jd kesimpulan kalo mau tsi pilih golf mk6
kalo mau tetep suv better cx5 ya...
tinggal 1 lg suv kelas ini yg blom direview ni kayanya um, apalagi kalo bukan yg tenaganya plg galak dr subaru

penasaran dengan comparism dr sudut pandat Mods Stig
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
ehmmm, itu kok mesinnya punya TSI 2.0 ya?AD74YA wrote:
Ya, Skoda Yeti juga platform MQB PQ35, hanya settingannya diatur lebih nyaman dan robust dari Tiguan. Seperti yang sudah kita bahas saat kopdar, pembagian porsi settingan kira-kira gini:madcat015 wrote:
Anyway, nice ripiu om helm... akhirnya spoiler di kopdar kemarin terjawab sudah...![]()
*Dan entah kenapa, ane masih memikirkan tentang Skoda Yeti... kayaknya tuh mobil menyenangkan...*![]()
Tengyu oom...suvmania wrote:nais review, om helm...
menarik benar mobil ini, walau harganya terlalu mahal menurut ane..
di kota ane, Medan, udah liat sekitar 2 unit.. gak tau apa emang punya orang atau punya dealer lagi di TD
kalo ane pribadi sih.. go for CRV aja deh...![]()
*jdar! *ditimpuk pake DSG
Jadi basically sebenarnya meskipun menggunakan MQB, karakter dari tiap-tiap line up (tergantung brand) secara karakter bisa sangat berbeda.. Secara yang di tentukan dalam bahasa kasarnya hanya posisi mounting saja, dan palingan batasan paling besarnya yaitu layout mesin lebih prefer transverse dan suspensi harus independen depan belakang. Dengan batasan ini saja dengan steering rack yang berbeda, jenis shock berbeda, dan diff berbeda karakter mobil bisa dipastikan berbeda..ola_comoesta wrote:sebelumnya nice review modhelm (manggilnya om bra ato om go?), Jelas dan menarik as usual, walupun rasany tidak sedetail biasanya IMO
wkwkwkwkw (apa mungkin sudah kena teaser ya?
![]()
Sorry OOT...Yang benar2 membuat ane interest kali ini review adalah MQB. Canggihnya MQB ini implementasinya ituloh, untuk FWD, RWD, AWD dia siap ready. Dan ane melihat ini sebagai bentuk "handbook" / "guidance" buat new way of mass car-production , di satu sisi memang seperti om bilang cost-cutter dll. Menurut modhelm/reader lainnya kedepannya gimana nih mengenai MQB ini ? Topik yang sangat menarik menurut ane...Karena semuanya kesannya diberikan basic "handbook"/"guidance" yang sama, jadinya menurut ane pisau bermata 2 wkkwkwwkkwwk...
Seharusnya implementasi MQB ini juga memudahkan konsumen. Karena secara tidak langsung sparepart yg digunakan antar varian tidak berubah jauh, sehingga harga sparepart pun semakin murah. Euro Car semakin terjangkau wkwkwkwkw. Tinggal apakah hasilnya kedepan sesuai ekspetasi, misal soul of the brand itself, dan how good their gonna tuning the rest of the parts....Mereka sudah diberikan "basic" yg sama tinggal mereka dipaksa menyesuaikan sisanya dengan "basic" tersebut. Yang ane takutkan, misalnya basicnya untuk A, namun varian B membutuhkan rigiditas lebih tinggi, apakah tambal sulam ya? atau korban "karakter" mobil tersebut?...belum lagi persamaan "basic" antar brand. Pendekatan yg berbeda dengan mazda yg meminimalkan joint chasis (seperti review modhelm) untuk efisiensi dan lightweight, disini bisa dicustom tapi more a lot for any type of car, wider possibility of flexibility. Sorry kalo bahasanya kaco, nubz
![]()
gimana menurut SMers?
kwkwkwkwkw kalo masalah "sok galau" itu benernya kebawa suasana aja, la wong ada madcat, ya kucing2an lah loh?!wkwkwkwkwkwkw...lagian om jaman skrg perlu teaser loh, kalo g ada teaser, gimana tertarik. fufuffufu
layaknya penampilan front office penerima tamu sebagai "teaser" dalam-nya kayak apa....
. Harusnya LCGC ini pake sistem kayak MQB gini ya, biar hemat hehehe
Betul oom FMEAKDFMEAKD wrote:hooo ternyata skoda yeti yang bisa ngangkut helicopter itu basis MQB ya
baru tau ane![]()
sayang skoda gak ada di sini
Ada saja oom... Kebetulan untuk bahan review sendiri saya masih simpan dokumentasi XV lengkap.. Tapi karena sudah ada yang bikin review nya, nanti redundant kalau ane bikin review Subaru XV lagi..hosea wrote:Bro Stig, thx review nya, bikin forum ini makin lengkap dan layak jadi referensi.
btw kok ga pernah review subaru ya (xv, new forester, impreza sedan, outback, brz). Pingin tau pendapat Bro ttg subaru.
thx
Kalau bro Ola mancing cewe sepandai mancing teaser, nampaknya udah bejibun jandanya...ChZ wrote: mod helm.. tuh bro ola mancing lagi![]()
ane setuju dengan mod helm... yang bikin susah di MQB ini adalah mempertaruhkan jati diri sebuah merek.... apalagi VW Group bukan merek kemaren sore... nah ini yg susah... soalnya kalo basic chassis sama, feel dan ride quality juga kurang lebih sama...
ane nggak tau karena VW baru pernah coba Golf TSI MK6... apakah di Audi A3 ride quality nya sama juga kah?
Kalau mau jadi bagian dari sejarah, Mk6 lharr..evolution21 wrote:nice review um
jd kesimpulan kalo mau tsi pilih golf mk6
kalo mau tetep suv better cx5 ya...
tinggal 1 lg suv kelas ini yg blom direview ni kayanya um, apalagi kalo bukan yg tenaganya plg galak dr subaru![]()
penasaran dengan comparism dr sudut pandat Mods Stig
diveblues wrote:
Kalo TSI 2.0 hanya menggunakan turbocharger yg diletakkan dibelakang mesin
Thanks oom imsus dan oom diveblues, kebetulan folder download ane isinya banyak betul gambar, dan umur foto tiguan udah lewat 2 bulanan jadi udah lumayan banyak ke timpa sama foto2 baru.. Ane search berdasar tag "VW" dan "Tiguan" di folder download itu, tidak double check lagi.. Khusus mobil ini emang ane gak simpen di folder khusus karena awalnya ndak niat bikin review, orang ambil fotonya juga masih pakai blackberry dan kabur semua fotonya.. Eh.. Tiba-tiba banyak yang rikues... Yo wis lah... Foto seadanya...imsus2c wrote:Nice as usual...
Btw, kenapa dial speedo-nya pakai mph yah?![]()
sama2 um. Dulu sempet liat juga vw tiguan di iims 2012 dengan bentuk mesin yg sama, tapi sales waktu itu kekeuh bilang kalo itu tiguan 1.4, hehehhe.AD74YA wrote: Thanks oom imsus dan oom diveblues, kebetulan folder download ane isinya banyak betul gambar, dan umur foto tiguan udah lewat 2 bulanan jadi udah lumayan banyak ke timpa sama foto2 baru.. Ane search berdasar tag "VW" dan "Tiguan" di folder download itu, tidak double check lagi.. Khusus mobil ini emang ane gak simpen di folder khusus karena awalnya ndak niat bikin review, orang ambil fotonya juga masih pakai blackberry dan kabur semua fotonya.. Eh.. Tiba-tiba banyak yang rikues... Yo wis lah... Foto seadanya...
Untuk foto yang oom diveblues kasih, setelah ane cek ternyata itu foto mesin Tiguan mk1 yang 4motion, dulu sempat masuk Indonesia. Sedang speedometer yang ane uplot malah nampaknya bukan dari Tiguan deh.. Tapi ane udah sempet kasih sekilas gambar Speedo di gambar berikut:
Foto diatas udah ane verifikasi, betul Tiguan 1.4 TSI 2014...
Wading depth Tiguan secara officialnya cuma beda 3-4 cm sama Golf yang artinya sekitar 20 cm (dalam.keadaan diam). Tapi kalau menurut expert Tiguan di luar, dengan kecepatan konstan di banjir, Tiguan terbukti mampu melewati air setinggi 50 cm..diveblues wrote:
sama2 um. Dulu sempet liat juga vw tiguan di iims 2012 dengan bentuk mesin yg sama, tapi sales waktu itu kekeuh bilang kalo itu tiguan 1.4, hehehhe.
oh iya, mau nambah dikit reviewnya om helm. Kalo diliat2 kotak filter udara di vw tiguan 1.4 ini dibikin agak tinggi sedikit dari mesin tsi 1.4 lainnya.
mungkin karena fungsinya suv, jadi supaya wading depth-nya bisa lebih tinggi kali ya, cmiiw
Betul... Panjangnya cuman beda 10 cm dan lebarnya 5 cm.. Diantara sekelasnya memang Tiguan terasa paling kompak di jalan.. Bahkan terasa lebih lincah dari OS...... Tengyu oomF 272 wrote:@Bro Stig : Mantap Reviewnya.......
Saya pernah bandingkan dimansi Tiguan, engga jauh beda sama Outlander....... Hehehe..
Mana mungkin yaStatus sebagai SUV terkompak dan termurah Audi tampaknya belum membantu penjualan Q3 di Indonesia. Tapi itu bisa berubah tahun ini, karena Audi merencanakan memasukkan Q3 dengan mesin lebih kecil. Setidaknya itu yang kami dengar dari orang dalam Audi.
Bila itu benar, maka besar kemungkinan di 2014 ini publik akan menjumpai sosok Q3 dengan mesin 1.4 TFSI. Perubahan mesin ini jelas akan membawa dampak langsung ke harga. Bila saat ini Q3 dibanderol Rp 800 jutaan, maka tipe 1.4 TFSI ini bisa saja bermain di Rp 500 juta atau bahkan Rp 400 juta seperti Tiguan yang memakai mesin serupa.
Pengecilan mesin memang membawa akibat penurunan performa. Tapi Q3 1.4 TFSI tetap tak bisa dibilang pelan. Tenaga 148 dk dan torsi 250 Nm sanggup melejitkan SUV ini 0-100 km/jam dalam 8,9 detik saja. Lantas tentu saja, konsumsi BBM pun jauh lebih hemat ketimbang sebelumnya yang memakai mesin 2.0 TFSI.
Yupy...madcat015 wrote:Ahhh... makanya waktu kopdar... begitu om helm bilang ada aroma chassis-sharing di VW group. Ane langsung berpikir:
"Jangan2, Skoda Yeti chassisnya sama kayak Tiguan dan Golf..."![]()
Ternyata benar... dan dengan sedikit fine tuning, menghasilkan spesies turunan yang benar2 berbeda feel nya, meski basis chassis bisa dikatakan sama...
Kudos to om helm for the enlightenment.
Ahh... Ya.... TFSI... Masih sok-sok an ekslusif mereka pake mesin itu... Kisaran 585 wajar saja karena saingannya kan X1 di kisaran harga yang sama.. Dibawah itu.. Rasanya ndak mungkin,,,,campoeran wrote:
Mana mungkin ya. VW aja udah 485jt , Audi walau mesin sama pasti gradenya lbh tinggi gak bakalan juga 500jt orang pasti bakal milih audi . kisarannya kokk 585jtan yak . Kalau <600jt mending ambil audi q3 ?
Mesin diganti ke TSI atau tidak, lambang Audi yang jelas memang worth beda 100 juta kalau dari sisi gengsi..campoeran wrote:Kalau emblem Audi mesin sama kek yg om TD ini worth it gak harga <600jt ? Atau mending x1 ?
Kalau +100jt emblem audi + fitur2 pelengkap lebih oke dan fit finishnya lbh perfect lagi sptnya lbh oke milih Q3 ya ? lihat punya temennya anak gue yg silper , bagus juga sepertinya utk city driving oke banget .
Di link itu kurang lengkap, yang dijelasin dominan hanya stratified system saja... Kalau bagian injeksi nya memang keduanya serupa...diveblues wrote:secara prinsip, antara TSI dengan TFSI sebenernya gak banyak berbeda. Istilahnya dalam marketing, gimmick dari tiap2 produk. Di vw namanya TSI, audi namanya TFSI.
Untuk transmisi, di vw namanya DSG, di audi namanya S-tronic, di porsche namanya PDK.
Tapi kalo soal perbedaan detail TSI dengan TFSI bisa baca2 disini : http://www.audiboost.com/showthread.php ... nfo-Thread
betul memang kurang lengkap, tapi bisa sedikit pencerahan soal beda TSI dengan TFSI. Soalnya salah satu informasinya diberikan oleh tuner (APR) yg mengoprek jeroan kedua jenis mesin itu (TSI dan TFSI).AD74YA wrote: Di link itu kurang lengkap, yang dijelasin dominan hanya stratified system saja... Kalau bagian injeksi nya memang keduanya serupa...
Yang VW gak jelasin memang, di mk7 sudah pakai single turbo scroll, atau very much like TFSI, tapi masih menggunakan batch TSI
CMIIW
btw, agak meluruskan.AD74YA wrote: Khususnya untuk TSI Mk6, TSI memiliki 2 charger, super dan turbo. Sedang TFSI memiliki 1 turbo saja. Major difference di intake-crankshaft karena TSI ada supercharge.. Pun membutuhkan gearing yang sangat berbeda..
Entah wet atau dry, karakter di low speed dengan kondisi stop and go masih jerky, walau tidak separah Golf mk6 saat baru pertama kali keluar.. Kebetulan saya belum coba mk6 yang sudah di update settingan DSG nya jadi ga bisa komparasi langsung.evolution21 wrote:wait... baru inget
ini tiguan dah wet dsg 6 speed dan sama jerky dengan 7 speed dsg tipe dry?
Ahh.. Penjelasan yang mantap oom diveblues..diveblues wrote:betul memang kurang lengkap, tapi bisa sedikit pencerahan soal beda TSI dengan TFSI. Soalnya salah satu informasinya diberikan oleh tuner (APR) yg mengoprek jeroan kedua jenis mesin itu (TSI dan TFSI).AD74YA wrote: Di link itu kurang lengkap, yang dijelasin dominan hanya stratified system saja... Kalau bagian injeksi nya memang keduanya serupa...
Yang VW gak jelasin memang, di mk7 sudah pakai single turbo scroll, atau very much like TFSI, tapi masih menggunakan batch TSI
CMIIW
btw, agak meluruskan.AD74YA wrote: Khususnya untuk TSI Mk6, TSI memiliki 2 charger, super dan turbo. Sedang TFSI memiliki 1 turbo saja. Major difference di intake-crankshaft karena TSI ada supercharge.. Pun membutuhkan gearing yang sangat berbeda..
TSI mk6 yg dual charger hanya TSI 1.4, sedangkan TSI 2.0 menggunakan 1 turbo saja.
Thanks oom iming.. Btw saya lupa cek jenis clutch di Tiguan.. Apakah sama atau beda dengan mk6.. Seperti kata master evolution.. Tapi saya juga masih merasakan jerky nya walau gak separah mk6 saat pertama keluar..imingwahyudi wrote:naiiisss repiu om Go
![]()
![]()
err, lumayan kerasa boringnessnya ya VW, walaupun sebatas mbaca review om Stig. It is quick, tapi ya...kaya teater IMAX yang masuk mode mute. Baru kesampean nyoba Golf mk6, tenaga dan presisinya DSG kepentok sama (yang anehnya) jerkiness of its DSG di beberapa situasi yang sialnya cukup sering ditemui di jalanan Bandung, juga desain interior dan eksterior yang gak kena alias mbosenin, humbleness in a wrong direction, setidaknya dalam persepsi aye. Dunno about Tiguan, udah keburu ga demen sama luarnya
IMO lebih pilih SantaFe CRDi dengan rentang harga segini, excitement nya lebih berasa si SantaFe
![]()
anyway, well done review
Mod helm melupakan diriku yg ada di pejwanaxala wrote:pejwan....
nampak mewah...bener2 european![]()
sayang TSI....pertaplus
![]()
![]()
![]()
semua cukup....semua ada...rear airvent...ampe meja...n HU yg terlihat megah nan terintegrasi..sayang.....TSI![]()
![]()
apalagi DSG![]()
![]()
mending ane beli santi....![]()
sekarang dpt bonus HU versi europeannya...makin komplit
Ahh.. Di Indonesia mah biasa... Orang disini aja ada yang ngasih makan mesin turbo stratified mercedes pakai premium dan klaim nggak kenapa2 dan tidak ada penurunan performa...grandis_GT wrote:nice review om go , kalo liat interior memang plainn bnget apalagi di hargai 5++ juta ke atas untuk wilayah riau ,
di kota ane ada satu yg make , sebelumnya pake golf mkvl , tapi pertengahan taun kmarin ganti tiguan warna coklat , yg ane penasaran tu tiguan di kasih minum apa ya ?? secara di kota ane gak ada pertamax/+![]()
maklum om tinggal di kampung
Anu... Siapa tau selera orang beda2... Jadi.. Coba tiguan aja juga oom... Saya suka sembarangan ngomong soalnya... Hehehe..starship wrote:Mantep reviewnya om helm...Numero uno!
Akhirnya rasa penasaran ane bs dipuaskan wkwk
Tapi abis bc jd ngerasa ga worth it..
Balik ngidam cx5 lg ahh..
Sambil nungguin cx3 atau vezel atau all new tucson 2015. Lanjut gann