TRUCK MANIA

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2271
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi

Re: TRUCK MANIA

Post by Jambangan » 25 Jan 2013, 21:20

curut truck wrote:Itu kata sopirnya bro,temen ane juga bilang begitu kebetulan dia punya dutro 130hd katanya dutro lebih enak dari dyna begitu juga perawatan ama partnya yg smakin mudah dan murah,kalau ane sendiri sih sering bawa colt diesel,jadi kurang tahu seluk beluk dutro,klau yg 125 sih ane pernah coba 1x waktu ngebandingin ama dyna 125 :mky_04:
colt diesel yg punya bro tahun brp nih??
bak kayu jg??
RVR wrote:Coba deh
Tinggal pilih merk & klik
http://www.truckworld.com.au/
mantap bro :beer:
sepertinya bro RVR ini diem2 pengamat truk jg :ungg:

RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 814
Joined: 20 Jul 2012, 20:31

Re: TRUCK MANIA

Post by RVR » 25 Jan 2013, 21:43

Truk & bus bro
Hahahaha

iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: TRUCK MANIA

Post by iamwewe » 25 Jan 2013, 22:34

Jambangan wrote:
iamwewe wrote:Truk ex jepang yg mana nih om jampangan? Mksdnya kaya super great x yak?? Kalo yg build up gt kan dijalan jg byk om.. Emang bagus2 tu.. Pengen punya tp nggak kesampe2an smp skr..
Wah ane ga ngerti deh serinya apa om :mky_01:
Pokoknya dulu waktu kecil sering dibawain bokap katalog lelang truk2 & alat berat ex jepang
Paling seneng sih nissan diesel ama hino. Serinya ga tau soalnya cuma kode2 gitu :upss:
Kyknya sih hino super dolphin ama nissan diesel condor. Demen bgt modelnya berasa jepang bgt :mky_02:
Kalo super great itu mitsubishi fuso ya bro??
yeap.. super great itu fuso build up, bedeh.. mobil idaman itu wkwkwkwk

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2271
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi

Re: TRUCK MANIA

Post by Jambangan » 26 Jan 2013, 10:56

@RVR
Nah mumpung ada pengamat bus nih
Mo nanya dong om kalo bus PPD yg eks jepang itu mereknya apa ya??
Demen bgt ane :mky_02:
Dulu awal2 masuk kuliah sering pake bus itu

@iamwewe
Haha.. Mantap mobil idamannya si bro
tapi super great ga dijual KTB ya bro??

RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 814
Joined: 20 Jul 2012, 20:31

Re: TRUCK MANIA

Post by RVR » 26 Jan 2013, 11:42

Jambangan wrote:@RVR
Nah mumpung ada pengamat bus nih
Mo nanya dong om kalo bus PPD yg eks jepang itu mereknya apa ya??
Demen bgt ane :mky_02:
Dulu awal2 masuk kuliah sering pake bus itu

@iamwewe
Haha.. Mantap mobil idamannya si bro
tapi super great ga dijual KTB ya bro??
Ada fuso & nissan UD

curut truck
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 22 Jan 2013, 21:21

Re: TRUCK MANIA

Post by curut truck » 26 Jan 2013, 11:51

colt diesel yg punya bro tahun brp nih??
bak kayu jg??


Ane punya colt diesel tahun 2000 kebetulan pakai bak kayu juga,kelemahan colt diesel satu2nya adalah remnya,apa lagi yang di bawa tahun 2000 pokoknya jarang deh yg sekali injak langsung berhenti itu rata2 injaknya 2 smpi 3 kali baru berhenti tu juga pelan bawanya kebanyakan ngeremnya sambil di kocok,
Ane punya pengalaman pernah bawa colt diesel thn 1986 biasanya injak 2 kali lngsung berhenti eh pas paprasan ama kambing eh remnya gak berfungsi ya trjadilah tragedi berdarah 1 kambing tewas di tkp heheh,

iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: TRUCK MANIA

Post by iamwewe » 26 Jan 2013, 18:04

Super great dijual kok sama mitsu indo.. Super great versi indo yak.. Tapi hrgnya alamak, tembus 1m ckckck.. Cek aja om yg 380ps.. Kalo yg super great importir sih malah udh pake hid, guanteng abessss..

damarTMC
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 07 Mar 2014, 12:37

Re: TRUCK MANIA

Post by damarTMC » 07 Mar 2014, 13:17

itu mah kelemahan semua truk,gak coltdiesel doank..rem gak dirawat = kurang pakem..udah gt ajah.

anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Location: Indonesia

Re: TRUCK MANIA

Post by anak_singkong » 23 Aug 2014, 23:05

saya jg penyuka truk. dulu pernah ikut jalan2 jg pake truk. klo skrg paling sukanya main game aja di 18 WOS Haulin. :mky_07:

tapi koq kenapa disini ga ada yg bonnet yah? padahal di AS sana banyak bgt yg pake bonnet. pernah ketemu satu di Kawasan Industri. dan sekali2nya jg ketemu masuk jalanan kota Jakarta tp udah malem bgt. suaranya serem moncong knalpotnya ngadep atas. tp lupa merknya apa soalnya malem sih gelap krg jelas baca merknya.

Image

Image

montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: TRUCK MANIA

Post by montirangin » 23 Aug 2014, 23:22

keren ya kalo ada truk gitu

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7236
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: TRUCK MANIA

Post by newrubble » 24 Aug 2014, 07:13

Thread yg idup lagi ...sy mau tambahin komentar komentar yg sdh lama diatas n maaf kalo tdk berkenan ...namanya juga org dtg terlambat


FAW yg putih itu brand zhonghua ....cina ...yg berdiri bln july 1953 ...factory opening 5 july ....first production roll out 15 july thn sama...bikin copy dari soviet zis-150 yaitu ca-10 dgn part time yang six wheel drive ...tapi pertama masuk resmi indo bln september 1990 saat pertama x indo alami car, bus n truck production shortage krn income per capita naik dari usd 1387 (1989) ke usd 1,539 atau skitar 10.95% (eco growth tertinggi dunia saat itu)

Th 1990 sat masih BUMN dan masih kantoor di CTC (central trading company) building di sebrang java motors kramat ...pn pantja niaga dapat jatah import CBU full sized truck 20 tonner sebanyak 1,500 units dan mereka masukan FAW type ca3075 dgn onroad pricetag ex jakarta wkt itu rp.85 juta dan semua warna putih

dari yg masuk itu semua alami kerusakan driveshaft krn mrk tdk dibuat u overload ...di indo 20 toner itu biasa u angkut 30 ton cargo tanpa jebol berarti dan itulah yg jadi keunggulan japanese branded trucks CKD indo tahun tahun segitu ...chassis dibuat dgn xtra crossmember, leafspring di susun 30% lbh byk, transmission dan final gear diubah sedemikian rupa ratio nya, engine power dibuat lbh besar dan cat.converter dihilangkan ...sehingga mampu angkut overload 30-50% exceeding from JDM oiginal spec

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7236
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: TRUCK MANIA

Post by newrubble » 24 Aug 2014, 07:54

Ttg benz mb700/800

Dulu tahun 1988 benz global melihat bahwa tahun 1990 indo akan alami eco growth jump di automotive sector sehingga mrk kirim 80 org dari benz indo ...wanaherang site ke unterturkheim main.production and RnD facility, stutgart dan sindelflingen utk ikut designing light truck berharga lebih murah atau sama dgn best seller indo saat itu dan tepat tahun 1990 beberapa bulan sebelum national production shortage mb indo launch out ...mb700 truck chassis ...7 tonner light truck berharga lbh murah dr mitsi canter truck CKD indo saat itu

mrk yg dikirim termasuk bang opik (zulfikar a.b) dan adiknya syahrial yg sekarang jalankan berkah motor di pasar minggu raya. silakan minta mrk tunjukkan foto foto nya saat clay dibuat di sana dan saat extreme test di iceland dan abu dhabi

Sukses dgn MB 700 (99% exported ke EEC yg skrg EU, brazil n south africa ...th 1993 muncul improvement nya 8 tonner light truck ...MB 800 dan MB 800T dgn indo dapat jatah utk full manufacturing cabin, engineblock, chassis, axle, suspension assy ...spain utk transmission dan brazil utk 4000cc 90-115hp diesel engine assembly ...dan indo melalui wanaherang menjadi global assembly hub

Tapi pesta ...sbt sj bgt ...selesai tahun 1995 saat indo maju dgn mobil nasional timor ...setahun dari itu 1996 wanaherang stop sbg global production hub MB 800 dan 800 T ...dan Mercedes benz Turk menggantikan peran wanaherang dan begitu juga brazil utk enhine block, chassis, axle, suspension assy dan zhonghua membuat cabin

Selain itu pertimbangan dari relocation adalah 800 series tdk designed utk overload sehingga users harus modify sendiri xtra crossmember dan springleaf structure agar bisa digunakan sehari hari di indo

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7236
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: TRUCK MANIA

Post by newrubble » 24 Aug 2014, 07:56

sekali lagi maaf kalo komentar sy sdh yesterday's milk ...krn sy mmg terlambat baca

montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: TRUCK MANIA

Post by montirangin » 24 Aug 2014, 18:02

:ungg:

User avatar
arton
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 415
Joined: 04 Sep 2013, 10:28

Re: TRUCK MANIA

Post by arton » 25 Aug 2014, 07:05

Om rubble kalo unimog tau sejarahnya masuk indo gak om ?
ane pernah liat truck mitsubishi nanjak curam banget di pertambangan kayu daerah kalimantan..
wuih ngeri ngeliatnya takut melorot..
sampe atas ane ngobrol2 ama sopirnya, dia modif truck nya ditambah 4x4 punya unimog, atas pertimbangan rasio low gear.
Ceban Me if I'm Wrong..

montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: TRUCK MANIA

Post by montirangin » 25 Aug 2014, 08:44

udah dibahas om arton. di indo masuknya melalui grant dari negara luar. Grant diberikat ke militer indonesia, AU AD dsb.

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7236
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: TRUCK MANIA

Post by newrubble » 25 Aug 2014, 11:52

Th 1952

Ada 3 units type 402 dipakai oleh de jacht club, antjol yang dulunya bernama de koninklijkle bataviasche jacht club van antjol en pondok dajung (lokasinya skrg di parkiran jacht, pantai marina ancol) dan di area tni al pondok dayung ...

yg di beli dari nv. Fuchs en Rens di tanah abang west, no.14 jakarta centrum (sy baca dari invoice nya) bulan agustus 1952 seharga per unit nya rp.1,100,000 ...lebih mahal dari benz 170s yg pricetag nya onroad adalah rp.850,000 atau setara kira kira NLG 141,666.67 ...NLG 1 = rp.6.--

sy coba photo tapi tidak jelas . maaf ya

anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Location: Indonesia

Re: TRUCK MANIA

Post by anak_singkong » 26 Aug 2014, 10:31

sorry nimbrung pengen tau aja kenapa di AS sana truk trailer itu disebut semi ya?

User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: 31 Oct 2012, 10:49

Re: TRUCK MANIA

Post by Rakean » 26 Aug 2014, 22:06

anak_singkong wrote:saya jg penyuka truk. dulu pernah ikut jalan2 jg pake truk. klo skrg paling sukanya main game aja di 18 WOS Haulin. :mky_07:

tapi koq kenapa disini ga ada yg bonnet yah? padahal di AS sana banyak bgt yg pake bonnet. pernah ketemu satu di Kawasan Industri. dan sekali2nya jg ketemu masuk jalanan kota Jakarta tp udah malem bgt. suaranya serem moncong knalpotnya ngadep atas. tp lupa merknya apa soalnya malem sih gelap krg jelas baca merknya.

Image

Image
bonet itu lebih ribet dikendarain, lebih banyak blindspot nya, dan body yang lebih panjang sehingga lebih ribet bermanuver.. gak cocok kalo dipake di indonesia.. kalo di as sana kan enak jalan lebar2, dan lurus :D

truck as yang pernah ane liat di jalanan indonesia sih merek nya kenworth :D
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - Present)

montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: TRUCK MANIA

Post by montirangin » 26 Aug 2014, 22:30

mungkin masih ada yg lebih bongsor makanya yg ini semi

rangergiga
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 03 Apr 2015, 22:51

Re: TRUCK MANIA

Post by rangergiga » 04 Apr 2015, 10:06

newrubble wrote:Ttg benz mb700/800

Dulu tahun 1988 benz global melihat bahwa tahun 1990 indo akan alami eco growth jump di automotive sector sehingga mrk kirim 80 org dari benz indo ...wanaherang site ke unterturkheim main.production and RnD facility, stutgart dan sindelflingen utk ikut designing light truck berharga lebih murah atau sama dgn best seller indo saat itu dan tepat tahun 1990 beberapa bulan sebelum national production shortage mb indo launch out ...mb700 truck chassis ...7 tonner light truck berharga lbh murah dr mitsi canter truck CKD indo saat itu

mrk yg dikirim termasuk bang opik (zulfikar a.b) dan adiknya syahrial yg sekarang jalankan berkah motor di pasar minggu raya. silakan minta mrk tunjukkan foto foto nya saat clay dibuat di sana dan saat extreme test di iceland dan abu dhabi

Sukses dgn MB 700 (99% exported ke EEC yg skrg EU, brazil n south africa ...th 1993 muncul improvement nya 8 tonner light truck ...MB 800 dan MB 800T dgn indo dapat jatah utk full manufacturing cabin, engineblock, chassis, axle, suspension assy ...spain utk transmission dan brazil utk 4000cc 90-115hp diesel engine assembly ...dan indo melalui wanaherang menjadi global assembly hub

Tapi pesta ...sbt sj bgt ...selesai tahun 1995 saat indo maju dgn mobil nasional timor ...setahun dari itu 1996 wanaherang stop sbg global production hub MB 800 dan 800 T ...dan Mercedes benz Turk menggantikan peran wanaherang dan begitu juga brazil utk enhine block, chassis, axle, suspension assy dan zhonghua membuat cabin

Selain itu pertimbangan dari relocation adalah 800 series tdk designed utk overload sehingga users harus modify sendiri xtra crossmember dan springleaf structure agar bisa digunakan sehari hari di indo

Permisi agan2 sekalian.., ijin ikut nimbrung soal truk..
Wah, ternyata ada juga forum yang ngebahas truk MB700/800..

Saya selaku penyuka truk, jg sebagai mantan pengguna MB700 th. 1994 dan 1997, MB800 th. 2000, cuma ingin menambahkan sedikit info saja, buat menambah pengetahuan bagi temen2 yang penasaran sama truk antik ini.

Sepengetahuan saya, ditambah informasi dari para pengguna truk MB700/800 dimana kita sering bertemu di warung2 truk dan bengkel2 yang ada di seputaran jawa timur, truk mb ini sangat tangguh, irit BBM, dan juga sangat mudah perawatannya. Sparepart tersedia bejibun dan murah, karena untuk mesin, sparepartnya sama dengan truk 917/1417/1518-series, sedangkan sparepart kaki-kaki (laher, seal2), banyak serupa dengan truk pabrikan jepang. Untuk urusan harga spare part fast moving, jaminan murah deh..

MB700/800 ini hadir dengan versi truk (MB) maupun bus (MBO), dengan dua pilihan mesin, non-turbo (90hp DIN) dan turbo - a.k.a. ATL - (122hp DIN), yang sama2 menggunakan mesin buatan Afrika Selatan (A.D.E 364) yang juga terpatri pada cylinder head nya. Gardan depan menggunakan buatan India, Tata Motors. Gardan belakang menggunakan buatan Amerika, Rockwell-Meritor AAL-series.

MB700 setahu saya, keluar pertama tahun 1994, dengan dua versi mesin, non-turbo dan turbo. Kabin dan interior truk ini berasal dari MB100 yang dipasarkan di eropa dengan sedikit modifikasi pada bagian bawahnya. Setirnya juga terbilang mewah, khas mercedes, serupa milik sedan E-Classe. Handle pintu serupa milik jip GE-classe, serta perik2 panel yang serupa produk mercedes lainnya. Truk ini menggunakan transmisi buatan Tata Motors Limited. GVW maksimal mencapai 7.900 kg. Pada versi keluaran terakhir (1997), truk MB700ATL ini juga dilengkapi dengan pilihan axle ratio yang sangat kecil (3.71:1), sehingga memungkinkan truk MB700ATL ini sanggup berlari sangat kencang, bahkan untuk mengejar mobil penumpang sekelas ispan,toki, hingga miku, tapi dengan kemampuan tanjak yang tak usah lagi diragukan.

Untuk MB800, setahu saya, edisi pertama tahun 1998 hingga edisi terakhir tahun 2002. Perbedaan signifikan yang kasat mata dari sang kakak, MB700 terletak pada warna kabin, atap kabin yang lebih tinggi, bentuk grill depan, dan bumper yang dilengkapi lampu utama. Masuk ke kabin, truk ini terlihat lebih mewah dengan desain dasbor baru yang roundish, jauh dari kesan kotak seperti MB700. Urusan driveline, sepengetahuan saya, tidak terlalu banyak perubahan. Perubahan terbesar hanya pada penggunaan transmisi ZF 5S-42 yang menggantikan transmisi Tata GBS27 pada MB700. Untuk per, hanya beda2 tipis saja. GVW truk ini, 8.000 kg, tetapi pada beberapa ijin kir truk MB800 milik teman2, juga ada yang tetap 7.900 kg. Ada beberapa pilihan axle ratio yang beragam, mulai dari 4.11:1, hingga 4.63 : 1.

Truk MB ini sangat tangguh di berbagai sektor, mulai mesin yang sangat bertenaga, chassis yang extra besar, kabin yang lapang, rem yang pakem, hingga sparepart yang bejibun. Menurut saya, kalau ada yang beranggapan truk MB ini tidak bisa dioverload, itu adalah anggapan yang salah, karena pengalaman saya, truk ini mampu dimuati overload.

Kelemahan truk ini sebenarnya hanyalah pada injakan kopling yang berat khas eropa, serta jarak injakan kopling penuh yang sangat dalam. Transmisi juga menjadi salah satu penyebab kelemahannya, meski jarang sampai rusak, tapi melihat merknya (Tata dan ZF), kebayang deh mau beli kemana?? Kalau soal penjualannya yang kurang menggembirakan, itu adalah masalah klasik, maksudnya, citra truk eropa yang serba mahal, dan jaringan pejualan yang sangat sedikit kala itu. Saya rasa, itulah yang menyebabkan truk MB ini kurang sukses di pasaran.

Sangat disayangkan juga truk kecil MB ini discontinue produksinya, padahal truk ini memiliki banyak keunggulan. Tetapi mau gimana lagi, jaringan penjualan yang hanya terpusat di ibukota propinsi, membuat volume penjualanya minim, ditambah gempuran truk2 jepang yang agresif akhirnya menghentikan langkah truk ini..

Sekian agan2 sekalian, semoga bisa menambah pengetahuan tentang truk MB-series..

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7236
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: TRUCK MANIA

Post by newrubble » 04 Apr 2015, 12:06

mb7xx dan 8xx dibuat u tujuan utama global supply bkn domestic only...dan kalo th2000 onward masih dijual local indo itu remainig stock / n.o.s

parts dimaksur o.e.m bukan brand to brand complementation atau ini sama dg itu

axle sering rusak itu dilihat dr claim / complaint history yg (pernah) disimpan rapi

rangergiga
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 03 Apr 2015, 22:51

Re: TRUCK MANIA

Post by rangergiga » 08 Apr 2015, 09:40

newrubble wrote:mb7xx dan 8xx dibuat u tujuan utama global supply bkn domestic only...dan kalo th2000 onward masih dijual local indo itu remainig stock / n.o.s

parts dimaksur o.e.m bukan brand to brand complementation atau ini sama dg itu

axle sering rusak itu dilihat dr claim / complaint history yg (pernah) disimpan rapi

Wah, kayaknya saya ketemu orang yang tepat ini. Agan klihatannya orang mercy juga, hingga tahu strategi pemasarannya juga.. Terima kasih pencerahannya gan.
Yg saya sundulkan itu atas pengalaman pribadi dan sesama pengguna MB700/800. Saya termasuk penggemar truk mercy, dan saya sendiri memiliki banyak varian truk mercy, dibanding merek lain, sedari 917,1417,15-series, serta MB700/800, hingga seri Fuso "axor" FJ2523. Saya hafal banyak part dari MB700/800,seperti merek asal transmisi,axle,dll, karena saya sendiri yang ngebengkel semua truk saya. Hampir semua main part pada truk2 mercedes memiliki name plate yang terpatri pada part truk ybs,seperti front axle dan gearbox MB700 yang memang terpatri dari merek Tata Motors Limited, tidak seperti truk mercy lainnya yang mengguakan axle mercy VLx/HLxx, dan gerabox mercy Gxx. Oleh karena itu saya bisa sharingkan untuk agan2 yang penasaran sama MB700/800.
Betul gan,itu memang O.E.M, alias keluar pabrik sudah begitu. Tapi karena semua tertera pada name plate, jadi kita tahu merk2 part yang digunakan oleh truk MB tsb.
Saya dan banyak pemilik truk mercedes lainnya, menyebut truk MB700/800 ini sebagai truk "MB gado-gado", karena memang banyak part "gado-gado"nya..
Kalo menurut saya, saat mercedes memasarkan truk MB700/800 ini, dengan jaringan dealer dan pejualan genuine spare part yang masih minim, penggunaan general part dari merek2 terkemuka, adalah suatu langkah tepat, karena memudahkan pengguna untuk membeli sparepart tanpa harus ke ibukota provinsi untuk membeli sparepartnya. Tinggal lihat merek dari part ybs, kita tinggal samperin saja toko sparepart umum, beres..

kalau ada info baru tentang mercedes di indo, gan, tolong di share, saya tunggu.. Terima kasih..

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7236
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: TRUCK MANIA

Post by newrubble » 08 Apr 2015, 13:04

sy bukan benz expert cuma bacabaca kontrak docs sj

sbtulnya ckd multi sourcing sdh mulai 1974 dg benz913 yg org dulu level supir n montir suka sebut mersi-hanoman (Maksutnya cabin buit by hanomag-hanschel ab) liat bawahnya n ada yg built by tata

bgt juga tata lp-1210-a (1210-e export version) bus ex damri yg twin sista benz913 byk yg supplied by tata

yg satu ckd by GMM (tanjung priok saat itu) cab chasis dan yg satu by nv isc (front cab n chasis) dan superior coach (bis body)

indo adalah first export market tata outside indian subcontinent (1977-78) alm bapaknya ratan akui itu

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7236
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: TRUCK MANIA

Post by newrubble » 09 Apr 2015, 00:15

scania r580 6wd 4ws from sodetalje-syd factory
2015-04-08-2675_Q1.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

Post Reply

Return to “Pickup Types”