Page 1 of 3

nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sat May 10, 2014 3:56
by royfrontier
saya baru dpt nissan frontier 2002, zd 30

permasalahannya mobil itu sebelumnya normal saja. pernah kehabisan solar. setelah itu mobil tersebut susah untuk hidup pagi.
busi pemasan sudah diganti, filter solar dan handpump udah diganti pke L300, ditambahin juga rotax. selang sudah dibanti semua.

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sat May 10, 2014 4:53
by JESKONENG
lokasi dimana om ? kalok di luar jawa, solarnya banyak yg busuk, dan Frontier termasuk ringkih soal solar .. mending dipasangi double fuel filter dan sering2 dicek kondisi filter2 itu.. mending agak sering ganti fuel filter daripada efek solar busuk merusak branstop yg harganya 4 jutaan...

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sat May 10, 2014 5:06
by royfrontier
saya domisili dipalembang.

ia semua filter sudah saya ganti, bahkan saya buat dobel. pakai Mits PS sm L300. tp masih susah idup pagi.
harus dipompa trus buang angin trus. kadang nyerah terpaksa pancing pakai bensin trus.
klo dh hidup sekali gampang hidupnya.

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sat May 10, 2014 5:13
by billyd1773dz
uda di pompa n di buang angin nya om?

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sat May 10, 2014 5:18
by royfrontier
udah keras pompanya, angin juga udah dibuangin. makanya bingung.
dah 2 bengkel nyerah.
klo pump mungkin gak kena y, soalnya klo dh hidup semua normal, tenaga pun normal.
oya untuk control busi pemanas sudah saya buat manual malahan, dilangsungkan ke batre.

apa mungkin ada sensor untuk hidup pagi yang rusak or gak aktif

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sat May 10, 2014 5:28
by JESKONENG
JESKONENG wrote:lokasi dimana om ? kalok di luar jawa, solarnya banyak yg busuk, dan Frontier termasuk ringkih soal solar .. mending dipasangi double fuel filter dan sering2 dicek kondisi filter2 itu.. mending agak sering ganti fuel filter daripada efek solar busuk merusak branstop yg harganya 4 jutaan...
itu berdasarkan pengalaman pake Frontier 2005 selama setaun di Kalsel

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sat May 10, 2014 5:36
by royfrontier
JESKONENG wrote:
JESKONENG wrote:lokasi dimana om ? kalok di luar jawa, solarnya banyak yg busuk, dan Frontier termasuk ringkih soal solar .. mending dipasangi double fuel filter dan sering2 dicek kondisi filter2 itu.. mending agak sering ganti fuel filter daripada efek solar busuk merusak branstop yg harganya 4 jutaan...
itu berdasarkan pengalaman pake Frontier 2005 selama setaun di Kalsel



ia nih.bingung.dh 2 bengkel semua nyerah, ada yg bilang sensor untuk pagi. tp ya itu dmn sensor nya, control busi pemanas dh manual kubuat

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sat May 10, 2014 6:25
by Turboman
Susah startnya sejak sebelum atau sesudah pake dobel filter ?

Rotax dipasang sebelum filter solar ?

Di pompa injeksi apakah ada fuel strainer ? Kalo ada coba dibersihkan dulu

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sat May 10, 2014 6:40
by royfrontier
Turboman wrote:Susah startnya sejak sebelum atau sesudah pake dobel filter ?

Rotax dipasang sebelum filter solar ?

Di pompa injeksi apakah ada fuel strainer ? Kalo ada coba dibersihkan dulu


nah susah startnya pas pernah kehabisan solar. trus diisi besoknya, setelah itu hidup pagi susah dan kadang mobil kyk kurang minyak. jdnya sering batuk2.
rotax sya pasang sebelum filter solar nya. ada saran lain dipasang dimana om turbo?

wah baru denger saya fuel strainer, nanti sy cb cek. .

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sat May 10, 2014 15:37
by Turboman
Udah pernah kuras tangki ?

Lalu di tangkinya apa ada filter screen ato engga ?

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sat May 10, 2014 17:42
by royfrontier
Turboman wrote:Udah pernah kuras tangki ?

Lalu di tangkinya apa ada filter screen ato engga ?
Nah kuras tangki blm.krn yakin pke dobel filter.
Ada filter screen nya.itu bisa dibersihkan saja atau di ganti?

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sat May 10, 2014 18:04
by POS VETT
Jadi kalau sudah tidak dipakai lama (semalaman), startnya susah dan mesti di-bleed lagi setiap pagi. Kalau sudah jalan mesinnya, startnya lagi gampang.

Ini bukan masalah filter, strainer, atau water sedimenter. Ini masalah pump priming. Waktu masih standarnya, di lokasi sebelum injection pump apa ada check valve-nya? Coba tambah check valve sebelum injection pump kalau tidak ada. Kalau bisa, lokasinya di dalam tangki.

Rotax tambahan ini seperti apa ya?

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sun May 11, 2014 1:56
by Turboman
royfrontier wrote:
Turboman wrote:Udah pernah kuras tangki ?

Lalu di tangkinya apa ada filter screen ato engga ?
Nah kuras tangki blm.krn yakin pke dobel filter.
Ada filter screen nya.itu bisa dibersihkan saja atau di ganti?
Kuras tangki dah segera

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sun May 11, 2014 3:01
by royfrontier
Turboman wrote:
royfrontier wrote:
Turboman wrote:Udah pernah kuras tangki ?

Lalu di tangkinya apa ada filter screen ato engga ?
Nah kuras tangki blm.krn yakin pke dobel filter.
Ada filter screen nya.itu bisa dibersihkan saja atau di ganti?
Kuras tangki dah segera

ia nih. ntr dicoba kuras tangki.

om turboman, kira2 pengaruh besar tangki kotor ya, jdnya kyk angin palsu trus ya,?
untuk posisi rotax, sesudah filter atau memang sebelum filter?

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sun May 11, 2014 4:16
by Turboman
Kalo misal di tangki ada filter screen dan sudah blocking ya efeknya spt filter solar kotor

Rotax dipasang sebelum filter

Btw udah cek belum apa ada fuel strainer gak di pompa injeksi ?

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sun May 11, 2014 5:40
by royfrontier
POS VETT wrote:Jadi kalau sudah tidak dipakai lama (semalaman), startnya susah dan mesti di-bleed lagi setiap pagi. Kalau sudah jalan mesinnya, startnya lagi gampang.

Ini bukan masalah filter, strainer, atau water sedimenter. Ini masalah pump priming. Waktu masih standarnya, di lokasi sebelum injection pump apa ada check valve-nya? Coba tambah check valve sebelum injection pump kalau tidak ada. Kalau bisa, lokasinya di dalam tangki.

Rotax tambahan ini seperti apa ya?

yup klo gak dipakai semalaman susah hidup.
nah blm di cek tuh check valcenya. ia nanti cb ditambah klo tidak ada.

rotax itu pompa elektrik bantu sedot solarnya

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sun May 11, 2014 6:26
by Turboman
Coba kuras tangki dulu segera

Intinya mesin harus bisa hidup.normal apa adanya TANPA alat2 bantu spt Rotax

Coba filter solar di standarin dulu after kuras tangki

MAF sensor bersihkan (jika pake MAF sensor)

Btw sudah lakukan purging kan ?

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sun May 11, 2014 6:33
by duakabin
Mobil keren nih, Sory agak OOT dikit, @royfrontier boleh review dikit kelebihan/kekurangan frontier, mulai dari FC, power, handling, fitur dll
Thanks

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sun May 11, 2014 6:37
by royfrontier
Turboman wrote:Coba kuras tangki dulu segera

Intinya mesin harus bisa hidup.normal apa adanya TANPA alat2 bantu spt Rotax

Coba filter solar di standarin dulu after kuras tangki

MAF sensor bersihkan (jika pake MAF sensor)

Btw sudah lakukan purging kan ?


ia ini nanti mau di kuras tangki.
yup klo bisa mmg harus hidup normal tanpa rotax, tp om turbo, wktu dipasang rotax tenaganya lumayan. gak ngempos.
jadi pke folter solar satu aja ya

MAF sensor dibersihkan soket nya aja or gmna om?
nah purging blm pernah.

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sun May 11, 2014 6:42
by royfrontier
duakabin wrote:Mobil keren nih, Sory agak OOT dikit, @royfrontier boleh review dikit kelebihan/kekurangan frontier, mulai dari FC, power, handling, fitur dll
Thanks

heheheh
nah pengalaman saya pribadi nih, gtau klo menurut org lain.
saya kerja dilokasi dan tiap 2 thn ganti mobil trus type dobel kabin
klo meurut saya yang paling enk frontier dan dmax.
frontier:
lebih : tenaga besar krn 3000cc yg frontier lama, kaki2 nyaman, trus bodynya gagah, petak, tggl pakai ban besar
kurang : nah sparepart mahal susah carinya klo di daerah. interior kurang mewah, tp cocok klo mau dijadiin mobil offroad.

klo handling sih, lumayan bagus dibanding strada/triton.

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sun May 11, 2014 8:03
by Turboman
MAF sens bersihkan kawatnya pake maf sens cleaner

Purging segera lakukan aja

Mesin Diesel tuh simple, intinya ya fuel.sistem.dan injeksi dijaga kebersihannya

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sun May 11, 2014 13:20
by duakabin
Oh handlingnya lebih baik dibanding triton,
kurang lebih saya bisa bayangkan frontier seperti apa.

Triton aja tenaganya udah gede gt, apalagi frontier 3000cc iniyah

ok sipp

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Sun May 11, 2014 15:31
by htannis
royfrontier wrote:saya domisili dipalembang.

ia semua filter sudah saya ganti, bahkan saya buat dobel. pakai Mits PS sm L300. tp masih susah idup pagi.
harus dipompa trus buang angin trus. kadang nyerah terpaksa pancing pakai bensin trus.
klo dh hidup sekali gampang hidupnya.

rumah filter solarnya udah diganti belum? takut seal pompa nya rusak, jadi angin masuk terus?

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Mon May 12, 2014 0:05
by royfrontier
htannis wrote:
royfrontier wrote:saya domisili dipalembang.

ia semua filter sudah saya ganti, bahkan saya buat dobel. pakai Mits PS sm L300. tp masih susah idup pagi.
harus dipompa trus buang angin trus. kadang nyerah terpaksa pancing pakai bensin trus.
klo dh hidup sekali gampang hidupnya.

rumah filter solarnya udah diganti belum? takut seal pompa nya rusak, jadi angin masuk terus?

rumah filter yg dmna? filter solarnya y. sudah diganti baru semua. pke L300 dan truk PS, malahan beli yang ori smua.

Re: nissan frontier zd30. mohon bantuan sesepuh

Posted: Tue May 13, 2014 3:01
by billyd1773dz
Knp g pakai pump n filter nissan lg yg ori om? Siapa tau ada yg beda... D22 uda efi kan.

Klw d toyota hilux KZN130 yg teknologiny setara frontier d22 selain soal fuel yg bikin susah nyala.. glowplug, relay glowplug, dan air temperatur sensor.

Relay g jalan atau listriknya g stabil 11v "di toyota" glow jg nyalanya g bener.

Air temperature sensor.. bwat retard timing injeksi saat cold start. D kz sih blm ada maf sensor, ntah d D22 gmn

:beer: