Page 1 of 3

Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 4:38
by rakjatdoni
Semangat Pagi,
Awalnya bikin trit ini karena di perjalanan ke Palembang 2 minggu yg lalu, berpapasan dan melewati puluhan bahkan ratusan truk. Well, dalam sudut pandang ane, truk dengan muatan atau kosong seliweran berarti ekonomi sedang menggeliat, bergerak, bertumbuh. Positif aja sudut pandangnya. Walau di jalanan, jadi tantangan tersendiri melewati konvoi truk tesebut.



Nah, pada kesempatan ini, mau bikin trit tentang ke-khas-an warna tiap truk, yang secara positioning, mudah dikenali bahkan dari jarak jauh sekalipun. Dan beberapa pabrikan secara konsisten mempertahankan warna tersebut, seolah menjadi ciri khasnya, bahkan menjadi sebutan ikonik. contohnya "si kepala kuning", if you know what i meant. Pemilihan warna sendiri menjadi salah satu "attribute" atau ciri khas pada industri yang lain, semisal Provider Telco, Ojek Online, dan lainnya. Menjadi menarik karena beberapa truk, punya varian warna lainnya.

Berikut hasil pengamatan ane. Oiya, beberapa referensi ada di artikel http://otomotif.liputan6.com/read/21981 ... -indonesia.

1. Si Kepala Kuning
inilah merk paling jamak di dunia truk di Indonesia, terutama truk light duty. Mitsubishi Colt Diesel, atau Canter. Punten, ga punya data penjualannya, namun pengamatan di lapangan, eh, di jalanan, banyak banget yang pake truk ini.

4th generation
Image

7th generation
Image

2. Si Kepala Hijau Muda.
Merk ini punya iklan yang ane inget bgt, dan warna ijo nya memang ikonik. Hino Dutro. kalo siang, sangat gampang dikenalin. Varian Ranger nya juga banyak dipakai untuk Heavy duty. Bahkan bus-busnya menyaingi Mercedes.



Hino Dutro
Image

3. Si Kepala Putih.
Kalo kata om Ginting, ini otot Indonesia, hehe. Isuzu Elf. Lumayan banyak juga. Salah satu yang paling banyak dipakai untuk angkot, seperti K-01 Bekasi - Pulogadung, atau Bekasi - Cikarang. Dan menjadi andalan banyak travel juga. Varian Giga juga sering liat di kawasan Industri.

5th generation
Image

6th generation
Image

4. Si Kepala Merah.
Kurang kelihatan, mungkin tersaingi sama Hino (TMC merupakan induk dari Hino) dan passenger cars yang lebih dominan. Namun yang pakai merk Toyota Dyna masih lumayan. Yang suka liat di jalanan malah yang warna putih kelir biru, merk es krim. Oiya, di websitenya juga ada pilihan warna biru dan putih. Jadi agak bias juga masuk di "kepala merah", tapi yg paling sering keliatan memang warna merah.

Toyota Dyna
Image

biru
Image

5. Si Kepala Biru.
Hyundai Mighty, baru tau kalo namanya itu. Beberapa tahun lalu sering dipakai di instansi pemerintah. Lumayan menarik warnanya, agak2 biru langit gitu. di GIIAS kemarin infonya launching warna putih.

biru
Image

Produsen truk pun dalam produksinya juga mengakomodir kebutuhan tertentu dari buyer, misalnya Pertamina dengan warna merahnya. Demikian trit ini, mohon maaf kalo ketidakakuratan banyak muncul. Just for fun gaes. :mky_01:
Kalo rekan SM mau nambahin info atau gambar, amat dipersilakan.

Re: Warna Khas Truk Medium

Posted: Wed Nov 29, 2017 5:19
by Or4cle
Sedikit koreksi ... Yang dimaksud oleh TS itu masuk kategori light truck (bukan medium truck), dengan tonase sekitar 2 tons dengan bobot kotor dibawah 10 tons. Light truck ini ada yang memiliki ban 4 ban dan 6 ban, dengan model angkut : box, bak kayu/besi, loss bak, dll

Yang masuk kategori medium truck adalah truck dengan tonase 5 tons, dengan bobot kotor antara 10 - 24 tons, baik yang dilengkapi penggerak 4x2, 6x2 dan 6x4, dengan model angkut : box/wing box, bak, loss bak, dump truck, dll

Re: Warna Khas Truk Medium

Posted: Wed Nov 29, 2017 6:18
by rakjatdoni
Or4cle wrote: Wed Nov 29, 2017 5:19 Sedikit koreksi ... Yang dimaksud oleh TS itu masuk kategori light truck (bukan medium truck), dengan tonase sekitar 2 tons dengan bobot kotor dibawah 10 tons. Light truck ini ada yang memiliki ban 4 ban dan 6 ban, dengan model angkut : box, bak kayu/besi, loss bak, dll

Yang masuk kategori medium truck adalah truck dengan tonase 5 tons, dengan bobot kotor antara 10 - 24 tons, baik yang dilengkapi penggerak 4x2, 6x2 dan 6x4, dengan model angkut : box/wing box, bak, loss bak, dump truck, dll
trims koreksinya oom,
:big_okay:
ane ngutip Medium size di Wikipedia nya Isuzu Elf.

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 8:31
by Zaxis
Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 9:03
by Or4cle
Zaxis wrote: Wed Nov 29, 2017 8:31 Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet
Tergantung yang dimaksud dengan light truck yang mana ... apakah yang ban 4 ? atau yang ban 6?
Kalau ban 4 dimuat sampai 10 ton = mencrettt, pecah ban ... istilah sopir terduduk itu mobil.

Tidak ada medium truck yang BISA muat 35 - 40 tons.
Muatan 35 - 40 tons itu sudah masuk ke truck trintin, tronton, trinton dan trailer

Lebih simplenya truck biasanya diklasifikasikan berdasarkan konfigurasi sumbu roda

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 9:37
by Rundeer
Zaxis wrote: Wed Nov 29, 2017 8:31 Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet
Mau sebesar apapun truknya, akan dipaksa sampe muatannya setinggi pohon kelapa kalau bisa :big_slap:

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 9:43
by rakjatdoni
Or4cle wrote: Wed Nov 29, 2017 9:03
Zaxis wrote: Wed Nov 29, 2017 8:31 Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet
Tergantung yang dimaksud dengan light truck yang mana ... apakah yang ban 4 ? atau yang ban 6?
Kalau ban 4 dimuat sampai 10 ton = mencrettt, pecah ban ... istilah sopir terduduk itu mobil.

Tidak ada medium truck yang BISA muat 35 - 40 tons.
Muatan 35 - 40 tons itu sudah masuk ke truck trintin, tronton, trinton dan trailer

Lebih simplenya truck biasanya diklasifikasikan berdasarkan konfigurasi sumbu roda
di tol japek hari ini ada kecelakaan, muatannya menimpa kabin pengemudi. entah apakah kelebihan muatan atau bukan..

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 9:56
by Rundeer
rakjatdoni wrote: Wed Nov 29, 2017 9:43
Or4cle wrote: Wed Nov 29, 2017 9:03
Zaxis wrote: Wed Nov 29, 2017 8:31 Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet
Tergantung yang dimaksud dengan light truck yang mana ... apakah yang ban 4 ? atau yang ban 6?
Kalau ban 4 dimuat sampai 10 ton = mencrettt, pecah ban ... istilah sopir terduduk itu mobil.

Tidak ada medium truck yang BISA muat 35 - 40 tons.
Muatan 35 - 40 tons itu sudah masuk ke truck trintin, tronton, trinton dan trailer

Lebih simplenya truck biasanya diklasifikasikan berdasarkan konfigurasi sumbu roda
di tol japek hari ini ada kecelakaan, muatannya menimpa kabin pengemudi. entah apakah kelebihan muatan atau bukan..
Yg ngangkut baja itu ya om? Itu sih fix kelebihan muatan, pas truknya ngerem mendadak muatannya terdorong ke depan dan menimpa kabin..

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 10:19
by ipat
Rundeer wrote: Wed Nov 29, 2017 9:56
rakjatdoni wrote: Wed Nov 29, 2017 9:43
Or4cle wrote: Wed Nov 29, 2017 9:03

Tergantung yang dimaksud dengan light truck yang mana ... apakah yang ban 4 ? atau yang ban 6?
Kalau ban 4 dimuat sampai 10 ton = mencrettt, pecah ban ... istilah sopir terduduk itu mobil.

Tidak ada medium truck yang BISA muat 35 - 40 tons.
Muatan 35 - 40 tons itu sudah masuk ke truck trintin, tronton, trinton dan trailer

Lebih simplenya truck biasanya diklasifikasikan berdasarkan konfigurasi sumbu roda
di tol japek hari ini ada kecelakaan, muatannya menimpa kabin pengemudi. entah apakah kelebihan muatan atau bukan..
Yg ngangkut baja itu ya om? Itu sih fix kelebihan muatan, pas truknya ngerem mendadak muatannya terdorong ke depan dan menimpa kabin..
Kernet temen saya juga pernah,pas muat betoneser(besi batangan), pas truk nabrak dia ketusuk muatan dari belakang

Yg lagi musim sekarang Isuzu Elf Nmr,karna dia kabin persis versi tronton, punya saya canter kepala kuning yg tahun ini keluar edisi spesial 1jt unit

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 11:39
by POS VETT
Kalau di sini istilah "light duty" untuk pikap. Kalau yang kelasnya di atas "1-ton" dan untuk kuda beban dinamakan Commercial Duty. Light duty pickup warna khasnya hitam buat gw hahaha

Image

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 12:10
by rakjatdoni
POS VETT wrote: Wed Nov 29, 2017 11:39 Kalau di sini istilah "light duty" untuk pikap. Kalau yang kelasnya di atas "1-ton" dan untuk kuda beban dinamakan Commercial Duty. Light duty pickup warna khasnya hitam buat gw hahaha

Image
ok om Tom, masuk hitungan deh: warna hitam (walau double cabin, hehe)
:big_deal:

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 12:23
by daftar
oot nih, kalo truk yang buat angkut motor gitu apa nggak menyalahi aturan ya? lebar dan panjangnya udah kayak kelas medium truck
Image


kalo buat dump truk angkut pasir disini sih kebanyakan kepala putih

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 12:54
by Ajun06
daftar wrote:oot nih, kalo truk yang buat angkut motor gitu apa nggak menyalahi aturan ya? lebar dan panjangnya udah kayak kelas medium truck
Image


kalo buat dump truk angkut pasir disini sih kebanyakan kepala putih
Ini bukannya yang dibilang CDD Long ya om?

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 13:47
by ipat
daftar wrote: Wed Nov 29, 2017 12:23 oot nih, kalo truk yang buat angkut motor gitu apa nggak menyalahi aturan ya? lebar dan panjangnya udah kayak kelas medium truck
Image


kalo buat dump truk angkut pasir disini sih kebanyakan kepala putih
Itu masih "standard" kalo dipantura,ada yg panjang+lebar hampir menyamai truk tronton,kadang ada yg pake kepala kuning versi widecab,lebih lebar lagi...
Yg dijawa masih "normal,kalo truk lintas malah tronton(fuso/hino/UD)bak disambung hampir 2x bak standar demi muatan banyak..
Isuzu memang mantab,irit dan roso(kata mbah marijan), kalo tanjakan bisa diandalkan,beda sama kepala kuning yg ngos2an kalo ketemu tanjakan

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 14:00
by coklatMetalik
Kalo truk2 Mercedes rata2 merah. Mulai dr Bagong L911, LP911 kepala kotak, 917, MB700, sampel axor punya pabrik rokok, kebanyakan warnanya merah

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 14:45
by Zaxis
Or4cle wrote: Wed Nov 29, 2017 9:03
Zaxis wrote: Wed Nov 29, 2017 8:31 Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet
Tergantung yang dimaksud dengan light truck yang mana ... apakah yang ban 4 ? atau yang ban 6?
Kalau ban 4 dimuat sampai 10 ton = mencrettt, pecah ban ... istilah sopir terduduk itu mobil.

Tidak ada medium truck yang BISA muat 35 - 40 tons.
Muatan 35 - 40 tons itu sudah masuk ke truck trintin, tronton, trinton dan trailer

Lebih simplenya truck biasanya diklasifikasikan berdasarkan konfigurasi sumbu roda
Light truck ban 6 muat batubara 10 ton,tipe canter elf dutro dan temen2 nya

Loh kalo 6x4 itu apa nama nya om kalo bukan tronton?fuso oren atau hino lohan itu
Ukuran bak aja ada yg panjang 7 m tinggi 2 m tinggal itung aja uda brp kubik

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 15:35
by ak4ng
Kalo saya patokannya canter 4ban long maupun short bisa 6ton, yg 6 ban 10ton,

Btw hino 500 lohan (ijo) yg paling panjang itu FL 235/240crd panjang bak bersih nya 10meter, kalo giga (putih) fvm 34w juga sama panjang bak bersih nya 10M, biasa jadi wingbox or lossbak :big_love: kuat muatan 40ton or lebih kalo datar2 aja soalnya 6x2 doang, :big_love: fuso 2325 (oren) long 6x2 katanya sih aga letoy sasisnya kalo overload gampang bengkok, entah bner or ngak blm nyoba, ni fuso malah kebolak pake hedlem canter :big_bored: elf pake hedlem giga :big_exellent: desainernya kebanyakan minum kayanya :big_slap:

Cmiiw

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 16:21
by Or4cle
Zaxis wrote: Wed Nov 29, 2017 14:45
Or4cle wrote: Wed Nov 29, 2017 9:03
Zaxis wrote: Wed Nov 29, 2017 8:31 Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet
Tergantung yang dimaksud dengan light truck yang mana ... apakah yang ban 4 ? atau yang ban 6?
Kalau ban 4 dimuat sampai 10 ton = mencrettt, pecah ban ... istilah sopir terduduk itu mobil.

Tidak ada medium truck yang BISA muat 35 - 40 tons.
Muatan 35 - 40 tons itu sudah masuk ke truck trintin, tronton, trinton dan trailer

Lebih simplenya truck biasanya diklasifikasikan berdasarkan konfigurasi sumbu roda
Light truck ban 6 muat batubara 10 ton,tipe canter elf dutro dan temen2 nya

Loh kalo 6x4 itu apa nama nya om kalo bukan tronton?fuso oren atau hino lohan itu
Ukuran bak aja ada yg panjang 7 m tinggi 2 m tinggal itung aja uda brp kubik
Truck ban 6 kapasitas muatnya bahkan sampai 15 tons ( tergantung kondisi jalan). Di perusahaan ekspedisi lintas Sumatera (Lampung/Palembang/Jambi) sangat lumrah muat di antara 12 - 15 tons.

Naaahh kalau 6x4 itu masuk dalam kategori tronton. Contohnya tronton fuso, baik yang lokal (6x2) maupun yang built-up (6x4), dengan panjang bak antara 7 - 9,6 meter, bahkan ada yang sampai 11 meter (jarang)

Untuk fuso built-up yang sering dipakai adalah the great dan super great dengan seri 6D22 dan 6D40, biasanya dipakai perusahaan ekspedisi baik bak besi maupun wing box.

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 16:21
by Or4cle
Zaxis wrote: Wed Nov 29, 2017 14:45
Or4cle wrote: Wed Nov 29, 2017 9:03
Zaxis wrote: Wed Nov 29, 2017 8:31 Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet
Tergantung yang dimaksud dengan light truck yang mana ... apakah yang ban 4 ? atau yang ban 6?
Kalau ban 4 dimuat sampai 10 ton = mencrettt, pecah ban ... istilah sopir terduduk itu mobil.

Tidak ada medium truck yang BISA muat 35 - 40 tons.
Muatan 35 - 40 tons itu sudah masuk ke truck trintin, tronton, trinton dan trailer

Lebih simplenya truck biasanya diklasifikasikan berdasarkan konfigurasi sumbu roda
Light truck ban 6 muat batubara 10 ton,tipe canter elf dutro dan temen2 nya

Loh kalo 6x4 itu apa nama nya om kalo bukan tronton?fuso oren atau hino lohan itu
Ukuran bak aja ada yg panjang 7 m tinggi 2 m tinggal itung aja uda brp kubik
Truck ban 6 kapasitas muatnya bahkan sampai 15 tons ( tergantung kondisi jalan). Di perusahaan ekspedisi lintas Sumatera (Lampung/Palembang/Jambi) sangat lumrah muat di antara 12 - 15 tons.

Naaahh kalau 6x4 itu masuk dalam kategori tronton. Contohnya tronton fuso, baik yang lokal (6x2) maupun yang built-up (6x4), dengan panjang bak antara 7 - 9,6 meter, bahkan ada yang sampai 11 meter (jarang)

Untuk fuso built-up yang sering dipakai adalah the great dan super great dengan seri 6D22 dan 6D40, biasanya dipakai perusahaan ekspedisi baik bak besi maupun wing box.

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Wed Nov 29, 2017 16:38
by Or4cle
ak4ng wrote: Wed Nov 29, 2017 15:35 Kalo saya patokannya canter 4ban long maupun short bisa 6ton, yg 6 ban 10ton,

Btw hino 500 lohan (ijo) yg paling panjang itu FL 235/240crd panjang bak bersih nya 10meter, kalo giga (putih) fvm 34w juga sama panjang bak bersih nya 10M, biasa jadi wingbox or lossbak :big_love: kuat muatan 40ton or lebih kalo datar2 aja soalnya 6x2 doang, :big_love: fuso 2325 (oren) long 6x2 katanya sih aga letoy sasisnya kalo overload gampang bengkok, entah bner or ngak blm nyoba, ni fuso malah kebolak pake hedlem canter :big_bored: elf pake hedlem giga :big_exellent: desainernya kebanyakan minum kayanya :big_slap:

Cmiiw
Koreksi dikit ... canter 4 ban payload standar sekitar 3,3 tons dan paling maksimal 4 tons.

Kalau muatan 40 tons itu makanan sehari-hari Fuso built-up. Dengan kapasitas muat besar maka gak heran the great & super great masih banyak dipakai sebagai kuda perah ekspedisi.

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Thu Nov 30, 2017 2:52
by dsign1990
ipat wrote: Wed Nov 29, 2017 13:47
daftar wrote: Wed Nov 29, 2017 12:23 oot nih, kalo truk yang buat angkut motor gitu apa nggak menyalahi aturan ya? lebar dan panjangnya udah kayak kelas medium truck
Image


kalo buat dump truk angkut pasir disini sih kebanyakan kepala putih
Itu masih "standard" kalo dipantura,ada yg panjang+lebar hampir menyamai truk tronton,kadang ada yg pake kepala kuning versi widecab,lebih lebar lagi...
Yg dijawa masih "normal,kalo truk lintas malah tronton(fuso/hino/UD)bak disambung hampir 2x bak standar demi muatan banyak..
Isuzu memang mantab,irit dan roso(kata mbah marijan), kalo tanjakan bisa diandalkan,beda sama kepala kuning yg ngos2an kalo ketemu tanjakan
biasanya punya pabrik spring bed sama tangki penyimpanan air

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Thu Nov 30, 2017 3:23
by rakjatdoni
coklatMetalik wrote: Wed Nov 29, 2017 14:00 Kalo truk2 Mercedes rata2 merah. Mulai dr Bagong L911, LP911 kepala kotak, 917, MB700, sampel axor punya pabrik rokok, kebanyakan warnanya merah
sepengamatan ane, agak jarang Mercedes di kelas light duty spt list ane. tadinya mau ane tulis di kepala merah oom, tapi berhubung beda kelas, ga masuk list.
di kelas yg sama dgn mercedes tsb, Hino Ranger sering pake kelir Orange.

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Thu Nov 30, 2017 4:06
by ipat
UD truk ngeluarin Light truk buat ngelawan elf sama canter,tapi sampe sekarang blm ada yg keliatan dijalan...
Malah truk Siba/Krakatau udah pake Volvo FH16

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Thu Nov 30, 2017 7:24
by ginting
ipat wrote: Wed Nov 29, 2017 13:47
daftar wrote: Wed Nov 29, 2017 12:23 oot nih, kalo truk yang buat angkut motor gitu apa nggak menyalahi aturan ya? lebar dan panjangnya udah kayak kelas medium truck
Image


kalo buat dump truk angkut pasir disini sih kebanyakan kepala putih
Itu masih "standard" kalo dipantura,ada yg panjang+lebar hampir menyamai truk tronton,kadang ada yg pake kepala kuning versi widecab,lebih lebar lagi...
Yg dijawa masih "normal,kalo truk lintas malah tronton(fuso/hino/UD)bak disambung hampir 2x bak standar demi muatan banyak..
Isuzu memang mantab,irit dan roso(kata mbah marijan), kalo tanjakan bisa diandalkan,beda sama kepala kuning yg ngos2an kalo ketemu tanjakan
Dugaan saya sih karena Kepala Kuning itu "Born to run", rasio giginya kayaknya untuk ngejar kecepatan di jalan rata...Juga mesinnya kuat di RPM menengah atas..

Kalau si Otot Indonesia (demikian tulisan di Mug hadiah beli iMuX) menang di flat torque dan rasio gigi...

Btw, kalau di penggunaan angkut penumpang yg ukuran bus "tanggung" , semua bus antar kota dalam provinsi sudah kadung dipanggil "Elf" walaupun mereknya Mitsu, Toyota, Hino, dll...Mungkin karena Isuzu Elf yg merajai...(sama kayak motor di Medan/Aceh dipanggil "Honda"..padahal bisa saja Yamaha/Suzuki)..

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Posted: Thu Nov 30, 2017 7:34
by coklatMetalik
Sebetulnya dulu pertama kali colt diesel keluar (T200) kan warna biru telor asin, mirip colt T100&T120. Pas ganti model, klo gk salah taun 79, ikut ganti warna jd kuning & warna itu yg dipake smp skrg