pilihan double cab : Nissan Frontier

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

frontier

pilihan double cab : Nissan Frontier

Post by frontier »

Boss,
Setelah beberapa saat ngumpulin info dari brosur2 dan info di dunia maya, akhirnya kuputuskan pilih Nissan Frontier karena :
1) Tenaganya 150 hp (sementara L-200 Strada cuma 100 hp, dan D-Max 130 hp), Torsi 314. body lebar, ramping.
2) Menurut bengkel di Banjarmasin (yang sering menangani seabreg double cab berbagai merk), mesin Nissan buandel dan selama ini tidak ada masalah kecuali sistem pasokan bbm yang rentan solar oplosan.
3) Harga di Banjarmasin (April 2005) Rp.268 jt, lebih murah dari Ford Ranger versi lengkap atau Isuzu D-Max Rodeo.
4) Frontier dipilih oleh ICRC (palang merah internasional) untuk kendaraan operasional di Aceh (ratusan jumlahnya), tentunya berdasarkan pengalaman selama belasan taun di daerah bencana/perang.

Sekarang odometer mencapai 8000 km, tarikan oke banget..... top speed yang pernah kucapai sekitar 160 km/jam, itupun rasanya gas belum mentok lantai.... cuma bener rentan solar oplosan, sampai pernah harus kuras tanki, kemudian pasang extra fuel filter/water sedimenter merk Racor, dan pasang 2 biji Super Fuel Max di slang saluran bbm sebelum masuk ke injector..... setelah itu tidak pernah masalah lagi dengan solar, asal sering2 Racor dibersihkan (mudah, tinggal copot elemen, kocok2 dalam solar bersih, keringkan, pasang kembali, jangan lupa memompa water sedimenter aslinya, sebelum ngencengin pengunci elemen filter Racor..... :)
designerock
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Oct 04, 2005 14:16
Location: bandung

mo tanya harga

Post by designerock »

saya mo tanya harga untuk pemasangan semua filter2 solar termasuk rancor itu budgetnya berapa ya pa?
terus klo frontier yg saya pake kaki2 depan ko kurang kuat ya selalu bunyi2 dan suara mesin sangat kasar padahal kilometer baru 9000 an
trims
frontier

FRONTIER - MESIN KASAR ?

Post by frontier »

Kok mesin Anda kasar ya ? mungkin saat servis 10.000 km bisa complain kepada bengkel Nissan.... Kalo Frontier saya kok halus suara mesinnya..... apa mungkin karena saya pernah campurkan MILITEC, ke dalam oli mesinnya ? Saya juga pasang Superfuelmax di saluran BBM ke arah injector...... Kalo RACOR harganya sekitar 1,5 juta atau kurang dari itu ya.... Ada di bengkel Nissan.......

Salam,
Torry - Banjarmasin
designerock
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Oct 04, 2005 14:16
Location: bandung

Post by designerock »

rancor di setiap bengkel nissan pasti ada?
jadi di mobil frontier bapak tambahannya apa aja? saya juga berniat pasang seperti yg bapak punya.
trims atas replynya

adam
frontier

Post by frontier »

Maaf terlambat balasna. Tambahan/pengurangan di Nissan Frontier saya cuma :
- Militec-1 (katanya sekali pakai untuk 24.OOO km)
- Superfuelmax -> 2 biji
- Filter Racor itu (mudah2an ada di semua bengkel Nissan)
- Per belakang paling bawah (stopper) saya copot, diganti ganjal bekas per yang dipotong (dengan ketebalan sama dengan aslinya) sehingga bantingan suspensi belakang lebih empuk, toh saya tidak pernah membawa beban berat.....
frontier

Post by frontier »

oh ya, klakson asli yang cuma sebutir dan suaranya kayak klakson Honda Bebek sudah saya ganti dengan model keong stereo.... ceritanya saat mencuci, klakson asli itu kena semprotan air, dan langsung tewas... ya kebetulan, karena sejak awal saya benci suaranya... hehehehe. Lalu sekarang Frontier saya sudah pake tutup bak (bed cover) berkunci....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

IMHO :

Alternative lain utk fuel filter yang dapat dicuci ulang bisa coba Rizor Fuel Filter (RFF), harganya jauh lebih murah dr Racor.

Kalau filter solar di Frontier modelnya juga spt filter oil mobil (spt punyanya Panther) mustinya RFF bisa di aplikasikan.

Kalau suara mesin kasar ada kemungkinan nozzle & injector mampet, sehingga beban pompa injeksi meningkat.

kalau anda menggunakan solar biasa saya sarankan campur additive detergent / dispersant karena solar kita ini sgt miskin additive detergent / dispersant serta kaya akan aromatics, dimana hal tsb. akan cepat membuat endapan pada nozzle & injector.

Additive yg paling ekonomis = Powerfuel, kalau mau sekalian komplit dengan cetane booster bisa coba Redline 85+.

Btw sistem pmpa injeksi Frontier apakah masih Distributor axial VRZ / VP ataukah sudah common rail ?

Kalau masih VRZ / VP anda bisa lakukan purging dengan Liqui Moly Diesel Purge dengan mudah utk membersihkan nozzle & injector mampet.

Utk cara purging anda japri saya aja, nanti saya kirim foto instruksi purging.


salam
frontier

Post by frontier »

Frontier pake sistem apa ya ? apakah common rail ? Nanti gue tanya ke dealer... tapi ada komponen "branstop"... apa itu ya... yang gue tau, sudah ada 4 Frontier di bengkel Nissan, yang nongkrong beberapa minggu... katanya gara2 solar oplosan, branstop-nya udah kena, dan nunggu kiriman branstop baru dari Singgapur..... harganya sekitar 6-7 jutaan... hehehe.....
frontier

Post by frontier »

Maksudku ada 4 Frontier nongkrong di bengkel Nissan Banjarmasin.... BTW, thanx Mr. Turboman, 4 your valuable tips... Anda baru gabung, tapi udah banyak kasih masukan....

Salam,
Frontier - Bjm
designerock
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Oct 04, 2005 14:16
Location: bandung

Post by designerock »

pak sekarang mobil saya malahan makin berisik kaki2 dpn dan mesinnya saya juga sudah pasang rancor
designerock
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Oct 04, 2005 14:16
Location: bandung

Post by designerock »

wah pak sekarang kaki2 dpn dan mesin mobil saya makin berisk padahal mobilnya jarang keluar kilometernya 11000 untuk masalah kaki2 saya berasa dari mulai km 1000 dan sampe sekarang bengkel resmi nissan kesannya lepas tangan, padahal dari mulai 1000km sampe sekarang saya bolak balik bengkel nissan untuk komplain dan ta ada hasil maskipun berenti paling selama 1 ato 2 minggu
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

frontier wrote:Frontier pake sistem apa ya ? apakah common rail ? Nanti gue tanya ke dealer... tapi ada komponen "branstop"... apa itu ya... yang gue tau, sudah ada 4 Frontier di bengkel Nissan, yang nongkrong beberapa minggu... katanya gara2 solar oplosan, branstop-nya udah kena, dan nunggu kiriman branstop baru dari Singgapur..... harganya sekitar 6-7 jutaan... hehehe.....
frontier belom pake common rail, doublecab yang ada di indo yang udah commonrail baru hilux vigo....
tetapi frontier & d-max udah pake sistem injeksi elektronik seperti efi pada mesin bensin.....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

IMHO :

Bila mesin Frontier menggunakan sistem pompa injeksi sekelas VP 44 / VRZ / VP 37 (Distributor Axial) maka ini merupakan kabar baik.

Bila injector kotor maka bisa dilakukan proses Purging secara manual, 1 botol Liqui Moly Diesel Purge di Jkt cuman 80 rebuan.

Utk meningkatkan performa bisa install Rizor Maximizer Full Option yg terdiri dari :

Max. 1
Max. 2B
RFP
RFF


Biayanya masih jauh lebih murah daripada ganti chip / install Superchip.


So kalau sudah install Maximizer Full Option nanti jangan kaget kalau Frontier larinya akan ngacir & kaget karena tidak menyangka kok mesin Diesel suaranya bisa halus & performanya kayak mesin bensin........ :D
frontier

Tips untuk mesin diesel

Post by frontier »

Bung Turboman :
1) apakah proses injector cleaning bisa diminta untuk dikerjakan oleh bengkel resmi Nissan dan kira2 mereka pake cara apa, misalnya di Bjm ?
2) Di mana bisa beli dan install Rizor Maximizer ? Berapa biaya totalnya ? Gimana maintenance-nya ? Berapa banyak kenaikan performa-nya ?
3) Gue bingung juga dengan problem Frontier-nya si Designrock itu... kaki depan & mesinnya berisik katanya... mungkin perlu coba ke bengkel Nissan yang lain di Jakarta ?
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

designerock wrote:wah pak sekarang kaki2 dpn dan mesin mobil saya makin berisk padahal mobilnya jarang keluar kilometernya 11000 untuk masalah kaki2 saya berasa dari mulai km 1000 dan sampe sekarang bengkel resmi nissan kesannya lepas tangan, padahal dari mulai 1000km sampe sekarang saya bolak balik bengkel nissan untuk komplain dan ta ada hasil maskipun berenti paling selama 1 ato 2 minggu
Jika masih dalam garansi, minta ganti :

1. BALL JOINT

2. UCA Bushing

Dua barang di atas memang jadi problem untuk frontier. Pastikan UCA bushing dan Ball Joint dilumasi dengan grease (vaselin)
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: Tips untuk mesin diesel

Post by PenyuTurbo »

Mas Frontier,

Adanya kerusakan dini pada Fuel Supply System, diakibatkan oleh buruknya LUBRICITY SOLAR OPLOSAN. Perlu ditambahkan bahan lubricity.

BIODIESEL mempunyai lubricity yang paling baik. Tambahkan 2% s/d 5% biodiesel kedalam tanki solar, Insyaa Allah, Fuel Supply System akan tahan lama.

Nice to have the diesel additive from Redline. Kalau nggak tersedia bisa bikin sendiri dan nggak kalah dengan Redline.

Untuk bikin biodiesel sebagai campuran solar oplosan :

Bahan-Bahan :
a. Satu Liter Minyak Goreng.
b. 100 cc Methanol (Spiritus)
c. 10 Gram Soda Api (NaOH)

Cara Pembuatan :
- Campurkan 10 gram Soda Api kedalam 100 cc Methanol, aduk sampai semua Soda Api LARUT dalam Methanol.
- Masukkan Larutan Soda Api dan Methanol kedalam minyak Goreng. Lalu aduk betul-betul selama 1 jam (bisa menggunakan blender).
- Tuang kedalam bejada yang transparan. Diamkan sekurang-kurangnya selama 8 JAM.
- Akan ada pemisahan cairan. Lapisan atas berwarna KUNING (inilah BIODIESEL), sedang lapisan bawah berwarna coklat (ini adalah Glycerin atau Sabun).
- Ambil cairan bagian atas (biodiesel) dan masukkan kedalam tanki solar.

Insyaa Allah Fuel Supply system termasuk injectornya nggak gampang mampet.
blue-oval
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Feb 25, 2006 1:22

Post by blue-oval »

saya pemakai ford ranger type hirider (4x2)
waktu pertama beli langsung ngetes, bisa masuk 170 tuh..
designerock
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Oct 04, 2005 14:16
Location: bandung

Post by designerock »

tanya dunk frontier saya, bannya diganti dengan ukuran 33 tapi tenganya ditanjakan jadi ilang sama sekali masa mobil saya ngga kuat naik di tanjakan 45 derajat mesti pake 4wd low gear terus klo di embat dari jauh pake gigi satu keluar bunyi bunian seperti bunyi roda gir karatan dipaksa muter kira kira penyebabnya apa ya mohon bantuannya
thx
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Isuzu D-Max donks........
perbandingan horse power ama bobot paling bagus...
Image
frontier

Post by frontier »

Gue heran banget sama designerock ini.. adaaa aja problem Frontier-nya... Frontier gue sampai sekarang nyaman-nyaman aja kok.... apalagi setelah ngikutin saran Pak PenyuTurbo, setiap 1 full tank solar gue tambahin 50 cc Aceton, tarikan lebih ringan.. Terakhir gue pake 4X4 pilihan 4H, karena jalanan licin oleh hujan, sejauh 150-an km (bukan jalan tol), gas pol terus, dapetnya rata2 1 liter solar = 10,5 km.... mungkin kalo saja jalannya lebih normal gak ngebut dan tanpa mengaktifkan double gardan, bisa dapet sekitar 13 km per liter solar...
micky black
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Wed Jun 20, 2007 10:48

Post by micky black »

emang frontier rentan solar oplosan(punya gw pernah ngos2san gara2 ngisi di SPBU di aderah pandeglang(lupa tuh tempatnya ...gw kapok dah ngisi dekat2 situ), mentok cuman 100km/h...ternyata filter solar bawaan pabrik mampet-pet...untung tinggal ganti oke lagi...bisa ampe 170km/h. Kalo frontier larinya...wah jgn ditanya dah...tinggal upgrade dikit aja...sedan 1600-1800 cc bisa dilawan(pernah gw tes di balap liar, he3x)
norip
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Feb 24, 2010 12:47

Re: pilihan double cab : Nissan Frontier

Post by norip »

akhirnya dapet jg frontier 2003..

waktu mesin dihidupin widih asap putihnya ga karuan.. ternyata tangki full solar oplosan (minyak tanah). terakhir kuras tangki + ganti filter solar asap lsg hilang dan getaran mesin jg berkurang.

mau nyari diesel purging + filter racor diseputaran Medan kira2 dimana yah?

btw ukuran ban standarnya brp ya? ban yg terpasang 33" di pelek standar 15 rada berat gt tarikannya.

thanks
User avatar
boypiliang
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Sat Aug 27, 2011 11:46
Location: padang

Re: pilihan double cab : Nissan Frontier

Post by boypiliang »

pake ban 33 jelas berat om.
pake 31 sih lumayan macho n tetep gagah plus tarikan enteng :ngacir:
merkapa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 476
Joined: Tue Oct 30, 2012 8:48

Re: pilihan double cab : Nissan Frontier

Post by merkapa »

mau nanya kalo masang racor itu kena biaya berapa yah, apa di bengkel surabaya ada ? naksir ama yg satu ini memang , kemaren naik, jalannya kayak mobil bensin