Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
billyd1773dz wrote:Knp g pakai pump n filter nissan lg yg ori om? Siapa tau ada yg beda... D22 uda efi kan.
Klw d toyota hilux KZN130 yg teknologiny setara frontier d22 selain soal fuel yg bikin susah nyala.. glowplug, relay glowplug, dan air temperatur sensor.
Relay g jalan atau listriknya g stabil 11v "di toyota" glow jg nyalanya g bener.
Air temperature sensor.. bwat retard timing injeksi saat cold start. D kz sih blm ada maf sensor, ntah d D22 gmn
kmaren susah cri pump n filter nissan yang asli di daerah sini. recomended lain ya pke itu L300. di dobel pke py truk PS.
glowplug udah diganti, relay glowplug dh gak dipke, soalnya rusak jadi dilangsungkan ke batre. nah air temperatur sensor kyknya msh hidup gakpernah di cek soalnya speedometer semuanya rusak.
mungkin jg sih karena relay gak jalan.klo batre udah saya cek 12 volt aman.tp bisa juga api nya gak kuat krn stater panjang trus.
hahaha. kayaknya klo air temperatur sensor blm saya cek, maf sensor jgo blm sampe di cek ada ato gak nya.
jd selama ini klo mo hidup pagi di pancing trus pake bensin. tp lama2 repot jg.
Tangki udah dikuras dan gda fuel strainernya.mmg kotor banget tangkinya.
Trus dk dikuras mmg hidup pagi mudah.tp ya itu.lg jalan sering mati sndiri mobilnha.trus lansamnya gak rata gitu.mesin sering ndut2 tan.
Apakah pump injeksinya dah kena ya?
Tangki udah dikuras dan gda fuel strainernya.mmg kotor banget tangkinya.
Trus dk dikuras mmg hidup pagi mudah.tp ya itu.lg jalan sering mati sndiri mobilnha.trus lansamnya gak rata gitu.mesin sering ndut2 tan.
Apakah pump injeksinya dah kena ya?
Tangki udah dikuras dan gda fuel strainernya.mmg kotor banget tangkinya.
Trus dk dikuras mmg hidup pagi mudah.tp ya itu.lg jalan sering mati sndiri mobilnha.trus lansamnya gak rata gitu.mesin sering ndut2 tan.
Apakah pump injeksinya dah kena ya?
Coba filter solarnya di cek / ganti baru
filter solarnya udah diganti baru semua. dicoba dobel atau satu tetap suka mati sendiri. trus distart sih langsung jalan lagi.
Salam kenal, ane juga pengguna frontier thn 2005 sbg mobil harian di kota medan, selama ini gak ada problem, tenaga kuat, bbm irit hanya aja baru baru ini mengalami susah stater dipagi hari dan asap knalpot mulai tebal agak putih dikit tapi kalo dicek oli gak ada berkurang (bukan kendala mesin), dicoba tanyakan ke dealer dibilangnya turbo harus diganti, kalo tanya ke bgkel lain gak ada yg sanggup, disuruh cek nozzle dan injeksi pomnya aja gak sanggup krn gk ada parts nya, bilangnya harus bawa ke Jkt, mungkin ada saran atau usul dari kawan kawan? Trims
royfrontier wrote:Mohon bantuannya sekali lg nih.sy dh beli injeksi yg cabutan. Normal klo dh hidup.tp knp y susah klo hidup pagi
Jadi kalau sudah tidak dipakai lama (semalaman), startnya susah dan mesti di-bleed lagi setiap pagi. Kalau sudah jalan mesinnya, startnya lagi gampang.
Ini bukan masalah filter, strainer, atau water sedimenter. Ini masalah pump priming. Waktu masih standarnya, di lokasi sebelum injection pump apa ada check valve-nya? Coba tambah check valve sebelum injection pump kalau tidak ada. Kalau bisa, lokasinya di dalam tangki.
Rotax tambahan ini seperti apa ya?
Kalau saya sependapat dengan om POSSVET yg saya bold diatas, masalah priming. Feed pumpnya mungkin bukan yg type self priming atau type self priming tapi kondisinya sdh tdk fit lagi. Kalau lama berhenti bisa jadi liquid didalam pompa mengalir balik ke tanki, jadi perlu bantuan manual priming. Untuk mengatasinya seperti yg disarankan om possvet perlu dipasang check valve/foot valve disuction pompa. Sebuah pompa pasti perlu NPSH (Net Positive Suction Head). Barangkali kondisi sekarang NPSH nya tidak terpenuhi. Kalau sudah dipasang double filter itu dipasang seri atau paralel ?, kalau seri justru akan menambah restriction, aliran bisa malah berkurang tapi lebih bersih. Barangkali feed pumpnya yang bermasalah jadi perlu diganti juga.
ia nih, selama ini klo mo start pagi dipancing pakai bensin. asal nya siih lancar, trus dipasang dobel filter jadinya susah bgt start pagi.
nah kayaknya tidak ada check valve dr beli tidak ada mmg check valve, ditnagki jg pernah saya kuras tidak ada filter.
rotax yg saya tambahkan itu untuk menyedot solar dari tangki sebelum ke filter.
nah klo pump priming mmg bukan pakai aslinya,tp pakai yg L300.
dobel filter nya posisi di pasang di seri.
ia nih, pusing bgt mikirinnya, soalnya injeksi pump nya baru saya ganti yg cabutan. mmg sebelum ganti, byk tmn yg merubah jd injeksi pump manual,tp tenaganya kurang, mknya saya beli yg cabutan ori.
Workshop beliau di Sidoarjo, punya alat diagnsotic / benchest lengkap utk segala jenis CRD dan VP electronic pump, juga setok semua parts printilan utk CRD / VP / VR-Z / VE / PE / EUI pump
royfrontier wrote:ia nih, selama ini klo mo start pagi dipancing pakai bensin. asal nya siih lancar, trus dipasang dobel filter jadinya susah bgt start pagi.
nah kayaknya tidak ada check valve dr beli tidak ada mmg check valve, ditnagki jg pernah saya kuras tidak ada filter.
rotax yg saya tambahkan itu untuk menyedot solar dari tangki sebelum ke filter.
nah klo pump priming mmg bukan pakai aslinya,tp pakai yg L300.
dobel filter nya posisi di pasang di seri.
ia nih, pusing bgt mikirinnya, soalnya injeksi pump nya baru saya ganti yg cabutan. mmg sebelum ganti, byk tmn yg merubah jd injeksi pump manual,tp tenaganya kurang, mknya saya beli yg cabutan ori.
Wah dipancing pake bensin ya, jangan-jangan malah ini yg bikin masalah susah hidup. Flash point bensin lebih tinggi dari solar, jadi kalau hanya mengandalkan kompresi piston kemungkinan tidak bisa terbakar atau tidak terbakar dengan sempurna. Untuk terbakar dg sempurna perlu ignition source/busi. Semakin sering fail to start/ignition akan semakin banyak bensin terakumulasi di combastion chamber.
Untuk fuel filter sensornya masih aktif kah ? biasanya kalau supply terhambat dan alarm sensor filter tidak mendeteksi kotor/low flow, engine akan CE/mati ataupun bunyi gemeretak pada engine. Umumnya waktu discan keluar alarm low injector pressure atau kadang out of the range dan ada juga keluar alarm leaks di fuel system. Resiko filter dipasang seri adalah hambatan bahan bakar akan semakin besar dibanding single atau double tapi paralel.
ia tp cm sedikit, cm pke bau bensin nya aja dh bisa idup.
fuel filter sensor dah gak aktif lg, krn dh rubah pump primming nya.
ia nih, rencana mau dilepas filternya.
kalau pakai filter yg mobil bensin gmna y, bagus gak?
royfrontier wrote:ia tp cm sedikit, cm pke bau bensin nya aja dh bisa idup.
fuel filter sensor dah gak aktif lg, krn dh rubah pump primming nya.
ia nih, rencana mau dilepas filternya.
kalau pakai filter yg mobil bensin gmna y, bagus gak?
OOT dikit. Ditahun 2003-2005 ini mobil jadi mobil favourite saya dan teman-teman. Di era pergantian dari Daihatsu Taft-Hi Line-Rocky tersedia D-Cab Hilux-Ranger-Mazda BT-50, Nissan Frontier paling diminati dan jadi rebutan teman-teman. Di aspal dan gravel/offroad kering paling enak, mesin halus, suspensi empuk bak sedan, tenaga gahar. Saat itu saya dkk sangat mendambakan ada versi 7 seaternya, namun hingga kini gak pernah ada. Kalau sudah pegang frontier ogah pake hilux-ranger maupun BT-50 saat itu.
Wah kalau fuel system dan mungkin yg lain sudah dibypass susah untuk trouble shooting, di scan pasti gak akan nongol alarm malfunctionnya. Untuk menentukan root causenya harus tahu dulu alarm historynya. Dari alarm yg nongol nanti akan ada Why, why,why, yg akhirnya root causenya ketemu.
royfrontier wrote:Ia nih.dah bypass berubah semua.apa mmg sangat sensitif ya injeksi pump mbl ini.
Gak juga bro, dulu dari tahun 2002-2008 puluhan frontier disiksa offroad dan pakai solar biasa belum ada kasus rusak mesinya. Yang sering malahan pecah ban.
Mobil pake ECU kalau systemya banyak yang dibypass jadi susah bro cari masalahnya. Harus dicek detail satu-satu secara mekanikal. Mungkin bypassnya dilepas dulu biar ketahuan waktu di scan.