FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Informasi rute perjalanan dan liputan acara-acara road trip.

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 514
Joined: 12 Aug 2016, 13:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by Nainggolan21 » 09 Feb 2019, 11:02

maskopat wrote:
08 Feb 2019, 13:08
Nainggolan21 wrote:
08 Feb 2019, 12:26
F 272 wrote:
Ini mah Futu Mudik om... ga di itung Road Trip wkwkwkwkwk...

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Jangan buka kartu donk om... ntar saya malu
Nih... saya kasih satu lagi foto kalender buat teaserImageImageImageIMG_20181230_143628_970.jpeg
ini foto di Bali, Bang? :big_grin:
:big_cry: :big_cry: :big_cry: :big_cry:
buka kartu aja abang kita ini
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"

User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: 18 Jan 2018, 07:12
Location: Bintaro
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by GasGus » 09 Feb 2019, 11:25

964 wrote:
08 Feb 2019, 20:55
Saya sudah 2 kali roadtrip bareng teman ke Sumatera Barat, dan memang menyenangkan sekali. Rencana April ini mau ngulang lagi, sekalian naik gunung. Provinsi dgn wisata paling lengkap di sumatera, jarak antar wisata jauh, tapi jalanannya bagus buat yg suka nyetir.
betul sekali om, road trip kali ini juga baru sedikit saja explore sumatera barat, kurang lama.. sangat direkomendasikan untuk diulang kembali..

ginting wrote:
08 Feb 2019, 21:54
jaman blm ada SMRT dan saya masih pakai Silvy (GNKI) ha ha ha.
ulangi om, MUX belum foto disana lho.. :emo-big_love:

rudyzanetti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 14 Oct 2015, 01:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by rudyzanetti » 09 Feb 2019, 14:29

Om pengen nanya, khusus yg tinggal dipulau jawa yg seneng roadtrip ke sumatra. Setelah ngerasain pulau sumatra, hal apa aja sih yg bikin ngomong / ngerasa bersyukur tinggal di pulau jawa?
Atau hal yg bikin ngerasa iri ama org yg tinggal di pulau sumatra?
Hehehe... 😀😀

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4078
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by F 272 » 09 Feb 2019, 16:25

rudyzanetti wrote:
09 Feb 2019, 14:29
Om pengen nanya, khusus yg tinggal dipulau jawa yg seneng roadtrip ke sumatra. Setelah ngerasain pulau sumatra, hal apa aja sih yg bikin ngomong / ngerasa bersyukur tinggal di pulau jawa?
Atau hal yg bikin ngerasa iri ama org yg tinggal di pulau sumatra?
Hehehe... 😀😀
Ikut meramaikan Trit nya om @GasGus

Saya agak yakin akan ada banyak statement untuk menjawab pertanyaan ini om... hehehe..

Kalo dari saya, kira2 begini : Lebih kepada situasi atau kondisi alam/geografis... Pulau Jawa terasa lebih ramai kondisinya mau jalan siang ataupun malam rasanya lebih aman dibanding di Pulau Sumatera.

Tapi ingat...sebener nya ini engga mutlak, karena soal keamanan sama aja, lha wong di Jabodetabek aja kadang2 masih ada aja tindak Kriminal... bener ngga ..? hehehe..

Mungkin yang saya maksud itu mengenai satu kondisi jalan dari 1 kota ke kota lain itu kalau di Pulau Jawa kan masih ramai... kalau di Pulau SUmatera itu sepi.. nah ini yang mempengaruhi sehingga karena sepi cenderung orang berpikiran ini daerah rawan .

Tapi sepengalaman saya Jalan ke Sumatera khusus nya rute Bogor - Palembang.. Alhamdulillah aman2 saja, saya mudik ke Palembang sejak tahun 2000, berarti sudah hampir 19th .

Kira2 gitu om kalo dari saya... :mky_01: :mky_08: :mky_02:

User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: 18 Jan 2018, 07:12
Location: Bintaro
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by GasGus » 09 Feb 2019, 17:15

Hari ketujuh (28 Desember 2018) : Padang

Tidak terasa sudah 1 minggu kami roadtrip, dan di hari ketujuh ini kami akan mengunjungi destinasi wisata yang sedang happening di pesisir selatan.. Kawasan wisata mandeh.. Banyak foto mengenai kawasan ini di instagram.. Sangat indah, bikin penasaran.. Lokasinya hanya berjarak kurang lebih 60 km dari kota padang dan dapat dicapai dalam waktu kurang dari 2 jam.. Kami ikuti petunjuk Gmaps untuk menuju kawasan tersebut, melewati pelabuhan teluk bayur, menyisir bibir pantai pesisir selatan sumatera barat..

Image

Image

Menjelang pukul 08.30 kami memasuki wilayah kabupaten pesisir selatan

Image

Image

Sekitar pukul 09.00 kami tiba di gerbang masuk kawasan mandeh, kami langsung disambut oleh aspal yang sangat mulus, marka jalan yang lengkap, sepertinya baru selesai dikerjakan.. HTM kawasan ini sangat terjangkau, hanya 5 ribu rupiah saja per orang.. Oiya, di gerbang masuk dan loket tiket, ada tour guide yang menawarkan untuk nyebrang ke beberapa pulau yang berada dekat kawasan tersebut..

Image

Image

Image

Setelah melewati loket tiket, tak henti kami disuguhi pemadangan yang begitu indah, sampe bingung mau berhenti dimana, setiap spot bagus.. Langsung liat fotonya aja deh..

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Foto - foto diatas tidak cukup menggambarkan indahnya pemandangan di kawasan mandeh ini, masih banyak view dan spot yang sama indahnya, untuk itu saya akan buat video khusus agar lebih puas menikmatinya..

Kurang lebih berjalan 15 km, kami mencari spot untuk putar balik, karena memang oleh Gmaps diarahkan seperti itu jika akan kembali ke padang.. Namun Ibu saya bilang, “itu patok penunjuk jalan, jumlah KM-nya yang ke arah padang terus berkurang”.. Akhirnya kami putuskan untuk terus menyusuri pesisir pantai dan kami bertemu dengan truk proyek yang sedang mengerjakan jalan, saya bertanya dan diberi info bahwa jika lurus saja ikuti pesisir pantai maka akan bertemu dengan jalan utama ke arah padang..

Berbekal info tersebut, kami terus menyusuri pesisir pantai dan ketemu spot yang indah ini..

Image

Image

Image

Image

Image

Itu di pinggir pantai sama sekali tidak ada orang yang berwisata, apa mungkin banyak yang belum dapat informasi mengenai kawasan ini sehingga belum banyak yang berkunjung.. Padahal kawasan ini sering disebut sebagai raja ampat nya sumatera..

Memang tidak sepenuhnya ruas jalan di kawasan mandeh ini dalam kondisi baik, bukan karena tidak terawat namun justru dalam tahap pembangunan..

Image

Image

Image

Image

Puas menikmati indahnya pemandangan yang ada, kami melanjutkan perjalanan kembali ke padang, menjelang pertemuan dengan jalur utama, pemandangan didominasi kebun dan hutan, sepanjang perjalanan dari gerbang tiket masuk sampai titik ini, sangat sedikit kendaraan yang lewat..

Image

Menjelang pukul 11.30 kami tiba di hotel untuk kemudian sekitar pukul 13.30 kami makan siang.. Tadinya kami merencanakan untuk makan siang di soto garuda, namun tokonya tutup, akhirnya kami langsung menuju rumah makan favorit kami.. RM Pagi Sore.. Rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1947, namun saya tidak tau persis apakah rumah makan ini cikal bakal RM pagi sore yang ada di beberapa kota di indonesia.. Namun yang jelas masakannya enak, ayamnya kecil, gurih.. Gulai ayamnya pun mantab..

Image

Image

Selesai makan siang, saat akan kembali ke hotel untuk istirahat, istri dan ibu saya minta di drop di pasar raya padang, ternyata sudah ada dalam agenda mereka.. Katanya mirip dengan pasar aur di bukittinggi, yaitu tempat konveksi khas sumatera barat..

Menjelang pukul 17.00 mereka tiba di hotel dan wa saya untuk info bahwa nunggu di lobby untuk selanjutnya atur bagasi.. Saya langsung kebayang, sebanyak apa belanjaan mereka.. Hahaha.. Ternyata tidak seperti dugaan saya, masih normal – normal saja, namun memang mulai mengatur barang bawaan, terutama baju kotor yang mulai kami letakkan di box atas..

Menjelang magrib, acara beberes selesai, kami segera istirahat karena esok hari kami akan mulai perjalanan kembali ke jakarta via lubuklinggau..

Bersambung...

nylekamin
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: 01 Jul 2017, 22:23

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by nylekamin » 09 Feb 2019, 18:09

964 wrote:Saya sudah 2 kali roadtrip bareng teman ke Sumatera Barat, dan memang menyenangkan sekali. Rencana April ini mau ngulang lagi, sekalian naik gunung. Provinsi dgn wisata paling lengkap di sumatera, jarak antar wisata jauh, tapi jalanannya bagus buat yg suka nyetir.
Yup bener..Sumbar emang provinsi di Sumatera yg jalan2nya relatif bagus walaupun meliuk2 naik turun gunung, enak nyetir disana..konon ktnya gegara event Tour De Singkarak..makanya mulus2,rusak dikit lgsg dibenerin..

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3507
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by ginting » 09 Feb 2019, 19:08

rudyzanetti wrote:Om pengen nanya, khusus yg tinggal dipulau jawa yg seneng roadtrip ke sumatra. Setelah ngerasain pulau sumatra, hal apa aja sih yg bikin ngomong / ngerasa bersyukur tinggal di pulau jawa?
Atau hal yg bikin ngerasa iri ama org yg tinggal di pulau sumatra?
Hehehe... ImageImage
Yg berbeda :
kontur alam
kondisi keamanan dan aura seram di bbrp wilayah
hotel tidak banyak di kota2 kecil. kalo di jawa itu relatif banyak.
jarak antar kota lebih jauh
makanan beda
masih lbh banyak jalan rusak, di jawa rata rata sih bagus sampe kampung2

trek lbh panjang2 utk gas pooll..
itu yg ngangeni..

964
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: 24 Feb 2018, 16:31

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by 964 » 09 Feb 2019, 21:00


nylekamin wrote:
964 wrote:Saya sudah 2 kali roadtrip bareng teman ke Sumatera Barat, dan memang menyenangkan sekali. Rencana April ini mau ngulang lagi, sekalian naik gunung. Provinsi dgn wisata paling lengkap di sumatera, jarak antar wisata jauh, tapi jalanannya bagus buat yg suka nyetir.
Yup bener..Sumbar emang provinsi di Sumatera yg jalan2nya relatif bagus walaupun meliuk2 naik turun gunung, enak nyetir disana..konon ktnya gegara event Tour De Singkarak..makanya mulus2,rusak dikit lgsg dibenerin..
Sumbar minim sekali ada perkebunan sawit, bahkan saya belum pernah lihat kebun atau truk sawit waktu roadtrip ke Sumbar. Geografisnya bukit yg tinggi dan bebatuan, yg ga bisa ditanami sawit, makanya jalannya bagus. Batu jg dimana2, fondasi jalannya bagus, jadinya awet. Faktor utama jalanan Sumatera rusak selain sengaja dibikin ga awet/korupsi (biar jadi proyek abadi pemerintah lokal, tiap tahun nambalin jalan) adalah truk sawit.

User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: 18 Jan 2018, 07:12
Location: Bintaro
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by GasGus » 09 Feb 2019, 21:25

rudyzanetti wrote:
09 Feb 2019, 14:29
Om pengen nanya, khusus yg tinggal dipulau jawa yg seneng roadtrip ke sumatra. Setelah ngerasain pulau sumatra, hal apa aja sih yg bikin ngomong / ngerasa bersyukur tinggal di pulau jawa?
Atau hal yg bikin ngerasa iri ama org yg tinggal di pulau sumatra?
Hehehe... 😀😀
hmm.. apa ya..

menurut saya, setiap daerah punya kelebihan dan kekurangan, di sumatera jalannya cukup variatif kontur jalan dan jalurnya, meskipun di jawa juga sama variatifnya, namun jalan di sumatera punya ciri khas sendiri.. sangat bikin nagih.. apalagi seperti ruas jalan sungai daerah - lubuklinggau.. nikmat.. :mky_08:

klo di jawa, seperti saat ini kondisinya jkt - sby sudah dapat dilalui tol, mungkin hanya sebagian kecil orang yang masih memilih jalan arteri dibandingkan tol, bahkan blusukan lewat jalur alternatif yang terkadang menyenangkan dan menyajikan pemadangan yang tak kalah indah dibandingkan di sumatera..

selain itu, sepakat sama pendapat om wahdi dan om ginting.. :mky_02:

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3507
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by ginting » 09 Feb 2019, 21:48

GasGus wrote:
rudyzanetti wrote:
09 Feb 2019, 14:29
Om pengen nanya, khusus yg tinggal dipulau jawa yg seneng roadtrip ke sumatra. Setelah ngerasain pulau sumatra, hal apa aja sih yg bikin ngomong / ngerasa bersyukur tinggal di pulau jawa?
Atau hal yg bikin ngerasa iri ama org yg tinggal di pulau sumatra?
Hehehe... ImageImage
hmm.. apa ya..

menurut saya, setiap daerah punya kelebihan dan kekurangan, di sumatera jalannya cukup variatif kontur jalan dan jalurnya, meskipun di jawa juga sama variatifnya, namun jalan di sumatera punya ciri khas sendiri.. sangat bikin nagih.. apalagi seperti ruas jalan sungai daerah - lubuklinggau.. nikmat.. :mky_08:

klo di jawa, seperti saat ini kondisinya jkt - sby sudah dapat dilalui tol, mungkin hanya sebagian kecil orang yang masih memilih jalan arteri dibandingkan tol, bahkan blusukan lewat jalur alternatif yang terkadang menyenangkan dan menyajikan pemadangan yang tak kalah indah dibandingkan di sumatera..

selain itu, sepakat sama pendapat om wahdi dan om ginting.. :mky_02:
Setuju..itu rute Lubuk Linggau - Muara Bungo- Sungai Dareh (sungai deras), sampai Kiliranjao..itu rute mantap untuk ngegass...jalan cenderung lurus, kelokan manis, dan naik turun tapi landai (awas ciluukbaaaa).

menurut saya sama dengan rute Pangkalan Kerinci ke arah Jambi..(tp jalur pangkalan kerinci lbh rame).

hadztracker
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 23 Nov 2017, 21:58

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by hadztracker » 09 Feb 2019, 22:40

Ikut menyimak kelanjutannya om,
Suatu hari nanti saya pingin ngajak keluarga roadtrip ke sumatera. masih belum pede kalau pake motuba 😁

964
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: 24 Feb 2018, 16:31

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by 964 » 09 Feb 2019, 23:44

ginting wrote:
GasGus wrote:
rudyzanetti wrote:
09 Feb 2019, 14:29
Om pengen nanya, khusus yg tinggal dipulau jawa yg seneng roadtrip ke sumatra. Setelah ngerasain pulau sumatra, hal apa aja sih yg bikin ngomong / ngerasa bersyukur tinggal di pulau jawa?
Atau hal yg bikin ngerasa iri ama org yg tinggal di pulau sumatra?
Hehehe... ImageImage
hmm.. apa ya..

menurut saya, setiap daerah punya kelebihan dan kekurangan, di sumatera jalannya cukup variatif kontur jalan dan jalurnya, meskipun di jawa juga sama variatifnya, namun jalan di sumatera punya ciri khas sendiri.. sangat bikin nagih.. apalagi seperti ruas jalan sungai daerah - lubuklinggau.. nikmat.. :mky_08:

klo di jawa, seperti saat ini kondisinya jkt - sby sudah dapat dilalui tol, mungkin hanya sebagian kecil orang yang masih memilih jalan arteri dibandingkan tol, bahkan blusukan lewat jalur alternatif yang terkadang menyenangkan dan menyajikan pemadangan yang tak kalah indah dibandingkan di sumatera..

selain itu, sepakat sama pendapat om wahdi dan om ginting.. :mky_02:
Setuju..itu rute Lubuk Linggau - Muara Bungo- Sungai Dareh (sungai deras), sampai Kiliranjao..itu rute mantap untuk ngegass...jalan cenderung lurus, kelokan manis, dan naik turun tapi landai (awas ciluukbaaaa).

menurut saya sama dengan rute Pangkalan Kerinci ke arah Jambi..(tp jalur pangkalan kerinci lbh rame).
Sungai Dareh om, banyak batu akik disana.

964
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: 24 Feb 2018, 16:31

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by 964 » 09 Feb 2019, 23:47

964 wrote:
ginting wrote:
GasGus wrote: hmm.. apa ya..

menurut saya, setiap daerah punya kelebihan dan kekurangan, di sumatera jalannya cukup variatif kontur jalan dan jalurnya, meskipun di jawa juga sama variatifnya, namun jalan di sumatera punya ciri khas sendiri.. sangat bikin nagih.. apalagi seperti ruas jalan sungai daerah - lubuklinggau.. nikmat.. :mky_08:

klo di jawa, seperti saat ini kondisinya jkt - sby sudah dapat dilalui tol, mungkin hanya sebagian kecil orang yang masih memilih jalan arteri dibandingkan tol, bahkan blusukan lewat jalur alternatif yang terkadang menyenangkan dan menyajikan pemadangan yang tak kalah indah dibandingkan di sumatera..

selain itu, sepakat sama pendapat om wahdi dan om ginting.. :mky_02:
Setuju..itu rute Lubuk Linggau - Muara Bungo- Sungai Dareh (sungai deras), sampai Kiliranjao..itu rute mantap untuk ngegass...jalan cenderung lurus, kelokan manis, dan naik turun tapi landai (awas ciluukbaaaa).

menurut saya sama dengan rute Pangkalan Kerinci ke arah Jambi..(tp jalur pangkalan kerinci lbh rame).
Sungai Dareh om, banyak batu akik disana.
Salah quote, mau quote atasnya.

User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: 18 Jan 2018, 07:12
Location: Bintaro
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by GasGus » 10 Feb 2019, 07:00

Hari kedelapan (29 Desember 2018) : Padang – Lubuklinggau

Memasuki hari kedelapan, artinya kami sudah dalam perjalanan untuk kembali ke jakarta.. Perjalanan hari ini adalah lebih dari 550 km, namun hanya butuh waktu kurang dari 11 jam..

Oiya, di padang kami menginap di hotel grand zuri, kamar bersih dan luas, menu sarapan pun beragam.. Selesai sarapan sekitar pukul 07.30 kami sudah bersiap untuk melanjutkan perjalanan menuju lubuklinggau.. Dalam perjalanan kami mampir SPBU, isi bio solar 28 liter, ga sampe 150 ribu..

Image

Kami akan melewati kota solok untuk selanjutnya bergabung dengan jalan lintas tengah sumatera.. Kami akan melewati jalur sitinjau lauik yang terkenal akan tanjakan dan tikungannya.. Sangat disayangkan saya lupa menyalakan dashcam sehingga terlewat lah momen itu..

Image

Image

Image

Dalam perjalanan, beberapa kali kami bertemu motor yang sedang bonceng beruk, saya hanya berasumsi bahwa beruk itu dipakai untuk mengambil kelapa..

Image

Menjelang pukul 11.00, kami hampir sampai di RM Umega, tempat dimana kami makan siang saat perjalanan ke bukittinggi, karena kami ga tau rumah makan yang cukup representatif di perjalanan menuju lubuklinggau, akhirnya kami putuskan untuk makan siang lebih awal.. Persis di depan rumah makan tersebut ada SPBU yang sempat kami singgahi saat perjalanan ke bukittinggi, jika pada saat itu tidak tersedia bio solar maka kali ini tersedia dan kami isi full tank, 23 liter..

Image

Logisitik mobil dan pengendara sudah full maka kami lanjutkan perjalanan.. Jalur yang kami lalui sama dengan perjalanan jambi – bukittinggi, namun di sekitar muaro bungo akan ada pertigaan dimana kami akan ambil jalur lurus ke arah lubuklinggau, jika arah jambi belok ke kiri.. Dari pertigaan tersebut hingga lubuklinggau merupakan jalur yang sama sekali saya belum pernah lalui.. Setelah pertigaan, ternyata jalan sama asyiknya dengan ruas muaro bungo – sungai dareh – bukittinggi, mayoritas jalan lurus, kondisi aspal baik, pas banget untuk gaspol.. Meskipun tidak ada pemandangan yang dapat dibilang indah disini, namun bagi saya perjalanan padang – lubuklinggau menjadi rute paling menyenangkan bagi saya.. Saya juga akan buatkan video untuk rute ini..

Image

Image

Image

Image

Image

Menjelang pukul 17.00 kami tiba di hotel dafam lubuklinggau, kami sempat kaget dengan rate hotel yang terpampang di layar LED hotel, rate nya hanya 99rb.. Klo tau gitu kami go show aja.. Setelah bertanya ke petugas hotel, ternyata rate 99rb itu adalah per orang, dan bukan di bangunan hotel, namun di ruko yang ada pada entrance hotel, namun memang masih dikelola oleh dafam.. Biasanya diperuntukkan untuk orang yang transit 6-7 jam sebelum perjalanan..

Image

Karena sampai di hotel cukup sore, kami punya waktu cukup untuk istirahat sebelum melanjutkan perjalanan esok hari menuju bandar jaya..

Hotelnya sendiri cukup nyaman, kamarnya pakai karpet tebal, dan lokasi nya di jalur lintas tengah sumatera, sedikit saja diluar kota lubuklinggau..

Bersambung...

nylekamin
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: 01 Jul 2017, 22:23

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by nylekamin » 10 Feb 2019, 20:38

964 wrote:
nylekamin wrote:
964 wrote:Saya sudah 2 kali roadtrip bareng teman ke Sumatera Barat, dan memang menyenangkan sekali. Rencana April ini mau ngulang lagi, sekalian naik gunung. Provinsi dgn wisata paling lengkap di sumatera, jarak antar wisata jauh, tapi jalanannya bagus buat yg suka nyetir.
Yup bener..Sumbar emang provinsi di Sumatera yg jalan2nya relatif bagus walaupun meliuk2 naik turun gunung, enak nyetir disana..konon ktnya gegara event Tour De Singkarak..makanya mulus2,rusak dikit lgsg dibenerin..
Sumbar minim sekali ada perkebunan sawit, bahkan saya belum pernah lihat kebun atau truk sawit waktu roadtrip ke Sumbar. Geografisnya bukit yg tinggi dan bebatuan, yg ga bisa ditanami sawit, makanya jalannya bagus. Batu jg dimana2, fondasi jalannya bagus, jadinya awet. Faktor utama jalanan Sumatera rusak selain sengaja dibikin ga awet/korupsi (biar jadi proyek abadi pemerintah lokal, tiap tahun nambalin jalan) adalah truk sawit.
Yg banyak sawit daerah Pasaman..perbatasan dgn Kab Madina, Sumut..

Tp truk2 tonase kelas berat byk juga melintas disana.. apalagi ada Pabrik Semen besar kan..tp jalan tetep bagus.

Riau dan Jambi banyak perkebunan sawit, tp jalan relatif baguss..jalan yg paling hancur itu Sumut..

User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: 18 Jan 2018, 07:12
Location: Bintaro
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by GasGus » 10 Feb 2019, 21:25

964 wrote:
09 Feb 2019, 21:00
nylekamin wrote:
964 wrote:Saya sudah 2 kali roadtrip bareng teman ke Sumatera Barat, dan memang menyenangkan sekali. Rencana April ini mau ngulang lagi, sekalian naik gunung. Provinsi dgn wisata paling lengkap di sumatera, jarak antar wisata jauh, tapi jalanannya bagus buat yg suka nyetir.
Yup bener..Sumbar emang provinsi di Sumatera yg jalan2nya relatif bagus walaupun meliuk2 naik turun gunung, enak nyetir disana..konon ktnya gegara event Tour De Singkarak..makanya mulus2,rusak dikit lgsg dibenerin..
Sumbar minim sekali ada perkebunan sawit, bahkan saya belum pernah lihat kebun atau truk sawit waktu roadtrip ke Sumbar. Geografisnya bukit yg tinggi dan bebatuan, yg ga bisa ditanami sawit, makanya jalannya bagus. Batu jg dimana2, fondasi jalannya bagus, jadinya awet. Faktor utama jalanan Sumatera rusak selain sengaja dibikin ga awet/korupsi (biar jadi proyek abadi pemerintah lokal, tiap tahun nambalin jalan) adalah truk sawit.
bisa jadi karena 2 alasan diatas, merupakan sebagian alasan kenapa jalan di sumbar mayoritas dalam kondisi baik..

hadztracker wrote:
09 Feb 2019, 22:40
Ikut menyimak kelanjutannya om,
Suatu hari nanti saya pingin ngajak keluarga roadtrip ke sumatera. masih belum pede kalau pake motuba 😁
gas om jangan ragu.. motuba mah bisa, pastikan saja kondisinya prima.. klo ragu, upayakan rutenya pendek saja dan nginapnya di ibukota provinsi.. jika motubanya butuh perlakuan khusus, mestinya di ibukota provinsi akan lebih mudah..

User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: 18 Jan 2018, 07:12
Location: Bintaro
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by GasGus » 11 Feb 2019, 08:00

Hari kesembilan (30 Desember 2018) : Lubuklinggau – Bandar Jaya

Di hari kesembilan ini, sekitar pukul 07.00 kami memulai perjalanan menuju bandar jaya, hal yang pertama kami lakukan adalah mencari SPBU karena hanya tersisa ¼ saja.. Dekat hotel ada SPBU, namun belum tersedia bio solar karena masih dalam pengiriman, akhirnya kami terpaksa ke arah pusat kota lubuklinggau.. Sampai disana pun ternyata hanya tersedia dexlite, isi 300rb dapat 28 liter saja..

Image

Beres urusan logistik, kami melanjutkan perjalanan.. Rute kali ini adalah lubuklinggau – lahat – muara enim – martapura – kotabumi – bandar jaya.. Karena ini adalah pertama kalinya saya melalui jalur ini dan sama sekali belum ada gambaran mengenai situasi, sempat bingung menentukan tempat istirahat.. Sempat berkabar dengan Om Tri yang lebih dahulu melalui jalur ini dan ternyata Om Tri makan pecel lele yang tempatnya pun ga ingat.. hahaha.. Sambil terus buka Gmaps, akhirnya kami menemukan opsi rumah makan yaitu RM sederhana yang ada di muara enim.. Ruas jalan menuju muara enim didominasi oleh banyaknya tikungan, awalnya sempat membuat penumpang bertanya – tanya, kok jalannya belok – belok terus ya.. Mana kondisi lalu lintas cenderung sepi dengan di kanan kiri jalan adalah kebun sawit..

Image

Image

Image

Image

Karena di lubuklinggau kami hanya isi BBM secukupnya, maka di sekitar lahat kami isi bio solar 27 liter.. Sorry data di nota bensin ngawur..

Image

Menjelang pukul 11.30 kami tiba di RM sederhana muara enim dan kurang lebih 1 jam kami istirahat disini..

Image

Ruas muara enim – martapura jalannya tetap belok – belok seperti ruas lubuklinggau – muara enim tidak terlalu banyak.. Dan di suatu momen kita melintasi hutan yang berjejer orang jualan duren.. Hanya berjarak tidak lebih dari 100 meter ada yang jualan duren.. Berhubung saya ga suka duren, saya terus aja melanjutkan perjalanan.. Sampai di suatu waktu saya bilang “mau nyobain duren disini?”.. Istri dan ibu saya nyaut klo mau.. Oke baiklah kita cari spot untuk berhenti.. Akhirnya kita berhenti di suatu spot untuk menikmati duren, semua mencicipi duren kecuali saya dan anak saya yang kedua..

Image

Image

Image

Image

Image

Beres mencicipi duren, kami lanjutkan perjalanan ke martapura, jalur sudah mulai bersahabat, sudah mulai banyak trek lurus, asyik bisa agak tancap gas kita..

Image

Image

Image

Image

Secara keseluruhan, jalur lubuklinggau – bandar jaya sejauh ini alhamdulillah lancar.. Menjelang kotabumi, ngelirik jarum penunjuk BBM sudah kurang dari ½ sehingga kami mulai cari SBPU yang jual bio solar dan ternyata di jalur ini cukup mudah mendapatkan bio solar.. Isi 46 liter bio solar dan langsung menuju bandar jaya.. Jadi hari ini kami isi bensin 3x.. hehehe..

Seperti biasa, selesai isi BBM selalu minta nota, berhubung nota print tidak tersedia jadi paki nota tulis tangan.. Dan ternyata gede aja neh nota.. hahaha

Image

Di perjalanan saya berkabar dengan Om Lulu untuk menjajaki kemungkinan bertemu setelah pada hari pertama belum berhasil bertemu.. Menurut Gmaps kami akan tiba di Hotel Spark Convention sekitar pukul 20.00.. Dan benar, mendekati pukul 20.00 kami tiba di hotel setelah sebelumnya beli roti di holland bakery.. Ternyata anak – anak mulai kangen ngemil roti, maklum saja selama 9 hari ini lebih sering makan nasi padang.. hehehe..

Sempat bingung nyari posisi hotel ini, karena ternyata hotelnya agak masuk ke dalam dari jalur utama dan masuknya diantara ruko – ruko.. Loh kok seperti ini hotelnya, padahal foto yang kita lihat di google bagus banget lho.. Dan ternyata setelah kami masuk di antara ruko, di dalam terdapat hotel yang sama seperti saat kami lihat di google..

Image

Klo ngeliat mobil yang kami gunakan, sepertinya sudah sangat lelah, terlihat dari catnya yang nyaris tertutup rata oleh debu dan lumpur jalan lintas sumatera..

Image

Image

Sambil check-in saya memberi info kepada Om Lulu klo kami sudah sampai di hotel.. Selesai mandi, ternyata Om Lulu sedang menuju hotel, dan akhirnya kita bertemu.. Dan seperti biasa kami dibawakan nanas.. Mantab.. Cuma kali ini ada tambahan buah lain, duren dan rambutan.. Duren langsung dihabiskan di tempat, sementara nanas dan rambutan kami bawa ke jakarta, dan ternyata rambutannya enak euy.. Durennya juga mantab kata istri dan ibu saya..

Image

Bersambung...

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3507
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by ginting » 11 Feb 2019, 10:09

GasGus wrote:Hari kesembilan (30 Desember 2018) : Lubuklinggau – Bandar Jaya

Di hari kesembilan ini, sekitar pukul 07.00 kami memulai perjalanan menuju bandar jaya, hal yang pertama kami lakukan adalah mencari SPBU karena hanya tersisa ¼ saja.. Dekat hotel ada SPBU, namun belum tersedia bio solar karena masih dalam pengiriman, akhirnya kami terpaksa ke arah pusat kota lubuklinggau.. Sampai disana pun ternyata hanya tersedia dexlite, isi 300rb dapat 28 liter saja..

Image

Beres urusan logistik, kami melanjutkan perjalanan.. Rute kali ini adalah lubuklinggau – lahat – muara enim – martapura – kotabumi – bandar jaya.. Karena ini adalah pertama kalinya saya melalui jalur ini dan sama sekali belum ada gambaran mengenai situasi, sempat bingung menentukan tempat istirahat.. Sempat berkabar dengan Om Tri yang lebih dahulu melalui jalur ini dan ternyata Om Tri makan pecel lele yang tempatnya pun ga ingat.. hahaha.. Sambil terus buka Gmaps, akhirnya kami menemukan opsi rumah makan yaitu RM sederhana yang ada di muara enim.. Ruas jalan menuju muara enim didominasi oleh banyaknya tikungan, awalnya sempat membuat penumpang bertanya – tanya, kok jalannya belok – belok terus ya.. Mana kondisi lalu lintas cenderung sepi dengan di kanan kiri jalan adalah kebun sawit..

Image

Image

Image

Image

Karena di lubuklinggau kami hanya isi BBM secukupnya, maka di sekitar lahat kami isi bio solar 27 liter.. Sorry data di nota bensin ngawur..

Image

Menjelang pukul 11.30 kami tiba di RM sederhana muara enim dan kurang lebih 1 jam kami istirahat disini..

Image

Ruas muara enim – martapura jalannya tetap belok – belok seperti ruas lubuklinggau – muara enim tidak terlalu banyak.. Dan di suatu momen kita melintasi hutan yang berjejer orang jualan duren.. Hanya berjarak tidak lebih dari 100 meter ada yang jualan duren.. Berhubung saya ga suka duren, saya terus aja melanjutkan perjalanan.. Sampai di suatu waktu saya bilang “mau nyobain duren disini?”.. Istri dan ibu saya nyaut klo mau.. Oke baiklah kita cari spot untuk berhenti.. Akhirnya kita berhenti di suatu spot untuk menikmati duren, semua mencicipi duren kecuali saya dan anak saya yang kedua..

Image

Image

Image

Image

Image

Beres mencicipi duren, kami lanjutkan perjalanan ke martapura, jalur sudah mulai bersahabat, sudah mulai banyak trek lurus, asyik bisa agak tancap gas kita..

Image

Image

Image

Image

Secara keseluruhan, jalur lubuklinggau – bandar jaya sejauh ini alhamdulillah lancar.. Menjelang kotabumi, ngelirik jarum penunjuk BBM sudah kurang dari ½ sehingga kami mulai cari SBPU yang jual bio solar dan ternyata di jalur ini cukup mudah mendapatkan bio solar.. Isi 46 liter bio solar dan langsung menuju bandar jaya.. Jadi hari ini kami isi bensin 3x.. hehehe..

Seperti biasa, selesai isi BBM selalu minta nota, berhubung nota print tidak tersedia jadi paki nota tulis tangan.. Dan ternyata gede aja neh nota.. hahaha

Image

Di perjalanan saya berkabar dengan Om Lulu untuk menjajaki kemungkinan bertemu setelah pada hari pertama belum berhasil bertemu.. Menurut Gmaps kami akan tiba di Hotel Spark Convention sekitar pukul 20.00.. Dan benar, mendekati pukul 20.00 kami tiba di hotel setelah sebelumnya beli roti di holland bakery.. Ternyata anak – anak mulai kangen ngemil roti, maklum saja selama 9 hari ini lebih sering makan nasi padang.. hehehe..

Sempat bingung nyari posisi hotel ini, karena ternyata hotelnya agak masuk ke dalam dari jalur utama dan masuknya diantara ruko – ruko.. Loh kok seperti ini hotelnya, padahal foto yang kita lihat di google bagus banget lho.. Dan ternyata setelah kami masuk di antara ruko, di dalam terdapat hotel yang sama seperti saat kami lihat di google..

Image

Klo ngeliat mobil yang kami gunakan, sepertinya sudah sangat lelah, terlihat dari catnya yang nyaris tertutup rata oleh debu dan lumpur jalan lintas sumatera..

Image

Image

Sambil check-in saya memberi info kepada Om Lulu klo kami sudah sampai di hotel.. Selesai mandi, ternyata Om Lulu sedang menuju hotel, dan akhirnya kita bertemu.. Dan seperti biasa kami dibawakan nanas.. Mantab.. Cuma kali ini ada tambahan buah lain, duren dan rambutan.. Duren langsung dihabiskan di tempat, sementara nanas dan rambutan kami bawa ke jakarta, dan ternyata rambutannya enak euy.. Durennya juga mantab kata istri dan ibu saya..

Image

Bersambung...
wuidihh...ini namanya roadtrip connection..
menang banyak nih warga SM kalo lewat kawasan Lampung wkwkw

User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: 18 Jan 2018, 07:12
Location: Bintaro
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by GasGus » 11 Feb 2019, 17:50

ginting wrote:
11 Feb 2019, 10:09
menang banyak nih warga SM kalo lewat kawasan Lampung wkwkw
bener banget Om Ginting, dibawain bekel buah.. banyak lagi jumlahnya..

di lampung ada Om Lulu dan Om Beto, di sumsel ada Om Purwanto, di jambi ada Om Ivan.. lengkap..

User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: 18 Jan 2018, 07:12
Location: Bintaro
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by GasGus » 12 Feb 2019, 08:00

Hari kesepuluh (31 Desember 2018) : Bandar Jaya – Bintaro

Hari kesepuluh.. Seperti biasa, kami memulai hari dengan sarapan, hanya saja hari ini sedikit santai dan sekitar pukul 08.00 kami sudah berada di mobil untuk menuju jakarta..

Image

Sebelum memulai cerita perjalanan, saya ingin cerita sedikit tentang hotel kami menginap, Spark Convention.. Dengan rate tidak sampai 500 ribu, hotel ini worthed banget.. Kamar luas dan bersih, harga makanan di resto lumayan enak dan murah untuk ukuran hotel, dan hotel ini cukup canggih menurut saya.. Di kamar terdapat panel yang mengatur kondisi kamar.. Kontrol AC nya juga terpusat.. Dan semuanya touch screen.. Ini tidak saya temukan di hotel lain tempat kami menginap selama road trip kali ini.. Mungkin saja karena saya jarang nginap di hotel jadi ngeliat hal seperti ini agak heran.. hehehe..

Image

Yuk lanjut cerita perjalanan.. Kami sengaja bersiap sekitar pukul 08.00 karena menunggu tol terbanggi besar – bakauheni dibuka, jangan sampai seperti saat kami berangkat.. Sambil harap- harap cemas, kami menuju entrance tol seperti info Om Lulu.. Berjarak sekitar 5 km dari hotel, kami bertemu entrance tol yang tidak terlalu meyakinkan karena masih ada barrier dan traffic cone.. Kami coba berjalan perlahan dan benar saja tol bisa dilewati.. Klo ga salah kami masuk dari wilayah gunung sugih..

Sebagai informasi, dari tempat hotel kami menginap menuju pelabuhan bakauheni berjarak 150 km, dimana menurut Gmaps butuh waktu lebih hampir 4 jam jika melewati bandar lampung dan 3,5 jam jika melewati lintas timur..

Image

Tercatat kami masuk pintu tol sekitar pukul 08.15..

Image

Image

Kami bergabung di ruas tol pada sekitar KM 131.. Review tol sendiri sudah cukup layak untuk dilewati, meskipun seingat saya tidak ada rest area yang tersedia di ruas tol ini.. Sebagian besar lampu PJU belum tersedia, mungkin ini alasan kenapa tol hanya dibuka ketika siang hari.. Untuk pemandangannya juga cukup menyenangkan, dan di suatu ruas jalan kita bisa melihat sangat jauh trase jalan yang nanti akan kita lewati..

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Menjelang pukul 09.20 kami sudah tiba di pelabuhan bakauheni, hanya butuh waktu 1 jam lebih sedikit dari bandar jaya – pelabuhan bakauheni.. Jauh lebih cepat dari waktu tempuh terdekat yang diarahkan Gmaps yaitu 3,5 jam.. Alhamdulillah..

Image

Sampai di pelabuhan, antrian tidak begitu panjang, tadinya kami sempat mau mengantri di jalur kapal yang eksekutif, namun kami lihat antrian cenderung tidak bergerak dibandingkan dengan kapal yang reguler, jadi kami tetap antri di loket kapal reguler.. Setelah melewati loket, ternyata mobil kami diarahkan ke antrian yang sama dengan mobil yang antri di loket kapal eksekutif.. Ternyata karena masih promo, harga tiket kapal eksekutif sama dengan harga tiket kapal reguler.. Persis di samping jalan menuju masuk kapal, terdapat pelabuhan bakauheni untuk kapal eksekutif yang sedang dalam proses finishing..

Karena kami masuk kapal termasuk antrian yang agak duluan, maka kami menunggu hampir 45 menit sampai akhirnya kapal siap berangkat menuju pelabuhan merak.. Ada yang menarik disini, ada pajero yang pake roof rack dimana penuh akan duren didalamnya..

Image

Penyeberangan kali ini ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam, menjelang pukul 12.00 kami tiba di pelabuhan merak.. Alhamdulillah kami sudah berada di pulau jawa.. Dalam perjalanan keluar pelabuhan, kami sempat kecipratan ombak saat melintas di pinggir dermaga.. Saya berkabar di WAG SMRT bahwa sudah tiba di pulau jawa dan teringat pertanyaan yang saya sedikit lupa dari siapa, klo ga salah dari Om Frendy atau Om Benny, “masih inget jalan pulang ga?”.. hahaha

Image

Perlahan kami menyusuri tol merak – jakarta, sambil bercerita mengenai 10 hari yang kami lalui.. Menjelang pukul 13.30 kami tiba di rumah orang tua saya untuk terlebih dahulu mengantar Ibu saya yang ikut dalam road trip kali ini.. Kami mampir sebentar untuk rehat sambil minum teh, dan tidak berapa lama kami meluncur ke bintaro.. Saya jadi teringat persis 1 tahun yang lalu, di tanggal yang sama yaitu 31 desember, kami juga dalam perjalanan menuju bintaro setelah road trip yang agendanya agak tidak teratur, rute kami saat itu bintaro – lampung – jogja – cirebon – bintaro..

Alhamdulillah road trip kami berjalan lancar hingga kami bisa kembali ke rumah dengan selamat dan sehat..

Image

Alhamdulillah, narasi mengenai family road trip akhir tahun 2018 kami sudah selesai.. Selanjutnya saya akan coba buat beberapa video amatir yang berisi tentang road trip, mayoritas menyajikan rekaman saat berkendara di sumatera..

Berikut rekap road trip kali ini :
- Jarak tempuh : 3323 km
- BBM : 389 liter
Dari bintaro full, sampai bintaro sisa ½ tangki.. Mayoritas pakai bio solar dan hanya 2x pakai dexlite.. Pakai aditif PSDK 140 ml setiap kali isi BBM.. Saya baru kali ini pakai aditif, hanya sekedar ansitisipasi kualitas bio solar yang kurang baik..
- Provinsi Sumatera Barat menawarkan keindahan alam yang luar biasa indah, sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, mau air trip monggo, klo road trip lebih mantab..
- Menurut saya, perjalanan padang – lubuklinggau paling menyenangkan, alasannya jelas bahwa trase jalan di ruas ini didominasi jalan lurus, sedikit belokan manis (kata Om Ginting), kondisi aspal yang mayoritas baik.. Seandainya ruas tol bakauheni – palembang sudah dibuka, road trip ke sumatera barat akan sangat terasa lebih dekat, cepat dan menyenangkan..

Terima kasih untuk seluruh rekan – rekan SM yang telah meluangkan waktu membaca FR yang sederhana ini.. :thanks:

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3507
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by ginting » 12 Feb 2019, 16:06

Mantapp...akhirnya happy ending juga...
semoga suatu saat saya bisa "ngarang" juga seperti oom @GasGus

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4078
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by F 272 » 12 Feb 2019, 18:21

ginting wrote:
12 Feb 2019, 16:06
Mantapp...akhirnya happy ending juga...
semoga suatu saat saya bisa "ngarang" juga seperti oom @GasGus
Maksud nya "Ngarang" gimana om ? :e-think: :e-think: :e-think: :ngacir: :ngacir:

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4078
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by F 272 » 12 Feb 2019, 18:25

GasGus wrote:
12 Feb 2019, 08:00
Hari kesepuluh (31 Desember 2018) : Bandar Jaya – Bintaro

- cut -

Alhamdulillah road trip kami berjalan lancar hingga kami bisa kembali ke rumah dengan selamat dan sehat..

Image

Alhamdulillah, narasi mengenai family road trip akhir tahun 2018 kami sudah selesai.. Selanjutnya saya akan coba buat beberapa video amatir yang berisi tentang road trip, mayoritas menyajikan rekaman saat berkendara di sumatera..

- cut -

Terima kasih untuk seluruh rekan – rekan SM yang telah meluangkan waktu membaca FR yang sederhana ini.. :thanks:
Saya turut senang, bangga, bahagia membaca dan seolah turut mengikuti rangkaian perjalanan om @GasGus sekeluarga menjelajah separuh Pulau Sumatera, semoga semakin banyak teman2 lain yang melakukan napak tilas jalur2 Road Trip kita di Sumatera dan di Pulau2 lain nya.

Ini sebuah Kisah tentang perjalanan sebuah Keluarga yang tak kan terlupakan seumur hidup, sampai anak2 kelak tumbuh dewasa dan mungkin saja menularkan nya ke putera-puteri mereka nanti... dan kita ikut dalam kendaraan nya dengan status sebagai Grand-Fa / Grand-Ma...

:mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_01: :mky_01: :big_biglaugh: :big_peace:

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3507
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by ginting » 12 Feb 2019, 18:37

F 272 wrote:
ginting wrote:
12 Feb 2019, 16:06
Mantapp...akhirnya happy ending juga...
semoga suatu saat saya bisa "ngarang" juga seperti oom @GasGus
Maksud nya "Ngarang" gimana om ? :e-think: :e-think: :e-think: :ngacir: :ngacir:
ngarang bebas, oom Wah

judulnya : Bertamasya


boyindra1
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 30 Oct 2013, 16:39

Re: FAMILY ROADTRIP : JELAJAH ½ SUMATERA

Post by boyindra1 » 12 Feb 2019, 23:56

wah bukittinggi..kampung saya tuh om..tepatnya di koto gadang. Tapi ada yang kurang..ngak ngerasain makan bebek cabe ijo...kalo ngak salah di jalan ke ngarai itu ada 1 restoran yang nyediain deh..kalo say amah..makanan tiap hari itu di kampung..kekekke

Lembah harau harusnya ke air terjun om...lumayan main air, kalo air terjun lembah anai kayaknya susah dipake main air...hehehh

Sate padang di padang panjang ada 2, 1 mak syukur satu lagi saiyo..tempatnya deket deketan.

Kalo di puncak lawang saya paling suka beli air tebu..murni tanpa campur apa apa, kalo di bukittinggi udah di campur semacam daun daunan.

Selama ini mudik cuma lebaran doang dan bukittinggi pas lebaran itu aduhai sekali macetnya...jangan harap bisa parkir di daerah pasar atas (jam gadang). bukittinggi padang itu bisa ampe 6 jam lebih...

Post Reply