New Isuzu D-Max

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: New Isuzu D-Max

Post by billyd1773dz »

noobs sya om.. hahahah :D

betul2 ujungnya tech yang berperan, g bisa generalisir cc kecil dan cc besar karakternya akan bagaimana, toh dgn tech karakternya bisa saling mirip. dan jika tech itu diterapkan di cc gede tentu hasilnya bisa lebih gila lagi.


duster awal mungkin y om... :D yg 4x4 awal torque peak masih di 2200.. klw yg FL 1700rpm namun di bawah itu juga teriak. klw yg 4x2 fgt sya blm pernah coba. cc besar macam 4D56 did jg di lowrev <2000rpm tidak bisa dibilang kuat ya.

1KD memang lebih linier sya coba di hilux. cc besar atleast sblm boost uda kebantu displacementny, meski ada juga yg cc uda 3.0 .. tetep aja lariny g lebih baik dri cc kecil yg lebih modern, terutama highrevny



klw uda bicara modifikasi untuk achieve hp sebesar2nya tentu paling bagus displacement + fc :D no doubt about it.


wkwk ujung2nya kita tunggu aja 1.9 isuju ini... mungkin g akan masuk di indo.... :D klw msk dipasang di dmax.. smoga harganya bisa bersahabat n spekdownny di kurangin.



:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Isuzu D-Max

Post by Turboman »

Biasanya kemungkinan besar mesin2 cc kecil yang "diperas" or dipaksa pompa power gede dia dalam bekerja akan lebih panas

1900 cc dgn 150 hp sama aja spt 2 KD di set utk mompa 200 hp

AFR mesin diesel std biasa di set 1:20 or 1:21 ( se rendah2 nya 1:19), ga heran Turbo nya relatif gede thd ukuran si mesin.

Agak pesimis low end Torque nya scr riil bisa spt mesin 2.5 walau mmg di atas 2000 RPM sih pasti ngacir (walau bisa kita tweak utk melebarkan kurva)

Mungkinkah produsen kasih billet compressor wheel di Turbo ? Utk mesin produksi massal sih gak mungkin (kalo pake billet comp wheel yg lebih ringan, turbo spool faster)

Bisa juga Turbo dibikin kecil Turbin housingnya dgn harapan dia spool faster dan Comp wheel agak besar.

Kompensasinya bisa juga di gear ratio gigi 1 yg dibuat lebih "pendek"

Trus FRP maen di 1800 or mungkin maen di 2000 bar.

Well, gimanapun kudu TD dulu......

Kalo harapan ane : mudah2 an next Panther si RU30 benar2 terealisasi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Isuzu D-Max

Post by Turboman »

Ane baca2 lagi spek mesin RZ4E-TC ini

Torsi max di 1800 - 2600 RPM

Kalo brosur nulis gini, ya realitanya nanti Torsi gede baru muncul di 1900 or 2000 RPM, dan karena grafik Torsi itu gak mungkin bisa datar, peak Torque kemungkinan besar jatuhnya di atas 2000 RPM.

dan di bawah 1800 RPM sih kayaknya pesimistis, unless si Isuzu berani pasang Turbo dgn Billet Compressor wheel 11 blade (GTX style) yg low mass (spool cepet) dan header Turbo didisain scr proporsional serta intake yg proporsional, baru dah akan nolong di low RPM....tapi nanti harga mesinnya jadi muahaaaal

paling ujung2-nya gear 1 dibuat pendek

Aplikasi piggyback bisa bantu utk tarikan awal, mau gak mau AFR dibuat agak rich di RPM rendah (under 2000 RPM) utk bantu "throttling by fuel" di MAP Max Power, serta upgrade downpipe / exhaust system supaya Turbo spool faster.

Kalau dgn mesin 1900 cc ini harga jadi turun ya menarik, tinggal upgrade exhaust / intake kalo perlu pesen ke BangMod / Piggyback / Performance Cam (exhaust cam) / Upgrade Turbo dgn Billet Comp wheel 11 blade - GTX - spool faster & more flow @ low RPM

Tinggal seberapa kuat koplingnya / Matic-nya
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4583
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: New Isuzu D-Max

Post by Profith83 »

Turboman wrote:Kalo buat modif extreme enakkan pake 4JJ1-TC yg Turbo biasa

Di Thailand yg modif2 extreme pun konon VNT / VGT juga dicopot dan ganti turbo biasa macam IHI RHF55V atau yg lebih gede macam kelas TE-06 / Holset HX dll

Konon mau di hybrid sekalipun, actuator VNT / VGT jika maen boost tinggi 3 Bar / lebih, udah kurang stabil kerjanya......tuning extreme boost bisa maen 50 Psi / lebih

Head stud ganti

Piston Con Rod ganti

Intake manifold ganti model spt intake mobil bensin high perf, biasa yg bikin BangMod (spt yg dipake htannis) or else

Udah gak pake TB lagi (TB nya pasang di luar mesin, tetap konek supaya gak CE)

World fastest 4JJ


0 - 260 kpj dalam 8,22 detik

Berani nggak kalo jadi penumpangnya ???
:big_weee:
Gak berani mod .... bisa jantungan .... wedew ....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Isuzu D-Max

Post by Turboman »

What the Hell is 11 blade Compressor wheel ?

Image

Kalo Turbo std blade cuman di bawah ini :

Image

Dengan kecepatan putaran yg sama, si 11 blade nyerok udaranya lebih banyak.


What The Hell is BILLET Comp wheel ?



Diukir langsung dari blok aluminium
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2532
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: New Isuzu D-Max

Post by KielConstantine »

Wah thx info nya pak mod.
Sy jadi keingetan sama Garret GTX 3576R yang di pake buat gantiin turbo std Audi TT-RS 2.5L 5 Cylinders.
Baru ngeh ternyata itu jg Eleven-blade billet compressor wheel.

Image

http://www.goapr.com/products/stage3_25tfsi.html
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Isuzu D-Max

Post by Turboman »

Mantap

ada juga pemerhati turbo nih

Ya....kalo Billet ciri khasnya = ada garis2 ulir2 di dasar Comp wheel-nya

Bahkan ada juga yg bikin Comp wheel dgn blade lebih dr 11

Cuman biasanya orang bikin 11 krn nge-benchmark ke GTX series aja

Umumnya Billet wheel pake bahan aluminiumm, tapi ada yg juga orang2 bikin yg versi high end pakai bahan Titanium, yg mana lebih ringan drpd Alum

Comp wheel ringan = low mass, membantu spool up lebih cepat juga

CMIIW
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: New Isuzu D-Max

Post by billyd1773dz »

biasanya klw AT ber TC, selalu ada slip start awal bisa langsung di rev turbo rpm 1500-2000, dan malah sulit ngangkat di 1000rpm karna slip tadi, jd imho bwat AT di bawah 1500 bisa di abaikan.

ya smua tergantung technya. bukan g mungkin cc kecil kurvanya dibikin luas. toh cc besar juga bukan ga mungkin dodol lemot, kya 2kd 102ps... atw bawahny ngempos kya 4D56

K9K-VGT saya rasa di 1700 uda narik juga dan powerband cukup luas sampai 5K apa sudah pakai compressor diatas?

terus guna VGT apa y, klw ujungnya fixed turbo dgn disain bilah khusus bisa punya curve lebih baik.



eniwei biasanya (tdksemua) cc kecil ngakalin angka hp agar tinggi, sekalipun torque terbatas dengan naikin rev nya.... biasanya bisa rev sampai 5000rpm dan ada yang lebih, dan benar-benar rev masih ada torquenya di rpm itu.... depend on driving style and road, rev lebih tinggi bisa jadi lebih fun dan closer with gasoline.


oya bicara drag... golf ini diapain ya

450HP 1.9 TDI Injectionpump non CRD



9K Rev

ini jg TDI 1.9 twinturbo twin injectionpump


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Isuzu D-Max

Post by Turboman »

billyd1773dz wrote:biasanya klw AT ber TC, selalu ada slip start awal bisa langsung di rev turbo rpm 1500-2000, dan malah sulit ngangkat di 1000rpm karna slip tadi, jd imho bwat AT di bawah 1500 bisa di abaikan.

ya smua tergantung technya. bukan g mungkin cc kecil kurvanya dibikin luas. toh cc besar juga bukan ga mungkin dodol lemot, kya 2kd 102ps... atw bawahny ngempos kya 4D56

K9K-VGT saya rasa di 1700 uda narik juga dan powerband cukup luas sampai 5K apa sudah pakai compressor diatas?

terus guna VGT apa y, klw ujungnya fixed turbo dgn disain bilah khusus bisa punya curve lebih baik.
VGT / VNT cuman beda di Turbine housing aja kan, sisi Comp Housing sama aja

teman saya ada tuh 42ner VNT nya di hybrid pake baling2 multi blade

Kalo yg lebih mantap sih ini :
Image

Keluaran G Turbo - OZ....ho ho ho......di Indo ada bbrp yg pake di 42ner, yg type Grunter Extreme.....salah 1 nya mobilnya si Gamma

Tapi konon utk very high boost application kalo di Thai pada pake Turbo biasa, konon actuator VNT kurang stabil jika udah maen boost extreme

*geser mic ke Hentan, scr beliau hopeng salah 1 tuner Diesel canggih di Bandung*
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Isuzu D-Max

Post by Turboman »

kalo utk modif extreme salah 1 indikasi yg bisa jadi patokan :

Cast iron block

Umumnya lebih kuat.....

kalo soal cc ke potensi Hp & Kurva, ya komparasi mesti yg se-liga, Turbo Diesel vs Turbo Diesel, blok sama2 cast iron misalnya

Utk detailnya saya geser mic ke htannis deh, scr beliau udah pernah memaksimalkan 2KD nya sampe dapet 12,9 detik dan skg beliau pake 1 KD

Sefu nya doi ada di Bdg, lagi ngerjain project 2KD very high power dan 1KD very high power, kalo ngobrol sama sefu-nya enak deh, scr beliau udah pernah bongkar total 2KD & 1KD......bahkan beliau udah dalam tahap "Re-Engineering" the engine........semua kekurangan disain pabrik diperbaiki......gelo dah R&D nya

Konon kabar terakhir di Thai, 1KD udah ada yg sampe 800 Hp dipake utk daily....edan maning.