Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

sprint07
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 265
Joined: 10 May 2014, 20:56
Location: Surabaya

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by sprint07 » 30 Jun 2019, 22:59

Traga menurut saya sangat bisa dipertimbangkan, asal jangan mikir nanti dijual lagi jadi berapa, resale value belum tahu kayak apa.

Kelebihan :
1. Lebih irit rata-rata 2km per liter dibanding L300 dengan muatan sama. Luarkota tol bisa di atas 1:16
2. Bak besar, enak bawa barang yg size nya gede, tetap stnk pickup walau size mirip2 engkel jaman dulu, jadi masuk kota lancar jaya tanpa ada larangan
3. Tanjakan ga kalah sama L300

Kekurangan :
1. Lebih mahal
2. Model nya aneh (subjektif)

Kalau beli lagi pasti ambil traga lagi dibanding L300, supir saya suka nyetir traga daripada L300, beda umur setaun.

erwinign
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 908
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by erwinign » 30 Jun 2019, 23:04

sprint07 wrote:
30 Jun 2019, 22:59
Traga menurut saya sangat bisa dipertimbangkan, asal jangan mikir nanti dijual lagi jadi berapa, resale value belum tahu kayak apa.

Kelebihan :
1. Lebih irit rata-rata 2km per liter dibanding L300 dengan muatan sama. Luarkota tol bisa di atas 1:16
2. Bak besar, enak bawa barang yg size nya gede, tetap stnk pickup walau size mirip2 engkel jaman dulu, jadi masuk kota lancar jaya tanpa ada larangan
3. Tanjakan ga kalah sama L300

Kekurangan :
1. Lebih mahal
2. Model nya aneh (subjektif)

Kalau beli lagi pasti ambil traga lagi dibanding L300, supir saya suka nyetir traga daripada L300, beda umur setaun.
Traga ini apa sebenernya kaya panther pick up versi junbo om? Mesin nya sama soalnya (ex user panther higrade 99 sama touring 2004)
Don't Judge The Book By It's Cover

sprint07
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 265
Joined: 10 May 2014, 20:56
Location: Surabaya

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by sprint07 » 30 Jun 2019, 23:11

erwinign wrote:
30 Jun 2019, 23:04
Traga ini apa sebenernya kaya panther pick up versi junbo om? Mesin nya sama soalnya (ex user panther higrade 99 sama touring 2004)
Kalau sasis pasti beda. Transmisi dan gardan ga tau punya mana (kalau udah rusak baru tau, tp itu masih lama sekali) pokoknya enak tp tanjakan ok juga (pas beli sempat ga yakin tanjakan nya kuat) kayaknya tanjakannya menang jauh drpd panther p.up. iritnya ok klo luarkota sebagian via tol tembus 1:16 an.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18093
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Turboman » 01 Jul 2019, 05:36

Greasiing udah ?

Cross Joint dll

Biasa truk banyak Nipple Grease nya, Tie Rod dll

Grease pake aja NLGI 2

Li Complex / Li EP bebas

Mau pake Shell Gadus / Mobil XHP 222 dll bebas

sukerdan02
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: 20 Jul 2017, 11:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by sukerdan02 » 01 Jul 2019, 14:32

Givrun wrote:
27 Jun 2019, 19:18
siap om rakean, makasih buat solusi2 nya.
Rakean wrote:
27 Jun 2019, 17:29


yang ane cetak tebal yak :mky_03: :mky_03: :mky_03:
siap om , akan ane perhatikan
MSU wrote:
27 Jun 2019, 16:11
mini filter menurut saya jangan dilepas...toh kalo ga kotor tenaga ga akan kurang gara2 alat itu
malah bagus ada double penyaringan.
jangan lupa selain nambah per daun..ban perlu di cek...apa kuat untuk beban..
unit nya blom datang om, akan coba kasih review mudah2 an bisa kaya suhu2 dimari .. hehe

Traga ini kayak nya bener2 dibuat utk kalahkan L300. di Develop oleh isuzu indonesia buat market indonesia yang unik. Bukti nya traga buat ekspor juga dari indonesia.
klaim isuzu:
Sasis ElF
Transmisi D-MAX
MESIN Panther
Suspensi depan D-Max
suspensi belakang development baru utk overload ?? :e-think:
overal 70-80% parts sdh tersedia :frm_tumbleft:
pengendiesel wrote:
27 Jun 2019, 16:15
Traga ini kayaknya jadi pilihan menarik ya....di Surabaya sering banget keliatan di jalanan.

Om TS, kasih review plis gimana Traga ini, terutama kalo dicompare dengan l300. Kalo mesin sih mestinya sama2 bandel tapi torsinya Traga lebih ok jadi lebih irit?
Kalo perkara tonase gimana? L300 kan terkenal chasisnya kuat jadi bisa overload gila2an :mky_04:
Transmisi D-max om . Baru cari2 info lagi hehe.. Sama aja ya ?
coklatMetalik wrote:
27 Jun 2019, 17:05

Wuling MTF sih 75W90
Kalo transmisinya persis panther sih pk oli mesin Meditran 40 aja
Recent info dari marketing isuzu, Transmisi nya pakai punya D-Max , gak nemu manual book dmax. Mungkin om turbo tau. :ungg:
Utk pilihan oli mesin nya , sangat tertarik nih om turbo. Tinggal bandingkan yang gampang didapet d tempat ane. Kalau price 11-12 sih bisa ane terapkan ke all unit :upss:
Turboman wrote:
27 Jun 2019, 18:12
Kalo Oli Transmisi mintanya oli mesin spt Panther, ya pakai Honda MTF saja

Utk oli mesin kalau mau bagus dan ekonomis beli aja kemasan Pail 18 L

- Conoco Power D 15W40
- Mobil Delvac MX
- PTT 15W40 API CI-4
- CAT DEO 15W40
- Caltex Delo 15W40 API CI-4

Transmisi D-max? Kayanya agak ga mungkin.. D-max yang 4x4 pake transmisi MUA5, mungkin traga pakenya transmisi elf yg 77ps, karena secara bolt pattern 4ja dan 4jb itu sama, bisa dipasangkan dengan MSG5 (panther) dan MUA5 (dmax, spacecab, dkk).. Dan dmax kayanya semua 4x4.. Kalau versi luar ada yg 4x2, tapi ga pake nama dmax.. Namanya isuzu TF (pendahulu dmax, walaupun aslinya ya sama aja)

Edit: barusan cari spec sheet nya, ternyata bener transmisinya MUA5S, berarti ini versi 4x2 dari transmisi MUA5, emg bener sama yang dipakai dmax..
Untuk kontruksi kaki2 depan sy blm lihat lebih jelas, tapi di spec sheet sih double wishbone dengan coil spring.. Kalau pakai coil spring secara teori kl sama dengan dmax berarti harusnya generasi dmax yang baru, yang sama dengan chevrolet colorado.. Karena dmax yang versi sebelum2nya konstruksi kaki depan masih pakai torsion bar, serupa dengan trooper & bighorn untuk yg 4x4, dan mungkin serupa panther untuk yg 4x2

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1794
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by coklatMetalik » 01 Jul 2019, 14:46

sukerdan02 wrote:
01 Jul 2019, 14:32
Givrun wrote:
27 Jun 2019, 19:18
siap om rakean, makasih buat solusi2 nya.
Rakean wrote:
27 Jun 2019, 17:29


yang ane cetak tebal yak :mky_03: :mky_03: :mky_03:
siap om , akan ane perhatikan
MSU wrote:
27 Jun 2019, 16:11
mini filter menurut saya jangan dilepas...toh kalo ga kotor tenaga ga akan kurang gara2 alat itu
malah bagus ada double penyaringan.
jangan lupa selain nambah per daun..ban perlu di cek...apa kuat untuk beban..
unit nya blom datang om, akan coba kasih review mudah2 an bisa kaya suhu2 dimari .. hehe

Traga ini kayak nya bener2 dibuat utk kalahkan L300. di Develop oleh isuzu indonesia buat market indonesia yang unik. Bukti nya traga buat ekspor juga dari indonesia.
klaim isuzu:
Sasis ElF
Transmisi D-MAX
MESIN Panther
Suspensi depan D-Max
suspensi belakang development baru utk overload ?? :e-think:
overal 70-80% parts sdh tersedia :frm_tumbleft:
pengendiesel wrote:
27 Jun 2019, 16:15
Traga ini kayaknya jadi pilihan menarik ya....di Surabaya sering banget keliatan di jalanan.

Om TS, kasih review plis gimana Traga ini, terutama kalo dicompare dengan l300. Kalo mesin sih mestinya sama2 bandel tapi torsinya Traga lebih ok jadi lebih irit?
Kalo perkara tonase gimana? L300 kan terkenal chasisnya kuat jadi bisa overload gila2an :mky_04:
Transmisi D-max om . Baru cari2 info lagi hehe.. Sama aja ya ?
coklatMetalik wrote:
27 Jun 2019, 17:05

Wuling MTF sih 75W90
Kalo transmisinya persis panther sih pk oli mesin Meditran 40 aja
Recent info dari marketing isuzu, Transmisi nya pakai punya D-Max , gak nemu manual book dmax. Mungkin om turbo tau. :ungg:
Utk pilihan oli mesin nya , sangat tertarik nih om turbo. Tinggal bandingkan yang gampang didapet d tempat ane. Kalau price 11-12 sih bisa ane terapkan ke all unit :upss:
Turboman wrote:
27 Jun 2019, 18:12
Kalo Oli Transmisi mintanya oli mesin spt Panther, ya pakai Honda MTF saja

Utk oli mesin kalau mau bagus dan ekonomis beli aja kemasan Pail 18 L

- Conoco Power D 15W40
- Mobil Delvac MX
- PTT 15W40 API CI-4
- CAT DEO 15W40
- Caltex Delo 15W40 API CI-4

Transmisi D-max? Kayanya agak ga mungkin.. D-max yang 4x4 pake transmisi MUA5, mungkin traga pakenya transmisi elf yg 77ps, karena secara bolt pattern 4ja dan 4jb itu sama, bisa dipasangkan dengan MSG5 (panther) dan MUA5 (dmax, spacecab, dkk).. Dan dmax kayanya semua 4x4.. Kalau versi luar ada yg 4x2, tapi ga pake nama dmax.. Namanya isuzu TF (pendahulu dmax, walaupun aslinya ya sama aja)

Edit: barusan cari spec sheet nya, ternyata bener transmisinya MUA5S, berarti ini versi 4x2 dari transmisi MUA5, emg bener sama yang dipakai dmax..
Untuk kontruksi kaki2 depan sy blm lihat lebih jelas, tapi di spec sheet sih double wishbone dengan coil spring.. Kalau pakai coil spring secara teori kl sama dengan dmax berarti harusnya generasi dmax yang baru, yang sama dengan chevrolet colorado.. Karena dmax yang versi sebelum2nya konstruksi kaki depan masih pakai torsion bar, serupa dengan trooper & bighorn untuk yg 4x4, dan mungkin serupa panther untuk yg 4x2
MTFnya pake oli mesin kan?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

sukerdan02
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: 20 Jul 2017, 11:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by sukerdan02 » 01 Jul 2019, 14:58

Yes, semua transmisi manual isuzu yang saya tahu minta oli mesin di spec sheet nya..
Mungkin berkaitan dengan penggunaan kuningan untuk sincromeshnya, sementara gear oil punya aditif anti friction yang sifatnya bisa mengkikis kuningan.. MTF honda juga pakai sae encer sih, tapi apakah ada aditif sejenis saya ga tau..
Karena kalo hanya secara SAE kekentalan, SAE 50 oli mesin itu hampir sama dengan SAE 90 gear oil

Givrun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 01 Jul 2019, 20:12

loh brarti spare parts nya susah dong om? Klaim nya 70% available :big_think:
sukerdan02 wrote:
01 Jul 2019, 14:32
Givrun wrote:
27 Jun 2019, 19:18


Transmisi D-max? Kayanya agak ga mungkin.. D-max yang 4x4 pake transmisi MUA5, mungkin traga pakenya transmisi elf yg 77ps, karena secara bolt pattern 4ja dan 4jb itu sama, bisa dipasangkan dengan MSG5 (panther) dan MUA5 (dmax, spacecab, dkk).. Dan dmax kayanya semua 4x4.. Kalau versi luar ada yg 4x2, tapi ga pake nama dmax.. Namanya isuzu TF (pendahulu dmax, walaupun aslinya ya sama aja)

Edit: barusan cari spec sheet nya, ternyata bener transmisinya MUA5S, berarti ini versi 4x2 dari transmisi MUA5, emg bener sama yang dipakai dmax..
Untuk kontruksi kaki2 depan sy blm lihat lebih jelas, tapi di spec sheet sih double wishbone dengan coil spring.. Kalau pakai coil spring secara teori kl sama dengan dmax berarti harusnya generasi dmax yang baru, yang sama dengan chevrolet colorado.. Karena dmax yang versi sebelum2nya konstruksi kaki depan masih pakai torsion bar, serupa dengan trooper & bighorn untuk yg 4x4, dan mungkin serupa panther untuk yg 4x2
aneh nya d tempat saya , harga sama .. dlepas 190 juta after disc . (Unit2 tigaberlian sebelum nya ambil offtheroad surabaya dan langsung masuk antik* r*ya, jadi kurang tau dah pasaran sini) tadi nya plihan ya antara 2 ini. Karna harga sama jadi ya ambil traga
sprint07 wrote:
30 Jun 2019, 22:59
Traga menurut saya sangat bisa dipertimbangkan, asal jangan mikir nanti dijual lagi jadi berapa, resale value belum tahu kayak apa.

Kelebihan :
1. Lebih irit rata-rata 2km per liter dibanding L300 dengan muatan sama. Luarkota tol bisa di atas 1:16
2. Bak besar, enak bawa barang yg size nya gede, tetap stnk pickup walau size mirip2 engkel jaman dulu, jadi masuk kota lancar jaya tanpa ada larangan
3. Tanjakan ga kalah sama L300

Kekurangan :
1. Lebih mahal
2. Model nya aneh (subjektif)

Kalau beli lagi pasti ambil traga lagi dibanding L300, supir saya suka nyetir traga daripada L300, beda umur setaun.
Grease smntara pakai shell gadus , stok lama msh ada sdikit om turbo. Dsni juga susah cari itu grease, Next akan coba tanyakan Mobil XHPP22 ke teman yg langganan exxonmobil , mksh saran2 nya om turbo. :frm_salut:
Turboman wrote:
01 Jul 2019, 05:36
Greasiing udah ?

Cross Joint dll

Biasa truk banyak Nipple Grease nya, Tie Rod dll

Grease pake aja NLGI 2

Li Complex / Li EP bebas

Mau pake Shell Gadus / Mobil XHP 222 dll bebas
Unit ane blom nyampe, tp jadi smakin yakin gak salah pilih, mksh om sprint07 sharing2 nya :big_grin:

Utk sasis pakai ELF
transmisi Dmax ( konfirm by om rakerdan)
sprint07 wrote:
30 Jun 2019, 23:11
erwinign wrote:
30 Jun 2019, 23:04
Traga ini apa sebenernya kaya panther pick up versi junbo om? Mesin nya sama soalnya (ex user panther higrade 99 sama touring 2004)
Kalau sasis pasti beda. Transmisi dan gardan ga tau punya mana (kalau udah rusak baru tau, tp itu masih lama sekali) pokoknya enak tp tanjakan ok juga (pas beli sempat ga yakin tanjakan nya kuat) kayaknya tanjakannya menang jauh drpd panther p.up. iritnya ok klo luarkota sebagian via tol tembus 1:16 an.

Givrun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 01 Jul 2019, 20:48

coklatMetalik wrote:
01 Jul 2019, 14:46
MTFnya pake oli mesin kan?
sukerdan02 wrote:
01 Jul 2019, 14:58
Yes, semua transmisi manual isuzu yang saya tahu minta oli mesin di spec sheet nya..
Mungkin berkaitan dengan penggunaan kuningan untuk sincromeshnya, sementara gear oil punya aditif anti friction yang sifatnya bisa mengkikis kuningan.. MTF honda juga pakai sae encer sih, tapi apakah ada aditif sejenis saya ga tau..
Karena kalo hanya secara SAE kekentalan, SAE 50 oli mesin itu hampir sama dengan SAE 90 gear oil
Sama om honda juga pakai oli mesin, waktu cek d manual book civic. 10w40.
Katanya d beres honda kalau stok lagi habis juga d kasih oli mesin.

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1794
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by coklatMetalik » 01 Jul 2019, 21:24

Givrun wrote:
01 Jul 2019, 20:48
coklatMetalik wrote:
01 Jul 2019, 14:46
MTFnya pake oli mesin kan?
sukerdan02 wrote:
01 Jul 2019, 14:58
Yes, semua transmisi manual isuzu yang saya tahu minta oli mesin di spec sheet nya..
Mungkin berkaitan dengan penggunaan kuningan untuk sincromeshnya, sementara gear oil punya aditif anti friction yang sifatnya bisa mengkikis kuningan.. MTF honda juga pakai sae encer sih, tapi apakah ada aditif sejenis saya ga tau..
Karena kalo hanya secara SAE kekentalan, SAE 50 oli mesin itu hampir sama dengan SAE 90 gear oil
Sama om honda juga pakai oli mesin, waktu cek d manual book civic. 10w40.
Katanya d beres honda kalau stok lagi habis juga d kasih oli mesin.
Tp klo isuzu bener2 oli mesin ya? Krn kyknya gk ada MTF khusus merk isuzu
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

Givrun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 01 Jul 2019, 22:00

Isuzu ane kurang pengalaman sebenar nya om, tp sebelum ambil unit traga ini , ane coba cari info dan profile kan perawatannya. Dari Spengetahuan ane isuzu gak ada MTF.

Kalau ane prefer MTF nya honda om. Karna dia gear oil. Jadi Sesuai peruntukan nya. pernah baca2 gak tau disini atau d forum sebelah. MTF honda itu SAE 75w85 , gear oil 80-90 setara dengan SAE ujung 40 engine oil.

imho

Viskositasnya sama saja. Jadi tinggal peruntukan aditif nya. sma dgn om rakerdan
coklatMetalik wrote:
01 Jul 2019, 21:24

Tp klo isuzu bener2 oli mesin ya? Krn kyknya gk ada MTF khusus merk isuzu

Givrun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 01 Jul 2019, 22:23

hasil googling kata kunci viscosity comparison
coklatMetalik wrote:
01 Jul 2019, 21:24
images (2).png
Yang crankcase dgn gear oil
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

sukerdan02
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: 20 Jul 2017, 11:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by sukerdan02 » 03 Jul 2019, 13:50

Givrun wrote:
01 Jul 2019, 22:23
hasil googling kata kunci viscosity comparison
coklatMetalik wrote:
01 Jul 2019, 21:24
images (2).png

Yang crankcase dgn gear oil
Iya kalo secara SAE aja emang mirip.. Hanya kuncinya di aditif anti friction dan metal conditioner spesifik gear oil.. Sy pernah baca dulu, filenya lupa dimana.. Memang ada transmisi yang spesifik minta oli mesin karena menghindari aditif ini, tapiiii...

disitu juga disebutkan kembali ke pemakaian.. memang tanpa aditif itu sincromes kuningan akan aman, tapi kalau pemakaiannya diluar batas kewajaran, alias dioverload, disebutkan ada potensi gigi2 metal yang akan kemakan karena dalam tekanan ekstrim, ga ada pelindungnya..

Cth, transmisi yg required oli mesin, kalau digunakan untuk balapan misalnya, dibilang lebih aman pake gear oil.. Jadi sincromeshnya dikorbankan supaya gear nya lebih awet.. Kalau pemakaian standar2 aja, pemakaian gear oil ga dibutuhkan karena tekanan yang dihasilkan masih bisa dikompensasi.. jadi, kembali ke perlakuan.. manual book dibuat untuk mobil2 yang dipakai dalam batas normal sesuai spesifikasinya.. Kalao pemakaiannya diluar batas normal, misal angkutan overload, ya perlakuan sesuai manual book bisa aja ga memadai..

Givrun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 03 Jul 2019, 14:05

sukerdan02 wrote:
03 Jul 2019, 13:50
Iya kalo secara SAE aja emang mirip.. Hanya kuncinya di aditif anti friction dan metal conditioner spesifik gear oil.. Sy pernah baca dulu, filenya lupa dimana.. Memang ada transmisi yang spesifik minta oli mesin karena menghindari aditif ini, tapiiii...

disitu juga disebutkan kembali ke pemakaian.. memang tanpa aditif itu sincromes kuningan akan aman, tapi kalau pemakaiannya diluar batas kewajaran, alias dioverload, disebutkan ada potensi gigi2 metal yang akan kemakan karena dalam tekanan ekstrim, ga ada pelindungnya..

Cth, transmisi yg required oli mesin, kalau digunakan untuk balapan misalnya, dibilang lebih aman pake gear oil.. Jadi sincromeshnya dikorbankan supaya gear nya lebih awet.. Kalau pemakaian standar2 aja, pemakaian gear oil ga dibutuhkan karena tekanan yang dihasilkan masih bisa dikompensasi.. jadi, kembali ke perlakuan.. manual book dibuat untuk mobil2 yang dipakai dalam batas normal sesuai spesifikasinya.. Kalao pemakaiannya diluar batas normal, misal angkutan overload, ya perlakuan sesuai manual book bisa aja ga memadai..
Kalau dari baca2 sih , Gear Oil GL 4 . MTF sebutan lain buat Gear Oil GL4. Itu gak makan kuningan or syncromesh.

jadi opsi terbaik buat isuzu ttap mtf / gear oil GL4 encer.
Cmiiw om.

sukerdan02
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: 20 Jul 2017, 11:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by sukerdan02 » 03 Jul 2019, 14:28

Givrun wrote:
03 Jul 2019, 14:05
sukerdan02 wrote:
03 Jul 2019, 13:50
Iya kalo secara SAE aja emang mirip.. Hanya kuncinya di aditif anti friction dan metal conditioner spesifik gear oil.. Sy pernah baca dulu, filenya lupa dimana.. Memang ada transmisi yang spesifik minta oli mesin karena menghindari aditif ini, tapiiii...

disitu juga disebutkan kembali ke pemakaian.. memang tanpa aditif itu sincromes kuningan akan aman, tapi kalau pemakaiannya diluar batas kewajaran, alias dioverload, disebutkan ada potensi gigi2 metal yang akan kemakan karena dalam tekanan ekstrim, ga ada pelindungnya..

Cth, transmisi yg required oli mesin, kalau digunakan untuk balapan misalnya, dibilang lebih aman pake gear oil.. Jadi sincromeshnya dikorbankan supaya gear nya lebih awet.. Kalau pemakaian standar2 aja, pemakaian gear oil ga dibutuhkan karena tekanan yang dihasilkan masih bisa dikompensasi.. jadi, kembali ke perlakuan.. manual book dibuat untuk mobil2 yang dipakai dalam batas normal sesuai spesifikasinya.. Kalao pemakaiannya diluar batas normal, misal angkutan overload, ya perlakuan sesuai manual book bisa aja ga memadai..
Kalau dari baca2 sih , Gear Oil GL 4 . MTF sebutan lain buat Gear Oil GL4. Itu gak makan kuningan or syncromesh.

jadi opsi terbaik buat isuzu ttap mtf / gear oil GL4 encer.
Cmiiw om.
Di artikel yg saya baca sih, GL-4 tetep makan kuningan, hanya kandungan aditifnya masih sedikit.. Kalo ga salah inget di artikel itu disebutkan GL-5 punya kandungan aditif bersangkutan sekitar 4-5x lipat lebih banyak daripada GL-4, jadi efek merusaknya lebih cepat..
Kalau mau pake yang mana sih, saya terserah kembali ke user.. Toh pabrik juga pasti punya alasan kuat dengan secara gamblang menulis "use engine oil" di manual book, bahkan di tutup pengisian oli transmisi (di panther)..

Dari pengalaman sih, di trooper saya (transmisi sejenis dengan panther, MSG5K) kalau dikasi oli GL-4 sae 90 (pernah salah sekali, langsung saya kuras besoknya), memang masuk giginya ga se smooth kalo pakai oli mesin (bahkan kalau dibandingnya dengan 20w50 sekalipun yang lebih kental daripada permintaan SAE 40).. Toh buktinya kemaren itu sy overhaul transmisi (karena hubsleeve ada yg rontok) setelah 28 tahun, kondisi gigi2 didalam masih tanpa cacat semua, sincromes pun sebenernya masih cukup baik, tapi tetep diganti karena usia, daripada 2x kerja nantinya..
Oya 4 tahun lalu sy pernah ganti gigi 5 karena cacat, tapi penyebabnya karena spi pengikat gear patah, jadi gearnya goyang dan menggerus dudukan laher gigi renteng, tapi gigi2 lain belom pernah dibongkar sama sekali..

Givrun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 03 Jul 2019, 19:39

Owh iya bener om rakerdan, GL 4 ttap ada kadar sulfur dngn kandungan sedikit. dari Aditif Extreme Pressure nya buat perlindungan gear.

Sesuai sama om bilang sebelumnya, kalau pakai GL4 syncromesh akan ttap tergerus sedikit demi sedikit, tapi perlindungan gigi lebih baik. begitu kan om?

Givrun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 03 Jul 2019, 19:55

sukerdan02 wrote:
03 Jul 2019, 14:28

Di artikel yg saya baca sih, GL-4 tetep makan kuningan, hanya kandungan aditifnya masih sedikit.. Kalo ga salah inget di artikel itu disebutkan GL-5 punya kandungan aditif bersangkutan sekitar 4-5x lipat lebih banyak daripada GL-4, jadi efek merusaknya lebih cepat..
Kalau mau pake yang mana sih, saya terserah kembali ke user.. Toh pabrik juga pasti punya alasan kuat dengan secara gamblang menulis "use engine oil" di manual book, bahkan di tutup pengisian oli transmisi (di panther)..

Dari pengalaman sih, di trooper saya (transmisi sejenis dengan panther, MSG5K) kalau dikasi oli GL-4 sae 90 (pernah salah sekali, langsung saya kuras besoknya), memang masuk giginya ga se smooth kalo pakai oli mesin (bahkan kalau dibandingnya dengan 20w50 sekalipun yang lebih kental daripada permintaan SAE 40).. Toh buktinya kemaren itu sy overhaul transmisi (karena hubsleeve ada yg rontok) setelah 28 tahun, kondisi gigi2 didalam masih tanpa cacat semua, sincromes pun sebenernya masih cukup baik, tapi tetep diganti karena usia, daripada 2x kerja nantinya..
Oya 4 tahun lalu sy pernah ganti gigi 5 karena cacat, tapi penyebabnya karena spi pengikat gear patah, jadi gearnya goyang dan menggerus dudukan laher gigi renteng, tapi gigi2 lain belom pernah dibongkar sama sekali..
kalau khusus traga dalam kasus saya ini om, kerja rodi 5000km/ bln, beban perhari maks 2ton belum box aluminium. Prefer nya gear oil atau oli mesin om ?

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 964
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by lemonadelovers » 03 Jul 2019, 20:27

Givrun wrote:
30 Jun 2019, 22:00
sdh beli oli CAT Deo kemasan 20 liter d trakindo.
Rp 1.097.540,- belum dpakai.

harga hanya selisih sedikit dengan meditran sx bio yg Rp 53.000/ liter

Next month, mo coba beli delvaq mx dari temen d tambang yg langganan exxonmobil , kali dapet lebih murah :ngacir:
D bli2 ada jg oli mesin alat berat volvo om, 40rb-an seliter jatuhnya. 15w-40

Givrun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 04 Jul 2019, 19:03

lemonadelovers wrote:
03 Jul 2019, 20:27

D bli2 ada jg oli mesin alat berat volvo om, 40rb-an seliter jatuhnya. 15w-40
Ini oli apa ya om ?
Perusahaan oli yg supply ke volvo mksd nya.. kalau catterpillar kan pakai oli exxonmobil yang d rebranding.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18093
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Turboman » 04 Jul 2019, 19:29

Givrun wrote:
lemonadelovers wrote:
03 Jul 2019, 20:27

D bli2 ada jg oli mesin alat berat volvo om, 40rb-an seliter jatuhnya. 15w-40
Ini oli apa ya om ?
Perusahaan oli yg supply ke volvo mksd nya.. kalau catterpillar kan pakai oli exxonmobil yang d rebranding.
Kalo ga salah Volvo oil dari Exxon Mobil juga

Btw kalo di Kalimantan ya mending beli yg gampang didapat di sana aja

Bagus kalo Trakindo banyak setok CAT DEO

Givrun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 04 Jul 2019, 20:36

Turboman wrote:
04 Jul 2019, 19:29

Bagus kalo Trakindo banyak setok CAT DEO
Iya om sdh tanya2 jga k trakindo, mereka bilang kalau lagi kosong jga bsa pesen .. kiriman parts masuk 2 kali seminggu jadi bsa langsung ikut kiriman klo pesen. jadi kyk nya sih aman om turbo . Thanks saran2 nya om.. :big_exellent:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18093
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Turboman » 05 Jul 2019, 04:43

Utk oli Transmisi jika require oli dgn SAE oli mesin bisa gugel

SHELL SPIRAX S4 TXM

PERTAMINA UTTO 10W30

atau merek lain dgn jenis

Universal Tractor & Transmission Oil

itu SAE 10W30 & API GL-4


Givrun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun » 07 Jul 2019, 13:54

Turboman wrote:
05 Jul 2019, 04:43
Utk oli Transmisi jika require oli dgn SAE oli mesin bisa gugel

SHELL SPIRAX S4 TXM

PERTAMINA UTTO 10W30

atau merek lain dgn jenis

Universal Tractor & Transmission Oil

itu SAE 10W30 & API GL-4
Maaf baru reply om turbo .. sdh coba cari2 dan tanya2 pemakai traktor dsni ..
ternyata mereka pakainya gear oil rored haha..

Ane ttap akan pakai opsi MTF om .. secondary kalau kosong baru pakai engine oil SAE 30 atau 40.


Btw ini unit nya datang mundur next week :ungg:

Post Reply