Page 3 of 4

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Wed Sep 14, 2016 4:34
by satrialiar69
sammyjimun wrote:
GriffinMelet wrote: Punya siba yang ambil second dari UK aja standar emisinya diturunin (daf cf,volvo fh,fm,scania R 420 ) dari negara asal sudah euro 5, sampe sini dituruninn jadi euro 2 wkwk, teknisnya saya gak tau gimana (saya diberi info sama teman saya yang kerja di siba) soal spare part kalo sekarang sudah mulai banyak beredar di sini soalnya masing" merk sudah ada APMnya (iveco belum pernah denger ada APMnya meskipun sudah beberapa kali lihat di pantura/sekitaran priok )
klo Iveco APMnya grup Trakindo

lebih spesifiknya diageni oleh Cakra Jawara

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Wed Sep 14, 2016 6:04
by newrubble
bubar yg core biz krn anak n cucu affan bersaudara focus on hotels n travels

tapi start up mrk (telephony n remote sensing) amalgam indocorpora masih tdk jauh dr lindeteves di sebrang tempat lama

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Sun Oct 02, 2016 8:06
by coklatMetalik
BTW, saya jd penasaran...

Di jalanan, mayoritas truk thn 60-90an yg kelihatan ya merk Fuso, (dan Mercedes). Hino bisa dibilang hanya sedikit...
Keadaan sebaliknya untuk truk2 baru (2000-skrg), Fuso baru hanya sedikit, kalah oleh Hino Ranger Lohan baru kepala hijau (Bahkan td saya browsing market share Fuso cuma sekitar 20%, Hino Ranger 60%)....

Kira2 kenapa ya Hino Ranger bisa mengalahkan Fuso???

(Ini yg dibicarakan truk besar ya, bukan truk kecil Ukuran Colt Diesel, kalo di segmen truk kecil sih jelas Colt Diesel juara)

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Sun Oct 02, 2016 10:24
by newrubble
mitsy fuso masuk indo ckd thn 1975 dgn t series u public sales.... t380 (t935 husus u pertamina 3,000 units) dan t200

group lawak kwartet jaya (ateng iskak edisud) jadi icon (sementara benjamin suaeb u t120)

cukup extensive trutama sbg fabriek (direct investment pertama) yg lakukan engine block production di indo meski tdk bisa kalahkan dominasi market benz 911

(star motors indo adalah fabriek pertama di indo yg punya ..... istilah mrk .... flying workshop dgn jaminan 7x24 jam atau gratis meski tdl ada public promo nya)

skitar 1983-85 pelanpelan fuso t380 ilang dr jalanan jkt meski mrk masih byk di jkt krn 1 per 1 mulai ganti cabin 1981 fk series spy aman dr gangguan dllajr yg saat itu hobby stop trucks tua

1984 mulai ckd fm series meski tetap blm bisa kalahkan benz dengan 917 series

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Sun Oct 02, 2016 11:04
by coklatMetalik
newrubble wrote:mitsy fuso masuk indo ckd thn 1975 dgn t series u public sales.... t380 (t935 husus u pertamina 3,000 units) dan t200

group lawak kwartet jaya (ateng iskak edisud) jadi icon (sementara benjamin suaeb u t120)

cukup extensive trutama sbg fabriek (direct investment pertama) yg lakukan engine block production di indo meski tdk bisa kalahkan dominasi market benz 911

(star motors indo adalah fabriek pertama di indo yg punya ..... istilah mrk .... flying workshop dgn jaminan 7x24 jam atau gratis meski tdl ada public promo nya)

skitar 1983-85 pelanpelan fuso t380 ilang dr jalanan jkt meski mrk masih byk di jkt krn 1 per 1 mulai ganti cabin 1981 fk series spy aman dr gangguan dllajr yg saat itu hobby stop trucks tua

1984 mulai ckd fm series meski tetap blm bisa kalahkan benz dengan 917 series
Nah, saya penasaran sm hino om. Kira2 Knapa skrg bs jd market leader truk gede mengalahkan fuso & benz?

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Sun Oct 02, 2016 12:05
by Nugrohonug
coklatMetalik wrote:BTW, saya jd penasaran...

Di jalanan, mayoritas truk thn 60-90an yg kelihatan ya merk Fuso, (dan Mercedes). Hino bisa dibilang hanya sedikit...
Keadaan sebaliknya untuk truk2 baru (2000-skrg), Fuso baru hanya sedikit, kalah oleh Hino Ranger Lohan baru kepala hijau (Bahkan td saya browsing market share Fuso cuma sekitar 20%, Hino Ranger 60%)....

Kira2 kenapa ya Hino Ranger bisa mengalahkan Fuso???

(Ini yg dibicarakan truk besar ya, bukan truk kecil Ukuran Colt Diesel, kalo di segmen truk kecil sih jelas Colt Diesel juara)
Mungkin karna fuso yg buat market indo (fuso kepala orange) nggak ada pengembangan om,mesin dari dulu tetep 6d16 dgn output max 220ps, sedangkan hino banyak pengembangan &pilihan mesinnya om tenaganya 215ps-320ps,koreksi om kalo salah

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Sun Oct 02, 2016 12:47
by coklatMetalik
Ya, menurut saya pribadi mungkin krn bentuk & mesinnya tdk berubah sejak 80an, dan setau saya mesinnya cm ada 1 model, 220PS

Tapi ini kan cm opini saya sbg orang awam di dunia truk. Makanya saya tanya disini barangkali ada yg lbh ngerti truk punya pendapat lain...

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Sun Oct 02, 2016 15:05
by newrubble
hino tertolong dgn mitsi partial divestment sejak y2k .... sejak non-brand new 8 tonne trucks bole direct importation

tiga perempat truck production tools ex krama yudha relocated to india under daimler india satu minggu ssdh smua truck n bus production tools daimler chrysler indo relocated to respectively turkey, india, zhonghua n south africa

hino indo skrg sdh nego u masuk under toyota indo .... with / without astra ..... current option is private placement to indomobil (hino ) founding shares ex national motors

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Sun Oct 02, 2016 16:24
by Omnibus
kenapa merc 917 ga tetap diproduksi dan jadi primadona? kan lumayan drpd prod tools dikirim ke negara lain

merc actros dkk kan terlalu canggih utk domestic market

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Sun Oct 02, 2016 18:57
by newrubble
out of topic

jadi ingat damri bus airport shuttle halim cengkareng ..... block m cengkareng

coachbuilt by german motor manufacturing

oh306(s) ladder shape ('banteng') dgn front end benz 917 ..... bppt masih punya 1 unit n sering parkir sebelahan benz 508d

Re: RE: Re: Truk Bus Jadul

Posted: Mon Oct 03, 2016 5:44
by marmut
imsus2c wrote:Jadi ingat masa kecil dulu

- Pernah naik bus kota tingkat Leyland
- Habis itu ngerasain bus tingkat ganti generasi pakai Volvo
- Entah kenapa semakin kesini, malah turun kasta, armada bus kota ganti bus Tata, bus tingkat sudah lenyap

#gambar bisa googling sendiri
masih inget sama 30a (rw mangun - ps baru) dan 55 dong? taripnya seinget saya 25 perak buat pelajar, yg kala itu (buat saya) cukup mahal.

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Mon Oct 03, 2016 8:27
by newrubble
hanya wanaherang plant di indo

1 1 nya official remanufacturing services renderred by brandholder .... bus and truck only .... of-1113 (front engine), oh-1521 (rearback engine) accepted

adedanmas (partly owned by teddy pawitra) is collection and post production delivery hub

mau paket hemat urusan repowering mrk tutup mata n ada jasa engine swap dgn weichai / yuchai / dongfeng (benz licensed zhonghua)

asal chasis masih pake asli / remanufactured benz n tdk pake goldendragon (dong feng indo)

ini cara wanaherang plant bertahan idup n sy tdk tau apa benar jadi close down 2020 (pindah vietnam) ..... semoga jadi (lumayan 42 hectare bisa bikin kuburan mewah)

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Mon Oct 03, 2016 10:50
by coklatMetalik
Truk Hino itu CKD ya? Atau CBU? Kalo Mitsubishi?

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Mon Oct 03, 2016 16:17
by newrubble
fuso fj2523 sdh made in india skrg jauh lbh hebat drpd yg dulu dulu yg cuma made in kramayudha

kuli kuli nya di kramayudha sdh success jadi tki smua mgkn

hino di indo dibuat di purwakarta plant (fabriek yg thn 1996 dulu tanah nya di siapkan u ckd porsche 911 tapi batal gara gara marvia poraga) .... sejak 2009 ahir toyota dyna juga released from hino.motors manufacturing, purwakarta

di hmmi hino ada 93% dan indomobil 7% (2009: 90% vs 10%)

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Mon Oct 03, 2016 16:54
by daftar
coklatMetalik wrote:Ya, menurut saya pribadi mungkin krn bentuk & mesinnya tdk berubah sejak 80an, dan setau saya mesinnya cm ada 1 model, 220PS

Tapi ini kan cm opini saya sbg orang awam di dunia truk. Makanya saya tanya disini barangkali ada yg lbh ngerti truk punya pendapat lain...
betul model yang gak ganti dan varian yang terbatas salah satu sebab,
tapi kenapa truk kecil (3/4) itu mitsy tetap paling laku beda sama truk besarnya yg didominasi hino, karena pengguna truk besar itu beda dengan truk kecil, kalo truk besar yang beli sebagian besar adalah perusahaan, sementara truk kecil lebih didominasi pembeli perorangan. karakter orang indo itu kan kalo beli masih banyak yang kolot apalagi orang desa (pangsa besar truk kecil): kalo nggak kepala kuning bukan truk, yg paling bagus mitsy.,
beda sama mindset perusahaan (sebagai pangsa truk besar)) yang kalo beli kendaraan pertimbangannya lebih luas, mana yg ekonomis, spesifikasi yg cocok, benefit yg banyak, dsb, dengan varian truk hino yg lebih banyak jelas kalah lah sih mitsy.
tapi sekarang untuk truk kecil yang milik perusahaan sudah banyak kok yang pake selain mitsu, lihat saja truk box atau ekspedisi, banyak yang pakai hino atau elf.

ohya truk fuso seri FJ modelnya udah keren tapi denger2 punya kelemahan sasisnya letoy, jelas gak cocok untuk indo yg suka ngasih muatan overweight

Re: RE: Re: Truk Bus Jadul

Posted: Tue Oct 04, 2016 5:40
by marmut
coklatMetalik wrote:Truk Hino itu CKD ya? Atau CBU? Kalo Mitsubishi?
hino super ranger..... sticker "super ranger"nya bikin di kantor bapak saya tahun 90an silam.
jaman enak taun segitu, dapet order booklet nissan cwa. sayang entah kemana tuh bookletnya. nanti kalo udah ketemu saya upload.

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Tue Oct 04, 2016 8:12
by coklatMetalik
Ohh iya. Yg generasi taun 90an itu disebut Super Ranger, kalo yg skrg (lohan) itu Jumbo Ranger. CMIIW...

Fuso FJ2523 itu yg kepalanya model baru, chassis panjang, 6x2 ya? Yg saya lihat di jalanan sih masih sangat jarang. Untuk tronton chassis panjang yg sering terlihat ya Hino, atau Fuso kepala kuno KTB, dan Fuso Super Great impor bekas...

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Wed Oct 19, 2016 7:54
by fuad2006
newrubble wrote:hanya wanaherang plant di indo

1 1 nya official remanufacturing services renderred by brandholder .... bus and truck only .... of-1113 (front engine), oh-1521 (rearback engine) accepted

adedanmas (partly owned by teddy pawitra) is collection and post production delivery hub

mau paket hemat urusan repowering mrk tutup mata n ada jasa engine swap dgn weichai / yuchai / dongfeng (benz licensed zhonghua)

asal chasis masih pake asli / remanufactured benz n tdk pake goldendragon (dong feng indo)

ini cara wanaherang plant bertahan idup n sy tdk tau apa benar jadi close down 2020 (pindah vietnam) ..... semoga jadi (lumayan 42 hectare bisa bikin kuburan mewah)
Damri Bandung ada beberapa unit yg direpowering di Wanaherang.
PO SAN beberapa unitnya repowering dengan yuchai. Kalo ketemu SAN dengan emblem SANCHAI. itu berarti repowering dengan yuchai....
berarti ini yg OM NR bilang tanah mau dijual di Wanaherang itu?

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Thu Oct 20, 2016 2:23
by coklatMetalik
regram @basukibtp
Bus Transjakarta desain Vintage hadir di koridor 1,5 dan 6. Ke depan akan ada versi bus tingkatnya.

https://www.instagram.com/p/BLxBMqCA10t/

Yg di foto itu bentuknya persis bus damri tua yg di Bandung msh berkeliaran sampe awal 2015....

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Thu Oct 20, 2016 3:31
by grandis_GT
Kayaknya sekarang pangsa pasar bus , mercedes sudah tidak terlalu dominan lgi , Scania mulai naik daun , saya perhatikan beberapa tahun terakir di facebook dan instagram lebih banyak scania K360 dan K460 triple axle yg masuk karoseri di banding OH1836 dan OCRF 2542 . Program busway nasional juga semua pake Hino RK 260, mungkin ini yg menyebabkan wanaherang mau tutup :ungg: , cmiiw

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Fri Oct 21, 2016 1:12
by fuad2006
busway yang terbaru pake Scania K250, K310 Maxi (triple axle), OH 1726 dan OH 1526. Yang vintage series pake OH 1526 buatan tentrem, low floor pake K250 dan OH 1726.
OC 2542 RF dipake buat bis tingkat di Jakarta, untuk AKAP baru di Aceh... menyusul Gunung Harta Malang-Jkt-Bogor...
Apa karena KTB jadi ATPM MFTB maka perakitan bus & truk MB gabung di KTB? Secara di India sudah jadi 1....

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Thu May 17, 2018 8:38
by martinnn
kenapa di indo gak ada truk truk dengan bonnet besar macam optimus prime ya

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Thu May 17, 2018 9:07
by IGedeAmat
martinnn wrote: Thu May 17, 2018 8:38 kenapa di indo gak ada truk truk dengan bonnet besar macam optimus prime ya
menyesuaikan dengan situasi dan kondisi mungkin,
kondisi jalan yang gak mendukung, situasi yang gak membutuhkan truk2 semacam itu,

USA kayaknya pake truk semacam itu buat transport jarak jauh west coast to east coast,
yang kalo jaraknya disini setara Banda Aceh ke Maluku..

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Thu May 17, 2018 9:19
by liemivan86
martinnn wrote:kenapa di indo gak ada truk truk dengan bonnet besar macam optimus prime ya
Jawaban nya 2: turning radius dan boros.

Di fleet kami dulu ada truk Mack, tenaga gede sih, tapi ya gitu, nda bisa belok. Begitu masuk jalan kecil, habis dah, entah harus maneuver berapa kali baru bisa lolos.

Sekarang, semua armada pakai Volvo dan UD trucks, dan ada 1 MAN yang dipotong chassis demi turning radius kecil. Jauh lebih enak dipakai daripada Mack yang Amerika banget itu.

Ini di luar masalah kecil lain seperti sparepart, perawatan, dll ya...

Re: Truk Bus Jadul

Posted: Thu May 17, 2018 9:47
by GriffinMelet
daftar wrote: Mon Oct 03, 2016 16:54
coklatMetalik wrote:Ya, menurut saya pribadi mungkin krn bentuk & mesinnya tdk berubah sejak 80an, dan setau saya mesinnya cm ada 1 model, 220PS

Tapi ini kan cm opini saya sbg orang awam di dunia truk. Makanya saya tanya disini barangkali ada yg lbh ngerti truk punya pendapat lain...
betul model yang gak ganti dan varian yang terbatas salah satu sebab,
tapi kenapa truk kecil (3/4) itu mitsy tetap paling laku beda sama truk besarnya yg didominasi hino, karena pengguna truk besar itu beda dengan truk kecil, kalo truk besar yang beli sebagian besar adalah perusahaan, sementara truk kecil lebih didominasi pembeli perorangan. karakter orang indo itu kan kalo beli masih banyak yang kolot apalagi orang desa (pangsa besar truk kecil): kalo nggak kepala kuning bukan truk, yg paling bagus mitsy.,
beda sama mindset perusahaan (sebagai pangsa truk besar)) yang kalo beli kendaraan pertimbangannya lebih luas, mana yg ekonomis, spesifikasi yg cocok, benefit yg banyak, dsb, dengan varian truk hino yg lebih banyak jelas kalah lah sih mitsy.
tapi sekarang untuk truk kecil yang milik perusahaan sudah banyak kok yang pake selain mitsu, lihat saja truk box atau ekspedisi, banyak yang pakai hino atau elf.

ohya truk fuso seri FJ modelnya udah keren tapi denger2 punya kelemahan sasisnya letoy, jelas gak cocok untuk indo yg suka ngasih muatan overweight
FJ emang aga letoy om chassisnya, kebanyakan di tambahin plat lagi biar ga bengkok chassisnya