GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 25 Nov 2013, 15:50
Location: Jakarta & Bekasi

GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by DDR » 04 Feb 2014, 07:38

Kantor ane lagi mau meremajakan pickup lama nya nih... mana diantara GrandMax PU dan MegaCarry PU yang paling pas dipilih yah?

Kriteria:

* Mesin kuat
* Body kuat
* Chassis kuat
* Aftersales bagus
* Powersteering nggak wajib but nice to have
* AC Wajib ada nih (di price list/website kedua merek diatas, gak jelas mana yang udah ada AC nya)
* Harus ada bonnet nya dikit (semibonnet), relatif lebih aman buat staf ane
* Pilihan sepertinya nggak bisa jauh jauh dari 2 opsi diatas secara harga max 110-jt

Fakta:
* Mobil bakal banyak dipake angkat barang2 yg berhubungan dengan pekerjaan AC Gedung
* Kantor ane punya 3 GranMax + 1 APV GA, soal irit GM menang, tapi soal kehandalan ane belum tau yg GM gimana, secara baru 3 bulanan punya nya... kalau yg APV jelas handal karena cuman dalam waktu 3 tahun udah 120rb KM lebih... masih anteng aja... cuman kopling berat sih... wajar...

Minta masukannya ya friends... mungkin dalam 1-2 bulan ini ambil unit nya...

User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6527
Joined: 30 Sep 2010, 23:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by Nightster Guy » 04 Feb 2014, 08:59

Urun rembuk..

kebetulan di proyek ortu di sini barusan desember lalu ambil pikap lagi, kali ini granmax buat light duty non offroad. Ambil tipe tertinggi yg 1.5 ac ps bak normal non 3 way. Kena 110an juta harga nett manado lupa dpt diskon brapa. Versi ac ps hanya tersedia di trim enjin 1.5 bro dan bak std only non 3 way. Ntah kl di suzuki.

mo review apanya yah hahaha wong pikap, yah spartan tanpa gimmick apapun, satu2nya fitur ya cm ac dan ps td. Pilih tipe ini yg ber ac karena cm beda 7 juta versus yg non ac ps, nambahin ac aftermarket udah 3 jutaan sndiri plus bengkel ac manado kerjaannya sampah semua rapinya.

mesin persis avanza, jadi no doubt lah si 3sz-ve ini. Torsi, by brochure, max baru keluar di rpm 4.400 vs rpm 3.000 di mega carry aka apv pikap. Power max menangan dikit ga signifikan dibanding apv pikap.

bingung mo review apanya. Ts aja yg tanya2 ntar ane jawab sebisanya, kbetulan ni pikap kerjaannya cm pengangguran.

ntah di apv pikap, yg ane rasakan nyetir ginian kok tersiksa yah, postur normal 170, tulang kering kanan ane sering mentok ke bagian bawah dasbor/steering column. Tp yah namanya jg pikap non bonnet, emang ada yg driving positionnya manusiawi?

:big_weee:

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11055
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by VanzMatic » 04 Feb 2014, 09:02

Rasanya sih sama sama bagus ya, walaupun ane lebih demen dan sering pakai yang pesek (colt)...

Kalo GM, tuas persneling di dasbor bikin ane pegel tangan aja dibanding Apepek yang tuas persneling di tengah, soalnya kalo pas kena macet, bolak balik 1-N-1 gitu, tangan kiri jadi agak pegel karena posisinya rada ke atas gitu, mirip kayak waktu ane bawa Canter 4 dan 6 roda.

Monggo suhu lain membantu...
:big_exellent:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6527
Joined: 30 Sep 2010, 23:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by Nightster Guy » 04 Feb 2014, 09:05

Soal tuas persneling granmax mmg jd issue tertentu bagi sbagian org, tp itu semata demi memperluas (sedikit) ruang bagi penumpang di tengah. Peletakan tuas persneling di posisi spt apv lumayan menyiksa penumpang tengah, imho, paha kanannya mesti tabrakan ama tuas.

User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 25 Nov 2013, 15:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by DDR » 04 Feb 2014, 09:09

Nightster Guy wrote:Urun rembuk..

kebetulan di proyek ortu di sini barusan desember lalu ambil pikap lagi, kali ini granmax buat light duty non offroad. Ambil tipe tertinggi yg 1.5 ac ps bak normal non 3 way. Kena 110an juta harga nett manado lupa dpt diskon brapa. Versi ac ps hanya tersedia di trim enjin 1.5 bro dan bak std only non 3 way. Ntah kl di suzuki.

ntah di apv pikap, yg ane rasakan nyetir ginian kok tersiksa yah, postur normal 170, tulang kering kanan ane sering mentok ke bagian bawah dasbor/steering column. Tp yah namanya jg pikap non bonnet, emang ada yg driving positionnya manusiawi?

:big_weee:
Wah thanks bro, terutama informasi mengenai AC hanya tersedia di 1.5L dan bak standar... bisa jadi memang ini yang ane pinang nih... hehe kalau mengenai review mah nggak apa apa koq bro... ane udah ngeh kalau nyetir ini agak menyiksa sedikit... tapi masih mending kan daripada yang non bonnet jadul kaya Carry, T120SS dsb... eh iya... kaya nya posisi duduk GM lebih enak daripada MegaCarry yah...

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8694
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by y_anjasrana » 04 Feb 2014, 09:13

iya tuh rada aneh tuas persneling GM. ane pernah bawa tp yg mpvnya. rada2 aneh. tp ga masalah jg kalu dibayar dgn kelegaan space. klu apv ya jgn ada penumpang tengah lahh....

btw temen jg ada yg lg bingung antara 2 pilihan pu ini. overall 11-12 ya om?
Accurate V5 Accounting System Consultant

User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6527
Joined: 30 Sep 2010, 23:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by Nightster Guy » 04 Feb 2014, 09:19

Enakan minibus non bonnet jadul bro hehehe coz di granmax (dan mgkin jg di mega carry) ruang buat kaki kanan masih tersita lg oleh punuk ontanya ban depan.. posisi kaki kanan ngga alami segaris normal ama bodi kita tapi sedikit terdesak ke arah kiri...

Persis posisi kaki kl nyetir aventador, kata master modket... :upss:

User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 25 Nov 2013, 15:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by DDR » 04 Feb 2014, 09:20

VanzMatic wrote:Rasanya sih sama sama bagus ya, walaupun ane lebih demen dan sering pakai yang pesek (colt)...

Kalo GM, tuas persneling di dasbor bikin ane pegel tangan aja dibanding Apepek yang tuas persneling di tengah, soalnya kalo pas kena macet, bolak balik 1-N-1 gitu, tangan kiri jadi agak pegel karena posisinya rada ke atas gitu, mirip kayak waktu ane bawa Canter 4 dan 6 roda.

Monggo suhu lain membantu...
:big_exellent:
Ane kali ini pilih yang nggak pesek banget karena faktor keamanan aja bro untuk staf ane... ya memang pasti nggak seaman yang full bonnet sih... tapi lumayan ada kemajuan hehe... thanks yah masukannya...

User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 25 Nov 2013, 15:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by DDR » 04 Feb 2014, 09:23

Nightster Guy wrote:Enakan minibus non bonnet jadul bro hehehe coz di granmax (dan mgkin jg di mega carry) ruang buat kaki kanan masih tersita lg oleh punuk ontanya ban depan.. posisi kaki kanan ngga alami segaris normal ama bodi kita tapi sedikit terdesak ke arah kiri...

Persis posisi kaki kl nyetir aventador, kata master modket... :upss:
Naahhh setuju banget nih... emang di semi bonnet posisi fender roda mengganggu posisi kaki pengemudi sama penumpang kiri... agak agak bikin cape juga... tapi diantara kedua unit itu yang MegaCarry (ane coba di APV sih) masih lebih kecil gangguannya daripada yang GM... agak galau disitu sih... tapi coba nanti ane tanya yang MegaCarry udah dapet AC nggak yah... kalau nggak dapet AC sih mending ambil yang GM aja deh...

User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 25 Nov 2013, 15:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by DDR » 04 Feb 2014, 09:24

y_anjasrana wrote:iya tuh rada aneh tuas persneling GM. ane pernah bawa tp yg mpvnya. rada2 aneh. tp ga masalah jg kalu dibayar dgn kelegaan space. klu apv ya jgn ada penumpang tengah lahh....

btw temen jg ada yg lg bingung antara 2 pilihan pu ini. overall 11-12 ya om?
Iya bro... terus terang sih dalam hati ane rada rada condong ke Suzuki MegaCarry sih... tapi ane belum tanya ke sales nya apa udah ada AC nya atau belum... kalau ada, langsung bungkus ini aja... memang konsumsi BBM nya lebih boros daripada yg GM sih hehehe...

User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1183
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by Xous » 04 Feb 2014, 12:31

Tmn ane ada yg kantornya punya keduanya, menurut dia msh lbh irit dan suspensi keadaan kosong nyaman GM, tp klo ane scr pribadi prefer MC walau cm sesekali minjam/d suru jd driver angkut2 sm keluarga. Entah mengapa ane merasa lbh nyaman dgn MC.

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13575
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by madcat015 » 04 Feb 2014, 13:25

Nightster Guy wrote:Enakan minibus non bonnet jadul bro hehehe coz di granmax (dan mgkin jg di mega carry) ruang buat kaki kanan masih tersita lg oleh punuk ontanya ban depan.. posisi kaki kanan ngga alami segaris normal ama bodi kita tapi sedikit terdesak ke arah kiri...

Persis posisi kaki kl nyetir aventador, kata master modket... :upss:

Nah, SM top tips of the day dari mod Enjii: untuk rasa menyetir Aventador di tengah kemacetan dengan biaya 113x lipat lebih murah, belilah pick up non bonnet... macam MegaCurry dan GranMax... :big_slap:

Kayaknya ane lebih vote GranMax ya... gegara sering liat keliaran di tambang dan jadi pilihan mobil proyek logistik Unilever se Indonesia di tahun 2011 lalu.

Dan salah satu bos distributor terbesar di Jawa, pake Luxio untuk keliaran kemana2... :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:

Image

Image << Panic button for mere miserable mortals

antohalim
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: 11 Apr 2013, 15:23

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by antohalim » 04 Feb 2014, 14:16

Kalo wajib ada ac dari pabrik kayaknya cuma GrandMax aja. Soalnya tetangga gw awal tahun lalu nyari pickup pake ac, cuma GrandMax doank yg nawarin. Kecuali mau nambahin sendiri..

Kalo gw pribadi sih milih GrandMax, simply karena lebih banyak dipakai jadi angkot/mikrolet.. jadi spare parts gampang, dari versi ori sampe kw 1000 ada, banyak bengkel pinggir jalan yg bisa benerin kalo2 mogok and dari pengalaman pake kijang super, harga jual lumayan terjaga biarpun kondisi bodi udah hancur selama mesin masih sehat.

Kisup bokap dulu, tahun 92, dijual tahun 07 dalam keadaan gak jalan abis nabrak pembatas jalan, tp mesin masih sehat, laku dalam waktu sehari.. juragan2 mikrolet pada rebutan beli buat jadi spare parts

User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 25 Nov 2013, 15:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by DDR » 04 Feb 2014, 15:56

Mantaaaaaaaappp... oke sip sip... ane dapet masukan lebih banyak memilih GM... jadi ane putuskan ambil GM aja deh... thanks yaks... :D

User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6527
Joined: 30 Sep 2010, 23:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by Nightster Guy » 04 Feb 2014, 16:24

Ini lg rehat sore di depotnya om ane di kampung.. ngopi2.. abis stengah hari nyetir si GM..

Sumpah udah lama gak nyetir minibus non bonnet sejak trakir ngelepas Espass di taun 2002 lalu..

Dlm keadaan kosong-song, serasa bawa Mercedes AMG A45.. wwkwkwkwk... Mentalmentul stiff.. bedanya ini pintunya 2 kl A45 pintu 4..

:big_weee:

Temperatur AC posisi 6 klik (dr total 16 klik), siang bolong panas, kabin sangat adem (yaiyalah mob blom 2 bln odo at 2600an), kekedapan kabin super minim, oya seatbelt masih manual cckckckckc...

Display fuel meter uda digital, temperatur pake jarum. Odo digital plus trip A B.

Oya, di daerah sini, pikap semibonnet, super dominan si GM.. MC ga berkutik.. padahal sampe beberapa taun lalu citra pikap Daihatsu sgt babakbelur utk cari duit.

Kl pikap non bonnet dipegang T120SS.. Carry Futura minim banget.. padahal di masa lalu non bonnet T120SS dilawan dgn sengit ama Carry Futura dan Espass.. Mikrolet dipegang T120SS..

User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 25 Nov 2013, 15:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by DDR » 04 Feb 2014, 16:41

@ Bro Nightster, thanks bro... another precious input towards GM... :)

User avatar
walid_007
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2817
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: pekalongan, indonesia

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by walid_007 » 04 Feb 2014, 16:58

emang kantorny di bidang apa sih omm DDR?



kepo mode on

(biar bisa lebih tepat pilihanny,, padahal pikup heheh)
Image

LGX
the legend of toyota

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10039
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by ak4ng » 04 Feb 2014, 17:08

yg non AC cuma GM 1.3 K3DE, ane ud pake dari lama,. sejauh ni g ad masalah berarti kata supir,. gatau yg 1.5 soale ud vvti
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 25 Nov 2013, 15:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by DDR » 04 Feb 2014, 17:31

walid_007 wrote:emang kantorny di bidang apa sih omm DDR?



kepo mode on

(biar bisa lebih tepat pilihanny,, padahal pikup heheh)
Hehe... kantor ane ada 2 PT bro, kantor utama ane itu bergerak di bidang IT System Integrator (ngurusin Datacenter dsb, termasuk UPS, Network dll), kantor satu nya lagi (yg lagi mau beli pickup ini), lebih ke ngurusin maintenance, instalasi, dan repair AC AC Sentral untuk di gedung gedung. Selama ini sih dilayani sama Carry Pickup yang 1500cc bisa... tapi udah banyak rusak rusak dan udah agak tua... perlu diremajakan... tapi ane pingin pilihan yang manusiawi buat staf ane... kasian kalau di Jakarta panas panasan... jadi AC harus ada... begitu cerita nya bro... barusan dapet reply dari salesgirl Daihatsu langganan... dapet harga 110.4 juta discount 12,5jt ... :D
Last edited by DDR on 04 Feb 2014, 17:32, edited 1 time in total.

User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 25 Nov 2013, 15:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by DDR » 04 Feb 2014, 17:32

ak4ng wrote:yg non AC cuma GM 1.3 K3DE, ane ud pake dari lama,. sejauh ni g ad masalah berarti kata supir,. gatau yg 1.5 soale ud vvti
Kae nya ane ambil yang 1.5L bro... semoga handal juga yaks...

User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2954
Joined: 30 Nov 2013, 22:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by imingwahyudi » 04 Feb 2014, 18:17

Lebih percaya sama GranMax..lebih banyak yang pake dan good looking :mky_01:
every remnant of memories, depict the blessings that I have.

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10039
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by ak4ng » 04 Feb 2014, 18:30

DDR wrote:
ak4ng wrote:yg non AC cuma GM 1.3 K3DE, ane ud pake dari lama,. sejauh ni g ad masalah berarti kata supir,. gatau yg 1.5 soale ud vvti
Kae nya ane ambil yang 1.5L bro... semoga handal juga yaks...
yooo brooo,. ud hampir 5 taun klo g salah inget pake grenmek, dulu karna tergoda bak ny yg lebi lebar dari carry dan t120, batch awal kok yg ane pake :big_exellent:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13575
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by madcat015 » 04 Feb 2014, 18:31

ak4ng wrote:
DDR wrote:
ak4ng wrote:yg non AC cuma GM 1.3 K3DE, ane ud pake dari lama,. sejauh ni g ad masalah berarti kata supir,. gatau yg 1.5 soale ud vvti
Kae nya ane ambil yang 1.5L bro... semoga handal juga yaks...
yooo brooo,. ud hampir 5 taun klo g salah inget pake grenmek, dulu karna tergoda bak ny yg lebi lebar dari carry dan t120, batch awal kok yg ane pake :big_exellent:
Kayak R3 nya akang ya... :upss:

O iya kang, uda jebol plafon R3 nya? Pasang lampu kabin? :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat:

Image

Image << Panic button for mere miserable mortals

User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: 16 Dec 2013, 07:24
Location: Indonesia

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by axala » 26 Feb 2014, 11:56

Masternya ertiga yg gede....udh muncul :mky_03:

Ertiganya besar bgt om :big_comfort: atepnya udh bolong pula...pk kacam..lalu ada bolong2 mini diatapnya ampe row3....dr bolong2 mini itu keluar angin.... :big_grin:

Terus...ertiganya ajaib om...kursi depannya bisa gerak2 sendir n panas :mky_03: ...kaya massage seat....pintu belakangnya juga ajaib...bisa kebuka sendiri :mky_03:

terus...ertiganya juga indah om....gak banyak krum2an :mky_03:
Pursuit of Perfection

User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: 08 Apr 2010, 16:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: GrandMax PU (1.3/1.5L) atau MegaCarry PU (1.5L)

Post by Andrian » 26 Feb 2014, 12:16

ijin kasih sedikit komentar ya om...

Ane udah pernah bawa GM. Menurut ane driving position sama aja sih.

Untuk kapasitas kabin, di GM bisa 3 orang. Kalo di MC cuma muat untuk 2 orang saja (mobil operasional kantor ane ada yg pake MC). Padahal di Carry bisa 3 orang lho :big_think:

mengenai posisi tuas persneling ane lebih nyaman di GM sih. :mky_01:
Image

Post Reply