How to Use Diesel w/ Turbocharge + Intercooler

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
HidupMerekLain
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Tue Feb 27, 2007 1:50
Location: Bontang, Kalimantan Timur

How to Use Diesel w/ Turbocharge + Intercooler

Post by HidupMerekLain »

Berhubung baru punya mobil diesel yang sudah c/w turbocharge + intercooler dan mumpung banyak pakar2 per-turbo-an, saya mau tanya:
1. Untuk pemakaian harian dengan jarak pendek-pendek (max. 10 km) per tripnya dan lama perjalanan sebentar-sebentar (average 10 menit-an), bagaimana treatment waktu mau mematikan mesin? Apa perlu sebelum mesin dimatikan diberi waktu dulu mesin distasionerkan? Kalau musti begitu, alangkah repotnya ... Selama ini, kalau sudah sampai di tujuan, mesin saya matikan saja. Paling kalau perjalanannya rada jauh, saya beri jeda sekitar 2 menit sebelum mesin dimatikan.
2. Penjelasan mengenai fungsi intercooler.
Sebelumnya terima kasih banyak!
my.opera.com/mrtaufik
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Berhubung tidak pakai Turbo Timer kalau mematikan mesin ada baiknya tunggu sebentar bbrp detik.

Tapi yg paling penting sih olinya oom, kalau oli kita oke & ganti teratur gak masalah matiin mesin tanpa harus menunggu, yg penting sebelum matiin, mesin jangan di gas2, biarkan mesin stasioner.

Kalau mau install Turbo Timer, yg value 4 money merek Pivot.
* Bukan ajakan Beli *
Danny1205
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Dec 13, 2006 3:52
Location: Jakarta

Post by Danny1205 »

Sekarang sih saya pake Pivot, masang di Auto Fever Kelapa Gading. Harga berikut pasang ngga sampai 1 jt. Biasanya sy set di 30 detik untuk pemakaian dalam kota. Tapi pas kemaren ke ujung kulon (230 km / 4 jam perjalanan) sy set di 3 menit. Nah, alarm baru bisa bekerja setelah mesin mati, kalo di-set 3 menit berarti kudu tunggu 3 menit baru alarm bisa di-aktifkan.
micky black
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Wed Jun 20, 2007 10:48

Post by micky black »

enaknya memang pake turbo timer...dah banya beredar dipasaran(gak kayak 10 th lalu...ampe gw minta bikin timer sendiri, abis merk ARB di roma PI mahal banget). sekarang pake PIVOT(beli th 2003,harga 250 rban, di autotech kemayoran) dan ampe sekarang OK. kalo ribet, bisa di set auto (hehe...kayak argo gt...tergantung loe geber ampe rpm berapa n waktu jalannya).
fxsuprapto
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Fri May 25, 2007 8:46
Location: Balikpapan

Post by fxsuprapto »

banyak sih yang kasih saran pakai timer. Gua sendiri dari dulu nggak pernah pusing untuk tunggu beberapa saat. Asal sudah sampai tujuan ya langsung saja tak bunuh. Mujur kali ya, nggak pernah tuh turbo problem.
micky black
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Wed Jun 20, 2007 10:48

Post by micky black »

yah emang agak nyebelin kalo mau matiin mobil harus nunggu sebentar (idle)...apalagi belum pake timer. But its not a big problem , kalo sekiranya jalannya di dalam perkotaan(macet or padat merayap), nunggu aja kira2 beberapa detik baru matiin(yang penting jangan membiasakan sesaat sebelum matiin mesin, digas gas dulu....biar umur turbo lbh awet). Kalo jalannya ssering pada rpm tinggi(di tol, atau perjalanan ke luar kota dll), yah kira2 aja 30 detik ampe 1 menit(yang penting itu td jangan membiasakan mengocok gas sebelum mesin dimatikan...salah2 bilah turbin bisa aus)