapi lupa.
Cuman, mobil yg berat, kuat n tinggi sangat tidak efisien baik secara cost produksi yg berujung pada tingginya harga jual, maupun pada efisiensi bahan bakar.
Jadi diciptakan crumple zone, GOA, dll.
Crash test gak sepenuhnya mewakili tabrakan sesungguhnya di jalan, dimana frame taip kendaraan berbeda. Pada crash test, mobil ditabrakkan ke tembok, dimana frame mobil (crumple zone mobil) akan bertemu dgn tembok.
Juga crumple zone dirancang hanya untuk satu kali benturan, bukan tabrakan beruntun.
Bagaimana kalo sesudah benturan pertama, mobil di belakangnya menabrak lagi? pada tabrakan beruntun?
Bagaimana jika pada kejadian sesungguhnya dimana misal, sedan vs truk besar?
Jelas frame sedan akan masuk ke kolong truk, dan crumple zonenya gak akan berguna.
Belon termasuk, pada crash test biasanya diuji pada kecepatan 50kmh? 60kmh?
Pada tabrakan adu kambing, kecepatannya bisa lebih diatas itu.
Apa pada image dibawah, crumple zone masih berfungsi?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
buset..gambar terakhir tuhhhh........apa selamat itu orang..I feel sorry.. 

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed May 06, 2009 2:56
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
Jadi takut pake sedan....
Crumple zone Emang dioptimalkan untuk mengurasi efek benturan frontal dari depan bagi penumpang/driver...
Tapi kalo bebannya dari atas/atap.......wah...berabe........
Crumple zone Emang dioptimalkan untuk mengurasi efek benturan frontal dari depan bagi penumpang/driver...
Tapi kalo bebannya dari atas/atap.......wah...berabe........

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
Pernah liat kejadian nyata persis depan mata deh.....
Lokasinya deket gerasi om poeticmind, ada terano terbang n masuk ke dalam kabin depan honda jazz,, sayangnya ga gue photo.....
Ngeriiii....(apalagi yg kek gambar diatas!!!)
Lokasinya deket gerasi om poeticmind, ada terano terbang n masuk ke dalam kabin depan honda jazz,, sayangnya ga gue photo.....
Ngeriiii....(apalagi yg kek gambar diatas!!!)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Fri Oct 03, 2008 10:31
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
[quote="maskopat]
prinsipnya adalah si structure engineer menentukan daerah mana saja yang boleh rusak untuk meredam energi gempa. karena kalo kerusakan tidak direncanakan maka bisa unpredictable kerusakan yang terjadi.
saya kira, di struktur mobil juga seperti itu. si engineer menentukan struktur yang boleh rusak adalah struktur yang ada di bagian depan dan belakang tetapi kabin harus kokoh. plus ditambah lagi issue tentang keamanan pedestrian. akhirnya terjadilah kerusakan seperti new civic vs honda gl pro yang di foto itu.
kurang tahu apakah gambar itu asli atau olahan dari foto editor. agak aneh juga sih koq motornya gak apa2. tapi kalo emang ini benar, saya kasih
untuk struktur mobil honda. karena dengan seperti ini risiko pedestrian atau pengendara motor lebih aman daripada struktur mobil konvensional kalau terjadi benturan.
tapi emang mobil2 zaman sekarang emang seperti itu. ini gambar crash test:

kabin masih bagus, pintu juga sepertinya masih bisa dibuka. tapi bonet remuk...
coba kalo motor honda gl lawan mobil ini..
http://www.youtube.com/watch?v=igLkLRn-D1U
jangan2 honda gl nya terbang sampe grogol tuh..
[/quote]
Kendalanya dalam kejadian nyata, seringkali kita berhadapan dengan kendaraan yg lebih tinggi, lebih berat, lebih besar, lebih kuat, dll.
Belum termasuk truk besar yg memakai bumper besi tebal didepannya atau SUV yg memakai bullbar (model ARB dll)
Pd gambar di bawah, sebuah SUV mewah BMW vs Tractor Trailer (truk kontainer)

prinsipnya adalah si structure engineer menentukan daerah mana saja yang boleh rusak untuk meredam energi gempa. karena kalo kerusakan tidak direncanakan maka bisa unpredictable kerusakan yang terjadi.
saya kira, di struktur mobil juga seperti itu. si engineer menentukan struktur yang boleh rusak adalah struktur yang ada di bagian depan dan belakang tetapi kabin harus kokoh. plus ditambah lagi issue tentang keamanan pedestrian. akhirnya terjadilah kerusakan seperti new civic vs honda gl pro yang di foto itu.
kurang tahu apakah gambar itu asli atau olahan dari foto editor. agak aneh juga sih koq motornya gak apa2. tapi kalo emang ini benar, saya kasih


tapi emang mobil2 zaman sekarang emang seperti itu. ini gambar crash test:

kabin masih bagus, pintu juga sepertinya masih bisa dibuka. tapi bonet remuk...

coba kalo motor honda gl lawan mobil ini..
http://www.youtube.com/watch?v=igLkLRn-D1U
jangan2 honda gl nya terbang sampe grogol tuh..


Kendalanya dalam kejadian nyata, seringkali kita berhadapan dengan kendaraan yg lebih tinggi, lebih berat, lebih besar, lebih kuat, dll.
Belum termasuk truk besar yg memakai bumper besi tebal didepannya atau SUV yg memakai bullbar (model ARB dll)
Pd gambar di bawah, sebuah SUV mewah BMW vs Tractor Trailer (truk kontainer)

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by sonicc on Fri May 15, 2009 13:43, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
wah, kalo gak salah nih, truk tinggi gini harus pasang pagar di bawahnya. agar mobil2 kecil tidak masuk kolong..
karena emang naturenya, pilar a tidak ada kekuatan yang setara dengan "krupuk" zone..
btw, serem banget tuh kejadian yang menimpa X5..
kalo menurut ane, kekuatan mobil yang paling baik adalah "kehati-hatian dan kesabaran semua pengguna jalan raya"
yuk kita kampanyekan safety driving and riding... save our soul...
karena sekuat apapun para engineer itu merancang struktur mobil, pasti ada batasnya..
karena emang naturenya, pilar a tidak ada kekuatan yang setara dengan "krupuk" zone..
btw, serem banget tuh kejadian yang menimpa X5..
kalo menurut ane, kekuatan mobil yang paling baik adalah "kehati-hatian dan kesabaran semua pengguna jalan raya"
yuk kita kampanyekan safety driving and riding... save our soul...

karena sekuat apapun para engineer itu merancang struktur mobil, pasti ada batasnya..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
stuju bro.. smua tergantung siapa yg dibalik kemudi nya...
numpang lewat aja....


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Fri Oct 03, 2008 10:31
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
Tambahin dikit gambar yg tadi...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Fri Oct 03, 2008 10:31
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
[quote="maskopat"]
karena emang naturenya, pilar a tidak ada kekuatan yang setara dengan "krupuk" zone..
[quote]
Kalo misal BMWnya pake Rollbar kayak buat offroad trus bullbar ARB, kayaknya gak separah ini, ya?
karena emang naturenya, pilar a tidak ada kekuatan yang setara dengan "krupuk" zone..
[quote]
Kalo misal BMWnya pake Rollbar kayak buat offroad trus bullbar ARB, kayaknya gak separah ini, ya?

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: ...Honda New Civic VS GL Pro...
bull bar itu sepertinya sekedar untuk melindungi cabin dari bahaya terguling. bukan tabrakan frontal di pilar A..sonicc wrote:maskopat wrote: karena emang naturenya, pilar a tidak ada kekuatan yang setara dengan "krupuk" zone..
Kalo misal BMWnya pake Rollbar kayak buat offroad trus bullbar ARB, kayaknya gak separah ini, ya?
tapi kemungkinan sih, dengan adanya bull bar, akan lebih aman..

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green