hmm habis ngebanzai VW tadi di BasRa bareng om Sukribo dan bro sandal. gatel pengen kasih
review dikit juga. kebetulan tadi om Sukribo yang SSI mau TD
Tiguan untuk referensi ke temennya. ane sekalian nyicip.
Overall yang ane rasakan sama kayak om helm.
Build quality.... hmmm.... cukup solid, kerapihan pemasangannya di atas CX-5. tapi desainnya boring dan plain. plus ane habis liat interior MK7 yang build quality kelas dewa jadi ya mata ane agak kurang terbiasa
Enjin cukup galak walaupun nggak terlalu impresif karena bodinya berat, tapi ya acceptable lah, wong kapasitas silindernya lebih kecil dari Ford EcoSport dan cuma sebesar Suzuki Ertiga Ori

selisih 1 detik dari CX-5 2.5 masih acceptable.
Transmisi, less jerky daripada Golf MK6 batch awal yang pernah ane TD. sepertinya bener kata oom rocco, ada update di software DSGnya. walaupun tidak sehalus DSG di MK7 yang bener-bener nggak jerky (turbo lagnya malah membantu transmisi biar less jerky)
Another good thing, auto start stop yang merupakan bagian dari teknologi BLUEMOTION, bener-bener halus. lebih halus dari i-STOP CX-5.
Steering is good, sangat akurat dan memberikan komunikasi yang baik dengan pengemudi.
Ride quality, kualitas damping baik dibanding CR-V RE. setingkat dengan CX-5 19inch. cuma tadi karena mungkin ban yang digunakan adalah Dunlop jadi agak terasa harsh.
Minusnya di posisi duduk belakang yang kurang nyaman. memang legroom dan headroom cukup baik, sayang sandaran agak tegak. Adanya meja pun ane rasa overrated, ya bagi ane sih yang belom berkeluarga. mungkin kalo masih punya anak kecil di belakang meja cukup useful buat naroh botol minum atau makanan daripada "pating slingkrah" di jok dan bikin kotor, mending ditaroh di meja, dan babysitter nya yang ngambilin
dan bodyroll, meskipun buat apa ngincar handling di SUV, this is not what i expected, bodyroll cukup besar untuk SUV, walaupun kalo dibandingin bodyroll CR-V RE juga nggak kalah besar.
minus di harga, tapi sekali lagi penawaran diskon 30juta patut dipertimbangkan, lho. 505juta jadi 475juta, cuma berselisih 20juta dari CR-V RM yang plasticnya mirip Avanza. Kalo pengen yang simpel dan more practical ya CX-5. Kalo pengen yang rada beda dikit dan pengen "main-main" bikin SUV bertenaga setan modal reflash ECU ya beli
Tiguan. Diskon 30juta nya cukup lah buat naikin output
Tiguan jadi 190hp/300Nm.

atau beli set ban/suspensi baru.