
Pertama melihat E39 tu dulu jaman SMP tahun 96/97 kali ya, ketika pulang jalan kaki melintasi kompleks, lihat ada yang parkir wah kok keren. Dilanjut dengan melihat short movie Guy Ritchie dengan bintang utama si M5, dan main Need For Speed Hot Pursuit 2 juga paling suka pake E39 M5, wah makin memantapkan hati untuk memiliki (E39, ga ngimpi yang M5 wkwkwk). Apa daya belum pernah dapat momen yang pas buat miara mobil sheer repairing pleasure ini.
Timeskip to 2022
Habis jual Voxy untuk modal, dan mertua jual Jazz, ada kekurangan dalam armada ganjil genap di rumah. Karena di akhir tahun sempat mulai mobile lagi, hmm… mungkin saatnya kita coba menunaikan dendam sebelum punah karena usia. Iseng ajuin proposal ke istri, wah tembus SNI ISO
Hunting lewat FB Group dan IG difokuskan ke E39 facelift 2001 up dan sempat lihat beberapa kandidat sampai bertemulah dengan 525i 2001 Biarritz Blue on Grey Fabric ini di suatu sore di Plaza Senayan. Baru lihat pertama kali langsung ada perasaan yang beda dari kandidat sebelumnya. Coba kelilingin, coba dudukin, coba nyalain, coba jalan, coba semua tombol, wow semua lancar! Tentu tak sempurna namanya juga motuba, tapi flawsnya minor lah wear n tear. Dibanding lainnya juga paling seger, karet masi pada bagus, naikan ga aneh-aneh. Cuss lah sikat. Walau harga premium di 129jt tapi namanya dah klop ya mau gimana
Apakah puas dengan yang didapat? Hmm a bit mixed. Ada yang bilang “dont meet your heroes” dan tentu berlaku juga apalagi buat motuba jerman. Gw coba nilai dalam kategori the good (things i like), the bad (things i dont like), dan the ugly (things that could be better)
The good:
damn its a nice ride. Nyaman dan kedap, ergonomis, di tol / jalanan ga macet enak banget suspensinya.
Fitur dengan HU chynavin blutut + rear camera masi bisa bersaing lah sama mobil jaman sekarang. AC nya DINGIN banget woy. Dinginnya juga berasa yg berkelas gitu ga perlu fan gede tau2 dah ademmm. Komunitas e39 juga helpful dan welcoming banget, berbagi info n ilmu
angle favorit, suka banget sama pantatnya
The bad:
- cupholder cupu, ga ada ruang penyimpanan buat HP, sunglasses, sanitizer, tongtol
- Bangku belakang rada sempit
- Boros buat jaman sekarang. Avg 1:7an kombinasi dalkot 30/ tol 70
The ugly: Kalau penyakit, selama 7 bulan ini:
- indikator lampu depan nyala/mati padahal lampu nyala2 aja
- Selang atas radiator bocor
- Knalpot patah las2annya
- Power window belakang kanan mati
- Dek bawah bolong jatoh di tol
- Ada bau masuk kalo lagi 120 up belom tau dari apa
- Spion kecil yak mana belom retract
- Lampu redup euy
Dan udah si baru itu aja. Maintenance preventif lainnya:
- ganti kunci ke flip key biar gampang urusan batere
- Ganti aki yang udah 5 taon
- Ganti karet kuping kap mesin
- Ganti belt n tensioner
(yay ga ada warning light nyala)
Total pengeluaran incl pajak sejauh ini ~12 juta.
Kesimpulan pribadi gw:
Masih sangat enak buat mobil 20 tahun dan bisa bersaing sama mobil muda, tapi ngga untuk semua orang karena daily cost dan maintenance sudah makin ribet kemakan umur.
Otto, F30 320i 2018
Karena GLA200 istri mulai menyebalkan, Juni kemaren gw mengusulkan peremajaan. Itung-itung tuker tambah dan nambah cash… bisa lah budget max 600. Gw usulin Corolla Cross Hybrid tapi diveto istri
BMW F48 X1
BMW F30 320i
mercy harganya ga ada yang masuk
Cobain X1 temen si mayan oke lah ya, nyaman, bangku belakang lega, panoramic, kaya GLA tapi lebih proper aja. Cuma harga masih rada tinggi ya, pada buka 600+ taon 2018.
Cobain Mini di bursa oto, kalau Countryman ya kaya X1 banget ya. Kalo yang 3 door/5 door kok ya sempit ya belakangnya. Paling suka si Clubman, tapi… yang masuk budget cuma yang 1500cc, dan featuresnya minim banget
Paling sensible dengan parameter itu ya sisa F30. Pengen yang 328i/330i tapi di atas budget
F30 yang diesel dicoret dulu karena males pertadex. Kandidat unitnya banyak si di marketplace biar ga pusing milih disortir dulu cuma liat yang BRI warranty masi aktif dan sortir warna selain putih dan item. Setelah lihat beberapa unit, istri juga ngga mau yang varian Sport atau Shadow, jadi kita fokus lagi hanya yang Luxury. (Beda stir, cladding, n jok dari sport, sama suspensi settingan lebih empuk ya? Cmiiw). Warna selain hitam dan putih tu dikit banget ternyata ya, di tahun itu cuma ada platinum silver dan grey. Ada satu platinum silver yang kita udah suka banget tapi pas hati dah mantep mau DP ternyata keduluan orang beda jam ajah
Hasil GCU ada parking brake cable holder clip yang patah tapi katanya itu penyakit umum, jadi tinggal di klaim ajah (kan masi warranty). Yowis lah, bungkus di 555jt dengan pajak dan BRI sampe oktober, BSI sampe 2024.
kalo E39 suka belakang, F30 gw suka depannya hehehe
Sekarang ternyata warranty BMW cuma 2 tahun yak, sisanya pakai third party si Sompo jadi coveragenya lebih sempit dan approvalnya lebih panjang. Tapi kemaren claim warranty oke aja sih.
Oke review time:
Probably one of the last FR sedan i’ll have the chance to buy sebelum digantikan era mobil listrik. Mesin B48 2000cc turbonya sejauh ini sangat cukup buat pemakaian di jabotabek. Dimensinya hampir sama lho dengan E39, berasa banget melarnya seri 3 hanya dalam dua generasi dari E46.
The good:
- Hemaaat, pertabo 1:11 kombinasi
- Bangku belakang lega
- Gesit banget. Istri bawanya juga gampang.
- Layar cluster full digitalnya cakep
The bad:
- kenyamanan dan kekedapan di bawah E39. Emang kalo mau adil harusnya E39 bandingin ama F10 ya wkwkwk. Tapi masi lebih nyaman daripada GLA x156 dan w204.
- Kualitas material juga rasanya ngga semewah E39
- Warna interior cognac nya… not for everyone. Gw lebih suka kalau tan atau coklat si, tapi yaudahlah. Jok nya juga bukan kulit asli yak wkwkwk
- Cupholder mendingan dari E39 wkwkwk tapi tempat naro kacamata/ koin / etoll masi dikit
- Spion belum auto retract pas mati (ya tinggal coding si)
- No adaptive cruise control, no 360 cam, no lane departure warnings… yah memang masi mobil tahun 2013 ya hahaha
- AC ga seadem E39, dinginin mobil perlu effort lebih gede
Warna interior
The ugly:
- Kamera mundur kemaren sempet blank 1-2 jam ga tau kenapa, mau restart idrive eh dah nyala sendiri. Ga tau dah wkwkwk
- Parking brake cable clip yang patah itu emang design flaw kayanya. Partnya murah… Masalahnya gantinya ribet
Kesimpulan:
Nice car! Gesit, relatif hemat, tenaga cukup, lega, mayan nyaman, masih warranty jadi lebih tenang. Mungkin bukan pilihan paling bijak, mobil jepang di range harga itu mungkin better value, tapi yah nyenengin istri, happy wife = happy life. E39 masih bisa banget bersaing sama F30 tapi buat operasional harian lebih tenang F30 si